Weekly outline

  • FROFIL MATAKULIAH

    • KONTRAK KULIAH File 24.6KB Word 2007 document
  • Pertemuan 1 : PENGANTAR PERKULIAHAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

    Assalamu'alaikum wr.wb...

    Salam sejahtera bagi kita semua...
    Tabik puuun...

    Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan pertama ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang konsep dasar pendidikan, kedudukan psikologi pendidikan, tujuan pendidikan, dan aspek dalam pendidikan.

    Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!

    Waalaikum'salam wr.wb..



    Indikator Capaian Pembelajaran

    a.    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan serta membuat batasan tentang pengertian  Psikologi Penidikan

    ( Educational Psychology is a systimatic study of the process and factors infloved in the education of human being (Witherington)

    b.    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan  Kedudukan Psikologi Pendidikan

    c.   Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan  Tujuan Psikologi Pendidikan.

    (... is help teachers and prospective teachers to develop a better understanding of education and its process).

    d.    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Fundamental Aspects:

    a)      The Learner

    b)      The learning process,and

    The learning situation.
    • MATERI File 132.5KB PDF document
  • Pertemuan 2 : KONSEP DASAR PENDIDIKAN

    Assalamu'alaikum wr.wb...

    Tabik puuun...
    Selamat pagi mahasiswa Pendidikan Fisika semester 2 pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Hari ini merupakan pertemuan kedua pada mata kuliah psikologi pendidikan. Pada pertemuan kedua hari ini, kita akan membahas menganai Konsep Dasar Pendidikan. Mahasiswa diminta untuk membaca dan mempelajari materi tersebut serta mencari referensi pendukung lainnya sebagai upaya mahasiswa memperdalam materi perkuliahan. Selanjutnya kita akan berdiskusi terkait materi tentang konsep dasar pendidikan pada Forum Diskusi Pertemuan 2. Diharapkan mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi. 
    Baik rekan-rekan mahasiswa, apakah sudah siap untuk kuliah hari ini? Mari kita mulai..!!!

    Waalaikumsalam wr.wb

  • Pertemuan 3 : PESERTA DIDIK (THE LEARNER)

    Assalamu'alaikum wr.wb...

    Tabik puuun...

    Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan ketiga hari ini, kita akan bersama-sama memahami tentang peserta didik. Peserta didik sebagai pembelajar dalam berbagai tingkatan pendidikan. bagaimana tugas dan perannya sebagai peserta didik dan bagaimana karakteristiknya. sama-sama kita akan bahas pada pertemuan ketiga ini.

    Strategi perkuliahan pertemuan tiga ini. mahasiswa sudah mulai melakukan presentasi melalui makalah dan PPT yang dibuat kelompok 1 di fitur Chat Vclass. sebagai kelompok pemrasaran yang bertanggung jawab mengarahkan jalannya diskusi kelompok. dan mahasiswa lainnya secara aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Pertanyaan dibatasi 4 penanya seputar peserta didik dalam lingkup pendidikan. 

    Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk belajar dengan sungguh-sungguh!!

    Waalaikumsalam wr.wb

    • MATERI PERKULIAHAN File 115.6KB Powerpoint 2007 presentation
  • Pertemuan 4 : KARAKTERISTIK TAHAP PERKEMBANGAN REMAJA

    Assalamu'alaikum wr.wb...

    Tabik puuun...
    Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan Keempat ini, kita akan bersama-sama memahami tentang karakteristik perkembangan remaja. cakupan bahasan antara lain. konsep dasar perkembangan remaja, tahapan perkembangan remaja, masalah yang dihdapai pada tahap perkembangan remaja.

    Perlu kita ketahui yang akan kita hadapi di lingkup sekolah nanti adalah peserta didik pada usia remaja. Bahwa usia remaja adalah usia yang bergejolak. dimana remaja masih dalam tahap mengembangkan, dan mencari jati diri. sehingga peran orang tua dan pendidik sangat diperlukan bagi remaja.
    Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!

    Waalaikumsalam wr.wb

  • Pertemuan 5 : PESERTA DIDIK TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF

    Assalamu'alaikum wr.wb...

    Tabik puuun...

    Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan KELIMA ini, kita akan bersama-sama memahami Teori Perkembangan Kognitif. Ada dua teori yang akan kita pelajari, pertama teori dari Jean Piaget, dan kedua dari teori Vygotsky. Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya.

    Pada pertemuan hari ini akan ada kuis, sejumlah pertanyaan evaluasi, silakan dikerjakan setelah melakukan diskusi. dan dapat dikumpulkan setelah perkuliahan. batas waktu hari ini jam 15.00 

    Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!

    Waalaikumsalam wr.wb

  • Pertemuan 6 : PROSES BELAJAR (THE LEARNING PROSES)

  • Pertemuan 7: UJIAN TENGAH SEMESTER

    UTS PSIKOLOGI PENDIDIKAN

    PENJAS ,  SININ  28 MARET 2021

    Petunjuk mengerjakan :

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan 2 cara : a) ketik menggunakan file lalu upload; b) hasil jawaban di paparkan melalui video (durasi video 30 sd 45 menit) kemudian di upload di VClass link nya.

    Pertanyaan :

    1. Apa pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada tahap remaja?
    2. Jelaskan bagaimana proses belajar peserta didik. Dari yang belum tahu menjadi tahu, serta dari yang tidak tertarik menjadi tertarik pada suatu pelajaran.
    3. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar. Dari beberapa faktor tersebut manakah yang paling mempengaruhi dan jelaskan mengapa!
    4. Jelaskan secara singkat karakteristik perkembangan emosi remaja dan bagaimana kondisi emosi remaja yang terjadi apabila tidak dibekali pemahaman dari guru ataupun orang tua!
    5. Bagaimana memaksimalkan aktivitas belajar pada peserta didik, agar mereka mampu menyeimbangkan antara berfikir dan mengingat?
    6. Seberapa penting motivasi dalam kegiatan belajar? Bagaimana cara melihat motivasi peserta didik yang kurang? Dan bagaimana cara memberikan motivasi kepada peserta didik?

    • Pertemuan 8 :AKTIVITAS PSIKOLOGIS DALAM BELAJAR

    • Pertemuan 9 : SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR

    • Pertemuan 10 : SITUASI BELAJAR (the learning situation)

      • Perkuliahan Materi Situasi Belajar File 115.6KB Powerpoint 2007 presentation
    • Perkuliahan Terakhir.

      • forum diskusi File 132.5KB PDF document
    • UJIAN AKHIR SEMESTER