Weekly outline
MKU - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (UNI616106)
SALAM PEMBUKA
Assalamualaikum wr wb
Selamat Datang di MKU Pendidikan Bahasa Indonesia.
Tabik Puun..
Selamat datang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat datang di Modul Digital/Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Bahasa Indonesia. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana. Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Indonesia ini memiliki beban sebesar 2 SKS.
Penting untuk membuka wawasan para mahasiswa semua.
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara membawa konsekuensi bahwa bahasa Indonesia harus mampu mengemban tujuan nasional bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kehidupan bangsa yang cerdas, setiap warga negara, apalagi mereka yang telah terdidik, tidak hanya harus mampu memahami berbagai informasi, tetapi juga mampu menjelaskan, menerapkan, mengevaluasi, dan bahkan mampu mencipta ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni (ipteks), baik sebagai bentuk implementasi maupun inovasi. Untuk itu, diperlukan kemahiran mewujudkan teks sebagai bentuk terlengkap komunikasi berbahasa. Penyelenggaraan mata kuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi bertujuan menciptakan sivitas akademik yang cerdas berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.
lmplementasi pembelajaran bahasa Indonesia secara khusus bertujuan untuk menciptakan sivitas akademik yang terampil memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam pembelajaran bahasa berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang berfungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial budaya akademik. Oleh karena itu, teks dipandang sebagai satuan bahasa yang bermakna secara kontekstual, dan materi ajar bahasa Indonesia disajikan dengan prinsip pembelajaran berbasis teks.
Dengan kata lain, melalui pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKWU, diharapkan akan terwujud sivitas akademik yang mampu memicu dan memacu pengembangan fungsi bahasa Indonesia sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan di dunia global. Visi itu dicapai dengan cara (1) meningkatkan literasi berbahasa Indonesia di kalangan sivitas akademik, (2) meningkatkan akses dan relevansi pendidikan tinggi berbasis bahasa Indonesia, (3) meningkatkan kemampuan sivitas akademik untuk mencari dan menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni melalui bahasa Indonesia, dan (4) meningkatkan kesadaran sivitas akademik akan peran pentingnya sebagai agen transformasi pola berpikir saintifik melalui penggunaan bahasa Indonesia. Sivitas akademik menjadi penting karena kehidupan kampus secara umum harus menjadi cermin perilaku berbahasa Indonesia yang baik sebagai dampak pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Berhasil atau tidaknya pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKWU dilihat dari seberapa kuat dampak pembelajaran itu untuk tidak saja mengubah perilaku berbahasa para mahasiswa, tetapi juga mengubah perilaku orang-orang yang ada di dalam kampus. Pada saatnya nanti, perilaku sivitas akademik ini pulalah yang akan memberi pengaruh positif kepada perilaku berbahasa anggota masyarakat.
ltulah sebabnya, pembelajaran bahasa Indonesia tidak bertujuan sekadar mengantarkan mahasiswa untuk mencapai nilai tertinggi, tetapi juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk:- menumbuhkan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengapresiasi nilai- nilai bahasa Indonesia sebagai simbol kedaulatan bangsa dan negara;
- memberikan pemahaman dan penghayatan atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan bahasa ipteks;
- menyiapkan sivitas akademik agar mampu menganalisis permasalahan dan mencari solusi terhadap persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui pembuatan dan penggunaan teks.
- mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara akademik baik dalam bentuk bahasa Indonesia lisan maupun tulis demi pengembangan ipteks dalam tatanan dunia global.
Para mahasiswa sekalian, ada pepatah lama mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Oleh karena itu, izinkan kami menyapa Anda melalui video yang telah kami buat. Silahkan simak serta catat hal-hal penting yang ada di dalam video. Video ini kami buat untuk mengantarkan Anda pada pemahaman awal dalam mempersiapkan diri mengarungi perkuliahan virtual kita.
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd. (Dosen Penanggung Jawab)
Rahmat Prayogi, S.Pd., M.Pd. (Dosen Tim 1)Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia adalah mata kuliah wahib yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Universitas Lampung dan berbobot 2 (2-0) SKS. Pembelajaran pada mata kuliah ini bertujuan untuk (i) menumbuhkan sikap mental peserta didik yang mampu mengapresiasi nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai simbol kedaulatan bangsa dan negara, (ii) memberikan pemahaman dan penghayatan atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa dan bahasa ilmu pengetahuan teknologi, (iii) menyiapkan peserta didik agar mampu menganalisis permasalahan dan mencari solusi terhadap persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui pembuatan dan penggunaan teks, (iv) berkomunikasi secara akademik baik dalam bentuk bahasa lisan maupun tulis demi pengengembangan iptek. Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia ini membahas tentang : hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik, menjelajah dan mngelola dunia pustaka, mendesain proposal penelitian dan kegiatan, melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan, mengaktualisasikan diri dalam artikel ilmiah.
PETA KOMPETENSI
PENJELASAN LEVEL BLOOM
Mata kuliah Bahasa Indonesia didesain sedemikian rupa sehingga dapat menjadikan bahasa Indonesia sebagai wahana untuk ekspresi diri dan akademik. Desain itu dapat digambarkan ke dalam poin-poin sebagai berikut.
- Kompetensi Inti (Kl) merupakan kompetensi generik yang isinya merujuk pada esensi Tujuan Pendidikan Nasional seperti yang tercantum dalam Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tujuan Pendidikan Tinggi yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, KKNI (Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013), dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang tercantum dalam Permendikbud tentang Standar Nasional Sistem Pendidikan Tinggi. Kompetensi Inti mencakupi unsur nilai spiritual, nilai sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Keempat unsur itu berfungsi sebagai organisator semua MKWU, baik Pendidikan Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, maupun Bahasa Indonesia.
- Kompetensi Dasar (KO) merupakan kemampuan spesifik yang isinya mendeskripsikan kemampuan yang berkaitan dengan substansi mata kuliah, yang dalam hal ini mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai salah satu elemen Mata Kuliah Wajib Umum. Dalam konteks Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Kompetensi Dasar sepadan dengan konsep dan posisi capaian pembelajaran.
- Kompetensi Inti 1 dan 2 (Kl 1 dan Kl 2) dikembangkan secara koheren dan harmonis sebagai dampak pengiring (nurturant effects). Kl 1 dan Kl 2 secara filosofis berfungsi sebagai dasar aksiologis mata kuliah.
- Kompetensi Inti 3 dan 4 (Kl 3 dan Kl 4) dikembangkan secara konsisten dan interaktif sebagai dampak instruksional. Kl 3 dan Kl 4 secara filosofis berfungsi sebagai dasar ontologis dan epistemologis mata kuliah.
- Kompetensi Inti 1, 2, 3, dan 4 secara bersama-sama merupakan entitas capaian pembelajaran dalam konteks utuh proses psikologis pedagogis/andragogis sebagai suatu proses pencapaian/perwujudan tujuan pendidikan nasional.
- Dalam konteks materi kuliah Bahasa Indonesia, Kompetensi Dasar dijabarkan secara utuh, koheren, dan konsisten berdasarkan pada kerangka Kompetensi Inti 1,2, 3, dan 4 yang kemudian dikembangkan dalam materi kuliah.
- Kompetensi Dasar 1.1 sampai dengan 1.3 berfungsi untuk membangun sikap spiritual sivitas akademik terhadap keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Masa Esa.
- Kompetensi Dasar 2.1 sampai dengan 2.4 berfungsi untuk membangun sikap sosial dengan cara menunjukkan perilaku jujur, responsif, santun, tanggung jawab, peduli, disiplin, dan toleran atas keberagaman dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan teks akademik.
- Kompetensi Dasar 3.1 sampai dengan 3.4 bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan berbahasa Indonesia kepada sivitas akademik agar mereka mampu memahami struktur dan kaidah, membandingkan satu teks dengan teks lainnya, menganalisis, dan mengevaluasi teks-teks akademik.
- Kompetensi Dasar 4.1 sampai dengan 4.7 bertujuan untuk memberikan peningkatan keterampilan berpikir kritis untuk berbahasa Indonesia sesuai dengan norma bagi sivitas akademik agar mampu mengabstraksi, mengonsepkan, mengadaptasi, memproduksi, menyunting, mengombinasikan, dan mengaktualisasikan teks-teks akademik. Kompetensi berbahasa Indonesia seperti itu diperoleh melalui penerapan pendekatan saintifik.
RENCANA BABAK, PELAKSANAAN, DAN ASESMEN
Secara lebih rinci bisa Anda lihat di dalam RPS dan SAP berikut ini:
Para mahasiswa sekalian, berikut ini merupakan e-book yang saya sediakan agar pembelajaran kita berjalan sebagaimana mestinya. E-book ini disediakan guna mendukung kompetensi yang akan kita capai pada setiap bagian.
KEGIATAN BELAJAR 1 - Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia - (23 AGUSTUS 2021)
SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik Puun..
Saudara, mengawali mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Modul ini akan membahas hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa. Modul ini akan membekali Anda dengan wawasan dasar tentang konsep bahasa, belajar dan pembelajaran bahasa, serta hubungan antar ketiganya.GAMBARAN UMUM MATERI
Apa manfaat kajian tersebut bagi Anda sebagai seorang mahasiswa?
Sulit dibayangkan Anda dapat mengajar/berpraktik/menggunakan bahasa Indonesia dengan baik kalau Anda tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang hakikat materi yang diajarkan, karakteristik belajar dan pembelajaran bahasa yang memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan mata pelajaran lain, serta hubungan antara bahasa, belajar bahasa, dan pembelajaran bahasa.CAPAIAN PEMBELAJARAN
Untuk mencapai tujuan tersebut, sajian pengalaman belajar dalam modul ini akan dikemas dalam dua bagian.
Kegiatan Belajar 1:
Akan mengajak Anda untuk mengkaji konsep, fungsi, dan ragam bahasa.
Kegiatan Belajar 2:
Akan mengajak Anda untuk mengkaji konsep dan karakteristik belajar dan pembelajaran bahasa, serta hubungan antara konsep bahasa, belajar bahasa dan pembelajaran bahasa.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan konsep bahasa;
2. memaparkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi;
3. melakukan klasifikasi ragam bahasa Indonesia;
4. menguraikan konsep belajar bahasa;
5. menjelaskan karakteristik pembelajaran bahasa; serta
6. menyimpulkan hubungan antara hakikat bahasa, belajar bahasa, dan pembelajaran bahasa.Lalu, bagaimana caranya agar Anda dapat menguasai tujuan modul ini dengan baik?
