Weekly outline
General
- Salam sehat semuanyaKuliah Pembelajaran IPA terpadu kelas B mulai hari Kamis pukul 15.30 sampai 17.30Perkuliahan daring melalui V.ClassSepuluh menit sebelum perkuliahan mahasiswa harus isi absensi di v. Class y dan Si akadu
Profil Dosen
Pengampu mata kuliah
Rini Rita T. Marpaung
Dr. Dewi Lengkana, M.Sc.
Mata kuliah ini memiliki capaian (kompetensi) pemahaman bagi mahasiswa tentang konsep integrated science education, model-model pembelajaran Sains terpadu, dan Pengembangan konsep IPA terpadu. Proses pemahaman konsep IPA (Sains) terpadu dilakukan dengan berbagai cara yaitu: diskusi, presentasi, tugas, membuat proyek (project based learning) dan studi kasus (case study). Selanjutnya mahasiswa dilatih untuk membuat dan mengembangkan serta mengimplementasikan pemahamannya. Materi konsep yang dilatihkan untuk dikembangkan dalam perlukiahan ini adalah : melakukan analisis kompetensi pada Kurikulum 2013 yang akan dipadukan, menetapkan model keterpaduan IPA yang sesuai dengan jenjang sekolah, mengembangkan silabus, RPP, bahan ajar serta mengembangkan alat evaluasi IPA terpadu sesuai dengan Kurikulum K13 dan jenjang sekolah. Manfaat mata kuliah mahasiswa dapat mengembangkan silabus, RPP, bahan ajar serta evaluasi K13 berdasarkan jenjang sekolah akan di gunakan sebagai bekal mahasiswa dalam PLP 1 dan PLP2
- Salam sehat semuanyaKuliah Pembelajaran IPA terpadu kelas B mulai hari Kamis pukul 15.30 sampai 17.30Perkuliahan daring melalui V.ClassSepuluh menit sebelum perkuliahan mahasiswa harus isi absensi di v. Class y dan Si akadu
Profil Dosen
Pengampu mata kuliah
Rini Rita T. Marpaung
Dr. Dewi Lengkana, M.Sc.
Mata kuliah ini memiliki capaian (kompetensi) pemahaman bagi mahasiswa tentang konsep integrated science education, model-model pembelajaran Sains terpadu, dan Pengembangan konsep IPA terpadu. Proses pemahaman konsep IPA (Sains) terpadu dilakukan dengan berbagai cara yaitu: diskusi, presentasi, tugas, membuat proyek (project based learning) dan studi kasus (case study). Selanjutnya mahasiswa dilatih untuk membuat dan mengembangkan serta mengimplementasikan pemahamannya. Materi konsep yang dilatihkan untuk dikembangkan dalam perlukiahan ini adalah : melakukan analisis kompetensi pada Kurikulum 2013 yang akan dipadukan, menetapkan model keterpaduan IPA yang sesuai dengan jenjang sekolah, mengembangkan silabus, RPP, bahan ajar serta mengembangkan alat evaluasi IPA terpadu sesuai dengan Kurikulum K13 dan jenjang sekolah. Manfaat mata kuliah mahasiswa dapat mengembangkan silabus, RPP, bahan ajar serta evaluasi K13 berdasarkan jenjang sekolah akan di gunakan sebagai bekal mahasiswa dalam PLP 1 dan PLP2
Pertemuan I
Pertemuan Minggu Pertama (16 Februari 2022)
Tabikpun.....
Salam sehat kita akan memulai perkuliahan
Kontrak kuliah
Semooga kita dalam keadaan sehat
Tujuan mata kulih ini adalah:
1. Melakukan kontrak kuliah
2. Menjelaskan pengertian IPA
3. Menjelaskan karakteristik pembelajaran terpadu
4. Menjelaskan karakteristik pembelajaran IPA terpadu
5. Menjelaskan tujuan IPA terpadu
Motivasi: Manfaat mata kuliah ini sebagai bahan kajian untuk mempersiapkan akan menjadi calon guru
Pahami Kontrak kuliah dibawah ini
Amati video pembelajaran IPA Terpadu, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini
Jelaskanlah keterkaitan video ini dengan PPT
Petunjuk:
1. Jawablah pertanyaan diskusi dengan baik
2. Mahasiswa secara random dipilih untuk menyajikan jawabannya
3. Mahasiswa lainnya dapat menyanggah dan memberikan pendapatnnya
5. Diskusi kelas melalui google meeting
Mari kita diskusi melalui google meeting
Semooga kita dalam keadaan sehat
Tujuan mata kulih ini adalah:
1. Melakukan kontrak kuliah
2. Menjelaskan pengertian IPA
3. Menjelaskan karakteristik pembelajaran terpadu
4. Menjelaskan karakteristik pembelajaran IPA terpadu
5. Menjelaskan tujuan IPA terpadu
Motivasi: Manfaat mata kuliah ini sebagai bahan kajian untuk mempersiapkan akan menjadi calon guru
Pahami Kontrak kuliah dibawah ini
Amati video pembelajaran IPA Terpadu, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini
Jelaskanlah keterkaitan video ini dengan PPT
Petunjuk:
1. Jawablah pertanyaan diskusi dengan baik
2. Mahasiswa secara random dipilih untuk menyajikan jawabannya
3. Mahasiswa lainnya dapat menyanggah dan memberikan pendapatnnya
5. Diskusi kelas melalui google meeting
Mari kita diskusi melalui google meeting
Minggu ke II (23 Februari 2022)
Tujuan Pembelajaran hari Ini
1. Membedakan hakikat IPA
2. Menjelaskan 1 contoh fenomena yang menunjukkan keterkaitan ilmu dalam IPA
3. Menjelaskan karakteristik pembelajaran Terpadu
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran IPA terpadu
5. Menjelaskan kekuatan dan kelemahan pembelajaran IPA Terpadu
6. Menjelaskan cara pembelajaran IPA Terpadu- Pahami materi ini
< Diskusi melalui Link google meeting
https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
- Pahami materi ini
< Diskusi melalui Link google meeting
https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
Pertemuan ke-3 (4 Maret 2022)
Tabikpun
Salam Sehat bagi kita semuanya
Capain pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan karakteristik masing-masing model pembelajaran IPA Terpadu ( Fragmented, Connected dan Nested)
2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing model pembelajaran IPA Terpadu (Fragmented, Connected dan Nested)
3. Menjelaskan satu contoh desain dalam kurikulum dengan menggunakan model kurikulum (Fragmented, Connected dan Nested)
- Letakkan Link Youtube presentasi dengan format No Kel_Link Youtube pengumpulannya paling lambat Hari Rabu (7April 2021) pukul 6 sore
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (ZIP atau Winrar) dengan format nama file: Nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Setelah Mahasiswa memahami link You tube kel 1-3 (Fragmented, Connected dan Nested.
Silahkan joint di google meeting:
https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
Materi fragmented
Materi Conneted
Materi Nested
- Letakkan Link Youtube presentasi dengan format No Kel_Link Youtube pengumpulannya paling lambat Hari Rabu (7April 2021) pukul 6 sore
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (ZIP atau Winrar) dengan format nama file: Nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Setelah Mahasiswa memahami link You tube kel 1-3 (Fragmented, Connected dan Nested.
Silahkan joint di google meeting:
https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
Materi fragmented
Materi Conneted
Materi Nested
Minggu ke IV (10 Maret 2022)
Tabik Pun...
Selamat Pagi mahasiswa-mahasiswi
Hari ini capaian pembelajaran:
1. Menjelaskan karakteristik (sequenced, shared dan webbed)
2. Menjelaskan penerapan ((sequenced, shared dan webbed)
3. Menjelakan keuntungan dan kerugian model pembelajaran terpadu ((sequenced, shared dan webbed)
Silahkan Pahami link youtube materi hari ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (ZIP atau winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Silahkan join link zoom yang dishare wa grup IPA Terpadu
Model Sequenced
Model Shared
Silahkan Pahami link youtube materi hari ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (ZIP atau winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Silahkan join link zoom yang dishare wa grup IPA Terpadu
Model Sequenced
Model Shared
Petemuan ke 5 (17 Maret 2022)
Salam sehat semuanya
Hari in capaian perkuliahan kita adalah:
1. Menjelaskan pengertian model pembelajaran keterpaduan kurikulum (threaded, Integrated, Immersed, dan Networked)
2. Menjelaskan contoh penerapan model pembelajaran keterpaduan kurikulum (threaded, Integrated, Immersed, dan Networked)
3. Menganalisis keuntugan dan kerugian model pembelajaran keterpaduan kurikulum (threaded, Integrated, Immersed, dan Networked)
Sebelum diskusi kita mulai, silahkan pahami materi di link youtube ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuatin dalam satu folder (zip atau winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Silahkan join link zoom yang ada di Wa group untuk diskusi kelas
Model pembelajaran terpadu threaded
Model Pembelajaran Integrated
Model Pembelajaran Immersed
Model pembelajaran Networked
Sebelum diskusi kita mulai, silahkan pahami materi di link youtube ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan PPT (untuk PPT) dibuatin dalam satu folder (zip atau winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugaskelompok_kelas
Silahkan join link zoom yang ada di Wa group untuk diskusi kelas
Model pembelajaran terpadu threaded
Model Pembelajaran Integrated
Model Pembelajaran Immersed
Model pembelajaran Networked
Minggu ke 6 (24 Maret 2022)
Selamat pagi mahasiswa
Capaian pembelajaran hari ini :
1. Menganalis kesesuaian model pembelajaran integral curricula dengan Kompetensi Dasar pada kelas IV SD (8 KD)
2. Menganalis kesesuaian model pembelajaran integral curricula dengan Kompetensi Dasar pada kelas VII SMP (11 KD)
Pahami Materi melalui Youtube ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan ppt (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (zip atau Winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugas kelaompok_kelas
Pahami Materi melalui Youtube ini
Silahkan upload tugas dengan format doc (makalah) dan ppt (untuk PPT) dibuat dalam satu folder (zip atau Winrar) dengan format nama file:nama kelompok_tugas kelaompok_kelas
Minggu ke-7 (31 Maret 2022)
Tabikpun.....
Selamat pagi mahasiswa
Capaian pembelajaran hari ini :
1. Menganalis kesesuaian model pembelajaran integral curricula dengan Kompetensi Dasar pada kelas V SD (9KD)
2. Menganalis kesesuaian model pembelajaran integral curricula dengan Kompetensi Dasar pada kelas VIII SMP (12KD)
- Pahami materi untuk perkuliahan hari ini melalui link youtube ini
Silahkan letakkan tugas Anda
Silahkan diskusi kelas melalui link zoom yang telah dishare di wa grup
- Pahami materi untuk perkuliahan hari ini melalui link youtube ini
Silahkan letakkan tugas Anda
Silahkan diskusi kelas melalui link zoom yang telah dishare di wa grup
Pertemuan ke-8 (7 April 2022)
Capaian pembelajaran hari ini:
mampu menganalisis kompetensi kurikulum pada kelas VI SD dan IX SMP untuk menentukan model keterpaduan dalam IPA
Silahkan tuliskan pertanyaan melalui ruang diskusi, kemudian dipersilahkan kelompok yang presentasi untuk menjawab pertanyaan di forum ini
Silahkan upload tugas makalah dan PPT
Silahkan join melalui link zoom
Silahkan tuliskan pertanyaan melalui ruang diskusi, kemudian dipersilahkan kelompok yang presentasi untuk menjawab pertanyaan di forum ini
Silahkan upload tugas makalah dan PPT
Silahkan join melalui link zoom
Pertemuan ke 9
Ujian Tengah Semester
Petunujuk: Pahami pertanyaan soal kemudian tuliskan jawabannya menggunakan kertas dan pena, kameranya dionkan hanya terlihat tangan dan kertas (Tidak boleh nyari jawaban di google)
Petunujuk: Pahami pertanyaan soal kemudian tuliskan jawabannya menggunakan kertas dan pena, kameranya dionkan hanya terlihat tangan dan kertas (Tidak boleh nyari jawaban di google)
Pertemuan ke 10 (Model keterpaduan dan KD) I
Kegiatan Awal
Selamat Pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
Menganalisis silabus dan RPP (kel 8,9, 10)
Pahami PPT silabus dan RPP dibawah ini
Setelah tuliskan masing-pertanyaan kepada kelompok presenster kemudian dijawab oleh presenter tersebut
!. Model keterpaduan harus tergambar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2. Tujuan dalam pembelajaran harus menggambarkan kompetensi dasar
Pahami PPT silabus dan RPP dibawah ini
Setelah tuliskan masing-pertanyaan kepada kelompok presenster kemudian dijawab oleh presenter tersebut
!. Model keterpaduan harus tergambar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2. Tujuan dalam pembelajaran harus menggambarkan kompetensi dasar
Pertemuan 11 (Model keterpaduan dengan KD) II
Kegiatan Awal
Selamat Pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
Menganalisis KD dengan model keterpaduan
Masing-masing kelompok (kel 5-7) untuk menyajikan hasil kelompoknya
Mahasiswa lainnya menuliskan pertanyaan di kolom kegiatan inti ini
Letakkan produk Model keterpaduan dengan KD
Masing-masing kelompok (kel 5-7) untuk menyajikan hasil kelompoknya
Mahasiswa lainnya menuliskan pertanyaan di kolom kegiatan inti ini
Letakkan produk silabus dan RPP (kel 5sampai 7)
Pertemuan ke-12 (Silabus dan RPP (III))
Kegiatan Awal
Selamat Pagi
Capaian pembelajaran hari ini:
Menganalisis silabus dan RPP (kel 1 sampai 4)
Tugas makalah silahkan upload yach
Tugas makalah silahkan upload yach
12 May - 18 May
Pertemuan ke 14
Kegiatan awal
menganalis silabus dan RPP berbasis model pembelajaran IPA terpadu
silahkan upload y
silahkan upload y
pertemuan ke 15 (model Pembelajaran IPA Terpadu)
Capaian hari ini :
Menganalis KD berdasarkan model pembelajaran IPA terpadu.
Isilah daftar hadirnya sebelum memulai perkuliahan
Silahkan letakkan tugas revisi anda
Isilah daftar hadirnya sebelum memulai perkuliahan
Silahkan letakkan tugas revisi anda
Pertemuan ke 16 (UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2021/2022)
Tabikpun
Selamat pagi semuanya
Hari ini kita akan UAS, silahkan berdoa dulu y kemudian isi presensi serta dilanjutin ngerjaian UASnya
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP TA 2021/2022
Mata Kuliah : PEMBELAJARAN IPA TERPADU
Hari /Tgl : Kamis, 9 Juni 2022
Kode MK : KBO620213
Dosen Pengampu: Rini Rita M. S.Pd. M.Pd
Dr. Dewi Lengkana, M.Sc.
Petunjuk :
1. Mahasiswa dgn nomor urut absen di siakadu 1-10 menganalisis kurkulum SD kelas 3 semester ganjil dan SMP kelas 7 semester ganjil (Kelas A)
2. Mahasiswa nomor absen 11-20 menganalisis kurkulum Sd kelas 3 semester genap dan SMP kls 7 semester genap (Kelas A)
3. Mahasiswa nomor absen 21-29 menganalisis kurikulum SD kelas 4 semester ganjil dan SMP kelas 8 semester genap (kelas A)
4. Mahasiswa dgn nomor urut absen di siakadu 1-10 menganalisis kurkulum SD kelas 4 semester genap dan SMP kelas 8 semester ganjil (Kelas B)
5. Mahasiswa nomor absen 11-20 menganalisis kurkulum Sd kelas 5 semester ganjil dan SMP kls 8 semester genap (Kelas B)
6. Mahasiswa nomor absen 21-33 menganalisis kurikulum SD kelas 6 semester ganjil dan SMP kelas 9 semester ganjil (kelas B)
Pertanyaannya: Analisislah model IPA terpadu mana yg sesuai utk mengajarkan konsep pada KD (sesuai dengan tugas masing). Selanjutnya berikan alasan ilmiah dasar pemilihan tersebut. Untuk setiap konsep bisa lebih dari 1 model IPA.
Jawaban diupload di vclas paling lambat pukul 13.00.
TrimsUAS. Petunjuk : 1. Mhswa dgn nomor absen 1-10 menganalisis kurk SD kld 4 dan 4.
2. Mhswa nomor absen 11-20 menganalisis kurk Sd kelas 6 dan SMP kls 7
3. Mhswa nomor absen 21-30 menganalisis kur. Kls 8 -9.
Pertanyaannya: Analisislah model IPA terpadu mana yg sesuai utk mengajarkan konsep pada KD ( masing2 sesuai dg tugasnya)
Selanjutnya berikan alasan ilmiah dasar pemilihan tersebut.
Untuk setiap konsep bisa lebih dari 1 modrl IPA.
Jawaban diupload di vclas paling lambat pukul 13.00.
Trims