Ringkasan Mingguan
Umum
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat datang di mata kuliah Leadership!!
Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan agar dapat menjalani perkuliahan dengan baik.
Tim pengajar pada mata kuliah ini ada 2 yaitu
Dr. Nova Mardiana, S.E.,M.M. dan Mirwan Karim, S.E., M.M.
Semoga mahasiwa dapat mengikuti perkuliahan daring dengan maksimal dan memahami materi perkuliahan yang disampaikan.
Agar mahasiswa dapat mengakses dan dapat mengikuti perkuliahan Leadership ini dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa, yaitu:
1. Mahasiswa dapat mengakses mata kuliah Leadership pada LMS Vclass Unila (vclass.unila.ac.id) melalui smartphone atau komputer/laptop yang telah tersambung jaringan internet.
2. Untuk dapat mengakses (login) pada LMS Vclass Unila, mahasiswa wajib memiliki akun SSO Unila yang dapat diperoleh dari UPT TIK Unila.
3. Mahasiswa dapat meminta password pada Dosen Pengampu mata kuliah agar dapat masuk sebagai participant apabila kelas dikunci.
4. Mahasiswa wajib menggunakan Nama Asli dan mencantumkan NPM sebagai nama akun Vclass. Contoh format penamaan akun: Adi Saputra _1711011100. Selain itu mahasiswa juga wajib menampilkan foto asli resmi pada profil akun masing-masing.
5. Setelah bergabung dalam kelas virtual mata kuliah Leadership, mahasiswa diiwajibkan membaca semua petunjuk dan materi/ konten yang telah diberikan oleh dosen untuk setiap pertemuan, sebelum pertemuan perkuliahan tersebut dilaksanakan.
6. Mahasiswa wajib secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dilaksanakan di setiap pertemuan, karena hal ini merupakan salah satu aspek penilaian akhir.
7. Mahasiswa wajib mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen dan mengumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
8. Mahasiswa diperbolehkan untuk aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran jika ada hal-hal yang masih kurang dipahami dari materi yang disampaikan oleh dosen.
9. Mahasiswa wajib mengikuti kuis yang akan diselenggarakan sebanyak dua (2) kali, yaitu pada akhir pertemuan/minggu ke-4 dan ke-12.
10. Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada pertemuan/minggu ke-8.
11. Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada akhir perkuliahan atau pertemuan/minggu ke-16.
Hughes, R.L; Ginnett, R.C and Curphy, G.J. (2012) Leadership: Enhanching the Lessons of Experience, Mc Graw Hill, Avenue of the Americas, NY, 10020
KONTRAK KULIAH
KULIAH : Kepemimpinan
KODE MATA
KULIAH : EBM620233
RUANG KELAS : A102
JURUSAN : Manajemen
SEMESTER : Semester Ganjil 2023/2024
DOSEN : Dr. Nova Mardianaa, S.E,M.M
Mirwan Karim, S.E,M.M
WAKTU : 13.30-16.00 Wib
Manfaat dari kursus ini
Siswa akan dapat menguasai dan memahami kepemimpinan termasuk kasus-kasus di dalamnya.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Kepemimpinan ini berisi teori dan konsep kepemimpinan dalam rangka mengembangkan wawasan tentang konsep kepemimpinan pada tataran strategis, dimana tantangan lingkungan pendidikan yang mengharuskan organisasi melakukan perubahan, diperlukan kepemimpinan yang mampu melakukan transformasi organisasi. Oleh karena itu, dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai berbagai konsep kepemimpinan dan implementasinya di lingkungan masing-masing.
Tujuan mata kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah Kepemimpinan ini, mahasiswa diharapkan dapat mendefinisikan pengertian dan efektivitas kepemimpinan, menjelaskan sifat pekerjaan manajerial, menjelaskan teori-teori kepemimpinan dengan berbagai pendekatan perilaku kepemimpinan, mengidentifikasi dan menjelaskan perilaku spesifik untuk mengelola tugas dan hubungan, menjelaskan kepemimpinan partisipatif, sumber-sumber kekuasaan dan pengaruh beserta prosesnya, mengidentifikasi sifat dan keterampilan manajerial, menjelaskan pendekatan kontinjensi dalam teori kepemimpinan, dan berbagai konsep kepemimpinan.
