Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
Forum Diskusi
Nama : Nisa Juwita
NPM : 2113053256
Kelas : 4B
Civic participation dapat ditanamkan pada lingkungan Sekolah Dasar (SD) melalui beberapa cara, di antaranya:
a. Memberikan Contoh Positif
NPM : 2113053256
Kelas : 4B
Civic participation dapat ditanamkan pada lingkungan Sekolah Dasar (SD) melalui beberapa cara, di antaranya:
a. Memberikan Contoh Positif
Guru dapat memberikan contoh positif dalam perilaku partisipasi pada kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan sekitar sekolah. Guru dapat mengajak siswa untuk bergabung dalam kegiatan sosial, seperti membersihkan lingkungan atau mengumpulkan donasi untuk kegiatan sosial lainnya.
b. Membuat Kegiatan Partisipasi
b. Membuat Kegiatan Partisipasi
Guru dapat membuat kegiatan partisipasi, seperti debat atau diskusi, di mana siswa dapat belajar tentang isu-isu sosial yang penting dan menantang mereka untuk berpikir kritis dan aktif dalam memberikan solusi terhadap masalah tersebut.
c. Membuat Program Pendidikan Kewarganegaraan
c. Membuat Program Pendidikan Kewarganegaraan
Guru dapat membuat program pendidikan kewarganegaraan yang mengajarkan siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara dan pentingnya partisipasi dalam kegiatan sosial.
d. Mendorong Siswa untuk Berbicara Guru dapat mendorong siswa untuk berbicara dalam kelas dan mengemukakan pendapat mereka tentang isu-isu sosial yang sedang dibahas. Hal ini dapat membantu siswa untuk merasa percaya diri dalam berbicara di depan umum dan merangsang partisipasi aktif dalam kegiatan sosial.
Contoh dari penerapan civic participation dalam lingkungan SD adalah:
a. Program Sekolah Ramah Anak Program ini dilakukan dengan mengajarkan siswa dan tenaga pendidik tentang pentingnya perlindungan anak di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar. Program ini melibatkan siswa untuk menjadi aktivis untuk mempromosikan kesadaran masyarakat tentang hak-hak anak.
b. Program Sekolah Peduli Lingkungan Program ini melibatkan siswa untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan mempromosikan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Program ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan sosial dan meningkatkan keterampilan mereka dalam merawat lingkungan.
d. Mendorong Siswa untuk Berbicara Guru dapat mendorong siswa untuk berbicara dalam kelas dan mengemukakan pendapat mereka tentang isu-isu sosial yang sedang dibahas. Hal ini dapat membantu siswa untuk merasa percaya diri dalam berbicara di depan umum dan merangsang partisipasi aktif dalam kegiatan sosial.
Contoh dari penerapan civic participation dalam lingkungan SD adalah:
a. Program Sekolah Ramah Anak Program ini dilakukan dengan mengajarkan siswa dan tenaga pendidik tentang pentingnya perlindungan anak di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar. Program ini melibatkan siswa untuk menjadi aktivis untuk mempromosikan kesadaran masyarakat tentang hak-hak anak.
b. Program Sekolah Peduli Lingkungan Program ini melibatkan siswa untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan mempromosikan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Program ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan sosial dan meningkatkan keterampilan mereka dalam merawat lingkungan.