kuis apersepsi

kuis apersepsi

Jumlah balasan: 35

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh SEPTIANA 21 -
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Izin menjawab pertanyaan di atas ibu,

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab :
pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman lebih bermakna kepada siswa.
Sementara itu menurut Porwadarminta, pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Tema sendiri adalah pokok pikiran atau gagasan pokok dalam suatu pembahasan atau pembicaraan.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab :
Mengutip Isniatun Munawaroh dalam staffnew.uny.ac.id, ada 10 model pembelajaran yang dikenal. Berikut pembahasannya.

1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab :
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.
Sekian, terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM   : 2153053018


1.Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga      dapat memberikan pengamatan bermakna kepada peserta didik. Semua komponen materi pembelajaran diintegrasikan ke dalam tema yang sama dalam satu unit pertemuan.

2.Apa sajakah macam-macam model pembelajaran tematik?
   Macam-macam model pembelajaran tematik, yaitu :
  a.Connected
      Menggunakan tema untuk mengaitkan sub bab/bab yang satu dengan yang lainnya.
  b.Spidder Webbed
      Penggabungan mata pelajaran diajarkan seperti menggunakan jadwal pelajaran.
  c.Integrated
     Penggabungan mata pelajaran dalam tema tanpa ada batas satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
    Tujuan pembelajaran tematik, yaitu :
    a. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran
    b. Meningkatkan minat dan motivasi peserta didik
    c. Mencapai beberapa KD (kompetesnsi dasar) sekaligus

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Irma Tri Susanti -
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Mohon izin menjawab pertanyaan diatas, Bu.

1. Model pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang terpadu serta terintegrasi, didalamnya melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman lebih bermakna kepada siswa.

2. Model pembelajaran tematik terdiri dari 10 macam yaitu :
1. Model Fragmented
2. Model Connected
3. Model Nested
4. Model Sequenced
5. Model Shared
6. Model Webbed
7. Model Threaded
8. Model Integrated
9. Model Immersed
10. Model Networked

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik antara lain :
1. Agar para siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
2. Supaya peserta didik mmapu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar bagian dalam satu tema.
3. Agar pemahaman peserta didik terhadap aspek Pendidikan Agama Islam lebih mendalam dan berkesan.
4. Agar kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi lebih baik karena mengaitkan berbagai topik/bagian dengan pengalaman pribadi dalam situasi nyata yang dirangkaikan dalam tema tertentu.
5. Agar guru Pendidikan Agama Islam bisa menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan
diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan untuk pendalaman.

Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Syifa Azzahra Riyadi -
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003

Izin menjawab dari pertanyan diatas,,

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab : pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman lebih bermakna kepada peserta didik. Pembelajaran tematik ini juga merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Tema sendiri adalah pokok pikiran atau gagasan pokok dalam suatu pembahasan atau pembicaraan.
2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab :
• Model fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.
• Model connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.
• Model nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.
• Model sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.
• Model shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.
• Model webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.
• Model threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga peserta didik dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.
• Model integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.
• Model immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.
• Model networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.
3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab : tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada peserta didik. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik ini juga memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok untuk aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Selain itu juga dalam pembelajaran tematik ini menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai.


Sekian jawaban saya terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh MUTHIAH MUALIMAH -
Nama : Muthiah Mualimah
Npm : 2113053284
Kelas : 4E
Izin menjawab bu

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?

pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.

Pembelajaan tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?

Menurut hasil kajian Tim Pengembangan PGSD (1997) ada tiga model pembelajaran terpadu yang cocok diterapkan di sekolah dasar, yaitu model jaring laba-laba (webbing), model keterhubungan (connected), dan model keterpaduan (integrated).

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah? 
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Sekian terimakasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Izin menjawab bu,

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
=> Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik.

2.apa sajakah macam-macam pembelajaran tematik?
=>
1) Inquiry Learning: model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar peserta didik. Model pembelajaran inkuiri mengembangkan keterampilan berfikir secara kritis dan kreatif sekaligus melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka bagi peserta didik.
2) Discovery Learning: menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui sehingga mampu menyusun sebuah kesimpulan.
3) Problem Based Learning: guru mendorong siswa untuk berpartisipasti aktif. siswa mencari solusi terhadap penyelesaian terhadap masalah nyata yang dirumuskan oleh siswa sendiri.
4) Project Based Learning: menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran. menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasika pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
=> tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Selain itu dapat menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.

Terima kasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh MASITA PUTRI KIRANA -
NAMA : MASITA PUTRI KIRANA
NPM : 2113053182

Izin memberikan jawaban atas pertanyaan di atas ibu,

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
JAWAB : Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
JAWAB : 1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
JAWAB : Tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa,

TERIMAKASIH.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI -
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174

Izin menjawab pertanyaan kuis apersepsi yang telah ibu berikan.

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab:
Model pembelajaran tematik merupakan model kegiatan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa materi antar pembelajaran (IPA, IPS, PJOK, Matematika, dan lainnya) dalam 1 tema.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
Menurut Rusman (2012), pembelajaran tematik merupakan bentuk pembelajaran terpadu yang memiliki sepuluh model, yaitu fragmented (penggalan), connected (keterhubungan), nested (sarang), sequenced (pengurutan), shared (irisan), webbed (jaring laba-laba), threaded (bergalur), integrated (terpadu), immersed (terbenam), dan networked (jaringan kerja).

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab:
Tujuan dari model pembelajaran tematik yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh. Dan juga menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193
Kelas : 4E
Izin memberikan jawaban dari pertanyaan dibawah ini bu,

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawaban :
Model pembelajaran tematik merupakan salah satu jenis model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang berbasis topik atau tema dan digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema tertentu.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab :
Mengutip Isniatun Munawaroh dalam staffnew.uny.ac.id, ada 10 model pembelajaran tematik yaitu :
a. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

b. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

c. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

d. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

e. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

f. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

g. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga peserta didik dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

h. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

i. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

j. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawaban :
Menurut Permendikbud No.57 tahun 2014 tentang kurikulum SD, disebutkan bahwa tujuan dari model pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh. Jadi pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada peserta didik.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016
Kelas : 4E

Izin menjawab pertanyaan diatas bu.

