Ringkasan Mingguan

  • SELAMAT DATANG DI MK. KEWIRAUSAHAAN AGR-A

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Selamat datang Rekan-rekan Mahasiswa yang saya banggakan. Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.

    Selamat datang di Mata kuliah Kewirausahaan AGR A Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Jurusan Agronomi dan Hortikultura Universitas Lampung.

    Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,

    Salam hangat dan tetap semangat !!

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb


    TIM MATA KULIAH KWU

  • PERTEMUAN 1

    Pertemuan 1

  • Pertemuan 2

    Assalamu'alaikum Wr.wb.

    Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

    Silahkan baca dan pahami materi berikut.

    Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

    Seiring berjalannya waktu, istilah wirausaha atau entrepreneur memang lebih dikenal oleh generasi milenial. Meski begitu, istilah wiraswasta tidak hilang begitu saja, masih banyak orang menggunakan istilah ini dibandingkan dengan wirausaha. Seperti dikutip dari laman Finansialku, perbedaan wirausaha dan wiraswasta adalah sebagai berikut:

    Fokus Usaha

    Perbedaan wirausaha dan wiraswasta bisa dilihat dari fokus usahanya. Fokus usaha dari seorang wirausaha ialah mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya. Sedangkan, fokus usaha dari wiraswasta adalah sekedar paruh waktu.

    Kepemilikan Aset

    Selain bisa dibedakan dari fokus usaha, perbedaan wirausaha dan wiraswasta juga bisa dilihat dari kepemilikan aset. Seorang bisa disebut wirausaha ialah ketika orang tersebut terlibat secara relatif pada kegiatan operasional saja. Sementara itu, wiraswasta adalah saat dirinya memiliki aset sendiri.

    Rencana Pengembangan Usaha

    Seorang wirausaha sudah memiliki pemahaman yang kuat untuk selalu berinovasi atau memperbaharui usahanya dengan teknologi. Sedangkan, wiraswasta cenderung masih menggunakan alat-alat tradisional dan merasa puas dengan target jangka pendek.

    Pola Pikir

    Perbedaan wirausaha dan wiraswasta juga bisa dilihat dari pola pikir orang tersebut, yang mana wirausaha adalah seorang pembuka usaha baru dan mandiri. Selain itu, wirausaha juga bisa melihat sejumlah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan profit. Sedangkan, wiraswasta adalah orang yang meneruskan sebuah konsep yang sudah ada dan bisa menghasilkan profit yang lebih besar.

    Sumber : https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-perbedaan-wirausaha-dan-wiraswasta-ketahui-ciri-cirinya-kln.html?page=4

    silahkan baca dan pahami materi ini kemudian bergabung ke zoom.

    http://

    • Pertemuan 3

      Assalamu'alaikum Wr.wb.

      Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

      Silahkan baca dan pahami materi berikut.


      Wanita wirausaha
      1. Dorongan R.A Kartin1
      Wanita berdikari, wanita berwirausaha sudah sejak lama menjadi pemikiran dan isi hati Ibu Kartini.
      Sesungguhnya Ibu kartini telah merintis pendidikan mandiri bagi wanita sejak beliau berumur 16th.
      Faktor yang menunjang wanita Wirausaha yaitu:
      1. Naluri kewanitaan yang bekerja lebih cermat, pandai mengantisipasi masa depan, menjaga keharmonisan, kerja sama dalam rumah tangga dapat diterapkan dalam kehidupan usaha.
      2. Mendidik anggota keluarga agar berhasil dikemudian hari, dapat dikembangkan dalam personel Manajement Perusahaan.
      3. Faktor adat istiadat, contohnya di bali dan sumatra barat, dimana wanita memegang peranandalam mengatur ekonomi rumah tangga.
      4. Lingkungan kebutuhan hidup seperti jahit menjahit, menyulam, membuat kue, aneka masakan, kosmetika, mendorong lahirnya wanita pengusaha yang mengembangkan komoditi tersebut.
      5. Majunya dunia pendidikan wanita sangat mendorong perkembangan wanita karir, menjadi pegawai, atau membuka usaha sendiri dalam berbagai bidang usaha.
      Faktor yang menghambat wanita Wirausaha yaitu:
      1. Faktor kewanitaan, dimana sebagai ibu rumah tangga ada masa hamil, menyusui, tentu agak menganggu jalanya bisnis. Hal ini dapat diatasi dengan dengan mendelegasikan wewenang atau tugas kepada karyawan lain. Tentunya pendelegasian ini mempunyai keuntungan dan kerugian.jalannya perusahaan tidak akan persis sama bila dipimpin oleh pemilik sendiri, jadi ada dua kemungkinan, lebih baek atau lebih buruk.
      2. Faktor sosial budaya, adat istiadat, wanita sebagai ibu rumah tangga bertanggung jawab penuh dalam urusan rumah tangga, bila anak atau suami sakit, ia harus memberi perhatian penuh, dan ini akan mengganggu aktivitas usahanya. Jalannya bisnis yang dilakukan oleh wanita tidak sebebas yang dilakukan oleh laki laki.
      3. 3. Faktor emosional yang dimiliki wanita, disamping menguntungkan dan juga bisa merugikan, misalnya dalam mengambil keputusan, karena ada faktor emosional, maka keputusan yang diambil akan kehilangan rasionalitasnya. Juga dalam memimpin karyawan, muncul elemen2x emosional yang mempengaruhi hubungan dengan karyawan pria atau wanita yang tidak rasional lagi.
      4. 4. Sifat pandai, cekatan, hemat dalam mengatur keuangan rumah tangga, akan mempengaruhi terhadap keuangan perusahaan. Kadang kadang wanita pengusaha agak sulit dalam mengeluarkan uang, dan harga – harga dipasang agak tinggi. Kibiasaan kaum ibu ialah bila mau membeli ia menawar rendah skali tapi bila menjual ingin tinggi.

      Perbadaan Wanita Wirausaha dan Pria Wirausaha
      1. Wanita Pengusaha dimotivasi untuk membuka bisnis karena ingin berprestasi dan adanya frustasi dalam pekerjaan sebelumnya, dia merasa terkekang karna tidak dapat menampilkan kebolehannya dan mengembangkan bakat2x yang ada pada dirinya
      2. Dalam hal permodalan bisnis pria pengusaha lebih leluasa memperoleh sumber modal sedangkan wanita memperoleh modal dari tabungannya, harta pribadi dan pinjaman pribadi, agak sulit bagi wanita pengusaha memperoleh pinjaman perbankan dibandingan kaum pria.
      3. Mengenai karakteristik kepribadian wanita pengusaha mempunyai sifat toleransi dan flexible, realistik dan kreatif, antusias dan enerjik dan mampu berhubungan dengan lingkungan masyarakat dan memiliki medium level of self confidence, kaum pria self confidencenya lebih tinggi dari kebanyakan wanita.
      4. Usia memulai usaha pria rata2x umur 25-35, sedangkan wanita di berusia 35-45.
      5. Kerabat yang menunjang pada pengusaha wanita adalah keluarganya, suami, organisasi wanita dan kelompok kelompok sepergaulannya.
      6. Bentuk bisnis yang dibuka pada pria pengusaha lebih banyak ragamnya akan tetapi pada wanita pengusaha kebanyakan berhubungan bisnis jasa, pendidikan, konsultan, dan public relation.

      Sifat–sifat yang perlu dimiliki Wirausaha
      Ciri-ciri
      1. Kepercayaan(keteguhan):
      – Kepercayaan (keteguhan)
      – Ketidak tergantungan
      – Optimisme
      2. Berorientasikan tugas dan hasil:
      – Kebutuhan atau haus akan prestasi
      – Berorientasi laba atau hasil
      – Tekun dan tabah
      – Tekad, kerja keras, motivasi
      – Energik dan penuh inisiatif
      3. Pengambil resiko:
      – Mampu mengambil resiko
      – Suka pada tantangan

      4. Kepemimpinan:
      – Mampu memimpin
      – Dapat bergaul dengan orang lain
      – Menanggapi saran dan kritik
      5. Keorisinilan:
      – Inovative (Pembaharu)
      – Kreative
      – Flexible
      – Banyak Sumber
      – Serba bisa
      6. Berorientasi ke masa depan
      – Pandangan ke depan
      – Perspektif

      Beberapa Kelemahan Wirausaha Indonesia
      1. Sifat mentalitet yang meremehkan mutu
      2. Sifat mentalitet yang suka menerabas
      3. Sifat tak percaya pada diri sendiri
      4. Sifat tak berdisiplin murni
      5. Sifat mentalitet yang suka mengabaikan tanggung jawab yang kokoh
      – Sifat mentalitet yang diungkapkan diatas sudah banyak kita saksikan dalam praktik pembangunan dinegara ini, SD impress yang roboh sebelum waktunya, jalan dan jembatan yang kembali rusak hanya dalam beberapa waktu sesudah di perbaiki dan sebagainya adalah cermin sifat meremehkan mutu.

      Sumber : https://sumarnork.wordpress.com/article-2/entrepreneur/wanita-wirausaha/

      Silahkan baca dan pahami materi ini kemudian bergabung ke zoom.

      http://

      • Pertemuan 4

        Assalamu'alaikum Wr.wb.

        Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

        Silahkan baca dan pahami materi berikut.

        Sifat-Sifat Wirausaha

        Dari berbagai penelitian yang ada ditemukan sembilan belas sifat penting wirausaha yang diperoleh dari tujuh penelitian yang pernah dilakukan. Kesembilan belas sifat itu dikelompokkan menjadi enam sifat unggul (research methodology workshop, 1977), sebagai berikut:

        1. Percaya Diri
        • Yakin dan optimisme: ia harus yakin dan optimis bahwa usahanya akan maju dan berkembang untuk itu Seorang wirausaha harus mampu menyusun rencana keberhasilan perusahaannya.
        • Mandiri: Tidak mengandalkan dan bergantung orang lain atau keluarga.
        • Kepemimpinan, dan dinamis: Seorang wirausaha harus mampu Bertanggung jawab terhadap segala aktivitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggung jawab seorang pengusaha tidak hanya pada material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
        2. Originalitas, terdiri dari:
        • Kreatif: mampu mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan.
        • Inovatif: mampu melakukan sesuatu yang baru yang belum dilakukan banyak orang sebagai nilai tambah keungulan bersaing.
        • Inisiatif/proaktif, mampu mengerjakan banyak hal dengan baik, dan memiliki pengetahuan. Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar dimana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetap terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
        3. Berorientasi Manusia, terdiri dari:
        • Sifat suka bergaul dengan orang lain berarti anda harus mampu mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dijalankan antara lain kepada para pelanggan, pemerintah pemasok, serta masyarakat luas.
        • Komitmen, Komitnen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dan direalisasikan.
        • Responsive terhadap saran/kritik. Menganggap saran dan kritik adalah dasar untuk mencapai kemajuan. Saran dan kritik yang masuk di respon dengan baik untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan, proses bisnis dan efesiensi perusahaan.
        4. Berorientasi Hasil Kerja, terdiri dari sifat:
        • Ingin berprestasi, kemauan untuk terus maju dan mengembangkan usaha. IQ dan EQ tidak cukup untuk memprediksi keberhasilan. Dibutuhkan AQ (Adversity quotient) yaitu tingkat ketahanan terhadap hambatanhambatan yang ditemuinya dalam mencapai keberhasilan. Dalam AQ ada tiga tipe pendaki puncak keberhasilan, yaitu quitter, champer, dan climber. Tipe quitter adalah mereka yang langsung menyerah atau tidak mau memanfaatkan peluang. Tipe champer adalah mereka yang cepat puas dengan apa yang sudah dicapai walaupun bisa mencapai keberhasilan yang lebih tinggi kalau mereka mau. Tipe climber adalah orang yang terus mendaki tangga keberhasilan hingga mencapai puncak tertinggi meski menemui berbagai hambatan atau rintangan.

        Ketahanan terhadap berbagai hambatan ini terdiri dari empat komponen, yaitu reach, ownership & original,control, endurance. Reach berarti seberapa jauh kemalangan/rintangan yang ditemui itu mempengaruhi hal-hal lain dalam kehidupan. Ownership & original adalah persepsi orang terhadap rintangan/hambatan. Control berarti melihat kemampuan mengontrol hambatan/rintangan dalam kehidupan. Endurance berarti sejauh mana kita melihat rintangan/hambatan sebagai sesuatu yang terus terjadi atau hanya terjadi secara kebetulan, cepat berlalu dan tidak akan terjadi lagi.
        • Berorientasi keuntungan, semua cara dan usaha yang dilakukan harus mendatangkan profit, karena bisnis tidak akan bisa bertahan dan berkembang jika tidak ada profit.
        • Teguh, tekun, dan kerja keras, Kerja keras. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ ia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja keras merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
        • Penuh semangat, dan Penuh energi. Melakukan semua aktivitas dengan semangat untuk keberhasilan.
        5. Berorientasi masa depan: terdiri dari sifat pandangan ke depan, ketajaman persepsi.
        Untuk itu anda harus Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui apa yang akan dilakukan oleh pengusaha tersebut Beorientasi pada prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktivitas usaha yang dijalankan selalu dievalusi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.

        6. Berani ambil risiko: terdiri dari sifat mampu ambil risiko, suka tantangan. Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapan pun dan di mana pun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.

        Penelitian Mc Ber & Co di Amerika Serikat pada usaha kecil (dalam Zimmerer & Scarborough, 1998) menemukan sembilan ciri wirausaha yang berhasil, yang dibagi ke dalam tiga kategori, sebagai berikut:
        1. Bersifat proaktif, yaitu inisiatif yang tinggi dan asertif.
        2. Orientasi prestasi, yaitu melihat kesempatan dan bertindak langsung, orientasi efisiensi, menekankan pekerjaan dengan kualitas tinggi, perencanaan yang sistematis, monitoring.
        3. Komitmen dengan pihak lain,yaitu komitmen yang tinggi pada pekerjaan, dan menyadari pentingnya hubungan bisnis yang mendasar.
        Sukardi(1991) membuat kesimpulan tentang sembilan sifat yang ada pada wirausaha sebagai berikut:
        1. Sifat instrumental, yaitu tanggap terhadap peluang dan kesempatan berusaha maupun yang berkaitan dengan perbaikan kerja.
        2. Sifat prestatif, yaitu selalu berusaha memperbaiki prestasi, mempergunakan umpan balik, menyenangi tantangan dan berupaya agar hasil kerjanya selalu lebih baik dari sebelumnya.
        3. Sifat keleluasan bergaul, yaitu selalu aktif bergaul dengan siapa saja, membina kenalan-kenalan baru dan berusaha menyesuaikan diri dalam berbagai situasi.
        4. Sifat kerja keras, yaitu berusaha selalu terlibat dalam situasi kerja, tidak mudah menyerah sebelum pekerjaan selesai. Tidak pernah memberi dirinya kesempatan untuk berpangku tangan, mencurahkan perhatian sepenuhnya pada pekerjaan, dan memiliki tenaga untuk terlibat terus-menerus dalam kerja.
        5. Sifat keyakinan diri, adalah dalam segala kegiatannya penuh optimisme bahwa usahanya akan berhasil. Dia percaya diri bergairah langsung terlibat dalam kegiatan konkret,jarang terlihat ragu-ragu.
        6. Sifat pengambilan risiko yang diperhitungkan, yaitu tidak khawatir akan menghadapi situasi yang serba tidak pasti dimana usahanya belum tentu membuahkan keberhasilan.
        7. Sifat swa-kendali, yaitu benar-benar menentukan apa yang harus dilakukan dan bertanggung jawab pada dirinya sendiri.
        8. Sifat inovatif, yaitu selalu bekerja keras mencari cara-cara baru untuk memperbaiki kinerjanya. Terbuka untuk gagasan, pandangan, penemuan-penemuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerjanya.
        9. Sifat mandiri, yaitu apa yang dilakukan merupakan tanggung jawab pribadi.
        Sumber : http://xerma.blogspot.com/2014/04/pengertian-sifat-sifat-wirausaha.html

        Silahkan baca dan pahami materi ini kemudian bergabung ke zoom.

        http://

      • Pertemuan 5

        Assalamu'alaikum Wr.wb.

        Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

        Silahkan baca dan pahami materi berikut.

        Kepribadian, Tempramen dan Watak dalam Kewirausahaan

        Kepribadian dalam kewirausahaan
        Berikut ini adalah sifat-sifat kepribadian yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan :
        1)      Disiplin
        Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Disiplin berarti ketepatan komitmen wirusahawan terhadap tugas dan pekerjaannya. Hal tersebut berlaku menyeluruh dalam ketepatan terhadap waktu, kualitas pekerjaan, sistem kerja, dan sebagainya.
        2)      Komitmen tinggi
        Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki komitemen yang jelas, terarah, dan bersifat progresif (berorientasi pada kemajuan), terlebih terhadap konsumennya. Seorang wirausahawan yang teguh menjaga komitmennya kepada konsumen akan memiliki nama baik yang pada akhirnya, wirausahawan tersebut mendapat kepercayaan dari konsumen.
        3)      Jujur
        Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausahawan. Padahal, kejujuran seorang wirausahawan akan berdampak langsung terhadap kepercayaan konsumen. Ketika kejujuran sudah dijunjung tinggi oleh seorang wirausahawan, maka kepercayaan konsumen juga akan semakin meninggi.
        4)      Kreatif dan inovatif
        Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memliki daya kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju dan penuh dengan gagasan-gagasan yang baru dan berbeda dengan  produk-produk yang telah ada saat ini.
        5)      Mandiri
        Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang  melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pada pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak, termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tanpa adanya ketergantungan dari pihak lain.

        Adapun beberapa tipe kepribadian wirausahawan, yaitu:
        1)      The improver
        Wirausahawan tipe ini menjalankan bisnisnya dengan menonjolkan gaya improver atau ingin selalu memperbaiki. Wirausahawan tipe ini memiliki kemampuan yang kokoh dalam menjalankan usaha. Mereka juga memiliki intergritas dan etika yang tinggi.
        2)      The advisor                                        
        Tipe kepribadian wirausahawan seperti ini bersedia memberikan bantuan dan saran tingkat tinggi bagi para pelanggannya. Motto dari wirausahawan ini yaitu pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan apa saja untuk menyenangkan mereka.
        3)      The superstar
        Inilah wirausahawan yang pusatnya dikelilingi oleh karisma dan energi tinggi. Wirausahawan dengan kepribadian seperti ini biasanya membangun usaha mereka dengan personal brand mereka sendiri.
        4)      The artist
        Kepribadian wirausahawan seperti ini biasanya senang menyendiri tapi memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka biasanya sering kali ditemukan di bisnis yang membutuhkan kreativitas seperti perusahaan periklanan, web design, dll.
        5)      The visionary
        Sebuah usaha yang dibangun oleh seorang visioner biasanya berdasarkan visi masa depan dan pemikiran pendirinya. Mereka memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mengerti dunia di sekeliling mereka dan akan membuat rencana untuk menghindari segala macam rintangan.
        6)      The analyst
        Wirausahawan tipe ini biasanya memfokuskan pada penyelesaian masalah dalam suatu cara sistematis. Seringkali berbasis pada ilmu pengetahuan, keahlian teknis atau komputer, seorang analis biasanya hebat dalam memecahkan masalah.
        7)      The fireball
        Wirausahawan tipe ini biasanya bekerja dengan penuh hidup, energi dan optimisme. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dilayani dengan tingkah laku yang menyenangkan.
        8)      The hero
        Wirausahawan tipe ini memiliki kemauan dan kemampuan yang luar biasa dalam memimpin dan menjalankan usaha melalui segala macam tantangan. Mereka adalah inti dari usahanya.
        9)      The healer
        Wirausahawan tipe ini biasanya bersifat pengasuh dan penjaga keharmonisan dalam usaha. Mereka memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa dan keteguhan disertai dengan ketenangan dari dalam.[4]
        2.      Tempramen dalam kewirausahaan

        Jenis-jenis temperamen dalam wirausahawan
        a)      Sanguinis
        Ditandai dengan sifat: hangat, meluap-luap, lincah, bersemangat dan pribadi yang “menyenangkan.” Pada dasarnya mau menerima.
        Pengaruh/kejadian luar dengan gampang masuk ke pikiran dan perasaan, yang membangkitkan respons yang meledak-ledak. Perasaan lebih berperan dari pada pikiran refleksif dalam membentuk keputusan. Orang sanguinis sangat ramah kepada orang lain, sehingga dia biasanya dianggap seorang yang sangat ekstrovert.
        b)      Koleris
        Seorang choleris tampil hangat, serba cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, sanggup mencukupi keperluannya sendiri, dan sangat independen. Dia cenderung tegas dan berpendirian keras, dengan gampang dapat membuat keputusan bagi dirinya dan bagi orang lain. Seperti seorang sanguinis, seorang choleris adalah seorang ekstrovert, walau tidak seekstrovertnya seorang sanguinis. Seorang choleris hidup dengan aktif. Dia tidak butuh digerakkan dari luar, malah mempengaruhi lingkungannya dengan gagasan-gagasannya, rencana, tujuan, dan ambisiambisinya yang tak pernah surut.
        c)      Melankolis
        Melankolis adalah seorang yang paling “kaya” di antara semua temperamen. Dia seorang analisis, suka berkorban, bertipe perfeksionis dengan sifat emosi yang sangat sensitif. Tidak seorang pun yang dapat menikmati keindahan karya seni melebihi seorang melankolis. Sebenarnya dia mudah menjadi introvert , tetapi ketika perasaannya lebih dominan, dia masuk ke dalam bermacammacam keadaan jiwa.
        Kadang-kadang mengangkatnya pada kegembiraan yang tinggi yang membuatnya bertindak lebih ekstrovert. Akan tetapi pada saat lain dia akan murung dan depressi, dan selama periode ini dia menarik diri (withdrawn), dan bisa menjadi seorang yang begitu antagonistis (bersifat bermusuhan).
        d)     Phlegmatis
        Phlegmatis adalah seorang yang hidupnya tenang, gampangan, tak pernah merasa terganggu dengan suatu titik didih yang sedemikian tinggi sehingga dia hampir tak pernah marah. Dia adalah seorang dengan tipe yang mudah bergaul, dan paling menyenangkan di antara semua temperamen. Phlegmatis berkaitan dengan apa yang dipikirkan oleh hippocrates mengenai cairan dalam badan yang menghasilkan yang “tenang,” “dingin,” “pelan,” temperamen yang memiliki keseimbangan yang baik. Baginya hidup adalah suatu kegembiraan, dan kadang menjauh dari hal-hal yang tidak menyenangkan. Dia begitu tenang dan agak diam, sehingga tak pernah kelihatan terhasut, bagaimana pun keadaan sekitarnya.

        3.      Watak dalam kewirausahaan
        Tipe watak yang dimiliki wirausahawan adalah sebagai berikut:
        a)      Perfeksionis
        Orang dengan watak ini cenderung realistis, memiliki suara hati yang peka dan memiliki prinsip yang amat kuat. Umumnya memiliki idealisme yang tinggi.
        b)      Helper
        Tipe ini memiliki kecenderungan orang yang peduli dengan lingkungannya, suka menolong, peka terhadap kebutuhan orang lain, dan amat bersahabat.
        c)      Achiever
        Ciri-ciri tipe achiever adalah penuh semangat, selalu hidup optimis, punya kepercayaan diri yang kuat, dan memiliki visi atau arah yang akan dicapai. Umumnya orang-orang ini adalah motivator bagi orang lain di lingkungannya.
        d)     Romantis
        Penuh pengertian, peka terhadap perasaan dan pergaulan penuh kehangatan adalah ciri-ciri orang romantis.
        e)      Observer
        Memiliki keingintahuan yang tinggi akan ilmu pengetahuan.
        f)       Questioner
        Penuh tanggung jawab, setia pada keluarga atau kelompok – biasa kita sebut loyalis, orangnya dapat dipercaya.
        g)      Adventurer
        Penuh semangat, lincah, dan optimis. Punya ambisi untuk menghasilkan sesuatu di dunia.
        h)      Asserter
        Suka terus terang, langsung apa adanya, percaya diri yang tinggi.
        i)        Peacemaker
        Baik hati, mudah menerima, suka mendukung dan suka menyatu dengan lingkungan sekitarnya.[5]

        Sumber : https://sumberkumakalah.blogspot.com/2018/09/sumberku-makalah-kepribadian-tempramen.html

        Silahkan baca dan pelajari materi ini kemudian bergabung ke zoom.

        http://

        • Pertemuan 7

          Assalamu'alaikum Wr.wb.

          Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

          Silahkan baca dan pahami materi berikut.

          Motivasi adalah karakteristik berorientasi pada tujuan yang membantu seseorang mencapai tujuannya. Ini mendorong seseorang untuk bekerja keras dalam mencapai tujuannya. Seorang eksekutif harus memiliki sifat kepemimpinan yang tepat untuk memengaruhi motivasi. Namun, tidak ada cetak biru khusus untuk motivasi.

          Sebagai seorang pemimpin, seseorang harus menjaga perspektif terbuka tentang sifat manusia. Mengetahui berbagai kebutuhan bawahan tentu akan membuat proses pengambilan keputusan lebih mudah.

          Baik karyawan maupun manajer harus memiliki sifat kepemimpinan dan motivasi. Seorang pemimpin yang efektif harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang faktor-faktor motivasi untuk orang lain. Ia harus memahami kebutuhan dasar karyawan, rekan kerja dan atasannya. Kepemimpinan digunakan sebagai sarana memotivasi orang lain.

          Berikut ini adalah pedoman penting yang menguraikan pandangan dasar motivasi:

          1. Menyelaraskan dan mencocokkan kebutuhan bawahan dengan kebutuhan organisasi. Sebagai seorang pemimpin, eksekutif harus memastikan bahwa bisnis memiliki moral dan etika yang sama dengan yang ia cari dalam diri karyawannya. Dia harus memastikan bahwa bawahannya didorong dan dilatih dengan cara yang memenuhi kebutuhan bisnis.
          2. Apresiasi dan penghargaan adalah motivator kunci yang memengaruhi seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menghargai perilaku yang baik / luar biasa dengan sedikit apresiasi, sertifikat, atau surat bisa menjadi motivator yang hebat. Jika sertifikat diberikan kepada seseorang, itu harus menyebutkan tindakan tertentu atau kualitas yang diberikan kepadanya.
          3. Menjadi panutan juga merupakan motivator utama yang memengaruhi orang dalam mencapai tujuan mereka. Seorang pemimpin harus memberikan contoh yang baik untuk memastikan orang-orangnya tumbuh dan mencapai tujuan mereka secara efektif.
          4. Mendorong individu untuk terlibat dalam perencanaan dan prosedur penyelesaian masalah penting tidak hanya memotivasi mereka, tetapi juga mengajarkan seluk-beluk faktor-faktor pengambilan keputusan utama ini. Selain itu, ini akan membantu semua orang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang peran mereka dalam organisasi. Komunikasi akan tidak ambigu dan tentunya akan menarik pengakuan dan penghargaan dari pemimpin.
          5. Mengembangkan semangat dan tim tentu saja berdampak besar pada kesejahteraan organisasi. Keadaan perasaan seseorang membentuk tatanan semangatnya. Tindakan dan keputusan seorang pemimpin memengaruhi semangat bawahannya. Karena itu, dia harus selalu sadar akan keputusan dan kegiatannya. Semangat tim adalah jiwa organisasi. Pemimpin harus selalu memastikan bawahannya menikmati melakukan tugas mereka sebagai tim dan menjadikan diri mereka bagian dari rencana organisasi.
          6. Seorang pemimpin harus melangkah ke posisi bawahan dan melihat hal-hal dari sudut pandang bawahan. Dia harus berempati dengan mereka selama masa-masa sulit. Berempati dengan masalah pribadi mereka membuat mereka lebih kuat secara mental dan emosional.
          7. Pekerjaan yang bermakna dan menantang yang dicapai menanamkan rasa prestasi di antara karyawan. Eksekutif harus membuat karyawan mereka merasa sedang melakukan pekerjaan penting yang diperlukan untuk kesejahteraan dan kesuksesan organisasi. Aspek motivasi ini mendorong mereka untuk memenuhi tujuan.
          Sumber : https://www.kompasiana.com/sontoloyo10521/5c4ec12ec112fe5313184293/kepemimpinan-dan-motivasi



          Silahkan baca dan pahami materi ini kemudian bergabung ke zoom.

          http://

          • Pertemuan 8

            Assalamu'alaikum Wr.wb.

            Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

            Silahkan baca dan pahami materi berikut.

            Rasa imajinasi dan intuisi atau rasa bawah sadar sering disebut pikiran kita yang memproses intuisi (pengetahuan tanpa dipikrikan) , kreativitas, serta otomatis mengetahui penyebab masalah pada pribadi kita. Maka sebab itu artikel kali ini megenai Eksploitasi imajinasi dan intuisi untuk kemajuan usaha.

            Eksploitasi Imajinasi dan Intuisi Untuk Kemajuan Usaha

            Perlu di ketahui imajinasi adalah hasil dari imanjinasi kreatif atau penemuan baru dalam bentuk benda, konsep, ide atau model. Sedangkan intuisi adalah pengetahuan mendadak yang diproleh tanpa sadar atau diciptakan oleh proses mental bawah sadar.

            Proses mental bawah sadar memanglah sangat besar artinya untuk membangun melaksanakan tugas tugas anda dalam sehari sehari. Sehingga tanpa anda sadari ide ide yang timbul dari pikiran anda merupakan dari mental bawah sadar.

            Tetapi, tidak semua orang bisa memanfaatkan mental bawah sadar ini, padahal manusia merupakan ciptaan terbaik tuhan yang di beri akal untuk bisa berimajinasi dan berfikir mana yang bagus dan buruk untuk dirinya. Jadi, bagaimana cara untuk mengemukakan suatu uraian menarik melalu proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi yang berguna untuk kemajuan usaha? Beginilah pembahasannya

            1. Imajinasi

            Imajinasi merupakan sebuah gambar atau objek angan yang dapat membayangkan atau khayalan. Imajinasi ini lah secara umum akan memberi kekuatan untuk memproses hasil citra mental dan ide yang kita pikirkan. Imajinasi pada seseorang adalah batasan dari dunia nyata orang tersebut. Maka sebab itu imajinasi ini tidak mengenal sama sekali batas dan apapun yang terpikirkan atau yang diyakini akan dapat terwujud menjadi realitas.

            2. Intuisi

            Intuisi merupakan isitilah untuk kemampuan orang dalam memahami sesuatu hal tanpa melalui penalaran rasioanal dan inteletultualitas. Maka sebab itu intuisi berupa pikiran yang samar samar, sering setengah disadari tanpa dipikiri secara cermat namun tiba tiba memunculkan suatu keyakinan sesaat.Atau bisa dikatakan seseorang yang sadar memikirkan sesuatu objek tiba tiba mendapatkan idel tanpa disadari itulah disebut dengan intuisi.

            Kondisi kondisi yang mendorong proses bawah sadar menurut prof. George W. Ladd:

            1. Sikap berani
            2. Keraguan
            3. Bermacam macam pengalaman
            4. Persiapan yang sempurna dan sungguh sungguh
            5. Menyerah sementara
            6. Bertukar pikiran
            7. Bebas dari kebingungan atau kekacauan
            8. Batas waktu atau deadlines

            Jalan menuju wirausaha yang sukses

            1. Pintar Komunikasi

            Komunikasi yang baik, perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya. Sebab itu berkomunasi dengan baik dengan partner anda sehingga dapat mengembangkan bisnis secara sukses bersama sama.

            2. Dorongan Ambisi

            Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang dan disertai juga dengan disiplin. Sebab itulah berilah dorongan ambisi kepada pribadi anda agar bisa bekerja keras dan konsisten dalam berusaha sehingga anda gigih menghadapi pekerjaan dan tantangan untuk mencapai keberhasilan.

            3. Pendidikan

            Pendidikan bisa anda dapatkan dari mana saja seperti kuliah atau anda bisa menambah pengetahuan lewat membaca, penalaran dikantor, kursus dan lain lain.

            4. Membuat Keputusan

            Seorang pembisni harus memiliki sifat kepimpinan yang bagus sehingan dalam memilih keputusan dia tahu diperlukan pertimbangan yang sangat matang dan kumpulkan informasi agar keputusan tidak salah.

            5. Keyakinan Diri

            Diperlukan keyakinan diri dalam beurusaha sehingga dapat diimplementasikan dalam tindakan sehari hari, melangkah pasti, tekun, sabar dan tidak ragu ragu.

            6. Penampilan Yang Baik

            Seseirang yang berpenampilan baik maka akan dipandang bagus oleh client serta pribadi yang baik dan jujur akan disenangi orang dan akan sukses berkerja sama dengan siapa saja.

            7. Mencapai Tujuan dengan Menggunakan Orang Lain

            Tidak boleh membanding bandingkan teman dan tidak boleh memilih milih dalam berteman karena seoranga pengusaha harus perbanyak teman dengan orang orang di bawah ataupun dengan orang orang di atas kita agar bisa memajukan bisnis menjadi sukses.

