Mahasiswa jelaskan bagaimana penting suatu simulasi pengembangan pembelajaran PKN SD diterapkan di kelas bagi peserta didik?
dan berikan contoh simulasi yang tepat untuk kelas rendah m,aupun tinggi?
Mahasiswa jelaskan bagaimana penting suatu simulasi pengembangan pembelajaran PKN SD diterapkan di kelas bagi peserta didik?
dan berikan contoh simulasi yang tepat untuk kelas rendah m,aupun tinggi?
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin berpendapat mengenai diskusi 1, Suatu simulasi yang diterapkan dalam pengembangan pembelajaran PKN di SD mampu mencapai kategori siswa yang dominan dengan menunjukkan aktifitas belajar yang tinggi yang berdampak terhadap hasil belajarnya. Dari siklus ke siklus, tindakan yang diberikan terlihat memberikan hasil yang cukup baik dalam merubah siswa yaitu menumbuhkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini terlihat dimana siswa menyimak materi yang diberikan dengan cermat, kemudian siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi yang ditanyakan oleh guru, serta siswa turut serta aktif dalam pembelajaran dan mengalami sendiri apa yang dipelajari. Selain itu, siswa tampak berdiskusi dan saling mempertahankan pendapat. Kemudian, pada saat dilakukan simulasi, siswa terlihat antusias. Perubahan positif lainnya, terlihat dari hasil belajar siswa dimana pada tes yang dilakukan pada tiap siklusnya, tingkat ketuntasan siswa menunjukkan peningkatan. Pertumbuhan yang terjadi pada pelaksanan penelitian tindakan kelas ini membuktikan ketercapaian tujuan dari penelitian tindakan kelas itu sendiri yakni bertujuan untuk memberikan tindakan pada kelas yang menjadi subjek dengan harapan akan terjadinya perubahan dalam proses pembelajaran PKn pada khususnya. Disamping itu, simulasi yang tepat untuk kelas rendah dan tinggi tentu berbeda sesuai dengan rentang usia dan kemampuan peserta didik masing-masing. Adapun dalam penerapan pada kelas rendah seperti pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan deduktif serta kelas tinggi seperti simulasi dalam pembelajaran tentang berorganisasi pada kelas 5.
Sekian, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Herma zuliyanti
Npm : 2013053053
Izin menjawab pertanyaan terkait Bagaimana penting suatu simulasi pengembangan pembelajaran PKN SD diterapkan dikelas bagi peserta didik. Simulasi sangat penting diterapkan langsung pada peserta didik Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem. Simulasi itu biasanya dilakukan oleh para mahasiswa yang nantinya akan terjun dan bekerja dilingkungan Pendidikan. Biasanya simulasi ini memiliki tujuan Metode dalam pembelajaran adapun metode pembelajaran simulasi bertujuan untuk: Melatih keterampilan tertentu baik bersifat professional maupun bagi kehidupan sehari-hari , Memperoleh pemahaman tentang suatu konsep , Melatih memecahkan masalah , Meningkatkan keaktifan belajar. Adapun contoh dari simulasi yang tepat untuk diterapkan pada kelas rendah maupun tinggi adalah simulasi mengajar.dimana simulasi yang pengajaran nya dibantu dengan media pembelajaran atau alat peraga sebagai media pembantu tersampaikan nya materi pembelajaran pada peserta didik diterima dengan baik. Contohnya ketika kita akan melakukan simulasi pengembangan pembelajaran PKN SD maka kita harus menyiapkan sebuah media pembelajaran atau alat peraga yang dapat membantu seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Media atau alat peraga itu harus juga disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan ketepatan pada mata pelajaran tersebut.
Mungkin itu saja tanggapan atau jawaban yang dapat saya sampaikan.Terima kasih Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh