General
Assalamu'alaikum...
Tabiik Pun...
Saudara-saudara mahasiswa Program Magister Pendidikan IPA yang saya banggakan hari ini kita mulai perkuliahan dengan menggunakan vclass. Perkuliahan saya ini dimulai dari pertemuan ke-9 (Quantum Teaching dan Kuantum Learning) sampai pada pertemuan ke-16 (Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi).
Ingat Deskripsi dari mata kuliah ini:
Pada mata kuliah ini saudara akan lebih aktif berdiskusi untuk mengkaji berbagai fenomena serta implementasi pendidikan dan pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran IPA yang mutakhir, lingkup inovasi pembelajaran IPA, pengembangan inovasi pembelajaran IPA, dan langkah-langkah pendekatan sistem dalam proses pengembangan inovasi pembelajaran IPA. Mahasiswa dibekali kemampuan merancang inovasi pembelajaran IPA yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi.
Sebelum belajar, saya ingin Anda menjadi orang yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, jangan mudah menyerah, dan jangan mengeluh. Kondisi Pandemi Covid-19 ini akan membelajarkan kepada kita agar kita selalu belajar dan adaftif terhadap kondisi yang ada. Coba simak dan renungkan dalam hati Saudara, bagaimana perjuangan seekor burung elang dalam mempertahankan hidupnya. Silahkan tonton video berikut:Sebelum kita belajar dan berdiskusi untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dari mata kuliah ini, sebaiknya Anda cermati kontrak kuliah yang telah kita sepakati. Ingat perkuliahan kita via vclass ini dimulai dari pertemuan ke-9 pada kontrak kuliah tersebut.
Silahkan download kontrak kuliah tersebut agar Anda siap untuk melaksanakan perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditetapkan...
Selamat belajar.... Sukses selalu untuk Anda semua.... !!!
Pert. 9. Quantum Teaching dan Quantum Learning
Saudara-saudara mahasiswa yang saya banggakan...
Mendengar istilah quantum teaching dan quantum learning, kita seakan dibawa ke arah alam sadar kita tentang konsep fisika kuantum atau kimia kuantum. Namun, istilah quantum teaching dan quantum learning sangatlah berbeda dengan istilah fisika kuantum atau kimia kuantum.
Setelah Anda mengikuti perkuliahan sejak S1 hingga saat ini, nampaknya banyak istilah terbaru mengenai pendidikan yang pada hakikatnya istilah-istilah tersebut bukanlah sesuatu yang merupakan hasil dari kajian baru yang belum pernah ada di masa lalu. Istilah-istilah tersebut sesungguhnya telah ada sejak lama, hanya saja orang belum mengelompokkan istilah-istilah tersebut ke dalam sistem pendidikan dan pembelajaran. Istilah-istilah tersebut sesungguhnya tetap berfokus pada hal-hal di sekitar pendekatan pendidikan dan pembelajaran yang mutakhir serta metodologi pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif. Sedangkan Quantum Teaching merupakan badan ilmu pengetahuan dan metodologi yang digunakan dalam rancangan, penyajian dan fasilitas di salah satu perguruan yang dinamakan Supercamp.
Untuk memperdalam kajian materi Quantum Teaching dan Quantum Learning, silahkan pelajari materi berikut ini, baik materi yang dalam bentuk pdf maupun yang berupa PPT.Download dan Pelajari Artikel tentang Quantum Teaching dan Quantum Learning berikut ini, selanjutnya silahkan diskusikan dengan teman-teman Anda studi kasus tentang pembelajaran di sekolah pada forum diskusi.
Pelajari pula materi dalam bentuk PPT tersebut
Tonton dan simak video pembelajaran quantum teaching & learning yang dialksanakan oleh guru tersebut. Catat apa kelebihan dan kelemahannya. Diskusikanlah dengan teman sekelas Anda...
Silahkan berdiskusi di forum diskusi yang telah disediakan...Tonton dan simak video tersebut, lalu diskusikanlah apakah quantum teaching dan learning cocok untuk pembelajaran pada era merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan? Diskusikan di forum diskusi yang telah disediakan... !
Setelah Anda menonton dan mengkaji proses pembelajaran yang ada pada dua video yang dishare pada laman LMS ini, selanjutnya silahkan didiskusikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan dua video tersebut:
- Apakah guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan quantum teaching sudah tepat ? Aytau Anda punya saran, bBagaimana cara yang tepat untuk mempraktekan model mengajar Quantum Teaching?
- Melihat kasus pembelajaran pada dua video tersebut, apakah dengan model mengajar Quantum Teaching ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa? Bagaimana tanggapan Anda?
- Menurut Anda, apa saja kelebihan dan kekurangan guru dalam menerapkan pembelajaran kuantum (quantum teaching & learning) tersebut, jika dilihat dari tayangan kedua video tersebut?
- Dengan digulirkannya program Merdeka Belajar oleh Kemdikbudristek, cocokkah model quantum teaching & learning diterapkan pada kurikulum merdeka belajar atau di era merdeka belajar?
SELAMAT DISKUSI DI FORUM INI...