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang memadukan beberapa materi pembelajaran dari berbagai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari satu atau beberapa mata pelajaran kedalam sebuah tema, pembelajaran tematik di sekolah dasar menekankan keaktifan siswa pada pembelajaran, sehingga dengan keterlibatan siswa secara aktif maka hasil belajar yang diperoleh akan lebih baik dan pembelajaran akan lebih bermakna. Melalui pembelajaran tematik, siswa diharapkan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Sebab, dalam pembelajaran tematik, belajar tidak semata-mata mendorong siswa untuk mengetahui (learning to know), tetapi belajar juga untuk melakukan (learning to do), untuk menjadi (learning to be), dan untuk hidup bersama (learning to live together). Dengan adanya pembelajaran tematik memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Menurut Rusman (2012), pembelajaran tematik merupakan bentuk pembelajaran terpadu yang memiliki sepuluh model, yaitu fragmented (penggalan), connected (keterhubungan), nested (sarang), sequenced (pengurutan), shared (irisan), webbed (jaring laba-laba), threaded (bergalur), integrated (terpadu), immersed (terbenam), dan networked (jaringan kerja). Adapun penjelasan dari sepuluh model pembelajaran tematik tersebut adalah sebagai berikut:
a. Fragmented (Penggalan)
Model Fragmented adalah model pembelajaran konvensional yang terpisah secara mata pelajaran. Hal ini dipelajari siswa tanpa menghubungkan kebermaknaan dan keterkaitan antara satu pelajaran dengan pelajaran lainnya. Setiap mata pelajaran diajarkan oleh guru yang berbeda dan mungkin pula ruang yang berbeda. Setiap mata pelajaran memiliki ranahnya tersendiri dan tidak ada usaha untuk mempersatukannya.
b. Connected (Keterhubungan)
Model Connected adalah model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu konsep dengan konsep yang lain, satu topik dengan topik yang lain, satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, tugas yang dilakukan dalam satu hari dengan tugas yang dilakukan pada hari berikutnya, bahkan ide-ide yang dipelajari pada satu semester berikutnya dalam satu bidang studi.
c. Nested (Sarang)
Model Nested adalah model pembelajaran terpadu yang target utamanya adalah materi pelajaran yang dikaitkan dengan keterampilan berfikir dan keterampilan mengorganisasi. Artinya memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta memadukan keterampilan proses, sikap dan komunikasi. Model ini masih memfokuskan keterpaduan beberapa aspek pada satu mata pelajaran saja. Tetapi materi pelajaran masih ditempatkan pada prioritas utama yang kemudian dilengkapi dengan aspek keterampilan lain.
d. Sequenced (Pengurutan)
Model Sequenced adalah model pembelajaran yang topik atau unit yang disusun kembali dan diurutkan sehingga bertepatan pembahasannya satu dengan yang lainnya. Misalnya dua mata pelajaran yang berhubungan diurutkan sehingga materi pelajaran dari keduanya dapat diajarkan secara paralel. Dengan mengurutkan urutan topik-topik yang diajarkan, tiap kegiatan akan dapat saling mengutamakan karena tiap subyek saling mendukung.
e. Shared (Irisan)
Model shared adalah model pembelajaran terpadu yang merupakan gabungan atau keterpaduan antara dua mata pelajaran yang saling melengkapi dan di dalam perencanaan atau pengajarannya menciptakan satu fokus pada konsep, keterampilan serta sikap. Penggabungan antara konsep pelajaran, keterampilan dan sikap yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dipayungi dalam satu tema.
f. Webbed (Jaring Laba-laba)
Model webbed adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menentukan tema tertentu. Setelah tema disepakati, maka dikembangkan menjadi sub tema dengan memperlihatkan keterkaitan dengan bidang studi lain. Setelah itu dikembangkan berbagai aktivitas pembelajaran yang mendukung.
g. Threaded (Bergalur)
Model Threaded adalah model pembelajaran yang memfokuskan pada meta kurikulum yang menggantikan atau yang berpotongan dengan inti subyek materi. Misalnya untuk melatih keterampilan berfikir (problem solving) dari beberapa mata pelajaran dicari bagian materi yang merupakan bagian dari problem solving. Keterampilan yang digunakan dalam model ini disesuaikan pula dengan perkembangan usia siswa sehingga tidak tumpang tindih.
h. Integrated (Keterpaduan)
Konsep dari beberapa mata pelajaran, selanjutnya dikaitkan dalam satu tema untuk memayungi beberapa mata pelajaran, dalam satu paket pembelajaran bertema. Keunggulan model ini adalah siswa merasa senang dengan adanya keterkaitan dan hubungan timbal balik antar berbagai disiplin ilmu, memperluas wawasan dan apresiasi guru, jika dapat diterapkan dengan baik maka dapat dijadikan model pembelajaran yang ideal di lingkungan sekolah integrated day.
i. Immersed (Terbenam)
Model immersed adalah model pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu proyek. Misalnya seorang mahasiswa yang memperdalam ilmu kedokteran maka selain Biologi, Kimia, Komputer, juga harus mempelajari fisika dan setiap mata pelajaran tersebut ada kesatuannya. Model ini dapat pula diterapkan pada siswa SD, SMP, maupun SMA dalam bentuk proyek di akhir semester.
j. Networked (Jaringan Kerja)
Model networked adalah model pembelajaran berupa kerjasama antara siswa dengan seorang ahli dalam mencari data, keterangan, atau lainnya sehubungan dengan mata pelajaran yang disukainya atau yang diminatinya sehingga siswa secara tidak langsung mencari tahu dari berbagai sumber. Sumber dapat berupa buku bacaan, internet, saluran radio, TV, atau teman, kakak, orangtua atau guru yang dianggap ahli olehnya. Siswa memperluas wawasan belajarnya sendiri artinya siswa termotivasi belajar karena rasa ingin tahunnya yang besar dalam dirinya.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Tujuan pembelajaran tematik adalah sebagai berikut.
1) Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
2) Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
3) Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
5) Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas; dan
6) Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih dan atau pengayaan.

Sekian. Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259

Izin menjawab bu

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan pendefinisian tema atau tema tetap yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai basis sentral atau fungsional, setelah itu subtema bidang pendidikan lain atau keterampilan lain

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
a. Model Terhubung (The Connected Model)
b. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model)
c. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model)
d. Model Sarang (The Nested Model)
e. Model Penggalan (The Fragmented Model)
f. Model Terurut (The Sequenced Model)
g. Model Irisan (The Shared Model)
h. Model Galur (The Threaded Model)
i. Model Celupan (The Immersed Model)
j. Model Jaringan Kerja (The Networked Model)

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Penggunaan model pembelajaran tematik di sekolah dasar dikarenakan pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa secara bermakna. Pembelajaran tematik ini menuntut pemikiran yang lebih aktif dan kritis serta pembelajaran yang berpusat pada siswa dari siswa. Pendekatan tematik ini merupakan upaya memadukan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai pembelajaran serta berpikir kreatif melalui tema. Dengan kata lain pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema untuk menghubungkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa karena siswa langsung memahami konsep yang dipelajarinya melalui pengalaman dan menghubungkannya dengan konsep lain yang dipahaminya.

Sekian, terima kasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016
Kelas : 4 E

Izin menjawab soal kuis yang telah diberikan bu,

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawaban :
Model pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada integrasi antara berbagai mata pelajaran dengan satu tema utama atau topik tertentu. Dalam model ini, tema atau topik menjadi fokus utama pembelajaran, sehingga seluruh materi yang dipelajari dan kegiatan yang dilakukan oleh siswa berkaitan dengan tema tersebut.
Pembelajaran tematik dirancang untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan mereka melalui kegiatan yang menarik dan bermakna. Selain itu, model pembelajaran ini juga memungkinkan siswa untuk belajar secara terpadu, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang hubungan antara berbagai konsep atau topik dalam berbagai mata pelajaran.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawaban :
Ada beberapa macam model pembelajaran tematik yang dapat digunakan dalam konteks pembelajaran di kelas, antara lain:
1. Model pembelajaran tematik terpadu: model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema yang sama. Contohnya, tema lingkungan dapat menggabungkan pelajaran IPA, IPS, bahasa Indonesia, dan seni budaya.
2. Model pembelajaran tematik terpisah: model ini menggunakan tema yang sama namun setiap mata pelajaran tetap diajarkan secara terpisah. Contohnya, tema binatang dapat diajarkan dalam mata pelajaran IPA, IPS, dan bahasa Indonesia.
3. Model pembelajaran tematik terfokus: model ini menekankan pada satu mata pelajaran utama yang dihubungkan dengan tema tertentu. Contohnya, tema "sejarah Indonesia" dapat diajarkan dalam mata pelajaran sejarah, namun juga dapat dihubungkan dengan mata pelajaran lain seperti bahasa Indonesia dan seni budaya.
4. Model pembelajaran tematik terintegrasi: model ini menggabungkan berbagai jenis pembelajaran termasuk kegiatan di luar kelas seperti kunjungan ke tempat-tempat terkait tema dan proyek-proyek penelitian. Contohnya, siswa dapat mempelajari tema "kelautan" melalui kunjungan ke pantai, kunjungan ke akuarium, dan penelitian tentang berbagai jenis ikan.
Setiap model pembelajaran tematik memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, sehingga guru dapat memilih model yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawaban :
1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap berbagai konsep atau topik dalam berbagai mata pelajaran dengan menggunakan pendekatan interdisipliner.
2. Memotivasi siswa untuk belajar melalui kegiatan yang menarik dan bermakna, sehingga dapat meningkatkan minat dan partisipasi mereka dalam pembelajaran.
3. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa, sehingga mereka dapat mengaplikasikan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari.
4. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan memimpin melalui kegiatan kolaboratif dalam kelompok.
5. Meningkatkan kesadaran siswa tentang hubungan antara berbagai konsep atau topik dalam berbagai mata pelajaran dan dengan kehidupan sehari-hari.
6. Mengembangkan nilai-nilai sosial dan kepedulian lingkungan, karena pembelajaran tematik sering kali mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan lingkungan, keberagaman budaya, dan isu-isu sosial.

Sekian, Terima Kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh I wayan Suberata -
Nama : I WAYAN Suberata
NPM : 2153053007

Izin memberikan jawaban

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab:
Yang dimaksud dengan Model pembelajaran tematik ialah model kegiatan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa materi antar pembelajaran (IPA, IPS, PJOK, Matematika, dan lainnya) dalam satu tema.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
Macam macam model pembelajaran tematik itu terdapat pada penjelasan Menurut Rusman (2012), pembelajaran tematik merupakan bentuk pembelajaran terpadu yang memiliki sepuluh model, yaitu fragmented (penggalan), connected (keterhubungan), nested (sarang), sequenced (pengurutan), shared (irisan), webbed (jaring laba-laba), threaded (bergalur), integrated (terpadu), immersed (terbenam), dan networked (jaringan kerja).

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab:
Tujuan dari model pembelajaran tematik yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh. Dan juga menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108


Mohon izin menjawab bu
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab :
Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya.
Atau dapat dikatakan model pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab :
a. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

b. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

c. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

d. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

e. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

f. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

g. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

h. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

i. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

j. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab :
Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada peserta didik. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Sekian terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin menjawab pertanyaan di atas bu

1. Model pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada integrasi berbagai macam materi pelajaran ke dalam satu tema atau topik tertentu. Dalam model ini, peserta didik mempelajari berbagai macam konsep dan keterampilan dari berbagai mata pelajaran melalui satu tema atau topik yang sama. Model pembelajaran tematik didasarkan pada pandangan bahwa peserta didik akan lebih mudah memahami dan mengingat materi pelajaran jika mereka terlibat dalam situasi belajar yang kontekstual, bermakna, dan autentik.

2. Berikut adalah beberapa macam-macam model pembelajaran tematik:

Model Pembelajaran Tematik Terpadu
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Seni, dan lain sebagainya ke dalam satu tema atau topik yang sama. Peserta didik dapat mempelajari berbagai macam konsep dan keterampilan yang terkait dengan tema atau topik tertentu melalui pendekatan interdisipliner.

Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Proyek
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama dengan pendekatan berbasis proyek. Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek atau tugas yang terkait dengan tema atau topik tertentu.

Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Masalah
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama dengan pendekatan berbasis masalah. Peserta didik diberikan masalah atau tantangan yang terkait dengan tema atau topik tertentu dan diharuskan untuk mencari solusi atau jawaban dengan menggabungkan konsep dan keterampilan dari berbagai mata pelajaran.

Model Pembelajaran Tematik Berbasis PBL (Problem-Based Learning)
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama dengan pendekatan PBL. Peserta didik diberikan masalah atau tantangan yang terkait dengan tema atau topik tertentu dan diharuskan untuk memecahkan masalah atau mencari solusi dengan melibatkan konsep dan keterampilan dari berbagai mata pelajaran.

Model Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Peserta didik belajar tentang konsep dan keterampilan yang terkait dengan lingkungan hidup melalui kegiatan dan proyek yang terkait dengan tema atau topik tersebut.

Model Pembelajaran Tematik Berbasis Keilmuan
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama dengan fokus pada pengembangan keilmuan. Peserta didik belajar tentang konsep dan keterampilan yang terkait dengan keilmuan melalui kegiatan dan proyek yang terkait dengan tema atau topik tersebut.

Model Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama yang berkaitan dengan kebudayaan. Peserta didik belajar tentang konsep dan keterampilan yang terkait dengan kebudayaan melalui kegiatan dan proyek yang terkait dengan tema atau topik tersebut.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual bagi peserta didik. Dengan memadukan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema atau topik yang sama, model ini bertujuan untuk membantu peserta didik melihat keterkaitan antara konsep-konsep yang dipelajari dengan dunia nyata di sekitar mereka.

Selain itu, model pembelajaran tematik juga bertujuan untuk:
-Meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir peserta didik melalui pembelajaran yang terintegrasi dan terpadu.
-Meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik karena pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan kehidupan mereka.
-Mengembangkan kemampuan sosial peserta didik seperti kerjasama, berkomunikasi, dan berbagi ide melalui kegiatan kelompok.
-Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mengaitkan dan menerapkan konsep yang dipelajari ke dalam situasi kehidupan sehari-hari.
-Meningkatkan pemahaman peserta didik tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk lingkungan, budaya, dan keilmuan.

Sekian dari saya, terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab kuis Apersepsi Bu.

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab:
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran lainnya agar dapat memberikan pembelajaran yang bermakna dan berkesan kepada peserta didik di sekolah.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
Ada 10 jenis model pembelajaran tematik, yaitu
a. Model pembelajaran fragmented
Model fragmented merupakan pembelajaran pada bidang studi terpisah dengan bidang studi lainnya.
b. Model pembelajaran connected
Model connected merupakan suatu pembelajaran pada mata pelajaran untuk menargetkan berbagai keterampilan sosial, berpikir, keterampilan khusus.
c. Model pepembelajaran shared
Model shared adalah model pembelajaran yang bertolak dari dua displin yang berbeda tetapi memiliki konsep pembelajaran yang tumpang tindih sehingga dapat memadukan pembelajaran.
d. Model pembelajaran sequence
Model sequence merupakan model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran satu topik yang di data ulang dan di urutkan antara satu bidang pelajaran dengan bidang pelajaran lainnya.
e. Model pembelajaran webbed
Model webbed adalah model yang menggunakan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda.
f. Model pembelajaran threaded
Model threaded adalah model yang menekankan pada penyajian keterampilan melalui berbagai bidang studi.
g. Model pembelajaran integrated
Model integrated adalah model pembelajaran yang lebih menekankan pada konsep keterampilan dan sikap pada semua mata pelajaran.
h. Model pembelajaran immersed
Model immersed merupakan model pembelajaran yang menekankan pada semua mata pelajaran baik dari keahlian dan pengalaman peserta didik.
i. Model pembelajaran networked
Model networked merupakan model pembelajaran yang membutuhkan input dari luar agar peserta didik dapat mendapatkan perspektif yang lebih luas lagi.


3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab:
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah agar dapat memudahkan peserta didik dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh pendidik, mengurangi adanya tumpang tindih materi, memudahkan peserta didik mengetahui hubungan yang bermakna, dan dapat memudahkan peserta didik memahami konsep materi secara utuh dan sesuai dengan tujuan pendidik.

Sekian, Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin menjawab bu..

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
jawab :
Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab :
Model  Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada   sepuluh   macam model, yaitu:

a. Model Terhubung  (The Connected Model)
b. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model)
c.Model Tematik Terpadu (The Integrated Model)
d. Model Sarang (The Nested Model)
e. Model Penggalan (The Fragmented Model)
f. Model Terurut (The Sequenced Model)
g. Model Irisan (The Shared Model)
h. Model Galur (The Threaded Model)
i. Model Celupan (The Immersed Model)
j. Model Jaringan Kerja (The Networked  model)

Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah
(1) model keterhubungan (connected)
(2) model jaring laba-laba (webbed)
(3) model kerpaduan (integrated).

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab :
Tujuan model pembelajaran tematik yaitu
a. Mudah memusatkan perhatian pada suatu tema atau topik tertentu.
b. Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama.
c. Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
d. Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik.
e. Lebih bergairah dalam belajar karena peserta didik dapat berkomunikasi dalam situasi nyata seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
f. Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.
g. Guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih.
h. Budi pekerti dan moral peserta didik dapat ditumbuhkembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

KUIS APERSEPSI

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawaban :
Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan atau memadukan beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari kurikulum/Standar Isi (SI) dari beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema. Misalnya pada tema buku kurikulum 2013 “AIR”, dapat mengaitkannya dengan setiap mata pelajaran seperti fisika, biologi, kimia, dan matematika. Jika merancangnya dengan benar, judul tema tersebut juga dapat menerapkan pada mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, atau Seni Budaya. Pembelajaran tematik lebih mengutamakan unsur keluasan serta kedalaman penerapan kurikulum, menawarkan kesempatan yang sangat banyak pada siswa untuk memunculkan perubahan keaktifan dalam pendidikan.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawaban :
Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu:
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model)
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model)
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model), dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawaban :
Tujuan pembelajaran tematik antara lain yaitu :
1. Lebih memusatkan pembelajaran pada satu tema/topik.
2. Setiap kompetensi atau pengetahuan yang akan siswa pelajari dapat guru kembangkan berdasarkan tema.
3. Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
4. Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.
5. Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
6. Melalui materi pelajaran dalam tema yang jelas, makna dan manfaat belajar siswa lebih jelas.
7. Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang di sajikan secara terpadu dapat di persiapkan sekaligus dan di berikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih atau pengayaan.
8. Budi pekerti dan moral siswa dapat di tumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan mengembangkan berbagai kemampuan siswa dalam tema tertentu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Siti Nadya Nur Amaliya -

Nama : Siti Nadya Nur Amaliya

NPM : 2113053118


Izin menjawab pertanyaan yang diberikan bu


1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?


Jawaban


1. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan atau bahasan. (Poerwadarminta, 1983). Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema yang dipilih hendaknya yang paling dekat dengan

kehidupan (pengetahuan dan pengalaman) siswa



2. Forgaty (1991) mengemukakan bahwa cara memadukan konsep, keterampilan, topic dan unit tematisnya dalam pembelajaran tematik ini bisa diterapkan dengan mengunakan cara-cara atau model dalam merencanakan pembelajaran tematik. Adapun model tersebut adalah sebagai berikut:


a. Model Sequenced (Urutan/Rangkaian)

Adapun Model sequenced ini merupakan model pemaduan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel. Sebagai contoh adalah memadukan pada mata pelajaran IPA dan matematika tentang dalam meteri pengukuran pengukuran. Untuk meteri pembelajaran Pelajaran IPA mengunakan suhu(Kelvin, derajat, Fahrenheit, Reamur sebagai tema pelajaran tersebut. sedangkan untuk mata Pelajaran matematika mengunakan cara pengolahan data sebagai tema pembelajaran, yang meliputi cara penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Jadi keterikatan kedua materi tersebut saling barkaitan dalam hal perhitungan. Perkalian dan pengurangan yang meliputi pengkukuran hasil suhu yang disajikan dalam pembelajaran IPA.


b. Model shared

Jenis Model pembelajaran model Shared ini merupakan model pembelajaran berbentuk pemaduan pembelajaran yang diakibat adanya "overlapping" konsep atau ide pada dua mata pelajaran atau lebih. Adapun continhya adalah seperti menggabungkan 2 mata pelajaran atau lebih dalam satul tema, seperti pemeblajaran mengenai konsep pelajaran Iman dalam pelajaran Akhidah Akhlaq akan dapat bertumpang tindih dengan konsep pembelajaran Rukun iman dalam pendidikan Ilmu Fiqih dan lain sebagainya.


c. Model Jaring Laba-laba (Web)

Jenis model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema ajar, dan fungsi dari tema tersebut adalah sebagai pengikat keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain.


d. Model Threaded

Model Threaded merupakan model pembelajaran yang

mengembangkan pokok gagasan dengan berfokus pada meta curriculum (metakurikulum). Contohnya untuk melatih keterampilan berfikir peserta didk (problem solving) dari beberapa mata pelajaran maka ditentukanlah beberapa bagian materi yang merupakan bagian dari pokok matari yang menyajikan problem solving. Sebagai contoh Seperti materi komponen memprediksi, meramalkan kejadian yang sedang berlangsung, mengantisipasi sebuah bacaan, hipotesis laboratorium dan lain sebagainya. Keterampilan-keterampilan ini merupakan dasar yang saling berkaitan. Adapun jenis Keterampilan yang digunakan dalam model threaded. disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia peserta didik.


e. Model Keterpaduan (Integrated)

Model integrated dapat di jabarkan senagal model Pembelajaran yang memadukan sejumlah tema/topik dari mata pelajaran yang berbeda tetap memepertahankan esensinya. Secara khusus model integrated ini adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi tertentu.


f. Model Networked

model pembelajaran yang mengendalikan kemungkinan pengubahan konsep, bentuk pemecahan masalah, maupun tuntutan bentuk keterampilan baru setelah siswa mengadakan studi lapangan dan situasi, kondisi, maupun konteks yang berbeda. Model Networked merupakan model pembelajaran yang melibatkan kerjasama antara peserta didik siswa dengan seorang ahli (expert) yang berposisi sebagai nara sumber dalam mencari data, keterangan, atau lainnya yang terkait dengan meteri pelajaran.


3.Secara khusus tujuan pembelajaran tematik terpadu adalah:

1) Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;

2) Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;

3)Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;

4) Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;

5) Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;

6) Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh ADILLA DWI PUTRI LESTARI -
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab pertanyaan diatas bu

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab : Pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.
Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab : Adapun macam-macam model pembelajaran tematik yaitu sebagai berikut :
a. Model Sequenced (Urutan/Rangkaian)
b. Model Shared
c. Model Jaring Laba-laba (Web)
d. Model Threaded
e. Model Keterpaduan (Integrated)
f. Model Networked

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab : Tujuan dari model pembelajaran tematik yaitu :
a. menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi
b. memudahkan peserta didik untuk melihat yang bermakna
c. memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh

Sekian jawaban dari saya, terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Dina Damayanti -
Nama : Dina Damayanti
NPM : 2113053145

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya. Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
1) Model Pembelajaran Tematik Jaring Laba-laba
Model Jaring Laba-laba (Spider Webbed) ini pengembangannya dimulai dengan menentukan tema. Setelah tema disepakati, jika dirasa perlu, maka dikembangkan menjadi subtema dengan tetap memperlihatkan keterkaitan antar mata pelajaran lain. Setelah itu dikembangkan berbagai aktivitas pembelajaran yang mendukung.
2) Model Pembelajaran Tematik Terhubung
Model Terhubung merupakan alternatif jika dalam meng-implementasi-kan Model Jaring Laba-laba, guru mengalami kesulitan untuk mengintegrasikan beberapa mata pelajaran pada tema yang telah ditentukan. Model ini mengkoneksikan beberapa konsep, beberapa keterampilan, beberapa sikap, atau bahkan gabungan seperti keterampilan dengan sikap atau keterampilan dengan konsep yang terdapat pada mata pelajaran tertentu.
3) Model Pembelajaran Tematik Terpadu (Integrated)
Model Terpadu (Integrated) menggunakan pendekatan antar mata pelajaran. Model ini memandang kurikulum sebagai kaleidoskop bahwa interdisiplin topic disusun meliputi konsep-konsep yang tumpang tindih dan desain-desain dan pola-pola yang muncul. Pendekatan keterpaduan antar topik memadukan konsep-konsep dalam matematika, sain, bahasa dan seni serta penngetahuan sosial.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa,dan menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Sekian Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab:
Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema.
Dan Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
terdapat 10 model pembelajaran tematik yang dapat kita kenal yaitu, Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, dan Model Networked

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab:
Tujuan dari model pembelajaran tematik, yaitu:
1) Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan,
2) Siswa mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir,
3) Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah.
4) Dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat.

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Ririn Dwiyanti -
Nama : Ririn Dwiyanti
Npm : 2153053044

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawaban
Model pembelajaran tematik merupakan model kegiatan pembelajaran dengan memadukan materi antar mata pelajaran menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema tertentu.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawaban :
1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
pertama Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu. yang kedua Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama. dan ketiga Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Valentina Setiyawati 2113053024 -
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

1. Model pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran di mana pembelajaran dilakukan melalui tema atau topik tertentu yang menarik dan relevan bagi siswa. Dalam model ini, semua mata pelajaran diajarkan dan dipelajari dalam konteks tema yang sama, sehingga membantu siswa untuk memahami keterkaitan antara berbagai topik dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.
Contohnya, jika tema yang dipilih adalah "lingkungan hidup", siswa dapat belajar tentang ilmu pengetahuan alam, bahasa Inggris, matematika, seni, dan sebagainya, semuanya dalam konteks lingkungan hidup. Sebagai contoh, siswa dapat mempelajari konsep-konsep ilmu pengetahuan alam seperti siklus hidrologi, keanekaragaman hayati, dan polusi lingkungan, sambil belajar tentang keterampilan menulis puisi atau cerita pendek yang berhubungan dengan tema tersebut.
Model pembelajaran tematik memungkinkan siswa untuk memahami dan menghargai keterkaitan antara berbagai disiplin ilmu, meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan, dan membantu siswa untuk belajar dengan cara yang lebih bermakna dan relevan bagi kehidupan mereka.