            Sumber : https://dutormasi.com/2020/10/eksploitasi-imajinasi-dan-intuisi-untuk-kemajuan-usaha.html

            Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

            http://

            • Pertemuan 9

              Assalamu'alaikum Wr.wb.

              Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

              Silahkan baca dan pahami materi berikut.

              JALAN MENUJU WIRAUSAHA SUKSES
              Murphy dan Peck menggambarkan delapan anak tangga untuk mencapai puncak karir. Delapan anak tangga ini dapat pula digunakan oleh seorang wirausaha dalam mengembangkan profesinya.

              1. Mau Kerja Keras (Capacity for Hard Work)
              Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang. Rasulullah sangat marah melihat orang pemalas dan suka berpangku tangan. Bahkan beliau secara simbolik memberi hadiah kampak dan tali kepada seorang lelaki agar mau bekerja keras mencari kayu dan menjualnya ke pasar. Demikian pula jika mau berusaha, mulailah berusaha sejak subuh. Jangan tidur sesudah subuh cepatlah bangun dan mulailah kegiatan untuk hari itu. Akhirnya laki-laki itu sukses dalam hidupnya.

              Demikianlah setiap pengusaha yang sukses selalu menempuh saat-saat ia harus bekerja keras membanting tulang dan merintis perusahaannya. Seorang pengusaha taksi mungkin tadinya ia hanya seorang sopir angkutan umum, seorang pengusaha tekstil mungkin tadinya seorang pedagang kredit tekstil dan banyak lagi contoh yang dapat kita jumpai dalam riwayat hidup pengusaha yang sukses.

              Sikap kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Dalam hal ini unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab, bagaimana orang mau bekerja keras jika disiplin tidak ada. Dia harus mengatur waktu, sesuai irama kehidupan, bangun pagi, siap-siap untuk kerja, mulai kerja, istirahat (tidak terlalu lama dan seterusnya sampai malam tiba. Malam hari ia tidur (tidak begadang sampai larut malam). Ada satu lagi elemen penting dalam keberhasilan kerja keras, yaitu berserah diri kepada Allah Swt. Dengan selalu berdoa kepada-Nya “Ya Allah perbaikilah nasibku, …dst”. Insya Allah kerja keras yang diiringi dengan do’a akan memperoleh sukses seorang mahasiswa yang belajar keras tiap malam plus dua setelah shalatnya. Insya Allah soal-soal ujian akan muncul dari materi yang sudah ia pelajari dan nilai A gampang diraih.

              2. Bekerjasama dengan Orang Lain (Getting Thing one With and Through people)
              Perbanyaklah teman dengan orang-orang di bawah ataupun dengan orang-orang di atas kita. Murah hati, banyak senyum kepada bawahan dan patuh serta disiplin menghadapi atasan, dan hindarkan permusuhan. Dengan menggunakan tenaga orang lain, maka tujuan mudah tercapai. Inilah yang disebut “manajemen” yaitu ilmu atau seni menggunakan tenaga orang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

              Seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Dia tidak suka fitnah, sok hebat, arogan, tidak suka menyikut, menggunting dalam lipatan, menohok kawan seiring dan sebagainya. Dia harus berperilaku yang menyenangkan bagi semua orang, sehingga memudahkannya bekerja sama dalam mencapai keberhasilan.
              Gambar :  Pengembangan Karir
              3. Penampilan yang Baik (Good Appearance)
              Ini bukan berarti penampilan body face/muka yang elok atau paras cantik. Akan tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin. Banyak orang tertipu dengan rupa nan elok tetapi ternyata orangnya penipu ulung. Ingatlah, pribadi yang baik dan jujur akan disenangi orang dimana-mana dan akan sukses bekerja sama dengan siapa saja.

              Seorang lulusan sekolah menengah atau alumni sebuah perguruan tinggi melamar dan diterima bekerja di sebuah perusahaan. Dia berpenampilan baik seperti diceritakan di atas, maka dengan cepat ia naik pangkat menduduki posisi kunci dalam perusahaan tersebut. Berkat naluri wirausahanya ia bisa menabung dari income-nya tiap bulan, kemudian mencari peluang-peluang usaha lain. setelah modal tabungan dirasa cukup, maka ia dapat menjelma menjadi wirausahawan sukses. peluang usahanya wirausahanya bisa dalam bentuk mensuplai komoditi yang diperlukan oleh bekas perusahaan tempat ia semula bekerja atau merintis wirausaha dalam jenis komoditi yang sama di kota yang sama atau ia pindah ke kota lain.

              4. Yakin (Self Confidence)
              Kita harus memiliki keyakinan diri bahwa kita akan sukses melakukan suatu usaha, jangan ragu dan bimbang. Niatlah bekerja baik, kemudian berserah diri, tawakal kepada Allah Swt.

              Self-confidence ini diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari, melangkah pasti, tekun, sabar, tidak Ragu-ragu. setiap hari otaknya selalu berputar membuat rencana dan perhitungan-perhitungan alternatif. Dia bisa saja menguji buah pikirannya dengan teman-teman lain, baik yang pro maupun yang kontra dengan rencananya.

              5. Pandai Membuat Keputusan (Making Sound Decision)
              Jika anda dihadapkan pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan, jangan ragu-ragu.

              Dengan berbagai alternatif yang ada dalam pikirannya ia akan dapat mengambil keputusan terbaik.

              6. Mau Menambah Ilmu Pengetahuan (College Education)
              Zaman sekarang pendidikan adalah nomor satu. Tenaga tak terdidik harganya murah sekali. Sebaliknya orang terdidik, memiliki ilmu dan keterampilan akan dibayar mahal. Benarlah Rasulullah yang mewajibkan semua Muslim menuntut ilmu dari ayunan sampai ke liang kubur. Pendidikan ini bukan berarti harus masuk perguruan tinggi, melainkan pendidikan dalam bentuk kursus-kursus, penalaran di kantor, membaca buku, dan sebagainya.

              Pendidikan college dalam bentuk diploma akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang penting disini ialah adanya tambahan pengetahuan.

              7. Ambisi untuk Maju (Ambition Drive)
              Kita jangan loyo, pasrah menyerah tak mau berjuang. Kita harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang-orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tangan, biasanya banyak berhasil dalam kehidupan. Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan profesi apapun yang dihadapi, Kita harus mampu melihat ke depan dan berjuang untuk menggapai apa yang diidam-idamkan.

              8. Pandai berkomunikasi (ability to communicate)
              Pandai berkomunikasi berarti pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. komunikasi baik, diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya. Akhirnya dengan keterampilan berkomunikasi itu seseorang dapat mencapai puncak karir.
               Sumber : http://belajarilmukomputerdaninternet.blogspot.com/2013/07/jalan-menuju-wirausaha-sukses.html

              Silahkan baca dna pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

              http://

              • Pertemuan 10

                Assalamu'alaikum Wr.wb.

                Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

                Silahkan baca dan pahami materi berikut.

                Wirausaha merupakan suatu proses untuk melakukan suatu usaha dengantujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan caramemproduksi, menjual atau menyewakan suatu produk barang atau jasa.Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakanatau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belumteridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahuisepenuhnya.Kegiatan wirausaha akan menunjang ekonomi keluarga atau pemerintah, baik industri dan perdagangan. Pertumbuhan industri yang diikuti kemajuan perdagangan akan melahirkan kesempatan kerja baru. Lapangan kerja baru iniakan menampung tenaga kerja baru,yang pada hakekatnya mengurangi pengangguran, mengatasi ketegangan sosial, meningkatkan taraf hidupmasyarakat, memajukan ekonomi bangsa dan negara, pada akhirnya menentukan pula keberhasilan pembangunan nasional.Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baruatau hubungan-hubungan baru antar unsur, data, variabel yang sudah adasebelumnya

                Sumber : https://id.scribd.com/document/382972473/Materi-Menjual-kegiatan-Dasar-Wirausaha-docx

                Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

                http://

                • Pertemuan 12

                  Assalamu'alaikum Wr.wb.

                  Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

                  Silahkan baca dan pahami materi berikut.

                  Pengertian Profil Perusahaan

                  Profil perusahaan (company profile) merupakan penjelasan mengenai suatu perusahaan yang dibuat secara ringkas yang dapat menggambarkan pekerjaan, kualitas, serta standar yang dijunjung dengan jelas. Pada umumnya, profil perusahaan ditampilkan pada website perusahaan dan saat sebuah perusahaan ingin memberikan proposal usaha kepada calon investor.

                  Apabila profil perusahaan Anda dapat meyakinkan mereka untuk melamar pekerjaan maupun membeli produk yang Anda tawarkan, maka hal tersebut hanya akan berdampak baik bagi perusahaan Anda, bukan? Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hal ini memiliki peran penting dalam menarik perhatian peminat dan membangun image suatu perusahaan. 

                  Komponen yang Membentuk Profil Perusahaan

                  Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, profil perusahaan dibuat untuk memberikan informasi rinci mengenai perusahaan kepada pihak-pihak yang berminat. Namun, kini Anda mungkin berandai-andai mengenai apa saja yang sebaiknya ditulis dalam profil perusahaan.

                  Jika Anda memang memikirkan hal tersebut, perhatikan penjelasan dibawah ini untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang sebaiknya dituliskan:

                  Detail Perusahaan

                  Hal paling penting yang harus Anda tulis dalam profil perusahaan adalah informasi mengenai detail dari perusahaan agar pihak yang mengunjungi website perusahaan, atau membaca proposal usaha dapat mengetahui perusahaan Anda secara lebih rinci.

                  Berikut adalah beberapa detail perusahaan yang sebaiknya Anda tuliskan, baik dalam proposal usaha maupun di dalam website perusahaan:

                  • Nama dan Alamat Perusahaan
                  • Nomor Telepon
                  • Tanggal Perusahaan Didirikan
                  • Alamat Situs Web atau website (dalam proposal usaha) 
                  • Alamat Email Perusahaan
                  Sumber : https://greatdayhr.com/id/blog/profil-perusahaan/

                  Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

                  http://

                  • Pertemuan 13

                    Assalamu'alaikum Wr.wb.

                    Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

                    Silahkan baca dan pahami materi berikut.

                    Marketing Manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran, antara lain melihat permintaan untuk produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya serta mengidentifikasi pelanggan potensial. Seorang manajer pemasaran juga mengembangkan strategi harga dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau pangsa pasar perusahaan. Ia juga memastikan kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasaran mengawasi perkembangan produk atau memantau tren yang menunjukkan kebutuhan untuk produk dan layanan baru.

                     

                    Video Penjelasan

                     

                    Pendidikan Minimal

                    S1

                     

                    Gaji
                    Indonesia 2018 Salary Guide, Kelly Services

                     

                    Contoh dari Jabatan Pekerjaan

                    Koordinator Marketing, Brand Manager, Marketing Director

                     

                    Tugas
                    • Mengidentifikasi, mengembangkan, atau mengevaluasi strategi pemasaran, berdasarkan pengetahuan dari tujuan berdirinya perusahaan, karakteristik pasar, biaya, dan faktor kenaikan harga
                    • Merumuskan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan atau kebijakan pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa
                    • Bekerja dengan manajer iklan atau promosi
                    • Mengevaluasi aspek keuangan dari pengembangan produk, seperti anggaran, pengeluaran, penelitian dan pengembangan alokasi, laba atas investasi serta proyeksi laba-rugi
                    • Mengembangkan strategi harga, menyeimbangkan antara tujuan perusahaan dan kepuasan pelanggan
                    • Mengumpulkan daftar penawaran produk atau jasa

                     

                    Pengetahuan
                    • Administrasi dan Manajemen
                    • Layangan Pelanggan dan Personal
                    • Bahasa Inggris
                    • Penjualan dan Pemasaran

                     

                    Keterampilan dan Kemampuan
                    • Aktif Belajar
                    • Aktif Mendengarkan
                    • Berpikir Kritis
                    • Pemahaman Membaca
                    • Kepekaan Sosial
                    • Penalaran Deduktif
                    • Penyusunan Informasi
                    • Pemahaman Lisan
                    • Ekspresi Lisan
                    • Kejelasan Berbicara
                    • Pemahaman Tertulis
                    • Ekspresi Tertulis

                     Sumber : https://pintaria.com/profesi/marketing-manager



                    Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom

                    http://

                    • Pertemuan 14

                      Assalamu'alaikum Wr.wb.

                      Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

                      Silahkan baca dan pahami materi berikut.

                      • perencanaan bisnis

                      Mengetahui Elemen Perencanaan Bisnis Dan Manfaat Perencanaan Bisnis

                      Pengertian Perencanaan Bisnis

                      Perencanaan bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu usaha bisa mencapai tujuan suatu usaha atau bisnis. Dalam perencanaan ini dijabarkan rencana tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional. Hal itu memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan dan menarik investasi. Mereka juga merupakan cara bagi perusahaan untuk tetap berada di jalur yang benar.

                      Perencanaan bisnis sangat berguna untuk perusahaan baru maupun lama, setiap perusahaan harus memiliki perencanaan bisnis. Umumnya, sebuah perusahaan akan meninjau kembali rencana tersebut secara berkala untuk menganalisa apakah tujuan telah terpenuhi dan juga mengevaluasinya.

                      Meski bisa saja berhasil menjalankan usaha tanpa perencanaan bisnis, namun itu bukanlah ide yang baik. Bahkan, sangat jarang ada perusahaan yang bisa bertahan tanpa adanya perencanaan. Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika membuat perencanaan yang baik dan tujuan perusahaan akan lebih mudah direalisasikan. Hal ini karena perusahaan memiliki alat berupa perencanaan bisnis yang bisa digunakan sebagai acuan.

