Weekly outline
General
Pada mata kuliah Perspektif Global ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan perspektif global dalam diri calon guru SD dengan mengkaji aspek-aspek global dan internasional dari konsep, tema, isu, dan masalah dalam berbagai disiplin ilmu sosial, dan ilmu-ilmu terkait . Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan perspektif serupa dalam diri peserta didik di SD.
Silahkan baca dan pahami
Pertemuan 1 Hakikat dan Konsep Perspektif Global
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Silahkan kalian simak video tsb, lalu simpulkan apa yang sudah ada pahami dari isi video tsb. Kerjakan dalam bentuk pdf dengan ketentuan minimal 2 paragrafh yang disertai dengan pendapat para ahli yang mendukung.
Silahkan kalian baca dengan baik jurnal tsb, lalu analisis lah dengan minimal 2 paragrah yang disertai dengan pendapat para ahli lalu mahasiswa dilarang melakukan tindakan kecurangan, apabila terbukti ada yang sama jawabannya maka tidak akan saya nilai. Dikumpulkan dalam bentuk pdf pada forum ini, disertai dengan identitas diri seperti nama dan npm
Pertemuan 2 Hakikat dan Konsep Perspektif Global
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Silahkan kalian simak video tsb, lalu simpulkan apa yang sudah ada pahami dari isi video tsb. Kerjakan dalam bentuk pdf dengan ketentuan minimal 2 paragrafh yang disertai dengan pendapat para ahli yang mendukung. Jangan lupa sertakan identitas diri seperti nama dan NPM
Silahkan kalian baca dengan baik jurnal tsb, lalu analisis lah dengan minimal 2 paragrah yang disertai dengan pendapat para ahli lalu mahasiswa dilarang melakukan tindakan kecurangan, apabila terbukti ada yang sama jawabannya maka tidak akan saya nilai. Dikumpulkan dalam bentuk pdf pada forum ini, disertai dengan identitas diri seperti nama dan npm
Pertemuan 3 Perspektif Global Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Silahkan lampirkan jawaban anda pada forum ini, terima kasih
Silahkan lampirkan jawaban anda mengenai analisis video tersebut, berikan argumen anda dengan di dukung oleh pendapat para ahli yang ada. sertakan refrensi, dan identitas diri seperti nama dan npm. Terima kasih
Pertemuan 4 Perspektif Global Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Silahkan lampirkan analisis kalian mengenai 2 materi diatas, jangan lupa sertakan nama dan npm
Silahkan lampirkan jawaban anda mengenai analisis video tersebut, berikan argumen anda dengan di dukung oleh pendapat para ahli yang ada. sertakan refrensi, dan identitas diri seperti nama dan npm. Terima kasih
Pertemuan 5
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Silahkan kerjakan secaha baik, benar dan berdasarkan asumsi pendapat pribadi
1. Menurut pendapat kalian, apakah yang di maksud dengan perspektif global
2. Kaitkan antara perspektif global dengan ilmu-ilmu sosial
- antropologi
- sosiologi
- ekonomi
- IPTEK
- Transportasi
- Komunikasi
5. Dampak positif dan negatif perspektif global bagi guru sekolah dasar
Pertemuan 6
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
Pertemuan 7
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 08.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 08.15
3. Mahasiswa DInyatakan Tidak hadir apabila melewati Batas 08.30
TUGAS INI DAPAT DIKERJAKAN HINGGA PERTEMUAN 8 (UJIAN TENGAH SEMESTER)
Modul Perspektif Global
BAB I Konsep Perspektif Global
- Pengertian Perspektif Global
- Ciri-ciri Perspektif Global
- Tujuan Perspektif Global
BAB II Perspektif Global Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial
- Geografi
- Sejarah
- Ekonomi
- IPTEK
- Politik
- Sosiologi
- Antropologi
BAB III Kesadaran dan Wawasan Global
BAB IV Masalah-masalah global dalam kepentingan nasional
BAB V Masalah-masalah/isu global dalam pembelajaran IPS SD
BAB VI Model-model pembelajaran perspektif global dalam IPS SD
BAB VII Evaluasi Pembelajaran perspektif global dalam IPS SD
Note:
- Cover
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Pendahuluan (menceritakan isi di dalam materi dan manfaat setelah belajar materi tersebut)
- Materi
- Rangkuman
- Rubrik Penilaian
- Soal (bisa berupa essay, pilihan ganda, analisis isu dll)
- Kunci Jawaban
- Daftar Pustaka (tidak diperkenankan menggunakan sumber yang tidak kredibel seperti blogpost, konten berita majalah, makalah dan sumber-sumber lain yang tidak bisa dipertanggung jawabkan materinya. Gunakan mendeley untuk membuat daftar pustaka dengan format APA)
- Lampiran (Bukti Turnitin dengan maksimal turnitin 15%, ingat sertakan bukti yang jelas)
- Lampiran sumber gambar-gambar
Tidak diperkenankan untuk asal copy paste atau menjadikan teks materi sebagai shape dengan dalih agar terhindar dari plagiasi dan dalam satu kelas di bagi menjadi 7 kelompok (masing-masing kelompok membuat 1 bab). Kutipan dalam modul harus diperhatikan, dengan ketentuan untuk artikel jurnal maksimal 5 tahun terakhir dan untuk buku maksimal 10 tahun terakhir. Terima kasha
Pertemuan 11 Masalah global dalam kaitannya dengan pembelajaran IPS SD.
Silahkan mengisi NPM dan Nama Lengkap Mahasiswa
1. Kehadiran Mahasiswa Mulai Pukul 10.00
2. Batas Keterlambatan Mahasiswa 11.00
Silahkan kali baca pembahasan ini dengan seksama, bila ada yang ingin ditanyakan bs kami lampirkan di forum yang sudah disediakan
Silahkan jawab pertanyaan dibawah ini dengan jelas. Deadline Minggu, 7 Mei 2023. Terima kasih
- Apa pendapat Anda tentang pentingnya mempelajari isu-isu dan masalah global dalam pembelajaran IPS SD?
- Bagaimana menurut Anda pengajaran IPS SD bisa membantu anak-anak memahami peran mereka dalam menyelesaikan isu-isu global seperti perubahan iklim atau kemiskinan?
- Menurut Anda, apakah pengajaran IPS SD harus mencakup isu-isu global yang kontroversial seperti hak LGBT atau hak aborsi? Mengapa?
- Bagaimana IPS SD bisa mengajarkan anak-anak tentang budaya dan nilai-nilai dari negara-negara lain?
- Menurut Anda, apakah IPS SD harus mengajarkan anak-anak tentang isu-isu politik dan konflik global seperti perang dan terorisme? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa pendapat Anda tentang pentingnya mempelajari isu-isu dan masalah global dalam pembelajaran IPS SD?