2. Berikut adalah beberapa macam model pembelajaran tematik:
a. Model pembelajaran tematik terpadu: Dalam model ini, tema atau topik tertentu menjadi fokus utama pembelajaran. Semua mata pelajaran diajarkan dan dipelajari dalam konteks tema yang sama, sehingga membantu siswa untuk memahami keterkaitan antara berbagai topik dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.
b. Model pembelajaran proyek: Dalam model ini, siswa memilih proyek yang berkaitan dengan tema tertentu dan bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek tersebut. Proyek dapat melibatkan penelitian, pembuatan presentasi, atau pengembangan produk kreatif yang terkait dengan tema.
c. Model pembelajaran inquiry: Dalam model ini, siswa dituntut untuk menjadi peneliti dan menemukan jawaban atas pertanyaan yang terkait dengan tema yang dipilih. Siswa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan keterampilan berpikir kritis dan analitis untuk mengevaluasi informasi dan membuat kesimpulan.
d. Model pembelajaran berbasis masalah: Dalam model ini, siswa diberikan masalah atau tantangan yang terkait dengan tema tertentu dan diminta untuk mencari solusinya. Siswa menggunakan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif untuk menyelesaikan masalah dan mempresentasikan solusinya.
e. Model pembelajaran berbasis aktivitas: Dalam model ini, siswa belajar melalui kegiatan atau pengalaman yang terkait dengan tema tertentu. Kegiatan dapat meliputi kunjungan lapangan, simulasi, atau eksperimen yang terkait dengan tema yang dipilih.
Semua model pembelajaran tematik memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu siswa untuk memahami keterkaitan antara berbagai topik dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan. Pilihan model pembelajaran tematik yang tepat tergantung pada tujuan pembelajaran, tema yang dipilih, dan kebutuhan siswa.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah:
a. Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep yang diajarkan: Dalam model ini, siswa belajar melalui tema atau topik tertentu yang menarik dan relevan bagi mereka. Konsep-konsep yang diajarkan dipelajari dalam konteks yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami dan mengingat konsep-konsep tersebut.
b. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis: Dalam model pembelajaran tematik, siswa harus menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi informasi dan membuat kesimpulan. Mereka juga harus belajar untuk menghubungkan dan mengintegrasikan konsep-konsep yang berbeda, sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik.
c. Meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama: Dalam beberapa model pembelajaran tematik, siswa belajar dalam kelompok dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau proyek. Hal ini membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama, serta belajar untuk bekerja sebagai tim.
d. Menumbuhkan minat dan motivasi siswa: Dalam model pembelajaran tematik, siswa belajar melalui tema atau topik yang menarik dan relevan bagi mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, karena mereka melihat bahwa pembelajaran dapat dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan relevan bagi mereka.
e. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbagai mata pelajaran: Dalam model ini, semua mata pelajaran diajarkan dan dipelajari dalam konteks tema yang sama. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami keterkaitan antara berbagai mata pelajaran dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berbagai mata pelajaran.

Terima kasih Bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Aminata Zuhriyah -
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Izin menjawab kuis apersepsi yang telah diberikan.

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik.
Pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran di mana beberapa mata pelajaran atau kompetensi dasar yang berkaitan digabungkan dalam satu topik atau tema tertentu yang menarik dan bermakna bagi peserta didik. Dalam pembelajaran tematik, peserta didik tidak hanya mempelajari satu mata pelajaran secara terpisah, tetapi juga mempelajari bagaimana berbagai konsep dan keterampilan terkait dapat diintegrasikan dan diaplikasikan dalam situasi kehidupan nyata.

Pembelajaran tematik juga mendorong siswa untuk lebih kreatif dan mandiri dalam mencari informasi dan memecahkan masalah, karena mereka dihadapkan pada situasi nyata yang memerlukan pemikiran kritis dan pemecahan masalah secara mandiri.

2. Apa sajakah macam-macam model pembelajaran tematik?
Pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian berbagai mata pelajaran dalam satu topik atau tema tertentu. Dalam pembelajaran tematik, siswa belajar melalui pengalaman nyata yang terkait dengan kehidupan sehari-hari mereka.

- Model Pembelajaran Tematik Terpadu
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema. Siswa akan mempelajari topik tertentu dari sudut pandang yang berbeda, seperti sains, matematika, dan bahasa Inggris. Misalnya, tema tentang lingkungan dapat mencakup topik sains tentang hewan dan tumbuhan, matematika tentang pengukuran, dan bahasa Inggris tentang membaca dan menulis deskripsi tentang alam.

- Model Pembelajaran Tematik Kontekstual
Model ini menekankan pada penggunaan situasi atau konteks yang nyata sebagai dasar pembelajaran. Siswa akan belajar dari pengalaman nyata yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kunjungan ke tempat wisata, pameran, atau seminar. Misalnya, jika tema adalah kesehatan, siswa dapat mengunjungi puskesmas atau rumah sakit untuk mempelajari tentang kesehatan.

- Model Pembelajaran Tematik Inkuiri
Model ini mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa ditantang untuk menemukan informasi sendiri melalui eksplorasi dan penemuan yang dilakukan dalam pembelajaran. Siswa akan diberi masalah atau pertanyaan dan mereka harus mencari jawabannya sendiri. Misalnya, jika tema adalah lingkungan, siswa dapat diminta untuk meneliti dan menemukan solusi untuk masalah lingkungan yang ada di wilayah mereka.

- Model Pembelajaran Tematik Proyek
Model ini menekankan pada pengerjaan proyek yang kompleks dan substansial sebagai metode pembelajaran. Siswa diberikan tugas untuk membuat proyek yang terkait dengan tema tertentu, seperti membuat video dokumenter tentang lingkungan. Dalam membuat proyek, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran dan mengembangkan keterampilan seperti kerja tim, kreativitas, dan keterampilan teknologi.

- Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Masalah
Model ini menggabungkan pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Siswa diajak untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan tema tertentu, seperti mencari solusi untuk masalah lingkungan. Dalam mengatasi masalah tersebut, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran dan mengembangkan keterampilan seperti analisis, penalaran, dan kerja tim.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Tujuan model pembelajaran tematik adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik melalui pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu topik atau tema tertentu. Beberapa tujuan dari model pembelajaran tematik antara lain:

Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan topik atau tema yang dipelajari.

Meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep dalam berbagai mata pelajaran melalui pendekatan interdisipliner.

Membantu peserta didik untuk memahami hubungan antara konsep-konsep yang dipelajari dalam berbagai mata pelajaran.

Meningkatkan minat peserta didik dalam belajar dan memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Mendorong peserta didik untuk berpikir secara holistik dan terintegrasi dalam memecahkan masalah.

