setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-4
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Tasya
Npm : 2213053109
Izinkan saya bertanya kepada kelompok 1
Jelaskan menurut bahasa kalian sendiri apa yang dimaksud dengan macam² fungsi pada kurikulum serta berikan contoh singkat penerapan dari fungsi tersebut yang seperti apa.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Tasya
Npm : 2213053109
Izinkan saya bertanya kepada kelompok 1
Jelaskan menurut bahasa kalian sendiri apa yang dimaksud dengan macam² fungsi pada kurikulum serta berikan contoh singkat penerapan dari fungsi tersebut yang seperti apa.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan TASYA 2213053109
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama : Anisa Zatun Nitha Qoini
NPM: 22130503053
Kelas : 2E
izin menjawab pernyataan dari Tasya
fungsi kurikulum yaitu:
1. Fungsi PenyesuaianKurikulum berfungsi sebagai penyesuaian adalah setiap individu harus mampu menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan.
2. Fungsi IntegrasiKurikulum mempunyai fungsi untuk mendidik setiap individu menjadi pribadi yang terintegrasi. Dikarenakannya setiap individu merupakan bagian dari pada masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi tersebut dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap masyarakat.
3. Fungsi DiferensiasiKurikulum memberikan pelayanan kepada setiap perbedaan yang ada. Agar setiap individu dapat berkembang dan berpikir kritis serta tidak menghilangkan solidaritas antara kelompok. penyesuaian,fungsi integritas, fungsi diferensiasi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan, dan fungsi diagnostik. Dan penerapan pada pembelajaran yaitu pada penerapan profil pelajar Pancasila pada kurikulum operasional.
4. Fungsi PersiapanFungsi kurikulum sebagai persiapan, di sini kurikulum menyiapkan individu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
5. Fungsi PemilihanKurikulum berfungsi sebagai pemilihan maknanya adalah kurikulum membebaskan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya dan membimbing kepada demokrasi, berkaitan juga dengan fungsi kurikulum diferensiasi.
6. Fungsi DiagnostikKurikulum berfungsi sebagai diagnostik artinya kurikulum mempunyai fungsi untuk mengarahkan peserta didik dalam menyadari kekurangan dan kelebihan dari diri sendiri serta mendorong eksplorasi diri.Conth penerapan nya yaitu pada profil pelajar Pancasila.
NPM: 22130503053
Kelas : 2E
izin menjawab pernyataan dari Tasya
fungsi kurikulum yaitu:
1. Fungsi PenyesuaianKurikulum berfungsi sebagai penyesuaian adalah setiap individu harus mampu menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan.
2. Fungsi IntegrasiKurikulum mempunyai fungsi untuk mendidik setiap individu menjadi pribadi yang terintegrasi. Dikarenakannya setiap individu merupakan bagian dari pada masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi tersebut dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap masyarakat.
3. Fungsi DiferensiasiKurikulum memberikan pelayanan kepada setiap perbedaan yang ada. Agar setiap individu dapat berkembang dan berpikir kritis serta tidak menghilangkan solidaritas antara kelompok. penyesuaian,fungsi integritas, fungsi diferensiasi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan, dan fungsi diagnostik. Dan penerapan pada pembelajaran yaitu pada penerapan profil pelajar Pancasila pada kurikulum operasional.
4. Fungsi PersiapanFungsi kurikulum sebagai persiapan, di sini kurikulum menyiapkan individu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
5. Fungsi PemilihanKurikulum berfungsi sebagai pemilihan maknanya adalah kurikulum membebaskan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya dan membimbing kepada demokrasi, berkaitan juga dengan fungsi kurikulum diferensiasi.
6. Fungsi DiagnostikKurikulum berfungsi sebagai diagnostik artinya kurikulum mempunyai fungsi untuk mengarahkan peserta didik dalam menyadari kekurangan dan kelebihan dari diri sendiri serta mendorong eksplorasi diri.Conth penerapan nya yaitu pada profil pelajar Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Fransiska Eva Christabella
NPM : 2213053175
Kelas : 2E
Izin bertanya kepada kelompok 1, apa yang terjadi apabila pengembangan kurikulum pembelajaran tidak terlaksana dengan baik ?
Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Fransiska Eva Christabella
NPM : 2213053175
Kelas : 2E
Izin bertanya kepada kelompok 1, apa yang terjadi apabila pengembangan kurikulum pembelajaran tidak terlaksana dengan baik ?
Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Fransiska Eva Christabella 2213053175
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
oleh Towi Hidayat 2253053011 -
Nama: towi hidayat
NPM :2253053011
Kelas : 2E
Izin menjawab pertanyaan dari fransiska eva
Apa yang terjadi bila prinsip pengembangan kurikulum tidak terlaksana debgan baik
Apabila prinsip tidak terlaksana dalam kurikulum yang nyata maka potensi yang dimiliki anak tersebut tidak berkembang sebagai potensi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas dan kehidupannya. Adapun hal yang dapet terjadi jika tidak terlaksananya kurikulum dengan baik yaitu:
1. kurikulum rusak
2. perselisihan tokoh pendidikan
3. Menurunnya kualitas pendidikan
4. Tidak jelasnya arah pendidikan
5. Arah kurikulum tidak jelas/ tidak beraturan
NPM :2253053011
Kelas : 2E
Izin menjawab pertanyaan dari fransiska eva
Apa yang terjadi bila prinsip pengembangan kurikulum tidak terlaksana debgan baik
Apabila prinsip tidak terlaksana dalam kurikulum yang nyata maka potensi yang dimiliki anak tersebut tidak berkembang sebagai potensi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas dan kehidupannya. Adapun hal yang dapet terjadi jika tidak terlaksananya kurikulum dengan baik yaitu:
1. kurikulum rusak
2. perselisihan tokoh pendidikan
3. Menurunnya kualitas pendidikan
4. Tidak jelasnya arah pendidikan
5. Arah kurikulum tidak jelas/ tidak beraturan
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama: Naura Anandia Ghatsa
NPM :2213053146
Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?
NPM :2213053146
Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?
Nama : Wulan puspita
Npm : 2213053232
Kelas : 2E
assalamuallaikum warahmatullahi wabarokatuh
izin bertanya
Apa yang di maksud dengan kurikulum dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan
wasalamuallaikum warahmatullahiwabarokatuh
Npm : 2213053232
Kelas : 2E
assalamuallaikum warahmatullahi wabarokatuh
izin bertanya
Apa yang di maksud dengan kurikulum dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan
wasalamuallaikum warahmatullahiwabarokatuh
Sebagai balasan Wulan Puspita 2213053232
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama : Ratri Eka Ningtyas
NPM : 2213053214
Kelas : 2E
Menjawab Pertanyaan dari wulan Puspita
Apa yang dimaksud dengan kurikulum dipandang sebagai suatu rancangan ?
Karena , Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, meski berada pada posisi yang berbeda. mengemukakan bahwa pembelajaran tanpa kurikulum sebagai rencara tidak akan efektif atau bahkan bisa keluar dari tujuan yang telah dirumuskan. Begitu pula dengan kurikulum tanpa pembelajaran, kurikulum itu tidak memiliki arti apa-apa dan tidak akan berguna secara maksimal.selain itu bahwa kurikulum berkaitan dengan apa yang harus diajarkan, sedangakn pengejaran. mengacu kepada bagaimana mengajarkannya. Walaupun diantara pembelajaran dengan pengajaran dalam hal ini memiliki perbedaan, namun keduanya memiliki kesamaan tolak ukur dalam kasus ini, yang bagaimana mengajarkan. Hanya saja pengajaran lebih terpusat pada guru sebagai pengajar, sedangkan pembelajaran menekankan pada penciptaan proses belajar antara pangajar dengan pelajar ajar terjadi aktivitas belajar dalam diri pelajar.
Kurikulum juga dapat merancang suatu pembelajaran dari akhir tahap demi tahap awal hingga akhir.
NPM : 2213053214
Kelas : 2E
Menjawab Pertanyaan dari wulan Puspita
Apa yang dimaksud dengan kurikulum dipandang sebagai suatu rancangan ?
Karena , Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, meski berada pada posisi yang berbeda. mengemukakan bahwa pembelajaran tanpa kurikulum sebagai rencara tidak akan efektif atau bahkan bisa keluar dari tujuan yang telah dirumuskan. Begitu pula dengan kurikulum tanpa pembelajaran, kurikulum itu tidak memiliki arti apa-apa dan tidak akan berguna secara maksimal.selain itu bahwa kurikulum berkaitan dengan apa yang harus diajarkan, sedangakn pengejaran. mengacu kepada bagaimana mengajarkannya. Walaupun diantara pembelajaran dengan pengajaran dalam hal ini memiliki perbedaan, namun keduanya memiliki kesamaan tolak ukur dalam kasus ini, yang bagaimana mengajarkan. Hanya saja pengajaran lebih terpusat pada guru sebagai pengajar, sedangkan pembelajaran menekankan pada penciptaan proses belajar antara pangajar dengan pelajar ajar terjadi aktivitas belajar dalam diri pelajar.
Kurikulum juga dapat merancang suatu pembelajaran dari akhir tahap demi tahap awal hingga akhir.
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama : Dhoa Natalia Pasaribu
NPM : 2253053023
Kelas : 2E
Izin bertanya pada kelompok 1
Menurut pendapat Kelompok Anda Apa peranan guru dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan?
Terimakasih.
NPM : 2253053023
Kelas : 2E
Izin bertanya pada kelompok 1
Menurut pendapat Kelompok Anda Apa peranan guru dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan?
Terimakasih.
Sebagai balasan Dhoa Natalia Pasaribu 2253053023
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
oleh Fharaz ananda 2213053063 -
Nama sisnawati
npm 2213053244
kelas 2E
Izin menjawab pertantaan dari Dhoa
Guru sebagai pengembang kurikulum harus mampu menterjemahkan, menjabarkan dan mentranspormasikan nilai nilai yang terkandung dalam kurikulum kepada anak didik. Dalam pengembangan kurikulum, guru dapat melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu: merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum.
terimakasih
npm 2213053244
kelas 2E
Izin menjawab pertantaan dari Dhoa
Guru sebagai pengembang kurikulum harus mampu menterjemahkan, menjabarkan dan mentranspormasikan nilai nilai yang terkandung dalam kurikulum kepada anak didik. Dalam pengembangan kurikulum, guru dapat melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu: merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum.
terimakasih
Sebagai balasan Dhoa Natalia Pasaribu 2253053023
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
oleh Sisnawati 2213053244 -
Nama sisnawati
npm 2213053244
kelas 2E
izin menjawab pertanyaan dari Dhoa
Guru sebagai pengembang kurikulum harus mampu menterjemahkan, menjabarkan dan mentranspormasikan nilai nilai yang terkandung dalam kurikulum kepada anak didik. Dalam pengembangan kurikulum, guru dapat melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu: merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum.
terimakasih
npm 2213053244
kelas 2E
izin menjawab pertanyaan dari Dhoa
Guru sebagai pengembang kurikulum harus mampu menterjemahkan, menjabarkan dan mentranspormasikan nilai nilai yang terkandung dalam kurikulum kepada anak didik. Dalam pengembangan kurikulum, guru dapat melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu: merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum.
terimakasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Komang Yudi Ardika
NPM : 2253053010
Kelas : 2E
Izin bertanya kepada kelompok 1
Hal apa sajakah yang menjadi pertimbangan dalam perubahan atau pembaharuan kurikulum?
Izin memperkenalkan diri
Nama : Komang Yudi Ardika
NPM : 2253053010
Kelas : 2E
Izin bertanya kepada kelompok 1
Hal apa sajakah yang menjadi pertimbangan dalam perubahan atau pembaharuan kurikulum?
Sebagai balasan Komang Yudi Ardika 2253053010
Re: Forum Diskusi Pertemuan-4
oleh Towi Hidayat 2253053011 -
Nama : towi hidayat
Kelas :2E
NPM 2253053011
izin menjawab pertanyaan komang
Hal apa sajakah yang dapat menjadi pertimbangan dalam perubahan atau pembaruan kurikulum
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum antara lain: Pergururan Tinggi, Masyarakat, Sistem Nilai, Filosofis, Psikologis, Politik, Pembangunan Negara Dan Perkembangan Dunia, Ilmu dan Teknologi (IPTEK). Dalam sebuah pengembangan kurikulum ada dua prinsip yang terdapat di dalamnya. Ada prinsip umum dan prinsip khusus. Prinsip umum pengembangan kurikulum meliputi; 1) prinsip relevansi, 2) prinsip fleksibilitas, 3) prinsip kontinuitas, 4) prinsip praktis, 5) prinsip efektifitas. Sedangkan prinsip khusus pengembangan kurikulum meliputi; 1) prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan, 2) prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan
Kelas :2E
NPM 2253053011
izin menjawab pertanyaan komang
Hal apa sajakah yang dapat menjadi pertimbangan dalam perubahan atau pembaruan kurikulum
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum antara lain: Pergururan Tinggi, Masyarakat, Sistem Nilai, Filosofis, Psikologis, Politik, Pembangunan Negara Dan Perkembangan Dunia, Ilmu dan Teknologi (IPTEK). Dalam sebuah pengembangan kurikulum ada dua prinsip yang terdapat di dalamnya. Ada prinsip umum dan prinsip khusus. Prinsip umum pengembangan kurikulum meliputi; 1) prinsip relevansi, 2) prinsip fleksibilitas, 3) prinsip kontinuitas, 4) prinsip praktis, 5) prinsip efektifitas. Sedangkan prinsip khusus pengembangan kurikulum meliputi; 1) prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan, 2) prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan
Nama : Fharaz Ananda
Npm : 2213053063
menjawab pertanyaan dari Naura Anandia Ghatsa
Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?
Jawaban
Banyak pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.
Di antaranya ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Sebagai manager, kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen sekolah
Npm : 2213053063
menjawab pertanyaan dari Naura Anandia Ghatsa
Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?
Jawaban
Banyak pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.
Di antaranya ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Sebagai manager, kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen sekolah