latihan

latihan

Jumlah balasan: 34

setelah kalian menyimak video pembelajaran tersebut silahkan kalian jawab pertanyaan pertanyaan berikut ini:

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh MUTHIAH MUALIMAH -
Nama : Muthiah Mualimah
Npm : 2113053284
Kelas : 4 E

Izin menjawab bu

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi!
- Model pembelajaran langsung
- Model pembelajaran kooperatif
- model pembelajaran berbasis masalah
- model pembelajaran index card match ( mencocokkan pasangan)

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Menurut saya, dampak bagi peserta didik jika diterapkan model pembelajaran tematik adalah
Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama.
Peserta didik mudah memusatkan perhatian karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama.

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

-Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi.

- Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran tematik dan pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning.

Sekian terimakasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin menjawab pertanyaan di atas bu.

1. Berikut ini adalah beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan pada kelas tinggi berdasarkan video yang sudah saya amati:
a) Direct Instruction
Direct Instruction adalah model pembelajaran yang didasarkan pada instruksi langsung oleh guru. Guru memimpin siswa melalui serangkaian langkah yang terstruktur dan terencana, dengan tujuan mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran. Langkah-langkah ini mencakup presentasi informasi, demonstrasi keterampilan, latihan terpandu, umpan balik, dan evaluasi. Model ini biasanya digunakan untuk mempelajari konsep atau keterampilan yang terstruktur dengan jelas.
b) Group Investigation
Group Investigation adalah model pembelajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mengeksplorasi topik tertentu dan menemukan jawaban atas pertanyaan yang diberikan. Guru memberikan arahan awal tentang topik, dan siswa bertanggung jawab untuk merumuskan pertanyaan, mencari informasi, menganalisis data, dan membuat presentasi untuk dijadikan laporan. Model ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan sosial.
c) Jigsaw
Jigsaw adalah model pembelajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Guru membagi topik pembelajaran menjadi beberapa bagian, dan setiap siswa bertanggung jawab untuk mempelajari bagian tertentu. Kemudian, siswa bergabung dengan kelompok yang berbeda yang memiliki siswa yang mempelajari bagian yang berbeda. Setiap siswa berbagi informasi yang mereka pelajari untuk menyelesaikan tugas kelompok.
d) Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) adalah model pembelajaran di mana siswa belajar melalui pemecahan masalah. Guru memberikan masalah atau situasi nyata yang dihadapi oleh seseorang atau kelompok dalam kehidupan sehari-hari dan siswa harus bekerja sama untuk menemukan solusi. Selama proses pembelajaran, siswa dapat belajar keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi.
e) Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning)
Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah model pembelajaran di mana siswa belajar melalui menemukan sendiri informasi atau pengetahuan baru. Guru memberikan pertanyaan atau tantangan yang memerlukan keterampilan berpikir kritis dan siswa harus mencari jawaban melalui eksperimen, pengamatan, atau penelitian. Selama proses pembelajaran, siswa dapat belajar keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

2. Jika beberapa model pembelajaran tematik yang telah disebutkan sebelumnya diterapkan, maka peserta didik dapat merasakan dampak positif dalam pembelajaran mereka. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi:
a)Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif
Model pembelajaran tematik seperti Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), dan Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning) dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Dalam model-model ini, siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.
b) Meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar
Model pembelajaran tematik yang lebih kolaboratif dan interaktif seperti Group Investigation dan Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Dalam model-model ini, siswa merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan merasa memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mencapai tujuan pembelajaran.
c) Lebih mempertajam pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran
Model-model pembelajaran tematik seperti Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning) dapat membantu siswa memahami konsep pembelajaran secara lebih mendalam dan menyeluruh. Dalam model-model ini, siswa aktif terlibat dalam mencari informasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan topik pembelajaran.
d) Meningkatkan keterampilan sosial dan kolaboratif
Model pembelajaran tematik yang lebih kolaboratif seperti Group Investigation dan Jigsaw dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kolaboratif mereka. Dalam model-model ini, siswa belajar untuk bekerja sama dalam tim, saling mendukung, dan saling belajar dari satu sama lain.

3. Model Pembelajaran untuk Kelas Rendah:
- Pembelajaran Berbasis Permainan
- Pembelajaran Berbasis Cerita atau Dongeng
- Pembelajaran Berbasis Keterampilan Dasar
- Pembelajaran Berbasis Aktivitas
Model Pembelajaran untuk Kelas Tinggi:
- Pembelajaran Berbasis Masalah
- Pembelajaran Berbasis Penemuan
- Pembelajaran Berbasis Proyek
- Pembelajaran Berbasis Diskusi atau Dialog
- Pembelajaran Berbasis Penugasan

Sekian dari saya, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259

Izin menjawab bu

1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Demonstrasi
b. Model Pembelajaran Direct Instruction(Langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Base Learning
2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampaknya yaitu dapat membantu peserta didik mengembangkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen
3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran untuk kelas rendah :
a. Picture and picture
b. Jigsaw
c. Examples dan Examples
d. Mind Mapping
Model pembelajaran untuk kelas tinggi :
a. Problem Based Learning
b. Kelompok Interaktif
c. Ceramah Bervariasi

Sekian, terima kasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Syifa Azzahra Riyadi -
Nama : syifa azzahra riyadi
Npm : 2113053003

izin menjawab pertanyaan diatas bu,,
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Jawab :
• Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL);
• Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL);
• Model pembelajaran index card match ( mencocokkan pasangan); dan
• Collaborative Learning.
2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab :
• Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatau tema tertentu.
• Peserta didik mampu memepelajaru pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama.
• Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam.
• Pengetahuan yang dimiliki lebih terealistik.
• Kretaivitas peserta didik lebih terasah.
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
a. kelas rendah :
• model pembelajaran ceramah.
• model pembelajaran langsung.
• model pembelajaran cooperativ learning.
• Model pembelajaran bermain peran.
b. Kelas tinggi :
• Model pembelajaran penelitian.
• Model pembelajaran berbasis masalah.
• Model pembelajaran berbasis proyek.

sekian jawaban saya terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI -
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174

Latihan

Izin menjawab pertanyaan yang telah ibu berikan.
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Jawab:
a. Model pembelajaran demonstran
b. Model pembelajaran direct intruction (langsung)
c. Model pembelajaran group investigation (berkelompok)
d. Model pembelajaran jigsaw (kelompok ahli dan kelompok asal)
e. Model pembelajaran inquiry based learning (terbimbing)
2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab:
Dampak bagi peserta didik jika menerapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut dapat berpikir kritis, berani berpendapat, serta dapat menerima pembelajaran dengan efektif dan efisien.
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab:
Kelas tinggi :
a. Model pembelajaran demonstran
b. Model pembelajaran direct intruction (langsung)
c. Model pembelajaran group investigation (berkelompok)
d. Model pembelajaran jigsaw (kelompok ahli dan kelompok asal)
e. Model pembelajaran inquiry based learning (terbimbing)
Kelas rendah :
a. Discovery learning
b. Inquiry learning (terbimbing)
c. Problem based learning
d. Project based learning
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016
Kelas : 4E

Izin menjawab bu.
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Demonstasi
b. Model Pembelajaran Direct Intruction
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
*Dampak model pembelajaran demonstasi adalah 1)perhatian siswa dapat lebih dipusatkan, 2)proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari, 3) pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.

*Dampak model pembelajaran direct instruction adalah memperkuat kompetensi dan keterampilan siswa dari praktik, latihan, hingga berbagai pengetahuan yang diberikan dalam tahapan tertentu agar dapat diikuti dengan mudah oleh siswa.
Dampak model pembelajaran group investigation adalah sebagai berikut, 1) meningkatkan motifasi belajar siswa. 2) pembelajaran yang dilakukan membuat suasana saling bekerjasama dan berinteraksi antar siswa dalam kelompok tanpa memandang latar belakang. 3)melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan mengemukakan pendapatnya.

*Dampak model pembelajaran jigsaw adalah melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran,dan sekaligus mengajarkan untuk dapat bekerja sama dengan orang lain sehingga dapat menumbuhkan rasa kerja sama antar teman sebaya.

* Dampak model pembelajaran inquiry based learning adalah mampu memecahkan masalah, membuat solusi, dan mengatasi pertanyaan dan masalah kehidupan nyata. Dapat mengembangkan bakat, mengembangkan keterampilan berpikir kritis atau critical thinking skills dan meningkatkan keberhasilan belajar.


3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model Pembelajaran untuk Kelas Rendah
a. Model Pembelajaran Demonstasi
b. Model Pembelajaran Direct Intruction
c. Model Pembelajaran Group Investigation

Model Pembelajaran untuk Kelas Tinggi
a. Model Pembelajaran Direct Intruction
b. Model Pembelajaran Group Investigation
c. Model Pembelajaran Jigsaw
d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Sekian. Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM   : 2153053018


1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi!

     Model pembelajaran kelas tinggi, yaitu :
     a. Problem Based Learning
   
 b. Project Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampak diterapkannya pembelajaran tematik adalah peserta didik aktif mengikuti pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan peserta didik . Dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran, peserta didik mudah memahami materi karena indikator serta isi materi akan terjadi penghematan sehingga peserta didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir. Jadi penguasaan konsep mata pelajaran akan semakin baik.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

Model pembelajaran kelas rendah :
a. Discovery Learning
Model pembelajaran yang mendorong peserta didik dapat mengidentifikasi apa yang ingin diketahui, menemukan konsep dan prinsip yang akhirnya sampai pada suatu kesimpulan.
 
b. Inquiry Learning
Model pembelajaran yang bertujuan memperoleh informasi dengan melakukan observasi/eksperimen untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis.

Model pembelajaran kelas tinggi :
a. Problem Based Learning
Model pembelajaran yang dapat meransang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
 
b. Project Based Learning
Model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik untuk melakukan analisis dan investigasi yang mendalam dalam suatu topik permasalahan yang diangkat dalam membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai materi.

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh MASITA PUTRI KIRANA -
Nama : Masita putri kirana
NPM : 2113053182

izin menjawab
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
JAWAB :
1. Model demonstrasi
2. Model direct instruction (Langsung)
3. Model group investigation
4. Model jigsaw
5. Model inquiry based learning
2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
JAWAB :
Dalam pembelajaran kelas tinggi juga diperlukan penerapan berbagai model pembelajaran yang cocok dalam tingkatan kelas tinggi dan sesuai materi.contonhnya penerapan model pembelajaran tematik. Kita sebagai calon guru perlu menganalisis model yang cocok. Dengan menerapkannya model tersebut maka akan tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik,
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
JAWAB :
Model pembelajaran untuk kelas rendah
Model berbasis bermain, model berbasis bercerita, model berbasis menyanyi atau musik, dan model demonstrasi.
Model pembelajaran untuk kelas tinggi
Model ceramah, problem based learning, kelompok interaktif dan model pembelajaran penelitian.

TERIMAKASIH.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
=>
- Contextual Teaching Learning (CTL)
- Model kegiatan sosial dan PKn
- Pembelajaran Berbasis Proyek
- Model Pembelajaran Langsung

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
=> Pembelajaran tematik memiliki dampak positif peserta didik yaitu peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena pendidik dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
=> Model pembelajaran kelas rendah:
- Model pembelajaran dengan pendekatan deduktif
- Model pembelajaran dengan pendekatan induktif
- Model ekspositori
- Model pembelajaran terpadu
- Model bercerita

Model pembelajaran kelas tinggi:
- Contextual Teaching Learning (CTL)
- Model kegiatan sosial dan PKn
- Pembelajaran Berbasis Proyek
- Model Pembelajaran Langsung
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab pertanyaan bu Dayu, mengenai:

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab :
Ada 3 model pembelajaran yang tepat diterapkan di kelas tinggi, yaitu:
1. Model pembelajaran penelitian
Model pembelajaran penelitian ini digunakan untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik, mengembangkan cara berpikir kritis, kreatif, komperatif, dan hipotesis.
2. Model pembelajaran kelompok interaktif
Model pembelajaran ini digunakan pada kelas tinggi agar peserta didik mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan komunikasi, sinergi, inisiatif, dan kreatifitasnya.
3. Model pembelajaran ceramah bervariasi
Model ini digunakan di kelas tinggi yang merupakan model pembelajaran dari beberapa metode, seperti tanya jawab, diskusi dan sebagainya.

