Weekly outline
General
Mata Kuliah: TOKSIKOLOGI
Kode : KBO619408
DESKRIPSI MATA KULIAH
1. Deskripsi Konten MK: Mata kuliah Toksikologi mengkaji tentang lingkup bahasan toksikologi, kerja toksik, toksisitas hidrokarbon, toksisitas pestisida, toksisitas detergen dan sabun, toksikologi makanan dan kosmetika, modus operandi racun dalam jaringan, toksikologi logam berat (raksa, timbal, kadmium, arsen, selenium, kobalt, nikel, tembaga, kromium, dan seng), pengujian toksisitas, racun bahan pencemar, racun tumbuhan, narkoba, rokok, dan alkohol.
2. Informasi kompetensi terkait konten: mahasiswa dapat mengenali bahan-bahan yang mengandung racun dan gejala keracunannya, memahami tata cara menghindari dan penangggulangan keracunan, mengetahui teknik dan prosedur penelitian, dan mengetahui mekanisme kerja racun baik yang berasal dari senyawa kimiawi maupun dari tumbuhan.
3. Kemanfaatan setelah penguasaan kompetensi dan konten: mahasiswa dapat mengenali, mamahami, dan merancang pencengahan dan penanggulangan akibat yang terjadi oleh bahan toksik untuk kehidupannya dan masyarakat
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Toksikologi… apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing.. selamat datang di mata kuliah Toksikologi..
PROFIL DOSEN
Mata kuliah ini di ampu oleh Berti Yolida, S.Pd., M.Pd. dan Rini Rita T. Marpaung, S.Pd., M.Pd.
Berti Yolida, S.Pd., M.Pd. Rini Rita, T. Marpaung, S.Pd., M.Pd.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Capain pembelajaran lulusan (CPL) sesuai Kurikulum Program Studi
Sikap
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
2. Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
Keterampilan Umum
3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEKS yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Toksikologi
CP Keterampilan Khusus
4. Mampu menerapkan cara kerja ilmiah dan keterampilan proses sains
CP Pengetahuan
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur di bidang Toksikologi secara mendalam serta penerapannya dalam kajian mengenai karakteristik berbagai ekosistem laut, ienteraksi anatar koponen, serta peran masing-masing ekosistem bagi kehidupan
Capaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah (CPMK)
menganalisis bahan-bahan yang mengandung racun dan gejala keracunannya, memahami tata cara menghindari dan penangggulangan keracunan, mengetahui teknik dan prosedur penelitian, dan mengetahui mekanisme kerja racun baik yang berasal dari senyawa kimiawi maupun dari tumbuhan.
Petunjuk Belajar
Mahasiswa yang kami banggakan… MK Toksikologi merupakan mata kuliah pilihan, jadi anda harus belajar dengan maksimal agar memperoleh hasil yang anda inginkan. Melalui mk ini, kita akan mengkaji secara global terkait toksikologi agar kita dapat mengenal apa saja yang bersifat toksik terutama bagi manusia dan hewan, memahami bagaimana menanggulangi/pertolongan pertama bila terpapar oleh bahan2 tersebut sehingga menjadikan kita lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Silahkan dibaca dan dipahami materi/video/PPT yang ada, simak presentasi yang tersaji, lalu tuangkan pengetahuan konten anda dalam menganalisis jawaban dari soal yang ada.. selamat mengikuti..
Pertemuan 1: Kontrak Kuliah dan Pengantar MK
Tabik Pun.. Mahasiswa, hari ini pertemuan pertama kita dalam mata kuliah Toksikologi. Kita akan menyepakati tentang kontrak kuliah selama 1 semester ke depan dan mengenal mata kuliah ini metelali materi pengantar.. selamat mengikuti..Mahasiswa yang kami banggakan, kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan ini adalah mengenal apa itu toksikologi, memperoleh gambaran umum toksikologi, dan menyepakati kontrak perkuliahan selama 1 semester.
Relevansinya: Pengenalan lingkup pembelajaran toksikologi berguna untuk Capaian Pembelajaran Mata Kuliah, dan Capaian program studi. Selain itu sangat bermanfaat untuk menunjang profesi sebagai pendidik biologi. Melalui Toksikologi kita menganalisis potensi racun yang dapat membahayakan lingkungan terutama bagi manusia.
Tujuan Perkuliahan ini adalah:
1. Melalui pembelajaran diskusi, mahasiswa dapat mengenal lingkup toksikologi dengan benar
2. Melalui pembelajaran diskusi, mahasiswa dapat menjelasakan pengertian toksikologi
Latihan:
1. Apa yang dimaksud dengan toksikologi?
2. buat rangkuman dari video pengantar!
Panduan Diskusi:
1. Baca kontrak perkuliahan dengan benar
2. silahkan simak video pengantar Toksikologi
3. Masing2 mahasiswa dapat saling berkomentar minimal 1 kali dalam pertemuan ini
Rangkuman: Toksikologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan racun, lingkupnya sangat luas. Mengenal racun dapat membantu kita aga terhidar dari bahaya yang ditimbulkan racun. Selain itu, pengetahuan tentang ambang racun sangat diperlukan dalam kehidupan. Racun juga dapat ditimbulkan oleh hewan dan tumbuhan
TUGAS
1. bagi kelompok sebanyak 8 kelompok2. masing-masing kelompok membuat makalah dan PPT3. sumber makalah: artikel dan ebook minimal 10 sumber3. menggunakan kertas A4, spasi 1,5, huruf TNR 12, bila ada gambar, secukupnya tidak boleh terlalu besar4. makalah maksimal 10 halaman tanpa pendahuluan (hanya pembahasan dan daftar pustaka5. semua makalah dan PPT dikumpulkan minggu depan di V-ClassSelamat berkerja
Silahkan join ya
Pertemuan 2: Ruang lingkup toksikologi dan kerja toksik
Tabik Pun...apa kabar mahasiswa?.. pada pertemuan ini kita akan mengkaji Ruang lingkup dan kerja toksik.. selamat mengikuti..
mahasiswa, silahkan di kumpulkan disin ya makalah dan PPT. waktunya sampai tgl 02 April 2021 pkl 14.00
Pendahuluan Pertemuan 2
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 2:
- Mahasiswa dapat menjelaskan toksikologi sebagai ilmu multidisiplin
- Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup toksikologi dengan benar
- Mahasiswa dapat memberikan 3 contoh lingkup toksikologi
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa:
- Mahasiswa dapat menjelaskan toksikologi sebagai ilmu multidisiplin dengan benar
- Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup toksikologi dengan benar
- Mahasiswa dapat memberikan minimal 3 contoh lingkup toksikologi dengan benar
Materi
Silahkan disimak materinya ya
Penyajian materi
Perkuliahan ini menggunakan sumber belajar buku teks( dalam kontrak perkuliahan), artikel terkait, dan koran lokal terkait materi
Metode Belajar: Menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan problem solving
Tes akhir pertemuan: menggunakan aplikasi quizizz (link menyusul)
Silahkan dibaca materinya lalu kerjakan latihan berikut ini
Tugas 2: Kerjakan tugas berikut
Kerjakan secara perorangan: Buat rangkuman sebanyak 1 halaman(berikut penjelasannya)yang mengaju pada tujuan pembelajaran hari ini
Lalu berikan skor pada akhir tugas dan alasan pemberian skor tersebut
Tes Formatif. Tes akan dilakukan setelah perkuliahan melalui google meet selesai melalui aplikasi quizizz
Masteri Learing:
Silahkan anda studi literatur terkait dengan materi hari ini agar pemahaman anda semakin baik. Terimakasih
Silahkan join ya
Pertemuan 3: Kerja toksik
Tabik Pun.. kita akan melanjutkan pembelajaran pada topik ini.. selamat mengikuti.. semangatPendahuluan Pertemuan 3
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerja toksik bagi tubuh manusia
- Mahasiswa dapat memerinci 3 cara kerja toksik dengan benar
- Mahasiswa dapat membedakan kerja toksik secara akut dan kronis
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerja toksik dalam tubuh dengan benar
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa:
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerja toksik bagi tubuh manusia dengan benar
- Mahasiswa dapat memerinci 3 cara kerja toksik dengan benar
- Mahasiswa dapat membedakan kerja toksik secara akut dan kronis
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerja toksik dalam tubuh dengan benar
Penyajian
Silahkan dibaca dan dipahami materinya ya
Sumber belajar pertemuan ini terdiri atas artikel, e-book, dan publikasi populer misalnya majalah ilmiah.
