Forum Video 2

Forum Video 2

Number of replies: 35

setelah menyimak video pertemuan ini, analisislah dengan sudut pandang kalian apakah hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD, apakah konsep yang harus dimiliki oleh Pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD, dan bagaimanakah materi yang dijelaskan pada video tersebut sudah bisa implementasikan oleh pendidik di

In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Amalia Indah 2013053008 -
Nama : Amalia Indah
Npm : 2013053008
Seperti yang sudah di jelaskan dalam video kedua tersebut , saya mengambil kesimpulan bahwa konsep yang harus di miliki pendidik untuk menilai siswa adalah dalam pembelajaran guru harus selalu menganalisis dan merefleksikan hasil penilaian kelas dan mencari hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif yang terakhir summing-up atau penyimpulan yaitu untuk menyimpulkan Apakah anak didik telah menguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum atau belum penyimpulan ini sangat penting dilakukan guru khususnya pada saat guru diminta melaporkan hasil kemajuan belajar anak kepada orangtua sekolah atau pihak lain seperti di akhir semester atau akhir tahun ajaran baik dalam bentuk rapor siswa atau bentuk lainnya nah kemudian selanjutnya ada penilaian berbasis kelas penilaian berbasis kelas merupakan proses pengumpulan informasi mengenai hasil belajar siswa dengan menggunakan prinsip Penilaian penilaian berbasis kelas mengidentifikasi pencapaian kompetensi dan hasil belajar peserta didik.
In reply to Amalia Indah 2013053008

Re: Forum Video 2

by Shofia Habibah 2013053040 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Shofia Habibah
NPM : 2013053040
izin menanggapi bahwa hal penting atau konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa salah satunya adalah tujuan dari penilaian dalam pembelajaran itu sendiri untuk mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok di kelasnya. Selain itu, sebagai umpan balik bagi guru untuk mengetahui ketepatan pemilihan program dan metode yang digunakan, untuk menganalisis kendala siswa dalam proses pembelajaran, serta menempatkan informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan langkah selanjutnya. dan juga pendidik perlu memperhatikan prinsip prinsip dari penilaian pengembangan pembelajaran itu sendiri

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Veronika Aprilia 2013053014 -
Selamat Siang
Nama : Veronika Aprilia Dasilva
NPM : 2013053014

Izin menanggapi berdasarkan materi yang ada di video bahwa hal penting dan menjadi konsep dasar yang harus di miliki pendidik adalah pendidik harus mampu mengamati , menganalisis dan menerapkan penilaian sesuai dengan bahan ajar.Materi yang sudah di jelaskan pada video di implementasikan dengan menggunakan penilaian berbasis kelas dapat diartikan sebagai suatu proses pengumpulan, pelaporan dan penggunaan data dan informasi tentang hasil belajar peserta didik untuk menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.instrumen penilaian biasanya menggunakan contoh seperti kuis.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Herma Zuliyanti 2013053053 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Herma zuliyanti

Npm : 2013053053

Menurut sudut pandang saya terkait video pembelajaran PKN di SD Kelompok 4 tersebut. Hal terpenting sebagai seorang guru ketika memberikan sebuah penilaian pada peserta didiknya ialah dilihat dari segi kemampuannya kemudian menentukan juga analisis kebutuhan lalu menentukan tujuan dari penilaian itu sendiri. sebagai pendidik dimana menjadi seorang yang mempunyai tugas tanggung jawab untuk mendidik peserta didik dalam mengembangkan kepribadiannya, baik berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah.kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. oleh sebab itu guru perlu melakukan penilaian untuk mengukur seberapa besar kemajuan peserta didik Dengan penilaian, guru dapat mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, penguasaan peserta didik terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode mengajar.materi yang dijelaskan pada video tersebut saya rasa sudah bisa diimplementasikan oleh pendidik di sekolah dasar karena materi tersebut sangat mudah dipahami dansangat cocok apabila diterapkan atau diimplementasikan langsung ke sekolah.

Mungkin itu saja tanggapan saya mengenai video 2, sekian terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Khairunnisa aulia 2013053025 -
Nama : Khairunnisa Aulia
Npm : 2013053025

Izin menanggapi pada forum ini,
Hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD Secara prinsip, penilaian dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian lainnya, hanya yang berbeda penekanannya , yaitu pada aspek afektif .
Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu :
1. Valid, Penilaian kelas harus diukur dengan alat yang dapat dipercaya, tepat dan sahih
2. Mendidik, penialain harus memberikan sumbangan positif
3. Berorientasi pada kompetensi, pencapaian kompetensi sesuai dalam kurikulum
4. Adil dan objektif, penialain harus adil terhadap semua siswa dan tidak membeda-bedakan latar belakang siswa
5. Terbuka, terbuka bagi berbagai kalangan
6. Berkesinambungan, dilakukan secara berencana, bertahap, teratur, terus-menerus
7. Menyeluruh, meliputi aspek pengetahuan, sikap dan nilai, serta keterampilan
8. Bermakna, hasil penilaian mencerminkan gambaran yang utuh tentang prestasi siswa
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Sella Agustin Sriwinarti 2013053039 -
Nama : sella Agustin Sriwinarti
Npm : 2013053039
Izin menanggapi mengenai video kedua tentang penilaian pembelajaran PKn di SD dimana Penilaian dalam pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan dalam pembelajaran melalui kegiatan pengukuran atau perbandingan dengan kriteria-kriteria yang berlaku. Di mana hal yang penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKn dan konsep apa yang harus dimiliki oleh Pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD ini adalah dengan menelusuri apakah proses pembelajaran anak didik tetap sesuai dengan rencana, pendidik mengumpulkan informasi sepanjang semester dan tahun pelajaran melalui berbagai bentuk penilaian kelas agar memperoleh gambaran tentang pencapaian kompetensi oleh siswa, kemudian pendidik juga melakukan pengecekan kemampuan atau kompetensi apa yang telah dikuasai, pendidik juga harus selalu menganalisis dan merefleksikan penilaian kelas dan mencari hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif, serta pendidik menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai semua kompetensi yang ditetapkan oleh kurikulum. Sehingga, summing up atau penyimpulan ini sangat penting dilakukan oleh pendidik guna pada saat pendidik diminta melaporkan hasil kemajuan belajar anak kepada orang tua sekolah atau pihak lain seperti di akhir semester atau akhir tahun ajaran baik dalam bentuk rapor siswa atau bentuk lain.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Rissa Ade Kusuma 2013053031 -
Nama : Rissa Ade Kusuma
NPM : 2013053031

