Forum Diskusi Pertemuan-4

Forum Diskusi Pertemuan-4

Jumlah balasan: 11
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Elyna Aprilia 2253053009 -
Nama : Elyna Aprilia
NPM : 2253053009
Kelas : 2F

izin bertanya pada kelompok 1,
menurut kelompok kalian seperti apa peran guru dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan?
Sebagai balasan Elyna Aprilia 2253053009

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092 -
Izin menjawab
Guru memiliki kewenangan dalam mendesain sebuah kurikulum. Guru bukan saja dapat menentukan tujuan dan isi pelajaran yang disampaikan, akan tetapi juga dapat menentukan strategi apa yang harus dikembangkan serta bagaimana mengukur keberhasilannya
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Indra Ulfayani 2213053171 -
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 2F

Izin bertanya
Mengapa kurikulum operasional berbeda antar satuan pendidikan?
Sebagai balasan Indra Ulfayani 2213053171

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092 -
Izin menjawab
Karena kurikulum operasional yang berbeda antar satuan pendidikan dilakukan supaya kurikulum tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Santika Tri Adelia Putri 2213053055 -
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 2F

Izin bertanya, mengapa pengembangan kurikulum harus didasarkan pada asumsi dari psikologi?
Sebagai balasan Santika Tri Adelia Putri 2213053055

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Anis Sarlia -

Izin menjawab pertanyaan dari Santika 

Tugas utama seorang guru sebagai pendidik adalah membantu untuk mengoptimalkan perkembangan peserta didiknya berdasarkan tugas-tugas perkembangannya. Dengan menerapkan landasan psikologi dalam proses pengembangan kurikulum diharapkan dapat diupayakan pendidikan yang dilaksanakan relevan dengan hakikat peserta didik, baik penyesuaian dari segi materi/bahan yang harus diberikan/dipelajari peserta didik, maupun dari segi penyampaian dan proses belajar serta penyesuaian dari unsur-unsur upaya pendidikan lainnya.


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Presti Saraswati 2213053038 -
Nama : Presti Saraswati
NPM : 2213053038
Kelas : 2F

izin bertanya,
Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?
Sebagai balasan Presti Saraswati 2213053038

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Richia Deha Azizah 2213053024 -
Izin menjawab
Dalam penyusunan dan pembuatan kurikulum operasional satuan pendidikan terdapat pihak-pihak yang terlibat diantaranya para Administrator Pendidikan (Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah), Para Ahli Kurikulum (Fasilitator Kurikulum Merdeka/ Sekolah Penggerak dan Waka Kurikulum), Guru, Komite Sekolah, Pengusaha atau Kerjasama Industri dan Siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Vita Novianti 2213053238 -
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas: 2F

Izin bertanya kepada kelompok 1

Kurikulum merdeka belajar belum merata diterapkan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Terkait hal tersebut, Apa kriteria atau standar suatu sekolah yang boleh menerapkan kurikulum merdeka belajar tersebut?
Sebagai balasan Vita Novianti 2213053238

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

oleh Anis Sarlia -

Izin menjawab pertanyaan dari Vita 

Dalam menerapkan Kurikulum Merdeka ini pula tidak semua sekolah bisa dan layak. Dikutip dari buku saku Kurikulum Merdeka yang diterbitkan Kemendikbud RI, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi sebuah sekolah untuk bisa menerapkan Kurikulum Merdeka, di antaranya adalah:

1. Berminat Menerapkan Kurikulum Merdeka

2. Memahami dan Mengadaptasi

3. Siap dengan Segala Kondisi yang Ada

4. Menyelenggarakan Pembelajaran yang Inklusif

5. Diterapkan secara Berkelanjutan