Metode belajar: tutorial, ceramah, presentasi, dan problem based learning
Evaluasi menggunakan quizizz di akhir perkuliahan
Silahkan kerjakan tugas latihan berikut dengan menuliskan pada kolom replay
Silahkan berikan argumen anda pada kolom replay ya.. setaip peserta bisa memberikan pendapatnya dan saling menanggapi
Setelah melakukan diskusi, mari kita rancang bersama rangkuman untuk pertemuan ini dikolom replay ya
Silahkan dikumpulkan disin ya makalahnya
Mastery Learning
Silahkan baca artikel lebih lanjut untuk melengkapi pemahaman terhadap materi. selanjutnya silahkan baca materi terkait materi minggu depan yaitu Klasifikasi kerja toksik.. Terimakasih
Pertemuan 4: Klasifikasi kerja Toksik
Tabik Pun.. apa kabar mahasiswa... hari ini kita mengkaji tentang klasifikasi kerja toksik.. selamat mengikuti
Pendahuluan Pertemuan 4
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
- Mahasiswa dapat menjelaskan klasifikasi kerja toksik
- Mahasiswa dapa membandingkan kerja toksik berdasarkan kategorinya
- Mahasiswa dapat memberikan contoh zat-zat yang masuk dalam kategori sangat berat sampai ringan
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa:
- Mahasiswa dapat menjelaskan klasifikasi kerja toksik dengan benar
- Mahasiswa dapa membandingkan kerja toksik berdasarkan kategorinya dengan benar
- Mahasiswa dapat memberikan contoh zat-zat yang masuk dalam kategori sangat berat sampai ringan dengan tepat
PENYAJIAN
Silahkan dipahami materinya ya sesuai dengan tujuan perkuliahan kita..
sumber belajar kita: PPT, e-book, buku pengantar toksikologi, artikel ilmiah
Strategi/metode: Ceramah, diskusi, problem solving, cooperative learning
Mahasiswa... silahkan kerjakan tugas latihan ini pada kolom replay ya, lalu di akhir isian anda silahkan diisi skor 0-100 mengenai argumen anda
Mahasiswa, forum diskusi ini diperuntukkan agar kita bisa berdiskusi.. masing-masing saling dapat saling menanggapi.. diakhir jawaban, anda dapat membuat skor 0-100 untuk argumen/jawaban rekan anda sebagai bentuk peer assesment
Mahasiswa, klasifikasi kerja toksik sangat dibutuhkan sebagai pengetahuan kita agar dapat mengetahui hazard, toxicity, safety, and risk dari suatu zat.. buat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini yang mengacu pada tujuan pembelajaran perttemuan 4
Mahasiswa hebat.. silahkan kerjakan tugas berikut ini dengan menuliskan jawaban pada kolom replay.. diakhir jawaban tuliskan penilaian anda terhadap jawaban anda dengan skor 0-100
Penutup
Silahkan jawab pertanyaan berikut sebagai penilaian hari ini
Mastery Learning
Mahasiswa sekalian.. setelah membaca materi, mengikuti perkuliahan melalui google meet, dan melakukan diskusi kelas, silahkan anda lengkapi pengetahuan anda dengan membaca literatur lebih lanjut.. persiapkan diri anda untuk materi berikutnya.. terimakasih
silahkan join ya
Pertemuan 6: Toksikologi pestisida
Tabik Pun.. silahkan disimak ya
Pendahuluan Pertemuan 6
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan :
a. Menjelaskan macam-macam pestisida
b. Menjelaskan potensi keracunan akibat pestisida
c. Menjelaskan peluang dan dampak pestisida terhadap kesehatan
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat “
a. Menjelaskan macam-macam pestisida dengan benar
b. Menjelaskan potensi keracunan akibat pestisida dengan benar
c. Menjelaskan peluang dan dampak pestisida terhadap kesehatan dengan baik
Penyajian
Mahasiswa hebat.. mari kita pahami bersama ya
Sumber belajar: e-book, artikel ilmiah, artikel populer, dan studi kasus
Strategi pembelajaran: presentasi, diskusi, problem solving, dan kooperatif learning
Silahkan dikerjakan latihan tugas berikut dengan cara menjawabnya paada kolom replay ya.. lalu beri penilaian atas jawaban anda sendiri ( self asesment)
Silahkan berikan argumen anada terkait studi kasus berikut. mahasiswa boleh mengomentari pendpat temannya ( 1 orang 1 teman) lalu memberikan penilaian sejawat atas tanggapan temannya
Carilah 1 artikel terkait penggunaan pestisida yang tidak semestinya.. lalu buat analisis artikel dan menambahkan pendapatmu terkait tindakan di artikel tersebut. Jawaban dan artikel silahkan dikumpulkan disini (dibagian akhir jawaban berikan penilaian atas analisis anda)
Penutup
Silahkan dijawab pertanyaan berikut dengan jujur ya.. jawaban difot lau diupload disini
1. jelaskan macam-macam pestisida
2. jelaskan potensi keracunan akibat pestisida
3. Jelaskan peluang dan dampak pestisida terhadap kesehatan4. Analisislah dampak penggunaaan pestisida yang tidak sesuai
Mastery learning
Silahkan tambah wawasan anda terkait penggunaan pestisida bagi kesehata. lalu bacalah materi untuk minggu depan. terimakasih
SIlahkan join ya
Pertemuan 7: Toksikologi hidrokarbon
Tabik Pun.. silahkan disimak ya... semangat
Pendahuluan Pertemuan 7
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan :
a. Menjelaskan Macam-macam hidrokarbon
b. Menganalisis Potensi keracunan akibat hidrokarbo T
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat “
1. Menjelasakan Macam-macam hidrokarbon
2. Potensi keracunan akibat hidrokarbon
Penyajian
Mahasiswa hebat.. mari kita pelajari materi pertemuan 7 ya
Strategi pembelajaran: presentasi, diskusi, project based learning, cooperative learning
Sumber belajar: amakalah, artikel ilmiah, dan e-book
Penutup
Masteri Learning
mahasiswa hebat. ternyata hidrokarbon sangat merugikan lingkungan apabila mencemari.. silahkan dibaca artikel-artikel terkait untuk pendalaman materi ini. Minggu depan kita tes sumatif (UTS) silahkan persiapan diri anda. terimakasih
Pertemuan 8: UTS dan pengayaan
Tabik Pun.. hari ini kita Ujian tengah semester... kerjakan dengan jujur dan berdoalah sebelum belajar..selamat mengerjakan
Silahkan join di Quizizz : https://quizizz.com/join?gc=715514
Selamat Bekerja
Pertemuan 5: Toksikologi dan Pornografi
Tabik Pun.. Silahkan disimak ya
Pendahuluan Pertemuan 5
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa hebat … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
- Mahasiswa dapat menganalisis jenis-jenis otak yang mengalami kerusakan
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerusakan otak yang diakibatkan oleh pornografi
- Mahasiswa dapat menjelaskan urutan proses perenerimaan ransangan yang diterima otak
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh pornografi terhadap kesehatan mental
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara pornografi dan toksikologi
-
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi:
- Mahasiswa dapat menganalisis jenis-jenis otak yang mengalami kerusakan dengan benar
- Mahasiswa dapat menjelaskan kerusakan otak yang diakibatkan oleh pornografi dengan lengkap
- Mahasiswa dapat menjelaskan urutan proses perenerimaan ransangan yang diterima otak secara berurutan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh pornografi terhadap kesehatan mental dengan benar
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara pornografi dan toksikologi dengan benar
Penyajian
Silahkan dipelajari ya
Sumber belajar pertemuan ini: e-book, artikel, dan sumber-sumber lainnya
Metode dan strategi perkuliahan: presentasi, tanya jawab, problem solving, dan kooperatif learning
Mahasiswa hebat.. silahkan isi latihan tugasnya ya.. lalu berikan penilaian atas jawabanmua (0-100)
Mahasiswa, mari kita diskusi dalam forum ini..silahkan saling menanggapi lalu berikan skor penilaian terhadapan tanggapan temanmu
- Penutup
silahkan diisi tes berikut paling lambat hari jumat pkl 14.00
Mastery learning
Mahasiswa, kita sudah mempelajari dampak dari kecanduan pornografi, maka penting bagi kita menjaga diri, keluarga dan lingkungan dari bahaya paparan pornografi. maka silahkan kembangkan pengetahuannya dengan membaca artikel2 yang terkait. lalu minggu depan silahkan dipelajari materi berikutnya. Terimakasih
Silahkan join ya
Pertemuan 9 (21 Mei 2021) Rokok, Narkotika dan Alkohol
Kegiatan Awal
Tabikpun
Capaian pembelajaran ini:
1. Menganalisis kandungan rokok dan narkotika
2. Menjelaskan toksi rokok, narkotika dan alkahol
3. Menjelaskan solusi bagi pengguna rokok, narkotika dan alkohol agar tidak mengkonsumsinnya
Aparsepsi Kandungan zat apa yang terdapat pada rokok, narkoba yang dapat menjadi toksi bagi tubuh manusia?
Pahami PPT (Rokok, Narkoba dan Alkohol), Silahkan tuliskan pertanyaan kemudian kelompok presenter menjawabnya, serta kita joint di google meeting
Silahkan letakkan tugas makalah kelompok
Pertemuan ke-10(Pengujian toksikologi)
Kegiatan Awal
Kegiatan Awal
Tabikpun
Salam Sehat semuany
Capain Pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan jenis-jenis uji toksikologi
3. Membedakan mekanisme kerja uji toksikologi
2. Menganalisis uji toksikologi pada suatu objek
Apersepsi: Alat uji toksikologi yang ada di masyarakat?
Pahami materi di ppt uji toksikologi , kemudian tuliskan masing-masing satu pertanyaan, kemudian presenter menjawabnya di forum diskusi
Rangkuman hari ini:
1. Pengujian Toksikologi adalah suatu tatacara untuk mendeteksi dan mengevaluasi kondisi, mekanisme, wujud, dan sifat zat kimia pada hewan uji tertentu untuk mengetahui batas keamanan dijadikan sebagai acuan dosis yang tepat penggunaan zat tersebut pada manusia.
2. Azas uji toksi: Studi tentang metode toksikologik dipusatkan pada deteksi dan evaluasi terhadap sifat perubahan fungsi dan struktur yang disebabkan oleh pejanan zat kimia serta signifikansi efeknya terhadap sel-sel hidup.
3. Uji ketoksisiasan khasan:
a. Uji potensiasi
b. Uji karsinogenik
c. Uji kemutagenikan4. uji ketoksisiasan tak khas
a.Toksisitas Akut
b.Uji Toksisitas Subkronis Orall
c. Uji Toksisitas Kronis Oral
d. Uji Teratogenisitas
Letakkan makalah tugas kelompok di sini yach
Pertemuan 11 (Racun Pada Hewan Arhopoda)
Kegiatan Awal
Tabikpun...........
Selamat Pagi
Capaian pembelajaran:
1. Menganalisis hewan arthopoda yang dapat menyebabkan racun
2. Menjelaskan dampak yang ditimbulkan jika terkena racun
3. Menjelaskan solusi jika terkena racun
Pahami materi PPT dibawah kemudian tuliskan masing-masing 1 pertanyaan dan dijawab oleh presenter
Pertemuan 12 (Toksisitas Logam Berat (raksa, timbal, cadmium, arsen, selenium, kobalt, nikel, tembaga, kromium, seng)
Kegiatan Awal:TabikpunSelamat pagiHari ini capaian pembelajaran kita adalah:1. Menjelaskan karakteristik Toksisitas Logam Berat (raksa, timbal, cadmium, arsen, selenium, kobalt, nikel, tembaga, kromium, seng)2. Menganalisis dampak timbul dari toksisitas Logam Berat (raksa, timbal, cadmium, arsen, selenium, kobalt, nikel, tembaga, kromium, seng)3. Menjelaskan solusi dari dampak timbul dari toksisitas Logam Berat (raksa, timbal, cadmium, arsen, selenium, kobalt, nikel, tembaga, kromium, seng)Pahami PPT dibawah ini kemudian tuliskan pertanyaan disini yach
1. Bahaya logam bagi manusia dapat menyebabkan gangguan kesehatan
2. Pertolangan pertama dilakukan dengan menghindari logam tersebut
3. Logam toksi:Raksa, timbal, cadium, kobalt, nikel, arsen, selenium, tembaga, chrpmium, seng
Silahkan kumpulkan makalah kelompok preseter disini dalam bentuk pdf
Pertemuan ke-13 (Modus Operandi dalam jaringan)
Tabikpun
Selamat pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan modus operandi dalam jaringan
2. Menganalisis dampak modus operandi dalam jaringan
Pahami PPT dibawah ini kemudian tuliskan pertanyaan saudara
Letakkan tugas makalah anda
Pertemuan ke14: Bahaya Antibiotika
Kegiatan awal
Tabikpun,.........
Selamat pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan manfaat antibiotika
2. Menganalisis pemakaian antibiotik
3. Menjelaskan dampak penggunaan antibiotika jika kelebihan
Silahkan pahami materi ini kemudian tuliskan 1 pertanyaan
- Kegiatan penutup, hari ini:1. Amoxicillin adalah turunan semi sintetik yang stabil dalam suasana asam lambung, diabsorpsi dengan cepat dan baik pada saluran pencernaan makanan, tidak tergantung adanya makanan2. Indikasi pada infeksi disebabkan oleh enzim-enzim bakteri : yang peka: infeksi kulit dan jaringan lunak, saluran pernapasan, genitourina, gonore3. Kontraindikasi; mempunyai riwayat hipersensitif terhadap antibiotik beta laktam
Pertemuan ke15 (Bahaya obat anti inflamasi)
Kegiatan awal
Tabikpun,.........
Selamat pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan manfaat obat anti inflamasi
2. Menganalisis pemakaian obat anti inflamasi
3. Menjelaskan dampak penggunaan obat anti inflamasi
Silahkan upload dalam bentuk pdf makalah obat anti inflamasi yach
Setelah anda baca materi di PPT, kemudian tuliskan masing-masing satu pertanyaan
Pertemuan ke-16 (Ujian Akhir Semester)
Tabikkpun
Selamat pagi
Hari ini kita akan mengadakan Ujian Akhir Semester, silahkan berdoa, mengisi presensi dan dilanjutin UAS