Indikator Kompetensi
Memahami Apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan?
Menjelaskan Pengembangan Pemimpin
Menjelaskan Keterampilan untuk mengembangkan diri Anda sebagai seorang pemimpin
Menjelaskan Kekuasaan dan Pengaruh
Menjelaskan Etika dan Nilai Kepemimpinan
Menjelaskan Atribut Kepemimpinan
Menjelaskan Perilaku Kepemimpinan
Menjelaskan keterampilan untuk membangun kredibilitas pribadi dan mempengaruhi orang lain
Menjelaskan Motivasi, kepuasan, dan kinerja
Menjelaskan Kelompok, tim, dan kepemimpinannya
Menjelaskan Keterampilan untuk mengembangkan orang lain
Menjelaskan Situasi Kepemimpinan
Menjelaskan Teori-teori kontingensi kepemimpinan
Menjelaskan Kepemimpinan dan perubahan
Menjelaskan Sisi gelap Kepemimpinan
Menjelaskan Keterampilan untuk mengoptimalkan perubahan situasi kepemimpinan
Pengorganisasian Topik-topik Kuliah
Week
Task
Descriptions
ikhtisar
Pengertian Silabus dan Pembentukan Kelompok
Sesi 1
Membaca
Bab 1: Apa yang Dimaksud Tentang Kepemimpinan?
Sesi 2
Membaca
Bab 2 : Pengembangan Kepemimpinan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 3
Membaca
Bab 3: Keterampilan untuk mengembangkan diri anda sebagai seorangn pemimpin
Penugasann
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 4
Membaca
Bab 4: kekuasaan dan pengaruh
Kuis 1
Bab 1-4
Sesi 5
Membaca
Bab 5: etika dan nilai-nilai kepemimpinan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 6
Membaca
Bab 6: atribut kepemimpinan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 7
Membaca
Bab 7: perilaku kepemimpinsn
Bab 8: keterampilan untuk membangun kredibilitas pribadi dan memengaruhi orang lain
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 8
Sesi 9
Membaca
Bab 9: Motivation, satisfaction, and performance
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 10
Membaca
Bab 10 : kelompok, tim, dan kepemimpinanya
Bab 11 : keterampilan untuk mengembangkan orang lain
Penugasan
Presentasai kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 11
Membaca
Bab 12: situasi kepemimpinan
Kuis 2
Bab : 9-12
Sesi 12
Membaca
Bab 13: teori-teori kontijensi kepemimpinan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 13
Membaca
Bab 14: kepemimpinan dan perubahan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 14
Membaca
Bab 15: sisi gelap kepemimpinan
Penugasan
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 15
Membaca
Bab 16: keterampilan untuk mengoptimalkan perubahan situasi kepemimpinan
Penugasa
Presentasi kelompok dan penulisan laporan jatuh tempo
Sesi 16
UAS
Literatur
Hughes et al. Kepemimpinan
Kebijakan Kursus
Kehadiran di kelas:
Semua kehadiran di kelas adalah wajib. Ketepatan waktu di semua pertemuan kelas sangat diharapkan. Setengah dari nilai partisipasi kelas Anda terdiri dari kehadiran di kelas, dan setiap ketidakhadiran tanpa alasan akan menyebabkan Anda kehilangan kredit kehadiran untuk hari itu. Ketidakhadiran di kelas lebih dari 30 menit (baik karena datang terlambat atau pulang lebih awal) akan dianggap sebagai ketidakhadiran di kelas secara keseluruhan. Siswa yang datang terlambat kurang dari 30 menit akan mendapatkan pengurangan kredit kehadiran di kelas untuk hari itu. Ketidakhadiran yang diizinkan hanya diberikan dalam kasus-kasus penyakit serius (dibuktikan dengan surat dokter atau surat dokter) atau keadaan darurat keluarga yang serius, dan setiap situasi ini harus didokumentasikan untuk kepuasan kami. Setiap siswa yang melewatkan presentasi kelompoknya karena ketidakhadiran yang tidak dapat dimaafkan akan kehilangan 50% dari poin presentasi yang diperoleh oleh kelompok tersebut. Jika ada tugas tertulis / pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk kelas (tercantum dalam silabus), kegagalan dalam mengerjakan tugas tersebut tidak akan menghasilkan nilai untuk kehadiran pada hari itu.
Ketidakhadiran tanpa alasan:
Situasi berikut ini merupakan alasan yang dapat diterima untuk ketidakhadiran tanpa keterangan:
a) sakit parah;
b) sakit atau kematian anggota keluarga;
c) Perjalanan yang berhubungan dengan Universitas;
d) hari raya keagamaan yang besar;
e) keadaan lain yang Anda anggap sebagai "alasan yang masuk akal untuk tidak hadir".
Kesempatan untuk mengganti pelajaran:
Bagi mereka yang tidak hadir tanpa alasan, akan ada kesempatan untuk mengganti tugas dan/atau ujian yang terlewat. Siswa bertanggung jawab untuk memberi tahu instruktur tentang ketidakhadirannya, sebaiknya di awal, tetapi tidak lebih dari satu minggu setelahnya. Bawalah surat keterangan dokter tentang penyakit Anda atau bukti lain dari ketidakhadiran Anda untuk tujuan verifikasi.
Penugasan
a. Penugasan individu
b. Penugasan kelompok
Grade Criteria
Range Final Mark
Grade Level
Grade Point
Status
≥76
A
4
Pass
71 – 75
B+
3,5
Pass
66 – 70
B
3
Pass
61 – 65
C+
2,5
Pass
55 – 60
C
2
Pass
50 – 54
D
1
Pass
‹ 50
E
0
Failed
Grading
Things to be Judge
Academic Activities
Percentage
Partisipasi
15%
Project Based Learning
40%
Kuis
5%
Tugas Individu
10%
Mid Semester
15%
Ujian Akhir Semester
15%
Total 100%
Bandar Lampung, 25 Agustus 2023
Mahasiswa/ ketua kelas Dosen koordinasi
Feni Refita Sari Dr. Nova Mardiana, SE., MM.
NPM.2211011048 Nip.197011061998022001
Silahkan post disini lembar kerja PBL kelompok anda
Batas waktu sampai dengan 29 November 2023
SESI 1: BAB 1 APAKAH YANG KITA MAKSUD DENGAN KEPEMIMPINAN ?
PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Namo budaya, Om Swastiastu, Salam kebajikan..
Selamat siang, salam sehat semuanya
Selamat datang di Mata Kuliah Leadership..
Hari ini pertemuan pertama kita
Kita akan membahas pengaturan kelas seperti kontrak pembelajaran, tugas kelompok dan deskripsi singkat tentang kepemimpinan.
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 1 ini adalah:
1. untuk dapat mengetahui apakah kepemimpinan
2. Untuk dapat Mengetahui mitos-mitos kepemimpinan
3. Untuk dapat mengetahui kerangka berfikir interaksional untuk menganalisis kepemimpinan
4. Untuk dapat mengetahui peran kepemimpinan dalam perempuan
5. Untuk dapat mengetahui kepemimpinan efektif
PENYAJIAN
Silahkan dipelajari, dipahami dan diskusikan
PENUTUP
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian mengikuti pembelajaran. Sampai jumpa pekan depan
SESI 2: BAB 2 PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN
Assalamualaikum Wr Wb
Salam sejahtera, Om Swastiastu, Nama Budaya, Salam Kebajikan untuk kita semua
Pada sesi ini kita akan pelajari keterampilan untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 2 adalah
1.Untuk dapat mengetahui model tindakan-pengamatan-refleksi
2. untuk dapat mengetahui peran kunci persepsi dalam spiral pengalaman
3. Untuk dapat mengetahui pengembangan refleksi dan kepemimpinan
4. Untuk dapat mengetahui memaksimalkan pengalaman kepemimpinan : belajar dari pembelajaran melalui pengalaman
5. Untuk dapat mengetahui citra kepemimpinan anda sendiri
PENYAJIAN
CASE/PROBLEM BASED TEMPLATE
IDENTITAS MATAKULIAH
Mata pelajaran:
Pokok Bahasan:
Kepemimpinan adalah sebuah proses bukan posisi
Sub Pokok Bahasan:
Perkembangan kepemimpinan
CPMK
Mampu menjelaskan , memahami dan menerapkan kepemimpinan
Sub CPMK
Mampu menjelaskan , memahami dan perkembangan kepemimpinan
Kasus/Problem:
Krisis di Starbucks dipicu oleh pengusiran dua orang Amerika keturunan Afrika di gerai Starbucks Philadelphia
SCRIPT – INTRODUCTION/ORIENTASI PADA MASALAH
Orientasi pada masalah/Defining the Problem (Open ended problem/Real life Problem)
KASUS A
Peristiwanya terjadi masih dalam tahun 2018 ini. Krisis di Starbucks dipicu oleh pengusiran dua orang Amerika keturunan Afrika di gerai Starbucks Philadelphia, yang berpotensi menjalarnya isu rasilaisme di seluruh AS. Oleh karena itu Kevin Johnson mengambil alih kepemimpinan.
Sebagai CEO Starbucks yang baru Kevin Johnson sadar bahwa dirinya harus terjun langsung ke lapangan untuk memimpin langsung penanganan krisis. Hal tersebut terjadi ketika merebaknya kasus pengusiran dua warga kulit hitam dari gerai Starbuks di Amerika Serikat. Kalau tidak segera ditangani, kasus ini akan memicu ketegangan rasial yang tentu saja akan berpengaruh buruk pada reputasi Starbucks. Starbucks selama ini telah berhasil menciptakan citra sebagai kedai kopi yang aman, tempat nyaman untuk bertemu sahabat atau bahkan untuk bekerja sendiri (main laptop). Dan Johnson mendapatkan dukungan penuh dari pendiri Starbucks Howard Schultz dan timnya di Philadelphia.
KASUS/PROBLEM B
SCRIPT – ANALISIS MASALAH
Krisis di Starbucks yang dipicu oleh pengusiran dua orang Amerika keturunan Afrika di gerai Starbucks Philadelphia merupakan masalah serius yang dapat memicu isu rasialisme di seluruh AS. Hal ini dapat berdampak buruk pada reputasi Starbucks yang selama ini telah berhasil menciptakan citra sebagai kedai kopi yang aman dan tempat nyaman untuk bertemu sahabat atau bahkan untuk bekerja sendiri. Sebagai CEO Starbucks yang baru, Kevin Johnson sadar bahwa dirinya harus terjun langsung ke lapangan untuk memimpin langsung penanganan krisis. Johnson merasakan bahwa tidak semua karyawannya paham akan dampak dari sikap rasialis, karena itu pada hari kedua setelah peristiwa pengusiran ia mengumumkan penutupan sementara 8 ribu gerai Starbucks pada 29 Mei 2018 untuk memberikan wejangan kepada 175 ribu karyawannya di AS. Dengan rencana tersebut, Johnson memberikan sesi pelatihan untuk memastikan semua karyawan mampu membuat gerai Starbucks menjadi tempat yang aman, bersahabat, dan mau menerima siapa saja. Johnson juga langsung muncul di depan publik, meminta maaf atas sikap karyawannya dan berjanji memberikan pelatihan untuk menangani kasus-kasus serupa.
Dalam kasus ini, terdapat beberapa masalah yang perlu dianalisis, antara lain:
1. Sikap rasialis yang ditunjukkan oleh karyawan Starbucks yang mengusir dua orang Amerika keturunan Afrika dari gerai Starbucks Philadelphia.
2. Tidak semua karyawan paham akan dampak dari sikap rasialis tersebut.
3. Potensi isu rasialisme yang dapat memicu ketegangan rasial di seluruh AS dan berdampak buruk pada reputasi Starbucks.
4. Kepemimpinan yang tidak mampu mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tepat.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Johnson mengambil tindakan yang tepat dengan memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan Starbucks di AS dan meminta maaf secara langsung kepada korban pengusiran. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dapat mengatasi masalah dengan cepat dan tepat. Selain itu, pelatihan dan mentoring juga penting dalam membentuk kepemimpinan yang efektif dan mampu menciptakan inovasi di sebuah organisasi.
1. Tiap kelompok Brainstorming
Kelompo 2 : apa peran kepemimpinan dalam menciptakan inovasi di sebuah organisasi?
Kelompok 3 : Menurut pendapat kalian, seberapa penting peran mentoring dan pelatihan dalam membentuk kepemimpinan yang efektif? Apakah kalian memiliki rekomendasi khusus untuk metode yang efektif dalam proses ini?
Kelompok 4 : Jelaskan pengembangan kepemimpinan dan cara meningkatkan kepemimpinan tersebut!
Kelompok 5 : mengapa pengembangan kepemimpinan itu penting dalam organisasi ?
Kelompok 6 : apakah pemimpin yang keras dan ketat merupakan pengembangan kepemimpinan ?
2. Alternatif Solusi
Johnson merasakan bahwa tidak semua karyawannya paham akan dampak dari sikap rasialis, karena itu pada hari kedua setelah peristiwa pengusiran ia mengumumkan penutupan sementara 8 ribu gerai Starbucks pada 29 Mei 2018 untuk memberikan wejangan kepada 175 ribu karyawannya di AS. Dengan Rencana Johnson memberikan sesi pelatihan menunjukkan keterikatannya (commitment) untuk memastikan, semua karyawan mampu membuat gerai Starbucks menjadi tempat yang aman, bersahabat, dan mau menerima siapa saja.
SCRIPT-PROBLEM SOLVING ACTIVITES
4. Mengumpulkan informasi dan Pengembangan Solusi
Dalam kasus Starbuck ini , Johnson dengan segera terbang ke Philadelphia dan secara pribadi meminta maaf kepada kedua korban pengusiran, Johnson membuat mereka berdua menjadi juru bicara untuk meredam isu rasial yang lebih luas dan menetralisir demonstran yang berada di luar Starbucks yang bukan merupakan masalah yang sepele. Kevin Johnson CEO Starbucks langsung muncul di depan publik, sehari setelah peristiwa pengusiran. Ia meminta maaf atas sikap karyawannya dan berjanji memberikan pelatihan untuk menangani kasus-kasus serupa. Untuk memperoleh kemenangan sekarang. Kevin Johnson langsung menguasai keadaan untuk menjelaskan bahwa Starbucks tidak bermaksud rasialis dan bahkan mendorong adanya integrasi dan saling menghargai berbagai etnis. Johnson bahkan berkesempatan bertatap muka dengan para karyawannya mendiskusikan bagaimana melayani pelanggan dengan baik dan membangun citra berbeda.
4. Presentasi (Sharing) dan Penyajian Hasil Karya
SCRIPT-REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT
Validate
Date: 1 Sept 2023
Lecturer: (1) Dr. Nova Mardiana, S.E,M.M (2)
PENUTUP
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan.
