Weekly outline
General
PERTEMUAN I
Sub-CPMK-1:
Mampu menjelaskan Hakikat IPA dan Teori Belajar IPA.Indikator:
1.1. Ketepatan dalam menjelaskan Hakikat IPA
1.2. Ketepatan dalam menjelaskan Teori Belajar IPASub-CPMK-1:
Mampu menjelaskan Hakikat IPA dan Teori Belajar IPA.Indikator:
1.1. Ketepatan dalam menjelaskan Hakikat IPA
1.2. Ketepatan dalam menjelaskan Teori Belajar IPAIni adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya selama perkuliahan.
Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
A. Materi I
B. Materi II
PERTEMUAN II
Sub-CPMK-2:
Mampu menganalisis kurikulum IPA SD.Indikator:
2.1. Ketepatan dalam menelaah kurikulum IPA di SD.
2.2. Ketepatan dalam menganalisis kurikulum IPA di SD.Sub-CPMK-2:
Mampu menganalisis kurikulum IPA SD.Indikator:
2.1. Ketepatan dalam menelaah kurikulum IPA di SD.
2.2. Ketepatan dalam menganalisis kurikulum IPA di SD.Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya selama perkuliahan.
- Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
PERTEMUAN III
Sub-CPMK-3:
Mampu menerapkan pendekatan, model, strategi pembelajaran IPA yang inovatif.Indikator:
3.1. Ketepatan dalam memaknai pendekatan, model dan strategi pembelajaran IPA yang inovatif.
3.2. Ketepatan dalam memilih pendekatan dan metode pembelajaran IPA.
Sub-CPMK-3:
Mampu menerapkan pendekatan, model, strategi pembelajaran IPA yang inovatif.Indikator:
3.1. Ketepatan dalam memaknai pendekatan, model dan strategi pembelajaran IPA yang inovatif.
3.2. Ketepatan dalam memilih pendekatan dan metode pembelajaran IPA.
Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya selama perkuliahan.
Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
A. Materi I
Petunjuk Pengerjaan
- Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang (jika kelompok terakhir tidak terpenuhi 4 orang, maka anggota kelompok dapat berjumlah 3 atau 5).
- Tonton dan pelajari konten dalam video pembelajaran yang disajikan pada
link berikut ini .
- Berdasarkan video tersebut, silahkan kerjakan dalam kelompok poin-poin latihan yang disajikan dalam Lembar Latihan Kerja berikut ini (Dapat diunduh Di Sini).
- Setelah Lembar Latihan Kerja telah terisi berdasarkan pada hasil kerja kelompok, convert ke dalam .pdf.
- Upload kembali Lembar Latihan Kerja dalam bentuk .pdf tersebut di sini.
- Waktu pengumpulan dibatasi pada pukul 14.40 - 15.30 WIB.
PERTEMUAN IV
Sub-CPMK-3:
Mampu menerapkan pendekatan, model, strategi pembelajaran IPA yang inovatif.Indikator:
3.3. Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran IPA
Sub-CPMK-3:
Mampu menerapkan pendekatan, model, strategi pembelajaran IPA yang inovatif.Indikator:
3.3. Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran IPA
Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya selama perkuliahan.
Petunjuk Pengerjaan
- Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang (jika kelompok terakhir tidak terpenuhi 4 orang, maka anggota kelompok dapat berjumlah 3 atau 5). Kelompok ini sama dengan kelompok pada Pertemuan 3.
- Tonton dan pelajari konten dalam video pembelajaran yang disajikan pada
link berikut ini .
- Berdasarkan video tersebut, silahkan kerjakan dalam kelompok poin-poin latihan yang disajikan dalam Lembar Latihan Kerja berikut ini (Dapat diunduh Di Sini).
- Setelah Lembar Latihan Kerja telah terisi berdasarkan pada hasil kerja kelompok, convert ke dalam .pdf.
- Upload kembali Lembar Latihan Kerja dalam bentuk .pdf tersebut di sini.
- Waktu pengumpulan dibatasi pada pukul 13.00 - 15.30 WIB.
PERTEMUAN V
Sub-CPMK-4:
Mampu memaknai konsep pembelajaran literasi sains.Indikator:
4.1. Ketepatan dalam memaknai konsep pembelajaran literasi sains.
4.2. Ketepatan dalam melakukan brainstorming mengenai kajian literasi sains berdasarkan kajian umum secara global.Ini adalah layanan bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap maya selama perkuliahan.
Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
A. Materi I
Petunjuk Pengerjaan
- Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang (jika kelompok terakhir tidak terpenuhi 4 orang, maka anggota kelompok dapat berjumlah 3 atau 5). Kelompok boleh sama dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
- Unduh, baca dan pahami artikel-artikel yang disajikan berikut ini [a. Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, b. Penerapan Literasi Sains di Kelas IV Sekolah Dasar, dan c. Implementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar].
- Berdasarkan artikel-artikel tersebut, silahkan kerjakan dalam kelompok poin-poin latihan yang disajikan dalam Lembar Latihan Kerja berikut ini (Dapat diunduh Di Sini).
- Setelah Lembar Latihan Kerja telah terisi berdasarkan pada hasil kerja kelompok, convert ke dalam .pdf.
- Upload kembali Lembar Latihan Kerja dalam bentuk .pdf tersebut di sini.
- Waktu pengumpulan dibatasi pada pukul 13.00 - 15.30 WIB.
PERTEMUAN VI
Sub-CPMK-5:
Mampu memaknai konsep pembelajaran multiliterasi.Indikator:
5.1. Ketepatan dalam memaknai konsep pembelajaran multiliterasi
5.2. Ketepatan dalam menganalisis pembelajaran multiliterasi meliputi empat keterampilan multiliterasiPERTEMUAN VII
Sub-CPMK-6:
Mampu memaknai pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
6.1. Mampu memaknai pembelajaran multiliterasi saintifik
6.2. Mampu menganalisis pembelajaran multiliterasi saintifik meliputi cakupan materi: makhluk hidup.Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
A. Materi I
Silahkan unduh materi berikut ini untuk dipelajari.
A. Materi I
Mahasiswa mengkategorikan aktivitas-aktivitas pembelajaran dari sudut pandang multiliterasi dan saintifik.
Petunjuk
- Silahkan unduh Materi Perkuiahan di atas.
- Fokus pada Bagian Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Saintifik
- Salin kegiatan tersebut ke Ms. Word.
- Tandai di bagian akhir kalimat pada poin-poin yang diinginkan dengan keterangan salah satu aspek multiliterasi dan/atau salah satu komponen pendekatan saintifik.
- Setelah dirasa cukup, konversi ke Pdf.
- Unggah hasilnya ke sini sebelum pukul 16.30 WIB.
PERTEMUAN VIII
UJIAN TENGAH SEMESTER
- Petunjuk Pelaksanaan UTS
- Ujian dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB sampai dengan selesai.
- Pastikan Anda berada pada tempat nyaman dan dengan jaringan internet stabil.
PERTEMUAN IX
Sub-CPMK-7:
Mampu mengembangkan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
7.1. Ketepatan dalam memaknai konsep media pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
7.2. Ketepatan dan kesesuaian dalam mengembangkan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik.DESKRIPSI PROYEK
Project berupa pengembangan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
PERTEMUAN X
Sub-CPMK-7:
Mampu mengembangkan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
7.1. Ketepatan dalam memaknai konsep media pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
7.2. Ketepatan dan kesesuaian dalam mengembangkan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik.DESKRIPSI PROYEK
Project berupa pengembangan media pembelajaran IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
PERTEMUAN XI
Sub-CPMK-8:
Mampu mengembangkan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
8.1. Ketepatan dalam memaknai konsep bahan ajar pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
8.2. Ketepatan dan kesesuaian dalam mengembangkan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikDESKRIPSI PROYEK
Project berupa pengembangan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
Tugas ini diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat memberikan pembelajaran multiliterasi saintifik.
Catatan:
Bahan ajar ini dan media pembelajaran berbasis PowerPoint [Project Bag. 1] saling melengkapi.
PERTEMUAN XII
Sub-CPMK-8:
Mampu mengembangkan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
8.1. Ketepatan dalam memaknai konsep bahan ajar pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
8.2. Ketepatan dan kesesuaian dalam mengembangkan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifikDESKRIPSI PROYEK
Project berupa pengembangan bahan ajar IPA di SD pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
Tugas ini diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat memberikan pembelajaran multiliterasi saintifik.
Catatan:
Bahan ajar ini dan media pembelajaran berbasis PowerPoint [Project Bag. 1] saling melengkapi.
PERTEMUAN XIII
Sub-CPMK-9:
Mampu mengembangkan instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
9.1. Ketepatan dalam memaknai konsep penilaian dan evaluasi IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik
9.2. Ketepatan dalam memaknai penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
9.3. Ketepatan dalam merancang penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.Project berupa instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
Tugas ini diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menilai hasil pembelajaran multiliterasi saintifik.
Catatan:
Instrumen ini merupakan alat ukur efektivitas pembelajaran dengan bahan ajar [Project Bag. 2] dan media pembelajaran berbasis PowerPoint [Project Bag. 1] saling melengkapi.
PERTEMUAN XIV
Sub-CPMK-9:
Mampu mengembangkan instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
9.1. Ketepatan dalam memaknai konsep penilaian dan evaluasi IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik
9.2. Ketepatan dalam memaknai penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
9.3. Ketepatan dalam merancang penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.Project berupa instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
Tugas ini diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menilai hasil pembelajaran multiliterasi saintifik.
Catatan:
Instrumen ini merupakan alat ukur efektivitas pembelajaran dengan bahan ajar [Project Bag. 2] dan media pembelajaran berbasis PowerPoint [Project Bag. 1] saling melengkapi.
PERTEMUAN XV
Sub-CPMK-9:
Mampu mengembangkan instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifikIndikator:
9.1. Ketepatan dalam memaknai konsep penilaian dan evaluasi IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik
9.2. Ketepatan dalam memaknai penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.
9.3. Ketepatan dalam merancang penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik.Project berupa instrumen penilaian IPA berbasis HOTS pada pembelajaran multiliterasi saintifik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
- Topik materi IPA di SD yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.
- Aspek multiliterasi dan saintifik.
Tugas ini diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menilai hasil pembelajaran multiliterasi saintifik.
Catatan:
Instrumen ini merupakan alat ukur efektivitas pembelajaran dengan bahan ajar [Project Bag. 2] dan media pembelajaran berbasis PowerPoint [Project Bag. 1] saling melengkapi.
PERTEMUAN XVI
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan semoga selalu sehat dan bahagia, pada hari ini kita akan melaksanakan Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA di SD. Oleh karena itu silakan kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang jelas dan tepat. Soal berbetuk essay. Waktu yang digunakan dalam pelaksanaan ujian dibatasi 120 menit,
Terima kasih