Enrolment options
|
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah |
||
|
S3
S9 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan kelompok.
|
||
|
P05
P10
KU1
KU2 |
Menguasai konsep teoretis bidang informasi dan teknologi secara umum, dan menguasai konsep teoretis bagian khusus, sesuai dengan kebutuhan untuk pengembangan mutu pendidikan; Menguasai konsep teoretis yang mendalam tentang statistika dan metode penelitian dalam pembelajaran Bahasa Prancis, dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS.
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
||
|
KK10 |
Mampu merencanakan pemetaan penelitian dalam bidang pembelajaran Bahasa Prancis. |
||
|
|||
|
|
CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) |
||
|
CPMK 1 |
Dapat membedakan penelitian kuantitatif dan kualitatif |
||
|
CPMK 2 |
Dapat menentukan metode penelitian kuantitatif yang sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. |
||
|
CPMK 3 |
Dapat menentukan metode penelitian kualitatif yang sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. |
||
|
CPMK 4 |
Dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif |
||
|
|||
|
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah yang memberikan bekal bagi mahasiswa untuk bagaimana menjadi peneliti di masa depan yang nantinya akan berguna bagi perbaikan pembelajaran di masa datang. Proses perkuliahan dilaksanakan dalam 16 kali tatap muka, yang terdiri dari 14 kali tatap muka, 1 kali UTS, dan 1 kali UAS. Kuliah dilaksanakan dengan model Presentasi kelompok dan Project Based Learning. Unjuk Kerja kelompok berbentuk makalah yang dipresentasikan berikut Power Point atau video yang dikumpulkan, dan unjuk kerja mandiri berbentuk proposal penelitian yang dikerjakan secara mandiri dan dikumpulkan di akhir perkuliahan. Evaluasi yang digunakan ialah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai sikap diambil selama proses perkuliahan. Nilai pengetahuan diambil dari nilai Kuis, UTS dan UAS, sedang nilai keterampilan diambil dari nilai unjuk kerja kelompok dan mandiri. |
||
|
Bahan Kajian / Materi Pembelajaran |
a) Perspektif Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif) b) Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. c) Landasan Teori, Kerangka Berfikir dan Pengujian Hipotesis. d) Penelitian Eksperimen e) Populasi dan Sampel f) Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian g) Teknik Pengumpulan Data h) Analisis Data i) Masalah, Fokus, Judul, dan Teori dalam Penelitian Kualitatif. j) Situasi sosial: tempat, pelaku, dan aktivitas. k) Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data. l) Teknik Analisis Data. m) Validitas dan Reliabilitas Penelitian Kualitatif n) Penyusunan Proposal Penelitian |
||
- Teacher: Setia Rini
- Teacher: Diana Rosita
- Enrolled students: 20
