1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118
Izin menjawab pertanyaan yang diberikan bu
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawaban
1. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan atau bahasan. (Poerwadarminta, 1983). Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema yang dipilih hendaknya yang paling dekat dengan
kehidupan (pengetahuan dan pengalaman) siswa
2. Forgaty (1991) mengemukakan bahwa cara memadukan konsep, keterampilan, topic dan unit tematisnya dalam pembelajaran tematik ini bisa diterapkan dengan mengunakan cara-cara atau model dalam merencanakan pembelajaran tematik. Adapun model tersebut adalah sebagai berikut:
a. Model Sequenced (Urutan/Rangkaian)
Adapun Model sequenced ini merupakan model pemaduan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel. Sebagai contoh adalah memadukan pada mata pelajaran IPA dan matematika tentang dalam meteri pengukuran pengukuran. Untuk meteri pembelajaran Pelajaran IPA mengunakan suhu(Kelvin, derajat, Fahrenheit, Reamur sebagai tema pelajaran tersebut. sedangkan untuk mata Pelajaran matematika mengunakan cara pengolahan data sebagai tema pembelajaran, yang meliputi cara penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Jadi keterikatan kedua materi tersebut saling barkaitan dalam hal perhitungan. Perkalian dan pengurangan yang meliputi pengkukuran hasil suhu yang disajikan dalam pembelajaran IPA.
b. Model shared
Jenis Model pembelajaran model Shared ini merupakan model pembelajaran berbentuk pemaduan pembelajaran yang diakibat adanya "overlapping" konsep atau ide pada dua mata pelajaran atau lebih. Adapun continhya adalah seperti menggabungkan 2 mata pelajaran atau lebih dalam satul tema, seperti pemeblajaran mengenai konsep pelajaran Iman dalam pelajaran Akhidah Akhlaq akan dapat bertumpang tindih dengan konsep pembelajaran Rukun iman dalam pendidikan Ilmu Fiqih dan lain sebagainya.
c. Model Jaring Laba-laba (Web)
Jenis model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema ajar, dan fungsi dari tema tersebut adalah sebagai pengikat keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain.
d. Model Threaded
Model Threaded merupakan model pembelajaran yang
mengembangkan pokok gagasan dengan berfokus pada meta curriculum (metakurikulum). Contohnya untuk melatih keterampilan berfikir peserta didk (problem solving) dari beberapa mata pelajaran maka ditentukanlah beberapa bagian materi yang merupakan bagian dari pokok matari yang menyajikan problem solving. Sebagai contoh Seperti materi komponen memprediksi, meramalkan kejadian yang sedang berlangsung, mengantisipasi sebuah bacaan, hipotesis laboratorium dan lain sebagainya. Keterampilan-keterampilan ini merupakan dasar yang saling berkaitan. Adapun jenis Keterampilan yang digunakan dalam model threaded. disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia peserta didik.
e. Model Keterpaduan (Integrated)
Model integrated dapat di jabarkan senagal model Pembelajaran yang memadukan sejumlah tema/topik dari mata pelajaran yang berbeda tetap memepertahankan esensinya. Secara khusus model integrated ini adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi tertentu.
f. Model Networked
model pembelajaran yang mengendalikan kemungkinan pengubahan konsep, bentuk pemecahan masalah, maupun tuntutan bentuk keterampilan baru setelah siswa mengadakan studi lapangan dan situasi, kondisi, maupun konteks yang berbeda. Model Networked merupakan model pembelajaran yang melibatkan kerjasama antara peserta didik siswa dengan seorang ahli (expert) yang berposisi sebagai nara sumber dalam mencari data, keterangan, atau lainnya yang terkait dengan meteri pelajaran.
3.Secara khusus tujuan pembelajaran tematik terpadu adalah:
1) Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
2) Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
3)Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
5) Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
6) Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.