SESI 3: BAB 3 KECAKAPAN UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI ANDA SEBAGAI PEMIMPIN
PEMBUKAAN
Assalamualaikum Wr Wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Selamat datang dalam kuliah Sesi 3 yang akan membahas BAB 3. Kecakapan Untuk Mengembangkan Pemimpin
pada sesi ini kita akan pelajari keterampilan untuk mengembangkan sebagai pemimpin
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 3 ini adalah :
1. untuk dapat mengetahui 90 hari pertama sebagai pemimpin
2. untuk dapat mengetahui belajar dari pengalaman
3. untuk dapat mengetahui membantu kompetensi teknis
4. untuk dapat mengetahui membangun hubungan yang efektif dengan atasan
5. untuk dapat mengetahui membangun hubungan yang efektif dengan rekan kerja
6. untuk dapat mengetahui merencanakan pengembangan
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 4: KEKUASAAN DAN PENGARUH
PEMBUKAAN
Assalamualaikum Wr Wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Selamat datang dalam kuliah Sesi 4 yang akan membahas BAB 4. kekuasaan dan pengaruh
pada sesi ini kita akan pelajari keterampilan untuk kekuasaan dan pengaruh
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 4 ini adalah :
1. untuk dapat mengetahui beberapa penting kekuasaan dan kepemimpinan
2. untuk dapat mengetahui taktik memengaruhi
PENYAJIAN
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 5: BAB 5 KEPEMIMPINAN, ETIKA, DAN NILAI
Assalamu'alaikum wr wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Selamat datang dalam kuliah Sesi 5 yang akan membahas BAB 5. Kepemimpinan, etika, dan nilai
pada sesi ini kita akan pelajari keterampilan untuk kepemimpinan, etika, dan nilai
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 5 :- Untuk dapat mengetahui kepemimpinan dan "bertindak benar"
- Untuk mengetahui etika dan pendekatan berasas nilai tentang kepemimpinan
- Untuk dapat mengetahui peran nilai dan etika dalam kepemimpinan organsasi
PENYAJIAN
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 6: BAB 6 ATRIBUT KEPEMIMPINAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Pada sesi ini kita akan membahas tentang atribut kepemimpinan, yang masing berkaitan dengan bab sebelumnya tentang kepemimpinan, etika, dan nilai.
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 6:
- Untuk dapat mengetahui sifat kepribadian dan kepemimpinan
- Untuk dapat mengetahui tipe kepribadian dan kepemimpinan
- Untuk mengetahui kecerdasan dan kepemimpinan
- Untuk mengetahui kecerdasan emosional dan kepemimpinan
PENYAJIAN
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
- Jelaskan sifat kepribadian dalam kepemimpinan
- Bagaimana tipe kepribadian dan kepemimpinan
- Bagaimana mengetahui kecerdasan dalam kepemimpinan
- Bagaimana kecerdasan emosional berpengaruh dalam kepemimpinan
SESI 7: BAB 7 PERILAKU KEPEMIMPINAN dan BAB 8 KECAKAPAN UNTUK MEMBANGUN KREDIBILITAS PERSONAL DAN MEMENGARUHI ORANG LAIN
PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang perilaku kepemimpina dan tentang kecakapan untuk membangun kredibilitas personal dan memengaruhi orang lain
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 7:
- Untuk dapat penelitian tentang perilaku kepemimpinan
- Untuk dapat mengetahui saluran kepemimpinan
- Apa itu kepemimpinan komunitas
- Untuk mengetahui instrumen umpan balik
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 8:
- Untuk dapat membangun kredibilitas
- Untuk dapat komunikasi
- Untuk dapat mendengarkan
- Untuk dapat keasertifan
- Untuk dapat melaksankan rapat
- Untuk dapat mengetahui manajemen stress yang efektif
- Untuk dapat memecahkan permasalahan
- Untuk meningkatkan kreativitas
PENYAJIAN
BAB 8: Skills for Building Personal Credibility and Influencing Others
Kelompok 5
Ayang nurma diana (1851011019)
2. Fikry Afriyanda (1851011018)
3. N.A.Regata Satya Dewi ( 1851011001 )
4. Muhammad Zulfikri M (1811011039)
5. Endang afy (1811011001)
6. Heny puspita sari Saputri (1811011049)
7. Deryco putraSilahkan dipelajari, dipahami dan diskusikan
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 8: UJIAN TENGAH SEMESTER
PEMBUKAAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Pada pertemuan ini kita akan melakukan ujian tengah semesterPENYAJIAN
Kelompok 6
1. Lay Arifah Indah Parimarma 1811011074
2. Artowikocy Muhammad Keiran 1811011087
3. Rapika Indri Yani 1851011017
4. M Ikrom Riznaldhi 1851011011
5. Alfina Damayanti 1811011063
6. Ilfana Puspita Sari 1811011068
7. M. Millenio Rizky R 1811011022Waktu 75 menit
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 9: BAB 9 MOTIVASI, KEPUASAN, DAN KINERJA
PEMBUKAAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Pada sesi ini kita akan membahas bab 9 motivasi, kepuasan dan kinerja.
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 9:
- Untuk mengetahui definisi motivasi, kepuasan dan kinerja.
- Untuk dapat memahami dan memengaruhi motivasi pengikut.
- Untuk dapat memahami dan memengaruhi kepuasan pengikut
PENYAJIAN
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 10: BAB 10 KELOMPOK, TIM, DAN KEPEMIMPINANNYA
PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr. wb.
Pada sesi ini kita membahas tentang kelompok, tim, dan kepemimppinannya
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 10
- Uuntuk dapat mengetahui hakikat dari kelompok
- Untuk mengetahui apa itu tim
PENYAJIAN
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 11: BAB 11 KECAKAPAN MENGEMBANGKAN ORANG LAIN
Assalammualaikum wr. wb.
Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang kecakapan mengembangkan orang lain.
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 11
- Untuk dapat menetapkan tujuan
- Untuk dapat memberikan umpan balik yang membangun
- Untuk dapat membangun tim dalam tim kerja
- Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa pekan depan
SESI 12: BAB 12 SITUASI
Assalammualaikum wr. wb.
Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang situasi
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 12
- Untuk mengetahui tugas
- Untuk mengetahui organisasi
- Untuk mengetahui Lingkungan
- Untuk dapat implikasi bagi praktisi kepemimpinan
SECTION 13: teori teori keterkaitan kepemimpinan
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang teori teori keterkaitan kepemimpinan.
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 13
1. untuk dapat mengetahui teori teori pertukaran pemimpin anggota
2. untuk dapat mengetahui model keputusan normatif
3. untuk dapat mengetahu model kepemimpinan situasional
4. untuk dapat mengetahui model keterkaitan
5. untuk dapat mengetahui teori rute- tujuan
terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran, sampai jumpa pekan depan.
SESI 14: CH 15_THE DARK SIDE OF LEADERSHIP
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang sisi gelap kepemimpinan
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 14:
1. untuk dapat mengetahui pendekatan rasional terhadap perubahan dalam organisasi
2. untuk dapat mengetahui kepemimpinan karismatik dan transformational
3.untuk dapat mengetahui sifat pemimpin
4. untuk dapat mengetahui sifat pengikut
5. untuk dapat mngetahui sifat situasional
6. untuk dapat mngetahui teori kepemimpinan transformational dan transaksional bass
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa di minggu selanjutnya.
SESI 15: CH 16_SKILL FOR OPTIMIZING LEADERSHIP
- PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua, Om SwastiAstu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang sisi gelap kepemimpinan
TUJUAN PEMBELAJARAN pada bab 15:
1. untuk dapat mengetahui kepemimpinan yang bruk
2. untuk dapat mengetahui ketidakmampuan managerial
3. untuk dapat mengetahui penurunan managerial
4. untuk dapat mengetahui 6 akar penyebab ketidakmampuan dan penurunan manajerial
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 16 :
1. untuk dapat mengetahui bagaimana menciptakan visi yang baik
2. untuk dapat mengetahui cara mengatasi konflik
3. untuk dapat mengatahui negoisasi
4. untuk dapat mengatahui mendianoksis masalah performa pada individu, kelompok dan organisasi
5. untuk dapat mengetahui pembangunan tim di posisi puncak
6. untuk dapat mengetahui hukuman PENYAJIAN
PENUTUP
Terimakasih banyak atas keseriusan kalian dalam mengikuti pembelajaran. sampai jumpa di minggu selanjutnya.
SESI 16: UJIAN TENGAH SEMESTER