Topic outline
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH MENYIMAK (BHS620103)


SALAM PEMBUKA
Assalamualaikum wr wb.
Tabik Puun...
Selamat datang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Selamat datang di Mata Kuliah Menyimak dalam bentuk SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung.
IDENTITAS MATA KULIAH
Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana. Mata Kuliah Menyimak ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS (2-1) dengan Kode Mata Kuliah BHS620103.
DOSEN PENGASUH MATA KULIAH
SALAM SAPA
Saudara mahasiswa, apa kabar? Salam jumpa pada suasana damai dan kami sangat mengharapkan Anda dalam keadaan sehat dan siap untuk memulai perkuliahan pada program studi Pendidikan Bahasa Indonesia melalui Belajar Jarak Jauh (BJJ) dan kami yakin Anda sudah mempersiapkan diri untuk dapat belajar mandiri di FKIP Universitas Lampung.
Bagian awal mata kuliah Menyimak ini merupakan landasan dasar Anda memahami bagian-bagian berikutnya. Pada modul digital ini akan dibahas hal-hal yang berhubungan dengan keterampilan menyimak sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang telah Anda ketahui.
Bagaimana saudara, bisa kita mulai? Siapkan konsentrasi Anda dan yakinkan bahwa Anda tidak akan terganggu dengan kesibukan-kesibukan lain sehingga proses pemahaman terhadap uraian materi ini akan berlangsung baik. Saudara mahasiswa, sebagai makhluk sosial manusia harus memiliki kemampuan menyimak, sebab senantiasa manusia berhubungan dengan sesamanya dengan cara berkomunikasi. Dalam komunikasi lisan sekurang- kurangnya terlibat 2 orang pelaku, yaitu pembicara dan penyimak. Penyimak adalah orang yang melakukan kegiatan dengan tujuan menangkap pesan, sedangkan pembicara adalah orang yang menyampaikan pesan.
Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan menyimak dapat berlangsung di banyak tempat, antara lain dalam kegiatan akademik, seperti dalam perkuliahan, diskusi, dan seminar. Pada kegiatan lain, seperti bertelepon, menyimak siaran radio, dan pidato atau dialog melalui kaset. Uraian tentang menyimak dalam modul digital ini akan dipilah menjadi 3 kegiatan belajar sebagai berikut. (1) Kegiatan Belajar 1: Konsep Menyimak, (2) Kegiatan Belajar 2: Proses Menyimak, (3) Kegiatan Belajar 3: Jenis-jenis Menyimak.
CAPAIAN KOMPETENSI
Setelah mempelajari modul digital ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan konsep menyimak, kaitan menyimak dengan keterampilan berbahasa yang lain, tahapan-tahapan dalam proses menyimak, dan jenis-jenis menyimak. Secara lebih terperinci tujuan mempelajari modul ini adalah agar Anda dapat:
1. menjelaskan pengertian mendengar, mendengarkan, dan menyimak;
2. memberi contoh peristiwa mendengar, mendengarkan, dan menyimak;
3. menjelaskan peranan menyimak baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pembelajaran;
4. memberi contoh kaitan menyimak dengan keterampilan berbahasa yang lain;
5. menjelaskan proses atau tahapan-tahapan menyimak;
6. memberi contoh kegiatan setiap jenis menyimak.
Demikianlah yang akan Anda peroleh dari modul digital ini. Bacalah dengan cermat setiap penjelasan, pahamilah setiap contoh yang diberikan, dan berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mengerjakan latihan yang disediakan dalam modul ini. Diskusi dengan teman sejawat sangat baik untuk Anda lakukan. Dengan rajin menyimak, pengetahuan dan wawasan Anda akan menjadi lebih dalam dan bertambah luas.
Selamat belajar, semoga berhasil!
Wassalamualaikum wr wb
Tujuan pendidikan bukanlah sekadar mencapai angka dan nilai, tetapi yang terpenting adalah mencapai kebahagiaan. Untuk itu, proses belajar mengajar haruslah dibuat dengan menarik dan menyenangkan serta inovatif sesuai dengan dinamisasi zaman. Para mahasiswa yang sejatinya sebagai calon guru/pendidik perlu memiliki kemampuan menyimak dengan baik. Melalui Mata Kuliah Menyimak, mahasiswa diajak untuk bisa mempraktikan ragam keterampilan menyimak. Materi-materi yang disuguhkan bukan lagi pada tataran teori tentang apa itu menyimak dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui untuk memaksimalkan kita dalam proses menyimak. Akan tetapi, materi yang diberikan sudah mendekati ranah praktis tentang pentingnya memiliki kemampuan menyimak secara positif.
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang empat keterampilan berbahasa, batasan menyimak, hakikat keterampilan menyimak (tujuan menyimak, manfaat menyimak, proses menyimak, tahapan menyimak), suasana menyimak, faktor-faktor yang mempengaruhi menyimak, pengembangan keterampilan menyimak, memilih bahan simakan, jenis-jenis menyimak, menyimak ekstensif dan menyimak intensif (menyimak sosial menyimak sekunder; menyimak estetik; menyimak pasif; menyimak kritis menyimak eksploratif menyimak introgatif menyimak selektif; klasifikasi menyimak; penyimak ideal; melatih daya simak.
Dengan menyimak, para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup yang berharga bagi kemanusiaan sebab menyimak memiliki nilai informatif, yaitu memberikan masukan–masukan tertentu yang menjadikan kita lebih berpengalaman;
- meningkatkan intelektualitas serta memperdalam penghayatan keilmuan dan khazanah ilmu khususnya bidang bahasa dan sastra;
- memperkaya kosakata dan menambah perbendaharaan ungkapan yang tepat dan baik;
- memperluas wawasan, meningkatkan penghayatan hidup, serta membina sifat terbuka, dan objektif.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

KEGIATAN BELAJAR 2. HAKIKAT BAHASA

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Slam sejahtera bagi kita semua,
Tabik Puun...
Para mahasiswa sekalian, tak ada yang memungkiri bahwa bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat berbuat apa-apa atau malahan kalau bahasa itu tidak ada, manusia pun tidak ada. Jadi, bahasa ada karena manusia ada. Pertanyaannya: Apakah bahasa itu? Apakah karakteristik bahasa manusia? Apakah fungsi bahasa? Dalam penggunaannya, apakah suatu bahasa hanya memiliki satu bentuk atau satu wujud? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan kita bicarakan pada uraian Kegiatan Belajar 1 ini. Saya berharap, kalian semua terus bersemangat dalam perkuliahan menyimak ini.
GAMBARAN UMUM MATERI
Saudara, kata bahasa kerap digunakan dalam berbagai konteks dengan bermacam makna. Kita sering mendengar ungkapan bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa cinta, bahasa prokem, bahasa bunga, bahasa lisan, bahasa militer, serta berbagai ungkapan lain yang disandingkan dengan kata bahasa. Sebagai guru yang telah cukup lama mengajarkan bahasa Indonesia, menurut Anda apakah yang dimaksud dengan bahasa? Silakan rumuskan!
Jawaban Anda dan teman-teman Anda mungkin sangat bervariasi. Mari kita cermati beberapa pengertian bahasa yang telah dirumuskan beberapa ahli.- Bahasa adalah sebuah simbol bunyi yang arbiter yang digunakan untuk komunikasi manusia (Wardhaugh, 1972).
- Bahasa adalah sebuah alat untuk mengomunikasikan gagasan atau perasaan secara sistematis melalui penggunaan tanda, suara, gerak atau tanda-tanda yang disepakati, yang memiliki makna yang dipahami (Webster’s New Collegiate Dictionary, 1981).
- Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter, yang dipergunakan oleh para anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri (Kentjono, Ed., 1984:2).
- Bahasa adalah salah satu dari sejumlah sistem makna yang secara bersama-sama membentuk budaya manusia (Halliday dan Hasan, 1991).
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Rumusan definisi bahasa di atas mencerminkan minat dan sudut pandang penyusunnya. Ada yang menekankan pada sistem, alat, dan juga pada komunikasi. Namun, apa pun rumusan yang telah dibuat, pada dasarnya konsep bahasa memiliki beberapa karakteristik
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini Anda diharapkan dapat:- menjelaskan hakikat bahasa manusia;
- memaparkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi; serta
- menguraikan macam-macam ragam bahasa Indonesia.
Bagaimana sudah siap? Baik, mari kita memulai kajian kita tentang konsep bahasa.

