Forum Diskusi Kelompok 7

Forum Diskusi Kelompok 7

Number of replies: 13

Diskusi kelompok 7 

Silahkan dimulai dan dibaca mageri yg di share di forum ini. 

Reply kolom komentar utk bertanya. 

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

Kukuh Santoso གིས-

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat sore...
Yang terhormat bapak M. Mona Adha, M. Pd. dan Ibu Siti nuraini, M.Pd. Serta mahasiswa/mahasiswi kelas 4H yang kami banggakan

kami dari Kelompok 7 izin untuk mempresentasikan hasil diskusi kami

Kami dari kelompok 7 yang beranggotakan :

1. Dri susanti (2113053062)
2. Kukuh Santoso (2113053179)
3. Lutfi Nada Sagita (2153053037) 


Berikut Makalah dan PPT dari kelompok 7, teman-teman dapat mempelajari dan memahami mengenai materi tersebut.

Setelah membaca materi yang kami berikan, kami membuka sesi tanya jawab sebanyak 2 termin, dan masing-masing termin kami beri kesempatan oleh 3 penanya.

In reply to Kukuh Santoso

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

IIN KURNIAWATI གིས-
Nama : Iin Kurniawati
Npm : 2113053086
Kelas : 4H

Izin bertanya apakah pembelajaran tematik bisa diterapkan di seluruh jenjang pendidikan?
In reply to IIN KURNIAWATI

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

LUTFI NADA SAGITA གིས-
Nama : Lutfi Nada Sagita
Npm : 2153053037
Kelas : 4H

Izin menjawab pertanyaan dari Iin Kurniawati, Pelaksanaan pembelajaran tematik sangat cocok diterapkan pada kelas-kelas bawah seperti kelas satu dan dua sekolah dasar atau yang tergolong pada anak usia dini. Tetapi juga dapat diterapkan pada pendidikan tingkat SMP dan SMA dengan tema yang disesuaikan.
In reply to Kukuh Santoso

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

YOSA ELVITA གིས-
Nama: Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Apakah pembelajaran tematik sangat efektif dalam proses belajar mengajar?
In reply to YOSA ELVITA

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

LUTFI NADA SAGITA གིས-
Nama : Lutfi Nada Sagita
Npm : 2153053037
Kelas : 4H

Izin menjawab pertanyaan dari Yoda Elvira, Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan dalam proses belajar mengajar yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik tertentu. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik dan terintegrasi bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang topik yang dipelajari.

Namun, untuk mencapai hasil yang efektif, perlu ada perencanaan dan pelaksanaan yang matang dari guru. Guru perlu memilih tema yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, dan membuat rencana pembelajaran yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik. Selain itu, guru juga perlu memilih metode pengajaran yang sesuai dengan tema yang dipilih, seperti proyek, presentasi, atau diskusi. Maka dari itu,pembelajaran tematik dapat menjadi pendekatan yang sangat efektif dalam proses belajar mengajar jika diterapkan dengan benar. Pendekatan ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik dan terintegrasi, serta memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif bagi siswa. Namun, perlu ada perencanaan dan pelaksanaan yang matang dari guru agar dapat mencapai hasil yang efektif.
In reply to Kukuh Santoso

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

KARINA CAHYA UTAMI 2113053217 གིས-
Nama : Karina Cahya Utami
Npm : 2113053217
Izin bertanya Dengan model pembelajaran tematik Bagaimana menanamkan nilai nilai yang ada pada pancasila terhadap peserta didik
In reply to KARINA CAHYA UTAMI 2113053217

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

Kukuh Santoso གིས-
Nama : kukuh santoso
Npm : 2113053179

Izin menjawab pertanyaan dari karina cahya utami
Dalam kehidupan berbangsa khususnya sebagai siswa sekolah dasar Pancasila berperan sebagai filter dalam perkembangan teknologi dimana segala macam informasi baik positif atau yang bersifat negatif sangat mudah ditemui atau dijumpai.
nilai-nilai Pancasila ini titak jarang masih banyak yang belum menerapkan sepenuhnya dalam kehidupannya atau sudah menerapkan tetapi lambat laun diacuhkan juga. Jadi kita sebagai seorang calon pendidik mempunyai peran selain memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga mengajarkan nilai moral pada peserta didik agar memiliki karakter yang baik.

Salah satu nilai yang bisa diajarkan yaitu nilai yang berlandaskan panca sila, lalu bagaimana penanaman nilai tersebut?
Seperti namanya pancasila terdiri dari 5 sila
1. Ketuhanan yang maha esa
Secara umum penanaman nilai ini dapat dengan mengajak anak untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing karena Sila pertama Pancasila ini mengandung nilai Ketuhanan yang didalamnya mengajarkan siswa untuk mengenal agama. Selain itu, dalam konteks pembelajaran bisa dengan membiasakan siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran atau aktivitas yang dilakukan.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Pada sila ini bisa kita maknakan bahwa kita sebagai manusia khususnya sebagai siswa sekolah dasar, maka di lingkungan sekolah kita harus menghormati dan menghargai sesama. Bagaimana mengajarkan pada peserta didik kita. Ya dengan mengajarkan untuk tidak saling verbuat jahat pada teman, lalu bisa dengan mengajarkan saling tolong menolong saat ada temannya yang membutuhkan bantuan. Tapi inget ya itu beda dengan memberikan contekan diusahakan hal seperti itu dihidarkan karena untuk melatih kejujuran dari peserta didik itu sendiri.
3. Persatuan Indonesia
Nilai sila ini yang dalam artian adalah menjunjung tinggi persatuan antar warga negara Indonesia ataupun menjunjung tinggi persatuan di lingkungan sekolah. Nah nilai yang dapat diajarkan pada peserta didik yaitu bisa dengan memberikan pemahaman kepada mereka untuk tidak membeda-bedakan teman dan menjaga kerukunan agar terciptanya rasa toleransi tidK hanya dalam hal beragama tetapi juga dalam hal bermasyarakat dan warga negara.

Dan nilai pada sila selanjutnya selebihnya bisa kalian sesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan yang ada di sekolah masing-masing.

Jadi untuk penanaman nilai yang ada pada pancasila ini tidak hanya terbatas dalam pembelajaran didalam kelas saja tetapi lebih luas dari itu yang mencakup aktivitas setiap siswa baik di lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat.
In reply to Kukuh Santoso

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21 གིས-
Nama : Risa Trividia utari
Npm :  2113053244

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengembangkan pembelajaran tematik dan kendala apa yang sering terjadi pada pengimplementasian pembelajaran tematik?
In reply to RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

Kukuh Santoso གིས-
Nama : kukuh santoso
Npm : 2113053179

izin menjawab pertanyaan dari risa trividia utari
1. Hal Yang perlu diperhatikan
Suryosubroto 2013 mengemukakan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran tematik, yaitu: 1 pembelajaran tematik dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan utuh, 2. mempertimbangkan alokasi waktu untuk setiap materi, 3 pemilihan tema terkait dengan lingkungan siswa, dan 4 mengutamakan ketercapaian kompetensi dasar dibandingkan dengan tema.
Selain itu Andi Prastowo dalam buku yang berjudul (Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Cetakan ke-1) 2013 : 253-354 mengemukakan bahwa hal lain yang perlu dicermati dalam kontek pembelajaran untuk jenjang SD/MI adalah pengembangan tema untuk pembelajaran tematik hendaknya mempertimbangkan sejumlah aspek seperti. 1 Tema yang dipilih hendaknya memungkinkan terjadinya proses berpikir padasiswa. 2 Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa termasuk minat dan kemampuannya. 3 Penetapan tema dimulai dari ligkungan terdekat siswa, dari hal termudah menuju sulit, dari yang sederhana menuju yang kompleks, dan dari konkret menuju abstrak.

2. Kendala
Kendala penerapan pembelajaran tematik adalah : (1) perencanaan pembelajaran tematik yang memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak mulai dari penyusunan matriks tematik, program semester, silabus dan RPP sekaligus dibuat dalam satu semester; (2) tidak berurutan materi yang diajarkan (3) saat menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

DESTIA RUSMIATI གིས-
Nama : Destia Rusmiati
Npm : 2113053068

Izin bertanya,
mengapa pembelajaran tematik sangat cocok diterapkan pada pembelajaran saat ini terkhusus mata pelajaran pkn serta apa keunggulan dari pembelajaran tematik tersebut
In reply to DESTIA RUSMIATI

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

DWI SUSANTI གིས-
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
Pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang menggunakan tema tertentu sebagai titik sentral pembelajaran yang mengakomodasikan berbagai kompetensi dasar yang harus dicapai dari satu mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran. kemudian pembelajaran tematik sangat cocok dikarenakan Dengan pembelajaran tematik ini, sekiranya dapat memberikan keuntungan bagi siswa maupun bagi guru sendiri, yaitu : siswa lebih memusatkan perhatiannya pada suatu tema tertentu, siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam tema yang sama.

adapun Keunggulan pembelajaran tematik. Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

RISKA.MARIANA_ 2113053207 གིས-
Nama: Riska Mariana 
NPM: 2113053207

Sekarang ini, pembelajaran tematik banyak diterapkan di SD. Lalu, hal apa yang melatarbelakangi penerapan pembelajaran tersebut dan apakah pembelajaran tematik terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik?
In reply to RISKA.MARIANA_ 2113053207

Re: Forum Diskusi Kelompok 7

DWI SUSANTI གིས-
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
hal yang melatarbelakangi pembelajaran tematik sangat banyak diterapkan pada sekolah dasar dikarenakan Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
kemudian Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.