- Teacher: Tegar Pambudhi, M.Pd.
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Mata Kuliah |
: Pendidikan Berkebutuhan Khusus dan Permasalahan Anak |
Kode Mata Kuliah |
: |
Kode Kompetensi |
: |
Semester |
: IV (empat) |
Program Studi |
: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Bobot |
: 2 SKS |
- Deskripsi Mata Kuliah
Mahasiswa diharapkan dapat memahami pendidikan berkebutuhan khusus dan permasalahan anak serta mahasiswa di harapkan dapat memahami bagaimana penanganan anak-anak yang berkebutuhan khusus dan
- Tugas
- Tugas Kelompok : melakukan observasi
- Tugas Individu : membuat makalah
- Tujuan
Mata kuliah ini bertujan:
- Mahasiswa diharapkan dapat memahami sekolah berbasis inklusi
- Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui ciri-ciri dan penyebab anak-anak berkebutuhan khusus dan keterlambatan perkembangan pada anak usia dini
- Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan stimulus pada anak-anak berkebutuhan khusus dan keterlambatan perkembangan anak usia dini
- Topik setiap pertemuan
- Kontrak kuliah dan pengantar
- Penjelasan sekolah inklusi
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Down Syndrom
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Autism
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Cerebral Palsy
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Gangguan Belajar
- UTS
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Tuna Grahita
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus ADHD dan ADD
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Asperger
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Tuna Daksa
- Kelas Siswa berkebutuhan khusus Tuna Laras
- Observasi ke SLB
- Membahas permasalahan yang ada di SLB (permasalahan yang ditemui saat observasi)
- UAS
- Referensi
- Smit, J. David., diterjemahkan oleh Mohammad Sugiarmin, MIF Baihaqi. 2009. Inklusi: “Sekolah Ramah untuk Semua”. Bandung: Nuansa.
- Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.
- Teacher: Sugiana, M. Pd.
- Enrolled students: 1
- Teacher: Heru Prasetyo, S.Hum., M.Pd.
- Teacher: Ayu Setiyo Putri, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 224
Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Unila pada semester ganjil atau genap yang berbobot 2 SKS. MKU atau yang sekarang disebut Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia bertujuan untuk memberi pengetahuan pemahaman yang mendalam terhadap kaidah bahasa Indonesia sehingga mahasiswa dapat menerapkan kaidah tersebut dalam setiap penggunaan bahasa Indonesia.
Dengan demikian, setelah mengikuti perkuliahan MPK Bahasa Indonesia ada tiga manfaat yag diperoleh mahasiswa, yakni (a) pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia, seperti EYD, kalimat efektif, dan penyusunan paragraf yang padu; (b) perlatihan secara intensif kaidah penggunaan bahasa Indonesia; (c) terampil, berkarakter, dan bersikap positif dalam penggunaan kaidah bahasa Indonesia.
- Teacher: Heru Prasetyo, S.Hum., M.Pd.
- Teacher: Ayu Setiyo Putri, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 174
- Teacher: Rafista Deviyanti
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet