བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
Dalam meningkatkan pengetahuan dan kualitas pembelajaran anak-anak atau siswa. Guru atau pendidik perlu memiliki beberapa strategi pembelajaran yang ampuh. Strategi tersebut dibuat supaya siswa maupun mahasiswa cepat paham dan mengerti dari pembelajaran yang diberikan. Selain itu strategi pembelajaran juga bisa berupa cara mengajar supaya siswa merasa nyaman selama belajar. Strategi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan bagi siswa. Bukan hanya agar siswa mencapai target yang diinginkan, tapi pendidik juga mendapatkan goals berupa siswa yang berhasil dididik dari strategi tersebut.
Pemilihan strategi pembelajaran sangatlah penting. Strategi yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran disebut Strategi Pembelajaran. Pembelajaran adalah upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar. Tujuan strategi pembelajaran adalah terwujudnya efesiensi dan efektivitas kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik. Pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran adalah pendidik (perorangan dan atau kelompok) serta peserta didik (perorangan, kelompok, dan atau komunitas) yang berinteraksi edukatif antara satu dengan yang lainnya.
PERTEMUAN 1 - KONTRAK KULIAH
assalamuallaikum wr.wb
selamat mengikuti perkuliahan dengan ibu, simaklah rangkaian perkuliahan hari ini, silahkan isi absensi, bacalah kontrak perkuliahan dan RPS yang ibu berikan jika ada yang dingin ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan di forum yang ibu sediakan teriamakasih.
Silahkan tulis nama dan NPM
Nama:
NPM:
Silahkan dibaca dan dipahami
Silahkan dibaca dan dipahami
Silahkan di baca sebagai buku panduan pembelajaran dalam satu semseter kedepan, mudah mudahan dapat menambah wawasan bagi kalian semua. materi yang ada didalam buku akan dipakai selain dalam proses perkuliahan juga dalam pelaksanaan evaluasi perkuliahan kita.
PERTEMUAN 2 - KONSEP DASAR STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang Konsep strategi pembelajaran SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih.
Tulis Nama dan NPM
Nama:
NPM
Kelompok 1:
Annisa Putri Aisyah (2113053169)
Atika Dwi Aufa (2113053199)
Dhea Octa Veronika (2113053170)
Irma Nita Yunizar (2113053046)
Yosepha Anggraini Sirait (2113053268)
Silahkan dibaca dan dipahami, lalu didiskusikan dengan teman kelompok
PERTEMUAN KETIGA
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang Konsep strategi pembelajaran SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih.
Silahkan tulis nama dan npm..
Kelompok 2
;
: 1. Adeilla Najwa S (2113053288)
2. Fani Marlina Sari (2113053241)
3. Salsabila Putri (2113053151)
4. Tata Nurhaliza (2113053008)
5. Yulianti (2113053215)
PERTEMUAN 4
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang Konsep strategi pembelajaran SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih.
Asalamuailikum wr wb.
silahkan mahasiswa sekalian untuk absen dengan menuliskan nama dan NPM
terimakasih good luck
Kelompok 1
1. Annisa Salsabila (2113053074)
2. Hafid Triawan (2113053236)
3. Maya Marisa (2113053258)
4. Mellyza Azzara (2153053035)
5. Yessi Desmatala Sari (2113053101)
21 March - 27 March
Silakan tulis NPM dan nama
Pertemuan 7 Model pembelajaran yang Sesuai Dengan Mata Pelajaran
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang Konsep strategi pembelajaran SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih
Silakan tulis Nama dan NPM
Kelompok 6:
1. Fauzan Al Aziz (2153053003)
2. Melina Putri (2113053010)
3. Mita Tri Febriyanti (2113053001)
4. Rara Satriana (2153053005)
5. Saskia Dita Ayu Ningtias (2113053227)
Kelas : 2D
Mata Kuliah : Strategi Pembelajaran
Dosen Pengampu : Dr. Alben Ambarita, M. Pd
Silahkan dipaparkan di zoom atau virtual meeting
Dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang bertahap atau langkah demi langkah. Direct Instruction merujuk pada pola-pola pembelajaran dimana guru banyak menjelaskan konsep atau keterampilan kepada sejumlah kelompok siswa dan menguji keterampilan siswa melalui latihan-latihan di bawah bimbingan dan arahan guru. Strategi pembelajaran tak langsung (Indirect Intruction) merupakan teori hasil dari Carl Roger. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka kecepatan belajar ditentukan oleh siswa itu sendiri, sehingga siswa tidak diharuskan menyelesaikan secepatnya bagian-bagian yang sulit dipelajari. Demikian perkuliahan kita tentang strategi pembelajaran langsung dan tidak lengasung semoga bermanfaat untuk menjambah wawasan kita sebagai guru yang profesional kedepannya Amin
Sekian wasalamualikum wr.wb
Pertemuan 10 - Strategi Pembelajaran Langsung dan Tak Langsung
Asalamualikum wr wb. Selamat pagi teman-teman kelas strategi pembelajaran PGSD Unila. Hari ini kita akan membahasa strategi pemeblajaran langsung dan tak langsung. Strategi pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat diartikan pula sebagai pola yang digunakan untuk penyusunan kurikulum, mengatur materi, dan memberi petunjuk kepada guru di kelas. Strategi pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial. Strategi pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk memperoleh tujuan belajar. Selanjutnya akan didiskusikan oleh timpenyaji dilahkan dijelaskan menggunakan power point.
Silahkan Tulis Nama dan NPM dibawah ini..
Silahkan dibaca dan dipahami materi dan ppt
Penulis :
1. Bunga Adeilia Putri F. (2113053025)
2. Komang Nandayani (2113053229)
3. Mela Andyni (2113053087) 4. Nabila Nur Fauzia (2113053269)
5. Yessi Desmatala Sari (2113053101)
Silahkan tanyakan di grup jika ada materi yang kurang paham atau bisa menulis pertanyaan di kolom komentaar dibawah ini
Silahkan Akses link gmeet berikut
Untuk bergabung ke rapat di Google Meet, klik link ini:
https://meet.google.com/ggd-biqf-cnh
Dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang bertahap atau langkah demi langkah. Direct Instruction merujuk pada pola-pola pembelajaran dimana guru banyak menjelaskan konsep atau keterampilan kepada sejumlah kelompok siswa dan menguji keterampilan siswa melalui latihan-latihan di bawah bimbingan dan arahan guru. Strategi pembelajaran tak langsung (Indirect Intruction) merupakan teori hasil dari Carl Roger. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka kecepatan belajar ditentukan oleh siswa itu sendiri, sehingga siswa tidak diharuskan menyelesaikan secepatnya bagian-bagian yang sulit dipelajari. Demikian perkuliahan kita tentang strategi pembelajaran langsung dan tidak lengasung semoga bermanfaat untuk menjambah wawasan kita sebagai guru yang profesional kedepannya Amin
Sekian wasalamualikum wr.wb