Perhatikan saran-saran berikut.
1. Bacalah dengan cermat uraian-uraian penting yang terdapat dalam modul ini. Akan sangat baik apabila Anda mencatat dan meringkas hal-hal penting dari modul ini.
2. Kaitkan apa yang dipelajari dalam modul ini dengan pengalaman Anda dalam mengajar/praktik/menggunakan bahasa Indonesia.
3. Kerjakan dengan sungguh-sungguh tugas dan latihan yang diperintahkan.
4. Untuk menilai penguasaan Anda atas substansi setiap kegiatan belajar, kerjakanlah tes formatif dengan baik. Kemudian, nilai sendiri tingkat pencapaian Anda dengan membandingkan jawaban yang telah Anda buat dengan kunci tes formatif yang terdapat pada akhir modul.
5. Akan sangat baik apabila Anda mendiskusikan apa yang telah dipelajari, termasuk hal-hal yang dianggap masih sulit, dengan teman-teman Anda.Selamat belajar, semoga anda berhasil!
Para mahasiswa sekalian, silahkan kalian pahami hal-hal berikut ini;
- Silahkan kalian pahami MATERI 1. Politik Bahasa
- Silahkan kalian simak secara baik MATERI 2. Video sejarah bahasa Indonesia.
- Silahkan kalian pahami MATERI 3. Sejarah, Fungsi, dan Kedudukan bahasa Indonesia.
Setelah semua kalian pahami, silahakan kalian baca kembali materi tersebut pada bagian rangkuman. Selanjutnya, silahkan kerjakan latihan yang ada.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik puun...Rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia, pada pertemuan awal ini Anda akan diajak membahas tentang pondasi awal kebahasaan kita yaitu tentang politik bahasa. Di materi ini Anda akan disuguhkan tentang informasi awal tentang kapan awal mula konsep Bahasa Indonesia muncul, peran Sumpah Pemuda dalam membangkitkan semangat ke-Indonesia-an para pemuda, hingga kebijakan politik yang menyertai eksistensi bahasa Indonesia hingga saat ini ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Silakan Anda nikmati suguhan materi yang ada di bawah. Di bagian akhir ada forum diskusi yang dapat Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Silahkan kalian simak video berikut ini. Perhatikan dan pahami dengan baik terkait sejarang bahasa Indonesia.
Silahkan kalian baca PPT berikut ini. Pahami, agar menambah pengetahuan Anda.
Di Indonesia tumbuh dan berkembang bahasa yang beragam-ragam. Sebagian besar orang Indonesia menguasai atau menggunakan beberapa bahasa sekaligus. Selain menguasai bahasa Indonesia dan bahasa daerah, tidak sedikit orang-orang Indonesia yang juga menguasai bahasa asing. Dalam kondisi penggunaan bahasa seperti itu, perlu diatur agar tidak menimbulkan dampak yang tidak baik. Setiap bahasa yang ada di Indonesia perlu diletakkan dalam kedudukan tertentu dan setiap bahasa yang dalam kedudukan itu mempunyai fungsi tertentu pula.
Bahasa-bahasa di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga, yaitu bahasa persatuan dan bahasa negara, bahasa daerah, serta bahasa asing. Yang termasuk bahasa persatuan dan bahasa negara adalah bahasa Indonesia. Seperti yang telah Anda pelajari pada bagian terdahulu, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan melalui Sumpah Pemuda tahun 1928 dan kemudian dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tahun 1945. Bahasa-bahasa yang digunakan oleh suku-suku bangsa di Indonesia dikelompokkan sebagai bahasa daerah, sedangkan bahasa-bahasa yang berasal dari negara lain yang digunakan di Indonesia dikelompokkan sebagai bahasa asing.
Para mahasiswa yang saya banggakan. Apabila ada sesuatu yang belum jelas dari pertemuan virtual kita hari ini. Silahkan bisa manfaatkan forum diskusi ini untuk saling bertanya dan menanggapi terkait materi yang telah saya sampaikan pada virtual meeting tadi.
Para mahasiswa sekalian, pada bagian penutup Anda diminta melengkapi kegiatan hari ini dengan mengerjakan Tugas 1 dan Tugas 2.
Kemudian, Anda juga diminta memberikan umpan balik dalam forum diskusi yang telah saya sediakan.
Selamat bekerja, semoga berhasil dan sukses.
KEGIATAN BELAJAR 2 - HAKIKAT BAHASA - (30 AGUSTUS 2021)
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Siang, Sore.
Tabik Puun..
Para mahasiswa yang saya banggakan. Tak ada yang memungkiri bahwa bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat berbuat apa-apa atau malahan kalau bahasa itu tidak ada, manusia pun tidak ada. Jadi, bahasa ada karena manusia ada. Pertanyaannya:
Apakah bahasa itu?
Apakah karakteristik bahasa manusia?
Apakah fungsi bahasa?
Dalam penggunaannya, apakah suatu bahasa hanya memiliki satu bentuk atau satu wujud?
Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan kita bicarakan pada uraian Kegiatan Belajar 2 ini. Setelah mempelajari kegiatan belajar ini Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan hakikat bahasa manusia;
2. memaparkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi; serta
3. menguraikan macam-macam ragam bahasa Indonesia.Sebagai pemantik semangat kalian memahami modul ini, mari kita pahami bersama bahwa kata bahasa kerap digunakan dalam berbagai konteks dengan bermacam makna. Kita sering mendengar ungkapan bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa cinta, bahasa prokem, bahasa bunga, bahasa lisan, bahasa militer, serta berbagai ungkapan lain yang disandingkan dengan kata bahasa. Menurut Anda apakah yang dimaksud dengan bahasa? Silakan rumuskan!
Jawaban Anda dan teman-teman Anda mungkin sangat bervariasi. Mari kita cermati beberapa pengertian bahasa yang telah dirumuskan beberapa ahli.
- Bahasa adalah sebuah simbol bunyi yang arbiter yang digunakan untuk komunikasi manusia (Wardhaugh, 1972).
- Bahasa adalah sebuah alat untuk mengomunikasikan gagasan atau perasaan secara sistematis melalui penggunaan tanda, suara, gerak atau tanda-tanda yang disepakati, yang memiliki makna yang dipahami (Webster’s New Collegiate Dictionary, 1981).
- Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter, yang dipergunakan oleh para anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri (Kentjono, Ed., 1984:2).
-
Bahasa adalah salah satu dari sejumlah sistem makna yang secara bersama-sama membentuk budaya manusia (Halliday dan Hasan, 1991).
Rumusan definisi bahasa di atas mencerminkan minat dan sudut pandang penyusunnya. Ada yang menekankan pada sistem, alat, dan juga pada komunikasi. Namun, apa pun rumusan yang telah dibuat, pada dasarnya konsep bahasa memiliki 14 karakteristik, semua akan di bahas pada meteri bagian 2 ini.
Bagaimana sudah siap? Baik, mari kita memulai kajian kita tentang konsep bahasa.
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Siang, Malam.
Tabik Puun..
Para mahasiswa sekalian, bagaimana kabar kalian? Semoga semua senantiasa sehat dan dalam kondisi siap belajar.
Pada bagian ini kalian diminta untuk memahami materi yang telas disiapkan. Materi tersebut mencakup;
1. Pengertian, Hakikat, dan Fungsi Bahasa
2. Video Ragam Bahasa
3. PPT Ragam Bahasa
4. Ragam Bahasa
Selanjutnya, kalian diminta memahami materi Rangkuman serta berdiskusi dalam forum diskusi yang telas disediakan. Tak lupa juga, silahkan kerjakan latihan yang ada pada bagian ini.
Selamat bekerja, semoga semua berjalan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan.Assalamualaikum wr wb.
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik pun..Rekan-rekan mahasiswa. Pada pertemuan kali ini akan disajikan pembahasan tentang (i) pengertian bahasa; (ii) hakikat bahasa; (iii) fungsi bahasa; dan (iv) ragam bahasa.
Pada pertemuan ini, saya telah menyuguhkan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Saya berharap, usai mengikuti materi ini mahasiswa dapat memiliki rasa bangga dan tanggung jawab yang tinggi terhadap penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta mampu menuangkan ide, gagasan, dan pikirannya secara lisan dan tertulis dengan menggunakan unsur-unsur kebahasaan dan aturan yang benar dengan terampil, teliti, dan cermat.
Selamat belajar.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Video berikut merupakan sedikit contoh tentang penerapan ragam bahasa Indonesia yang ada di masyarakat. Silakan Anda simak dan pahami paparan tersebut beserta teori yang telah disediakan.
Silahkan baca materi-materi berikut ini sebagai penambah ilmu pengetahuan Anda.
Berikut ini merupakan peta konsep terkait ragam bahasa. Silahkan kalian pahami agar memudahkan kalian dalam membagi ragam bahasa dengan mudah.
Bahasa adalah sistem lambang yang bermakna, arbiter, konvensional, dan produktif yang dipergunakan oleh setiap individu dan anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri. Secara umum, bahasa memiliki fungsi personal dan sosial. Secara khusus, bahasa memiliki fungsi instrumental, personal, regulator, heuristik, imajinatif, interaksional, dan informatif.
Dalam penggunaannya, bahasa memiliki wujud yang bervariasi. Variasi atau ragam bahasa dapat dikelompokkan berdasarkan pemakai dan pemakaiannya. Berdasarkan pemakainya, ragam bahasa dapat dilihat dari segi (a) asal daerah penutur, yang melahirkan dialek geografis, (b) kelompok sosial, yang melahirkan dialek atau ragam sosial dengan segala variannya, dan (c) sikap berbahasa, yang melahirkan ragam resmi dan tak resmi atau keseharian. Bertolak dari pemakaiannya, ragam bahasa dapat dilihat dari sudut (a) bidang perbincangan, yang melahirkan ragam ilmiah, ragam sastra, ragam jurnalistik, dan ragam- ragam lainnya, (b) media berbahasa, yang memunculkan ragam lisan dan tulis, serta (c) situasi berbahasa, yang memunculkan ragam baku dan tak baku.
Para mahasiswa sekalian, pada bagian penutup Anda diminta melengkapi kegiatan hari ini dengan mengerjakan Tugas 1.
