General
SELASA, 13.30 - 15.10 WIB
PROFIL MATA KULIAH
DATA DIRI DOSEN
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semuanya
Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Tuhan YME.
Selamat datang di Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program strata satu (S1) Sarjana pada rumpun Ilmu Pendidikan, terutama terkait dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuliah ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah: KPD620108.Adapun dosen pengampu mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Mata Kuliah dengan Semangat, Gembira, Pantang Menyerah, dan Doa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Semoga Berkah Ilmunya dan Berhasil. Salam hangat dan tetap semangat !!
DAFTAR HADIR PERTEMUAN 1 - 16
silahkan kumpulkan materi presentasi pada link berikut.
https://drive.google.com/drive/folders/11tkhCyaYW47w7KfdgRy0MSGemFVmVlQU?usp=sharing
Deadline pengumpulan materi presentasi pada Senin, 13 Maret 2023 Pkl 23.59 WIB
PERTEMUAN 1: Penjelasan Program Semester (Kontrak Perkuliahan)
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan ini. Silahkan mengisi DAFTAR HADIR terlebih dahulu.
Pertemuan ke-1 membahas beberapa hal yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu'alaikum dan selamat pagi, rekan mahasiswa semua
Topik hari ini adalah memahami program semester atau kontrak perkuliahan.
Agar lebih memahami materi pada hari ini, dipersilahkan bagi rekan-rekan mahasiswa untuk join pada google meet ini untuk mendengarkan pemaparan kontrak perkuliahan dan melakukan diskusi serta tanya jawab.
Atas perhatian rekan-rekan mahasiswa kami ucapkan terimakasih.
Untuk lebih jelasnya rekan-rekan sekalian dapat membaca dan memahami RPS berikut ini:
Mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendesain Pembelajaran
- Menganalisis Hakekat Perencanaan Pembelajaran
- Menganalisis kurikulum operasional
- Menganalisis silabus
- Menganalisis RPP
- Menganalisis Bahan Ajar
- Menganalisis Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran
- Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran
- Mengidentifikasi Penentuan media dan sumber belajar
- Menganalisis Alat Penilaian (Evaluasi)
- Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada mata kuliah ini, silahkan rekan-rekan download dan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf dengan klik bagian MATERI DAN SUMBER BELAJAR.
Berikut ini beberapa refrensi buku yang dijadikan acuan dalam perkuliahan. Jika kalian menemukan refrensi lain yang relevan silahkan dipergunakan. Refrensi yang digunakan sebagai bahan perkuliahan harus jelas. Tidak boleh dari blog yang penulisnya anonim. Selamat belajar. Tetap semangat.
- Alberta. 2002. Instructional Strategies. Canada: Alberta Learning.
- Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
- Sri Anitah W kk, (2001), Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: UT
- Soli Abimanyu. 2008. Strategi Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbut.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan.
- Dick, W. & Carey, L. (2001). The systematic design of instruction (nded.) Glecview, Illinois: HarperCollinsCollege Publishers.
- Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1979). Principle of instructional design (2 nd Ed. New York: Holt, Rinehart and Wiston.
- Henich & Molenda, (2005), Instructional Tecnology and Media for Learning, Pearson, New Jerse
- Joyce, Bruce &Weil, Marsha. (2009). Models of Teaching. New Jersey: Prentice. Hall. Inc
- Kemp, J. E. Morrison, Ross, S.m, (1994). Designing effective instruction.New York: Macmillan
- College Publising Company.
Demikian pengantar awal sebelum perkuliahan pada hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama mengikuti perkuliahan PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Desain Pembelajaran. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya, usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh