Weekly outline

  • SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN BATRASIA

    MEDIA A

  • PERTEMUAN 2 - KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN

    Kompetensi Dasar
    Mahasiswa-mahasiswi memahami pengertian, fungsi, dan peranan media pembelajaran dalam konteks belajar.

    Indikator
    P
    ada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:

    1. mejelaskan pengertian media pembelajaran
    2. menyebutkan  fungsi-fungsi media pembelajaran
    3. menemukan peranan-peranan media pembelajaran

    Materi Pokok
    K
    onsep Media Pembelajaran

    1. Pengertian Media Pembelajaran
    2. Fungsi-fungsi Media Pembelajaran
    3. Peranan-peranan Media Pembelajaran
  • PERTEMUAN 3. ASSURE MODEL

    Kompetensi Dasar
    Mahasiswa-mahasiswi memahami Model ASSURE sebagai model dalam mendesain media pembelajaran

    Indikator
    P
    ada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:
    1
    .    menjelaskan pengertian Model ASSURE
    2
    .    menyebutan tahapan-tahapan dama Model ASSURE
    3
    .    mengaplikasikan Model Assure dalam membuat media pembelajaran

    Materi Pokok
    Model ASSURE

    1
    .    Pengertian Model ASSURE
    2
    .    Tahapan-tahapan dalam Model ASSURE

  • PERTEMUAN 4. PROSEDUR DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

    Kompetensi Dasar
    Mahasiswa-mahasiswi dapat memahami prosedur pemilihan, prinsip pemilihan dan penggunaan, dan landasan media pembelajaran.


    Indikator
    P
    ada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:
    1
    .  menjelaskan prosedur pemilihan media pembelajaran.
    2
    .  menjelaskan prinsip pemilihan dan penggunaan media pembelajaran.
    3
    .  menjelaskan landasan media pembelajaran.

    Materi Pokok
    P
    rosedur pemilihan media pembelajaran
    1
    . Prosedur pemilihan media pembelajaran
    2
    . Prinsip pemilihan media pembelajaran
    3. Landasan pemilihan media pembelajaran

  • PERTEMUAN 5. KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

    Kompetensi Dasar
    Mahasiswa mampu mengklasifikasikan media pembelajaran.


    Indikator
    P
    ada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:
    1
    . mengklasifikasikan media pembelajaran berdasarkan persepsi indera.
    2
    . mengklasifikasikan media pembelajaran berdasarkan penggunaannya.

    Materi Pokok
    K
    lasifikasi Media Pembelajaran
    1.
    Klasifikasikan media pembelajaran berdasarkan persepsi indera.
    2.
    Klasifikasikan media pembelajaran berdasarkan penggunaannya

    • Bahan Bacaan File 314.3KB PDF document
  • PERTEMUAN 6-7 BENDA ASLI DAN BUKAN ASLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (21 Maret 2022)

    Kompetensi Dasar

    Mahasiswa-mahasiswi  memiliki  pengetahuan  tentang  benda  asli  dan  bukan  asli  sebagai  media pembelajaran.

    Indikator

    Pada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:

    1.    membedakan benda asli dan bukan asli sebagai media pembelajaran

    2.    memberikan contoh benda asli dan bukan asli sebagai media pembelajaran

    3.    menjelaskan alasan penggunaan benda asli dan bukan asli sebagai media pembelajaran.

    • MATERI File 458.2KB PDF document
  • Pertemuan 8. Analisis Pengembangan Video Pembelajaran

    Kompetensi Dasar

    Mahasiswa-mahasiswi  memiliki  pengetahuan  tentang  pengembangan media pembelajaran.

    Indikator

    Pada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu:

    1.    mencari literature pengembangan media pembelajaran

    2.    menganalisis literature penelitian pengembangan media pembelajaran

    3.    menyimpulkan pengembangan media pembelajaran yang berkembang secara akademis

  • UJIAN TENGAH SEMESTER - (05 APRIL 2022)

  • Pertemuan 10-11. Pengembangan Media Pembelajaran

    Kompetensi Dasar

    Mahasiswa mampu mengembangkan sebuah media pembelajaran mutakhir sesuai dengan kompetensi dasar bahasa Indonesia di SMP atau SMA 


    Tujuan Pembelajaran

    Melalui praktik pengembangan media pembelajaran, mahasiswa menghasilkan sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan materi bahasa Indonesia di SMP atau SMA dengan baik.