• General

  • Pert. 9. Quantum Teaching dan Quantum Learning

    Saudara-saudara mahasiswa yang saya banggakan...
    Mendengar istilah quantum teaching dan quantum learning, kita seakan dibawa ke arah alam sadar kita tentang konsep fisika kuantum atau kimia kuantum. Namun, istilah quantum teaching dan quantum learning sangatlah berbeda dengan istilah fisika kuantum atau kimia kuantum.

    Setelah Anda mengikuti perkuliahan sejak S1 hingga saat ini, nampaknya banyak istilah terbaru mengenai pendidikan yang pada hakikatnya istilah-istilah tersebut bukanlah sesuatu yang merupakan hasil dari kajian baru yang belum pernah ada di masa lalu. Istilah-istilah tersebut sesungguhnya telah ada sejak lama, hanya saja orang belum mengelompokkan istilah-istilah tersebut ke dalam sistem pendidikan dan pembelajaran. Istilah-istilah tersebut sesungguhnya tetap berfokus pada hal-hal di sekitar pendekatan pendidikan dan pembelajaran yang mutakhir serta metodologi pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

    Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif. Sedangkan Quantum Teaching merupakan badan ilmu pengetahuan dan metodologi yang digunakan dalam rancangan, penyajian dan fasilitas di salah satu perguruan yang dinamakan Supercamp.

    Untuk memperdalam kajian materi Quantum Teaching dan Quantum Learning, silahkan pelajari materi berikut ini, baik materi yang dalam bentuk pdf maupun yang berupa PPT.

Pert. 10. Presentasi Model Pembelajaran Quantum Teaching