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab:
Dampak bagi peserta didik terhadap pembelajaran tematik adalah peserta didik akan lebih mudah menerima pembelajaran dari satu tema yang ditentukan, dan peserta didik dapat mengembangkan pengetahuannya terhadap kompetensi dasar dalam tema yang sama.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab:
A. Model pembelajaran untuk kelas rendah, yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL). Model pembelajaran ini dapat digunakan pada kelas rendah karena nantinya peserta didik akan mengembangkan kemampuannya untuk menghadapi dan memecahkan permasalahan yang dihadapi sesuai dengan tingkat kesulitan yang diberikan.
B. Model pembelajaran untuk kelas tinggi, yaitu model pembelajaran penelitian, model pembelajaran kelompok interaktif, dan model pembelajaran ceramah variasi.

Sekian, Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Irma Tri Susanti -
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Izin menjawab pertanyaan diatas, Bu.

1. Berdasarkan penjelasan dari video tersebut, model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu antara lain :
1. Model pembelajaran demonstrasion
Adalah model pembelajaran menggunakan alat peragaan untuk memperjelas suatu pengertian.

2. Model pembelajaran direct intruction (Model pembelajaran langsung)
Model pembelajaran dengan cara guru mentransfer ilmu kepada peserta didik secara langsung dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, serta demonstrasi.

3. Model pembelajaran group investigasion
Adalah sebuah model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalanya mereka (Trianto, 2009).

4. Model pembelajaran jigsaw
Model pembelajaran dimana peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ahli dan kelompok asal.

5. Model pembelajaran inquiry based learning
Adalah model pembelajaran dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.


2. Adapun beberapa dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut, antara lain :
1. Model pembelajaran demonstrasion
Dampak yang didapat peserta didik jika diterapkan model ini yaitu peserta didik lebih mudah dalam menerima pembelajaran karena pada penggunaan model ini pembelajarannya bersifat konkret atau nyata.

2. Model pembelajaran direct intruction (Model pembelajaran langsung)
Dampak yang didapat peserta didik jika diterapkan model ini yaitu peserta didik lebih mudah menerima pembelajaran dari pendidik secara langsung. Namun, peserta didik cenderung akan pasif.

3. Model pembelajaran group investigasion
Dampak jika diterapkan model ini yaitu peserta didik akan aktif dalam pembelajaran untuk menemukan atau mencari sesuatu.

4. Model pembelajaran jigsaw
Dampak yang akan didapat peserta didik jika diterapkan model ini yaitu akan meningkatkan kemandirian serta motivasi peserta didik dalam pembelajaran.

5. Model pembelajaran inquiry based learning
Dampak yang akan didapatkan peserta didik jika diterapkan model ini yaitu peserta didik akan aktif dalam pembelajaran, dimana peserta didik dapat mencari sendiri jawaban dari suatu permasalahan.


3. Model pembelajaran kelas rendah :
a. Jigsaw (Model tim ahli)
b. Picture and picture
c. Examples non examples
d. Cooperative script
e. Mind mapping
f. Learting together
g. Numbered heads together

Model pembelajaran kelas tinggi :
a. Model pembelajaran induktif
b. Model pembelajaran deduktif
c. Model pembelajaran dengan bercerita
d. Model contextual teaching learning (CTL)
e. Model kegiatan sosial dan pendidikan kewarganegaraan

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016

Izin menjawab bu,
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawaban :
• Model Pembelajaran Demonstration adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
• Model Pembelajaran Direct Intruction atau model pembelajaran langsung yang langsung merujuk pada berbagai teknik pembelajaran ekspositori.
• Model Pembelajaran Group Investigation adalah tipe pembelajaran berkelopok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajarai dan bagaimana jalannya.
• Model Pembelajaran Jigsaw adalah sistem pembelajaran yang dimana siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk memebaca beberapa bab atau unit diberikan “lembar ahli ke tim ahli” yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
• Model Pembelajaran Inquiry Based Learning merupaka salah satu model yang dapat medorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran (Shoimin, 2014).

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawaban :
Berikut adalah beberapa dampak yang dapat diperoleh peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik:
• Model Pembelajaran Demonstration: Peserta didik dapat memahami konsep secara visual dan lebih mudah diingat karena disajikan melalui peragaan.
• Model Pembelajaran Direct Instruction: Peserta didik dapat memahami konsep secara terstruktur dan sistematis sehingga lebih mudah dipahami.
• Model Pembelajaran Group Investigation: Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan kerjasama tim pada peserta didik.
• Model Pembelajaran Jigsaw: Peserta didik dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama antarpeserta didik.
• Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning: Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik.
Dalam pengaplikasian model-model tersebut, seorang guru perlu mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik agar dapat memaksimalkan dampak positif dari model pembelajaran yang dipilih.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawaban :
Berikut adalah beberapa model pembelajaran yang dapat diklasifikasikan untuk kelas rendah dan kelas tinggi:
Model pembelajaran untuk kelas rendah:
a) Model Pembelajaran Storytelling
b) Model Pembelajaran Role Play
c) Model Pembelajaran Games
d) Model Pembelajaran Discovery Learning
e) Model Pembelajaran Problem-Based Learning
Model pembelajaran untuk kelas tinggi:
a) Model Pembelajaran Demonstration
b) Model Pembelajaran Direct Instruction
c) Model Pembelajaran Group Investigation
d) Model Pembelajaran Jigsaw
e) Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning
Namun, perlu diingat bahwa klasifikasi model pembelajaran ini tidaklah mutlak dan dapat berbeda-beda tergantung pada konteks dan kebutuhan pembelajaran yang spesifik. Oleh karena itu, seorang guru perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut saat memilih model pembelajaran yang sesuai untuk kelasnya.

Sekian, Terima Kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Dina Damayanti -
Nama : Dina Damayanti
NPM : 2113053145

Izin menjawab bu.
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi.Model penelitian sangat potensial untuk mewngembangkan rasa ingin tahu, berfikir deduktif, berfikir induktif, berfikir kritis, berfikir kreatif, berfikir komperatif/kolistik, dan berfikir hipotetis.Prosedur dasar model penelitian adalah
MASALAH –> HIPOTESIS –> DATA –> KESIMPULAN
Model kelompok interaktif sangat potensial mengembangkan keterampilan berkomunikasi, inisiatif, dan kreativitas, dan sinergi.Model kelompok interaktif yang dapat digunakan di kelas tinggi antara lain membaca berpasangan, kelompok pendukung, latihan keterampilan bersama, tugas rumah kelompok, dan sajian situasi.
Model ceramah bervariasi termasuk ke dalam pendekatan ekspositori dengan ciri utama adanya komunikasi verbal. Ada 5 model ceramah yang dapat dipakai di kelas tinggi yakni ceramah tanya jawab, ceramah audio-visual, ceramah demonstrasi, ceramah mini, dan ceramah interaktif.