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa hakikat bahasa. Di dalamnya kita akan membahas hal-hal yang menjadi pokok keterampilan berbahasa.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Hakikat BahasaPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbBahasa adalah sistem lambang yang bermakna, arbiter, konvensional, dan produktif yang dipergunakan oleh setiap individu dan anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri. Secara umum, bahasa memiliki fungsi personal dan sosial. Secara khusus, bahasa memiliki fungsi instrumental, personal, regulator, heuristik, imajinatif, interaksional, dan informatif.
Dalam penggunaannya, bahasa memiliki wujud yang bervariasi. Variasi atau ragam bahasa dapat dikelompokkan berdasarkan pemakai dan pemakaiannya. Berdasarkan pemakainya, ragam bahasa dapat dilihat dari segi (a) asal daerah penutur, yang melahirkan dialek geografis, (b) kelompok sosial, yang melahirkan dialek atau ragam sosial dengan segala variannya, dan (c) sikap berbahasa, yang melahirkan ragam resmi dan tak resmi atau keseharian. Bertolak dari pemakaiannya, ragam bahasa dapat dilihat dari sudut (a) bidang perbincangan, yang melahirkan ragam ilmiah, ragam sastra, ragam jurnalistik, dan ragam-ragam lainnya, (b) media berbahasa, yang memunculkan ragam lisan dan tulis, serta (c) situasi berbahasa, yang memunculkan ragam baku dan tak baku.
Untuk memperdalam pemahaman kalian terhadap kegiatan belajar 1, silahkan kalian jawab pertanyaan berikut ini:
- Mengapa bahasa begitu penting dalam kehidupan manusia?
- Jelaskan tiga karakteristik bahasa!
- Ada orang yang berpendapat bahwa bahasa Indonesia itu tidak semodern dan sebergengsi bahasa Inggris. Bagaimana tanggapan Anda terhadap pendapat tersebut?
Jawaban kalian saya tunggu di email rahmat.prayogi91@gmail.com
Para mahasiswa sekalian, forum diskusi pada kegiatan belajar 1 ini sengaja saya buat untuk memfasilitasi kalian semua yang belum atau malu bertanya saat virtual meeting kita tadi. Silahkan ajukan pertanyaan, dan semua rekan-rekan dapat juga mengomentarinya/membantu menjelaskan. Semoga kalian semua dapat memanfaatkannya dengan baik.

Alhamdulillah, kalian telah melewati materi hakikat bahasa. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta berdiskusi bersama kelompok yang telah saya tentukan. Tugas ini kalian diwajibkan membuat makalah dan salindia sesuai materi kelompok. Silahkan pahami pola penulisan makalah ilmiah dan mohon juga dicermati pemilihan tema salindia yang cocok dengan materi kalian.
Telah saya bagi menjadi 7 kelompok. Silahkan kalian baca dan pahami petunjuk pada lembar pembagian kelompok tersebut. Semoga kalian dapat memahami dan menyesuaikan isi makalah dengan kriteri yang telah saya buat.
Para mahasiswa sekalian, forum chat/umpan balik pada kegiatan belajar 1 ini sengaja saya buat untuk memfasilitasi kalian semua yang akan memberikan masukan atau komentar terhadap kegiatan saat virtual meeting kita tadi. Semoga kalian semua dapat memanfaatkannya dengan baik.
- Alwasilah, A. Ch. (1983). Linguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
- Halliday, M.K. dan Hasan, R. (1991). Language, Context, and Text: Aspect of Language in a Social-Semiotic Perspective. Melbourne: Oxford University Press.
- Kentjono, Dj., Ed. (1984). Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: FS-UI. Moeliono, A.M. (1989). Kembara Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
- Wardhaugh, R. (1972). Introduction to Linguistics. New York: McGraw-Hill.
- Wragg, E.C., Ed. (2004). The Routlege Falmer Reader in Teaching and Learning. New York: The Routlege Falmer.
Pertama
Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa baru Unila angkatan 2020, bahwa akun Single Sign On (SSO) anda sudah bisa digunakan utk mengakses Learning Management System (LMS) Virtual Class (Vclass) Unila.
Untuk mengetahui akun SSO masing2, silahkan akses alamat sso.pengumuman.unila.ac.id, masukkan NPM dan tgl lahir anda, silahkan aktifasi akun SSO tsb agar bisa mengakses sistem Vclass dgn langkah sebagai berikut;
- Login ke Vclass dgn menggunakan akun SSO.
- Isi biodata, profile, email pribadi (Gmail, Yahoo,dll), kemudian update profile.
- Check email anda, dan klik link aktifasi yg dikirim via email.
- Klik update profile.
- Selesai.
Apabila diantara Mahasiswa baru ada yg tidak berhasil akses akun SSO pada laman sso.pengumuman.unila.ac.id , silahkan open ticket pada sistem helpdesktik.unila.ac.id.
Kedua

