bagaimana pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi. dan bagaimana penerapan yang telah terlaksana di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD
Forum Diskusi 1
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Izin menanggapi pak,
Pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi ialah dengan cara pembentukan karakter peserta didik terlebih dahulu sebagaimana karakter adalah hal yang sangat penting terlebih lagi di zaman sekarang ini karakter peserta didik dapat dikatakan kurang baik karena pengaruh perkembangan zaman ataupun internet. Mereka ikut mengambil sisi kurang yang kurang baik sehingga menyebabkan timbulnya karakter yang tidak diinginkan. Dan sebaiknya dalam pengembangan pembelajaran pkn ini guru bisa menjadi contoh atau teladan yang baik kepada siswanya. Karena sekolah adalah rumah kedua bagi mereka dan guru sebagai orang tua yang bisa mereka tiru dan gugu. Selain itu juga pengembangan pembelajaran PKN SD dapat diterapkan dengan menggunakan beberapa media pembelajaran yang bisa menarik minat belajar siswa.
Adapun penerapan yang telah terlaksana di SD terkait pengembangan pembelajaran pkn yaitu setelah selesai berdoa peserta didik selalu membacakan pancasila bersama-sama, hal ini dilakukan agar mereka selalu ingat isi pancasila dan juga mereka akan memahami sedikit demi sedikit makna dari pancasila itu sendiri.
Selain itu juga guru bisa mengembangkan pembelajaran pkn sd ini dengan cara bernyanyi simbol pancasila. Selain mereka merasa senang, mereka juga akan mengingat simbol-simbol dari pancasila.
Sekian terimakasih, wassalamualaikum wr wb.
Nama: Salwa Faadhila Barmuranbi
NPM: 2013053052
Kelas: 5E
Izin menjawab Pak, menurut saya pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di SD untuk kelas tinggi ialah pengembangan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan dan juga disesuaikan dengan karakteristik peserta didiknya. Sebagai seorang pendidik atau pun calon pendidik nantinya memiliki peran untuk memahami katakteristik dari masing-masing peserta didiknya. Karena, dengan mengetahui kerakter dari peserta didiknya akan memberi kemudahan terkhusus bagi pendidik untuk mengetahui potensi diri berikut dengan kelebihan dan kekurangan peserta didiknya. Setelah mengetahui hal tersebut, sebagai pendidik akan merencanakan proses pembelajaran yang sesuai dan tepat agar memudahkan peserta didiknya mencapai tujuan pembelajaran khususnya PKn SD.
Untuk di kelas tinggi, peserta didik dapat dibimbing untuk belajar berani berargumentasi (mengungkapkan ide/pikiran), bermain peran, dan dapat juga melalukan pembelajaran berbasis IT agar tercipta suasana pembelajaran yang baru sehingga tidak membuat peserta didik merasa cepat jenuh.
Tetapi, yang saya ketahui penerapan pengembangan pembelajaran PKn SD khususnya di kelas tinggi yang telah terlaksana biasanya hanya sebatas menyimak materi yang disampaikan oleh pendidik, lalu menghafal materi pembelajaran kemudian peserta didik diberi tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tentunya, untuk mengembangkan pembelajaran diperlukan berbagai ide yang muncul dari pendidik agar tercipta pembelajaran yang tepat, kreatif, dan inovatif.
Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Sofi Cahya Fitri
NPM : 2013053028
Kelas : 5E
Izin menanggapi pak,
Pengembangan pembelajaran PKN sd yang perlu dikembangkan oleh pendidik di sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu dengan pembelajaran berbasis E-Learning. Pembelajaran berbasis E-Learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara sistematis dengan mengintegrasikan semua komponen pembelajaran, termasuk interaksi pembelajaran lintas ruang dan waktu, dengan kualitas yang terjamin. Yang maksudnya adalah suatu pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran supaya mempermudah proses belajar mengajar. Maka dari itu diperlukan pembelajaran yang bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara sistematis yang menjadikan pembelajaran berinvotif dan menarik bagi peserta didik di kelas tinggi.
Pembelajaran berbasis E-Learning dengan pembelajaran PKn pada kelas tinggi jika di kombinasikan akan mempermudah peserta didik dalam proses belajar mengajar serta peserta didik juga mudah mencari informasi yang mereka butuhkan. Karena peserta didik dituntut untuk berfikir kritis dan kreatif terutama dalam pembelajaran PKn kelas tinggi. Dengan menggunakan fasilitas yang sudah banyak tersedia di dalam era modern ini misalnya menggunakan media jaringan dalam memcari informasi yang dibutuhkan, dalam pembelajaran seperti ini disebut pembelajaran berbasis E-learning. E-Learning adalah salah satu wujud dari pembelajaran jarak jauh. Adapun perbedaan dan persamaan dari pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran online.
Adapun penerapan yang dilakukan di dalam kehidupan kelas sehari hari yaitu dengan adanya pendidik yang mampu menyiapkan media pembelajaran yang menampilkan sebuah gambar, suara atau pun vidio yang dimasukan dalam materi belajar yang sehingga nantinya peserta didik mampu tertarik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan serta materi pembelajaran yang dapat diingat mereka dalam jangka panjang. Namun balik lagi dengan keadaan, kondisi dan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri jika dirasa sesuai dengan materi pembelajaran dan sesuai dengan kebutuha peserta didik maka mampu digunakan metode dan media yang seusuai pula.
Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Ade Suryani
NPM : 2013053002
Kelas : 5E
Izin menanggapi pak,
Pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi adalah pembentukan moral dan sikap peserta didik, yang mana kita ketahui bahwa era sekarang banyak peserta didik yang sudah memiliki handphone sendiri sehingga ketika dalam pembelajaran berlangsung peserta didik kurang memerhatikan materi yang sedang dipelajari. Dengan demikiran diperlukannya kreativitas dari pendidik untuk membuat peserta didik tetap focus pada pelajaran dan memancing rasa ingin tahu peserta didik menggunakan media yang dapat menarik perhatian mereka. Pendidik juga sebagai orangtua kedua bagi peserta didik di sekolah harus memantau perkembangan mereka dan memberikan contoh yang baik agar peserta didik juga dapat meniru contoh tersebut.
Penerapan yang telah terlaksana di SD terkait pengembangan PKN SD yaitu dengan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan menyanyikan lagu wajib nasional yang mana secara tidak langsung itu terkandung dalam makna pancasila.
Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum wr wb.
Npm : 2013053008
Izin menjawab
Dalam mata pelajaran PKn, pengembangan nilai-nilai afeksi dan karakter harus menjadi prioritas. Apalah artinya pandai secara akademik tanpa diimbangi karakter dan akhlak mulia. Dalam rangka pengembangan nilai-nilai afeksi dan karakter ini, peran guru amat penting. Sebab, guru adalah figur yang banyak dicontoh muridnya, terutama untuk tingkat SD. Guru tidak cukup memberi contoh, namun harus dapat menjadi contoh.
NPM : 2013053021
Izin menjawab,
Dalam pengembangan pembelajaran Pkn SD diperlukan kreativitas untuk merancang model pembelajaran yang akan di terapkan di kelas tinggi, dan disesuai kan terkait kebutuhan peserta didik hingga kelebihan dan kekurangan model tersebut sampai ke bagian perencanaan model pembelajaran tersebut.
Adanya penggunaan Teknologi mampu mendorong sebagai pengembangan pembelajaran PKN SD seperti penggunaan e-learning dengan tujuan nya itu sendiri agar materi yang ingin disampaikan menjadi lebih menarik dan cakupan nya lebih luas hingga bisa dijangkau di mana pun oleh peserta didik berada, namun penerapan yang belum terlaksana dengan baik dengan alasan tidak semua sekolah bisa memfasilitasi dan tidak semua siswa bisa mengakses penggunaan e- learning terutama daerah yang terpencil dan sulit mengakses.
Nama : Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012
Izin menanggapi pak,
Menurut saya pengembangan pembelajaran PKN dikelas tinggi harus menggunakan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dengan pembelajaran ini maka siswa harus dibimbing. Awalnya seorang guru memberikan pembahasan sedikit mengenai materi, kemudian selanjutnya guru mengajak siswa untuk membaca materi PKN sendiri dibuku yang telah ada kemudian guru memberikan gambaran dan pertanyaan mengenai materi tersebut. Sehingga nantinya tidak ada siswa yang bermain-main. Karena jika guru menggunakan metode ceramah pasti kurang efektif, siswa mengobrol sendiri dan tidak paham memgenai materi tersebut. Maka dalam pembelajaran ini kuncinya ada disiswa, siswa harus dipicu untuk aktif, kreatif dalam pembelajarannya. Seperti mengguanakan metode tanya jawab, diskusi dan masih banyak lagi.
Untuk penerapannya di Sd masih terbilang kurang, artinya pembelajarannya masih terfokus sama mata pelajaran lain, karena mengguanakan pembelajaran tema. Sehingga materi penting atau poin-poin dalam pembelajaran PKN tersebut tidak tersampaikan semuanya. Hanya terbilang garis besarnya saja.
Sekian tanggapan dari saya, apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016
Izin menanggapi pertanyaan yang telah bapak berikan terkait dengan bagaimana pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh pendidik di sekolah dasar untuk kelas tinggi dan bagaimana penerapan yang telah terlaksana di sekolah dasar terkait dengan pengembangan PKN SD?
Pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh pendidik di sekolah dasar baik untuk kelas rendah maupun kelas tinggi kita harus dapat menyesuaikan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan kondisi dan karakteristik dari si peserta didik. Jika dilihat karakteristik dari peserta didik di kelas rendah ialah jiwa atau pembawaan dalam kegiatan pembelajaran masih dengan yang rileks, santai, menyenangkan, serta bermain. Maka dalam hal ini materi yang disajikan haruslah yang menarik yang dapat mereka hafal dan mereka kenal terlebih dahulu. Misalnya pendidik dapat mengajak peserta didik belajar diluar kelas, yang dimaksudkan agar peserta didik mengenal dengan lingkungannya seperti mereka akan dikenalkan dengan masyarakat sekitar. Sedangkan dalam pembawaan kelas tinggi maka karakter dari mereka sudah mulai ada keseriusan dalam belajar sehingga mereka mampu menangkap materi yang sedang disampaikan. Dalam hal ini pendidik bisa melakukan tanya jawab (kolaborasi) karena mereka sudah dapat mengembangkan ide dan gagasannya sehingga pembelajaran yang dilakukan berjalan aktif dan bermakna. Misalnya pendidik mengajak peserta didik untuk bermain peran, maka disitulah mereka akan dapat mengembangkan ide dan gagasannya sesuai dengan yang mereka imajinasikan. Selain itu pengembangan pembelajaran PKN SD dapat dilakukan dan diterapkan dengan menggunakan beberapa media dan sumber belajar yang menarik sehingga nantinya akan dapat menarik minat belajar peserta didik.
Pendidikan kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik dapat berfikir secara kritis, kreatif, cerdas, dan tanggung jawab, sehingga pendidikan kewarganegaraan tidak hanya mengedepankan kemampuan intelektual peserta didik melainkan juga mengedepankan moralitas peserta didik. PKN mengajarkan bagaimana menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah.
Adapun penerapan yang telah terlaksana di SD terkait dengan pengembangan pembelajaran PKN SD yaitu adanya pengembangan nilai-nilai moral yang diajarkan oleh pendidik yang sesuai dengan Pancasila. Dan juga adanya pembentukan pribadi peserta didik yang sesuai dengan kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang cinta tanah air dan ikut serta dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.
Sekian, tanggapan yang dapat saya berikan. Apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Veronika Aprilia Dasilva
NPM : 2013053014
Kelas : 5 E
Izin menjawab pak,pengembangan pembelajaran PKN SD yang dikembangkan oleh guru SD di kelas tinggi adalah mengenai pendidikan karakter pada peserta didik di kelas tinggi dengan menumbuhkan kesadaran peserta didik kelas tinggi bahwa memiliki pendidikan karakter yang baik itu juga di perlukan agar peserta didik memiliki karakter yang baik dari diri masing masing peserta didik bukan hanya akademik yang dikembangkan untuk menjadi lebih baik tetapi karakter yang baik sangat di perlukan.Contoh nya adalah untuk peserta didik yang berada di kelas tinggi harus diajarkan mengenai tata cara masuk kelas yang baik dengan memberikan salam sesuai kepercayaan masing masing.Penerapan yang terlaksana di sekolah dasar terkait PKN di SD adalah sebelum memulai pembelajaran pendidik atau guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu nasional.
Izin menjawab pak,
Nama : Shofia Habibah
NPM : 2013053040
Kelas : 5E
Menurut saya pengmbangan desain pembelajaran PKn SD adalah desain mata pelajaran memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, bahasa, usia, , serta suku bangsa untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan juga berkarakter pada diri setiap peserta didik, pada desain pembelajaran ini guru membantu membentuk karakter anak untuk gemar belajar. Pada fase pembentukan tersebut terjadi penyimpangan, maka kesalahan yang terjadi akan terbawa pada tahap pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, guru harus mampu menunjukkan peningkatan perhatian dan wawasan yang dimilikinya sangat penting dilakukan agar peserta didik mendapat pendidikan yang berkualitas. Jadi Sebagai seorang guru yang mendidik bagi peserta didik kita akan menghadapi berbagai permasalahan baik dari guru maupun siswa. Maka dalam pengembangan pendidikan Kewarganegaraan guru harus bisa menerapakan kepada siswa nilai-nilai moral sehingga dapat terbentuk pribadi siswa yang memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, kemandrian, sikap demokratis, rasa inggin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai, sikap bersahabat, cinta damai, gemar membaca, perduli terhadap lingkungan, perduli sosial, rasa tanggung jawab, maupun sikap religius.
Untuk mengajarkan konsep atau nilai dan moral yang berkenaan dengan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan seharihari. Melalui pembiasaan, latihan atau keteladanan yang di, akan terbiasa dengan hal-hal yang baik yang sifatnya masih sederhana, kemudian ditingkatkan secara bertahap ke hal-hal yang sifatnya lebih sukar.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
NPM : 2013053035
Izin menanggapi, pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu dengan melaksanakan pendekatan konstruktivisme akan banyak memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeksplor potensi dirinya. Pendekatan ini juga akan memberikan ruang bagi siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuannya, bukan diberi, sehingga belajar akan lebih bermakna bagi dirinya. Siswa akan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Bukan cuma menjadi pendengar. Dengan menggunakan multimetode, multimedia dan multisumber, pembelajaran akan lebih menarik, menantang dan bermakna bagi siswa. Pemilihan metode, media dan sumber yang tepat juga akan amat mempengaruhi kebermaknaan dan keberhasilan pembelajaran. Misalnya untuk mengajarkan materi tentang menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Materi ini akan lebih tepat diajarkan dengan Metode Bermain Peran atau menggunakan media film ketimban ceramah. Atau untuk melatih kemampuan berpikir kritis, bisa menggunakan peta konsep, belajar berdasarkan masalah.
Sekian dan terimakasih
Nama : Shela Febriani
NPM : 2013053032
Kelas : 5E
Izin menjawab
Menurut saya pendidik perlu menggunakan model yang sesuai untuk diterapkan pada kelas tinggi agar mereka dapat berlatih lebih dalam terkait hal yang akan dipelajari seperti contohnya pendidik dapat menggunakan model pembelajaran cooperative learning atau Think-Pair-Share yang merupakan model pembelajaran dengan cara siswa dikelompokkan menjadi beberapa grup diskusi dalam kelas. Pembentukan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengekspresikan berbagai gagasan, curahan pendapat, menerima masukan yang imergen, dan menciptakan suasana saling menghargai. Diskusi dalam cooperative learning, think-pair-share bertujuan memberikan kesempatan atau waktu berpikir (think time) kepada masing-masing anggota kelompok mengekspresikan berbagai gagasan dan curahan pendapatnya. Cooperative Learning disebut juga berlajar dari kerjasama, yaitu pembelajaran dengan bekerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan seperangkat intruksi atau perintah-perintah pada kelompok kecil, sehingga siswa dapat menjalin kerjasama untuk memaksimalkan kerja setiap kelompok. Prinsip model pembelajaran ini untuk menciptakan saling ketergantungan positif antarsiswa untuk mencapai tujuan dengan berpedoman bahwa tujuan akan tercapai jika keberhasilan diraih oleh setiap. Peserta didik didorong untuk bekerja sama secara maksimal sesuai dengan keadaan heterogenitas kelompoknya. Bagi siswa yang cepat belajarnya membantu temannya lambat belajarnya, karena dalam pendekatan ini keberhasilan individu menjadi keberhasilan kelompok, atau sebaliknya, kegagalan individu merupakan kegagalan kelompoknya juga. Model kerja sama dapat berbentuk mengerjakan tugas-tugas dari guru, sekolah atau memberikan motivasi.
Kemudian, penerapan yang telah terlaksana di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD contohnya yaitu praktik Belajar PKn Berbasis Portofolio. Portofolio merupakan kumpulan hasil karya seorang siswa. Sejumlah hasil karya seorang siswa yang sengaja dikumpulkan untuk digunakan sebagai bukti prestasinya; perkembangan siswa dalam kemampuan berfikir; pemahaman siswa atas materi pokok; kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan dan sikap siswa terhadap mata pelajaran tertentu; dan laporan singkat yang dibuat seorang siswa setelaah melaksanakan kegiatan.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Desni Lia Pramesti
Npm : 2013053057
Izin menanggapi Pak,
PKn merupakan Pendidikan yang berperan penting untuk membentuk kepribadian bagi peserta didik Hal ini disebabkan PKn mempelajari tentang bagaimana peserta didik untuk menjadi warga negara yang baik dan benar, menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, perlu ada pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik terutama di kelas tinggi, nah mengenai bagaimana pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik dikelas tinggi tentunya tidak terlepas dari peran seorang pendidik, di kelas tinggi karakter peserta didik sudah mulai terlihat dan mereka juga sudah mengenal wawasan yang lebih luas, karena itu saat pembelajaran PKn pendidik pertama hendaknya memberikan pengembangan terhadap moral dan sikap peserta didik agar mereka paham mengenai nilai dan sikap sebagai warna negara yang baik dan terhindar dari hal yang sifatnya negatif. PKn mengharuskan kepada para peserta didik untuk memiliki tiga kompetensi; yakni pengetahuan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, dan karakter kewarganegaraan. Untuk menghadirkan ke-3 kompetensi tersebut pada peserta didik, sebagai motivator dan fasilitator harus kreatif, inisiatif, dan konsen terhadap peserta didik, seorang pendidik diharuskan memberikan sebuah pengembangan pembelajaran PKn yang bersifat Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dengan hal itu maka Pembelajaran PKn SD akan terlaksana dengan baik karena minat belajar dari peserta didik nya juga tinggi, selain itu pengembangan sikap dan moral juga harus senantiasa diberikan pendidik dalam setiap proses pembelajaran dengan mencontohkan sikap baik yang riil dan nyata sehingga akan menumbuhkan rasa cinta tanah air peserta didik terhadap negaranya.
Namun, kita ketahui bersama bahwa pada faktanya pengembangan tersebut belum terlaksana dengan baik di Sekolah Dasar, peserta didik SD kelas tinggi sikap dan moralnya sebagai warga negara yang baik belum nampak dengan jelas, hal tersebut karena pengembangan pembelajaran PKn SD di kelas tinggi oleh pendidik belum diberikan dengan baik dan tuntas.
Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053020
Izin menanggapi
Pendidikan kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik dapat berfikir secara kritis, kreatif, cerdas, dan tanggung jawab, sehingga pendidikan kewarganegaraan tidak hanya mengedepankan kemampuan intelektual peserta didik melainkan juga mengedepankan moralitas peserta didik. PKN mengajarkan bagaimana menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah.
pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu dengan melaksanakan pendekatan konstruktivisme akan banyak memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeksplor potensi dirinya. Pendekatan ini juga akan memberikan ruang bagi siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuannya, bukan diberi, sehingga belajar akan lebih bermakna bagi dirinya.
Siswa akan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Bukan cuma menjadi pendengar. Dengan menggunakan multimetode, multimedia dan multisumber, pembelajaran akan lebih menarik, menantang dan bermakna bagi siswa. Pemilihan metode, media dan sumber yang tepat juga akan amat mempengaruhi kebermaknaan dan keberhasilan pembelajaran. Misalnya untuk mengajarkan materi tentang menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Materi ini akan lebih tepat diajarkan dengan Metode Bermain Peran atau menggunakan media film ketimban ceramah. Atau untuk melatih kemampuan berpikir kritis, bisa menggunakan peta konsep, belajar berdasarkan masalah.
Sekian terimakasih
Nama : Azzahra Addinu Nayla
NPM : 2013053037
Izin menanggapi pak,
Guru merupakan aspek penentu keberhasilan proses pembelajaran yang bermutu.
Sehingga sukses tidaknya pendidikan untuk mencapai tujuan selalu dihubungkan dengan kiprah guru. Oleh sebab itu, usaha- usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lewat PKn sebaiknya diawali dari peningkatan kualitas guru. Guru yang bermutu pasti mengerti dan mengetahui serta paham, apa yang menjadi fungsi serta peran dalam proses pembelajaran. pengembangan yang dapat di lakukan oleh guru itu bisa berupa :
1. Guru sebagai pendidik
Guru melaksanakan perannya selaku seorang pendidik tidak cuma mengetahui tentang materi yang hendak diajarkan. Namun, dimata peneliti ia juga mempunyai kepribadian yang baik untuk menjadikannya sebagai panutan untuk para siswanya. Hal tersebut penting sebab sebagai seorang pendidik dan guru tidak cuma mengajarkan siswanya untuk mengetahui sebagian atau beberapa hal saja. Guru pun melatih keahlian, perilaku serta mental anak didik. Penanaman keahlian, sikap, keterampilan, serta mental ini tidak dapat hanya asal diketahui saja, namun wajib
dipahami serta dipraktikkan siswa dalam kehidupan sehari-harinya.
2. Guru sebagai pengajar
Peranan guru selaku pengajar pada dasarnya merupakan sesuatu keahlian guru dalam meningkatkan kompetensi akademik siswa. Guru selaku pengajar bertugas bertugas membantu siswa untuk sanggup menerima, menguasai dan memahami ilmu pengetahuan yang di sampaikan. Mengajar merupakan aktivitas yang dilakukan secara terencana dalam upaya memberikan kemungkinan untuk siswa melaksanakan proses belajar yang sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan untuk mengcapai tujuan pengajaran. Jadi tugas guru selaku pengajar merupakan bagaimana cara agar siswanya belajar.
Penerapan yang telah terlaksana di Sekolah Dasar
1. Menempatkan diri selaku teladan untuk siswanya agar penerapan dapat membentuk karakter siswa yang memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, kemandirian, sikap demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, nilai-nilai dan moral cinta damai, menghargai, perduli terhadap lingkungan, perduli sosial, rasa tanggung jawab, sikap religius dan sebagainya.
2. Mengenali siswanya sebab sifat, watak, bakat, serta minat tiap-tiap siswa di setiap individu pasti berbeda satu sama lainnya.
3. Mengetahui metode-metode penanaman nilai-nilai materi pembelajaran sehingga metode tersebut sangat efektif dan efesien.
4. Pengetahuan yang luas tentang pembelajaran PKn sehingga mempermudah dalam memberikan pembimbingan terhadap siswanya dan lebih profesional dalam mengajar.
5. Memberikan 3S (senyum, salam dan, sapa) saat memberikan materi PKn kepada siswanya dan juga agar siswanya menjadi anak dengan karakter sopan santun kepada gurunya.
6. Membuat ilustrasi dengan menghubungkan materi PKn yang sedang dipelajari siswanya dengan sesuatu yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama memberikan tambahan pengalaman kepada mereka.
7. Mendefinisikan materi PKn yang dipelajari siswanya secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan dan pengalaman.
8. Menganalisis materi PKn yang dipelajari siswanya dengan cara membahas masalah yang telah dipelajari bagian demi bagian.
9. Mensintesis materi yang dipelajari siswanya dengan cara mengembalikan bagian-bagian yang telah dibahas ke dalam suatu konsep yang memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan yang lain nampak jelas.Bertanya mengenai materi PKn yang dipelajari siswanya dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipelajari agar lebih jelas.
10. Merespon setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswanya.
11. Mendengarkan siswanya yang mengajukan pendapat.
12. Memberikan pandangan yang bervariasi mengenai materi PKn yang dipelajari siswanya dengan cara melihat bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang.
13. Memberikan nada perasaan dengan cara membuat pembelajaran lebih bermakna dan hidup melalui antusias dan semangat.
Nama : Novita Sari
Npm : 2013053029
Kelas : 5E
Izin menjawab pak,
Menurut saya Pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi adalah Pengembangan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik asuhannya dan cara mengembangkan potensinya. Dimana Guru harus memahami bagaimana karakteristik peserta didik asuhannya dan cara mengembangkan potensinya. Hal tersebut mengenai karakteristik peserta didik dalam berbagai aspek menjadi satu acuan dalam menentukan kedalaman dan keluasan materi yang sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. Sehingga berdasarkan pemahaman tersebut guru perlu bekerja keras dan kreatif untuk mengeksplorasi berbagai upaya baik dalam bentuk media, bahan ajar, dan metode pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik secara tepat dan kreatif yang sesuai dengan perkembangan mereka termasuk gaya belajarnya. Pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan, dan berlangsung dalam lingkungan pendidikan. Interaksi pendidikan berfungsi untuk mengembangkan seluruh potensi kecakapan dan karakteristik peserta didik diantaranya yaitu karakteristik fisik-motorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual. Nah, interaksi antara pendidik dan peserta didik merupakan hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi. Agar para pendidik dapat berinteraksi dengan baik dengan peserta didik, maka pendidik perlu memiliki pemahaman siapa yang menjadi peserta didiknya. Sehingga pemahaman yang memadai terhadap potensi, kecakapan dan karakteristik peserta didik akan berkontribusi dalam bentuk perlakuan, tindakan-tindakan yang bijaksana, tepat sesuai kondisi dan situasi. Dalam proses pembelajaran metode pembelajaran dengan memanfaatkan alat-alat elektronik secara dalam jaringan atau online memungkinkan proses mengajar dan belajar dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun sehingga penyampaian materi pembelajaran akan lebih mudah pula.
Adapun Penerapan yang telah terlaksana di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD misalnya pendidik dan peserta didik melakukan aktivitas mengajar dan belajar terkait materi pkn sd dengan menyediakan atau mengirim materi pembelajaran dengan aktivitas dalam bentuk forum. Selain itu juga pendidik bisa melakukan aktivitas mengajar dan belajar melalui percakapan online atau Melalui vidio audio visual. Tetapi sangat disayangkan adanya kendala yang sampai saat ini masih sering terjadi dalam pembelajaran yaitu teknologi, siswa, fasilitator, dan kurikulum yang tidak siap untuk mengadopsi sistem e-learning. Yang mana Masih terdapat kekurangan sumber daya atau tenaga yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses internet, Perubahan yang cukup drastis pada peran guru, yang semula menguasai sistem pembelajaran konvensional, kini menjadi harus menguasai sistem pembelajaran yang berbasis internet dan terdapat beberapa tempat yang tidak memiliki akses internet.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033
Kelas : 5E
Izin menjawab,
Pada kelas tinggi kreativitas dalam pembelajaran lebih ditingkatkan lagi. Namun konsekuensinya guru sebagai motivator dan fasilitator harus kreatif, inisiatif, dan konsen terhadap peserta didik. Perlu juga dikembangkan metode pembelajaran yang dipakai pendidik. Karena, masalah utama dalam pembelajaran PKn yaitu penggunaan metode pembelajaran yang terkesan kaku, kurang fleksibel, dan kurang demokratis. Mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan paradigma baru sehingga muncul model pembelajaran yang efektif dan efisien sebagai alternatif pendekatan, yaitu model pembelajaran berbasis portofolio atau proyek belajar kewarganegaraan kami bangsa Indonesia (pkkbi) yang diharapkan mampu melibatkan siswa dalam keseluruhan proses pembelajaran dan melibatkan seluruh aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.
Pendidik juga bisa melakukan pengembangan pembelajaran PKN SD dengan mengganti-ganti pemakaian model, metode, maupun media yang digunakan saat berlangsungnya pembelajaran. Sehingga, peserta didik tidak merasa bosan terutama untuk kelas tinggi. Penggunaan nya juga disesuaikan terkait kebutuhan peserta didik.
Terima kasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 2013053055
Kelas : 5E
Izin menanggapi pak, menurut saya pengembangan pembelajaran PKn SD untuk kelas tinggi yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di SD yaitu mengembangkan sebuah model pembelajaran yang lebih disesuaikan dengan karakter peserta didik, dan pembelajaran yang menekankan pada pendidikan moral serta karakter. Karena pada kelas tinggi, biasanya para peserta didik sudah banyak yang pikirannya terkontaminasi dengan dunia luar yang disebabkan oleh penggunaan smartphone, sehingga banyak peserta didik di kelas tinggi yang ketika jam pelajaran cenderung acuh dan mengabaikan guru, juga ada peserta didik kelas tinggi yang berani melawan gurunya. Hal ini disebabkan oleh menurunnya moral peserta didik. Maka dari itu harus ditekankan lagi pendidikan moral serta karakter. Tidak hanya itu, untuk mengatasi hal tersebut, pendidik juga bisa mengembangan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didiknya. Dengan pendidik mengetahui kerakter dari peserta didiknya akan memberi kemudahan terkhusus bagi pendidik untuk mengetahui potensi diri peserta didiknya juga dengan kelebihan dan kekurangan peserta didiknya. Setelah mengetahui hal tersebut, sebagai pendidik akan merencanakan atau mengembangkan sebuah proses pembelajaran yang efektif, sesuai, dan tepat agar memudahkan peserta didiknya mencapai tujuan pembelajaran khususnya PKn SD pada kelas tinggi.
Pada kelas tinggi, pembelajaran PKN menuntut siswa untuk dapat berani dalam mengungkapkan pendapat, memberikan materi yang kemudian dikaitkan dengan permainan bermain peran, atau juga pendidik bisa mengenalkan pembelajaran yang berbasis IT seperti e-learning dan lain sebagainya. Agar, proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif serta efisien, juga materi yang disampaikan pun lebih bermakna. Siswa pun dirasa akan lebih bersemangat, karena pembelajarannya tidak monoton.
Namun, seperti yang kita ketahui. Pada kenyataanya proses pembelajaran di kelas tinggi masih menggunakan metode yang itu itu saja, seperti ceramah sehingga siswa akan merasa cepat bosan. Pengembangan pendidikan moral dan karakternya pun dinilai masih kurang. Hal itu dapat kita saksikan sendiri dari sikap dan perilaku dari siswa siswi SD zaman sekarang. Maka dari itu sangat diperlukan sekali pengembangan pembelajaran PKN SD seperti yang sudah saya ungkapkan tadi, agar pembelajaran menjadi bermakna, dan pesan yang disampaikan pun sampai kepada peserta didik.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053025
Hal - hal hal yang harus dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi dan bagaimana penerapannya agar dapat terlaksana di sekolah dasar terkait pengembangan PKN SD. Hal yang perlu dikembangkan adalah terkait pembelajaran tidak kontekstual. Materi PKn sebetulnya banyak yang bisa diajarkan sesuai realita kehidupan siswa. Tapi, dalam prakteknya, karena telah terbiasa mengajar dengan ceramah, akhirnya semua materi disajikan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Alhasil, apa yang diperoleh siswa sekadar apa yang disampaikan gurunya. Itupun jika bisa terserap semua. Maka dari itu belajar harus berdasarkan realita. Belajar akan bermakna bagi siswa kalau apa yang dipelajari itu bermanfaat bagi kehidupannya. Peristiwa atau fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar siswa dapat menjadi topik menarik untuk dipelajari. Dan ini akan bisa menumbuhkan kepedulian sosial siswa. Misalnya kasus kenakalan remaja yang sering terjadi, dapat diangkat menjadi topik diskusi yang tepat untuk mengajarkan kepada peserta didik.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Herma zuliyanti
Npm : 2013053053
izin menanggapi terkait Bagaimana pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi dan bagaimana penerapan yang telah terlaksana di sekolah dasar terkait pengembangan PKN di SD.Fungsi dari pembelajaran PKn sendiri yaitu dapat membantu siswa untuk memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara, dapat membentuk karakter yang lebih baik dan bertanggung jawab, dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kepada NKRI.Selain sebagai contoh bagi siswa dalam melaksanakan nilai karakter, guru PKn juga memiliki peran-peran yang lain dalam proses belajar mengajar. Peran tersebut antara lain: guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator, dan guru sebagai evaluator.selain itu Dalam Pendidikan Kewarganegaraan peran guru dalam membentuk karakteristik yaitu dengan cara menjadi panutan dan teladan untuk dicontoh oleh siswa serta guru harus mendidik siswanya memiliki integritas dan kedisiplinan dalam kehidupannya sehari-hari. Sedangkan penerapan yang dapat dilakukan di sekolah dasar terkait pengembangan PKN yaitu dapat diwujudkan dengan sikap tolong-menolong terhadap sesama teman contoh nya apabila ada salah satu teman yang sakit di dalam kelas maka yang lain ikut menjenguknya itu juga termasuk contoh penerapan pengembangan PKN yang terlaksana di sekolah dan masih banyak lagi contoh nyata yang dapat dilihat penerapannya melalui pengembangan PKN di SD dalam kehidupan sehari-hari yang lain nya.
Mungkin itu saja tanggapan yang dapat saya sampaikan . terima kasih
Wssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pak,
Nama : Demas Arya GGuna
NPM : 2013053007
Kelas : 5E
Pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh pendidik di sekolah dasar untuk kelas tinggi ialah dengan cara pembentukan karakter peserta didik terlebih dahulu sebagaimana karakter adalah hal yang sangat penting terlebih lagi di zaman sekarang ini karakter peserta didik dapat dikatakan kurang baik karena pengaruh perkembangan zaman ataupun internet. Mereka ikut mengambil sisi kurang yang kurang baik sehingga menyebabkan timbulnya karakter yang tidak diinginkan. Dan sebaiknya dalam pengembangan pembelajaran pkn ini pendidik bisa menjadi contoh atau teladan yang baik kepada peserta didik. Karena sekolah adalah rumah kedua bagi mereka dan guru sebagai orang tua yang bisa mereka tiru dan gugu. Awalnya seorang guru memberikan pembahasan sedikit mengenai materi, kemudian selanjutnya pendidik mengajak peserta didik untuk membaca materi PKN sendiri dibuku yang telah ada kemudian pendidik memberikan gambaran dan pertanyaan mengenai materi tersebut. Sehingga nantinya tidak ada siswa yang bermain-main. Karena jika pendidik menggunakan metode ceramah pasti kurang efektif, siswa mengobrol sendiri dan tidak paham memgenai materi tersebut. Maka dalam pembelajaran ini kuncinya ada disiswa, siswa harus dipicu untuk aktif, kreatif dalam pembelajarannya. Seperti mengguanakan metode tanya jawab, diskusi dan masih banyak lagi.
Npm : 2013053056
Izin menanggapi mengenai pengembangan Pkn SD yang perlu dikembangkan oleh pendidik di sekolah dasar untuk kelas tinggi tentu harus sesuai dengan karakteristik peserta didik agar tujuan pengembangan dapat berjalan efektif dan efisien. Kita ketahui sendiri bahwa saat ini peserta didik sudah mulai luntur nilai kebangsaannya dikarenakan adanya globalisasi dan modernisasi yang semakin menggerus jiwa bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran PKn sangat penting ditanamkan sejak dini agar pondasi kebangsaannya kuat dan tidak mudah luntur oleh perkembangan zaman, peran pendidik pun tidak lepas untuk menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang baik dan penerus bangsa yang baik. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif membantu peserta didik menjadi bersemangat dalam belajar dan tidak mudah bosan apalagi menyangkut materi Pkn bagi mereka, pendidik dituntut inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang cocok untuk menunjang pembelajaran di kelas.
Akan tetapi untuk saat ini masih banyak sekolah yang masih menerapkan metode ceramah saja dalam menyampaikan materi tanpa adanya bantuan media pembelajaran lainnya sehingga membuat peserta didik menjadi cepat bosan serta mudah lupa akan materi yang telah dipelajari dikarenakan banyak informasi yang masuk tanpa adanya bantuan untuk mereka mengulang kembali materi tersebut. Oleh karena itu, sebagai pendidik pembelajaran PKn SD perlu ditingkatkan kembali inovasi dalam mengajar supaya materi yang ingin kita sampaikan dapat mereka terima dengan efisien dan efektif sehingga hasil belajarnya pun baik.
Sekian, terima kasih.
Nama : Siska Wulandari
NPM : 2013053001
Izin menjawab Pak, pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan menurut saya adalah membuat pembelajaran PKN dikelas menjadi lebih menyenangkan. Karna menurut pengalaman saya pembelajaran PKN ini merupakan materi yang formal yang apa-apa terikat pasal dan hukum, bahasa yang terlalu tinggi dan sulit dipahami ditambah kebanyakan guru PKN galak-galak, jadi peserta didik terkadang merasa tertekan atau kurang senang dengan materi yang dipelajari dan juga terkesan membosankan. Agar peserta didik tertarik untuk belajar, perlu lah membuat proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi yang menyenangkan namun juga tetap kondusif. Yang dimaksud dengan pembelajaran menyenangkan disini adalah Pendekatan yang digunakan oleh pendidik untuk membuat siswa lebih dapat menerima materi yang disampaikan dengan suasana yang menyenangkan dan tanpa ketegangan dalam menciptakan rasa senang. Penciptaan rasa senang bukan berarti menciptakan suasana ribut dan hura-hura dalam belajar di kelas namun kegembiraan disini berarti membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh serta terciptanya makna, pemahaman (penguasaan atas materi yang dipelajari) dan nilai yang membahagiakan siswa.
Adapun penerapan yang telah terlaksana di SD terkait pengembangan pembelajaran PKN yaitu adanya ice breaking terkait materi yang dipelajari disaat pembelajaran berlangsung. Misalnya seperti bernyanyi lagu-lagu daerah, storry telling mengenai sejarah Indonesia, bermain tebak-tebakkan tentang simbol-simbol Pancasila dan maknanya, atau biasanya juga bisa dengan menonton film - film tentang perjuangan bangsa Indonesia. Dengan adanya Ice breaking dalam pembelajaran peserta didik tidak merasa bosan, sehingga daya tangkap dan semangat peserta didik tidak menurun. Selain itu, Peserta didik juga akan merasa senang terhadap guru yang mengajar dan mata pelajaran yang disampaikan.
Sekian, terimakasih.
Nama : Nurma Yunita
Npm : 2013053024
Izin menjawab pak, pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu dengan penanaman moral atau karakter terhadap peserta didik karena hal ini sangat penting ditanamkan sejak dini yang mana terkait dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan terkesan bebas serta banyaknya pengaruh dari budaya luar, maka dari itu pertama yang perlu diperhatikan secara seksama yaitu dengan menanamkan karakter yang kuat terhadap peserta didik disekolah dasar. Mengapa harus peserta didik di sekolah dasar? Karena anak SD merupakan usia yang tepat untuk melatih dan menerapkan perilaku baik seperti sopan santun dan menanamkan nilai-nilai norma yang ada di masyarakat sehingga ia memiliki pondasi kuat agar tidak mudah terpengaruh dengan hal hal yang negatif.
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023
Izin menjawab pak, perlu diketahui bahwasannya target utama dari pembelajaran PKn adalah pembekalan pengetahuan (bukan ilmu), pembinaan sikap perilaku, dan pelatihan keterampilan sebagai warga negara demokratis, taat hukum dan taat asas dalam kehidupan masyarakat madani. Pada pembelajaran PKn kelas tinggi sekolah dasar umumnya pembelajaran yang perlu dikembangkan mengenai hal yang berhubungan dengan sistem pemerintahan, pemahaman akan nilai-nilai pancasila serta sikap menghargai dan implementasi dari nilai yang terkandung dalam pancasila, menghargai pendapat dan sebuah keputusan, keutuhan NKRI, sistem perundang-undangan, peranan Indonesia terhadap luar, dan sebagainya. Pengembangan pembelajaran bagi kelas tinggi juga perlu disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa. Implementasi pembelajaran tersebut dapat dilakukan dan dihubungkan dengan hal-hal yang mulai kompleks untuk meningkatkan critical thinking siswa. Selain itu juga pendidik dapat mengaitkan pembelajaran dengan hal-hal konkrit yang ada disekitar. Pendidik dapat juga mengarahkan siswa untuk belajar berargumentasi terkait masalah-masalah yang ada dan disesuaikan dengan pembelajaran yang sedang dibahas. Dalam pengembangan pembelajaran dikelas tinggi juga tentunya tidak terlepas dari penggunaan media interaktif yang dapat memberikan pemahaman secara jelas kepada siswa. Untuk itu kemampuan pendidik juga perlu ditingkatkan agar pengembangan pembelajaran yang telah dilakukan dapat terimplementasi dengan baik saat proses pembelajaran.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Hanifa Cahaya Putri
NPM: 2013053042
Kelas: 5E
Izin menanggapi pak, menurut saya pembelajaran PKn SD untuk kelas tinggi yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di SD yang dimana dalam kelas tinggi secara kognitif berada pada tahap operasi konkret dan formal yang ditandai oleh kemampuan berfikir abstrak atau kontekstual sedangkan dari sisi perkembangan afektif pada kelas tinggi berada dalam tahap rasa produktif dan rasa identitas. Dalam pembelajaran di kelas tinggi dapat diterapkan model pembelajaran penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi yang tidak membosankan peserta didik atau bisa juga dibilang dengan berdiskusi antar guru dan peserta didik agar suasana pembelajaran sangat aktif dan efektif.
Penerapan yang dilakukan guru kepada peserta didik dalam mengembangkan pembelajaran PKn dalam kelas tinggi, guru dapat guru mengajarkan secara praktek sesuai dengan materi yang diajarkan, misalnya jika ada orang yang tidak sependapat dengan kitaa maka kita harus hargai pendapat dia jangan mencela atau jangan merasa pendapat diri sendiri itu yang terbaik. Itu dinamakan menghargai pendapat sesama teman.
Sekian dan terima kasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Ninda Nirmala Septiani
Npm : 2013053047
Izin menanggapi pak,
Menurut saya pengembangan pembelajaran PKN SD yang baik yang perlu dikembangkan dikelas tinggi adalah dengan cara memberikan nilai-nilai moral dan pembentukan karakter kepada peserta didik nantinya. Selain itu , guru harus memberikan inovasi baru dalam penyampaian materi pelajaran, guru tidak hanya memberikan materi dengan metode ceramah yang bisa membuatpeserta didik menjadi bosan lama kelamaan, guru bisa menggunakan desain atau mengembangkan media pembelajarannya dengan metode yang lain agar proses pembelajaran Pkn di SD dapat berjalan lebih baik dan tidak lupa disisipkan nilai-niilai moral dan karakter. Penerapannya bisa dilakukan dengan memberikan nilai-nilai moral dan karakter di sela-sela memberikan materi pembelajaran saat proses belajar. Dengan adanya pembentukan karakter dan pemberian nilai-nilai moral dalam pembelajaran Pkn ini diharapkan mampu membantu siswa atau peserta didik untuk dapat memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warna negara yang baik dan selalu berperilaku positif, dapat membentuk karakter mereka menjadi lebih baik dan bertanggung jawab, berperilaku jujur, rukun dengan kawan, menghormati orang lain, serta dapat menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik kepada NKRI. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika hanya satu pihak yang melaksanakan nya, guru sebagai orang tua disekolah harus menjadi contoh yang baik bagi mereka, guru juga harus bekerja sama dengan orang tua mereka dirumah karena proses awal belajar mereka ada dirumah dan siswa pun harus turut mengikuti atau melaksanakan apa yang sudah dicontoh kan oleh orang tua dan guru disekolah.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053030
Izin menanggapi pak, pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik dan perlu dikembangkan oleh pendidik untuk kelas tinggi adalah dengan adanya pembentukan karakter para peserta didik terlebih dahulu. Karena karakter merupakan pondasi utama seseorang dalam menjalani kehidupan. Dalam rangka pengembangan pembelajaran PKn ini, pendidik harus mengetahui karakteristik dari masing-masing peserta didik agar lebih mudah untuk pembelajarannya. Penggunaan media TIK dapat digunakan oleh pendidik terlebih di zaman globalisasi seperti saat ini. Pembelajaran dengan berbasis teknologi akan lebih menarik minat peserta didik untuk lebih memahami materi yang akan dipelajari daripada pembelajaran dengan berbasis ceramah. Dalam surveinya, peserta didik akan lebih fokus dan benar-benar memahami materi jika disajikan dalam bentuk powerpoint, video animasi, dan media lainnya. Hal ini dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi peserta didik. Para pendidik harus bisa menguasai pembelajaran berbasis teknologi agar pembelajaran PKn ini mengalami pengembangan dan tidak terlihat monoton dengan metode ceramah.
Untuk saat ini penerapan di SD terkait pengembangan PKn ini terbilang cukup sulit, karena kurikulum yang digunakan masih menggunakan kurikulum 2013 yang mana dalam 1 pembelajaran, terdapat beberapa mata pelajaran. Hal ini menjadikan peserta didik kurang dalam memahami materi dan hanya mempelajari materi-materi basic nya saja.
Sekian terimakasih.
Npm : 2013053038
Kelas : 5E
Izin menjawab pak, Menurut saya Pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi adalah Pengembangan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan Teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya. Kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kelebihan karena dapat digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan utama selama proses pembelajaran. Dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran guru.Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama.
Adapun penerapan yang telah dilaksanakan di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD misalnya pembelajaran PKN SD dimana didalam desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi telah didominasi oleh media teknologi, seperti penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan yang diharapkan dapat membentuk keceriaan, depresi, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran.
Saya,
Nama: Elsyah Kurnia
Npm: 2013053044
Kelas: 5E
Izin menjawab bapak, menurut saya pengembangan pembelajaran PKn sd yang baik dan perlu dikembangan oleh pendidik di sekolah dasar pada kelas tinggi ialah dengan perbaikan pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku dengan berlandaskan agama dan ideologi pancasila. Terlebih lagi pada zaman saat ini dimana budaya asing sangat mudah untuk masuk dan ditiru oleh semua kalangan. Pembelajaran dapat dikembangkan dengan cara mempraktikan langsung materi yang didapatkan, berikan alasan-alasan yang faktual terkait "mengapa hal tersebut baik/buruk jika dilakukan". Bukan hanya dengan praktik langsung, tetapi juga dapat dikembangan dengan cara terjun ke lapangan untuk melihat secara langsung hal-hal baik atau buruk tersebut agar peserta didik dapat menilai langsung hal yang dilakukan itu namun tetap dalam pengawasan dan arahan dari pendidik.
Penerapan yang telah terlaksana di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD sudah cukup baik, namun masih ada hal yang harus diperbaiki sehingga pembelajaran berkesan dan melekat pada peserta didik.
Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh
Nama : Ilham Ramadhan
NPM : 2013053043
Izin menanggapi pak,
Jika kita bicara tentang keadaan pada saat ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa kemajuan zaman terutama dalam bidang teknologi melaju sangat pesat. Ini tentu menimbulkan beberapa efek, baik itu positif maupun negatif. Nah, karena kurangnya pembekalan tentang informasi teknologi, kebanyakan peserta didik pada hari ini masih menerima efeknya secara negatif. Tentu ini merupakan Pekerjaan Rumah yang harus dipikirkan oleh para pendidik pada saat ini.
Namun di sisi lain, beberapa penerapan agar nilai moral tidak turun dan luntur nilainya telah dilakukan oleh sebagian besar pendidik di sekolah, walaupun memang tidak semua peserta didik mampu menerima pelajaran ini, namun usaha yang dilakukan oleh para pendidik pada saat ini sudah dapat membantu mengurangi usaha zaman untuk menggerus nilai moral anak SD. contohnya, di sekolah pasti para pendidik sudah sering mengajarkan bagaimana cara menjawab, berbicara kepada orang yang lebih tua dan lain lain.
Terima Kasih Pak, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Ellen Kumala Dewi
Npm : 2013053050
Izin menjawab: menurut saya jika kita menelaah lebih detail lagi, pengembangan pembelajaran yang baik adalah yang memperhatikan dan menyesuaikan kebutuhan karakteristik peserta didik yang akan kita ajarkan terlebih dahulu. Baru dikombinasikan dengan metode dan model yang akan diterapkan. Media juga harus sesuai dengan materi serta KD yang akan di capai. Serta jika dihubungkan ke era saat ini penggunaan teknologi modern sangat tidak bisa di pungkiri lagi. Pada saat mengajarkan kepada peserta didik pun pendidik disamping acuan buku guru dan siswa, pendidik boleh menggunakan referensi lain di internet yang bisa dengan mudah di dapatkan. Untuk pengembangan media Salah satu media stimulus yang sering digunakan dalam pembelajaran materi pendidikan nilai adalah lembaran VCT daftar dan lembaran cerita kasus baik kisah nyata maupun fiktif yang direkayasa oleh guru. Contoh cerita kasus (fiktif) “tabrak lari”. Cerita tersebut dapat dibuat sendiri atau mengutip dari media massa. Dari permasalahan tersebut siswa bisa berfikir kritis.dalam hal ini bisa juga di sajikan dalam bentuk film atau video sehingga tidak terlihat membosankan.
Pada penerapannya yang telah terlaksana yaitu hanya penggunaan media berbasis gambar. Dengan teknik ceramah dan bisa di katakan sangat monoton karna tidak bervariasi. Serta yang masih belum terlaksana yaitu pengembangan pembelajaran pkn yang menarik dengan banyak variasi yang mana menggunakan teknologi elektronik yang memadai. Karena yang menjadi kendala adalah keterbatasan fasilitas seperti komputer/ laptop, proyektor, dan masih banyak lagi yang pasti tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai.
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009
Izin menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat. Menurut saya pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu pengembangan pembelajaran PKn berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Alasannya dengan menggunakan pengembangan pembelajaran ini nantinya peserta didik akan diminta untuk berpikir kritis. Berpikir kritis tentang hal apa saja, materi, atau masalah yang diinginkan terjadinya perbaikan kualitas pemikirannya dengan cara terampil menganalisis, menguji, dan merekonstruksi. Pembelajaran yang mengembangkan HOTS melibatkan 6 tingkatan, yaitu mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan pengembangan ini secara luas di samping membekali ilmu, juga membantu peserta didik agar mampu berpikir untuk mengontrol proses belajarnya sendiri. Pengembangan pembelajaran PKn SD berbasis HOTS sangat tepat apabila dikembangkan dalam pembelajaran untuk kelas tinggi karena pembelajaran akan lebih membawa peserta didik praktik menjadi warga negara dengan mengajak anak tidak hanya pada konsep menghafal dan memahami, tetapi juga menaikkan pemikiran peserta didik ke dalam suatu yang nyata.
Penerapan pengembangan PKn yang telah terlaksana di sekolah dasar yaitu pengembangan pembelajaran PKn berbasis literasi. Dalam kegiatan literasi ini peserta didik diidentikkan dengan aktivitas menulis dan membaca. Terlihat hingga saat ini dalam pembelajaran, peserta didik diminta untuk membaca buku cetak dan menuliskan di buku tulisnya masing-masing.
Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM : 2013053026
Izin menjawab pak terkait bagaimana pengembangan pembelajaran PKn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi. dan bagaimana penerapan yang telah dilaksanakan di Sekolah Dasar terkait pengembangan PKn SD.
Menurut saya dalam pembelajaran PKN SD yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar adalah Membangun Pendidikan Karakter Berakhlak Baik, Mandiri, Demokratis dan Bertanggung Jawab Pada Diri Siswa SD. karakter anak SD harus di bentuk mulai sekarang dengan selalu membimbing agar berakhlak baik dan bermoral baik, dengan memiliki akhlak dan moral yang baik maka dalam kehidupannya akan di terima oleh masyarakat dan mudah bergaul dengan orang.
Kemudian, anak hendaknya di didik untuk memiliki karakter mandiri sejak usia sedini mungkin agar anak terbiasa untuk melakukan pekerjaan sesuatu dengan sendiri. Dan ketika mereka beranjak remaja anak di ajarkan kecakapan hidup atau keterampilan yang dapat membuatnya hidup mandiri (dapat menghidupi diri bahkan keluarga dengan keterampilan yang dimilikinya). Dengan begitu anak bisa hidup tanpa bantuan orang lain karena sikap kemandiriannya.
Selanjutnya, Manusia adalah makhluk sosial maka tujuan pendidikan itu diarahkan kepada mendidik manusia sebagai makhluk bermasyarakat, dimana pendidikan karakter ini membentuk manusia agar bersikap demokratis dengan menanamkan pengetahuan yang cukup tentang kewarganegaan, ketatanegaraan, kemasyarakatan agar menjadikan anak sebagai warga negara yang baik.
Dan yang terakhir, Pendidikan karakter
bertanggungjawab menanamkan kepada anak bahwa segala perbuatan akan ada konsekuensinya baik terhadap diri sendiri maupun orang lain (Ngalim purwanto,1994:14).
Dalam penerapannya di sekolah dasar terkait pengembangan PKN SD mungkin pendidikan karakter sudah mulai ditanamkan namun belum berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Masih terdapat faktor-faktor yang kurang mendukung dalam penanaman pendidikan karakter tersebut, seperti faktor dari gurunya, siswanya, dan orang tua siswa.
Sekian, terima kasih.
Nama : Nilam Dwi Septiyani
NPM : 2013053019
Izin menanggapi, Pak
Kita tidak mampu menutup mata untuk menyaksikan bahwa kemajuan dalam bidang teknologi melaju sangat cepat. Hal ini tentu menimbulkan banyak sekali akibat akibat positif maupun negatif. Dari sini juga kita bisa melihat bahwa dalam kenyataannya, karena kurangnya pembekalan tentang informasi teknologi, kebanyakan peserta didik pada hari ini masih belum mampu memilah dan memilih hal hal yang ada dalam jendela informasi yang terbuka lebar ini. Pada akhirnya, hal ini merupakan sebuah tugas bagi para pendidik zaman ini.
Namun di sisi lain, beberapa penerapan agar nilai moral tidak turun dan luntur nilainya telah dilakukan oleh sebagian besar pendidik di sekolah, walaupun memang tidak semua peserta didik mampu menerima pelajaran ini, di lain sisi agar anak anak SD tidak lupa akan jati diri dan falsafah hidup dari negara ini. Contohnya, setiap sebelum pembelajaran dimulai, para pendidik masih mau mengingatkan para peserta didik tentang Pancasila dan lain lain.
Terima Kasih Pak, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Npm. : 2013053045
Pengembangan PKN SD sudah cukup terlaksana direalisasikan dengan pelaksanaan upacara bendera, pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, menyayikan lagu Indonesia raya, lagi wajib nasional dan lagu mengheningkan cipta. Seperti pentingnya keimanan akan keyakinan masing-masing peserta didik, sikap adil, dan sikap sosial.
Sekian terimakasih
Nama : Desvi Lenais Putri
NPM : 2013053010
Izin menanggapi,
Mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) mempunyai fungsi sebagai sarana untuk membentuk peserta didik menjadi warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya, berkomitmen setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan diri sebagai warga negara yang cerdas, terampil dan berkharakter sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945. Suplemen pengembangan PKn SD ini dimaksudkan untuk melengkapi bahan ajar cetak yang sudah ada. Di dalam suplemen ini dikembangkan model-model, strategi, metode-metode dan pendekatan-pendekatan dalam rangka pembelajaran PKn SD yang akan membantu guru dalam menuangkan kreativitasnya di depan kelas sebagai fasilitator. Pengembangan suplemen PKn SD ini didasarkan atas prinsip-prinsip Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Prinsip-prinsip ini diharapkan dapat mempermudah daya serap materi mata pelajaran PKn terutama dalam penilaian ranah afektif, kognitif dan psikomotor secara simultan, terutama peserta didik pada kelas rendah yang baru belajar membaca dan menulis. Pada kelas tinggi kreativitas dalam pembelajaran lebih ditingkatkan lagi. Namun konsekuensinya guru sebagai motivator dan fasilitator harus kreatif, inisiatif, dan konsen terhadap peserta didik. Tanpa hal ini pembelajaran PKn yang kita inginkan tidak akan tercapai secara optima
NPM : 2013053001
Izin menjawab,
pengembangan pembelajaran pkn SD yang baik yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi diantaranya :
1) Guru hendaknya meningkatkan pemahaman tentang makna dan prosedur metode simulasi dan memberikan variasi pembelajaran, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan secara optimal.
2) Guru harus kreatif dalam menciptakan permainan-permainan yang edukatif dan menyenangkan bagi siswa.
3) Guru harus bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan jam pembelajaran, di samping itu guru harus menguasai situasi belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
4) Guru harus memiliki kemampuan untuk membangkitkan semangat belajar siswa dengan cara memberikan motivasi untuk belajar.
5) Agar proses pembelajaran lebih maksimal, maka guru perlu diberi kebebasan yang bertanggungjawab untuk berekspresi secara kreatif dan inovatif dalam menentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan di sekolah.
6) Perlu adanya fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam rangka memaksimalkan proses pembelajaran agar lebih berkualitas dan efektif
Penerapan yang telah terlaksana di SD terkait pengembangan PKN SD yaitu hasil perubahan aktivitas belajar yang ditunjukkan siswa secara bertahap telah menunjukkan pertumbuhan aktivitas belajar dengan hasil yang sangat baik. Seluruh indikator aktivitas belajar yakni berani bertanya jawab, menyimak, berdemonstrasi, menulis laporan, berani maju ke depan kelas, dan melakukan simulasi sudah mulai tumbuh pada diri siswa. Siswa yang tadinya bersikap pasif, selama pembelajaran berlangsung menjadi aktif belajar.