                      Manfaat Perencanaan Bisnis

                      1. Membantu Anda Mendapatkan Modal

                      Anda mungkin seorang wirausahawan baru yang sedang mencari investor untuk mendukung usaha yang akan dijalanan. Dengan adanya perencanaan bisnis nantinya bisa meyakinkan investor untuk menanamkan modal mereka.

                      2. Kelola Pertumbuhan Usaha

                      Ketika bisnis Anda berkembang, banyak hal dapat berubah termasuk anggaran tahunan Anda, jumlah karyawan dan target keuangan serta klien Anda. Perencanaan bisnis dapat membantu Anda menilai dan memantau bagaimana perusahaan Anda saat ini berkembang dan bagaimana untuk terus tumbuh ke depannya.

                      3. Menentukan Dan Memantau Tujuan Anda

                      Perencanaan bisnis memungkinkan Anda menentukan dan memantau tujuan perusahaan. Anda bisa menganalisa bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

                      4. Menentukan Strategi Pemasaran

                      Dengan adanya perencanaan bisnis, perusahaan bisa menentukan bagaimana cara atau strategi pemasarannya. Sehingga layanan atau produk bisa dengan mudah ditemukan oleh konsumen. Bukan tidak mungkin jangkauan pemasarannya akan lebih luas jika diatur dengan baik.

                      5. Mengelola Karyawan

                      Elemen perencanaan bisnis ini memungkinkan Anda mengetahui siapa yang ada di dalam perusahaan. Mengetahui jabatan yang dipegang oleh seseorang serta bagaimana cara merekrut karyawan yang bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

                      Elemen Perencanaan Bisnis

                      Di bawah ini adalah beberapa elemen yang umum dan paling penting dari rencana bisnis.

                      Ringkasan eksekutif: Bagian ini berisi uraian mengenai perusahaan serta misi-misi yang menjadi tujuan perusahaan. Terdapat pula informasi tentang struktur perusahaan seperti pemimpin, karyawan, lokasi perusahaan dan sebagainya

                      Produk dan layanan: Di sini, perusahaan dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya, dan juga menentukan harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor-faktor lain yang bisa dimasukan ke bagian ini adalah proses produksi dan manufaktur, hak paten yang dimiliki perusahaan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan juga dapat dimasukkan di sini.

                      Analisa pasar: Suatu perusahaan membutuhkan penanganan industri yang baik serta target pasarnya. Di bagian ini akan diuraikan bagaimana persaingan. Dengan hal ini perusahaan akan mengetahui keunggulan dan kelemahan para pesaingnya.

                      Strategi pemasaran: Bagian ini menjelaskan bagaimana perusahaan akan menarik minat dan mempertahankan pelanggannya agar setia dengan produk atau layanan perusahaan. Selain itu juga bermaksud untuk menentukan cara untuk menjangkau konsumen. Berarti jalur distribusi juga harus diuraikan disini.

                      Perencanaan keuangan: Agar perusahaan bisa berjalan dengan normal tanpa ada masalah finansial, perusahaan harus melakukan perencanaan keuangan. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat dimasukkan ke bagian ini. Keuangan perusahaan, investor bisa diuraikan di sini.

                      Anggaran: Setiap perusahaan yang baik perlu memiliki anggaran. Hal ini termasuk biaya yang berkaitan dengan kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran, dan pengeluaran lain  dan apa pun yang terkait dengan bisnis.

                      Untuk melakukan perencanaan keuangan dan anggaran, tentunya Anda memerlukan pembukuan yang menunjang itu semua. Jika Anda masih menggunakan proses akutansi manual itu akan menjadi penghambat dalam waktu kerja dan rencana bisnis Anda.

                      Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk alur pembukuan yang lebih baik. Software akuntansi berbasis cloud adalah solusi terbaik bagi pengembangan usaha Anda contohnya adalah Accurate Online.

                      Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu entitas bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional. Pemenang Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai 2019 dan memliki fitur laporan keuangan paling lengkap.

                      Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari untuk mencoba fitur fiturnya melalui link ini.

                       Sumber : https://cpssoft.com/blog/bisnis/mengetahui-elemen-perencanaan-bisnis-dan-manfaat-perencanaan-bisnis/

                      Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

                      http://

                      • Pertemuan 15

                        Assalamu'alaikum Wr.wb.

                        Selamat datang kepada seluruh mahasiswa MK. Kewirausahaan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

                        Silahkan baca dan pahami materi berikut.

                        Apa Itu Definisi, Pengertian Etika Bisnis Adalah Sebagai Berikut

                        Pengertian etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat.

                        Hal ini memiliki peranan penting karena dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau masyarakat.

                        Etika bisnis adalah aturan yang tidak tertulis soal cara menjalankannya dengan adil dan sudah sesuai dengan hukum yang diberlakukan negara, serta tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaannya di dalam masyarakat.

                        Etika dalam berbisnis sesuai definisi dapat menjadi standar serta pedoman bagi setiap karyawan termasuk manajemen dan dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan landasan kejujuran, moral luhur, transparansi, serta sikap profesional.

                        Apa itu Definisi, Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli Adalah Sebagai Berikut

                        Etika adalah sebuah kata yang berarti ethos (berasal dari Bahasa Yunani).

                        Etika memiliki kaitan dengan sistem nilai tentang bagaimana manusia hidup yang akan terwujud dalam pola perilaku dan dilakukan secara berulang.

                        Berikut ini ada beberapa ahli yang mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian etika dalam berbisnis:

                        1. Steade Et Al

                        Defininsi etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

                        2. Velasques

                        Studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.

                        Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

                        3. Hill dan Jones

                        Definisi juga apa itu pengertian etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar.

                        Di mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

                        4. Yosephus

                        Apa itu pengertian Etika Bisnis secara hakiki merupakan Applied Ethics (etika terapan).

                        Di sini, etika dalam berbisnis merupakan wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindakan manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis.

                        Jadi, secara hakiki sasaran etika bisnis adalah perilaku moral pebisnis yang berkegiatan ekonomi

                        5. Brown dan Petrello

                        Brown dan Petrello menyatakan bahwa Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

                        Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh.

                        6. Bertens

                        Menurut Bertens, etika dalam berbisnis bahkan lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum.

                        Bahkan merupakan standar yang lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum.

                        Karena dalam kegiatan bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.

                        7. Muslich (2004:9)

                        Apa itu definisi etika bisnis adalah suatu pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal

                        8. Sumarni (1998:21)

                        Etika bisnis ini terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha

                        Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-etika-bisnis/

                        Silahkan baca dan pahami materi berikut dan bergabung ke zoom.

                        http://

                      • Pertemuan 16

                        Ujian Akhir Semester