Weekly outline
General
Diskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital. Mata kuliah ini mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital. Mata kuliah ini mennggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusia
Materi Bisnis Digital :
1. Business
2. Ownership
3. Business Strategic
4. Business ethic
5. Business and ethics
6. Tranformation business
7. Challange of business
8. Manajemen operasi dalam bisnis digital
9. Developing sistem supply chain
10. How to get a loyal customer
11. Strategi pemasaran
12. Financial aspect
13. Aspek Keuangan dalam bisnis
14. Business design
15. Membangun sebuah bisnis
26 August - 1 September
Kemampuan Akhir
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik lingkungan bisnis.
Materi: Business
Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
Jelaskan secara ditail menurut pandangan saudara, tentang mata kuliah pengantar bisnis digital
Diskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk :
1.Membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital.2.Mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital.3.Menggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusia- BusinessDiskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk :
1.Membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital.2.Mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital.3.Menggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusiaMateri Business :
1. Ketepatan menelaah pengertian bisnis digital dan e- commerce.
2. Ketepatan membedakan bisnis digital dengan bisnis konvensional.
3. Ketepatan dalam menelaah bentuk- bentuk kepemilikan bisnis digital.
2 September - 8 September
Kemampuan akhir ": Mahasiswa mampu menelaah dengan baik lingkungan bisnis.
Materi: Business
Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
- Business (Lanjutan)Diskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk :
1.Membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital.2.Mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital.3.Menggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusiaMateri Business :
1. Ketepatan menelaah pengertian bisnis digital dan e- commerce.
2. Ketepatan membedakan bisnis digital dengan bisnis konvensional.
3. Ketepatan dalam menelaah bentuk- bentuk kepemilikan bisnis digital.
Jelaskan secara ilmiah, mengapa ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan model bisnis tradisional
9 September - 15 September
Kemampuan akhir : Mahasiswa mampu menelaah dengan baik infrastruktur bisnis digital
Materi: Ownership Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
Materi: Business Pustaka: McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition. McGraw-Hill
Materi Ownership
1. Menelaah pengertian infrastruktur bisnis digital.
2. Ketepatan menelaah elemen infrastruktur bisnis digital.
3. Ketepatan menelaah fungsi layanan web (web services), cloud computing dan service-oriented architecture (SOA)
4. Ketepatan menelaah open source software
Ringkas pesan yang ingin disampaikan pada video diatas
https://www.youtube.com/watch?v=tpYYIC3j0NQJelaskan secara ilmiah bahan materi dari berbagai katagori E-Commerce pada teks dibawah ini
Buat dalam bentuk
(Makalah & Kesimpulan, PPT, Photo dan Video Diskusi (Min 3x) )
16 September - 22 September
Kemampuan Akhir : Mahasiswa mampu menelaah dengan baik strategi bisnis digital.
Materi: Business Strategic Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
Materi: Business Strategic Pustaka: McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition. McGraw-Hill
1.Ketepatan menelaah pengertian dan tahapan strategi bisnis digital.
2. Ketepatan menelaah strategi saluran digital (digital channel strategies)
3. Ketepatan menelaah analisis strategis dengan SWOT
4. Ketepatan menelaah strategi bisnis digital untuk usaha kecil dan menengah/SMEs.
Berikan contoh Video penerapan setiap katagori E-Commerce
Buat dalam bentuk :
(Kesimpulan setiap video katagori, PPT, Photo dan Video Diskusi (Min 3x) )
Ringkas pesan yang ingin disampaikan pada video dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=DLwfezTu9zM
23 September - 29 September
Kemampuan akhir : Mahasiswa mampu menelaah dengan baik etika bisnis digital.
Materi: Business ethic Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
Materi: Business and ethics Pustaka: McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition. McGraw-Hill
Ringkas pesan pada video dibawah ini :
://www.youtube.com/watch?v=WyKw1BwIOrM
httpsBusiness ethic
Materi Pembahasan Business ethic
1. Ketepatan menelaah prinsp- prinsip etika bisnis digital.
2. Ketepatan menelaah bentuk- bentuk (digital business social responsibility)
Beberapa keuntungan dari bisnis digital
1. Fleksibilitas waktu dan tempat2. Biaya operasional yang lebih rendah3. Target pasar yang lebih luas4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas5. Mendorong inovasi6. Modal tidak harus besar
30 September - 6 October
Kemampuan akhir
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik manajemen perubahan dalam bisnis digital.
Materi: Tranformation business Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York:Pearson
Materi: Challange of business Pustaka: McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition. McGraw-Hill
- Pembahasan Materi Tranformation business dan Materi Challange of business1. Ketepatan menelaah pengertian dan tantang transformasi bisnis digital.2. Ketepatan menelaah jenis-jenis perubahan dalam bisnis digital.3. Ketepatan menelaah penggunaan knowledge management untuk menciptakan perubahan dalam organisasi/perusahaan berbasis digital.
Ringkas pesan yang disampaikan pada video dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=6lY4HBRgTYQ
7 October - 13 October
Kemampuan akhir :Mahasiswa mampu menelaah dengan baik manajemen perubahan dalam bisnis digital.
Materi: Tranformation business Pustaka: Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
Materi: Challange of business Pustaka: McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition.McGraw-Hill
Pembahasan Materi Tranformation business dan Materi Challange of business
1. Ketepatan menelaah pengertian dan tantang transformasi bisnis digital.
2. Ketepatan menelaah jenis-jenis perubahan dalam bisnis digital
.3. Ketepatan menelaah penggunaan knowledge management untuk menciptakan perubahan dalam organisasi/perusahaan berbasis digital.
Ringkas pesan yang ada pada video dibawah ini
Part 1
https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=video+tentang+bisnis+plan#fpstate=ive&vld=cid:0a4d0708,vid:YVIdIuW6GHc,st:0
Part 2
https://www.youtube.com/watch?v=KwZ7Fu4CPGg
14 October - 20 October
Silahkan share hasil rancangan usulan bisnis plan anda pada forum ini
21 October - 27 October
Materi: Manajemen operasi dalam bisnis digital
1. Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
2. Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B.
3. Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital.4. Ketepatan menelaah e-SCM.
28 October - 3 November
- silahkan share hasil kuis anda pada forum ini
4 November - 10 November
Materi: Manajemen operasi dalam bisnis digital (Lanjutan)
1. Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
2. Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B.
3. Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital.4. Ketepatan menelaah e-SCM.
11 November - 17 November
Pembahasan : Materi How to get a loyal customer dan Materi Strategi pemasaran
1. Keteoatan menelaah strategi pemasaran digital
2. Ketepatan menelaah jenis-jenis customer relationship management di bisnis digital
Alamat URL : https://www.slideshare.net/olenyxa/building-customer-loyalty-39916085
18 November - 24 November
- Pembahasan : Materi Financial aspect Materi Aspek Keuangan dalam bisnis1. Ketepatan menelaah aspek keuangan bisnis digital.2. Ketepatan menelaah proses pencatatan hingga pelaporan keuangan bisnis digital.Alamat URL : https://slideplayer.info/slide/11951072/
25 November - 1 December
Pembahasan : Materi Business design dan Materi Membangun sebuah bisnis
1. Ketepatan menelaah aspek desain bisnis digital
2. Ketepatan menelaah process modelling dan data modelling
3. Ketepatan menelaah user-centered design dan manajemen pengalaman pelanggan.
4. Ketepatan menelaah security design.
2 December - 8 December
Ketepatan menyusun rencana bisnis digital (Business plan)
Silahkan mengshare hasil bisnis digital kelompok saudara
Silahkan share alamat URL gppgle drive hasil tugas Bisnis Digital anda pada Forum Tugas Akhir Bisnis Digital
9 December - 15 December
Evaluasi Akir Semester / Ujian Akhir Semester (UAS)
Silahkan share hasil ujian akhir anda pada Forum hasil ujian akhir Bisnis Digital
Ketentuan Ujian :
Pertama : kerjakan soal pada V-Class
a. Tampilkan nama dan NPM anda
b. Waktu mengerjakan soal 2 Jam (120 menit) dan kesempatan hanya 1 x (kali)
c. Sipat Ujian Open Books (Tidak Open Friends)
d. Bobot nilai setiap soal 20%
Kedua : sebelum keluar dari forum ujian terlebih dahulu photo hasil jawaban anda dan kirim ke forum hasil ujian akhir semester pada V-Class
Ketiga : salin hasil kerja saudara disalin pada kertas yang disediakan akademik