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas rendah khususnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Untuk kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran seperti penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi.

Sekian Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh ADILLA DWI PUTRI LESTARI -
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab bu

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab : Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu :
a. Model Pembelajaran Direct Instruction
b. Model Pembelajaran group investigation
c. Model Pembelajaran Jigsaw
d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab : Dampak yang akan didapat oleh peserta didik yakni peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara efektif dan efisien, meningkatkan semangat belajar pada peserta didik, dan meningkatkan kreativitas peserta didik.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
a. Model Pembelajaran kelas rendah, yaitu:
1) Model pembelajaran picture and picture
2) Model pembelajaran mind mapping
3) Model pembelajaran bermain peran

b. Model Pembelajaran Kelas tinggi, yaitu:
1) Model pembelajaran berbasis masalah
2) Model pembelajaran berbasis penelitian
3) Model pembelajaran jigsaw

Sekian jawaban dari saya, terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193
Kelas : 4E
Izin memberikan jawaban dari pertanyaan dibawah ini bu,

1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi!
Jawaban :
1. Model pembelajaran Demonstrasion
2. Model pembelajaran direct intruction/ Pembelajaran langsung
3. Model pembelajaran group investigation
4. Model pembelajaran jigsaw
5. Model pembelajaran problem based learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawaban :
Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik yaitu, peserta didik akan lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efisien waktu karena pendidik dapat melakukan berbagai mata pelajaran dalam satu tema. Dan peserta didik akan terdorong untuk belajar secara aktif, karena model pembelajaran ini sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang diharapkan. Penelitian Muhson (2009) menyatakan bahwa metode Problem Based Learning mampu meningkatkan minat belajar peserta didik namun belum bisa dikatakan meningkat secara optimal karena masih ada peserta didik yang minat belajarnya rendah. Proses pembelajaran dengan metode Problem Based Learning telah mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawaban :
Model pembelajaran untuk kelas rendah
1. Picture and picture
2. Examples non examples
3. Model pembelajaran discovery learning
4. model pembelajaran ceramah
5. Model pembelajaran inquiry learning

Model pembelajaran untuk kelas tinggi
1. Model pembelajaran Demonstrasion
2. Model pembelajaran direct intruction/ Pembelajaran langsung
3. Model pembelajaran group investigation
4. Model pembelajaran jigsaw
5. Model pembelajaran problem based learning

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Ririn Dwiyanti -
Nama : Ririn Dwiyanti
Npm : 2153053044

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Demonstrasi
b. Model Pembelajaran Direct Instruction(Langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Base Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
dampak dari model tersebut adalah membantu peserta didik mengembangkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai serta mengembangkan kekreatifan anak

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
a. Model pembelajaran demonstran
b. Model pembelajaran direct intruction
c. Model pembelajaran group investigation
d. Model pembelajaran jigsaw
e. Model pembelajaran inquiry based learning
Kelas rendah :
a. Discovery learning
b. Inquiry learning
c. Problem based learning
d. Project based learning
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawaban :
1. Model pembelajaran demonstrasi
2. Model pembelajaran langsung (Direct intruction)
3. Model pembelajaran group investigation (berkelompok)
4. Model pembelajaran jigsaw.
5. Model pembelajaran Inquiry based learning.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawaban :
Menurut saya dampak bagi peserta didik jika menerapkan model pembelajaran tematik maka mereka dapat mempelajari dan mengembangkan sebuah tema yang sama dalam berbagai materi pembelajaran. Selain itu, dengan menerapkan model pembelajaran yang telah disebutkan diatas mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran serta saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam menemukan konsep-konsep ilmu pengetahuan.
Peserta didik juga mendapat pengalaman-pengalaman yang sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawaban :
Model pembelajaran untuk kelas rendah :
1. Discovery learning
2. Problem based learning (PBL)
3. Project based Learning (PJBL)
4. Picture and picturepicture
5. Tebak kata

Sedangkan untuk kelas tinggi model pembelajaran nya yaitu :
1. Model pembelajaran demonstrasi
2. Model pembelajaran langsung (Direct intruction)
3. Model pembelajaran group investigation (berkelompok)
4. Model pembelajaran jigsaw.
5. Model pembelajaran Inquiry based learning
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin menjawab bu..

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi

Jawab :
(1) Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.

(2) Model pembelajaran direct intruction
Model pembelajaran langsung merujuk pada berbagai teknik pembelajaran ekspositori.

(3) Model pembelajaran group investigation
Grup Investigation tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan peserta didik dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka (Trianto, 2009)

(4) Model pembelajaran jigsaw
Peserta didik belajar dalam tim yang heterogen peserta didik tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli" yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.

(5) Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran inquiry Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran (shomin, 2014).
Terdapat 6 langkah pembelajaran
a. stimulation
b. problem statement
c. data collection
d. data processing
e. verification
f. generalization

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?

Jawab :
tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lain yaitu peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dengan tema yang sama, dan efisien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

Jawab :
Model pembelajaran kelas rendah
a. model pembelajaran picture and picture
b. model pembelajaran tebak kata
c. model pembelajaran direct intrusion

model pembelajaran kelas tinggi
a. model pembelajaran jigsaw
b. model pembelajaran problem based learning (PBL)
c. model pembelajaran inquiry based learning
d. model pembelajaran demonstrasion
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Siti Nadya Nur Amaliya -
setelah kalian menyimak video pembelajaran tersebut silahkan kalian jawab pertanyaan pertanyaan berikut ini:

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

Jawaban
1. model- model pembelajaranuntuk kelas tinggi
a. Discovery learning
b. Problem based learning
c. Project based learning
d. Direct instruction
e. Group investigation
f. Jigsaw


2. Dampak pembelajaran tematik ke peserta didik

a. discovery learning menekankan pada penemuan konsep atau prinsip tersebut tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan. discovery learning diawali dengan stimulasi berupa masalah yang direkayasa oleh guru
inquiry learning lebih kepada penyelidikan untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa dan masalah yang diberikan bukan hasil rekayasa guru

b. problem based learning pembelajaran ini lebih menekankan kepada guru yang terus membimbing siswa dengan memberikan pertanyaan dan juga penghargaan serta mendorong siswa untuk mencari solusi terhadap masalah yang dirumuskan oleh siswa sendiri

c. project based learning kelemahan menekankan kepada menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran, pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal untuk mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman nyata

d. Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan
sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau
keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi
pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.

e.. Model Pembelajaran Group Investigation
Menurut Trianto (2009: 78) Group Investigation tipe pembelajaran
berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang
dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pembelajaran tipe ini
bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, disamping itu tipe ini
memerlukan pengajaran keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang
baik pada siswa.

f. Jigsaw
Menurut Slapin (2010-237) yaitu dapat digunakan apabila materi
pembelajaran adalah materi yang berbentuk tertulis. Dalam model
pembelajaran Jigsaw, siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan ”lembar ahli”
yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus
perhatian anggota tim saat mereka membaca.


g.. Model Pembelajaran Tebak Kata

Model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Permainan tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menjodohkan kartu soal teka-teki dengan kartu jawaban yang tepat. Melalui permainan tebak kata, selain anak menjadi tertarik untuk belajar juga memudahkan dalam
menanamkan konsep pelajaran PPKn dalam ingatan siswa.Jadi, guru mengajak siswa untuk bermain tebak kata dengan menggunakan media kartu dari kertas karton dalam mata pelajaran PPKn.

h. Model Pembelajaran Picture and Picture
Model pembelajaran ini menggunakan gambar yang disusun secara sistematis. Artinya siswa secara aktif menyusun gambar yang tidak beraturan menjadi keadaan yang utuh atau yang sebenarnya.


i. Model Pembelajaran Multiliterasi Model pembelajaran multiliterasi merupakan model pembelajaran yang mengoptimalkan konsep literasi berbahsa untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan sikap berbagi disiplin ilmu. Kemampuan literasi berbahasa akan digunakan sebagai sarana penguasaan materi pembelajaran. Kemampuan literasi tersebut meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah dan kelas tinggi
1) model pembelajaran untuk anak sd kelas rendah adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengalaman nyata dan aplikasi benda-benda konret dalam pembelajaran. klasifikasinya yaitu:
a. picture to picture
b. project based learning.
c. problem based learning
d. problem solving

2) model pembelajaran untuk kelas tinggi
a. Discovery learning
b. Problem based learning
c. Project based learning
d. Direct instruction
e. Group investigation
f. Jigsaw

Sekian
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Yugi Utami -
Nama: Yugi utami
NPM: 2113053132

1. Beberapa model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi antara lain:
- Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), di mana siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
- Model pembelajaran discovery (pembelajaran penemuan), di mana siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep dan prinsip dalam pembelajaran mereka sendiri.
- Model pembelajaran inkuiri (inquiry-based learning), di mana siswa memperoleh pengetahuan melalui eksplorasi, eksperimen, dan refleksi.
- Model pembelajaran problem-based learning (PBL), di mana siswa mempelajari materi melalui pemecahan masalah yang terkait dengan konteks kehidupan nyata.
- Model pembelajaran flipped classroom, di mana siswa belajar materi di luar kelas melalui sumber-sumber online, dan menggunakan waktu kelas untuk berdiskusi dan berlatih dalam kelompok.

2. Dampak positif bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut adalah:
Meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran karena materi yang diajarkan terkait dengan kehidupan sehari-hari dan konteks mereka.
- Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa karena mereka harus memecahkan masalah dan menemukan solusi dalam konteks pembelajaran.
- Meningkatkan keterampilan kerja sama dan komunikasi siswa karena mereka harus bekerja dalam kelompok dan berdiskusi dengan rekan mereka.
- Meningkatkan pemahaman konsep yang lebih baik karena siswa mempelajari materi secara terpadu dan terintegrasi.

3. Model pembelajaran untuk kelas rendah antara lain:
- Model pembelajaran kooperatif
- Model pembelajaran cerita (storytelling)
- Model pembelajaran bermain peran (role playing)

Model pembelajaran untuk kelas tinggi antara lain:
- Model pembelajaran kooperatif
- Model pembelajaran discovery
- Model pembelajaran inkuiri
- Model pembelajaran problem-based learning
- Model pembelajaran flipped classroom
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Zahra Dika Ramadhona -
Nama : Zahra Dika Ramadhona
Npm : 2113053156

Izin menjawab bu

1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu
- Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
- Model pembelajaran problem based learning


2. Apabila peserta didik tingkat tinggi menerapkan model pembelajaran PJBL dan PBL akan berdampak dalam meningkatkan motivasi belajar, team work(kerja sama), keterampilan kolaborasi dalam pencapaian kemampuan akademik level tinggi/taksonomi tingkat kreativitas yang dibutuhkan. Selain, itu akan menambah daya pikir anak dalam memecahkan masalah.

3. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas rendah yaitu Model Pembelajaran Penyingkapan (penemuan dan pencarian/penelitian) yang berisikan Sintak model Discovery Learning dan Sintak model Inquiry Learning Terbimbing. Apabila menerapan model pembelajaran tersebut, akan meningkatkan daya pikir peserta didik mulai dari memahami konsep, mengidentifikasi masalah hingga menarik kesimpulan.

Sedangkan kelas tingkat tinggi lebih tepat menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) dan problem based learning (PBL). Karena, anak tingkat tinggi sudah dapat diberikan motivasi dalam kreatifitas dan kerja sama.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

Mohon izin menjawab bu,
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab :
* Model Pembelajaran Demonstrasi
* Model Pembelajaran Direck Intruction (Pembelajaran Langsung)
* Model Pembelajaran Group Investigation (Pembelajaran Berkelompok)
* Model Pembelajaran Jigsaw
* Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab :
Dampak dari penerapan model pembelajaran tematik adalah dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diberikan, menumbuhkan sikap aktif dan kreatif serta membangun keterampilan sosial peserta didik.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
Model pembelajaran kelas rendah
* Model Pembelajaran Ceramah
* Model Pembelajaran Picture and Picture
* Model Pembelajaran Demonstrasi
* Model Pembelajaran Tebak Kata

Model Pembelajaran Kelas Tinggi
* Model Pembelajaran Demonstrasi
* Model Pembelajaran Direck Intruction (Pembelajaran Langsung)
* Model Pembelajaran Group Investigation (Pembelajaran Berkelompok)
* Model Pembelajaran Jigsaw
* Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Sekian terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

1. sebutkan model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
jawab:
berdasarkan video dari materi yang telah saya amati, maka di dapatkan model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu, Model pembelajaran demonstrasion, Direct intruction atau model pembelajaran langsung, Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Jigsaw, dan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab:
dampak positif bagi pendidik dan peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, serta tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab:
1. kelas rendah
utuk kelas rendah model pembelajrannya yaitu, menggunakan Picture And Picture, Jigsaw Ii, Examples Non Examples, Mind Mapping, dan Problem Based Learning (PBL)

2. kelas tinggi
utuk kelas tinggi model pembelajrannya yaitu, menggunakan Model Pembelajaran Demonstration, Model Pemeblajaran Direct intruction, Model Pembelajaran Group investigation, Model Pembelajaran Jigsaw, dan Model Pembelajaran Inquiry based learning

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Aminata Zuhriyah -
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Izin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

1. Sebutkan model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi.
Untuk kelas tinggi di sekolah dasar, ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, di antaranya:

- Model Cooperative Learning: Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Model ini dapat meningkatkan partisipasi peserta didik, keterampilan sosial, dan pengetahuan peserta didik.

- Model Problem-Based Learning: Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk belajar dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Dalam model ini, peserta didik diminta untuk berpikir kritis, mencari informasi sendiri, dan menyelesaikan masalah secara mandiri.

- Model Flipped Classroom: Model pembelajaran ini mengubah tradisi pembelajaran di kelas, di mana peserta didik mempelajari materi secara mandiri melalui video atau bahan bacaan sebelum pertemuan kelas. Kemudian, selama pertemuan kelas, peserta didik dapat melakukan diskusi dan penerapan materi yang telah dipelajari.

- Model Inquiry-Based Learning: Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk mempelajari materi melalui pertanyaan dan eksperimen. Peserta didik diajak untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka sendiri, dan kemudian mempresentasikan hasil penemuan mereka.

- Model Mastery Learning: Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk belajar pada tingkat individu. Peserta didik diberikan bahan pembelajaran pada tingkat yang dapat mereka pahami, dan kemudian diuji untuk menentukan apakah mereka telah memahami materi atau belum. Jika siswa belum memahami materi, mereka akan diberikan bahan pembelajaran tambahan sebelum diuji lagi.

Semua model pembelajaran di atas dapat digunakan untuk kelas tinggi di sekolah dasar, tergantung pada preferensi dan tujuan pembelajaran dari masing-masing pendidik.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?

Penerapan beberapa model pembelajaran tematik dapat memiliki dampak yang positif bagi peserta didik, di antaranya:

Meningkatkan motivasi belajar: Dengan mempelajari topik tertentu secara menyeluruh dan terintegrasi, peserta didik dapat merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar. Hal ini dapat membantu meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik.

Meningkatkan keterampilan berpikir: Model pembelajaran tematik memungkinkan peserta didik untuk melihat keterkaitan antara berbagai topik dan konsep yang dipelajari. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan sintetis peserta didik.

Meningkatkan kreativitas: Model pembelajaran tematik dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas.

Meningkatkan pemahaman holistik: Model pembelajaran tematik membantu peserta didik untuk memahami topik secara holistik, yaitu melihat dan memahami topik dalam konteks yang lebih luas. Hal ini dapat membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia dan bagaimana berbagai konsep terkait satu sama lain.

Namun, penerapan model pembelajaran tematik juga dapat memiliki dampak negatif jika tidak dilakukan dengan baik. Misalnya, peserta didik dapat mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang kompleks jika tidak diberikan panduan dan pengarahan yang cukup. Selain itu, jika kurikulum tidak diatur dengan baik, peserta didik dapat mengalami kekurangan pengetahuan dalam beberapa topik. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa model pembelajaran tematik diterapkan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi.

Model Pembelajaran untuk Kelas Rendah:

- Pembelajaran Bermain: Pembelajaran bermain adalah model pembelajaran yang cocok untuk peserta didik kelas rendah. Dalam model ini, konsep-konsep dan keterampilan diajarkan melalui bermain dan kegiatan yang menyenangkan.

- Pembelajaran Terstruktur: Model ini biasanya digunakan di kelas awal, di mana pendidik memberikan instruksi terstruktur tentang topik tertentu. Model ini memberikan arahan yang jelas dan fokus pada membangun dasar pengetahuan.

- Pembelajaran Berbasis Proyek: Model ini melibatkan peserta didik dalam proyek yang lebih besar, dimana mereka harus bekerja sama untuk menyelesaikan proyek tersebut. Pembelajaran berbasis proyek sering kali efektif untuk peserta didik yang membutuhkan pengalaman langsung untuk memahami konsep-konsep.

Model Pembelajaran untuk Kelas Tinggi:

- Pembelajaran Berbasis Masalah: Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang cocok untuk siswa kelas atas. Dalam model ini, peserta didik diberikan masalah yang kompleks dan harus menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan keterampilan mereka.

- Pembelajaran Kolaboratif: Model ini mengharuskan peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas atau proyek. Pembelajaran kolaboratif menekankan pada kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kerja tim.

- Pembelajaran Mandiri: Model ini memberikan peserta didik lebih banyak kebebasan untuk menentukan apa yang ingin mereka pelajari dan bagaimana cara mereka ingin belajar. Pembelajaran mandiri cocok untuk peserta didik yang membutuhkan pengalaman belajar yang lebih personal dan mempunyai kemampuan belajar mandiri yang baik.

Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh SEPTIANA 21 -
Nama : Septiana
NPM: 2113053139

Izin menjawab ibu,
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab :
Model Contextual Teaching Learning (CTL)
Model Kegiatan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan
Model pembelajaran kooperatif Jigsaw
Model GI (Group Investigation)
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio.

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Model kegiatan sosial dan pendidikan kewarganegaraan, pendekatan ini mencoba memperbaiki kehidupan siswa dalam masyarakat atau negara, dengan mencoba mengembangkan kompetensi lingkungan dan memberikan dampak pada keputusan-keputusan kebijakan, memiliki tingkat kompetensi dan komitmen sebagai pelaksana yang bermoral. Model ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam kehidupan politik, ekonomi, dan sosial dalam masyarakat.
Pembelajaran CTL, Model CTL disebut juga REACT, yaitu relating (belajar dalam kehidupan nyata), experiencing (belajar dalam konteks eksplorasi, penemuan dan penciptaan), applying (belajar dengan menyajikan pengetahuan untuk kegunaannya), cooperating (belajar dalam konteks interaksi kelompok), dan transferring (belajar dengan menggunakan penerapan dalam konteks baru atau konteks lain). Belajar tidak hanya menggunakan ruang kelas, bisa dilakukan di dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.
Mengaitkan isi pelajaran dengan dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka.
Membekali siswa dengan pengetahuan yang fleksibel dapat diterapkan dari satu permasalahan ke permasalahan lain, dari satu konteks ke konteks lain. Sehingga peserta didik dapat berfikir lebih kritis, dan mengeksplorasi lebih jauh.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
Model pembelajaran Kelas Rendah : Model pembelajaran picture and picture
Model direct interaction
Model pembelajaran multiliterasi
Model discoveri learning
Model inquiry Learning

Model pembelajaran kelas tinggi :
Model Contextual Teaching Learning (CTL)
Model Kegiatan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan
Model pembelajaran kooperatif Jigsaw
Model GI (Group Investigation)
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Sebelumnya izin menjawab terkait pertanyaan diatas ibu
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
b. Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL)
c. Model pembelajaran index card match ( mencocokkan pasangan)
d. Model Collaborative Learning.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Pembelajaran tematik memiliki dampak positif baginya untuk peserta didik salah satunya yaitu memudahkan untuk melakukan pembelajaran pada peserta didik serta peserta didik dapat mempelajari pengetahuan serta pengembangan dalam berbagai kompetensi dasar di setiap mata pelajaran dalam tema yang sama, serta kemudahan untuk pendidik dalam melakukan proses belajar pembelajaran karena dapat melakukan beberapa mata pelajaran di waktu yang sama hal tersebut merupakan salah satu efisien waktu bagi seorang pendidik.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran untuk kelas rendah
1. Model pembelajaran demonstasi
2. Model pembelajaran direct intruction
3. Model pembelajaran group investigation

Model pembelajaran untuk kelas tinggi
1. Model pembelajaran direct intruction
2. Model pembelajaran group investigation
3. Model pembelajaran jigsaw
4. Model pembelajaran inquiry based learning

Sekian terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Debi Elisa Prasasti -
1. Model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu
Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran langsung
Model pembelajaran group investigation
Model pembelajaran jigsaw
Model pembelajaran inquiry based learning

2. Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

3. Model pembelajaran kelas rendah
Model pembelajaran Demonstration
Model Pembelajaran Direct Instraction ( Pembelajaran Langsung )
Model Pembelajaran Group Investigation
Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Model Pembelajaran Picture and Picture
Model Pembelajaran Project Based Learning
Model Pembelajaran Problem Solving
Model Pembelajaran Multiliterasi
Model Pembelajaran Discovery Learning
Model Pembelajaran Tebak Kata

Model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu
Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran langsung
Model pembelajaran group investigation
Model pembelajaran jigsaw
Model pembelajaran inquiry based learning
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH -
Nama : Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

Izin menjawab pertanyaan diatas bu

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab
a. Model pembelajaran direct intruction (langsung)
b. Jigsaw
c. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
d. Model pembelajaran demonstrasi

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab
a. Model pembelajaran direct intruction (langsung)
Model ini dipilih karena dalam pembelajaran ini terdapat tahap-tahap dalam proses pembelajaran yang dimulai dari tahap orientasi sampai dengan tahap memberikan latihan secara mandiri. Model direct instruction dapat mendorong kemampuan peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui aktivitas belajar. Aktivitas belajar yang diberikan adalah dengan memberikan latihan secara langsung. Pemberian tugas secara langsung dengan memberikan suatu masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik sehingga diharapkan siswa dapat aktif untuk mendalami materi yang diberikan.
b. Jigsaw
Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian.
c. Model Pembelajaran Inquiry Based
Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat Mampu memecahkan masalah, membuat solusi, dan mengatasi pertanyaan dan masalah kehidupan nyata. Dapat mengembangkan bakat, mengembangkan keterampilan berpikir kritis atau critical thinking skills dan meningkatkan keberhasilan belajar.
d. Model pembelajaran demonstrasi
Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan memberikan ketrampilan, mengurangi penggunaan bahasa yang monoton, serta membantu anak didik agar memudahkan dalam memahami secara jelas tentang suatu proses atau kegiatan karena disajikan berupa peragaan sehingga lebih menarik dan efisien..

3.klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab:
Kelas rendah
a. Discovery Learning
b. Inquiry Learning
c. Model pembelajaran dengan pendekatan induktif

Kelas tinggi
a. Model pembelajaran direct intruction (langsung)
b. Jigsaw
c. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
d. Model pembelajaran demonstrasi

Sekian dari saya. Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh I wayan Suberata -
Nama I WAYAN SUBERATA
NPM 2153053007


Jawaban

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi!
- Model pembelajaran langsung
- Model pembelajaran kooperatif
- model pembelajaran berbasis masalah
- model pembelajaran index card match ( mencocokkan pasangan)

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Menurut saya, dampak bagi peserta didik jika diterapkan model pembelajaran tematik adalah
Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama.
Peserta didik mudah memusatkan perhatian karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama.

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

-Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi.

- Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran tematik dan pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Valentina Setiyawati 2113053024 -
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

1. Model - model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Demonstrasi
b. Model Pembelajaran Direct Instruction
c. Model Pembelajaran Jigsaw
d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Penerapan beberapa model pembelajaran demonstrasi dapat memiliki dampak positif bagi peserta didik, seperti:
a. Meningkatkan Pemahaman
b. Meningkatkan Keterampilan
c. Memperkuat Daya Ingat
d. Meningkatkan Kreativitas

- Dampak negatif
a. Terlalu Fokus pada Guru
b. Kurang Interaktif
c. Keterbatasan Waktu

Penerapan beberapa model pembelajaran Direct Instruction dapat memiliki dampak positif bagi peserta didik, seperti:
a. Meningkatkan Pemahaman
b. Meningkatkan Keterampilan
c. Memperkuat Daya Ingat
d. Meningkatkan Partisipasi

- Dampak negatif
a. Kurang Menstimulasi Kreativitas
b. Kurang Menantang
c. Kurang Adaptif

Penerapan beberapa model pembelajaran jigsaw dapat memiliki dampak positif bagi peserta didik, seperti:
a. Meningkatkan Kerjasama
b. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi
c. Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah
d. Meningkatkan Pemahaman

- Dampak negatif
a. Kurangnya Motivasi
b. Kurangnya Fokus
c. Kurangnya Keterampilan Praktis

Penerapan beberapa model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat memiliki dampak positif bagi peserta didik, seperti:

a. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
b. Meningkatkan Kreativitas
c. Meningkatkan Motivasi
d. Memperkuat Daya Ingat

- Dampak negatif
a. Kurangnya Struktur
b. Kurangnya Fokus
c. Memakan Waktu

3. Klasifikasi model pembelajaran kelas rendah dan tinggi
a. Kelas rendah
1. Model pembelajaran Demonstrasi
2. Model pembelajaran Problem Based Learning

b. Kelas tinggi
1. Model Pembelajaran Demonstrasi
2. Model Pembelajaran Direct Instruction
3. Model Pembelajaran Jigsaw
4. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Terima kasih Bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Andriyani Merkuri -
Nama: Andriyani Merkuri
NPM: 2113053247

Izin menjawab Bu.

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi.
a. Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang
menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik

b. Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atauketerampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.Menurut Killen dalam Depdiknas (2010:23), pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori (pemindahan pengetahuan dari guru kepada murid secara langsung, misalnya melaui ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab) yang melibatkan seluruh kelas.

c. Model Pembelajaran Group Investigation
group investigation adalah
tipe pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya dilakukan bersama-sama secara berkelompok dan struktur dengan baik, dimana siswa ikut berperan dalam pembelajaran yang dilaksanakan guna memecahkan masalah.

d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Model pembelajaran Inquiry Based Learning merupakan salah satu
model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran
(Shoimin,2014, h. 85). Sedangkan menurut Gunawan dkk (2016) model pembelajaran inquiry based learning merupakan kegiatan pembelajaran
berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari
permasalahan yang dihadapi. Selain itu, menurut Trowbritg dan Bybee
(Widiyanti dkk, 2013) pembelajaran inquiry based learning merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat kepada siswa, kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan melalui suatu prosedur yang telah direncanakan secara jelas.





2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?

Peserta didik lebih aktif dalam mencari dan mengolah informasi,sampai menemukan jawaban atas pertanyaan secara mandiri. Guru dapat mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang diterima oleh siswa. Dapat mengembangkan kreatifitas siswa, baik secara individumaupun
kelompok.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

Untuk kelas tinggi : model pembelajaran direct intruction, model group investigation.

Untuk kelas rendah: model pembelajaran problem based learning

Sekian terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh IRHAN ADITYA -
Nama : Irhan Aditya
NPM : 2113053183

Latihan

Izin menjawab pertanyaan yang telah ibu berikan.

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Jawab:
Ada lima (5) model pembelajaran yang tepat untuk di terapkan di kelas tinggi, yaitu:
• Model pembelajaran demonstran
• Model pembelajaran langsung (direct intruction)
• Model pembelajaran berkelompok (group investigation)
• Model pembelajaran jigsaw atau kelompok ahli dan kelompok asal
• Model pembelajaran terbimbing (inquiry based learning)


2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab:
Model pembelajaran tematik memiliki fungsi utama yaitu pembelajaran yang efektif dan efisien, maka jika diterapkan model pembelajaran tematik tersebut peserta di harapkan akan timbul dampak positif bagi peserta didik yaitu diantaranya adalah berani berpendapat, berpikir kritis, dan mereka akan menerima pembelajaran yang efektif serta efisien.


3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab:
Untuk Kelas tinggi :
• Model pembelajaran langsung (direct intruction)
• Model pembelajaran berkelompok (group investigation)
• Model pembelajaran demonstran
• Model pembelajaran jigsaw atau kelompok ahli dan kelompok asal
• Model pembelajaran terbimbing (inquiry based learning)

Untuk Kelas rendah :
• Discovery learning
• Inquiry learning atau terbimbing
• Problem based learning atau PJBL
• Project based learning atau PBL
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah -
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291

1. MODEL PEMBELAJARAN KELAS TINGGI
a. Model pembelajaran direct
b. Model pembelajaran inquiry learning
c. Model pembelajaran jigsaw
d. Model pembelajaran group investigation
e. Model pembelajaran demonstration

2. DAMPAK PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PESERTA DIDIK
a. Peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan
mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema
yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.
b. Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu.
c. Peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama.
d. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.

3. KLASIFIKASI MODEL KELAS TINGGI DAN RENDAH
A. MODEL PEMBELAJARAN KELAS TINGGI
a. Model pembelajaran problem based learning
b. Model pembelajaran inquiry learning
c. Model pembelajaran direct
d. Model pembelajaran demonstration
e. Model pembelajaran group investigation
f. Model pembelajaran jigsaw
g. Model pembelajaran mind mapping
B. MODEL PEMBELAJARAN KELAS RENDAH
a. Model pembelajaran picture and picture
b. Model pembelajaran tebak kata
c. Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
d. Model pembelajaran role playing

Sekian, terima kasih bu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: latihan

oleh NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab :
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang memadukan materi yakni mata pelajaran dengan mata pelajaran lain.
2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
1) Model Rangkaian, yaitu model yang memadukan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel. Contohnya pada mata pelajaran MTK dan IPA tentang perpaduan materi pengukuran. Pada IPA terdapat satuan suhu, sedangkan pada MTK terdapat cara penghitungannya atau cara pengolahan data tersebut.
2) Model Shared, merupakan bentuk perpaduan mata pelajaran yang berisi konsep atau ide pada dua mata pelajaran. Contohnya penggabungan antara konsep pelajaran Iman daalam pelajaran Akhidah Akhlaq.
3) Model Jaring Laba-laba, model yang mengintegrasikan materi pelajaran dengan pengalaman belajar melalui tema ajar.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Tujuan pembelajaran tematik menurut Kemendikbud adalah mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu, Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
setelah kalian menyimak video pembelajaran tersebut silahkan kalian jawab pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
jawab :
1) Model inkuiri
2) Model PBL
3) Model PjBL

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
1) Model Inkuiri, peserta didik akan memiliki cara berpikir yang tinggi, logis, dan kritis. Selain itu, peserta didik akan memiliki kemampuan untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis.
2) Model PBL, peserta didik akan memiliki kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian konsep High Order Thinking Skills (HOT’s), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri dan keterampilan.
3) Model PjBL, peserta didik akan memiliki kemampuan tinggi dalam motivasi belajar, team work, keterampilan kolaborasi dalam pencapaian kemampuan akademik level tinggi/taksonomi tingkat kreativitas yang dibutuhkan pada abad 21

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
1) Kelas rendah
a) Game based learning
b) CTl
2) kelas tinggi
a) PBL
b) PjBL
c) Inkuiri