Kemudian, Anda juga diminta memberikan umpan balik dalam forum chat yang telah saya sediakan.
Selamat bekerja, semoga berhasil dan sukses.
KEGIATAN BELAJAR 3 - KAIDAH PENGGUNAAN DIKSI - (06 SEPTEMBER 2021)
SAPAAN MAHASISWA
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah umum pendidikan bahasa Indonesia. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa kaidah diksi. Termasuk di dalamnya ialah penggunaan tanda baca. Penggunaanhuruf kapital, huruf kecil, dan huruf miring sesuai dengan kaidah-kaidah pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
GAMBARAN UMUM MATERI
Sebagai pemantik Anda belajar dan berdiskusi saya akan sampaiakn beberap point penting dalam materi bagian ini.Dalam kehidupan kita kegiatan tulis-menulis sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Para siswa harus menulis tugas dari gurunya. Para guru harus menulis rencana pembelajarannya. Begitu pula para mahasiswa dan dosen. Para pekerja di kantor harus menulis surat atau laporan kegiatan. Para wartawan dan insan media massa harus menulis berita yang akan yang akan dimuat di medianya. Pendek kata, hampir semua aktivitas manusia tidak dapat dilepaskan dari kegiatan tulis-menulis.
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan tulis-menulis tersebut. Salah satunya adalah penggunaan bahasanya. Penggunaan bahasa itu meliputi penggunaan ejaan, pemilihan kata, penyusunan kalimat, dan pembuatan paragraf. Semua unsur itu mempunyai kedudukan yang sama. Kita harus menaruh perhatian yang sama ketika menulis. Dalam praktiknya banyak orang yang kurang memperhatikan kaidah ejaan menulis. Akibatnya, banyak sekali kesalahan penggunaan ejaan.
RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA
Penggunaan bahasa Indonesia saat ini dalarn kondisi yang memprihatinkan. Kita rnenyaksikan di ruang-ruang publik bahasa Indonesia nyaris tergeser oleh bahasa asing. Ruang publik yang seharusnya rnerupakan ruang yang rnenunjukkan identitas keindonesiaan rnelalui penggunaan bahasa Indonesia ternyata sudah banyak disesaki oleh bahasa asing. Berbagai papan narna, baik papan narna pertokoan, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, hotel, perurnahan, periklanan, rnaupun kain rentang harnpir sebagian besar tertulis dalarn bahasa asing.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mutu penggunaan bahasa Indonesia dalarn berbagai ranah, baik ranah kedinasan, pendidikan, jumalistik, ekonorni, maupun perdagangan, juga belurn rnernbanggakan. Di dalarn berbagai ranah tersebut, carnpur aduk penggunaan bahasa rnasih terjadi. Berbagai kaidah yang telah berhasil dibakukan dalarn pengernbangan bahasa juga belum sepenuhnya diindahkan oleh para pengguna bahasa.Untuk mewujudkan itu, telah disediakan berbagai bahan rujukan kebahasaan dan kesastraan, seperti (1) pedoman ejaan, (2) tata bahasa baku, (3) pedoman istilah, (4) glosarium, (5) kamus besar bahasa Indonesia, dan (6) berbagai kamus bidang ilmu. Selain itu, juga telah dilakukan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan, seperti pembakuan kosakata dan istiah, penyusunan berbagai pedoman kebahasaan, dan pemasyarakatan bahasa Indonesia kepada berbagai lapisan masyarakat.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih. Tetap semangat dan terus fokus di perkuliahan ini.
Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum Wr. Wb.Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam.
Tabik Puun..Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah umum pendidikan bahasa Indonesia. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa kaidah diksi. Termasuk di dalamnya ialah penggunaan tanda baca. Penggunaanhuruf kapital, huruf kecil, dan huruf miring sesuai dengan kaidah-kaidah pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Pada bagian ini akan dibahas;
1. Materi tentang ejaan
2. Materi tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
3. Ejaan Bahasa Indonesia
4. Penggunaan huruf kapitalPara mahasiswa sekalian, pada akhir sesi materi akan ada latihan dan rangkuman. Menu latihan silahkan dikerjakan sesuai petunjuk yang telah ada. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan Anda, silahkan Anda pahami ranguman materi yang telah disediakan.
Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wbMateri ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi yang berisikan tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yaitu kaidah penggunaan huruf kapital, huruf kecil, dan huruf miring.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalairnat, dan sebagainya) dalarn tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca (KBBI, 2008:353). Penjelasan itu rnengandung pengertian bahwa ejaan hanya terkait dengan tata tulis yang rneliputi pernakaian huruf, penulisan kata, termasuk penulisan kata atau istilah serapan, dan pernakaian tanda baca. Dalarn ejaan tidak terdapat kaidah pernilihan kata atau penyusunan kalirnat.
Pada kenyataannya banyak orang yang salah dalarn memahami ejaan, dalam hubungan ini Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan atau yang sering disingkat rnenjadi EYD. Jika orang ditanya apakah Anda tahu arti slogan yang berbunyi, "Mari kita gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar," kebanyakan jawaban yang terlontar adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Jawaban itu tidak tepat karena EYD hanya sebagian kecil dari kaidah bahasa Indonesia. Dalarn slogan di atas terdapat dua hal penting, yaitu (1) bahasa Indonesia yang baik dan (2) bahasa Indonesia yang benar. Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang penggunaannya sesuai dengan situasi komunikasi, sedangkan bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang penggunaannya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia itu rneliputi tata bunyi, tata bentuk kata, tata kalirnat, dan tata tulis. Tata tulis itulah yang disebut ejaan.