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun gagasan dan menyampaikan informasi secara efektif.

Dengan demikian, model pembelajaran tematik dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh dan terintegrasi tentang berbagai konsep dan topik yang dipelajari.
Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah -
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291

izin menjawab kuis apersepsi, bu.
1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab
a. Fragmented (Penggalan)
Model Fragmented adalah model pembelajaran konvensional yang terpisah secara mata pelajaran. Hal ini dipelajari siswa tanpa menghubungkan kebermaknaan dan keterkaitan antara satu pelajaran dengan pelajaran lainnya. Setiap mata pelajaran diajarkan oleh guru yang berbeda dan mungkin pula ruang yang berbeda. Setiap mata pelajaran memiliki ranahnya tersendiri dan tidak ada usaha untuk mempersatukannya.
b. Connected (Keterhubungan)
Model Connected adalah model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu konsep dengan konsep yang lain, satu topik dengan topik yang lain, satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, tugas yang dilakukan dalam satu hari dengan tugas yang dilakukan pada hari berikutnya, bahkan ide-ide yang dipelajari pada satu semester berikutnya dalam satu bidang studi.
c. Nested (Sarang)
Model Nested adalah model pembelajaran terpadu yang target utamanya adalah materi pelajaran yang dikaitkan dengan keterampilan berfikir dan keterampilan mengorganisasi. Artinya memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta memadukan keterampilan proses, sikap dan komunikasi. Model ini masih memfokuskan keterpaduan beberapa aspek pada satu mata pelajaran saja. Tetapi materi pelajaran masih ditempatkan pada prioritas utama yang kemudian dilengkapi dengan aspek keterampilan lain.
d. Sequenced (Pengurutan)
Model Sequenced adalah model pembelajaran yang topik atau unit yang disusun kembali dan diurutkan sehingga bertepatan pembahasannya satu dengan yang lainnya. Misalnya dua mata pelajaran yang berhubungan diurutkan sehingga materi pelajaran dari keduanya dapat diajarkan secara paralel. Dengan mengurutkan urutan topik-topik yang diajarkan, tiap kegiatan akan dapat saling mengutamakan karena tiap subyek saling mendukung.
e. Shared (Irisan)
Model shared adalah model pembelajaran terpadu yang merupakan gabungan atau keterpaduan antara dua mata pelajaran yang saling melengkapi dan di dalam perencanaan atau pengajarannya menciptakan satu fokus pada konsep, keterampilan serta sikap. Penggabungan antara konsep pelajaran, keterampilan dan sikap yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dipayungi dalam satu tema.
f. Webbed (Jaring Laba-laba)
Model webbed adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menentukan tema tertentu. Setelah tema disepakati, maka dikembangkan menjadi sub tema dengan memperlihatkan keterkaitan dengan bidang studi lain. Setelah itu dikembangkan berbagai aktivitas pembelajaran yang mendukung.
g. Threaded (Bergalur)
Model Threaded adalah model pembelajaran yang memfokuskan pada meta kurikulum yang menggantikan atau yang berpotongan dengan inti subyek materi. Misalnya untuk melatih keterampilan berfikir (problem solving) dari beberapa mata pelajaran dicari bagian materi yang merupakan bagian dari problem solving. Keterampilan yang digunakan dalam model ini disesuaikan pula dengan perkembangan usia siswa sehingga tidak tumpang tindih.
h. Integrated (Keterpaduan)
Konsep dari beberapa mata pelajaran, selanjutnya dikaitkan dalam satu tema untuk memayungi beberapa mata pelajaran, dalam satu paket pembelajaran bertema. Keunggulan model ini adalah siswa merasa senang dengan adanya keterkaitan dan hubungan timbal balik antar berbagai disiplin ilmu, memperluas wawasan dan apresiasi guru, jika dapat diterapkan dengan baik maka dapat dijadikan model pembelajaran yang ideal di lingkungan sekolah integrated day.
i. Immersed (Terbenam)
Model immersed adalah model pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu proyek. Misalnya seorang mahasiswa yang memperdalam ilmu kedokteran maka selain Biologi, Kimia, Komputer, juga harus mempelajari fisika dan setiap mata pelajaran tersebut ada kesatuannya. Model ini dapat pula diterapkan pada siswa SD, SMP, maupun SMA dalam bentuk proyek di akhir semester.
j. Networked (Jaringan Kerja)
Model networked adalah model pembelajaran berupa kerjasama antara siswa dengan seorang ahli dalam mencari data, keterangan, atau lainnya sehubungan dengan mata pelajaran yang disukainya atau yang diminatinya sehingga siswa secara tidak langsung mencari tahu dari berbagai sumber. Sumber dapat berupa buku bacaan, internet, saluran radio, TV, atau teman, kakak, orangtua atau guru yang dianggap ahli olehnya. Siswa memperluas wawasan belajarnya sendiri artinya siswa termotivasi belajar karena rasa ingin tahunnya yang besar dalam dirinya.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab
Tujuannya adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Andriyani Merkuri -
nama: Andriyani Merkuri
Npm: 2113053247

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.


2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Forgaty (1991, 61) menyebut sepuluh model pembelajaran tematikl, yaitu fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked.


3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .
.Sekian terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Yugi Utami -
Nama: Yugi utami
Npm: 2113053132

1. Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada suatu tema atau topik tertentu. Dalam model ini, semua mata pelajaran dipadukan dan terintegrasi ke dalam tema atau topik yang sama sehingga siswa dapat belajar secara terpadu dan menyeluruh.

2. Ada beberapa macam model pembelajaran tematik, di antaranya:
a. Model pembelajaran tematik terpadu, yaitu model pembelajaran di mana semua mata pelajaran dipadukan ke dalam satu tema atau topik yang sama.
b. Model pembelajaran tematik terintegrasi, yaitu model pembelajaran di mana beberapa mata pelajaran dipadukan ke dalam satu tema atau topik tertentu.
c. Model pembelajaran tematik berbasis proyek, yaitu model pembelajaran di mana siswa diberi tugas proyek yang terkait dengan tema atau topik tertentu.
d. Model pembelajaran tematik berbasis masalah, yaitu model pembelajaran di mana siswa mempelajari topik atau tema tertentu melalui cara menyelesaikan masalah atau tantangan.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah untuk meningkatkan keterkaitan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan memusatkan pembelajaran pada satu tema atau topik, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep yang dipelajari dan dapat mengaitkannya dengan pengalaman mereka sendiri. Selain itu, model pembelajaran tematik juga dapat membantu siswa memahami bagaimana berbagai konsep dan disiplin ilmu terkait satu sama lain.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh WULAN ERLIANA SAFITRI -
Nama : Wulan Erliana Safitri
NPM : 2113053185
Izin menjawab pertanyaan diatas bu,

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
jawab :
Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Melalui pembelajaran tematik, siswa diharapkan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Sebab, dalam pembelajaran tematik, belajar tidak semata-mata mendorong siswa untuk mengetahui (learning to know), tetapi belajar juga untuk melakukan (learning to do), untuk menjadi (learning to be), dan untuk hidup bersama (learning to live together).

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
jawab :
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
jawab :
1) Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu.
2) Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama.
3) Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
4) Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.
5) Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
6) Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.
7) Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih atau pengayaan.
8) Budi pekerti dan moral siswa dapat ditumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Zahra Dika Ramadhona -
Izin menjawab Bu
Nama : Zahra Dika Ramadhona
Npm : 2113053156

1. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang diawali dengan menentukan topik atau tema yang akan dibahas. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Melalui pembelajaran tematik, siswa diharapkan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Sebab, dalam pembelajaran tematik, belajar tidak semata-mata mendorong siswa untuk mengetahui (learning to know), tetapi belajar juga untuk melakukan (learning to do), untuk menjadi (learning to be), dan untuk hidup bersama (learning to live together).

2. 2. Macam - macam Pembelajaran Tematik
- Model Fragmented
- Model Connected
- Model Nested
- Model Sequenced
- Model shared
- Model Webbed
- Model Threaded
- Model Integrated
- Model Immersed
- Model Networked

3. Tujuan pembelajaran tematik menurut Sutirjo (2004: 23) adalah sebagai berikut:
1. Pengalaman dan kegiatan belajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak.
2. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.

Sedangkan menurut Lestari, Ariani, & Ashadi (2014) tujuan dari media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan - pesan atau materi pelajaran kepada siswanya agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik dan lebih menyenangkan bagi peserta didik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Sebelumnya izin menjawab pertanyaan diatas ibu
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Melalui pembelajaran tematik, siswa diharapkan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Sebab, dalam pembelajaran tematik, belajar tidak semata-mata mendorong siswa untuk mengetahui (learning to know), tetapi belajar juga untuk melakukan (learning to do), untuk menjadi (learning to be), dan untuk hidup bersama (learning to live together). Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik. Pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga peserta didik akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan.

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Tujuan utama dari pembelajaran tematik adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran tematik telah dikembangkan sehingga mempunyai beberapa tujuan lain, yaitu :
1. Agar para siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
2. Supaya peserta didik mmapu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar bagian dalam satu tema.
3. Agar pemahaman peserta didik terhadap aspek Pendidikan Agama Islam lebih mendalam dan berkesan.
4. Agar kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi lebih baik karena mengaitkan berbagai topik/bagian dengan pengalaman pribadi dalam situasi nyata yang dirangkaikan dalam tema tertentu.
5. Agar guru Pendidikan Agama Islam bisa menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan
diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan untuk pendalaman.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh Debi Elisa Prasasti -
1. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang ditentukan dari mata pelajaran pada hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya.

2. Macam-macam model pembelajaran yaitu sebagai berikut.
Fragmented (Penggalan)
Connected (Keterhubungan)
Nested (Sarang)
Sequenced (Pengurutan)
Shared (Irisan)
Webbed (Jaring Laba-laba)
Threaded (Bergalur)
Integrated (Keterpaduan)
Immersed (Terbenam)
Networked (Jaringan Kerja)

3. Tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya bertumpukan materi, memudahkan peserta didik untuk melihat pembelajaran yang memiliki hubungan-hubungan yang bermakna, dan untuk memudahkan peserta didik memahami materi/konsep secara utuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH -
Nama : Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

Izin menjawab pertanyaan diatas bu

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab:
pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memebrikan pengalaman bermakna kepada siswa

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
a. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.
b. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.
c. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.
d. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.
e. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.
f. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.
g. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.
h. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.
i. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.
j. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab:
a. Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu.
b. Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata
pelajaran dalam tema yang sama.
c. Memiliki pemahaman terhadap materi
pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
d. Mengembangkan kompetensi
berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai pelajaran lain dengan
pengalaman pribadi siswa.
e. Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
f. Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.
g. Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih atau
pengayaan.
h. Budi pekerti dan moral siswa dapat ditumbuh kembangkan dengan
mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian dari saya bu. Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200

1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab :
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang memadukan materi yakni mata pelajaran dengan mata pelajaran lain.
2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab:
1) Model Rangkaian, yaitu model yang memadukan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel. Contohnya pada mata pelajaran MTK dan IPA tentang perpaduan materi pengukuran. Pada IPA terdapat satuan suhu, sedangkan pada MTK terdapat cara penghitungannya atau cara pengolahan data tersebut.
2) Model Shared, merupakan bentuk perpaduan mata pelajaran yang berisi konsep atau ide pada dua mata pelajaran. Contohnya penggabungan antara konsep pelajaran Iman daalam pelajaran Akhidah Akhlaq.
3) Model Jaring Laba-laba, model yang mengintegrasikan materi pelajaran dengan pengalaman belajar melalui tema ajar.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Tujuan pembelajaran tematik menurut Kemendikbud adalah mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu, Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: kuis apersepsi

oleh IRHAN ADITYA -
Nama : Irhan Aditya
Npm : 2113053183

Izin untuk menjawab pertanyaan bu.

1. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu dan telah terintegrasi, model pembelajaran ini menggunakan pendekatan tematik, yang berarti menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam upaya memberikan pengalaman yang lebih bermakna kepada peserta didik dengan menggunakan tema-tema tertentu.


2. Ada 10 Model pembelajaran tematik, yaitu :

a. Model Fragmented
b. Model Connected
c. Model Nested
d. Model Sequenced
e. Model Shared
f. Model Webbed
g. Model Threaded
h. Model Integrated
i. Model Immersed
j. Model Networked


3. Tujuan dari model pembelajaran tematik antara lain :
a. Memusatkan perhatian peserta didik pada kontek suatu tema tertentu
b. Agar peserta didik mampu mempelajari pengetahuan serta mengembangkan berbagai kompetensi dasar dalam satu tema.
c. Mendalami kesan dan pemahaman peserta didik terhadap aspek Pendidikan Agama.
d. Mengembangkan kompetensi dasar menjadi lebih baik sebab dikaitkan dengan berbagai topik pengalaman pribadi serta situasi nyata yang dirangkaikan dalam tema tertentu.
e. Menghemat waktu pendidik atau guru Pendidikan Agama Islam bisa sebab mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus serta diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, sehingga waktu yang tersisa dapat dipergunakan untuk pendalaman materi.


Terima kasih.