Pilihan pendaftaran

PSPM_Evaluasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika_Ganjil_2023/2024_Kelas A

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas: (1) dasar hukum, konsep dasar evaluasi proses dan hasil belajar matematika yang meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Kemampuan kognitif mengacu pada pengukuran kemampuan berpikir matematis yang meliputi kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah, komunikasi, penalaran, koneksi, representasi, serta berpikir kritis dan kreatif yang mampu membedakan jenis soal matematika ditinjau dari domain kognitif. Kemampuan afektif yaitu pengukuran disposisi matematis yang meliputi pengukuran karakter teliti, kreatif, pantang menyerah, rasa ingin tahu, kerja keras. Kemampuan psikomotor mengukur keterampilan siswa dalam geometri dan pengukuran; (2) merencanakan, menyusun, serta menguji kualitas instrumen evaluasi yang meliputi analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif mencakup: kaidah substansi, konstruksi, dan bahasa; sedangkan analisis kuantitatif mencakup: validitas, reliabilitas, daya beda, daya serap, tingkat kesukaran, dan efektivitas distractor; (3) pelaksanaan evaluasi mencakup: penyelenggaraan dan pengolahan hasil evaluasi; dan penilaian autentik dan (4) menyusun laporan hasil evaluasi, penyusunan program remedial dan pengayaan.
 

Capaian Pembelajaran

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa menguasai secara mendalam dasar hukum evaluasi pembelajaran, pengertian pengukuran, pengujian, penilaian, evaluasi, Hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai objek penilaian, Evaluasi hasil belajar dengan teknik tes dan non tes,  Prosedur pengembangan tes hasil belajar, Menyusun kisi-kisi dan kaidah penulisan butir soal, Telaah kualitas butir soal secara kualitatif, Analisis butir soal secara kuantitatif, Validitas dan reliabilitas, Pengolahan hasil tes dan penentuan nilai akhir serta tindak lanjut hasil penilaian, Penilaian acuan norma dan penilaian acuan patokan, Penilaian autentik (penilaian sikap sosial dan spiritual dikembangkan melalui self-assesment, peer assesment, observasi, performance assesment, portofolio assesment, product assesment dan project assesment).
 
Bahan Kajian
Bahan kajian yang digunakan untuk memfasilitasi keberhasilan capaian pembelajaran adalah sebagai berikut.

1.       Dasar hukum, pengertian, tujuan, fungsi, dan kegunaan evaluasi.

2.       Ruang lingkup dan objek evaluasi

3.       Prinsip-prinsip evaluasi

4.       Teknik tes dalam evaluasi

5.       Teknik penyusunan tes hasil belajar

6.       Teknik non tes dalam evaluasi

7.       Teknik pengujian kualitas tes hasil beljar (tingkat kesukaran dan daya beda)

8.       Teknik pelaksanaan tes hasil belajar

9.       Teknik validitas butir tes hasil belajar

10.    Teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar

11.    Penilaian acuan norma dan penilaian acuan patokan

12.    Pengolahan hasil tes dan penentuan nilai akhir serta tindak lanjut hasil penilaian

13.    Peranan penilaian dalam pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran

14.    Konsep penilaian autentik, penilaian portofolio, dan penilaian diri.

 

Pendaftaran mandiri (Siswa)