RANGKUMAN


Kegiatan menyimak tidak hanya perlu dipahami pengertiannya saja namun juga banyak faktor yang mendukung kegiatan menyimak menjadi efektif dan kritis yaitu salah satunya dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi menyimak yaitu, faktor fisik, faktor psikologis, faktor pengalaman, faktor sikap, faktor motivasi, faktor jenis kelamin, faktor lingkungan serta faktor peranan dalam masyarakat.Dan juga bagaimana upaya penanggulangannya, ketika kita sudah mengerti dan memahami faktor-faktor tersebut maka kita bisa menjadi penyimak yang kritis yang tidak hanya mendengarkan saja namun bisa meniru serta mempraktekkan materi atau bahan yang telah disimak.

Pembelajaran menyimak dapat berhasil apabila penyimak mempunyai tekad belajar dalam bidang pengetahuan dan pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berjalan tentu tidak semua peserta dapat berhasil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Menyimak akan berhasil apabila pembicara dapat mengarahkan penyimak dalam proses pembelajaran dengan menemukan sendiri apa yang harus disiapkan sebelumnya oleh pembicara hingga terjadinya kesinambungan antara pembicara dan penyimak.

Browse the glossary using this index

Special | A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z | ALL
No entries found in this section