KEGIATAN BELAJAR 3. KONSEP MENYIMAK

SALAM PEMBUKAAssalamualaikum wr wb.
Tabik Puun...
Para mahasiswa yang saya banggakan. Telah kalian baca dibagian awal bagaimana salam pembuka dari kami, profil dosen pengampu mata kuliah ini, deskripsi mata kuliah, dan kompetensi yang akan dicapai pada perkuliahan menyimak. Semoga kalian dapat memahami semuanya guna menunjang pembelajaran kita selama satu semester kedepan.
GAMBARAN UMUM MATERI
Seperti telah disinggung pada bagian pendahuluan bahwa menyimak merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada praktiknya makna menyimak sering tumpang tindih dengan makna mendengar dan mendengarkan.
Sebelum kita membahas konsep atau pengertian tentang menyimak, terlebih dahulu kita perhatikan perbedaan antarketiga kegiatan tersebut (mendengar, mendengarkan, dan menyimak) melalui contoh/ilustrasi berikut ini.- Bambang bersama teman-temannya sedang asyik bermain bola di lapangan yang letaknya berdekatan dengan jalan raya, tiba-tiba dia mendengar suara letusan. Bambang dan temannya berhenti sejenak mencari asal suara itu. Rupanya suara ban sepeda meletus. Setelah mengetahui apa yang terjadi, Bambang dan teman-temannya kembali melanjutkan permainannya.
- Tini menyapu lantai rumah sambil mendengarkan kaset Chrisye yang berisi lagu-lagu kegemarannya. Tini bekerja sambil mengikuti nyanyian tersebut yang sengaja disetelnya.
- Qeis dengan serius menonton acara siaran berita di televisi tentang peristiwa tanah longsor di suatu daerah. Qeis tidak hanya melihat gambar/visual yang tampak di layar kaca, tetapi dia mencermati kalimat- kalimat yang diucapkan penyiar sambil sekali-sekali dia memberi komentar.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Dari ketiga ilustrasi di atas, kita peroleh gambaran tentang peristiwa dan kegiatan yang dilakukan oleh Bambang, Tini, dan Qeis yang berhubungan dengan mendengar, mendengarkan, dan menyimak.Pada contoh (1) Bambang dan teman-temannya mendengar letusan tanpa disengaja dan tanpa tujuan. Suara letusan hanya membuat mereka terkejut sebentar, kemudian mereka tidak lagi mempedulikannya. Setelah menoleh sebentar, lalu mereka melanjutkan permainannya kembali.
Pada contoh (2) Tini memang sengaja menyetel kaset Chrisye untuk mendengarkan lagu kegemarannya. Tujuan Tini hanya sekadar menyenangkan hatinya sambil bekerja, tidak untuk memahami isi lagu-lagu yang didengarnya. Dalam hal ini Tini telah melakukan kegiatan yang bertujuan, tetapi tidak untuk memahami isi lagu. Dengan demikian, Tini telah melakukan kegiatan mendengarkan.
Pada contoh (3) Qeis dengan sengaja memperhatikan tayangan siaran berita dengan tujuan untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di tanah air. Kegiatan ini dilakukan Qeis dengan serius sambil memberi tanggapan atau komentar. Dalam hal ini, Qeis melakukan kegiatan ini dengan sengaja dan bertujuan sehingga dapat memahami isi berita yang didengar dan dilihatnya. Kegiatan Qeis ini setingkat lebih tinggi dari mendengarkan dan disebut dengan istilah menyimak.
Dari contoh dan ulasan di atas, semoga Anda memahami perbedaan ketiga istilah tersebut (mendengar, mendengarkan, dan menyimak). Jelasnya ketiga istilah tersebut berbeda secara gradasi walaupun ada titik-titik persamaan dalam makna kata.Pada kegiatan mendengar tidak ada unsur kesengajaan apalagi tujuan/rencana, pada kegiatan mendengarkan sudah ada unsur kesengajaan dan tujuan/rencana, tetapi belum ada unsur pemahaman, sedangkan pada kegiatan menyimak ada unsur kesengajaan, tujuan/rencana, dan juga pemahaman.
Menyimak didefinisikan oleh Tarigan (1987:28) sebagai suatu proses, yaitu mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.
Di samping pandangan di atas, ada pula pendapat lain yang hanya memilah istilah tersebut menjadi dua, yaitu mendengar dan mendengarkan atau menyimak. Artinya, menyimak memiliki makna yang sama dengan mendengarkan, seperti istilah yang digunakan dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia 2004 atau kurikulum berbasis kompetensi (KBK).
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu memetakan konsep mendengar, mendengarkan, dan menyimak.
Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa hakikat menyimak. Di dalamnya kita akan membahas hal-hal yang menjadi pokok perbedaan konsep mendengar, mendengarkan, dan menyimak.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Hakikat Mendengar, Mendengarkan, dan MenyimakPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbMenyimak merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Artinya, dalam kegiatan menyimak seseorang harus mengaktifkan pikirannya untuk dapat mengidentifikasi bunyi-bunyi bahasa, memahaminya, dan menafsirkan maknanya sehingga tertangkap pesan yang disampaikan pembicara. Menyimak atau mendengarkan berbeda dengan mendengar walaupun keduanya mempergunakan alat indra yang sama, yaitu telinga. Mendengar tidak memerlukan aktivitas mental atau pikiran karena mendengar dilakukan tanpa tujuan.
Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan keterampilan menyimak yang selalu digunakan dalam kegiatan komunikasi. Tanpa keterampilan menyimak, komunikasi tidak akan dengan baik atau akan terjadi gangguan atau bahkan terjadi kesalahpahaman yang membuat hubungan antarsesama menjadi tidak baik.
Selain berperan dalam komunikasi sehari-hari, menyimak sangat diperlukan di dalam pembelajaran. Seorang pelajar yang memiliki daya simak yang rendah akan mendapat kesulitan dalam menangkap pelajaran yang dijelaskan oleh guru atau dia juga akan mengalami kesulitan dalam mengikuti diskusi-diskusi yang dilakukan di kelas.
Menyimak memiliki kontribusi yang besar terhadap keterampilan berbahasa lain yang dimiliki seseorang. Hasil menyimak akan dapat meningkatkan keterampilan/kemampuan membaca, berbicara, dan menulis seseorang.Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!
- Jelaskanlah perbedaan kegiatan mendengar dengan mendengarkan/menyimak!
- Berikan contoh proses/kegiatan dari keduanya!
Silahkan dikumpul ke alamt email: rahmat.prayogi91@gmail.om
Para mahasiswa sekalian, forum diskusi pada kegiatan belajar 2 ini sengaja saya buat untuk memfasilitasi kalian semua yang belum atau malu bertanya saat virtual meeting kita tadi. Silahkan ajukan pertanyaan, dan semua rekan-rekan dapat juga mengomentarinya/membantu menjelaskan. Semoga kalian semua dapat memanfaatkannya dengan baik.

Alhamdulillah, kalian telah melewati materi bagian kedua ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugasnya adalah, pastikan semua makalah dan salindia telah siap. Hal tersebut dikarenakan minggu depan kita akan mulai presentasi kelompok 1. Tugas berikutnya adalah, silahkan kalian kerjakan latihan soal yang telah saya sediakan. Kumpulkan ke email: rahmat.prayogi91@gmail.com.
Saya berharap kalian semua dapat mengikuti perkuliahan minggu depan dn seterusnya sampai dengan akhir semester. aamiinUntuk mengtahui kedalaman pemahaman Anda dengan materi bagian ini, silahkan kalian jawab 3 soal berikut ini.
- Jelaskan peran menyimak dalam kehidupan sehari-hari dan berikan contohnya!
- Jelaskan peran menyimak dalam pembelajaran beserta contohnya.
- Jelaskanlah bagaimana keterampilan menyimak memberi manfaat bagi keterampilan berbahasa lain yang dimiliki seseorang.
Hasil pekerjaan kalian silahkan dikumpulkan melalui email: rahmat.prayogi91@gmail.com.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada saya. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.
- Hermawan, Herry. 2012. Menyimak: Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
- Morley, Joan. 1984: Listening and Language Learning in ESL: Developing Self-Study Activities for Listening Comprehension. USA: Prentice-Hall,Inc. Englewood Cliffs.
- Suyatna, Amir. 2002. Menyimak dan Pengajarannya. Bandung: UPI
- Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
- Suyanto, Edi. 2009. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Yogyakarta: Ardana Media.
- Fawaid, Achmad. 2018. Pengantar Penulisan Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sugihastuti dan Saudah, Siti. 2019. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
- Kemenristekdikti. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi: Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjenbelmawa.
- Sujinah, Idhoofiyatul, Rachmawati. 2018. Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

KEGIATAN BELAJAR 4 - PENDAHULUAN (H.G Tarigan, 2008)

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan keempat ini kita akan memulai dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan moment ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi pendahuluan yang akan disampaiakn oleh kelompok 1. Meskipun materi pendahuluan ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang kelompok 1 sampaikan.
GAMBARAN UMUM MATERIMenyimak merupakan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang penting. Keterampilan menyimak harus dikuasai terlebih dahulu dibandingkan dengan keterampilan-keterampilan berbahasa yang lain.Kegiatan menyimak dapat terlihat dari kehidupan sehari-hari yang dihadapkan dengan berbagai kesibukan menyimak, misalnya dalam dialog antaranggota keluarga, percakapan antarteman dan aktivitas pendidikan.
(Tarigan, 2008:2). Dengan menyimak informasi kita dapat mengetahui segala hal yang terjadi di belahan dunia ini, meliputi kasus-kasus yang sedang terjadi di berbagai negara, keanekaragaman suku dan budaya yang terdapat di berbagai negara, beragam keajaiban dunia yang terdapat di dunia dan berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat di dunia. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam materi menyimak teks berita, pengajar harus menggunakan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif untuk membangkitkan minat dalam proses pembelajaran.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Menyimak merupakan proses menangkap pesan atau gagasan yang disajikan melalui ujaran. Keterampilan menyimak merupakan dasar keterampilan dalam komunikasi lisan. Apabila kemampuan seseorang dalam menyimak kurang, dapat dipastikan dia tidak dapat mengungkapkan topik yang didengar dengan baik. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat satu kompetensi yang harus dicapai siswa yaitu menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/TV. Hal ini menandakan bahwa pembelajaran menyimak berita merupakan salah satu pembelajaran yang penting untuk dilaksanakan. Pentingnya pembelajaran menyimak yaitu dapat melatih daya piker seseorang terhadap hal-hal yang telah disimaknya. Semakin tinggi daya ingat seseorang dalam menyimak maka semakin tinggi pula kecerdasan orang tersebut. Seperti halnya pada materi pembelajaran menyimak berita televisi, untuk mengetahui informasi dari berita kita tidak sekedar melihat berita di televisi saja, akan tetapi kita juga harus menyimak dengan cermat segala informasi yang telah diberitakan. Konsentrasi penuh dalam menyimak teks berita merupakan hal utama dalam menyimak. Hal tersebut terbukti bahwa seseorang yang menyimak informasi dengan cermat dan penuh konsentrasi maka informasi yang diperoleh juga lengkap, namun sebaliknya yang tidak menyimak informasi dengan cermat maka informasi yang didapat juga tidak akan lengkap.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan belajar ini, mahasiwa diharapkan mampu;- Mengetahui Pengertian mengenai Kegitan Menyimak
- Menjelaskan Maksud dari Keterampilan Bahasa
- Memberikan Pengajaran tentang Menyimak
- Menjelaskan Bentuk pembelajaran Menyimak serta Langkah langkah dalam Kegiatan Menyimak
- Menjelaskan mengenai tugas linguistik murni dan terapan, Membahas mengenai Perhatian Para Pakar Bahasa, Perhatian para Guru Bahasa

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa bagian pendahuluan materi menyimak pada buku Hendri Guntur Tarigan.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Pendahuluan Materi Menyimak (H.G. Tarigan)Para mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbUntuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kemampuan berikut ini!
a) Memahami dalam proses menyimak.
b) Menganalisis dalam proses menyimak.
c) Mensintesis dalam proses menyimak.
Hasil pekerjaan Kalian saya tunggu di emai: rahmat.prayogi91@gmail.comPerbedaan antara menyimak dan mendengar yaitu dalam makna dan auding. Tetapi, menyimak dan membaca berhubungan erat. Perbedaannya pada jenis komunikasinya. Jika membaca merupakan proses melihat serta menginterpretasikan lambang-lambang tulis, sedangkan menyimak merupakan proses besar mendengarkan serta menginterpretasikan lambang-lambang lisan. Tetapi keduanya merupakan alat untuk menerima komunikasi. Tujuannya pun untuk memperoleh informasi, menangkap isi, dan memahami makna komunikasi.
Intinya, menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.
Ada empat keterampilan bahasa yang saling brhubungan yaitu menyimak dan berbicara (komunikasi dua arah/face to face), menyimak dan membaca (sama-sama menerima hanya berbeda sumber lisan dan tulisan), berbicara dan membaca (kemampuan berbahasa lisan turut melengkapi keterampilan bagi pengajaran membaca), ekspresi lisan dan tulis (sebelum lancar menulis, pastinya melalui pengalaman diskusi lisan.
Pentingnya pengajaran menyimak bagi para siswa agar mempunyai peningkatan-peningkatan dalam belajar. Dalam belajar menyimak mempunyai tahap-tahap yaitu, menentukan makna, memperagakan ekspresi, menyuruh mengulangi, lalu memberikan latihan ekstensif. Sebagai seorang guru bahasa, sebaiknya dia mengetahui, memahami, serta menguasai prinsip dasar bahasa.
Silahkan kelompok lain membaca dan memahami materi kelompok 1 selama 10 s.d. 15 menit. Jika sudah selesai, silahkan berikan pertanyaan kepada kelompok 1.
Semua pertanyaan wajib ditanggapi oleh anggota kelompok.
Kelompok lain boleh membantu menjawab.
Alhamdulillah, kalian telah melewati materi pendahuluan ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran. Kemudian, silhakan apabila masih ada yang perlu di diskusikan di luar jam pelajaran, serta apabila ada yang perlu menjadi masukkan kegiatan kita yang telah lalu, bisa mengisi umpan balik.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.

KEGIATAN BELAJAR 5 - MENYIMAK (H.G. Tarigan, 2008)

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 2. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 2.
GAMBARAN UMUM MATERI
Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup membutuhkan bantuan orang lain dan akan saling melengkapi satu sama lain. Dalam hal itu pentingnya dalam komunikasi sangat ditekankan. Manusia dituntut untuk dapat menghargai apa yang dimaksud si pembicara, salah satunya adalah dengan menyimak.Menyimak adalah suatu proses mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna informasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan (Tarigan, 2008: 31). Menyimak merupakan proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menafsirkan, menilai dan mereaksi terhadap makna yang termuat pada wacana lisan (Puspayanti, dkk, :2012). Menyimak bukan hanya sebatas mendengar (hearing) tetapi memerlukan kegiatan lainnya yakni memahami (understanding) isi pembicaraan yang disampaikan oleh sipembicara (Saddhono dan Slamet, 2014: 47).
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWAMenyimak bukan hanya sebatas kegiatan tanpa ada teori atau istilah. Cukup banyak masyarakat yang belum mengerti tentang hakikat menyimak dan menganggap menyimak hanya sebuah kata kerja tanpa ada teori yang perlu digali. Selain itu, kerap makna menyimak disamakan dengan makna mendengar, dan mendengarkan. Makalah ini akan membahas tentang menyimak seperti pengertian menyimak, ragam menyimak, tujuan menyimak, proses menyimak, kemampuan menyimak, kemampuan menyimak siswa, serta hal-hal yang perlu disimak.
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Menjelaskan batasan dan pengertian “Menyimak”.
- Menjelaskan tahap-tahap “Menyimak”.
- Menjelaskan ragam dari “Menyimak”.
- Menjelaskan tujuan “Menyimak”.
- Menjelaskan proses “Menyimak”.
- Menejelaskan kemampuan “Menyimak” siswa Sekolah Dasar.
- Menjelaskan hal-hal yang perlu disimak.

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi menyimak pada buku Hendri Guntur Tarigan.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Materi Menyimak (H.G. Tarigan)Para mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbUntuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!
1) Jelaskanlah secara kronologis proses yang terjadi pada kegiatan menyimak!
2) Sebutkanlah macam-macam kemampuan yang diperlukan oleh seorang penyimak!
Jawaban latihan kalian saya tunggu di email: rahmat.prayogi91@gmail.com
Menyimak merupakan kegitan mendengar yang penuh apresiasi dan dapat memberika atau menceritakan kembali apa yang didengar karena telah paham atau mengerti dari apa yang didengarkan. Berbeda dengan mendengar dan mendengarkan. Dengan tahap tahap tertentu untuk memperoleh informasi, makna, atau pesan yang akan disampaikan.
Banyak orang berpendapat bahwa menyimak merupakan kegiatan yang bersifat pasif. Pendapat ini didasarkan pada kenyataan bahwa fisik seseorang yang sedang menyimak tidak menunjukkan kegiatan yang aktif atau melakukan gerakan-gerakan anggota tubuh. Ini merupakan suatu pandangan yang keliru bila menafsirkan suatu kegiatan yang bersifat aktif dengan cara memandang ada atau tidaknya suatu gerakan fisik yang tampak.
Suatu kegiatan dikatakan aktif sebenarnya didahului oleh kegiatan mental. Fisik seseorang bergerak juga didasari oleh kegiatan mental tersebut. Seorang anak yang kurang menggerakkan anggota badannya, tetapi dia cerdas, tidak dapat dikatakan bahwa dia seorang anak yang pasif. Jadi, bila ada siswa Anda yang sedikit sekali menggerakkan anggota badannya jangan memvonis bahwa siswa tersebut pasif walaupun tidak berarti boleh membiarkan hal itu terus berlangsung.
Demikian pula halnya dengan kegiatan berbahasa. Dalam menyimak dan membaca, seseorang memang tidak dituntut untuk mengaktifkan psikomotornya, tetapi bukan berarti aspek-aspek mentalnya pun tidak ikut aktif. Dalam memahami pesan yang disimaknya, penyimak harus mengaktifkan syaraf-syaraf otak dengan sungguh-sungguh untuk mampu mengolah pengetahuan-pengetahuan yang ada dan menghubungkannya dengan bahan simakan sehingga dapat menangkap pesan yang disampaikan pembicara.
Pada dasarnya menyimak adalah kegiatan mendengarkan bunyi-bunyi yang disertai dengan usaha memahami. Ini berarti bahwa menyimak diawali dengan kegiatan mendengarkan yang pada akhirnya penyimak memperoleh hasil dari apa yang disimaknya.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 2. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 2 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 2 dengan kelompok 1.
Alhamdulillah, kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 Kalian saya minta membuat analisis berita berdasarakn 5W+1H. Silahkan pilih berita dari televisi atau rekaman di youtube. Prinsipnya adalah berita yang dapat Anda simak, bukan yang Anda baca. Hal ini dikarenakan kalian diminta untuk menyimak, bukan membaca. Pada bagian umpan balik, silahkan kalian manfaatkan sebagaimana petunjuknya.
Silahkan kumpulkan file (word/pdf) hasil Anda menyimak berita dan menganalisisnya dalam 5W + 1H.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.

- This topic
KEGIATAN BELAJAR 6 - SUASANA MENYIMAK

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-6 ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi suasana menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 4. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 4.
GAMBARAN UMUM MATERI
Keterampilan berbahasa mencakup 4 kegiatan yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Salah satu kegiatan yang paling penting namun sering ditinggalkan adalah kegiatan keterampilan menyimak. Menyimak merupakan kegiatan meresepsi, mengolah, serta menginterpretasi suatu permasalahan dengan melibatkan panca indera seseorang.Selanjutnya Tarigan (2018) mengemukakan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serat interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh para pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Banyak sekali situasi dalam kehidupan ini yang menuntut kita siap untuk bertahan jika tidak mau menemui kegagalan, kekalahan, atau kehancuran. Sifat bertahan ini merupakan salah satu ciri utama insan hidup. Begitu pula halnya dalam keterampilan menyimak.
Suasana-suasana defensif atau bertahan biasanya dimanipulasikan dalam pesan-pesan lisan yang mengandung maksud yang bersungguh-sungguh dan tersirat. Antara lain pesan- pesan yang bersifat evaliatif, mengawasi, strategis, netral, superior, pasti dan tentu.
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Menjelaskan pengertian dan contoh suasana menyimak defensif.
- Menjelaskan pengertian dan contoh suasana menyimak suportif.

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa suasana menyimak. Di dalamnya kita akan membahas hal-hal yang menjadi pokok peningkatan keterampilan menyimak.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Suasana MenyimakPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbPara mahasiswa sekalian, silahkan kalian kerjakan latihan berikut ini guna menunjang pengetahuan kalian pada materi suasana menyimak.
1. Sebutkan 2 contoh suasana menyimak devensif!
2. Bagaimana cara menyimak yang baik dan benar?
3. Sebutkan contoh hubungan menyimak dengan keterampilan berbahasa yang lainnya!
4. Apa sajakah konsep penting dalam menyimak kritis?
5. sebutkan kegiatan-kegiatan dalam menyimak kreatif!
Jangan lupa, hasil pekerjaan kalian silahkan dikirim ke email saya: rahmat.prayogi91@gmail.com
Kegiatan menyimak merupakan suatu keterampilan berbahasa yang penting di samping tiga keterampilan berbahasa yang lainnya. Dalam kegiatan menyimak, terdapat jenis-jenis suasana menyimak yang dibagi menjadi 2, yaitu suasana defensif (bertahan) dan suasana suportif (menunjang).
Suasana-suasana defensif atau bertahan biasanya dimanipulasikan dalam pesan-pesan lisan yang mengandung maksud yang bersungguh-sungguh dan tersirat. Antara lain pesan- pesan yang bersifat evaliatif, mengawasi, strategis, netral, superior, pasti dan tentu.
Berbeda dengan suasana defensif, suasana komunikasi yang bersifat mendukung atau menunjang (suportif) timbul dari pesan-pesan yang mengimplikasikan deksripsi, orientasi masalah, spontanitas, empati, ekualitas, dan profesionalisme pada pihak pembicara. Berikut penjelasan keenam butir pemancing komunikasi dalam menyimak.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 3. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 3 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 3 dengan kelompok 1.
Para mahasiswa semua, Alhamdulillah dan terima kasih. Kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 Kalian saya minta membuat soal pilihan jamak dan essay bersama dengan jawabannya.Silahkan Anda membuat soal pilihan jamak dan essay beserta jawaban.
Pilihan jamak 5 soal.
Essay 5 Soal.
Sumber pertanyaan dari materi kelompok 1 s.d. 3.Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.

KEGIATAN BELAJAR 6 - FAKTOR PEMENGARUH MENYIMAK

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi faktor pemengaruh menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 4. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 4.
GAMBARAN UMUM MATERI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menyimak merupakan kegiatan meresepsi, mengolah, serta menginterpretasi suatu permasalahan dengan melibatkan pancaindera seseorang. Menyimak berhubungan dengan keterampilan berbahasa yang menyebutkan menyimak di keempat hubungan keterampilan berbahasa, yaitu menyimak dan berbicara, menyimak dan membaca, berbicara dan membaca, serta ekspresi lisan dan ekspresi tulis.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Selain keterampilan dalam berbahasa, manusia pun dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menyimak. Keterampilan menyimak adalah proses kegiatan mendengarkan lambang lisan (ucapan seseorang) dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, dan interpretasi untuk memperoleh informasi menangkap isi atau pesan dan memahami makna komunikasi pembicara melalui ujaran lisan. Keterampilan menyimak tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya oleh karena itu selain perlu mengerti dan memahami apa itu keterampilan menyimak, kita juga harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi menyimak, yang akan dibahas dalam kegiatan belajar ini satu persatu.
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mengetahui faktor-faktor pemengaruh dalam menyimak.
- Mengetahui cara mengatasi faktor pemengaruh dalam menyimak.

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa faktor pemengaruh menyimak.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Faktor pemengaruh menyimakPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbUntuk mengetahui kemampuan kalian dalam memahami materi kelompok 4, silahkan jawab 5 pertanyaan berikut ini:
1. Mengapa saat menyimak kita harus berkaitan dengan faktor fisik?
2. Bagaimana situasi lingkungan yang kurang menguntungkan dalam kegiatan menyimak?
3. Bagaimana solusi bila penyimak tidak jelas mendengar pembicaraan sang pembicara?
4. Mengapa faktor pengalaman sangat diperlukan dalam kegiatan menyimak?
5. Sebutkan faktor-faktor pemengaruh dalam menyimak menurut para ahli!
Jawaban kalian saya tunggu di email: rahmat.prayogi91@gmail.com
Kegiatan menyimak tidak hanya perlu dipahami pengertiannya saja namun juga banyak faktor yang mendukung kegiatan menyimak menjadi efektif dan kritis yaitu salah satunya dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi menyimak yaitu, faktor fisik, faktor psikologis, faktor pengalaman, faktor sikap, faktor motivasi, faktor jenis kelamin, faktor lingkungan serta faktor peranan dalam masyarakat.Dan juga bagaimana upaya penanggulangannya, ketika kita sudah mengerti dan memahami faktor-faktor tersebut maka kita bisa menjadi penyimak yang kritis yang tidak hanya mendengarkan saja namun bisa meniru serta mempraktekkan materi atau bahan yang telah disimak.
Pembelajaran menyimak dapat berhasil apabila penyimak mempunyai tekad belajar dalam bidang pengetahuan dan pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berjalan tentu tidak semua peserta dapat berhasil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Menyimak akan berhasil apabila pembicara dapat mengarahkan penyimak dalam proses pembelajaran dengan menemukan sendiri apa yang harus disiapkan sebelumnya oleh pembicara hingga terjadinya kesinambungan antara pembicara dan penyimak.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 4. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 4 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 4 dengan kelompok 1.
Para mahasiswa semua, Alhamdulillah dan terima kasih. Kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 Kalian saya minta membuat soal pilihan jamak dan essay bersama dengan jawabannya. Tugas 3 kalian saya minta mengumpulkan hasil diskusi pada breakout room pertemuan virtual tadi.
Silahkan kalian buat soal Pilihan jamak sejumlah 5 soal, dan soal essai sejumlah 5 soal. Masing-masing dilengkapi dengan jawaban.
Pertanyaan terfokus pada materi kelompok 4.Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.

KEGIATAN BELAJAR 7 - ANEKA SITUASI PELIBAT MENYIMAK

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi aneka situasi pelibat menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 5. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 5.
GAMBARAN UMUM MATERI
Saudara mahasiswa, secara implisit Anda tentu sudah melihat adanya proses dalam kegiatan menyimak yang diuraikan dalam kegiatan belajar. Pada kegiatan belajar bagian ini kita akan melihat secara lebih terperinci proses tersebut, tahapan-tahapan apa saja yang dialami seorang penyimak.Agar pembahasan menjadi lebih jelas, kita ulas sedikit mengenai komunikasi. Komunikasi memiliki makna hubungan. Komunikasi antarmanusia dapat diartikan sebagai hubungan antarsesama dengan cara mengirim dan menerima pesan dengan menggunakan alat berupa bahasa. Di dalam kegiatan komunikasi itu, manusia menyampaikan pikiran dan perasaannya kepada mitra bicaranya. Pengirim atau penyampai pesan, pikiran/ide/gagasan itu disebut komunikator, sedangkan penerima pesan disebut komunikan. Dengan kata lain, penyampai pesan atau pembicara disebut komunikator dan penerima pesan atau penyimak disebut komunikan.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWAPerhatikan gambar berikut ini.

Menyimak merupakan suatu kegiatan yang memerlukan proses karena dalam proses menyimak minimal melalui tahapan-tahapan mendengarkan, memahami, dan menafsirkan. Dengan demikian, menyimak dapat dipandang sebagai kegiatan mental. Itulah sebabnya menyimak dikatakan bersifat aktif-reseptif.
Saudara mahasiswa, sehubungan dengan menyimak sebagai suatu proses, para ahli umumnya sependapat bahwa menyimak adalah suatu kegiatan yang memerlukan proses. Loban dkk., dalam Tarigan (1986) membagi menyimak atas 3 aspek, yaitu comprehending (memahami), interpreting (menginterpretasikan), dan evaluating (menilai atau mengevaluasi).
Sedangkan Logan, dkk. (1972:39) membagi tahap-tahap menyimak menjadi 4 sebagai berikut.
1. Hearing (mendengar).
2. Understanding (memahami).
3. Evaluating (menilai).
4. Responding (mereaksi).
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Apa saja aspek yang di kembangan dalam keterampilan berbahasa di dalam menyimak?
- Apa saja aneka situasi pelibat menyimak?
- Apa saja aneka alasan dalam menyimak?
- Siapa saja orang-orang yang tergolong penyimak jelek(poor listeners)

Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa aneka situasi pelibat menyimak. Di dalamnya kita akan membahas hal-hal yang terlibat dalam suatu percakapan/komunikasi.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Aneka situasi pelibat menyimakPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbHallo, para mahasiswa semua. Ada lima pertanyaan untuk kalian. Silahkan kalian jawab dan kumpulkan ke email saya: rahmat.prayogi91@gmail.com
Berikut pertanyaannya:- Sebutkan apa saja faktor masalah psikologis pemengaruh perhatian menyimak?
- Sebutkan faktor-faktor pemengaruh perhatian menyimak?
- Apakah yang dimaksud dengan menyimak untuk belajar?
- Sebutkan contoh dari Menyimak untuk Memecahkan Masalah?
- Sebutkan faktor sikap yang mempengaruhi kegiatan menyimak?
Aneka Situasi Pelibat Menyimak meliputi beberapa faktor,yaitu jenis suasana menyimak.Petunjuk keterangan dan pengumuman yang berisi tentang prosedur melakukan sesuatu. Percakapan dan diskusi adalah suatu komunikasi dengan lisan dan jelas. Laporan yang merupakan suatu tugas dan tanggung jawab penting dimana penyimak harus mengikuti rencana organisasi pembicara,dan harus bisa mengevaluasikan keotentikan atau benaran hal hal yang dikatakan oleh pembicara. Radio, televisi,rekaman dan telepon dimana segala jenis menyimak dalam rumah tangga dituntut oleh perlengkapan tersebut. Dan aneka alasan menyimak ada berbagai alasan menyimak diantaranya ingin mempelajari sesuatu dari bahan simakan dan memperoleh manfaat dari bahan simakan.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 5. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 5 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 5 dengan kelompok 1.
Para mahasiswa semua, Alhamdulillah dan terima kasih. Kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 kalian saya minta mengumpulkan kembali link video presentasi yang telah diunggah ke youtube. Tugas 3 Kalian saya minta membuat soal pilihan jamak dan essay bersama dengan jawabannya. Tugas 4 kalian saya minta membuat soal dari hasil rekaman kalian pada virtual meeting tadi.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.
- Dawson,Mildred A. (et all).1963. Guiding Languange Learning,New York ; Harcourt,Brace & World,Inc.
- Hunt,,Gary T.1981.Public Speaking.Englewood Clifis: Parentice Hall,Inc
- Salisbury,Rachel. 1955. etter Languange and Thingking. New York ; Appleton-Century- Crofts Inc.
- Tarigan, Henry Guntur,1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

KUIS/TEST SUMATIF

Assalamualaikum wr wb.
Selamat pagi, siang, sore, malam.
Tabik puun...
Para mahasiswa semua, silahkan kalian kerjakan kuis berikut ini.
Kuis ini dijadwalkan selama 60 menit. Silahkan join dan mulai mengerjakan. Formulir akan secara otomatis tertutup apabila telah mencapai waktu 60 menit.
Gunakan email berbasis google. Jangan coba-coba melakukan tindakan kecurangan.
Selamat bekerja, semoga sukses.
Aamiin.
Wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 8 - UJIAN TENGAH SEMESTER
Assalamualaikum wr wb,
Tabik puun..
Para rekan-rekan mahasiswa sekalian,diharpakan kalian semua telah membaca materi dari masing-masing kelompok yang telah presentasi.
Hal tersebut guna membantu Anda dalam menyelesaikan soal-soal UTS pada tautan di bawah ini.
Selamat mengerjakan, pastikan semua berjalan baik-baik saja.UTS SESI 1 dimulai pukul 07.30 s.d. 09.00 wib
UTS SESI 2 dimulai pukul 09.05 s.d. 10.00 wib
Sesi 2 dapat langsung Anda kerjakan tanpa harus menunggu waktunya jika sesi 1 sudah Anda selesaikan.


JANGAN KLIK LINK DI BAWAH INI JIKA BELUM PUKUL 07.30 !!!
AKTIVITAS ANDA AKAN TEREKAM JIKA MEMBUKA SEBELUM PUKUL 07.30 WIB.Ujian tengah semester ini berlaku mulai pukul 07.30 s.d. 09.00 wib.

KLIK LINK DI BAWAH INI !!!
UTS ini dijadwalkan pukul 09.05 s.d. 10.00 wib. Namun, jika sesi 1 telah Anda kerjakan lebih cepat Anda diperkenankan mengerjakan sesi 2 walau belum dimulai.
KEGIATAN BELAJAR 9 - MENINGKATKAN DAYA SIMAK

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-9 ini kita akan diskusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi meningkatkan daya simak yang akan disampaikan oleh kelompok 6. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 6.
GAMBARAN UMUM MATERI
Menyimak merupakan keterampilan yang cukup mendasar dalam aktivitas berkomunikasi dan suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu dituntut untuk menyimak, baik di lingkungan keluarga,sekolah, maupun masyarakat.Oleh karena itu, menyimak lebih banyak daripada kegiatan berbahasa lainnya yaitu berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini dibuktikan oleh Wilga W. River (Sutari, dkk., 1997: 8) kebanyakan orang dewasa menggunakan 45% waktunya untuk menyimak, 30% untuk berbicara, 16% untuk membaca, dan hanya 9% saja untuk menulis. Berdasarkan kenyataan di atas maka jelas bahwa keterampilan menyimak harus dibina dan ditingkatkan karena sangat penting dalam lingkungan pendidikan.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Menyimak berasal dari kata simak yang berarti mendengarkan dengan perhatian apa yang dikatakan orang atau apa yang dilihatnya dan menyimpannya dalam hati (Badudu-Zain, 1996: 1323). Selain itu menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan (H.G Tarigan, 1986: 19).Isi dan bahan juga harus menunjang pada pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia juga menyangkut segi penguasaan kebahasaan, keterampilan memahami, mengapresiasi sastra dan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia. Sebuah keterampilan akan dikuasai dengan baik jika diajarkan dan dilatihkan. Demikian pula dengan keterampilan menyimak perlu diajarkan dan dilatihkan dengan baik dan kontinu mengingat pentingnya peran dalam kehidupan, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Memberikan pemahaman tentang strategi dalam menyimak.
- Mempermudah melaksanakan kegiatan menyimak.
- Mengetahui pola latihan dalam meningkatkan daya simak.
RENCANA KEGIATAN
Rekan-rekan mahasiswa, hari ini kita akan membahas cara meningkatkan daya simak. Perhatikan petunjuk perkuliahan kita hari ini;1. Silahkan rekan-rekan mahasiswa sekalian untuk mengakses materi yang telah disediakan.
2. Silahkan kalian semua memahami materi kelompok 6 untuk kemudian membahasnya dalam forum diskusi.
3. Rekan-rekan mahasiswa diperbolehkan menanggapi pertanyaan teman dari kelompok lain dalam forum diskusi kelompok lain. (Cth; Anda kelompok satu, Anda boleh menanggapi pertanyaan yang ada di forum kelompok 2, 3, 3, dst.
4. Ada tugas jurnal yang harus Anda selesaikan hari ini juga. Paling lambat pukul 23.55 wib.
5. Ada tugas membuat soal yang harus Anda selesaikan paling lambat hari jumat pukul 23.55 wib.
Rekan-rekan mahasiswa, berdikusilah dengan baik guna menambah nilai harian Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini.
Selamat belajar, semoga sukses. aamiin.
Wassalamualaikum wr wb.
Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa MENINGKATKAN DAYA SIMAK.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Meningkatkan daya simakPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbPada bagian ini, kalian saya minta untuk berlatih menjawab lima soal berikut ini. Semoga kalian dapat memahami maksud dan tujuan pembelajaran kita hari ini dengan mengulas materi melalui soal yang saya berikan. Selamat Bekerja.
- Mengapa diperlukan komunikasi dua arah dalam bahan simakan yang menarik perhatian?
- Berikan satu contoh faktot pemengaruh perhatian menyimak...
- Jelaskan bagaimana perhatian dalam komunikasi?
- Jelaskan tentang Teori Seleksi Masukan...
- Mampu memilih,menerima beberapa pesan sekaligus,serentak,dan menyeleksi satu saja untuk diterima dan diberi jawaban,seperti halnya pada sebuah pesta,para pelayan menawarkan berbagai minuman dan atraksi kepada kita.Pernyataan tersebut merupakan konsep perhatian mencakup faktor...
Jawaban kalian saya tunggu di email: rahmat prayogi91@gmail.com
Menyimak tidak hanya sekedar mendengar dan memahami suatu informasi, akan tetapi berusahalah untuk menjadi penyimak yang efektif. Agar menjadi penyimak yang efektif hal yang bisa kita lakukan yaitu meningkatkan ketrampilan menyimak dan meningkatkan daya simak. Namun, peran seorang guru atau pendidik sangat diperlukan karena membantu kegiatan menyimak peserta didik, sehingga kendala menyimakpun dapat diatasi dengan muda. Namun disamping pendidik berupaya melakukan pengajaran menyimak yang baik, peserta juga harus berupaya mengembangkan rasa kemauan untuk berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan diskusi, sehingga dengan cara itu kita bisa menjadi penyimak yang efektif.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 6. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 6 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 6 dengan kelompok 1.
Para mahasiswa semua, Alhamdulillah dan terima kasih. Kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 Kalian saya minta membuat soal pilihan jamak dan essay bersama dengan jawabannya.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.
KEGIATAN BELAJAR 10 - MEMILIH BAHAN SIMAKAN YANG MENARIK PERHATIAN

SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabim Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-10 ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi memilih bahan siamakan yang menarik perhatian yang akan disampaikan oleh kelompok 7. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 7.
GAMBARAN UMUM MATERI
Istilah mendengarkan, mendengar dan menyimak sering kita jumpai dalam dunia pengajaran bahasa, lebih-lebih dalam pengajaran keterampilan berbahasa. Satu hal yang sudah disepakati bersama ialah bahwa ketiga istilah itu berkaitan dengan dalam makna. Namun dalam mengartikan makna istilah tersebut satu persatu, mulai muncul perbedaan pendapat. Ada yang menganggap mendengarkan sama dengan menyimak. Kedua duanya dapat dipertukarkan dengan makna yang sama. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa pengertian mendengarkan dan menyimak tidak sama. Artinya masing masing istilah itu berdiri sendiri dengan makna yang berbeda pula.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Peristiwa mendengar, biasanya, terjadi secara kebetulan, tiba-tiba, dan tidak diduga sebelumnya. Karena itu kegiatan mendengar tidak direncanakan. Apa yang didengar mungkin tidak dimngerti maknanya dan mungkin pula tidak menjadi perhatan sama sekali. Mendengarkan setingkat lebh tinggi tarafnya dari mendengar. Mendengarkan sudah mencakup mendengar. Di antara ketiga istilah, mendengar, mendengarkan, dan menyimak, taraf tertinggi diduduki istilah menyimak. Dalam peristiwa menyimak sudah ada faktor kesengajaan. Faktor pemahaman merupakan unsur utama dalam setiap peristiwa menyimak. Bahkan lebih dari itu faktor perhatian, penilaian pun selalu terdapat dalam peristiwa menyimak. Penyimak yang baik adalah penyimak yang berencana. Salah satu butir dari perencanaan adalah ada alasan tertentu mengapa yang bersangkutan meyimak. Alasan inilah yang kita sebut sebagai tujuan menyimak.
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Menjelaskan perbedaan antara duolog dan dialog.
- Menjelaskan hakikat perhatian.
- Menjelakan perhatian dan komunikasi.
- Menjelaskan faktor yang dapat mempengauhi menyimak.
- Menjelaskan alasan diperlukannya menyimak.
- Menjelaskan bahan simakan yang menarik perhatian.
RENCANA KEGIATANRekan-rekan mahasiswa, hari ini kita akan membahas cara bahan simakan yang menarik perhatian. Perhatikan petunjuk perkuliahan kita hari ini;
1. Silahkan rekan-rekan mahasiswa sekalian untuk mengakses materi yang telah disediakan.
2. Silahkan kalian semua memahami materi kelompok 7 untuk kemudian membahasnya dalam forum diskusi.
3. Rekan-rekan mahasiswa diperbolehkan menanggapi pertanyaan teman dari kelompok lain dalam forum diskusi kelompok lain. (Cth; Anda kelompok dua, Anda boleh menanggapi pertanyaan yang ada di forum kelompok 3, 4, 5, dst.
4. Ada tugas jurnal yang harus Anda selesaikan paling lambat Tanggal 22 Desember 2020 pukul 23.55 wib.
5. Ada tugas membuat soal yang harus Anda selesaikan paling lambat Tanggal 22 Desember 2020 pukul 23.55 wib.
Rekan-rekan mahasiswa, berdikusilah dengan baik guna menambah nilai harian Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini.
Selamat belajar, semoga sukses. aamiin.
Wassalamualaikum wr wb.
Assalamualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah Menyimak. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa memiilih bahan simakan yang menarik perhatian.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
Memiilih bahan simakan yang menarik perhatianPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami rangkuman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbHai rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan. Pada bagian ini saya minta kalian mengerjakan lima soal yang sudah saya siapkan. Hal ini guna mengetahui sejauh mana pemahaman kalian terhadap materi kelompok 7. Berikut pertanyaan yang harus kalian jawab:
- Bagaimana sikap guru yang dapat meningkatkan daya simak?
- Sebutkan hal–hal yang dapat meningkatkan daya simak!
- Mengapa harus ada upaya untuk meningkatkan daya simak pada anak?
- Mengapa sikap guru juga bisa meningkatkan daya simak anak?
- Bagaimana cara agar membaca nyaring atau bersuara bisa digunakan sebagai latar belakang dari membaca responsif atau apresiatif?
Jawaban kalian saya tunggu di email: rahmat.prayogi91@gmail.com
Dalam memilih bahan simakan yang menarik perhatian sangat penting. Karena pada hakikatnya menyimak adalah suatu penerimaan yang aktif terhadap informasi lisan. Atau suatu tindakan yang refleksif. Pengertian perhatian itu sendiri tidak sederhana anggapan kebanyakan orang justru sangat rumit dan kita belum mengetahui banyak mengenai itu. Yang jelas kita ketahui ialah bahwa perhatian itu beroperasi pada situasi, sikap, dan rasa.
Kita dapat menggunakan konsep Abraham Kaplan mengenai duolog sebagai lawan dari Dialog. Duolog merupakan suatu situasi kelompok dua orang atau kelompok kecil dimana masing-masing memperoleh giliran berbicara tetapi tidak seorang pun menyimaknya. Kita dapat menemui contoh-contoh Duolog di sekolah, rumah, masjid dan pemerintahan. Sementara satu orang berbicara dan yang lainnya sibuk berfikir atau merenung. Bukan mengenai apa yang dikemukakan pembicara tetapi justru mengenai apa yang akan menjadi response mereka nanti.
Sebaliknya Dialog yang sejati melibatkan penyimakan kepada orang lain seperti halnya pada diri sendiri. Dialog menuntut ancangan atau pendekatan terbuka, suatu kesudian menaruh perhatian kepada orang lain dan memberi response secara sopan kepada mereka tanpa latihan dan ulangan. Kegunaan dialog ini sangat terasa dalam kehidupan modern, terlebih dalam bidang politik antar Negara.
Hai para mahasiswa yang luar biasa. Silahkan eksplor kemampuan kalian pada forum diskusi ini. Saya sangat berharap kalian dapat memanfaatkan forum ini sebagai wujud nyata pemahaman kalian terhadap materi yang telah di paparkan oleh kelompok 7. Semoga diskusi dapat berjalan dengan tolok ukur kata "menarik". Semua dapat terwujud karena kalian telah membaca materi di atas.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 7 dengan memilih forum diskusi berdasarkan asal kelompok Anda. Jika Anda berasal/perwakilan kelompok 1, maka beri pertanyaan pada forum diskusi kelompok 7 dengan kelompok 1.
Para mahasiswa sekalian, Alhamdulillah dan terima kasih. Kalian telah melewati materi yang cukup sulit ini. Namun jangan lupa, ada tugas menanti Anda. Tugas 1 adalah kalian diminta mengerjakan jurnal pembelajaran seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Tugas 2 Kalian saya minta membuat soal pilihan jamak dan essay bersama dengan jawabannya.
Pada bagian ini tidak bosan saya meminta kalian memberikan pertanyaan ataupun saran serta masukkan kepada kelompok yang melaksanakan presentasi. Silahkan dimanfaatkan kolom chat ini bagi kalian yang belum jelas terhadap materi hari ini.

MATERI PRAKTIK MENYIMAK

Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabik Puun...
Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pertemuan sisa akan kita manfaatkan untuk praktik menyimak. Selama 5 pertemuan kedepan kita akan fokus pada latihan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) pada aspek keterampilan menyimak. Latihan ini dilaksanakan untuk memenuhi 1 sks praktik yang tercantum pada kurikulum program studi. Saya sangat berharap agar kalian menjalani ini semua dengan rasa bahagia dan menjaga semangat belajar meskipun kondisi seperti saat ini. Semoga kita semua senantiasa Tuhan berikan kesehatan dan kesuksesan dalam segala hal. Aamiin
Demikian, selamat belajar dan berlatih.
Wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 11 - DISKUSI TEKNIK MENYIMAK 1 s.d. 4
Assalamualaikum wr wb.
Tabik Puun..
Para mahasiswa yang saya cintai dan banggakan. Kegiatan perkuliahan hari ini dibagi menjadi tiga, yaitu;
1. Silahkan kalian menonton video teknik menyimak nomor 1 s.d. 4 yang telah dibuat oleh teman Anda.
2. Setelah Anda menonton video tersebut, silahkan kalian berdiskusi di forum diskusi yang telah saya sediakan.
3. Setelah Anda semua berdiskusi, selanjutnya Anda semua akan dibagikan link KUIS. Silahkan kalian kerjakan kuis tersebut dengan baik, semoga hasilnya memuaskan.
Demikian info perkuliahan pagi ini,
wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 12 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 1)
Assalmualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik puun..
Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp.
Semoga sukses dalam ujian ini.
Wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 13 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 2)
Assalmualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik puun..
Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi dua ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
Semoga sukses dalam ujian ini.
Wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 14 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 3)
Assalmualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik puun..
Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi tiga ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
Semoga sukses dalam ujian ini.
Wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 15 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 4)
Assalmualaikum wr wb,
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik puun..
Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi empat ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
Semoga sukses dalam ujian ini.
Wassalamualaikum wr wb.KUIS/LATIHAN/TES SUMATIF
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
Tabik puun...
Para mahasiswa sekalian, video tes menyimak 5 ini sengaja saya berikan kepada kalian sebagai bentuk latihan. Silahkan kalian lihat link yang saya bagikan pada group whatsapp, dan simak vide berikut ini untuk menjawab pertanyaan yang ada.
Bagian ini hanya sebagai latihan kalian, bukan merupakan penilain pokok pada pembelajaran menyimak semester ini. Silahkan manfaatkan sebaik-baiknya.
Wasalamualaikum wr wb.PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER
Assalamualaikum wr wb.
Selamat pagi, siang, sore, malam,
Tabik Puun..
Rekan-rekan mahasiswa sekalian, demi kelancaraan UAS Anda, maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memahami kembali hakikat menyimak dan segala sesuatu yang memengaruhinya.
Untuk itu, saya lampirkan video berikut guna mendukung materi perkuliahan kita.
Silahkan disimak baik-baik, sebelum UAS kita mulai.
Terima kasih, wassalamualaikum wr wb.KEGIATAN BELAJAR 16 - UJIAN AKHIR SEMESTER

Selamat Pagi,
Tabik Puun...
Alhamdulillah, tidak terasa pertemuan demi pertemuan telah kita lewati. Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-16. Akhir sebuah perkuliahan. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan rekan-rekan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat menempuh Ujian Akhir Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.Selamat Pagi Teman-Teman. Sesuai dengan jadwal, HARI INI kita akan UAS
Berikut ini saya sampaikan teknis pelaksanaan UAS bahasa Indonesia.
Teknis pelaksanaan UAS Mata Kuliah Menyimak;- UAS dilaksanakan secara daring melalui Google Form pada hari Rabu, 13 Januari 2020, pukul 07.30 s.d. selesai WIB (Untuk WITA dan WIT silahkan menyesuaikan).
- Tautan google form akan diberikan tepat pukul 06.28 melalui WA grup.
- UAS daring terdiri atas 7 bagian dengan total soal berjumlah 40 soal.
- Mahasiswa wajib menggunakan email berbasis google (gmail).
- Mahasiswa tidak bisa mengedit/mengubah jawaban ketika sudah submit di bagian akhir sesi.
- Mahasiswa wajib menuliskan identitas berupa nama, NIM, dan kelas dengan cermat.
- Batas waktu untuk submit jawaban pukul 08.10 WIB (Untuk WITA dan WIT silahkan menyesuaikan), lewat dari batas itu mahasiswa tidak dapat lagi mengumpulkan formulir jawaban.
- Apabila mahasiswa terlambat mengumpulkan dan formulir sudah tertutup:
- Mahasiswa boleh mengulang dengan catatan nilai akan diambil 1/2 dari yang didapat, atau,
- Mahasiswa mengulang tahun depan.
Dilarang bekerja sama dan googling saat mengerjakan UAS dan jangan coba-coba berbuat curang. Sistem akan dapat mendeteksi kecurangan Saudara dan berakibat fatal bagi kelulusan Saudara.
Berikut tautan google formulir UAS MK Menyimak:
https://forms.gle/uBCZkwg3sevTBp9D9