Forum Analisis Jurnal 2

Forum Analisis Jurnal 2

Number of replies: 34

Lampirkan analisis anda mengenai jurnal diatas, dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Mita Tri Febriyanti 2113053001 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Mita Tri Febriyanti
Npm: 2113053001

Izin Menjawab Hasil Analisis Jurnal 2 Mengenai Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini
Dalam jurnal tersebut dapat disimpulkan Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Yang dimaksud dengan pendidikan moral adalah suatu program pendidikan (sekolah dan luar sekolah) yang mengorganisasikan dan "menyederhanakan" sumber-sumber moral dan disajikan dengan memperhatikan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan. Dalam nilai moral kebebasan dan tanggungjawab merupakan syarat mutlak. Berkaitan dengan hati nurani Semua nilai minta untuk diakui dan diwujudkan, tetapi pada nilai-nilai moral tuntutan ini lebih mendesak dan lebih serius.

Sekian Dari saya Terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Melina Putri 2113053010 གིས-
Nama : Melina Putri
NPM : 2113053010

Izin menyampaikan hasil analisis dari jurnal 2 bu. Dengan judul jurnal yaitu "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini" dapat kita ketahui bahwa PAUD merupakan pendidikan awal dalam pembentukan karakter moral manusia, sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar selanjutnya dapat menjadi warga negara yang baik, karena nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat memberikan karakter anak yang berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta dapat memberikan sikap dan perilaku positif bagi anak. Menurut Jamie (2003; 15) menyatakan bahwa moral adalah ajaran baik dan buruk tentang perbuatan dan kelakuan (akhlak). Dan Menurut Sjarkawi, (2005: 29) Nilai moral diartikan sebagai isi mengenai keseluruhan tatanan yang mengatur perbuatan, tingkah laku, sikap dan kebiasaan manusia dalam masyarakat berdasarkan pada ajaran nilai, prinsip dan norma.

Dapat kita simpulkan dari kedua pendapat tersebut bahwa moral menjadi tolak ukur suatu perbuatan itu bernilai baik atau buruk adalah adat istiadat yang berlaku di dalam masyarakat tertentu. Nilai-nilai moral yang bersifat objectiv dikategorikan sebagai moral kesusilaan, seperti kejujuran, keadilan, keikhlasan, tanggung jawab dan lain-lain. Adapun nilai-nilai moral yang bersifat relativ dikategorikan sebagai moral kesopanan, seperti berbicara secara sopan, hormat kepada orang yang lebih tua, tidak bertamu pada jam istirahat dan sebagainya. Maka di dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, serta penggunaan metode yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak yang menjadi sumber pertimbangan utama. Sebab metode akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini saat ini dan untuk generasi yang akan mendatang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Fani Marlina Sari གིས-
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Fani Marlina Sari
NPM : 2113053241
Izin menyampaikan hasil analisis jurnal 2

Pendidikan sebagai upaya pengubahan perilaku anak untuk menjadi lebih baik, terutama dalam penanaman moral anak usia dini. Pelaksanaan pendidikan moral pada anak usia dini melibatkan banyak pihak, yaitu: orang tua di rumah dan guru di lembaga pendidikan. Orang tua berperan sebagai guru pertama bagi anak. Tingkah laku, tutur kata, dan penampilan orang tua akan ditiru oleh anak. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diharapkan mampu memberikan berbagai stimulasi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, salah satunya dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak. Orang dewasa disekitar anak harus siap menjadi model dan teladan bagi anak dalam membentuk moral yang baik Upaya yang dilakukan dalam memberikan pendidikan moral pada anak usia dini di lembaga pendidikan dimulai dengan kepribadian guru yang patut menjadi model dan teladan bagi anak, dan dilanjutkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan memasukkan unsur-unsur moral ke dalam komponen pendidikan. Perkembangan moral pada anak dapat berlangsung melalui pendidikan langsung, peniruan, dan proses mencoba. Serta dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap-cakap. sehingga dapat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Bunga Adelia P.F 2113053025 གིས-
Nama : Bunga Adelia P.F
NPM : 2113053025

Analisis Jurnal 2 "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini"

Penanaman nilai moral pada anak usia dini sangat penting karena pada masa PAUD merupakan waktu dalam pembentukan karakter moral manusia.
Pendidikan moral menyangkut
ranah sikap dan kepribadian, maka di dalam pelaksanaan pembelajaran tidak hanya terpaku pada
pengembangan kemampuan intelektual tetapi lebih kepada pengembangan
karakter, sikap, dan perilaku peserta didik. Untuk itu pembentukan karakter sangat penting dilakukan pada usia dini.

Penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat dilakukan dengan
berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode sederhana tersebut dapat dilakukan karena mengingat usia anak anak adalah masih gemar bermain. Kemudian penanaman nilai-nilai moral melalui pendidikan non formal seperti pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh
lingkungan. pada jalur pendidikan formal dapat dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan
pembelajaran meliputi kegiatan lingkungan bermain, kegiatan inti dan kegiatan peutup.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Irma Nita Yunizar 2113053046 གིས-
Nama : Irma Nita Yunizar
NPM : 2113053046
Kelas : 3D

Izin menganalisis bu,
Bedasarka jurnal yang telah saya baaca terkait dengan Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini saya dapaat menganalisis bahwa Pendidikan moral sangat penting ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Sekain itu dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode tersebut yang bisa disesuaikan dengan keadaan dan karakter anak yang menjadi sumber utama daalam penilaian. Hal itu dikarenakan metode akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini.

Penting dalam penanaman nilai-nilai moral, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat secara keseluruhan. Saat usia dini dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai moral, untuk dapat melakukan perkembangan serta kecerdasan moral pada anak. Pendidikan moral diartikan sebagai suatu konsep kebaikan yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berperilaku yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

NABILA NUR FAUZIA གིས-
Nama : Nabila Nur Fauzia
NPM : 2113053269

Analisis Jurnal 2 "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini"

Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Pendidikan moral sendiri dapat diartikan sebagai suatu konsep kebaikan (konsep yang bermoral) yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik (generasi muda dan masyarakat) untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berperilaku terpuji seperti terdapat dalam, Pancasila dan UUD 1945. (Hamid Darmadi 2007: 56-57). Adapun ciri-ciri dari nilai moral, yaitu : Berkaitan dengan tanggung jawab kita, berkaitan dengan hati nurani, meajibkan, dan bersifat formal.

Peranan pendidikan sangat dibutuhkan dalam membentuk nilai dan moral pada anak, lebih-lebih mengingat salah satu permasalahan bangsa yang sangat mengkhawatirkan saat ini adalah moral dan akhlak. Penanaman nilai-nilai moral perlu dilakukan baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat secara keseluruhan, karena Pendidikan tidak akan cukup jika hanya dilakukan dalam lingkungan Pendidikan sekolah saja.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

REZA ISMELDA21 གིས-
Nama : Reza Ismelda
Npm : 2113053119
Analisis jurnal 2

Izin menyampaikan analisis jurnal 2 yang berjudul 'Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini'. Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa Pendidikan nilai dan moral diberikan pada berbagai tingkatan pendidikan, termasuk pada pendidikan anak usia dini karena pendidikan nilai dan moral ini sangat penting agar anak tersebut memiliki nilai dan moral yang baik sedini mungkin.
Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar
karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal
serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Penanaman nilai moral pada anak ini dapat diberikan dengan beberapa metode yaitu metode bermain, metode bercerita, metode pemberian tugas, dan metode bercakap cakap. penggunaan metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter
anak yang menjadi sumber pertimbangan utama.

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

YOSEPHA ANGGRIANI SIRAIT གིས-
Nama : Yosepha Anggriani Sirait
Npm : 2113053268

Izin mengemukakan hasil analisis saya terhadap jurnal ibu.
Pendidikan moral harus ditanamkan sedini mungkin pada anak-anak. Pada usia anak PAUD, merupakan basis pembentukan karakter moral manusia sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar selanjutnya dapat menjadi warga negara yang baik. Untuk itu perlu diperlukan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini.

Untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini maka kita harus melakukannya dengan sekreatif mungkin, kita dapat menggunakan beberapa metode sehingga pembelajaran tidak membosankan. Metode yang dapat dilakukan yaitu metode bermain, metode bercerita, metode pemberian tugas, dan metode bercakap-cakap. Jadi di sini dapat disimpulkan bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas tinggi.

Untuk mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia tersebut, maka salah satu caranya ialah dengan pendidikan nilai moral. Perlunya penanaman nilai-nilai Moral ini dapat diterapkan di lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat secara keseluruhan.

