Weekly outline
General

Assalamualaikum mahasiswa. Selamat datang di Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Semoga mata kuliah ini dapat menginspirasi mahasiswa untuk menggunakan, merancang, dan mengimpelmentasikan multimedia pembelajaran biologi yang inovatif dan menarik.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Kode Mata Kuliah : KIE620112
Kelas/Semester : B/6
Jadwal Kuliah : Jumat, 09:30 s.d 11:10
Jadwal Praktikum : Jumat, 07.30 s.d. 09.30
Deskripsi Mata Kuliah:Mata kuliah Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membahas mengenai pembelajaran sinkronus dan asinkronus, blended learning, flipped learning, dan metode pembelajaran berbasis TIK lainnya. Pada mata kuliah ini juga proses belajar meliputi perancangan, modifikasi, dan implementasi platform Learning Management System (LMS), virtual laboratory, digital modul, online assessment menggunakan berbagai tools sehingga dapat melaksanakan pembelajaran biologi yang interaktif, menarik dan menyenangkan, serta dapat memberikan solusi terhadap kendala pembelajaran biologi.
PROFIL DOSEN PENGAMPU

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PETUNJUK BELAJAR:
Metode perkuliahan yang digunakan adalah Flipped Classroom yang meliputi belajar secara mandiri (materi digital mandiri, diskusi online, tes online, perancangan) dan pertemuan conference (penggunaan, implementasi, komunikasi, dan simpulan). Perkuliahan dilengkapi dengan simulasi utilization dan modification media pembelajaran yang meliputi LMS, virtual laboratory, modul digital, online assessment, learning analytic, android aplication, video, dan animasi.
Pertemuan 1 - Pembelajaran Berbasis TIK
Assalamualaikum mahasiswa. Selamat pagi. Semoga hari ini kita semua diberikan kesehatan, semangat, dna fokus dalam melaksanakan pembelajaran pada mata kuliah ini. Pada pertemuan perdana kita akan bertemu langsung melalui google meet. Cek linknya di bawah. Selamat belajar.
Pada pertemuan perdana ini kita akan menyepakati kontrak kuliah yang telah disusun sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan membahas tentang pembelajaran berbasis teknologi. Silakan unduh dan simak RPS dan kontrak kuliah berikut ini.
Adik-adik mahasiswa mari kita join google meet untuk membahas kontrak kuliah dan pengantar pembelajaran berbasis TIK. Klik link google meet berikut ini.
Simak materi pembelajaran TIK berikut ini
Pertemuan 2 - Metode Pembelajaran Berbasis TIK
Simak materi metode pembelajaran berbasis TIK berikut ini
Silakan klik link berikut
unggah PPT dan notulensi
28 February - 6 March
Hari ini kita akan belajar mengenai ruang lingkup Pembelajaran, Pembelajaran TIK, dan Jenis-jenis Pembelajaran TIK (bagian 2)
7 March - 13 March
Assalamu'alaikum adik-adik. semoga selalu sehat dan bersemangat untuk kuliah hari ini..
Capaian kita hari ini adalah
1. mampu menjelaskan jenis pembelajaran TIK.
2. mampu membedakan TIK sebagai media pembelajaran dan sarana prasarana pembelajaran.
3. Praktikum Pembelajaran TIK: mampu mengomunikasikan hasil kerja Mind Mapping definisi Pembelajaran TIK.
- silakan dikumpulkan laporan praktikum 1. Nama file: LP1_nama_kode kelas
14 March - 20 March
Assalamu'alaikum adik-adik, semoga kabar baik dan sehat selalu. Pekan ini kita berdiskusi mengenai model pembelajaran menggunkan TIK.
Capaian pembelajaran:
1. Mahasiswa mampu mencari informasi menggunakan TIK mengenai model pembelajaran menggunakan TIK.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan model pembelajaran menggunakan TIK
3. Mahasiswa terampil membuat mind mapping mengenai model pembelajaran TIK
4. Mahasiswa memahami langkah penggunaan salah satu model pembelajaran menggunakan TIK (Praktikum)
PRAKTIKUM: UNJUK KERJA JENIS/MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TIK
https://meet.google.com/moy-chma-aof
Silakan unggah laporan Praktikum di sini. Batas akhir unggah hari ini.
Ujian Tengah Semester
Ujian dilaksanakan melalui google form pada link berikut ini. Selamat bekerja.
7. Learning Management System (1-7 April 2022)
Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik. Semoga hari ini kita senantiasa sehat dan semangat untuk mengikuti perkuliahan Pembelajaran Berbasis TIK secara daring.
Mahasiswa PSPB yang cerdas dan kreatif, sebelum perkuliahan kalian dapat melaksanakan tes secara langsung yang dapat diakses pada pukul 07.30-08.00 melalui quizizz. Kode akan dibagikan melalui vclass https://quizizz.com/join?gc=153372. Selamat mengerjakan.

Adik-adik mahasiswa yang kreatif dan inovatif, pada hari ini kita akan bertemu tatap muka melalui Google Meet. Mulai minggu depan jika tidak ada kendala teknis maka pembelajaran akan dilaksanakan di Gedung G atau Lab PSPB dengan syarat yang sudah dibagikan melalui WA grup.
Pembagian Kelompok Praktikum Kelas A

Pada hari ini kita akan membahas mengenai Learning Management System (LMS) yang tentu saja sering kalian gunakan. Simak materi mengenai LMS berikut ini. Tujuan pembelajaran kita pada hari ini adalah mahasiswa dapat membandingkan berbagai plaform LMS melalui analisa dan evaluasi LMS yang digunakan dalam pembelajaran biologi. Selain itu, mahasiswa juga dapat menggunakan LMS pada pembelajaran biologi dalam kelompoknya.
- Pada hari ini kita akan melaksanakan praktikum Pembelajaran Berbasis TIK mengenai LMS. Simak panduan praktikum LMS berikut ini dengan mendownload file yang telah disediakan.
Tujuan praktikum: mahasiswa dapat menggunakan LMS pada pembelajaran biologi, menganalisis kelebihan dan kekurangan berbagai platform LMS.
Alat dan Bahan: laptop dan gadget
Prosedur praktikum:- Adik-adik mahasiswa praktikum secara berkelompok.
- Satu kelompok membuat 1 moodle LMS (website e-learning), masukkan rekan sekelompok Anda sebagai teacher pada course.
- Setiap mahasiswa memilih 1 materi biologi tingkat SMP atau SMA.
- Setiap mahasiswa mengisi platform LMS dengan KI, KD, materi, video, dan tugas (fitur Kuis dimasukkan pada Laporan Online Assessment). Jangan lupa untuk capture proses pembuatannya untuk bahan laporan.
- Setiap mahasiswa mengundang teman kelompok lain untuk menjadi siswa.
- Mahasiswa yang menjadi siswa harus memberikan respon pada LMS temannya.
- Mahasiswa secara berkelompok juga membuat Google Classroom seperti pada Moodle karena 2 platform LMS ini yang sering digunakan sekolah dan universitas.
- Secara berkelompok mahasiswa mendiskusikan kelebihan dan kekurangan masing-masing Moodle dan Google Classroom kemudian menuliskannya dalam tabel perbandingan.
- Buatlah laporan individu praktikum LMS 2-4 halaman doc/pdf yang meliputi: identitas, pendahuluan, prosedur, hasil pengamatan dan pembahasan, daftar pustaka. Format: judul bold, spasi 1, font calibri, ukuran font 10, dan margin 3-3-3-3. Laporan tidak boleh copy paste teman dan dilarang plagiasi. Laporan dikumpulkan maksimal tanggal 14 April 2022.
Simak panduan LMS Moodle berikut ini.
Simak panduan google classroom berikut ini.
8. LMS Moodle - User & Activity (8-14 April 2022)
Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik mahasiswa PSPB 2021 yang cerdas dan bersemangat. Pada nuansa Ramadhan ini kita harus tetap semangat kuliah walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa bagi yang muslim. Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pemanfaatan LMS Moodle dengan membuat kuis pada course, membuat kelas pada Google Classroom, membuat icebreaking menggunakan quizizz dan kahoot.
Adik-adik mahasiswa yang tidak dapat hadir pada perkuliahan di Gedung G, dapat mengikuti perkuliahan melalui Google Meet.
Pada penyusunan laporan bagian pendahuluan kalian harus mencantumkan data terkait LMS, online assessment, sumber belajar digital, atau bahan presentasi yang digunakan di sekolah. Untuk itu, kalian memerlukan angket untuk memperoleh data. Penggunaan google form sudah disimulasikan dan kalian bisa melengkapinya sesuai kebutuhan atau untuk mengetahui permasalahan yang ada di sekolah atau pada guru dan siswa yang mengisi angket.
Prosedur kerja:
- Adik-adik mahasiswa menghimpun data secara berkelompok.
- Kalian dapat menentukan subjek yang sesuai untuk diberikan angket, misalnya guru atau siswa di SMP atau SMA yang sudah kalian kenal.
- Tentukan dengan tim kalian tingkat pendidikan yang akan disurvey, gunakan jaringan pertemanan kalian dalam mengumpulkan data.
- Angket dikumpulkan menggunakan google form dan link dipersingkat menggunakan bit.ly yang meliputi penggunaan LMS, sumber belajar digital, presentasi menarik dan interaktif, dan online assessment. Penggunaan data sesuai judul laporan.
- Setiap kelompok memberikan link angket pada minimal 10 orang.
- Data dianalisa dalam bentuk tabel/diagram persentase atau daftar jawaban.
- Data angket digunakan untuk menyusun kalimat pendahuluan dan bisa ditambahkan referensi dari artikel penelitian atau berita.
9. Online Assessment (15-21 April 2022)
Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik mahasiswa PSPB 2021 yang cerdas dan bersemangat. Pada nuansa Ramadhan ini kita harus tetap semangat kuliah walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa bagi yang muslim. Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pemanfaatan LMS tetapi menggunakan Platform Google Classroom, kita akan praktek membuat kelas secara berkelompok, insert user teacher, invite students, membuat kuis, dan lainnya. Selain itu, kita juga akan belajar untuk membuat ice breaking/games/kuis menggunakan platform lain seperti kahoot, quizizz, dan mentimeter.
Jangan lupa untuk mengisi daftar hadir terlebih dulu sebelum memulai perkuliahan.
- Adik-adik mahasiswa. Simak panduan membuat latihan melalui quizizz berikut ini.
Adik-adik mahasiswa bagi yang tidak dapat menghadiri perkuliahan secara offline di gedung G, dapat menghadiri perkuliahan melalui GMeet.
Pada hari ini kita akan melaksanakan praktikum Pembelajaran Berbasis TIK mengenai online assessment. Simak panduan praktikum online assessment.
Tujuan praktikum: mahasiswa dapat membuat online assessment biologi, menganalisis kelebihan dan kekurangan berbagai platform online assessment.
Alat dan Bahan: laptop, gadget, internet access
Prosedur praktikum:- Adik-adik mahasiswa praktikum secara berkelompok.
- Pada kelompok kalian, setiap mahasiswa memilih 1 platform online assessment yang berbeda (boleh sama) yang nantinya akan disematkan pada LMS (Moodle/Google Classroom). Jangan lupa untuk dicapture.
- Setiap mahasiswa memilih 1 materi biologi tingkat SMP atau SMA (sebaiknya sesuai dengan pilihan materi pada LMS).
- Setiap mahasiswa membuat 5 soal C1-C3 dan 5 soal berbasis HOTS (C4-C5 biasanya memuat grafik/tabel/bagan proses).
- Setiap mahasiswa mengundang teman sekelompok atau kelompok lain untuk menjadi mengerjakan kuis.
- Secara berkelompok mahasiswa mendiskusikan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform kemudian menuliskannya dalam tabel perbandingan.
- Buatlah laporan individu praktikum 2-4 halaman pdf yang meliputi: identitas, pendahuluan, prosedur (hanya 1 platform), hasil pengamatan dan pembahasan, daftar pustaka. Format: judul bold, spasi 1, font calibri, ukuran font 10, dan margin 3-3-3-3. Laporan tidak boleh copy paste teman dan dilarang plagiasi.
- Pada pendahuluan laporan, cantumkan data angket mengenai online assessment dan pentingnya menggunakan online assessment dalam pembelajaran.
- Jangan lupa melengkapi laporan dengan kutipan yang bersumber dari artikel hasil penelitian dan mencantumkan sumbernya di daftar pustaka.
10. Presentasi Menarik dan Interaktif (22-28 April 2022)
Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik mahasiswa PSPB 2021 yang saya banggakan. Semoga kita senantiasa selalu sehat dan bersemangat. Pada hari ini kita akan membahas materi mengenai presentasi yang menarik dan interaktif. Jangan lupa untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
Adik-adik mahasiswa, tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini adalah mahasiswa dapat memahami kriteria presentasi yang menarik, terampil dalam membuat slide presentasi interaktif, dapat memilih dan mengaplikasikan media digital pada presentasi. Bagi adik-adik yang tidak dapat hadir secara offline di Gedung G maka bisa mengikuti perkuliahan melalui Google Meet.
Tugas proyek adalah tanggung jawab kelompok. Prosedur kerjanya:
- Setiap kelompok sebelumnya sudah mengumpulkan data terkait media pembelajaran, hal ini untuk melengkapi pendahuluan sebagai latar belakang dibuatnya proyek.
- Kelompok kalian harus memilih KD SMA (diharuskan berbeda dari kelompok lainnya), KD lebih dari 1 boleh yang saling terkait atau media yang dibuat untuk 1 materi, misalnya 4.1 dan 4.2 mengenai sel.
- Kelompok membuat slide presentasi dan boleh menggunakan berbagai platform sesuai kebutuhan (PPT, canva, slidesgo, prezi, slidebean, libre, dll).
- Slide presentasi harus dilengkapi dengan teks, gambar berkualitas, sumber kutipan/gambar, tabel, grafik, link, equation, button, naration, class point, sumber riset, dan tambahan lainnya.
- Capture proses pembuatan untuk melengkapi metode
- Capture beberapa slide presentasi terbaik untuk dimasukkan ke dalam pembahasan laporan.
- Tunjukkan slide presentasi yang Anda buat kepada guru/siswa kenalan Anda dan catat respomnya dari komponen kemenarikan, interaktif, proporsional, kesesuaian materi, dan informasi terkini.
- Pada pembahasan tuliskan kelebihan dan kekurangan platform yang digunakan.
- Tuliskan laporan dalam 5-15 halaman menggunakan format cover, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka.
- Waktu pengumpulan maksimal 30 Mei 2022.
Simak materi pembuatan slide presentasi yang menarik dan interaktif berikut ini.
11. Media Pembelajaran Biologi (29 April - 5 Mei 2022)
Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik mahasiswa PSPB 2021 yang cerdas dan inovatif. Semoga kita senantiasa selalu senang dan sehat. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Pada hari ini kita tidak ada perkuliahan dan saya hanya akan menyampaikan tutorial dalam bentuk pdf untuk melengkapi proyek slide presentasi yang akan kalian kumpulkan pada bulan Mei 2022. Jangan lupa untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu sebelum mengakses materi.
12. Screen Recording (6-12 Mei 2022)
9 May - 15 May
16 May - 22 May
23 May - 29 May
30 May - 5 June