PERTEMUAN 4. KAIDAH PENGGUNAAN HURUF KAPITAL, ITALIC, DAN TEBAL - (13 SEPTEMBER 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-4, fokus materi kita, yaitu:
1. Penulisan Huruf Kapital
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan, pada vclass ini telah saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
2. Penulisan Huruf Bercetak Miring (Italic)
3. Penulisan Huruf Bercetak Tebal
MATERI 1. Makalah Kelompok 1.
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 1
MATERI 3. Video Tambahan (Penggunaan Huruf Kapital)
Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling betanya jawab terkait materi kelompok.
Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi dan mengerjakan tugas hari ini.
Tugas yang tertera pada bagian penutup adalah tugas individu untuk kalian semua. Perhatikan keterangan tugas tersebut. Perhatikan juga batas pengumpulannya, yaitu HARI MINGGU (16 SEPTEMBER 2021) pukul 23.59 WIB.
Selanjutnya, pada bagian penutup juga telah kami lampirkan materi tambahan sebagai bahan refleksi kalian pasca diskusi.
Demikian para siswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 1 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 1 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.Tugas 1 ini menuntut Anda (individu) untuk membuat 15 soal pilihan jamak berdasarkan materi kelompok 1.
Pilihan jawaban dari A s.d. E.
Semua soal wajib disertai jawaban benar dengan mencetak tebal pada jawaban tersebut.
Tugas ini diketik di MS.WORD dan dikumpul dalam bentuk MS.WORD bukan PDF.
Paling lambat tugas ini saya tunggu pada tanggal 19 September 2021, pukul 23.59 wib.
PERTEMUAN 5. Kata Berimbuhan, Kata Ulang, Kata Gabung (20 September 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-5, fokus materi kita, yaitu:
1. Kata Berimbuhan
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan, pada vclass ini telah saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
2. Kata Ulang
3. Kata Gabung
MATERI 1. Makalah Kelompok 2.
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 2
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 2
Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling betanya jawab terkait materi kelompok.
Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi dan mengerjakan tugas hari ini.
Tugas yang tertera pada bagian penutup adalah tugas individu untuk kalian semua. Perhatikan keterangan tugas tersebut. Perhatikan juga batas pengumpulannya, yaitu HARI MINGGU (26 SEPTEMBER 2021) pukul 23.59 WIB.
Demikian para siswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 2 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 2 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.Tugas 2 ini menuntut Anda (individu) untuk membuat 15 soal pilihan jamak berdasarkan materi kelompok 2.
Pilihan jawaban dari A s.d. E.
Semua soal wajib disertai jawaban benar dengan mencetak tebal pada jawaban tersebut.
Tugas ini diketik di MS.WORD dan dikumpul dalam bentuk MS.WORD bukan PDF.
Paling lambat tugas ini saya tunggu pada tanggal 26 September 2021, pukul 23.59 wib.
PERTEMUAN 6. Kata Depan, Kata Ganti, Partikel, Pemenggalan Kata, Penulisan Angka dan Lambang Bilangan (27 September 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-6, fokus materi kita, yaitu:
1. Kata Depan
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan, pada vclass ini telah saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
2. Kata Ganti
3. Partikel
4. Pemenggalan Kata
5. Penulisan Angka, dan
6. Lambang Bilangan
MATERI 1. Makalah Kelompok 3
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 3
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 3
Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling betanya jawab terkait materi kelompok.
Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi dan mengerjakan tugas hari ini.
Tugas yang tertera pada bagian penutup adalah ada dua tugas individu untuk kalian semua. Perhatikan keterangan tugas tersebut. Perhatikan juga batas pengumpulannya, yaitu HARI MINGGU (03 Oktober 2021) pukul 23.59 WIB.
Demikian para siswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Para mahasiswa sekalian, saya minta kalian membuat video animasi berdurasi maksimal 2 menit.
Silahkan pilih (boleh lebih dari satu) materi dari 6 sub-pokok bahasan pada "PERTEMUAN 6" berikut ini yang paling Anda kuasai/pahami:- Kata Depan
- Kata Ganti
- Partikel
- Pemenggalan Kata
- Penulisan Angka, dan
- Lambang Bilangan
Boleh diberi suara kalian (dubing) dan atau suara latar (musik).Tugas ini paling lambat kalian kumpulkan pada hari Sabtu, 02 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB.Silahkan kumpulkan hasil pekerjaan kalian pada tautan google drive berikut ini:https://drive.google.com/drive/folders/1d2fBcTVS4eYCCsdq96TsbsVT7jBzjsUM?usp=sharing
- Tugas 3 ini menuntut Anda (individu) untuk membuat 10 soal pilihan jamak berdasarkan materi kelompok 3.
Pilihan jawaban dari A s.d. E.
Semua soal wajib disertai jawaban benar dengan mencetak tebal pada jawaban tersebut.
Tugas ini diketik di MS.WORD dan dikumpul dalam bentuk MS.WORD bukan PDF.
Paling lambat tugas ini saya tunggu pada tanggal 03 Oktober 2021, pukul 23.59 wib.
PERTEMUAN 7. Penulisan Singkatan dan Akronim (04 Oktober 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-7, fokus materi kita, yaitu:
1. Penulisan Singkatan
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang saya sayangi dan saya banggakan, pada vclass ini telah saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
2. Penulisan Akronim
MATERI 1. Makalah Kelompok 4
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 4
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 4
Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling betanya jawab terkait materi kelompok.
Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini.
Minggu ini tidak ada tugas. Silahkan kalian pahami materi kelompok 1 s.d. kelompok 4 guna persiapan Ujian Tengah Semester di minggu depan (Pertemuan 8).
Demikian para siswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 4 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 4 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.
PERTEMUAN 9. Penggunaan Tanda Baca (18 Oktober 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-9, fokus materi kita, yaitu:
PENGGUNAAN TANDA BACA
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kamia banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 5
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini. Diakhir sesi sudah tercantum tugas kalian minggu ini yang wajib kalian kumpulkan paling lambat tanggal 24 Oktober 2021, pukul 23.59 wib (untuk lebih jelas lihat rincian tugas 5. pertemuan 9/K5).
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 5
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 5
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 5 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 5 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.Para mahasiswa sekalian, saya minta kalian membuat video animasi berdurasi maksimal 2 menit.
Silahkan pilih (boleh lebih dari satu) materi dari 8 sub-pokok bahasan pada "PERTEMUAN 9" yang paling Anda kuasai/pahami.
Video bisa dibuat menggunakan aplikasi atau media online seperti; powtoon, animaker, dsb.
Boleh diberi suara kalian (dubing) dan atau suara latar (musik).Tugas ini paling lambat kalian kumpulkan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB.Silahkan kumpulkan hasil pekerjaan kalian pada tautan google drive berikut ini:
https://drive.google.com/drive/folders/193Cq8a5m5kNWiYGm9glmv1BtAcxBnvnP?usp=sharing
PERTEMUAN 10. Penggunaan Tanda Baca (25 Oktober 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-10, fokus materi kita, yaitu:
PENGGUNAAN TANDA BACA
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 6
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini. Diakhir sesi sudah tercantum tugas kalian minggu ini yang wajib kalian kumpulkan paling lambat tanggal 31 Oktober 2021, pukul 23.59 wib (untuk lebih jelas lihat rincian tugas 6. pertemuan 10/K6).
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 6
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 6
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Para mahasiswa sekalian, saya minta kalian membuat video animasi berdurasi maksimal 2 menit.
Silahkan pilih (boleh lebih dari satu) materi dari 8 sub-pokok bahasan pada "PERTEMUAN 10" yang paling Anda kuasai/pahami.
Video bisa dibuat menggunakan aplikasi atau media online seperti; doratoon, powtoon, animaker, dsb.
Boleh diberi suara kalian (dubing) dan atau suara latar (musik).Tugas ini paling lambat kalian kumpulkan pada hari Minggu, 31 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB.Silahkan kumpulkan hasil pekerjaan kalian pada tautan google drive berikut ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1NFBHrwpNTh9xZbDRyxqKFF4QnsEefiWl?usp=sharingSilahkan kalian unduh, baca, dan pahami semua buku bacaan ini. Hal tersebut berguna untuk mendukung pemahaman kalian terhadap materi kelompok 5 dan 6.
PERTEMUAN 11. PENULISAN UNSUR SERAPAN (1 NOVEMBER 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-11, fokus materi kita, yaitu:
PENULISAN UNSUR SERAPAN
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 7
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 7
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 7
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan kalian unduh, baca, dan pahami semua buku bacaan ini. Hal tersebut berguna untuk mendukung pemahaman kalian terhadap materi kelompok 7.
PERTEMUAN 12. PEMBENTUKAN KATA IMBUHAN, KATA ULANG, DAN MAJEMUK (08 NOVEMBER 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-12, fokus materi kita, yaitu:
PEMBENTUKAN KATA IMBUHAN, KATA ULANG, DAN MAJEMUK
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 8
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini. Selanjutnya, ada tugas membuat 15 soal pilih jamak yang harus kalian kumpulkan paling lambat tanggal 14 November, pukul 23.59 wib.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 8
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 8
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 8 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 8 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.Tugas 7 ini menuntut Anda (individu) untuk membuat 15 soal pilihan jamak berdasarkan materi kelompok 8.
Pilihan jawaban dari A s.d. E.
Semua soal wajib disertai jawaban benar dengan mencetak tebal pada jawaban tersebut.
Tugas ini diketik di MS.WORD dan dikumpul dalam bentuk MS.WORD bukan PDF.
Paling lambat tugas ini saya tunggu pada tanggal 14 NOVEMBER 2021, pukul 23.59 wib.
PERTEMUAN 13. KALIMAT EFEKTIF DAN KOMUNIKATIF (15 NOVEMBER 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-13, fokus materi kita, yaitu:
KALIMAT EFEKTIF DAN KOMUNIKATIF
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 9
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini. Selanjutnya, ada tugas membuat video animasi yang harus kalian kumpulkan paling lambat tanggal 21 November, pukul 23.59 wib.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 9
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 9
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan beri pertanyaan kepada kelompok 9 sesuai materi yang telah mereka sampaikan. Klik/Sentuh tulisan 'Reply'/'Balas' untuk memulai memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas pertanyaan teman Anda.
CATATAN:
1. Semua anggota kelompok 9 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
2. Anggota kelompok lain boleh menambahkan jawaban jika dipandang perlu.
3. Untuk dapat melanjutkan ke bagian tugas, kalian wajib memposting minimal satu kali baik berupa pertanyaan ataupun jawaban.Para mahasiswa sekalian, saya minta kalian membuat video animasi berdurasi maksimal 2 menit.
Silahkan pilih (boleh lebih dari satu) materi dari MATERI KELOMPOK 9 yang paling Anda kuasai/pahami.
Video bisa dibuat menggunakan aplikasi atau media online seperti; doratoon, powtoon, animaker, dsb.
Boleh diberi suara kalian (dubing) dan atau suara latar (musik).Tugas ini paling lambat kalian kumpulkan pada hari Minggu, 21 NOVEMBER 2021 pukul 23.59 WIB.Silahkan kumpulkan hasil pekerjaan kalian pada tautan google drive berikut ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1-eJKpwAezQpRDTYJNPaMZrpSB976E9fs?usp=sharing
PERTEMUAN 14. TATA PARAGRAF, PENULISAN KUTIPAN, DAN DAFTAR PUSTAKA - (22 NOVEMBER 2021)
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat Pagi,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Tabik Puun...Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita semua, sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring ini. Shalawat serta salam tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak.
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan. Hari ini adalah kegiatan perkulahan kita yang ke-14, fokus materi kita, yaitu:
TATA PARAGRAF, PENULISAN KUTIPAN, DAN DAFTAR PUSTAKA
Para mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Angkatan 2021) yang kami sayangi dan kami banggakan, pada vclass ini telah kami bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian penyajian, dan bagian penutup. Pada bagian penyajian kami telah melampirkan materi berupa;
MATERI 1. Makalah Kelompok 10
Silahkan kalian baca, simak, serta pahami semua materi kelompok yang telah kami sediakan. Kemudian, pada bagian penutup kami telah menyiapkan forum diskusi untuk kalian saling bertanya jawab terkait materi kelompok. Silahkan kalian baca, simak, dan pahami setiap bagiannya. Hal tersebut guna mendukung kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini.
MATERI 2. Salindia/PPT Kelompok 10
MATERI 3. Video Presentasi Kelompok 10
Demikian para mahasiswa sekalian. Seraya berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir.
Semoga kalian semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin yra.Wassalamualaikum wr. wb.
Silahkan lanjutkan diskusi dalam forum ini jika masih ada pertanyaan yang dirasa belum terjawab oleh kelompok 10.
Semua anggota kelompok 10 wajib menjawab semua pertanyaan yang masuk.
PERTEMUAN 15. VIRTUAL MEETING ZOOM - (29 NOVEMBER 2021)
PERTEMUAN 16. UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) - (13 DESEMBER 2021)
[INFO UJIAN AKHIR SEMESTER]
Assalamualaikum w. w.
Selamat Pagi,
Tabik Puun...
Deskripsi Mata Kuliah,
Mata Kuliah : MKU Pendidikan Bahasa Indonesia
Waktu : 70 menit
Program Studi : Pendidikan Kedokteran
Penguji :
1. Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd. (Dosen PJ MK)
2. Rahmat Prayogi, S.Pd., M.Pd.
3. Rian Andri Prasetya, S.Pd., M.Pd.
Selamat pagi teman-teman. Sesuai dengan jadwal, kita akan UAS hari ini.
Berikut ini saya sampaikan beberapa catatan penting dalam pelaksanaan UAS Pendidikan Bahasa Indonesia.
1. UAS dilaksanakan secara daring melalui Google Form pada hari Senin, 13 Desember 2021 pukul 07.00 s.d. 08.10 WIB (Waktu pengerjaan 70 menit).
3. UAS daring terdiri atas 10 bagian dengan total soal berjumlah 80 soal.
4. Mahasiswa wajib menggunakan email berbasis google (gmail).
5. Mahasiswa tidak bisa mengedit/mengubah jawaban ketika sudah submit di bagian akhir sesi.
6. Mahasiswa wajib menuliskan identitas berupa nama dan NIM dengan cermat.
7. Batas waktu untuk submit jawaban pukul 08.09 WIB.
Apabila Anda melewati dari batas itu, maka Anda tidak dapat lagi mengumpulkan formulir ini.
8. Dilarang bekerja sama dan googling saat mengerjakan UAS.
Jangan coba-coba berbuat curang!
Sistem akan dapat mendeteksi kecurangan Saudara dan berakibat fatal bagi kelulusan Saudara.
9. Apabila ternyata Anda harus mengulang, maka nilai akhir (sesi mengulang) hanya akan diambil 50% saja.
Contoh: Saat mengulang Anda mendapat nilai 70, maka nilai yang akan dianggap hanya 35.
Demikian, terima kasih.
Wassalamualaikum w. w.Link ini akan terbuka pada pukul 07.00 wib
Link ini akan tertutup secara otomatis pada pukul 08.09 wib