UTS KOMUNIKASI BISNIS, 29 September 2022
1. Laporan bisnis mempunyai berbagai karakteristik seperti netral, tidak berpihak, objektif, penyampaian informasi baik intern maupun ekstern, biasanya diminta oleh mereka yang memiliki wewenang yang lebih tinggi, dan memiliki tujuan tertentu yaitu membantu pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
Bagaimana struktur laporan bisnis yang benar ?
Buatlah contoh laporan bisnis kuliner!
2. Pesan-pesan bad-news adalah untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan dengan tetap menjaga atau memperhatikan bagaimana dampaknya bagi Audiens. Contoh : berita duka, pemutusan hubungan kerja (PHK), penurunan jabatan, penolakan kredit, kegagalan ujian, dan sebagainya.
Poin-poin ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan?
Buatlah informasi tertulis yang kurang menyenangkan untuk pelanggan !
3. Rapat Bisnis dapat didefinisikan sebagai bentuk pertemuan dua orang atau lebih di suatu tempat, baik di dalam maupun di luar kantor untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.
Sebutkan tujuan dari rapat bisnis !
Bagaimana mendisain rapat bisnis ?
Buatlah suatu contoh desain rapat bisnis yang baik !
4. Komunikasi didefinisikan sebagai pertukaran informasi antara pengirim dan penerima, dan kesimpulan (persepsi) makna antara individu yang terlibat di dalamnya (Kreitner n Kinicki, 2004: 520).
Tidak semua komunikasi dapat berjalan baik, sebutkan hambatan-hambatan yang membuat komunikasi kurang efektif!
Sebutkan gaya-gaya komunikasi yang ada !
Sebutkan dan gambarkan jaringan-jaringan komunikasi yang ada!
Metode penilaian: Nilai Tertinggi