Topic outline
General
Kode Mata Kuliah / sks : KIP 612310 / 4 sks
Dosen Pengampu:
Drs. M. Coesamin, M.Pd. (PJ)
Ramadhan K. Habibie, M.Pd.
Jadwal : Rabu, 07.30 - 09.10 & Kamis, 15.30 - 17.10
Ruang : H3
Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang teori belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, strategi, pendekatan, dan model-model pembelajaran matematika, penilaian, media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja, serta memuat konsep-konsep dasar matematika baik matematika SD kelas rendah maupun kelas tinggi.
Prasyarat: Pendidikan Matematika SD 1
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah/Kompetensi:
- Menguasai dan mampu mengembangkan Pendidikan Matematika Sekolah Dasar untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
- Mampu memecahkan permasalahan pendidikan matematika Sekolah Dasar dan beradaptasi dalam situasi yang dihadapi melalui model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan di era globalisasi.
- Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran matematika Sekolah Dasar dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran.
UAS Pend Mat SD 2
UAS ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni pukul 19.30.
UAS Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD 2 dilaksanakan secara online melalui laman vclass.
Diharapkan semua mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Bacalah basmalah untuk memulai dan ikuti petunjuk dari setiap soal dengan baik.Di dalam portal UAS terdapat 3 soal esai.
Sebelum mebuka portal UAS harap baca terlebih dahulu dan catat daftar KD di bawah ini sesuai digit terakhir NPM saudara.
Misal NPM saudara 1513053004, berarti saudara mendapatkan soal esai menggunakan KD dengan kode 4.Kerjakan dengan jujur dan sebaik-baiknya.
Kode 0
KD 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sama dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek (Kelas 1)
KD 3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret (Kelas 4)Kode 1
KD 3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan (Kelas 2)
KD 3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. (Kelas 5)Kode 2
KD 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama (Kelas 3)
KD 3.3 Menjelaskan dan melakukan Operasi Hitung Campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi (Kelas 6)Kode 3
KD 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan (Kelas 1)
KD 3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal (Kelas 5)Kode 4
KD 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya. (Kelas 2)
KD 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) (Kelas 6)Kode 5
KD 3.4 Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret (Kelas 3)
KD 3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal (Kelas 4)Kode 6
KD 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya (Kelas 1)
KD 3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring (Kelas 6)Kode 7
KD 3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian (Kelas 2)
KD 3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari hari (Kelas 4)Kode 8
KD 3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan (Kelas 3)
KD 3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu) (Kelas 5)Kode 9
KD 3.6 Mengenal bangun datar dan bangun ruang dengan menggunakan berbagai benda konkret (Kelas 1)
KD 3.5 Menjelaskan bilangan prima (Kelas 4)Mulai dengan basmalah.
Kerjakan dengan sebaik-baiknya.
Ikuti semua petunjuk soal dengan baik.UAS dapat dikerjakan 1x kesempatan pada rentang waktu pukul 19.30 s/d 21.30 dengan waktu pengerjaan 75 menit.