Enrolment options

JPBS_PS PBP_Perencanaan Pengajaran_Genap_2023/2024

Mata kuliah  Perencanaan Pengajaran  Bahasa Perancis di SMA merupakan salah satu Mata Kuliah Keahlian  (MKK) berbobot 2 sks  yang wajib diikuti oleh semua mahasiawa Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada semester IV. Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mengetahui seluk beluk serta mampu membuat perencanaan pembelajaran. Untuk itu mahasiswa juga dituntut mengetahui definisi,teori,konsep,model,dimensi, prinsip, tujuan, fungsi, dan pentingnya perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang mencakup komponen dan langkah pengembangan ATP dan Modul Mengajar pada Kurikulum Merdeka, bahan ajar, media, metode, strategi, tujuan, evaluasi dalam proses belajar mengajar dengan pertimbangan bahwa dengan perencanaan pembelajaran yang baik dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
 
3. Capaian Pembelajaran
Deskriptor hasil belajar yang ingin dicapai oleh suatu mata kuliah

a.   Memiliki pemahaman tentang definisi, konsep, model, prinsip, fungsi dan pentingnya perencanaan pengajaran serta (memahami dan menyepakati kontrak kuliah).

b.   Memiliki pemahaman  tentang  komponen PBM ( pendekatan, strategi, metode, model, tehnik, taktik)

c.   Memiliki pemahaman  tentang  model perencanaan pengajaran

d.   Memiliki pemahaman  tentang   tujuan pengajaran, tujuan perencanaa pengajaran, tujuan perencanaan media, dan alat pengajaran

e.   Memiliki pemahaman  tentang  perencanaan bahan ajar,  materi dan modul

f.    Memiliki pemahaman tentang  KKM, alat evaluasi, macam macam jenis  tes

g.   Memiliki pemahaman  tentang  ATP dan Modul Mengajar.

 

4. Indikator  Capaian Pembelajaran

a.   Mahasiswa memiliki pemahaman tentang definisi, konsep, model, prinsip, fungsi dan pentingnya perencanaan pengajaran serta (memahami dan menyepakati kontrak kuliah).

 

b.   Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  komponen PBM ( pendekatan, strategi, metode, model, tehnik, taktik)

c.   Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  model perencanaan pengajaran

d.   Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  tujuan pengajaran, tujuan perencanaa pengajaran, tujuan perencanaan media, dan alat pengajaran

e.   Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  perencanaan bahan ajar,  materi dan modul

f.    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  KKM, alat evaluasi, macam macam jenis tes

g.   Mahasiswa mampu menjelaskan tentang  Silabus dan RPP


PP2024