Sekian dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

HAFID TRIAWAN གིས-
Nama : Hafid Triawan
NPM : 2113053236

ANALISIS JURNAL 2:
PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia, sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas tinggi. Peranan pendidikan tersebut kapan saja sangat dibutuhkan, lebih-lebih mengingat salah satu permasalahan bangsa yang sangat mengkhawatirkan saat ini adalah moral dan akhlak. Perlunya penanaman nilai-nilai moral, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat secara keseluruhan Pada masa usia dini dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai moral, untuk perkembangan serta kecerdasan moral anak.
Pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat diselenggarakan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan sebelumjenjang Sekolah Dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, dan/atau informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman K- anak-kanak (TK) dan Raudatul Athfal (RA). PAUD pada jalur pendidikan non formal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS), (Nurul Zuriah, 2007: 23) pada jalur pendidikan non formal cara penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

SASKIA DITA AYU NINGTIAS 2113053227 གིས-
Nama: Saskia Dita Ayu Ningtias
NPM: 2113053227

Menurut analisis saya terkait jurnal yang berjudul "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini" dapat diketahui bahwa penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini sangat penting agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Pendidikan moral menyangkut sikap dan kepribadian, sehingga di dalam pembelajarannya tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan intelektualnya saja tetapi lebih kepada pengembangan karakter, sikap, dan perilaku peserta didik. Dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak yang menjadi sumber pertimbangan utama. Untuk pendidikan non formal cara penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan, pada jalur pendidikan formal dapat dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan lingkungan bermain, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Putri Karlinda གིས-
Nama : Putri Karlinda
NPM : 2113053261

izin memberikan analisis terkait jurnal Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini.

Sjarkawi, (2006: 28), mengemukakan bahwa moral merupakan pandangan tentang baik dan buruk, benar dan salah, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Selain itu moral juga merupakan seperangkat keyakinan dalam suatu masyarakat berkenaan dengan karakter atau kelakuan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Isjoni, 2009: 19-24, Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Pendidikan moral diartikan sebagai suatu konsep kebaikan yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berperilaku terpuji seperti terdapat dalam Pancasila dan UUD 1945. Pendidikan moral juga menyangkut sikap dan kepribadian, sehingga di dalam pembelajarannya tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan intelektualnya saja tetapi lebih kepada pengembangan karakter, sikap, dan perilaku peserta didik.

Untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak, baik di lingkungan keluarga, sekolah, serta lingkungan masyarakat. Cara pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini, pada jalur pendidikan non formal cara penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan, pada jalur pendidikan formal dapat dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan lingkungan bermain, kegiatan inti dan kegiatan penutup
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Salsabila Putri གིས-
Nama: Salsabila Putri
NPM: 2113053151
Izin memberikan analisis jurnal 2 dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini”.

Penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini sangat penting. Penanaman tersebut bertujuan agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Menurut Hamid Darmadi, (2007: 56-57) Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, seperti: metode bermain, bercerita, metode pemberian tugas, dan metode bercakap-cakap. Penggunaan metode ini harus disesuaikan dengan kondisi dan karakter peserta didik karena pemilihan metode akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada peserta didik terkhususnya anak usia dini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Yessi Desmatala Sari 2113053101 གིས-
Nama : Yessi Desmatala Sari
NPM : 2113053101

Izin menganalisis jurnal 2
DPendidikan merupakan aspek terpenting dalam proses peningkatan pengetahuan serta penanaman akhlak serta moral dalam diri peserta didik. Dalam proses pendidikan tentunya penanaman nilai dan moral diajarkan dari mulai anak usia dini yang ,mana proses perkembangan serta pertumbuhannya masih lebih mudah untuk diajarkan dan lebih mudah untuk dapat diterapkan, karena dari usia dinilah karakter seorang peserta didik dibangun dan akan mempengaruhi kehidupannya dimasa yang akan datang. Pendidikan nilai dan moral yang perlu dilakukan untuk anak usia dini ialah dengan metode-metode yang membuat mereka tidak bosan dam akan membuat mereka lebih mudah memahaminya, seperti contohnya bermain game, bercerita bernyanyi dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk anak usia dini belajar dan agar mereka merasa tidak bosan.

Pendidikan nilai dan moral ini tentunya telah diupayakan sedimikian rupa untuk dapat diterapkan disetiap peserta didik dan harus dilakukan atau diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari namun banyak juga peserta didik yang tidak bersungguh-sungguh sehingga mengesampingkan nilai dan moral, padahal yang sangat diperlukan ialah penanaman karakter yang baik agar terciptanya tremaja atau penerus bangsa yang memiliki nilai dan moral yang tinggi agar dalam kehidupan sehari-hari dapat menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan UUD 1945 . Maka dari itu perlu peningkatan dari tenaga pendidik yang harus memiliki skill dalam mengajarkan nilai dan moral hyang baik agar peserta didkk lebih mudah memahami dan mengimplementasikannya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Maya Marisa གིས-
Nama : Maya Marisa
NPM : 2113053258

Izin memberikan analisis Bu.
Berdasarkan jurnal yang saya baca, yaitu "Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini", yang menyatakan bahwa moral merupakan pandangan tentang baik dan buruk, benar dan salah, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Lebih jauh, moral diartikan sebagai seperangkat keyakinan dalam suatu masyarakat berkenaan dengan karakter atau kelakuan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Dari pengertian tersebut, jelas bahwa pendidikan moral sendiri sangat penting diterapkan pada lembaga pendidikan, salah satunya di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pendidikan moral ini perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini karena usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Dalam menanamkan nilai moral pada anak usia dini juga terdapat banyak metode yang dapat diterapkan. Salah satunya yaitu metode bermain, dimana kita ketahui bersama bahwa anak usia dini cenderung menyukai permainan sehingga metode tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai moral pada anak usia dini.

Dengan demikian, kita simpulkan bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Untuk itu, penanaman nilai moral perlu dilakukan sejak dini. Adapun di dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini, dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode. Hal ini karena metode ini akan mempengaruhi keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini tersebut yang tentunya akan berdampak pada masa depan anak.
Sekian dari saya, terima kasih Bu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

NORA WYRENTIA གིས-
Nama : Nora wyrentia suhaili
Npm : 2113053041

Izin menjawab hasil analisis terkait jurnal 2 yang berjudul “PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI” yaitu dimana kita ketahui bersama bahwa PAUD merupakan basis pembentukan karakter moral manusia, sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar selanjutnya dapat menjadi warga negara yang baik. Untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini. Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Pendidikan moral menyangkut sikap dan kepribadian, sehingga di dalam pembelajarannya tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan intelektualnya saja tetapi lebih kepada pengembangan karakter, sikap, dan perilaku peserta didik.
Untuk penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini itu sendiri dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak yang menjadi sumber pertimbangan utama. Dan untuk pendidikan non formal cara penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan, pada jalur pendidikan formal dapat dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan lingkungan bermain, kegiatan inti dan kegiatan peutup.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

TATA NURHALIZA 2113053008 གིས-
Nama : Tata Nurhaliza
NPM : 2113053008

Izin memberikan analisis terkait jurnal yang berjudul “Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini”. Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak dini, karena usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Usia dini dikatakan sebagai usia emas, yaitu usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya. Pendidikan moral dimaksudkan agar manusia belajar menjadi manusia yang bermoral. Maka dari itu, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia, sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas.

Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Pendidikan moral menyangkut sikap dan kepribadian, sehingga di dalam pembelajarannya tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan intelektualnya saja tetapi lebih kepada pengembangan karakter, sikap, dan perilaku peserta didik. Dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap-cakap. Penggunaan metode ini disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Natasya Helsi Febiani 2113053187 གིས-
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Natasya Helsi Febiani
2113053187

Penanaman nilai-nilai dan moral bagi anak sangatlah penting di usia dini. Hal ini dikarenakan usia anak pra sekolah merupakan usia yang pas dalam pembentukan karakter moral manusia. Hal ini dimaksudkan agar karakter anak dapat berkembang dengan kemampuan juga potensi yang sesuai dengan usia yang tepat untuk bertumbuh ya sikap dan sifat berperilaku yang positif.

Untuk memudahkan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral dan bagi anak didik juga lebih mudah memahami, maka terdapat beragam metode dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai moral bagi anak usia dini. Adapun beberapa metode yang dapat dipakai adalah metode bermain, bercerita, bercakap-cakap, pemberian tugas. Metode yang dipakai diharapkan agar menjadi pertimbangan yang sesuai dengan keadaan serta karakter anak. Selain cara pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral, metode juga berpengaruh terhadap keberhasilan dari penanaman nilai-nilai moral dari anak usia dini. Untuk itu, memang sudah benar bahwa metode yang digunakan tidak boleh disepelekan.
Sekian dari saya, terima kasih.

Waalaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh .
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

MELLYZA AZZARA 2153053035 གིས-
Nama : Mellyza Azzara
NPM : 2153053035
Kelas : 3D

Izin memberikan hasil analisis saya terhadapt Jurnal kedua, yang berjudul "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini”.

Konteks pada jurnal ini hampir sama pada jurnal pertama. Kita pendidik tau kan perlu ada nya penanaman moral haruslah sedari dini, nah pada bila pada lembaga pendidikan berarti penanaman nilai nilai moral pada anak sudah harus dibentuk dari jenjang PAUD. Sebab anak pada usia dini itulah waktu yang tepat pada penanaman nilai moral untuk mengembangkan kecerdasan moral anak juga.

Menurut Jamie (2003; 15) menyatakan bahwa moral adalah
ajaran baik dan buruk tentang perbuatan dan kelakuan (akhlak). Sedangkan pengertian
akhlak itu sendiri oleh Al-Ghazali sebagai padanan kata moral, sebagai perangai
(watak, tabiat) yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber
timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan, tanpa perlu dipikirkan clan direncanakan sebelumnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

YULIANTI 2113053215 གིས-
Nama: Yulianti
NPM: 2113053215

Berdasarkan jurnal Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini, Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode seperti metode bermain, bercerita, pemberia tugas, dan bercakap-cakap. Cara Pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat diselenggarakan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan sebelum jenjang Sekolah Dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, dan/atau informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudatul Athfal (RA). Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia, sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas tinggi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Rara Satriana གིས-
Nama : Rara Satriana
NPM : 2153053005

Izin mengirimkan hasil analisis jurnal 2 yang berjudul “ Penanaman Nilai-nilai Moral Pada Anak Usia Dini”

Pendidikan moral sudah diberikan pada berbagai lembaga pendidikan yang ada di Indonesia salah satunya yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada tahap PAUD ini anak memasuki fase pra sekolah, dimana pada tahap ini lebih di fokuskan pada pendidikan karakter moral dari mausia sehingga dapat terbentuk dasar-dasar prilaku dan kemampuan yang sesuai dengan usia serta tahap perkembangannya. Terdapat pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak.

Pada proses penanaman niai-nilai moral pada anak usia dini ini dapat menggunakn berbagai metode yang menyenangkan diantaranya yaitu, metode bermain, bercerita, pemberian tugas, serta bercakap-cakap. Dengan menggunakan berbagai metode tersebut dalam menjadi alat bantu yang cukup baik, Karen apda usia ini peserta didik masih pada fase ingin bermain atau bahkan tidak bisa diam atau sangat aktif. Maka para tenaga pendidik harus bisa menyesuaikan kondisi dari peserta didiknya, namun pendidikan nilai-nilai moral pada peserta didik dapat berjalan lebih baik lagi jika di dukung oleh lingkungan sekitar, orang tua, bahkan tenaga pendidik yang memberikan contoh baik kepada anak-anak tersebut.

Sekian Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Ifnur Fadhilla Legthonia གིས-
Nama : Ifnur Fadhilla Legthonia
NPM : 2113053146

Analisis jurnal dengan judul " Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini"
Pentingnya menanamkan nilai dan moral pada anak usia dini. Karena pada usia dini inilah penentuan karakter dan sifat seseorang. Nilai moral yang diterapkam pada anak usia dini dapat dilakukan melalui metode bermain karena dengan bermain anak-anak mampu untuk
bersosialisasi dengan orang lain.Nilai moral yang diajarkan agar anak memiliki sikap tenggang rasa, adanya rasa tolong menolong, mengajarkan kepada anak rasa peduli kepada orang lain, tata bicara yang sopan, baik, dan benar.

Selain itu penanaman nilai dan moral juga dapat dilakukan melalui cerita yang dapat menyampaikan pesan-pesan atau informasi moral yang untuk menambah pengetahuan anak tentang nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Metode pemberian tugas juga dapat dilakukan untuk melatih kesabaran anak, mengajari untuk bertanggung jawab terhadap apa yang telah menjadi tugasnya serta belajar untuk menaati aturan yang telah disepakati bersama. Penerapan metode bercakap-cakap mempunyai makna penting untuk anak,metode ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dengan orang lain
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

arya parawangsa གིས-
Nama : Arya Parawangsa
NPM :2113053125

Dari Jurnal tersebut dapat kita ketahui bahwa, pendidikan moral sejak dini perlu dilakukan karena akan membekali moral anak sepanjang rentang kehidupan yang dilalui dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, mengingat pentingnya pendidikan moral, maka pendidikan moral sangat penting untuk diberikan pada anak usia dini. Dengan begitu seseorang dapat mengetahui pandangan tentang baik dan buruk, benar dan salah, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Untuk menciptakan dan mengarahkan seseorang menjadi lebih bermoral maka diperlukanlah pendidikan moral, dengan pendidikan moral dimaksudkan agar manusia belajar menjadi manusia yang bermoral. Yang dimaksud dengan pendidikan moral adalah: suatu program pendidikan (sekolah dan luar sekolah) yang mengorganisasikan dan "menyederhanakan" sumber-sumber moral dan disajikan dengan memperhatikan pertimbangan psikologis untuk tujuan Pendidikan.

Pendidikan nilai dan moral ini tentunya telah diupayakan sedimikian rupa untuk dapat diterapkan disetiap peserta didik dan harus dilakukan atau diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari namun banyak juga peserta didik yang tidak bersungguh-sungguh sehingga mengesampingkan nilai dan moral, padahal yang sangat diperlukan ialah penanaman karakter yang baik agar terciptanya tremaja atau penerus bangsa yang memiliki nilai dan moral yang tinggi agar dalam kehidupan sehari-hari dapat menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan UUD 1945 . Maka dari itu perlu peningkatan dari tenaga pendidik yang harus memiliki skill dalam mengajarkan nilai dan moral hyang baik agar peserta didkk lebih mudah memahami dan mengimplementasikannya. Di dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak yang menjadi sumber pertimbangan utama. Sebab metode akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

DHEA OCTA VERONIKA གིས-
Nama : Dhea Octa Veronika
NPM : 2113053170
Kelas : 3D/S1-PGSD

izin memberikan analisis jurnal terkait, "Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini"

Pendidikan mengambil peran yang sangat penting didalam pembetukan sumber daya manusia yang berkualitas. Penanaman moral ini tidak hanya disekolah saja melainkan lingkungan rumah, bermain, dan juga lingkungan masyarakat. Mengingat bahwa semakin majunya zaman maka semakin merosot pula moral, Didalam jurnal ini dijelaskan bahwa pentingnya pendidikan moral dilakukan sejak usia dini dengan tujuan perkembangan moral serta kecerdasan anak. Dalam penanaman nilai dan moral anak usia dini dapat dilakukan dengan cara bermain, bercerita, pemberian tugas, bercakap-cakap, dan lain-lain. setiap metode dan langkah-langkah akan berpengaruh pada setiap keberhasilan penanaman moral.
sekian dari saya, terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

ANNISA PUTRI AISYAH གིས-
Nama : Annisa Putri Aisyah
NPM : 2113053169

Izin memberikan analisis jurnal 2 yang berjudul "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini"

Penerapan pendidikan moral pada anak usia dini merupakan saat yang baik dalam mengembangkan kecerdasan moral anak. Penanaman moral pada anak usia dini dapat dilakukan dengan metode bermain, bercerita, pemberian tugas, dan bercakap-cakap. Pada saat anak berada di usia dini mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga dapat dikatakan bahwa anak sedang berada pada usia emas. Sehingga pada usia ini sangat diperlukan penanaman nilai-nilai moral yang baik dalam diri anak yang dapat ditempuh melalui pendidikan formal (TK, PAUD, TPA) dan non formal (Keluarga dan Lingkungan sekitar).

Upaya penanaman nilai-nilai moral ini difungsikan untuk membentuk Budi pekerti luhur, berakhlak mulia, dan berperilaku terpuji dalam diri anak yang diajarkan dan ditanamkan sedari usia dini. Sehingga kelak akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sekian dari saya Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Annisa Salsabila 2113053074 གིས-
Nama : Annisa Salsabila
NPM : 2113053074
Kelas : 3D PGSD

Izin memberikan analisis Bu terkait jurnal "Penanaman Nilai Nilai Moral pada Anak Usia Dini"

Seperti yang kita ketahui, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan masa dimana anak belum memasuki pendidikan formal. Dalam hal ini, penting sekali penanaman nilai moral bagi mereka agar karakter anak dapat berkembang secara potensial dan optimal, sehingga dapat menumbuhkan sikap dan perilaku positif bagi anak.

Dalam menanamkan nilai moral bagi anak usia dini, terdapat berbagai macam metode yang dapat dilakukan diantaranya yaitu, metode bermain, metode bercerita, metode pemberian tugas, serta metode bercakap-cakap. Seperti yang kita ketahui, anak usia dini itu senang sekali jika bermain apalagi jika kita sebagai seorang pendidik dapat menyisipkan 4 metode tersebut dalam pembelajaran nilai dan moral, maka anak usia dini akan memiliki tingkah laku, sikap, serta karakter yang baik. Tentunya, penggunaan metode tersebut harus dapat menyesuaikan dengan kondisi dan karakter anak. Hal ini karena metode penanaman nilai moral akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidik dalam menerapkan nilai moral pada anak usia dini.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting dalam memujudkan masyarakat yang memiliki karakter dan tingkah laku yang baik, sehingga akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Terlebih lagi jika, seorang pendidik berhasil menanamkan nilai moral kepada anak usia dini. Dengan begitu, anak usia dini dapat berperilaku yang mulia dan berkarakter yang baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Demikian analisis dari saya Bu, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

MELA ANDYNI གིས-
Nama : Mela Andyni
Npm : 2113053087
Izin menjawab
Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Pendidikan moral sendiri dapat diartikan sebagai suatu konsep kebaikan (konsep yang bermoral) yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik (generasi muda dan masyarakat) untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berperilaku terpuji seperti terdapat dalam, Pancasila dan UUD 1945. (Hamid Darmadi 2007: 56-57).
Perkembangan moral pada anak dapat berlangsung melalui pendidikan langsung, peniruan, dan proses mencoba. Serta dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap-cakap.
Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Annisya Ranggawuni 2113053113 གིས-
Nama : Annisya Ranggawuni
NPM : 2113053113

Izin menjawab tugas analisis jurnal yang berjudul Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini
PAUD atau usia prasekolah adalah masa di mana seorang anak belum mengenyam pendidikan formal. PAUD merupakan dasar pembentukan karakter moral manusia. Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini serta pengembangan sikap dan perilaku positif pada anak pada dasarnya agar karakter anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kemampuannya.

Ada banyak cara dan metode yang dapat dilakukan untuk menananmkan nilai-nilai moral pada anak usia dini. Bermain merupakan salah satu metode yang dapat digunakan, melalui metode bermain anak-anak mampu bersosialisasi dengan orang lain. Dengan bermain banyak nilai-nilai moral dan sosial yang dapat diajarkan, salah satunya mengajarkan anak tentang tata bicara yang sopan, baik, dan benar. Metode lain yang dapat digunakan yaitu melalui metode bercerita. Melalui cerita dapat menyampaikan pesan-pesan atau informasi moral yang dapat menambah pengetahuan anak tentang nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Setelah bercerita, kita dapat menyampaikan pesan-pesan moral misalnya sikap rendah hati, kejujuran, tidak boleh membantah, menyayangi orang tua, selalu mendengarkan nasehat orang tua, tidak boleh kasar dan membentak orang tua, serta besikap toleran kepada orang lain.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Atika Dwi Aufa གིས-
NAMA : Atika Dwi Aufa
Npm : 2113053199

izin memberikan Analisis bu,
Pada masa usia dini dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai moral, untuk perkembangan serta kecerdasan moral anak. Pendidikan moral diartikan sebagai suatu konsep kebaikan yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berperilaku terpuji seperti terdapat dalam Pancasila dan UUD 1945.

Di dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat menggunakan berbagai metode yaitu metode bermain, bercerita, pemberian tugas dan bercakap- cakap, penggunaan metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter anak yang menjadi sumber pertimbangan utama.

Sebab metode akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini. Cara pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini, pada jalur pendidikan non formal cara penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa dilakukan melalui pendidikan keluarga dan pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan, pada jalur pendidikan formal dapat dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan lingkungan bermain, kegiatan inti dan kegiatan peutup.
Sekian terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

ADEILLA NAJWA SALSABILA གིས-
Nama: Adeilla Najwa Salsabila
Npm: 2113053288

Izin menjawab. Berdasarkan jurnal yang telah saya saya analisi dengan judul "Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini". Bahwa penanaman nilai moral pada diri manusia sangatlah penting. Terbukti pada saat usia dini pun penanaman nilai moral sudah harus dilaksanakan.

Penananman nilai moral pada PAUD tentunya memiliki metode atau cara yang berbeda dengan menanamkannya pada anak SD. Anak paud masih belajar tentang bagaiamana interaksi dengan manusia lain. Oleh karena itu pelaksanaan penanaman nilai moral, harus di lakukan dengan cara yang menarik anak tersebut. Adapun metode metode yang bisa di gunakan yaitu: metode bermain, metode bercerita, metode pemberian tugas, dan metode bercakap-cakap.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

FAUZAN AL AZIZ 2153053003 གིས-
Nama: Fauzan Al Aziz
Npm: 2153053003


Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak. Selain itu moral juga merupakan seperangkat keyakinan dalam suatu masyarakat berkenaan dengan karakter atau kelakuan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Untuk menciptakan dan mengarahkan seseorang menjadi lebih bermoral maka diperlukannya pendidikan moral, dengan pendidikan moral dimaksudkan agar manusia belajar menjadi manusia yang bermoral. Yang dimaksud dengan pendidikan moral adalah: suatu program pendidikan (sekolah dan luar sekolah) yang mengorganisasikan dan "menyederhanakan" sumber-sumber moral dan disajikan dengan memperhatikan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Nadia Sahilah གིས-
Nama : Nadia Sahilah
NPM : 2113053044

pendidikan moral adalah suatu program pendidikan (sekolah dan luar sekolah) yang mengorganisasikan dan "menyederhanakan" sumber-sumber moral dan disajikan dengan memperhatikan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan.
Pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini ini diharapkan agar karakter anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak.

Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode yaitu : Metode Bermain, dengan bermain anak-anak mampu bersosialisasi dengan orang lain dan banyak nilai-nilai moral dan sosial yang dapat diajarkan, diantaranya: a) Mengajarkan kepada anak agar mau bersosialisasi dan mampu bekerjasama dengan teman-teman sepermainan. b) Mengajarkan kepada anak agar memiliki sikap tenggang rasa, menolong sesama yang sedang membutuhkan. c) Mengajarkan kepada anak untuk mau berbagi bersama teman serta memiliki rasa peduli kepada orang lain. d) Mengajarkan tata bicara yang sopan, baik, dan benar kepada anak-anak. e) Memperkenalkan kepada anak tentang berbagai macam aturan baik yang ada di keluarga, lingkungan, sekolah maupun di jalan. f) Melatih anak-anak untuk menaati peraturan-peraturan tersebut. g) Mengajarkan kepada anak untuk belajar menerima konsekuensi atau akibat jika melanggar peraturan tersebut.
yang kedua metode Bercerita yaitu menyampaikan pesan-pesan atau informasi moral yang dapat menambah pengetahuan anak tentang nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

NI.NYOMAN.SRI21 NI.NYOMAN.SRI21 གིས-
Nama : Ni Nyoman sri widiyanti
NPM : 2153053042
Izin menganalis bu terkait Penanaman Nilai-nilai Moral Pada anak usia dini
Menurut sjarkawi mengemukakan bahwa moral merupakan pandangan tentang baik dan buruk apa yang dapat dan tidak dapat di lakukan.pendidikan moral perlu di tanamkan kepada anak sejak usia dini sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak.

Menurut hamid Darmadi Penanaman Nilai-nilai Moral Pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode di antaranya:
a. Metode bermain
Melalui metode bermain karena dengan bermain anak-anak untuk mampuh bersosialisasi dengan orang lain.Bermain memberikan kesenangan kepada anak-anak,mereka dapat menuangkan imajinasi yang ada di pikiran secara bebas Melalui bermain
b. Metode bercerita
Melalui bercerita dapat menyampaikan pesan-pesan atau informasi moral yang dapat menambah pengetahuan anak tentang Nilai-nilai Moral yang berlaku di masyarakat.
C. Metode pemberian tugas
Nilai moral yang dapat di sisipkan melalui metode pemberian tugas individu antara lain:Melatih kesabaran seorang anak dan belajar untuk menaati aturan
d. Metode bercakap-cakap
Bercakap-cakap mempunyai maija penting bagi perkembangan anak,sebab dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dengan orang lain.
Cara pelakasanaan Penanaman Nilai-nilai Moral Pada anak usia dini dapat di selenggarakan melalui PAUD diselenggarakan sebelum jenjang Sekolah dasar.
Dapat di simpulkan bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan warga negara yang berkepribadian tinggi dan berakhlak mulia,sehingga dapat menciptakan SDM yang berlualitas tinggi.Pada masa usia dini di manfaatkan untuk Menanamkan nilai-nilai moral untuk perkembangan serta kecerdasan moral anak.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Komang Nandayani གིས-
Nama: Komang Nandayani
NPM: 2113053229

Berdasarkan jurnal diatas, pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Dari pendapat di atas, moral dimaksudkan masih sebagai seperangkat ide, nilai, ajaran,
prinsip, atau norma. Akan tetapi lebih konkret dari itu, moral juga sering dimaksudkan sudah berupa tingkah laku, perbuatan, sikap atau karakter yang didasarkan pada ajaran nilai, prinsip atau norma. Moral menjadi tolak ukur suatu perbuatan itu bernilai baik atau buruk adalah adat istiadat yang berlaku di dalam masyarakat tertentu. Nilai-nilai moral yang bersifat objectif dikategorikan sebagai moral kesusilaan, seperti kejujuran, keadilan, keikhlasan, tanggung jawab dan lain-lain. Adapun nilai-nilai moral yang bersifat relativistic dikategorikan sebagai moral kesopanan, seperti berbicara secara sopan, hormat kepada orang yang lebih tua, tidak bertamu pada jam istirahat dan sebagainya.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

NI NENGAH MEGA DWIYANTI གིས-
Nama : Ni Nengah Mega Dwiyanti
NPM : 2153053011

Izin mengirimkan analisis jurnal berjudul Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini
Moral merupakan pandangan tentang baik dan buruk, benar dan salah, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. nilai adalah suatu kualitas atau penghargaan terhadap sesuatu, yang dapat menjadi dasar penentu tingkah laku seseorang. Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0-6 tahun. Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Cara Pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat diselenggarakan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan sebelum jenjang Sekolah Dasar. Dalam pendidikan non formal tidak memiliki kurikulum baku, sehingga dapat menggunakan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak akan dapat memfasilitasi perkembangan berbagai potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak.