- Teacher: dr. Nurul Utami
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Blok Medical Basic Science 1 (MBS1) akan dilaksanakan pada semester ke-2, tahun ke-1 dengan beban pembelajaran sebanyak 6 sks. Blok ini akan dilaksanakan selama 6 minggu yang terdiri dari 5 minggu aktif dan 1 minggu ujian. Pada blok ini mahasiswa akan belajar tentang berbagai sistem dan organ pada tubuh manusia, antara lain sistem respirasi, sirkulasi, urogenital, panca indra dan dasar dasar farmakologi.
Blok ini akan dipelajari dengan menggunakan strategi problem based-learning, dengan metode diskusi tutorial, kuliah, praktikum laboratorium dan kegiatan pleno. Masing-masing kegiatan tersebut termasuk dalam komponen komponen penilaian sesuai bobot masing-masing.
- Teacher: dr. Fidha Rahmayani M.Sc, Sp.S
- Teacher: dr. Nurul Utami
- Enrolled students: 1
Agromedicine block will be implemented in 7th semester. The weight of Agromedicine block is 6 credits. The learning time is 6 weeks consisting of 5 weeks active and 1 week of examination and evaluation.
The Agromedicine block is an integration of basic medical science, clinics, and community and community medicine that focuses on agricultural health and safety issues (including agriculture, plantation, farm, fisheries and forestry) including farmers and their families, workers in agromedicine environments, To consumers of agricultural products.
The implementation of this block uses a problem-based-learning (PBL) strategy, with a tutorial discussion method of seven jumps, plenary, expert courses, and Plant Survey. Each of these activities is included in the assessment component.
- Teacher: Diana Mayasari
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Blok 7 akan mencakup topik endokrin, metabolisme dan nutrisi. Blok endokrin, metabolisme, dan nutrisi akan dilaksanakan pada tahun ke-2 semester 3. Waktu pelaksanaan blok ini adalah 6 minggu, yang terdiri atas 5 minggu aktif dan 1 minggu terakhir yang diisi dengan ujian, meliputi ujian praktikum, ujian tengah semester (UTB) dan ujian akhir blok (UAB).
Blok ini terdiri dari lima modul. Modul pertama akan mendiskusikan tentang kelainan hormon adrenal dan hormon pertumbuhan. Modul kedua akan membahas tentang kelainan kelenjar tiroid. Modul ketiga akan mendiskusikan tentang Diabetes Melitus. Modul keempat akan mendiskusikan masalah malnutrisi dan modul terakhir akan membahas tentang metabolisme. Beberapa topik akan ditampikan sebagai skenario untuk meningkatkan pemahaman dalam pemecahan kasus. Dengan memahami blok ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuannya tentang masalah endokrin, metabolisme, dan nutrisi.
Blok ini akan dipelajari dengan menggunakan strategi Problem Based Learning(PBL) yang bertujuan memenuhi standar kompetensi dokter Indonesia dengan metode diskusi tutorial menggunakan metode seven jump, kuliah, team based learning, praktikum dan belajar mandiri.
- Teacher: Putu Ristyaning Ayu Sangging
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Blok Biomedical Science (BMS) akan dilaksanakan pada semester ke-1, tahun ke-1 (sebanyak 6 sks) dengan waktu 6 minggu yangterdiri dari 5 minggu aktif dan 1 minggu ujian. Pada blok ini mahasiswa akan belajar tentang biologi sel secara konfehensif,siklus sel, materi genetik, biomolekul, enzim, pengantar imonologi dan bioetika.
Blok ini dipelajari dengan menggunakan strategi problem based-learning.Problem Based Learning adalah proses pembelajaran yang titik awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata, lalu, mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah tersebut berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punyai sebelumnya (prior knowledge) sehingga dari prior knowledge ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Diskusi dengan menggunakan kelompok kecil merupakan poin utama dalam penerapan PBL. Selain diskusi, terdapat beberapa metode pembelajaran lain dalam blok BMS ini.
Metode pembelajaran dalam blok ini ada empat. Metode pembelajaran tersebut yaitu diskusi tutorial,pleno, kuliah pakar dan praktikum laboratorium
- Teacher: Syazili Mustofa
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet