setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama : Virda sani aulia
NPM : 2113053201
Izin bertanya
Mengenai dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar
Pertanyaan saya Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
Dan saat menentukan media dan sumber belajar mungkin ada kendala kendalanya.
Nah Kendala apa saja yang sering terjadi saat menentukan suatu media pembelajaran?
Terimakasih
NPM : 2113053201
Izin bertanya
Mengenai dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar
Pertanyaan saya Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
Dan saat menentukan media dan sumber belajar mungkin ada kendala kendalanya.
Nah Kendala apa saja yang sering terjadi saat menentukan suatu media pembelajaran?
Terimakasih
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019
Izin menjawab pertanyaan atas pertanyaan saudari Virda Sani Aulia.
Pertanyaan : Apakah pemilihan media pembelajaran mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kendala apa saja yang menentukan media pembelajaran.
Jawab :
Pemilihan media pembelajaran tentu mencerminkan tujuan pembelajaran yang dicapai karena sebelumnya ada proses perencanaan.Jadi, guru harus senantiasa memilih media pembelajaran yang didasarkan pada tujuan yang akan dicapai serta untuk membangkitkan motivasi belajar dan proses belajar mengajar dapat diterapkan secara efektif.Salah satunya dengan menentukan alat,media dalam proses pembelajaran.
Menurut saya untuk beberapa kendala yaitu,kurangnya pemahaman guru terhadap media audio visual dan metode interaktif digital,kurangnya fasilitas memadai dari pemerintah,kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran dan kurangnya sosialisasi terhadap guru mengenai media pembelajaran terkhusus di era digital.
Terima kasih
NPM : 2113053019
Izin menjawab pertanyaan atas pertanyaan saudari Virda Sani Aulia.
Pertanyaan : Apakah pemilihan media pembelajaran mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kendala apa saja yang menentukan media pembelajaran.
Jawab :
Pemilihan media pembelajaran tentu mencerminkan tujuan pembelajaran yang dicapai karena sebelumnya ada proses perencanaan.Jadi, guru harus senantiasa memilih media pembelajaran yang didasarkan pada tujuan yang akan dicapai serta untuk membangkitkan motivasi belajar dan proses belajar mengajar dapat diterapkan secara efektif.Salah satunya dengan menentukan alat,media dalam proses pembelajaran.
Menurut saya untuk beberapa kendala yaitu,kurangnya pemahaman guru terhadap media audio visual dan metode interaktif digital,kurangnya fasilitas memadai dari pemerintah,kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran dan kurangnya sosialisasi terhadap guru mengenai media pembelajaran terkhusus di era digital.
Terima kasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Izin bertanya,
Menurut kelompok kalian, bagaimana pemilihan media pembelajaran dan sumber belajar yang baik dan tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa SD?
Terima kasih
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Izin bertanya,
Menurut kelompok kalian, bagaimana pemilihan media pembelajaran dan sumber belajar yang baik dan tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa SD?
Terima kasih
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Baik izin menjawab pertanyaan saudari dinda
Nama: Sintia apriana
Npm :2113053082
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, Ada sejumlah faktor yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih, mengembangkan, dan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar. Dasar pemilihan media dan sumber belajar sangatlah sederhana, yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak. Mc. Conel (1974) mengatakan bila media itu sesuai pakailah, if the medium fits, use it! Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media misalnya; tujuan instruksional yang ingin
dicapai, karakteristik siswa, jenis rangsangan belajar yang diinginkan, keadaan/latar kondisi setempat, dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani. Pemilihan media dan sumber belajar merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Oleh sebab itu, meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui, faktor-faktor lain seperti siswa, strategi belajar mengajar, organisasi
kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya perlu
dipertimbangkan.
Dick dan Carrey menyebutkan bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan
perilaku belajarnya, setidaknya masih ada empat faktor lagi yang perlu
dipertimbangkan, yaitu:
1. Ketersediaan sumber setempat, apabila tidak ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri
2. Dana, tenaga, dan fasilitas dalam membeli atau membuat sendiri
3. Keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media untuk waktu lama
4. Efektivitas biaya dalam jangka waktu panjang.
5. Pandai memilih media yang tepat.
Menurut Degeng (1993),
faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih, mengembangkan, dan menggunakan media pembelajaran adalah:
1. Tujuan instruksional.
2. Keefektifan.
3. Siswa.
4. Ketersediaan.
5. Biaya pengadaan.
6. Kualitas teknis
Terimakasih itu saja jawaban saya, apabila dri teman2 ada yang ingin menabhakna dipersilahkan
Baik izin menjawab pertanyaan saudari dinda
Nama: Sintia apriana
Npm :2113053082
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, Ada sejumlah faktor yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih, mengembangkan, dan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar. Dasar pemilihan media dan sumber belajar sangatlah sederhana, yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak. Mc. Conel (1974) mengatakan bila media itu sesuai pakailah, if the medium fits, use it! Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media misalnya; tujuan instruksional yang ingin
dicapai, karakteristik siswa, jenis rangsangan belajar yang diinginkan, keadaan/latar kondisi setempat, dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani. Pemilihan media dan sumber belajar merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Oleh sebab itu, meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui, faktor-faktor lain seperti siswa, strategi belajar mengajar, organisasi
kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya perlu
dipertimbangkan.
Dick dan Carrey menyebutkan bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan
perilaku belajarnya, setidaknya masih ada empat faktor lagi yang perlu
dipertimbangkan, yaitu:
1. Ketersediaan sumber setempat, apabila tidak ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri
2. Dana, tenaga, dan fasilitas dalam membeli atau membuat sendiri
3. Keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media untuk waktu lama
4. Efektivitas biaya dalam jangka waktu panjang.
5. Pandai memilih media yang tepat.
Menurut Degeng (1993),
faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih, mengembangkan, dan menggunakan media pembelajaran adalah:
1. Tujuan instruksional.
2. Keefektifan.
3. Siswa.
4. Ketersediaan.
5. Biaya pengadaan.
6. Kualitas teknis
Terimakasih itu saja jawaban saya, apabila dri teman2 ada yang ingin menabhakna dipersilahkan
Assalamualaikum izin menambahkan jawaban dari pertanyaan hudzaifa
Nama Shanty Okta Andelia
Npm 2113053049
Menurut saya untuk pemilihan media pembelajaran dan sumber belajar yg baik dan tepat agar bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih media yg sesuai dengan keadaan peserta didiknya pendidik pasti paham akan menggunakan sumber dan media yg bagaimana agar pembelajaran nya berjalan baik dan bisa sukses.sekian terimakasih
Nama Shanty Okta Andelia
Npm 2113053049
Menurut saya untuk pemilihan media pembelajaran dan sumber belajar yg baik dan tepat agar bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih media yg sesuai dengan keadaan peserta didiknya pendidik pasti paham akan menggunakan sumber dan media yg bagaimana agar pembelajaran nya berjalan baik dan bisa sukses.sekian terimakasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Izin bertanya kepada kelompok 1
Sebagai guru SD kita harus bisa mengembangkan bahan ajar dengan sekreatif mungkin, bagaimana dan apa yang harus kita lakukan untuk mempraktekkan hal tersebut?
Terima kasih
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Izin bertanya kepada kelompok 1
Sebagai guru SD kita harus bisa mengembangkan bahan ajar dengan sekreatif mungkin, bagaimana dan apa yang harus kita lakukan untuk mempraktekkan hal tersebut?
Terima kasih
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J
Izin menjawab dari pertanyaan saudari balqis, mengenai bagaimana kita sebagai calon guru dalam mengembangkan bahan ajar yang kreatif. Jadi, dapat melakukan beberapa langkah berikut:
1. Mengetahui karakteristik siswa
Sebagai calon guru, kita harus memahami karakteristik siswa, seperti usia, minat, bakat, dan tingkat pemahaman mereka. Hal ini akan membantu kita dalam membuat bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
2. Menjelajahi sumber-sumber pembelajaran
Kita dapat menjelajahi sumber-sumber pembelajaran seperti buku, jurnal, website, dan media sosial untuk mendapatkan inspirasi dan ide dalam mengembangkan bahan ajar yang kreatif.
3. Membuat konsep pembelajaran yang menarik
Kita harus membuat konsep pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, media, dan game interaktif yang sesuai.
4. Menggabungkan metode pembelajaran yang berbeda
Kita dapat menggabungkan metode pembelajaran yang berbeda, seperti diskusi, simulasi, eksperimen, dan proyek, untuk membuat bahan ajar yang lebih menarik dan interaktif.
5. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
Kita dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan tugas-tugas yang menantang dan membuat mereka aktif dalam proses belajar-mengajar.
6. Menerima umpan balik dan melakukan evaluasi
Setelah mengembangkan bahan ajar, kita harus menerima umpan balik dari siswa dan melakukan evaluasi terhadap efektivitas bahan ajar tersebut. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan dan memperbaiki bahan ajar untuk masa depan.
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J
Izin menjawab dari pertanyaan saudari balqis, mengenai bagaimana kita sebagai calon guru dalam mengembangkan bahan ajar yang kreatif. Jadi, dapat melakukan beberapa langkah berikut:
1. Mengetahui karakteristik siswa
Sebagai calon guru, kita harus memahami karakteristik siswa, seperti usia, minat, bakat, dan tingkat pemahaman mereka. Hal ini akan membantu kita dalam membuat bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
2. Menjelajahi sumber-sumber pembelajaran
Kita dapat menjelajahi sumber-sumber pembelajaran seperti buku, jurnal, website, dan media sosial untuk mendapatkan inspirasi dan ide dalam mengembangkan bahan ajar yang kreatif.
3. Membuat konsep pembelajaran yang menarik
Kita harus membuat konsep pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, media, dan game interaktif yang sesuai.
4. Menggabungkan metode pembelajaran yang berbeda
Kita dapat menggabungkan metode pembelajaran yang berbeda, seperti diskusi, simulasi, eksperimen, dan proyek, untuk membuat bahan ajar yang lebih menarik dan interaktif.
5. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
Kita dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan tugas-tugas yang menantang dan membuat mereka aktif dalam proses belajar-mengajar.
6. Menerima umpan balik dan melakukan evaluasi
Setelah mengembangkan bahan ajar, kita harus menerima umpan balik dari siswa dan melakukan evaluasi terhadap efektivitas bahan ajar tersebut. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan dan memperbaiki bahan ajar untuk masa depan.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kita sebagai calon guru dapat mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
Mungkin itu saja jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
Mungkin itu saja jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
Terima kasih atas jawabannya saudari titi, dapat saya pahami.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabbarokatuh
Izin bertanya,
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Menurut kelompok kalian media pembelajaran apa sih yang cocok digunakan untuk siswa SD kelas rendah agar pembelajaran bisa lebih terasa menyenangkan dan jelaskan alasannya ?
Terima kasih
Izin bertanya,
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Menurut kelompok kalian media pembelajaran apa sih yang cocok digunakan untuk siswa SD kelas rendah agar pembelajaran bisa lebih terasa menyenangkan dan jelaskan alasannya ?
Terima kasih
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
NPM : 2163053001
Kelas : 4J
Izin menjawab dari pertanyaan saudari ardila, mengenai media yang cocok untuk kelas rendah agar pembelajaran terasa menyenangkan yaitu saya ambil contoh ketika mengajarkan anak kelas 1 dalam pembelajaran matematika bisa membuat sebuah media yang menarik seperti membuat pohon dari sterofom atau dibuat seperti boneka pohon lalu ditempelkan buah yang berisi angka, perintahkan siswa untuk mengurutkan atau menempelkan buah angka itu ke pohon dari angkat 1 hingga 20. Dengan media tersebut dapat membuat anak lebih tertarik dan mengajak anak ikut aktif dalam pembelajaran, selain itu masih banyak lagi media-media yang dapat digunakan seperti video animasi lalu berikan pertanyaan sederhana dari video tersebut, dan media papan berhitung pintar yaitu papan dari sterofoam yang berisikan soal lalu terdapat gelas plastik yg ditempelkan dan dihias semenarik mungkin siswa diajak berhitung sesuai soal di papan berhitung lalu meletakan stik es krim ke dalam gelas plastik tersebut.
media-media tersebut menurut saya efektif dan cocok digunakan untuk siswa dikelas rendah karena pada proses pembelajarannya berpusat pada siswa, guru tidak hanya berceramah menjelaskan pelajaran tetapi juga mengajak siswa turut aktif dalam pembelajaran, selain itu media yang digunakan lebih menarik dan menyenangkan, hal ini juga bisa melatih siswa untuk lebih berani, percaya diri, berfikir kritis, logis, dan aktif.
NPM : 2163053001
Kelas : 4J
Izin menjawab dari pertanyaan saudari ardila, mengenai media yang cocok untuk kelas rendah agar pembelajaran terasa menyenangkan yaitu saya ambil contoh ketika mengajarkan anak kelas 1 dalam pembelajaran matematika bisa membuat sebuah media yang menarik seperti membuat pohon dari sterofom atau dibuat seperti boneka pohon lalu ditempelkan buah yang berisi angka, perintahkan siswa untuk mengurutkan atau menempelkan buah angka itu ke pohon dari angkat 1 hingga 20. Dengan media tersebut dapat membuat anak lebih tertarik dan mengajak anak ikut aktif dalam pembelajaran, selain itu masih banyak lagi media-media yang dapat digunakan seperti video animasi lalu berikan pertanyaan sederhana dari video tersebut, dan media papan berhitung pintar yaitu papan dari sterofoam yang berisikan soal lalu terdapat gelas plastik yg ditempelkan dan dihias semenarik mungkin siswa diajak berhitung sesuai soal di papan berhitung lalu meletakan stik es krim ke dalam gelas plastik tersebut.
media-media tersebut menurut saya efektif dan cocok digunakan untuk siswa dikelas rendah karena pada proses pembelajarannya berpusat pada siswa, guru tidak hanya berceramah menjelaskan pelajaran tetapi juga mengajak siswa turut aktif dalam pembelajaran, selain itu media yang digunakan lebih menarik dan menyenangkan, hal ini juga bisa melatih siswa untuk lebih berani, percaya diri, berfikir kritis, logis, dan aktif.
Nama: Novita Sari
NPM :2113053084
Izin menambah jawaban dari putri yazmin
saya setuju sekali dengan pendapat saudari Yasmin tentang media -media pembelajaran yang menarik untuk siswa kelas rendah seperti pohon angka dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan usia kelas rendah adalah usia bermain, namun karena sudah memasuki dunia sekolah maka kemampuan kognitif nya juga harus di asah, maka seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan seperti belajar sambil bermain, atau belajar sambil bernyanyi dan untuk media pembelajaran guru bisa memberikan media yang memberikan pengalaman langsung atau melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, agar Pembelajaran mudah dipahami
Terima kasih, mohon maaf jika terjadi kesalah
NPM :2113053084
Izin menambah jawaban dari putri yazmin
saya setuju sekali dengan pendapat saudari Yasmin tentang media -media pembelajaran yang menarik untuk siswa kelas rendah seperti pohon angka dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan usia kelas rendah adalah usia bermain, namun karena sudah memasuki dunia sekolah maka kemampuan kognitif nya juga harus di asah, maka seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan seperti belajar sambil bermain, atau belajar sambil bernyanyi dan untuk media pembelajaran guru bisa memberikan media yang memberikan pengalaman langsung atau melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, agar Pembelajaran mudah dipahami
Terima kasih, mohon maaf jika terjadi kesalah
Assalamualaikum izin menambahkan jawaban dari pertanyaan ardila
Nama Shanty Okta Andelia 211353049
Jadi menurut saya adalah untuk kelas rendah agar pembelajaran nya menyenangkan bisa menggunakan media audio visual atau benda misal ada materi yg menyangkut tentang keadaan laut bisa membawa peralatan gambar gambar seperti laut atau ikan ikan dengan begitu mereka bisa senang karena anak kelas rendah umumnya masih suka di fase bermain dll sekian terimakasih
Nama Shanty Okta Andelia 211353049
Jadi menurut saya adalah untuk kelas rendah agar pembelajaran nya menyenangkan bisa menggunakan media audio visual atau benda misal ada materi yg menyangkut tentang keadaan laut bisa membawa peralatan gambar gambar seperti laut atau ikan ikan dengan begitu mereka bisa senang karena anak kelas rendah umumnya masih suka di fase bermain dll sekian terimakasih
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047
NPM : 2113053047
Bagaimana jika seorang guru telah menemukan media pembelajaran yang relevan dengan peserta didik tapi belum bisa menguasai media pembelajaran tersebut? Misalnya media pembelajaran yang mau digunakan itu berbasis TIK, tapi kan belum tentu semua guru bisa menggunakan media TIK tersebut apalagi kalo gurunya sudah berumur gitu. Bagaimana sih solusi dari permasalahan tersebut. Apakah gurunya harus memilih media pembelajaran yang lain yg sesuai dengan kemampuannya?
Terimakasih.
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129
Izin menjawab pertanyaan Ica Fardila
Seorang guru diharuskan dapat memilih media pembelajaran yang efektif bagi peserta didiknya supaya media yang digunakan berguna untuk menunjang proses pembelajaran atau tidak menyulitkan siswa atau peserta didiknya. Nah, sebelum memilih media pembelajaran guru harus mempertimbangkan terlebih dahulu faktor-faktor yang dihadapi nantinya jika mengambil media yang dipilih, salah satu contoh kasus tersebut guru yang berumur belum pandai menggunakan aplikasi TIK solusinya yaitu saat ini banyak pelatihan bagi guru baik dari kebijakan kepala sekolah ataupun kebijakan pemerintah nah setiap guru wajib mengikuti setidaknya guru dapat mengenal TIK walaupun belum paham betul, jika guru belum mengerti menggunakan TIK maka sebaiknya tidak digunakan sebagai media dapat memilih opsi lain. Mengingat media pembelajaran sangat beragam jenisnya, media sebagai sarana penunjang pembelajaran tetapi peran guru dalam menjelaskan materi juga diperlukan.
Sekian, terimakasih.
NPM : 2113053129
Izin menjawab pertanyaan Ica Fardila
Seorang guru diharuskan dapat memilih media pembelajaran yang efektif bagi peserta didiknya supaya media yang digunakan berguna untuk menunjang proses pembelajaran atau tidak menyulitkan siswa atau peserta didiknya. Nah, sebelum memilih media pembelajaran guru harus mempertimbangkan terlebih dahulu faktor-faktor yang dihadapi nantinya jika mengambil media yang dipilih, salah satu contoh kasus tersebut guru yang berumur belum pandai menggunakan aplikasi TIK solusinya yaitu saat ini banyak pelatihan bagi guru baik dari kebijakan kepala sekolah ataupun kebijakan pemerintah nah setiap guru wajib mengikuti setidaknya guru dapat mengenal TIK walaupun belum paham betul, jika guru belum mengerti menggunakan TIK maka sebaiknya tidak digunakan sebagai media dapat memilih opsi lain. Mengingat media pembelajaran sangat beragam jenisnya, media sebagai sarana penunjang pembelajaran tetapi peran guru dalam menjelaskan materi juga diperlukan.
Sekian, terimakasih.
Terimakasih saudari ifa atas jawabannya
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
Nama : Try Wahyuning Utami (2153053041)
Izin bertanya
Bagaimana cara kalian sebagai seorang pendidik jika ternyata media yang kalian gunakan itu tidak sesuai dengan kebutuhan siswa?
Jika diganti atau tidaknya media itu apakah hal tersebut bisa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
Sekian, terima kasih
Nama : Try Wahyuning Utami (2153053041)
Izin bertanya
Bagaimana cara kalian sebagai seorang pendidik jika ternyata media yang kalian gunakan itu tidak sesuai dengan kebutuhan siswa?
Jika diganti atau tidaknya media itu apakah hal tersebut bisa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
Sekian, terima kasih
Izin menjawab
sebelumnyaa
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010
Pertanyaan dari saudari atas nama Try Wahyuning Utami
Guru kan sebagai sumber belajar berkaitan erat dengan penguasaan materi pelajaran. Kita bisa menilai baik atau tidaknya seorang guru hanya dari penguasaan materi pelajaran. Sehingga guru berperan benar-benar sebagai sumber belajar bagi anak didiknya. Apapun yang ditanyakan siswa berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang diajarkannya, ia akan bisa menjawab dengan penuh keyakinan. Sebaliknya, ketidakpahaman guru tentang materi pelajaran biasanya ditunjukkan oleh perilaku-perilaku tertentu, misalnya teknik penyampaian materi pelajaran yang monoton, guru sering duduk di kursi sambil membaca, suaranya lemah, tidak berani melakukan kontak mata dengan siswa, miskin dengan ilustrasi, dan lain-lain. Perilaku guru yang demikian bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan pada diri siswa, sehingga guru akan sulit mengendalikan siswa.Kalo dirasa siswa kurang nyaman untuk media kita bisa menggunakan media belajar yang berupa gambar atau vidio dan guru bisa menjelaskan dalam materi yang berkaitan untuk belajar hari ini, atau besok begitu kalau ku rasa biar tepatnyaa ganti hari karna apa guru bisa menyiapkan materi materi apa yang akan diajarkan oleh peserta didik,dan media yang sudah dirancang dicoba jadi seperti itu.
sebelumnyaa
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010
Pertanyaan dari saudari atas nama Try Wahyuning Utami
Guru kan sebagai sumber belajar berkaitan erat dengan penguasaan materi pelajaran. Kita bisa menilai baik atau tidaknya seorang guru hanya dari penguasaan materi pelajaran. Sehingga guru berperan benar-benar sebagai sumber belajar bagi anak didiknya. Apapun yang ditanyakan siswa berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang diajarkannya, ia akan bisa menjawab dengan penuh keyakinan. Sebaliknya, ketidakpahaman guru tentang materi pelajaran biasanya ditunjukkan oleh perilaku-perilaku tertentu, misalnya teknik penyampaian materi pelajaran yang monoton, guru sering duduk di kursi sambil membaca, suaranya lemah, tidak berani melakukan kontak mata dengan siswa, miskin dengan ilustrasi, dan lain-lain. Perilaku guru yang demikian bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan pada diri siswa, sehingga guru akan sulit mengendalikan siswa.Kalo dirasa siswa kurang nyaman untuk media kita bisa menggunakan media belajar yang berupa gambar atau vidio dan guru bisa menjelaskan dalam materi yang berkaitan untuk belajar hari ini, atau besok begitu kalau ku rasa biar tepatnyaa ganti hari karna apa guru bisa menyiapkan materi materi apa yang akan diajarkan oleh peserta didik,dan media yang sudah dirancang dicoba jadi seperti itu.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Terima kasih atas perhatian temen-teman yang sudah memperhatikan pada presentasi pagi hari ini. semoga kita dapat mengerti dengan mudah dan dapat kita terapkan dalam kehidupan kita.
Kepada teman-teman yang ingin berpartisipasi aktif bertanya,menambahkan atau menanggapi, dipersilakan melalui vclass dengan cara ketik pertanyaan,saran atau kritik pada forum diskusi ini.
Terima kasih Waassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Terima kasih atas perhatian temen-teman yang sudah memperhatikan pada presentasi pagi hari ini. semoga kita dapat mengerti dengan mudah dan dapat kita terapkan dalam kehidupan kita.
Kepada teman-teman yang ingin berpartisipasi aktif bertanya,menambahkan atau menanggapi, dipersilakan melalui vclass dengan cara ketik pertanyaan,saran atau kritik pada forum diskusi ini.
Terima kasih Waassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, baik terimakasih moderator
berikut ini link google drive presentasi kelompok 1
https://drive.google.com/drive/folders/11wzuddCjYHtx07ki3kQAl3coLbKUAm3Q