Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Jumlah balasan: 32
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Sevilla Sulistia 2215011111 -
NAMA: SEVILLA SULISTIA AMATILLAH
NPM: 2215011111

Analisis Jurnal : "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."


Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah umum yang mempelajari cara pedoman kepada setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilaiPancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat. Pelestarian nilai nilai Pancasila dilakukan lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat dikembangkan secara terencana dan terpadu.
Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada
perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya.
Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Belani Ratna -
NAMA: BELANI RATNA PANGESTU WAHYUDI
NPM: 2215011115

Analisis Jurnal : "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."



Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila
Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai nilai pancasila.

Kemajuan teknologi harus saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Choirun nisa -
Nama: Choirunnisa
NPM: 2215011056
Kelas: B

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.

Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013): (1) Dasar Filosofis; (2) Dasar Sosiologis; (3) Dasar Yuridis. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten). Sikap tidak berdiri sendiri, tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu obyek. Dengan kata lain sikap itu terbentuk, dipelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu obyek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas. Sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: (1) Menerima (receiving), (2) Merespon (responding), (3) Menghargai (valuing), (4) Bertanggung jawab (responsible).

Ilmu terbentuk oleh aktivitas (activity) manusia yang dilakukan dengan cara atau metode tertentu sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pengetahuan yang sistematis. Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dita Azzahra -
Nama : Dita Azzahra
Npm : 2215011104
Kelas : B dan D

Jurnal Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dari analisis jurnal yang saya dapat bahwa Pendidikan Pancasila merupakan acuan yang memberikan pedoman kepada setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilai Pancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat. Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia. Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
a. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
c. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
d. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ricky Emerson Sidauruk -
Nama : Ricky Emerson Sidauruk
NPM : 2215011052

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar
Pancasila sebagai ideology dan dasar
Negara Republik Indonesia. Dalam
pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
yaitu
(1) Dasar
Filosofis; Ketika Republik Indonesia
diproklamasikan pasca Perang Dunia
kedua, dunia dicekam oleh pertentangan
ideologi kapitalisme dengan ideologi
komunisme. Kapitalisme berakar pada
faham individualisme yang menjunjung
tinggi kebebasan dan hak-hak individu;
sementara komunisme berakar pada faham
sosialisme atau kolektivisme yang lebih
mengedepankan kepentingan masyarakat
di atas kepentingan individual
(2) Dasar
Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas
masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi,
dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisibudaya penuh perbedaan, menyebabkan
ideologi Pancasila bisa diterima sebagai
ideologi pemersatu. Data sejarah
menunjukan bahwa setiap kali ada upaya
perpecahan atau pemberontakan oleh
beberapa kelompok masyarakat, maka
nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan
sebagai solusi untuk menyatukan kembali.
Bangsa Indonesia yang plural secara
sosiologis membutuhkan ideologi
pemersatu Pancasila.
(3) Dasar Yuridis; Pancasila
sebagai norma dasar negara dan dasar
negara Republik Indonesia yang berlaku
adalah Pancasila yang tertuang dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Sila-sila Pancasila
yang tertuang dalam Pembukaan UUD
NRI Tahun 1945 secara filosofis-sosiologis
berkedudukan sebagai Norma Dasar
Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis
sebagai Dasar Negara Indonesia.
Konsekuensi dari Pancasila tercantum
dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945,
secara yuridis konstitusional mempunyai
kekuatan hukum yang sah, kekuatan
hukum berlaku, dan kekuatan hukum
mengikat.
Secara spesifik tujuan penyelenggaraan
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
adalah untuk :
Memperkuat Pancasila sebagai dasar
falsafah negara dan ideologi bangsa melalui
revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila
sebagai norma dasar kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Memberikan pemahaman dan
penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar
Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga
negara Republik Indonesia, serta
membimbing untuk dapat menerapkannya
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan
mahasiswa agar mampu menganalisis dan
mencari solusi terhadap berbagai persoalan
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara melalui sistem pemikiran yang
berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD
NRI Tahun 1945.
Membentuk sikap mental mahasiswa
yang mampu mengapresiasi nilai-nilai
ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada
tanah air dan kesatuan bangsa, serta
penguatan masyarakat madani yang
demokratis, berkeadilan, dan bermartabat
berlandaskan Pancasila, untuk mampu
berinteraksi dengan dinamika internal dan
eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh 2215011051 2215011051 -
Nama : Denis Natanael Sitinjak
NPM : 2215011051

Anailisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dari jurnal tersebut yang dapat saya analisis yaitu Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana
masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Dan Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80.
Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk
mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Anisa Ensa Putri -
NAMA : ANISA ENSA PUTRI
NPM : 2215011114


Analisis jurnal: "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilaiPancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Aditya Pebriansyah -
Pengaruh mata kuliah penegmbangan kepribadian dalam menyikapi IPTEK

Ilmu pengetahuan dan Teknologi kini sangat pesat majunya yang dimana kerja kita dapat terbantu dengannya. Pengaruhnya pengembangan kepribadian dalam IPTEK yaitu Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi
terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Tarisa Ramadhani -
Nama : TARISA RAMADHANI
NPM : 2215011109

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu pendidikan penting yang memberikan pedoman kepada setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu nilai Pancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat

Tujuan dari diselenggarakannya Pendidikan Pancasila adalah untuk memperkuat salah satu fungsi dari Pancasila yaitu sebagai sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada warga negara Republik Indonesia.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dani Dani Ahmad Ferdian -
IPTEK adalah suatu ilmu yang sangat penting bagi masyarakat saat ini, IPTEK merupakan hasil karya manusia dan berkembang sangat cepat yang tentu saja memiliki dampak positif dan negatif, oleh karena itu kita harus menjadikan Pancasila sebagai landasan dan dasar dalam pengembangan IPTEK.

Fungsi Pancasila dalam pengembangan IPTEK bertujuan agar kita dapat memilah dan tidak menyalahkan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya Pancasila kita jadi tahu batasan batasan yang harus kita jaga dalam pengembangan IPTEK. Dari nilai-nilai Pancasila kita dapat menerapkannya dalan pengembangan IPTEK, dalam pengembangan IPTEK kita harus tetap memikirkan akibat dari IPTEK itu sendiri apakah menguntungkan atau malah merugikan, oleh karena itu kita harus menanamkan nilai dari Pancasila dalam perkembangan IPTEK, contoh nya kita harus tetap menggunakan adab, memikirkan orang lain, tetap berpedoman pada ajaran tuhan dan agama, memiliki rasa nasionalisme, dan juga demi terciptanya keadilan, dalam pengembangan IPTEK juga kita harus memiliki kebebasan dan juga terbuka.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rafael Ardiansyah -
Nama : Rafael Ardiansyah
NPM : 2215011106
Kelas : B
Analisis Jurnal Pertemuan 13

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Hasil analisis jurnal kali ini menurut saya mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rahmalia Putri -
NAMA: Rahmalia Putri
NPM: 2215011033

Analisis Jurnal : "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah umum yang mempelajari cara pedoman kepada setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilaiPancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat. Pelestarian nilai nilai Pancasila dilakukan lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat dikembangkan secara terencana dan terpadu.
Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada
perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya.
Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Hafid Riski Pratama -
NAMA: Hafid Riski Pratama
NPM: 2215011113

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan keperawatan Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

menurut saya mahasiswa perlu menerapkan sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari, serta mempunyai rasa toleransi yang tinggi atas perbedaan ras dan agama dan diperlukan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan pancasila. Oleh karena itu Pendidikan Pancasila sangat lah penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Dapat kita lihat hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80.Perkembangan Iptek yang ada kemudian dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.
Mahasiswa sebagai generasi muda di harapkan menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan Iptek yang begitu pesat, serta dapat menyaring pengaruh buruk budaya baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh shandi bimo -
Nama Shandi Bimo Wicaksono
NPM 2255011012

fungsi Pancasila dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah Pancasila harus dijadikan acuan dan di jadikan dasar agar kita tahu batasan batasan dalam menjalani kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari hari, agar kita bisa membedakan mana yang baik dan buruknya dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Firza Fauzy Akbar Teknik Sipil 22 kelas B 2215011047 -
Nama : Firza Fauzy Akbar
Npm : 2215011047
Prodi : Teknik Sipil

Analisis jurnal

Globalisasi berlangsung melalui dimensi ruang dan waktu. Sekarang perkembangan teknologi sangat cepat dan kita bisa dengan mudah mengakses dan mencari informasi karena perkembangan teknologi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu faktor pendukung yang utama dalam globalisasi.

Banyak hal positif yang bisa diambil dari kemajuan IPTEK ini, namun banyak pula hal negatif yang harus kita hindari. Dengan itu nilai-nilai Pancasila harus terus diterapkan dan ditekankan pada masyarakat. Dan generasi muda sekarang harus dapat menyeleksi baik atau buruk yang didapat dari kemajuan IPTEK tersebut dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Teguh Satrio Aji 2215011108 -
Nama : Teguh Satrio Aji
NPM: 2215011108

Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah umum yang mendalami bagaimana membimbing setiap orang untuk mengkaji, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah pembangunan nasional dan nasional berdasarkan nilai-nilai inti Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara kesatuan Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan kesatuan ideologi Pancasila. Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat.

Pelestarian nilai-nilai pancasila berlangsung melalui proses pendidikan formal, karena melalui pendidikan berbagai nilai pancasila dapat dikembangkan secara sistematis dan menyeluruh.

Perkembangan zaman dari tradisional ke modern, secara otomatis menuntut kemajuan masyarakat yang lebih jauh. Alasan yang paling mungkin
Perubahan tersebut terkait dengan teknologi informasi dan perkembangan teknologi ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat.
peradaban dan budaya. Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi antara lain :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Arif Rahman -
Nama : Muhammad Arif Rahman
NPM : 2215011112
Kelas D

Analisis Jurnal Pertemuan ke 13: "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah umum yang mempelajari cara pedoman untuk setiap manusia untuk meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang majemuk secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu yang terwujud dalam Pancasila. Oleh karena itu nilai Pancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga integritas masyarakat. Pelestarian nilai nilai Pancasila dilakukan lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat dikembangkan secara terencana dan terpadu.
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu dalam pembangunan bangsa dan Negara.
Ilmu terbentuk dari aktivitas manusia yang dilakukan dengan cara tertentu sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pengetahuan yang sistematis. Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusiayang berkaitan dengan alat dan bahan, sehingga diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan yang manusia perlukan .
Saat ini, segala aspek kehidupan telah berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan menuju modernisasi, yang secara otomatis menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada
perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya.
Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Pravangasta Rampu Dyah Kartika Ratri -
Nama: Pravangasta Rampu Dyah Kartika Ratri
NPM: 2215011057
Kelas: B

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan teknologi yang telah mencapai kanca global, menyebabkan perlunya penegetahuan yang luas untuk mengimbangi kemajuan tersebut. Pengatuan tersebut dapat kita peroleh dengan menekuni dan mempelajari pendidikan pancasila.
Mata kuliah pendidikan pancasila dianggap mampu untuk menjadi pedoman dalam mengawasi tindakan, penggunaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini di singggung juga dalam jurnal mengenai pengertian Pancasila "Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayotritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantika".
Selanjutnya untuk membentuk sikap dan krakter mahasiswa, diadakannya perkuliaahn pendidikan pancasila, yang memiliki tujuan;
1. Melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila diharapkan mampu memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa.
2. Mahasiswa sebagai warga negara Indonesia diharapkan paham atas jiwa dan nilai-nilai Pancasila.
3. Menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisi dan mencari solusi dari berbagai permasalahandalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
5. Memperkuat mental zmahasiswa untuk mampu mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Firmansyah -
Nama : Muhammad Firmansyah
NPM : 2215011116

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Shafna Mifta Aulia -
nama: shafna mifta aulia
npm: 2215011048

analisis jurnal
Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh M. Rafi Pradifa akbar -
Nama : M. Rafi Pradifa Akbar
NPM : 2215011031

Analisis Jurnal:
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi mempunyai dasar-dasar, yaitu:
1. Dasar filosofis
2. Dasar sosiologis
3. Dasar yuridis

Sikap
Menurut Oxford Advanced Menurut Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap (attitude) berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu “Manner of placing or holding the body, dan way of feeling, thinking or behaving”. Campbel (1950) dalam buku Notoadmodjo (2003, p.29) mengemukakan bahwa sikap adalah “A syndrome of response consistency with regard to social objects”.Artinya sikap adalah sekumpulan respon yang konsisten terhadap obyek sosial.

Tingkatan Sikap
Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu:
(1) Menerima (receiving)
(2) Merespon (responding)
(3) Menghargai (valuing)
(4) Bertanggung jawab (responsible)

Fungsi Sikap
Menurut Katz (1964) dalam buku Wawan dan Dewi (2010, p.23) sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
(1) Fungsi instrumental atau fungsi
penyesuaian atau fungsi manfaat,
(2) Fungsi pertahanan ego
(3) Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang
(4) Fungsi pengetahuan Individu mempunyai dorongan untuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.
Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Winda Ningrum -
Winda Ningrum
2255011007

Secara etimologi, istilah “ilmu” adalah sebagai arti dari kata science yang berarti pengetahuan.
Secara terminologi, pengertian ilmu
sekurang-kurangnya mencakup tiga hal,
yaitu pengetahuan, aktivitas, dan metode untuk mendapatkan pemahaman terhadap pengertian ilmu. Sementara itu,
pengetahuan, menurut Jujun Surya Sumantri digolongkan menjadi tiga macam, yaitu etika (pengetahuan tentang baik dan buruk), estetika (pengetahuan tentang indah dan jelek), dan logika (pengetahuan tentang benar dan salah). Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan. Ilmu sebagai pengetahuan adalah pengertian ilmu pada umumnya. Ilmu dikatakan sebagai aktivitas adalah serangkaian aktivitas atau kegiatan yang dilaksanakan manusia sebagaimana dikatakan oleh Charles Singer, ilmu adalah proses yang membuat pengetahuan. Istilah
ilmu juga merupakan suatu metode untuk
memperoleh pengetahuan yang objektif dan dapat diperiksa kebenarannya.
Tiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang menunjukkan satu pemahaman bahwa ilmu terbentuk oleh aktivitas (activity) manusia yang dilakukan dengan cara atau metode tertentu sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pengetahuan yang sistematis. Untuk mendapatkan pengetahuan yang sistematis, maka harus dilakukan oleh manusia yang mempunyai kemampuan rasional, melakukan aktivitas kognitif (berkaitan dengan pengetahuan) dan mempunyai tujuan keilmuan. Ilmu adalah serangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif, dilakukan dengan beberapa metode berupa prosedur sehingga menghasilkan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala alam, masyarakat, atau manusia dengan tujuan untuk mendapatkan kebenaran, pemahaman, memberikan penjelasan atau melakukan penerapan. Singkatnya, ilmu merupakan rangkaian aktivitas berpikir yang bersifat sistematis, objektif, ber metode agar menghasilkan pengetahuan yang objektif pula.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh MITHA PRAMESWARI 2215011036 -
Nama: MITHA PRAMESWARI
NPM: 2215011036
Kelas: B

ANALISIS JURNAL: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Identitas Jurnal
Nama Jurnal : Jurnal Pendidikan
ISSN: 1858-4497
Halaman : 32-42 Halaman
Tahun Terbit : 2018
Judul Jurnal: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Nama Penulis : Ponoharjo, Mohamad Khamim dan Mursyidah Dwi Hartati

Isi Jurnal
Masalah penelitian:
1. Bagaimana pengaruh dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila mahasiswa dalam menyikapi IPTEK
Metode Penelitian: Metode Kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif verivikatif.
Hasil Penelitian:
Simpulan penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Pesatnya teknologi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Data sejarah menunjukan bahwa setiap kali ada upaya perpecahan atau pemberontakan oleh beberapa kelompok masyarakat, maka nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali. Bangsa Indonesia yang plural secara sosiologis membutuhkan pemersatu Pancasila.
Isi Analisis: Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada manusia segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dalam kemajuan teknologi ini memiliki banyak konflik yang terjadi di masyarakat dengan pengaruh globalisasi sehingga nilai-nilai mulai luntur salah satu pentingnya pendidikan Pancasila dijadikan mata kuliah karena sudah Terjadinya dekadensi moral.



A. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:
Kelebihan pada jurnal ini yang Pertama, isi pada jurnal mencakup dari berbagai sumber beserta data dari kuisioner Kedua, jurnal ini memberikan penjelasan yang rinci. Ketiga, jurnal ini membahas hal yang penting dan perlu untuk dibaca pada generasi muda sekarang dalam mengunakan media sosial dan massa dalam nilai-nilai Pancasila dan kelebihan yang terakhir yaitu pada bagian abstrak penulis menggunakan 2 bahasa sehingga menambah pemahaman pembaca terhadap isi jurnal.


Kekurangan:
Kekurangan pada jurnal ini yang Pertama, jurnal ini menggunakan kata-kata yang bertele-tele . Kedua, jurnal ini memiliki pembahasan yang panjang dan tidak diringkas sehingga pembaca yang malas dalam membaca tidak akan tertarik. Ketiga, jurnal ini masih kekurangan kaidah penulisan yang benar terdapat kata hubung yang kurang tepat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Diki Kurniawan -
Nama : Diki Kurniawan
NPM : 2215011037

Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya,
perkembangan tersebut beriringan pula
dengan perkembangan pendidikan dari
yang tradisional menjadi modern, secara
otomatis perkembangan tersebut menuntut
masyarakat menuju kearah globalisasi.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada
kehidupan manusia terutama ideologi Pancasila. Melihat kenyataan dalam masyarakat
terutama pada kalangan mahasiswa,
sebenarnya bukan pancasila yang
terpengaruh oleh perkembangan teknologi
informasi melainkan masyarakat itu
sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk
terhadap pancasila tergantung bagaimana
masyarakat sebagai penganut ideologi
pancasila menyikapi perkembangan
teknologi informasi tersebut. Pesatnya
perkembangan teknologi informasi
memudahkan masuknya berbagai macam
pengaruh dari luar yang bertentangan
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan
menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila
dalam masyarakat terkikis bahkan habis
tergilas budaya barat yang berkembang.

Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi
pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh
kepada Pancasila sebagai dasar negara
sehingga perkembangan Iptek bisa
membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Aminah Sugisti -
Nama AMINAH SUGISTI
Npm : 2215011038

Analisis jurnal: " pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.
Dari jurnal hasil analisis riset membuktikan bahwa secara umum mahasiswa dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik.

Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Mahasiswa dalam penelitian tersebut akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Ihsan Fuadi -
nama : Muhammad Ihsan Fuadi
Npm : 2255011011
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Dengan penyelenggaraan Pendidikan

Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan
dapat tercipta wahana pembelajaran bagi
para mahasiswa untuk secara akademik
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-masalah pembangunan bangsa
dan negara dalam perspektif nilai-nilai
dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar
negara Republik Indonesia.
Secara spesifik tujuan penyelenggaraan
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
adalah untuk :
Memperkuat Pancasila sebagai dasar
falsafah negara dan ideologi bangsa melalui
revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila
sebagai norma dasar kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Memberikan pemahaman dan
penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar
Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga
negara Republik Indonesia, serta
membimbing untuk dapat menerapkannya
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan
mahasiswa agar mampu menganalisis dan
mencari solusi terhadap berbagai persoalan
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara melalui sistem pemikiran yangberdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD
NRI Tahun 1945.
Membentuk sikap mental mahasiswa
yang mampu mengapresiasi nilai-nilai
ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada
tanah air dan kesatuan bangsa, serta
penguatan masyarakat madani yang
demokratis, berkeadilan, dan bermartabat
berlandaskan Pancasila, untuk mampu
berinteraksi dengan dinamika internal dan
eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(Iptek) selalu menjadi bagian terpenting
dalam mendorong perkembangan sebuah
negara. Laju perkembangan iptek tersebut
semakin hari semakin pesat
perkembangannya disebabkan adanya
tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga
semakin berkembang di berbagai bidang.Ilmu dan pengetahuan merupakan dua
istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun
tidak selamanya bahwa pengetahuan itu
sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang
diperoleh dengan cara-cara tertentu
berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
Ilmu sebagai pengetahuan (knowledge)
adalah pengertian ilmu pada umumnya.
Ilmu dikatakan sebagai aktivitas (activity)
adalah serangkaian aktivitas atau kegiatan
yang dilaksanakan manusia sebagaimana
dikatakan oleh Charles Singer, ilmu adalah
proses yang membuat pengetahuan. Istilah
ilmu juga merupakan suatu metode untuk
memperoleh pengetahuan yang objektif dan
dapat diperiksa kebenarannya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Zaky Wijaya -
Nama : MUHAMMAD ZAKY WIJAYA
NPM : 2215011041

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


Melihat kenyataan dalam masyarakat
terutama pada kalangan mahasiswa,
sebenarnya bukan pancasila yang
terpengaruh oleh perkembangan teknologi
informasi melainkan masyarakat itu
sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk
terhadap pancasila tergantung bagaimana
masyarakat sebagai penganut ideologi
pancasila menyikapi perkembangan
teknologi informasi tersebut.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Isma Maymargi Astari 2215011040 -
Nama : Isma Maymargi Astari
NPM : 2215011040

“Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."

Di era globalisasi, banyak aspek yang mengalami perubahan secara signifikan. Globalisasi membawa perspektif baru yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Belakangan ini, teknologi berkembang pesat sehingga segala informasi dapat tersebar luas. Kemajuan teknologi ini tak hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati masyarakat desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Disadari atau tidak, perlahan mulai mengubah pola hidup dan pola pikir masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.

Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Jika hal tersebut dibiarkan, akan menyebabkan terkikisnya nilai nilai luhur Pancasila bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran bersama tentang posisi vital dan urgensi pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Juni Yanti Kharisma -
Nama : Juni Yanti Kharisma
NPM : 2215011032
Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(Iptek) selalu menjadi bagian terpenting
dalam mendorong perkembangan sebuah
negara. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk
mempermudah proses belajar.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar
Pancasila sebagai ideology dan dasar
Negara Republik Indonesia. Dalam
pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
yaitu (Kemendikbud, 2013): (1) Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia
diproklamasikan pasca Perang Dunia
kedua, dunia dicekam oleh pertentangan
ideologi kapitalisme dengan ideologi
komunisme.
(2) Dasar
Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas
masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi,
dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi-
budaya penuh perbedaan, menyebabkan
ideologi Pancasila bisa diterima sebagai
ideologi pemersatu.
(3) Dasar Yuridis; Pancasila
sebagai norma dasar negara dan dasar
negara Republik Indonesia yang berlaku
adalah Pancasila yang tertuang dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Pembukaan UUD NRI Tahun 1945)
junctis Keputusan Presiden RI Nomor 150
Tahun 1959 mengenai Dekrit Presiden
RI/Panglima Tertinggi Angkatan Perang
Tentang Kembali Kepada Undang-Undang
Dasar NNegara Republik Indonesia Tahun
1945.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Wais Alqorni Fauzi 2215011039 -
Nama : Wais Alqorni Fauzi
NPM : 2215011039


Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.
Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Kita harus melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Aminulloh 2215011035 -
Nama: Muhammad Aminulloh
Npm: 2215011035
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu menjadi bagian terpenting dari pembangunan negara. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat karena adanya tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang juga berkembang di berbagai bidang.
Hasil analisis penelitian majalah tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas ini secara umum mampu merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perkembangan teknologi saat ini harus digunakan secara benar dan bertanggung jawab. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini digunakan untuk mempermudah pembelajaran, transaksi dan bisnis. Siswa dalam penelitian ini memfilter semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau website yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial, serta menggunakan bahasa yang santun saat mengomentari acara baik online maupun media sosial.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Daffa Abdillah -
Nama: Muhammad Daffa Abdillah
NPM: 2215011044

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila
Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai nilai pancasila.

sikap adalah sekumpulan respon yang konsisten terhadap obyek sosial sikap dapat diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap obyek sikap yang diekspresikan ke dalam proses-proses kognitif, afektif (emosi) dan perilaku.
sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu; (1) Menerima (receiving), (2) Merespon (responding), (3) Menghargai (valuing), (4) Bertanggung jawab (responsible) atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko adalah mempunyai sikap yang paling tinggi.
sikap memiliki beberapa fungsi yaitu; (1) Fungsi Instrumental atau manfaat, (2) Fungsi pertahanan ego, (3) Fungsi ekspresi nilai, (4) Fungsi Pengetahuan Individu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.