Dalam Vidio tersebut sudah dijelaskan. Hal yang paling penting dalam memberikan penilaian yaitu dilihat dari Tujuan penilaian merupakan suatu langkah awal bagi guru untuk melaksanakan penilaian yang akan dilakukan kepada peserta didik. Tujuan penilaian harus ditentukan sebelum penilaian dilaksanakan agar lebih jelas mengenai hal apa saja yang akan dinilai oleh guru. Tujuan dalam menentukan tujuan penilaian adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan atau ketidak sinambungan dalam aspek penilaian. Dijelaskan dalam Vidio tersebut ada 4 tujuan penilaian. Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa Penilaian yang dilakukan oleh guru harus mampu membuat setiap siswa berprestasi dan menemukan potensi unik yang dimiliki oleh setiap siswa. Akan terlihat nantinya. misalnya melalui penilaian peserta didik akan lebih tau peran Meraka hidup bermasyarakat itu bagaimna.
Penilaian dapat diimplementasikan oleh pendidik melalui penilaian berbasis kelas, penilaian outenti dan penilian berbais acuan (PAK).
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Azzahra addinu nayla 2013053037 -
Assalamualaikum Warahmatulahi wabarakatuh
Nama : Azzahra Addinu Nayla
NPM : 2013053037

Izin menanggapi vidio kedua, Hal terpenting sebagai seorang guru ketika memberikan sebuah penilaian pada peserta didiknya ialah dilihat dari segi kemampuannya kemudian menentukan juga analisis kebutuhan lalu menentukan tujuan dari penilaian itu sendiri.

Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu :
1. Valid
2. Mendidik
3. Berorientasi pada kompetensi
4. Adil dan objektif
5. Terbuka
6. Berkesinambungan
7Bermakna

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Shela Febriani 2013053032 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Shela Febriani
NPM : 2013053032
Kelas : 5E
Izin menanggapi video kedua yang telah disajikan. Jadi, dalam video tersebut telah dijelaskan mengenai konsep dasar penilaian pembelajaran pkn yang mana telah mencakup beberapa hal didalamnya antara lain,
1. Tujuan Penilaian, yaitu keeping track, checking up, finding out dan summing up.
2. Fungsi penilaian berbasis kelas, yaitu siswa dapat kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya, guru memastikan metode yang digunakan telah memadai dan guru membuat pertimbangan dan keputusan administrasinya sendiri.
3. Prinsip Penilaian, yaitu valid, mendidik, berkesinambungan, bermakna, menyeluruh, terbuka, adil obyektif serta berorientasi pada kompetensi.
4. Pendekatan penilaian, yaitu penilaian otentik dan penilaian acuan kriteria (PAK)
5. Penilaian bentuk tes, yaitu tes, lisan, tertulis dan perbuatan.
6. Penilaian bentuk tes tertulis yaitu, tes tertulis, uraian, terbatas atau tertutup, bebas atau terbuka, obyektif, pilihan ganda, benar atau salah, menjodohkan dan isian singkat.

Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Salwa Faadhila Barmuranbi 2013053052 -
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama: Salwa Faadhila Barmuranbi
NPM: 2013053052
Kelas: 5E

Izin memberi tanggapan terhadap video 2. Setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut saya dapat mengetahui bahwa terdapat empat tujuan dalam penilaian PKn diantara sebagai berikut:
1. keeping track (penelusuran)
2. checking up (pengecekan)
3. finding out (pencarian)
4. summing up (penyimpulan)
Lalu, terdapat dua pendekatan dalam penilaian, yang pertama adalah pendeketan penilaian autentik dan yang kedua adalah penilaian acuan kriteria. Pada penilaian autentik ini pendidik mencari informasi tentang perkembangan dan pencapaian belajar yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik. Kemudian, penilaian acuan kriteria ini suatu penilaian yang berpedoman pada kriteria kelulusan minimal atau yang biasa dikenal dengan istilah KKM. Penilaian dapat dilakukan dengan berbagai macam penilaian. Contohnya penilain bentuk tes terdapat penilaian seperti tes, lisan, tertulis, dan perbuatan.
Hal yang paling penting dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik adalah harus berpedoman pada prinsip penilaian dua diantaranya ialah objektif dan adil. Dengan begitu diharapkan peserta didik tidak ada yang merasa dibedakan oleh pendidiknya dalam penilaian. Menurut saya, materi yang disampaikan dalam video tersebut sangat bermanfaat dan memberi pemahaman baru tentang penilaian pada PKn SD khususnya bagi saya dan menurut pendapat saya juga sudah dapat dan cocok untuk diimplementasikan oleh pendidik dalam melakukan penilaian terhadap peserta didiknya.

Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Wr. Wb
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Desvi Lenais Putri 2013053010 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Desvi Lenais Putri
NPM : 2013053010

Izin menanggapi, Pendidik harus mampu mengamati , menganalisis dan menerapkan penilaian sesuai dengan kompetensi indikator yang telah dikembangkan. Secara prinsip, penilaian dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian lainnya, hanya
yang berbeda penekanannya , yaitu pada aspek afektif.
Sebagaimana penilaian pada umumnya, secara umum prinsip-prinsip penialaian kelas adalah sebagai berikut :
1. Valid, Penilaian kelas harus diukur dengan alat yang dapat dipercaya, tepat dan sahih
2. Mendidik, penialain harus memberikan sumbangan positif
3. Berorientasi pada kompetensi, pencapaian kompetensi sesuai dalam kurikulum
4. Adil dan objektif, penialain harus adil terhadap semua siswa dan tidak membeda-bedakan latar belakang siswa
5. Terbuka, terbuka bagi berbagai kalangan
6. Berkesinambungan, dilakukan secara berencana, bertahap, teratur, terus-menerus
7. Menyeluruh, meliputi aspek pengetahuan, sikap dan nilai, serta keterampilan
8. Bermakna, hasil penilaian mencerminkan gambaran yang utuh tentang prestasi siswa

Di mana hal yang penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKn dan konsep apa yang harus dimiliki oleh Pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD ini adalah dengan menelusuri apakah proses pembelajaran anak didik tetap sesuai dengan rencana, pendidik mengumpulkan informasi sepanjang semester dan tahun pelajaran melalui berbagai bentuk penilaian kelas agar memperoleh gambaran tentang pencapaian kompetensi oleh siswa, kemudian pendidik juga melakukan pengecekan kemampuan atau kompetensi apa yang telah dikuasai, pendidik juga harus selalu menganalisis dan merefleksikan penilaian kelas dan mencari hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif, serta pendidik menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai semua kompetensi yang ditetapkan oleh kurikulum.

Dalam penilaian ada empat unsur pokok, yaitu
(1) Objek yang akan dinilai ( menentukan objek yang akan dinilai)
(2) Kriteria sebagai tolak ukur (membuat/menentukan kriteria ukuran)
(3) Data tentang objek yang dinilai (mengumpulkan data baik melalui tes maupun non-tes
(4) Pertimbangan keputusan ( membuat keputusan/judgment)

Sekian dan terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Sofi Cahya Fitri 2013053028 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama : Sofi Cahya Fitri
Npm : 2013053028

Izin menanggapi dari Vidio kedua yang di tayangkan.
Menurut saya dari Vidio tersebut sangat bagus dan sangat lengkap karena berisikan mengenai tujuan pembelajaran PKn yang meliputi : keeping track, cheking up, finding out, summing up yang dimana masing masing tujuan tersebut memiliki tujuan yang bisa disesuaikan dengan kretaria peserta didik itu sendiri.
Disamping itu jga ada penilaian berbasis kelas yang memiliki tujuan yaitu sebagai informasi kemajuan hasil belajar peserta didik secara individual, sebagai informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar lebih lanjut dan sebagai motivasi belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat diterapkan kepada peserta didik sehingga pendidik dan peserta didik memiliki tujuan yang sama dalam proses pembelajaran. Disamping itu juga ada berbagai macam berbagai prinsip penilaian yang paling saya tunjukkan yang harus bisa disesuaikan oleh pendidik yaitu dengan prinsip valid yang dilakukan oleh pendidik adalah memberikan penilaian yang sesuai dengan peraturan yang telah dibuat sehingga nilai yang dihasilkan peserta didik akurat dengan penilaian yang sama atau valid.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sekian dan terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Jessica Rindiani 2013053021 -
Assalammualaikum wr.wb

Nama : Jessica Rindiani
NPM : 2013053021
Izin menanggapi pada forum ini

Penilaian merupakan bagian intergal, yang dalam pembelajaran dijadikan proses pembuatan keputusan nilai. Hal penting Penilaian pada peserta didik ialah dilihat dari segi kemampuannya peserta didiknya yang kemudian dianalisis kebutuhannya lalu merefleksi kan nya dalam penilaian itu sendiri, dan konsep yang harus dimiliki oleh pendidik harus mengobservasi apakah proses pembelajaran nya tersusun sesuai dengan rencana dengan mengumpulkan informasi sepanjang semester. Penilaian yang telah dijelaskan dapat di implementasi kan melalui penilaian otentik dan penilaian acuan kriteria dengan bentuk tes lisan tulis dan perbuatan, karena penilaian tersebut mudah dipahami oleh pendidik maupun peserta didik

sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Novita Sari -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Novita Sari
Npm : 2013053029
Kelas : 5 E
Izin menanggapi,terkait vidio mengenai penilaian pembelajaran PKN SD bahwasannya benar, penilaian merupakan bagian integral dalam proses belajar mengajar. Penilaian inilah yang menjadi subsetemanya. Sedangkan penilaian dalam pembelajaran merupakan proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan dalam pembelajaran melalui kegiatan pengukuran atau pembandingan kriteria kriteria yang berlaku. Tujuan penilaian di kelas oleh guru hendaknya diarahkan pada 4 tujuan yaitu penelusuran (keeping track), pengecekan (checking up), pencarian (finding out), dan penyimpulan (summing up).
1.Penelusuran (Keeping track), yaitu untuk menelusuri agar proses pembelajaran anak didik tetap sesuai dengan rencana. Guru mengumpulkan informasi sepanjang semester dan tahun pelajaran melalui berbagai bentuk penilaian kelas agar memperoleh gambaran tentang pencapaian kompetensi oleh siswa.
2.Pengecekan (Checking up), yaitu untuk mengecek adakah kelemahan-kelemahan yang dialami anak didik dalam proses pembelajaran. Melalui penilaian kelas, baik yang bersifat formal maupun informal guru melakukan pengecekan kemampuan (kompetensi) apa yang siswa telah kuasai dan apa yang belum dikuasai.
3.Pencarian (Finding-out), yaitu untuk mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran. Guru harus selalu menganalisis dan merefleksikan hasil penilaian kelas dan mencari hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif.
4.Penyimpulan (Summing-up), yaitu untuk menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum atau belum.
Kemudian Penilaian berbasis kelas merupakan proses pengumpulan informasi mengenai hasil belajar siswa dengan menggunakan prinsip penilaian. Sehingga tujuan dari penilaian berbasis kelas salah satunya yaitu sebagai informasi kemajuan hasil belajar siswa secara individual.dengan adanya penilaian berbasis kelas maka siswa akan mendapatkan kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya. Dalam proses Pendekatan Penilaian dalam PKn SD berbasis K13 ada beberapa pendekatan yang harus diperhatikan yaitu (1)penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.(2) Penilaian Acuan Kriteria (PAK).PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik. Sejalan dengan ini maka guru didorong untuk menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran tuntas (mastery learning) serta tidak berorientasi pada pencapaian target kurikulum semata.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Indah Aprilia Akmal 2013053033 -
Assalamualaikum wr wb,

Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033
Kelas : 5E

Izin menanggapi mengenai video yg 2 pak,
Menurut saya, penilaian dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian lainnya, hanya yang berbeda penekanannya , yaitu pada aspek afektif.

Dalam penilaian ada empat unsur pokok, yaitu
(1) Objek yang akan dinilai ( menentukan objek yang akan dinilai)
(2) Kriteria sebagai tolak ukur (membuat/menentukan kriteria ukuran)
(3) Data tentang objek yang dinilai (mengumpulkan data baik melalui tes maupun non-tes
(4) Pertimbangan keputusan ( membuat keputusan/judgment).

Tujuan dalam menentukan tujuan penilaian adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan atau ketidak sinambungan dalam aspek penilaian.

Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wb
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Eni Annisa 2013053045 -
Nama : Eni Annisa
Npm : 2013053045
izin menanggapi video ke 2 mengenai penilaian dalam pembelajaran PKN di SD dmna Dalam penilaian ada empat unsur pokok, yaitu Objek yang akan dinilai ( menentukan objek yang akan dinilai), Kriteria sebagai tolak ukur (membuat/menentukan kriteria ukuran), data tentang objek yang dinilai (mengumpulkan data baik melalui tes maupun non-tes, pertimbangan keputusan ( membuat keputusan/judgment). Dan juga terdapat enilaian otentik dimana proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai. Beberapa karakteristik penilaian otentik sebagai berikut :
a. Penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran, bukan terpisah dari proses pembelajaran.
b. Penilaian mencerminkan hasil proses pembelajaran pada kehidupan nyata, tidak berdasarkan pada kondisi yang ada di sekolah.
c. Penilaian bersifat komprehensif dan holistik yang mencakup semua ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
d. Penilaian mencakup penilaian proses pembelajaran
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Wahyu Lestari 2013053023 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023

Izin menjawab pak, berdasarkan tayangan pada video kedua hal penting yang harus diperhatikan pendidik dalam memberikan penilaian yaitu dilihat dari kemampuan peserta didik, analisis kebutuhannya, serta tujuan dari adanya penilaian itu sendiri. Sebagai pendidik kita harus peka akan kebutuhan dan karakteristik peserta didik juga perlu berpedoman pada konsep yang harus dimiliki dalam menilai peserta didik diantaranya konsep valid, objektif, terbuka, dll. Dalam video tersebut juga menjelaskan tujuan pembelajaran PKn yang meliputi : keeping track, cheking up, finding out, summing up. Untuk materi yang telah disampaikan dalam video tersebut sudah baik dan dapat menjadi acuan pendidik dalam implementasi penilaian peserta didiknya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Gita Putri Anjali 2013053035 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Putri Anjali
NPM : 2013053035

Izin menanggapi video 2, dari apa yang disampaikan di video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melakukan pengembangan penilaian pembelajaran PKn SD itu sangat penting karena penilaian itu mempunyai tujuan untuk dapat mengukur keberhasilan pembelajaran yang bermanfaat untuk peserta didik guna mengukur sejauh mana peserta didik tersebut mampu menyerap dan memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Kemudian di dalam video juga disampaikan bahwasannya konsep yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik dalam proses melakukan penilaian terhadap peserta didik melalui pembelajaran PKn SD sendiri mencakup yaitu harus valid, kemudian mendidik dalam arti penilaian itu harus dalam bentuk yang baik atau positif, lalu ada berorientasi pada kompetensi maksudnya dalam mencapai tujuan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, adil dan objektif artinya pendidik harus bersikap adil dalam menilai serta tidak membedakan antara peserta didik satu dengan yang lain, terbuka artinya menilai secara terbuka, berkesinambungan artinya pendidik menilai dengan terencana atau sesuai indikator pencapaian kompetensi, menyeluruh serta bermakna. Kemudian untuk pengimplementasian materi yang disajikan dalam video menurut saya sangat cocok diimplementasikan kepada anak SD karena penyampaiannya sendiri mudah untuk dipahami dan khususnya pada anak SD, tetapi menurut saya pengimplementasian yang cocok dilakukan pada SD kelas tinggi.

Sekian dan terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Puja Lestari 2013053011 -
Assalamualaikum wr wb
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Izin menanggapi, hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD ialah harus sesuai dengan tujuan yang ditetapkan serta pendidik harus mengumpulkan data dan menganalisis hal-hal yang sudah terjadi di dalam kelas terutama pada kemajuan belajar siswa serta metode atau model apa yang benar-benar cocok diterapkan di kelas. Kemudian konsep ya g harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa adalah dengan prinsip valid, objektif, berorientasi pada kompetensi, mendidik dan terbuka. Dalam hal mendidik artinya penilaian ini harus memiliki sumbangan yang positif bagi peserta didik, seperti mereka puas dengan hasil yang sudah mereka kerjakan. Selain itu pendidik juga harus menguasasi penilaian berbasis kelas dengan selalu mengamati peserta didiknya serta cara belajar mereka.
Materi yang terdapat di dalam video seharusnya sudah bisa diimplementasikan oleh pendidik, karena materj yang dipaparkan sudah cukup baik.
Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by ELSYAH KURNIA 2013053044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri, saya
Nama: Elsyah Kurnia
Npm: 2013053044

Izin menanggapi dan mereview video 2 pada pertemuan 14 ini.
Pada dasarnya, penilaian pembelajaran PKn sd sama saja dengan pembelajaran lainnya. Penilaian pembelajaran PKn sd dapat dilakukan dengan banyak cara seperti yang telah disampaikan pada video ke 2 tersebut. Pemilihan cara penilaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada video tersebut juga telah dijalaskan pengertian, cara, dan fungsi dari berbagai cara penilaian pembelajaran PKn sd. Dalam penilaian ada prinsip-prinsip penilaian, meliputi prinsip valid, mendidik, berkesinambungan, bermakna, menyeluruh, terbuka, adil, obyektif, dan berorientasi pada kompetensi.

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Astrit Ardiana Lestari 2013053055 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 2013053055
Kelas : 5E

Izin menanggapi vidio ke-2, berdasarkan apa yang telah dipaparkan di dalam vidio, dapat saya tarik kesimpulan bahwasannya hal terpenting bagi seorang pendidik dalam melakukan penilaian kepada peserta didiknya yaitu dapat dilihat dari segi kemampuannya, lalu menentukan analisis kebutuhan dan yang terakhir menentukan tujuan dari penilaian itu sendiri. Tujuan dalam menentukan tujuan penilaian adalah untuk mengantisipasi terjadinya suatu penyimpangan atau ketidaksinambungan dalam aspek penilaian. Dalam memberikan penilaian terhadap pengembangan pembelajaran PKN SD secara prinsip tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran lain, yang membedakannya yaitu pada pembelajaran pkn lebih ditekankan pada penilaian aspek afektif. Adapun konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa melalui mata pelajaran pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu : valid, mendidik, berorientasi pada kompetensi, pencapaian kompetensi sesuai dengan kurikulum, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan, menyeluruh dan bermakna.


Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Ninda Nirmala Septiani 2013053047 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ninda Nirmala Septiani
Npm : 2013053047

Izin menanggapi terkait video 2 tentang penilaian pembelajaran PKN, menurut sudut pandang saya yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran Pkn SD, yaitu penilaian yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan dan kebutuhan masing-masing Siswa.Konsep dasar penilaian pembelajaran PKN adalah tujuan dari penilaian pembelajaran itu sendiri yaitu:
1. Keeping track (Penelurusan proses belajar peserta didik sesuai dengan rencana atau tidak)
2. Check-ing up (Pengecekan yaitu untuk mengecek kelemahan peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penilaian penilaian kelas formal dan informal untuk mengetahui apa yang telah siswa kuasai atau belum)
3. Finding out (Pencarian yaitu untuk mencari dan menemukan hal-hal atau kesalahan atau kelemahan yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif)
4. Summing up (Penyimpulan, kesimpulan ini sangat penting untuk guru, khusus nya pada saat guru diminta melaporkan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, baik dalam bentuk rapor atau sebagainya).
Dijelaskan juga tentang pengertian penilaian berbasis kelas adalah proses pengumpulan informasi mengenai hasil belajar siswa dengan menggunakan prinsip penilaian. Prinsip-prinsip penilaian kelas itu sendiri adalah sebagai berikut.
1. Valid (dapat ukur, terpercaya, tepat dan sah)
2. Mendidik (penilaian memberi sumbangan positif terhadap hasil belajar siswa)
3. Berkesinambungan (Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, teratur, terus menerus dan berkesinambungan untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa)
4. Bermakna (Penilaian hendaknya mudah dipahami dan dapat ditindak lanjuti)
5. Menyeluruh (Penilaian harus dilaksanakan tuntas)
6. Terbuka (penilaian harus terbuka bagi semua kalangan)
7. Adil dan objektif (penilaian harus adil dan objektif terhadap semua siswa dan tidak membedakan)
8. Berorientasi kepada kompetensi (penilaian harus mencapai pada kompetensi yang ada dalam kurikulum).
Dari berbagai prinsip prinsip tadi menurut saya prinsip yang paling tepat digunakan adalah prinsip valid dan objektif karena valid mengenai keakuratan dan ketepatan proses belajar siswa dan objektif (penilaiannya harus sesuai dengan apa yang dilakukan siswa saat belajar). Materi yang dijelaskan dalam video tersebut sudah dapat diimplementasikan oleh pendidik untuk peserta didiknya, karena materi yang ada dalam video mudah dipahami dan membantu pendidik menjelaskan materi, informasi, dan pesan yang ingin disampaikan untuk peserta didiknya daripada pendidik menjelaskan materi nya hanya menggunakan metode ceramah saja pasti akan membuat peserta didik menjadi mengantuk dan bosan mengikuti pembelajaran.

Sekian dan terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Rizkina Anggraini Wijaya 2013053020 -
Nama : Rizkina Anggraini Wijaya
Npm : 2013053020

Izin menanggapi pak,
Sebelumnya seorang pendidik diharus mengetahui hal yang paling penting dalam memberikan penilaian tidak hanya dalam pengembangan pembelajaran PKN SD saja namun juga pada jenjang pelajaran lainnya, yaitu bahwa secara prinsip, penilaian dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian lainnya, hanya yang berbeda penekanannya , yaitu pada aspek afektif .
Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu :
1. Valid, Penilaian kelas harus diukur dengan alat yang dapat dipercaya, tepat dan sahih
2. Mendidik, penialain harus memberikan sumbangan positif
3. Berorientasi pada kompetensi, pencapaian kompetensi sesuai dalam kurikulum
4. Adil dan objektif, penialain harus adil terhadap semua siswa dan tidak membeda-bedakan latar belakang siswa
5. Terbuka, terbuka bagi berbagai kalangan
6. Berkesinambungan, dilakukan secara berencana, bertahap, teratur, terus-menerus
7. Menyeluruh, meliputi aspek pengetahuan, sikap dan nilai, serta keterampilan
8. Bermakna, hasil penilaian mencerminkan gambaran yang utuh tentang prestasi siswa

Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa adalah penilaian yang dilakukan oleh pendidik harus mampu membuat setiap peserta didik berprestasi dan menemukan potensi unik yang dimiliki oleh setiap peserta didik nantinya.
Dalam penilaian ada empat unsur pokok, yaitu sebagai berikut :
(1) Objek yang akan dinilai ( menentukan objek yang akan dinilai)
(2) Kriteria sebagai tolak ukur (membuat/menentukan kriteria ukuran)
(3) Data tentang objek yang dinilai (mengumpulkan data baik melalui tes maupun non-tes
(4) Pertimbangan keputusan ( membuat keputusan/judgment)
Jadi dalam penilaian seorang pendidik tidak boleh memberikan sembarang penilaian, yang tidak secara objektif.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Siska Siska Wulandari -
Nama : Siska Wulandari
NPM : 2013053001
Izin menanggapi, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai salah satu mata pelajaran yang didalamnya ada proses penilaian hasil belajar tentunya juga mengalami perkembangan. Jenis dan alat penilaian yang digunakan tentunya berbeda dengan mata pelajaran yang lain karena PKn lebih mengarah pada sikap dan perilaku. Menurut saya, hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD adalah penilaian pengetahuan (bukan ilmu), pembinaan sikap perilaku, dan pelatihan keterampilan sebagai warga negara demokratis, taat hukum dan taat asas dalam kehidupan masyarakat madani. Konsep atau kompetensi guru PKn yang harus dimiliki salah satu indikatornya adalah mumpuni dalam ilmu, dapat memahami perbedaan karakter dan kemampuan siswa, profesional dalam menyampaikannya, sikap dan pribadi yang menjadi ciri khasnya serta memiliki inovasi dan kreativitas dalam membangun suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Materi yang dijelaskan didalam video juga sudah bisa diimplementasikan oleh pendidik karena penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Faula Firmayasari 2013053056 -
Nama : Faula Firmayasari
Npm : 2013053056

Izin menanggapi berdasarkan video 2, penilaian merupakan bagian integral dalam sebuah proses belajar mengajar, Penilaian tersebutlah yang menjadi subsistemnya. Penilaian dalam PKN dapat dinyatakan sebagai proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi yang dilakukan oleh guru PKN untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik pada bidang studi PKN dengan maksud dapat digunakan sebagai bahan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran PKN.
Hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan Pkn SD yaitu melihat bagaimana progres atau hasil kemampuan peserta didik sehingga pendidik dapat menilai sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dan nantinya dapat mengetahui cara atau metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik tersebut. Kemudian, pendidik juga perlu menganalisis terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai untuk peserta didik sebagai acuan dalam penilaian nantinya.
Konsep yang diperlukan oleh pendidik dalam menilai peserta didik yaitu valid, mendidik, berorientasi pada kompetensi peserta didik, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan, menyeluruh, dan bermakna.
Materi yang sudah dipaparkan dapat diimplementasikan oleh pendidik kepada peserta didik dikarenakan pemaparannya sangat jelas dan mudah dipahami sehingga dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam melakukan penilaian pembelajaran PKn SD.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Mu'tas Ulil Absor 2013053038 -
Nama : Mu'tas Ulil Absor
Npm : 2013053038
Kelas : 5E

Izin meanggapi Izin menanggapi mengenai video kedua tentang penilaian pembelajaran PKn di SD, saya mengambil kesimpulan bahwa Penilaian adalah pemeriksaan secara terus-menerus untuk mendapatkan informasi yang meliputi siswa, guru, program pendidikan dan proses belajar mengajar untuk mengetahui tingkat perubahan siswa dan ketepatan keputusan tentang gambaran siswa dan efektivitas program. Kemudian untuk menguji sejauh mana keberhasilan peserta didik mengikuti proses pembelajaran perlu diadakan pengukuran, pengukuran adalah suatu proses yang menghasilkan gambaran berupa angka-angka hasil pengamatan mengenai beberapa ciri tentang suatu objek, orang atau peristiwa. Sedangkan Penilaian pada hakikatnya merupakan suatu proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Secara prinsip, penilaian dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian lainnya, hanya yang berbeda penekanannya , yaitu pada aspek afektif. Kaitannya dengan proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan guru bertujuan untuk menganalisis dan merefleksikan hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif yang terakhir summing-up atau penyimpulan yaitu untuk menyimpulkan Apakah anak didik telah menguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum atau belum.

Sekian dan terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Fitrya Dwi Rahmadhani -
Assalamualaikum Warahnatullahi Wabarakatuh

Nama : Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM : 201305326

Izin menjawab pak, Konsep dasar penilaian yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai siswa yaitu ;
Valid artinya harus memberikan informasi yang akurat tentang hasil belajar siswa.
2. Mendidik artinya penilaian harus memberikan sumbangsih positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa penilaian harus dinyatakan dan dapat dirasakan sebagai penghargaan., sebagai motivasi bagi siswa yang berhasil, dan menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan hasil belajar bagi yang kurang berhasil.
3. Berorientasi pada kompetisi artinya penilaian harus memiliki pencapaian kompetisi yang dimaksud dalam kurikulum
4. Adil dan objektif artinya penilaian harus adil dan objektif terhadap semua siswa dan tidak membeda-bedakan latar belakang siswa yang tidak berkaitan dengan pencapaian hasil belajar untuk itu perlu dibuat kriteria yang jelas sebagai dasar ukuran dan pengambilan keputusan
5. Terbuka artinya kriteria penilaian hendaknya terbuka bagi berbagai kalangan sehingga keputusan tentang keberhasilan siswa jelas bagi pihak-pihak yang berkepentingan
6. Berkesinambungan artinya penilaian dilakukan secara berencana bertahap teratur terus-menerus dan berkesinambungan untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan kemajuan belajar siswa hasil penilaian perlu dianalisis dan ditindaklanjuti penilaian hendaknya merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
7. Seluruh artinya penilaian terhadap hasil belajar siswa harus dilaksanakan menyeluruh utuh dan tuntas yang mencakup aspek kognitif afektif, psikomotor.
8. Bermakna artinya penilaian hendaknya mudah dipahami dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan hasil penilaian mencerminkan gambaran yang utuh tentang prestasi siswa yang mengandung informasi keunggulan dan kelemahan minat dan tingkat penguasaan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Lidya Fransiska 2013053015 -
Nama: lidya fransiska
Npm: 2013053015
Konsep yang garus dimiliki pendidik adalah Terdapat tiga aspek dalam evaluasi pembelajaran, yang oleh Benjamin S. Bloom dinamkan Taksonomi Bloom, yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Ranah kognitif memiliki enam tingkatan, yakni pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Melalaui aspek tersebut pendidik dapat mengembangakan penilaian untuk mencapai hasil/tujuan pembelajaran. Bentuk-bentuk penilaian hasil belajar siswa yang dapat diterapkan pendidik yaitu penilaian autentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan ahkir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah.
Acuan pendidik dalam penilaian melalui pengembangan pembelajaran pkn sd adalah dengan nilai karakter utama Mata Pelajaran PKn yaitu, Nasionalis, Kepatuhan pada aturan sosial, Menghargai keberagaman, Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Bertanggung jawab, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, dan Kemandirian.
Materi pada vidio tersebut sudah visa diimplementasikan sepenuhnya bagi pendidik dalam melaksanakan oenilaian pkn di sd
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Ade Suryani 2013053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Ade Suryani
Npm: 2013053002

Izin menanggapi pak, menurut saya hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD ialah pendidik harus tahu terlebih dahulu apa itu penilaian dan bagaimana cara penilaian tersebut dilaksanakan. Dari video yang sudah dipaparkan mengenai penilaian pembelajaran PKN SD telah dijelaskan bahwa penilaian itu sendiri merupakan bagian integral dalam proses belajar mengajar yang mana penilaian termasuk subsistemnya. Penilaian dalam pembelajaran ialah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan dalam pembelajaran melalui pengukuran atau perbandingan dengan kriteria-kriteria yang berlaku. Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu dengan diterapkannya keeping track atau penelusuran yang mana agar pembelajaran yang telah direncanakan dapat sesuai, kedua checking up atau pengecekan di mana pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui pencapaian peserta didik dalam pembelajaran di kelas, ketiga ada finding out atau pencarian yaitu mencari atau menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kekurangan dalam proses pembelajaran, dan yang terakhir ada summing up atau kesimpulan yaitu guna untuk mengetahui apakah peserta didik ini sudah menguasai kompetensi yang ditetapkan dalam proses kegiatan pembelajaran atau belum sehingga pendidik dapat memberikan kesimpulan dari hasil belajar peserta didik kepada orang tua saat akhir semester atau bagi raport.

Sekian, terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Dinda Ayu Muslimah 2013053009 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009

Izin menjawab
Hal yang paling penting dalam memberikan penilaian pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu valid. Valid sangat penting untuk dilakukan saat penilaian, dimana penilaian harus memberikan informasi yang akurat tentang hasil belajar peserta didik. Pendidik dapat menilai peserta didik sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap selama kegiatan pembelajaran. Pendidik harus memberikan hasil penilaian yang valid, bukan hasil tebakan yang tidak berdasarkan fakta.

Konsep yang harus dimiliki oleh Pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu konsep perilaku yang adil dan obyektif selama penilaian. Penilaian harus adil dan obyektif terhadap semua siswa dan tidak membedakan latar belakang siswa yang tidak berkaitan dengan pencapaian hasil belajar. Untuk itu pendidik perlu membuat kriteria yang jelas sebagai dasar pengambilan nilai.

Materi yang dijelaskan pada video tersebut sudah bisa langsung diimplementasikan oleh pendidik terhadap peserta didik. Pendidik harus paham bagaimana penilaian yang baik itu dan mulai mengimplementasikannya di kelas.

Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Fajrin Hana Hamidah 2013053016 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016

Izin memberikan tanggapan mengenai video 2 dalam pertemuan ke 14.

Hal yang paling penting dalam memberikan penilaian dalam pengembangan pembelajaran PKN di SD yaitu adanya penekanan dalam aspek afektif, kemampuan peserta didik, analisis mengenai kebutuhan peserta didik, serta melihat tujuan dari diadakannya penilaian itu sendiri. Penilaian digunakan sebagai pengukur keberhasilan pembelajaran yang akan bermanfaat untuk peserta didik dengan mengukur sejauh mana peserta didik akan memahami dan mampu menyerap materi yang disampaikan oleh pendidik. Ketika melakukan sebuah penilaian pendidik perlu mengumpulkan data dan juga menganalisis hal-hal yang sudah terjadi di dalam kelas terutama pada kemajuan belajar peserta didik serta metode dan juga model apa yang paling cocok diterapkan dikelas. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mengumpulkan berbagai data sebagai bahan informasi bagi pendidik dalam pengambilan keputusan mengenai diri peserta didik yang bersangkutan.

Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PKN di SD yaitu
1. Valid, artinya penilaian yang dilakukan oleh pendidik harus memberikan informasi yang akurat mengenai hasil belajar peserta didik.
2. Mendidik, artinya penilaian harus memberikan sumbangan positif terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik, penilaian juga harus dinyatakan dan dapat dirasakan sebagai sebuah penghargaan sebagai motivasi bagi peserta didik yang berhasil dan menjadi sebuah pemicu semangat untuk meningkatkan hasil belajar bagi yang kurang berhasil.
3. Berorientasi pada kompetensi, artinya penilaian harus dapat menilai pencapaian kompetensi yang dimaksud dalam kurikulum.
4. Objektif, artinya penilaian harus adil dan objektif terhadap semua peserta didik dan tidak adanya pembeda antara latar belakang peserta didik yang tidak berkaitan dengan pencapaian hasil belajar.
5. Terbuka, artinya kriteria penilaian hendaknya harus terbuka bagi berbagai kalangan sehingga keputusan mengenai keberhasilan peserta didik jelas bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
6. Berkesinambungan, artinya penilaian yang dilakukan oleh pendidik dilakukan secara berencana, bertahap, teratur, dan terus menerus berkesinambungan untuk dapat memperoleh gambaran mengenai perkembangan kemajuan belajar peserta didik.
7. Menyeluruh, artinya penilaian terhadap hasil belajar peserta didik harus dilakukan secara menyeluruh dan utuh yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
8. Bermakna, artinya penilaian hendaknya mudah dipahami dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Materi yang disampaikan dalam video tersebut sudah bisa diimplementasikan oleh pendidik yang ada di Indonesia. Pendidik dapat menggunakan penilaian autentik dengan mencari informasi mengenai perkembangan dan pencapaian hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang dapat mengumpulkan, menunjukkan, mengungkapkan, membuktikan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah dikuasai dan dicapai.
Yang selanjutnya pendidik dapat menggunakan penilaian acuan kriteria merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). Yang dimana KKM adalah kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar hang akan dicapai, daya dukung dan karakteristik peserta didik.

Bentuk-bentuk penilaian yang sering digunakan atau diimplementasikan oleh pendidik yaitu penilaian dalam bentuk tes, lisan (seperti tanya jawab), dan tulis (dapat berupa uraian).

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam video ke 2 dipertemuan ke 14 ini, saya ucapkan terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Hanifatun Nabila -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012
Izin menanggapi pak terkait video diatas,

Berbeda dengan video pertama, didalam video kedua ini mencantumkan 8 prinsip dalam penilaian yaitu valid, mendidik, berkesinambungan, bermakna, menyeluruh, terbuka, adil dan obyektif, berorientasi pada kompetensi. Pada video kedua ini cakupan dalam menilai lebih banyak membuat guru yang menilai lebih efektif. Sesuai yang ada pada siswa, tidak ada yang direkayasa. Sehingga nantinya ketika siswa berprestasi, maka siswa itu patut untuk dibanggakan karena hasil kerja kerasnya dan penilaian yang ada diri siswa bukan nilai yang direkayasa hasilnya. Dari tahapan penilaian diatas, saya dapat mempelajari bahwasanya untuk menilai siswa itu tidak hanya dari basicnya, misal siswa tersebut nakal. Itu bukan menjadi poin utama penilaiannya. Guru harus mempertimbangkan hal yang lain, yaitu pengetahuannya, keterampilannya dll. Jangan sampai hanya menilai dari satu sisi saja, dari sisi yang lain pasti ada yang menonjol dari siswa tersebut.

Sekian tanggapan dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Hanifa Cahaya Putri 2013053042 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Hanifa Cahaya Putri
NPM: 2013053042
Kelas: 5E

Izin menanggapi mengenai video ke-2.
Penilaian adalah proses penyematan kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari penilaian berupa kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi. Hal penting dalam penilaian untuk peserta didik itu dapat kita lihat dari segi kemampuannya yang akan dianalisis oleh guru itu sendiri yang sebagaimana keterampilan atau sikap peserta didik itu sudah baik atau belum dan konsep yang harus dimiliki pendidik dalam penilaian yaitu dari hasil pengamatan penilaian terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Penilaian dilakukan terhadap unjuk kerja, tingkah laku, atau interaksi siswa. Penilaian proses digunakan untuk menilai kemampuan siswa melalui penugasan. Lalu penilaian tersebut diimplementasikan dalam bentuk tes tertulis, tes lisan, keterampilan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik secara baik dengan dibimbing oleh guru.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by Nurma yunita 2013053024 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nurma Yunita
Npm : 2013053024
Konsep yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menilai peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu sesuai dengan tujuan penilaian pembelajaran. Dalam penilaian pembelajaran pendidik melakukan analisis, pengecekan terhadap hasil penilaian kelas setelah mengetahui hasil penilaian yang dilakukan, pendidik dapat mengetahui kemampuan peserta didik serta menyimpulkan apakah pembelajaran yang dilakukan sudah tercapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Serta terdapat prinsip-prinsip penilaian yaitu valid, mendidik, berkesinambungan, bermakna, menyeluruh, terbuka, adil dan objektif serta berorientasi pada kompetensi.
Materi yang dijelaskan dalam video 1 sudah dapat diimplementasikan oleh pendidik, karena materi yang ada dalam video mudah dipahami dan membantu pendidik menjelaskan materi, informasi, dan pesan yang ingin disampaikan untuk peserta didiknya daripada pendidik menjelaskan materi nya hanya menggunakan metode ceramah saja pasti akan membuat peserta didik menjadi mengantuk dan bosan mengikuti pembelajaran.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 
In reply to First post

Re: Forum Video 2

by ELLEN KUMALA DEWI 2013053050 -
Assalamualaikkum.
Izin memperkenalkan diri.
Nama : Ellen Kumala Dewi
Npm : 2013053050

Izin menjawab:

Dalam sudut pandang saya. Saya melihat bahwa penilaian bukan sekedar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran.
Dalam video tersebut dijelaskan bahwa konsep dasar yang harus dimiliki pendidik dalam menilai siswa melalui pengembangan pkn adalah bahwa tujuan pkn itu keeping track ( menelusuri pembelajaran agar sesuai rencana yang mana agar memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik), checking up ( mengecek kelemahan yang dialami peserta didik baik formal atau informal), finding out ( menemukan hal yang menyebabkan kelemahan dan kesalahan belajar siswa. Pendidik harus bisa menganalisis tefleksi penilaian kelas.apakah pembelajaran berjalan efektif atau tidak). Selanjutnya yaitu simming up( menyimpulkan apakah anak didik sudah menguasai seluruh kompetensi belum dan hal itu penting agar dapat dibuat laporan kepada orang tua peserta didik.
Serta dalam implementasinya harus juga memperhatikan prinsip penilaian yaitu validitas, mendidik, berorientasi pada kompetensi, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan, menyeluruh, dan bermakna. Semua keterangan terkait prinsip penilaian sudah sangat jelas disampaikan pada video tersebut.

Menurut saya materi yang di sampaikan sudah cukup lengkap untuk bisa dijadikan pedoman pendidik agar dapat melakukan penilaian kepada peserta didik nya dengan baik.terimakasih.