Forum Analisis Soal

Forum Analisis Soal

Number of replies: 16

Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ketahui 4 Landasannya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pendidikan Pancasila dipelajari oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pasal tersebut menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

Tujuan pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi disertai dengan landasan pendidikan Pancasila, Jumat (19/3/2021).

Untuk mengetahui tujuan pendidikan Pancasila, perlu pahami dulu landasan pendidikan Pancasila. Terdapat empat landasan pendidikan Pancasila yaitu landasan historis, landasan kultural, landasan yuridis, dan landasan filosofis. Berikut penjelasannya:

1. Landasan Historis

Landasan Historis adalah fakta-fakta sejarah yang dijadikan dasar bagi pengembangan pendidikan Pancasila, baik menyangkut formulasi tujuan, pengembangan materi, rancangan model pembelajaran, dan evaluasinya.

Berdasarkan landasan historis, pancasila dirumuskan dan memiliki tujuan yang dipakai sebagai dasar Negara Indonesia. Proses perumusannya diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat.

Fakta historis tersebut membentang mulai dari kehidupan prasejarah, sejarah Indonesia lama, masa kejayaan nasional, perjuangan bangsa Indonesia melawan sistem penjajahan, proklamasi kemerdekaan, hingga perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

2. Landasan Kultural

Landasan kultural adalah pengembangan pendidikan Pancasila didasarkan atas nilai-nilai yang diagungkan, dan karenanya disepakati dalam kehidupan nasional. Pancasila merupakan salah satu pencerminan budaya bangsa, sehingga harus diwariskan ke generasi penerus.

Secara kultural unsur-unsur Pancasila terdapat pada adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, kepercayaan, agama, dan kebudayaan Indonesia secara umum. Pendidikan Pancasila memelihara dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang telah dan terus disepakati tersebut.

3. Landasan Yuridis

Landasan Yuridis menyangkut aturan perundang-undangan yang mendasari pelaksanaan Pendidikan Pancasila. Pancasila secara yuridis konstitusional telah secara formal menjadi dasar negara sejak dituangkannya rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

Secara hierarkis, landasan yuridis dapat ditelusuri dari UUD 1945, Ketetapan MPR, Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri, Keputusan Direktur Jenderal, dan lain-lain.

4. Landasan Filosofis

Landasan filosofis adalah penggunaan hasil-hasil pemikiran filsafat Pancasila untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila. Secara praktis nilai-nilai tersebut berupa pandangan hidup (filsafat hidup) berbangsa.

Pancasila yang merupakan filsafat negara harus menjadi sumber bagi segala tindakan para penyelenggara negara, menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuan pendidikan Pancasila menurut UU No. 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional yang juga tercantum di dalam SK Dirjen Dikti. No.38/DIKTI/Kep/2003, ialah guna menunjukan arah tujuan pada moral dan diharapkan dapat terealisasi di kehidupan bermasyarakat setiap hari.

Yakni tingkah laku yang memperlihatkan iman serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (keyakinannya masing-masing), bertingkah-laku kerakyatan dengan selalu mendahulukan kepentingan umum. Tujuan pendidikan Pancasila menjadi sebuah sarana dalam mengerti, memahami, serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat amat penting. Hal ini sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Tujuan pendidikan Pancasila secara umum diantaranya:

1. Memiliki keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Memiliki sikap kemanusiaan yang adil juga beradab kepada orang lain dengan selalu memiliki sikap tenggang rasa di tengah kemajemukan bangsa.

3. Menciptakan persatuan bangsa dengan tidak bertindak anarkis yang dapat menjadi penyebab lunturnya Bhinneka Tunggal Ika di tengah masyarakat yang memiliki keberagaman kebudayaan.

4. Menciptakan sikap kerakyatan yang mendahulukan kepentingan umum dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai keadaan yang mufakat.

5. Memberikan dukungan sebagai cara menciptakan keadaan yang berkeadilan sosial dalam masyarakat.

Tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk:

1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Agar mahasiswa dapat mengembangkan karakter manusia Pancasilais dalam pemikiran, sikap, dan tindakan. 

3. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia. (Derektorat, 2013)

https://hot.liputan6.com/read/4510238/tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi-ketahui-4-landasannya

Analisis soal

1. Apakah hubungannya Pendidikan Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara dan bagaimana urgensinya bagi mahasiswa atau generasi muda?

2. Apakah hal yang paling pokok untuk dipelajari dari pendidikan Pancasila dalam menghadapi perubahan dan manfaatnya dalam menghadapi masa depan?

3. Jelaskan apa sajakah yang menjadi  faktor penghambat dan penunjang diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi!

4. Bagaimanakah yang dimaksud dengan relasi antara pendidikan Pancasila dengan program studi/jurusan anda dan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa?



In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Ageng Nugrahanny 2206061016 གིས-
Ageng Nugrahanny
2206061016

1. menurut saya adalah sebagai bekal mahasiswa guna memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara dan juga untuk membentuk sebuah karakter, moral, perilaku dan adab bagi mahasiswa.
2. -tidak egois
-mau menghargai pendapat orang
lain
-menjaga iman dan taqwa
3. menurut saya faktor penghambatnya adalah pemuda pada generasai sekarang menganggap pancasila hanya sebagai.lambang negara saja tetapi tidak menerapkan nili nilai yang terkandung
4. tindakan lain untuk mendidik generasi muda agar menjadi generai muda yang cerdaa untuk memiliki jwa pancasila dan memiliki moral yang baik
In reply to Ageng Nugrahanny 2206061016

Re: Forum Analisis Soal

Jesiyanti 2206061014 གིས-
Nama : jesi yanti
Npm : 2206061014

1.Urgensi mata kuliah pendidikan pancasila bagi mahasiswa atau kaum muda adalah sebagai bekal mahasiswa guna memahami hak dan kewajibanya sebagai warga negara. Kesadaran perpajakan menjadi permasalahan utama bangsa karena uang dari pajak menjadi tulang punggung pembiayaan pembangunan di Indonesia.

2.Untuk menghadapi masa depan, berikut adalah beberapa hal pokok yang dipelajari dari pendidikan Pancasila: Tidak bersifat egois dan selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu. Mau menghargai pendapat dan opini orang lain. Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa.

3.faktornya karena pemuda pemuda zaman sekarang menggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai-nila yang terkandung di dalam pancasila,padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa indonesia.

4.Peran pelajar dalam mendukung perwujudan salah satu tujuan negara yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa adalah mengikuti kegiatan belajar dengan serius guna menjadi sumber daya manusia dan anak bangsa yang cerdas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

muhammad ridho rizqullah 2206061004 གིས-
Nama:Muhammad Ridho Rizqullah
NPM:2206061004

1. Pancasila adalah ideologi yang menjadi pedoman seluruh warga Indonesia untuk berbangsa dan bernegara, Pendidikan Pancasila merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Melalui pendidikan Pancasila, negara ingin membentuk tatanan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. urgensinya bagi mahasiswa atau generasi muda adalah Masalah kesadaran perpajakan,Masalah korupsi,Masalah dekadensi moral,Masalah narkoba dan kurangnya keadilan dalam penegakan hukum.

2. Tidak bersifat egois dan selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu. Mau menghargai pendapat dan opini orang lain. Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa

3. faktornya karena pemuda zaman sekarang menganggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai nilai yang terkandung didalamnya .Padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundang undangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa Indonesia

4. Untuk mendidik generasi muda agar menjadi generasi muda yang cerdas , namun memiliki jiwa pancasila ,dan memiliki moral yang baik
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

RAISSYA NABILA SYAKIRA 2206061013 གིས-
Raissya Nabila Syakira (2206061013)

1. Kedudukan pancasila sebagai penyelenggara negara serta kehidupan berbangsa dan bernegara, yang diartikan bahwa dengan adanya pancasila maka negara dan bangsa sudah mempunyai pedoman. Urgensi pendidikan pancasila bagi mahasiswa atau generasi muda adalah agar memiliki bekal untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, dan mempunyai pedoman dalam bertindak dan berpikir didalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan nilai-nilai pancasila

2. Hal yang paling pokok untuk dipelajari dari pendidikan pancasila guna menghadapai masa depan yaitu : Selalu taqwa kepada tuhan yang maha esa, saling meghormati antar umat beragama, tidak membedakan suku, ras dan agama, selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan, selalu adil dan mempertimbangkan segala keputusan yang telah dibuat dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Faktor penghambat : Saat ini pancasila sudah dianggap sebagai simbol ceremony tanpa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu semakin banyak ideologi dari luar yang masuk keindonesia yang semakin membuat pancasila tersingkirkan.
Faktor penunjang : Pendidikan pancasila sangat diperlukan untuk membentuk karakter mahasiswa yang bermoral, dan juga dapat memunculkan rasa nasionalisme.

4. Sebagai upaya membentuk karakter generasi muda untuk menciptakan moral yang baik serta memiliki jiwa pancasila
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

RIZKIA RAMADHANITA 2206061003 གིས-
NAMA : RIZKIA RAMADHANITA
NPM : 2206061003

1. =>Urgensi pendidikan Pancasila bagi mahasiswa adalah Untuk membangun suatu pemikiran yang tajam dan sadar akan terus dan kewajiban bermasyarakat dan bangsa, agar memilih pedoman atau kaidah penuntut dalam berfikir dan bertindak di kehidupan sehari-hari.

2. =>Hal yang paling pokok yang bisa kita ambil yaitu selalu menjaga etika, selalu mengingat Tuhan dalam setiap melangkah, menentukan apa yang baik untuk kita di masa depan, selalu menghargai pendapat orang lain dan selalu menjaga iman dan taqwa

3. =>Faktornya karena pemuda zaman sekarang menganggap Pancasila hanya sebagai simbol negara padahal Pancasila juga menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundang-undangan.

4. =>Relasi tujuan negara mencerdaskan bangsa untuk memiliki jiwa Pancasila< memiliki moral yang baik< dan mengingat kan ketakwaan keimanan kepada Tuhan yang maha esa
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Litaffina Haulina Wedya 2206061010 གིས-
Litaffina Haulina Wedya
2206061010

1. Pancasila bagi mahasiswa adalah sebagai bekal mahasiswa guna memahami hak dan kewajibanya seabgai warga negara. Selain itu melalui pendidikan pancasila dapat membentuk karakter, moral, prilaku dan adab bagi mahasiswa serta berjiwa nasionalisme terhadap dirinya, bangsa dan negara

2.Yang paling pokok dipelajari untuk tantangan dimasa depan ialah kita harus bersikap adil pada siapapun,tidak mementingkan diri sendiri , menghargai orang lain

3.Faktor penghambat : Saat ini pancasila sudah dianggap sebagai simbol ceremony tanpa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu semakin banyak ideologi dari luar yang masuk keindonesia yang semakin membuat pancasila tersingkirkan.
Faktor penunjang : Pendidikan pancasila sangat diperlukan untuk membentuk karakter mahasiswa yang bermoral, dan juga dapat memunculkan rasa nasionalisme.

4.Mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu mengembangkan potensi yang ada dalam peserta didik, meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

hottua simarmata 2206061005 གིས-
Hottua Gede Paskalin Simarmata
2206061005
1. Pancasila adalah ideologi yang menjadi pedoman seluruh warga negara Indonesia untuk berbangsa dan bernegara, pembentukan Pancasila merupakan pengembangan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Melalui pembentukan Pancasila, negara ingin membentuk tatanan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Relevansinya bagi pelajar atau generasi muda adalah masalah pendidikan pajak, masalah korupsi, masalah kemerosotan moral, masalah narkoba dan kurangnya hak dalam penegakan hukum.
2. Hal terpenting yang dapat dipelajari dari pembentukan Pancasila untuk menatap masa depan: selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saling menghormati antar umat beragama, tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama, selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan ,
selalu bersikap adil dan mempertimbangkan segala keputusan yang telah dibuat dan dapat diperhitungkan.
3. => Faktornya, pemuda masa kini menganggap Pancasila hanya sebagai lambang negara, padahal Pancasila juga merupakan dasar negara dan sumber segala peraturan perundang-undangan.
4. Memajukan kehidupan bangsa, yaitu pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik, peningkatan ketakwaan dan keimanan kepada Yang Maha Esa, berilmu, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Anita Pertiwi 2206061006 གིས-
Nama: Anita Pertiwi
NPM: 2206061006

1. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia, pancasila sebagai fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bahwa adanya Pendidikan Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter pribadi generasi muda. Pendidikan Kewarganegaraan diberikan kepada peserta didik supaya dapat menjadikan mereka warga Negara yang baik. Bagaimanakah pendidikan kewarganegaraan berperan dalam pembangunan dan pengembangan karakter dalam diri generasi muda, tentu dapat terjawab jika kontribusi yang diberikan pendidikan kewarganegaraan berhasil mengarahkan generasi muda saat ini untuk berpartisipasi mengusung karakter bangsa. Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu alat pasif untuk membangun dan memajukan sistem demokrasi suatu bangsa.

2. Menurut saya hal yang paling pokok dari pendidikan pancasila dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Manfaatnya dalam menghadapi masa depan untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa.


3. Faktor penghambat diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yaitu adanya mindset bahwa tidak ada kaitannya antara pendidikan Pancasila yang ada dengan matakuliah di setiap program dan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa dikarenakan dalam perguruan tinggi

Faktor penunjang diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah adanya pemikiran bahwasangat pentingnya pendidikan Pancasila selama berada di setiap jenjang pendidikan untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia.

4. Melalui pendidikan pancasila, mahasiswa program studi Administrasi Perkantoran diarapkan mampu memahami, menganalisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Muhammad firja tullah 2206061011 གིས-
Nama : muhammad firja tullah
NPM : 202206061011

1. Urgensi mata kuliah pendidikan pancasila bagi mahasiswa atau generasi muda adalah sebagai bekal mahasiswa guna memahami hak dan kewajibanya sebagai warga negara. Kesadaran perpajakan menjadi permasalahan utama bangsa karena uang dari pajak menjadi tulang punggung pembiayaan pembangunan di Indonesia.

2. Untuk menghadapi masa depan, berikut adalah beberapa hal pokok yang dipelajari dari pendidikan Pancasila : tidak bersifat egois dan selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu. Mau menghargai pendapat dan opini orang lain. Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa.

3. Karena pemuda pemuda zaman sekarang menggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila, padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa indonesia.

4. Peran pelajar dalam mendukung perwujudan salah satu tujuan negara yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa adalah mengikuti kegiatan belajar dengan serius guna menjadi sumber daya manusia dan anak bangsa yang cerdas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

AULIYA AGUSTIN གིས-
Nama: AULIYA AGUSTIN
Npm: 2206061007

1) Menurut saya pendidikan Pancasila bagi mahasiswa sendiri adalah mahasiswa dapat mempelajari tentang nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila, agar memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berfikir maupun bertindak serta mahasiswa diharapkan dapat mengamalkannya didalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai dari sila Pancasila.

2) Tidak mementingkan diri sendiri (egois), mampu menghargai opini orang lain, saling menghormati antar keberagaman ras, suku, agama dan budaya.

3) - Faktor penghambatnya adalah sebagian pemuda menganggap bahwa keberadaan Pancasila hanyalah sebagai simbol yang tidak memiliki makna ataupun nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Merekapun banyak yang menyepelekan hal tersebut sehingga mereka tidak menjadikan nilai dari Pancasila sebagai pedoman bagi hidup mereka.
- Faktor penunjangnya yaitu Pancasila sebagai Eksistensi bangsa Indonesia

4) Mahasiswa progam studi Administrasi Perkantoran harus mampu menjadikan pendidikan Pancasila sebagai kawah candradimuka pencetak kader bangsa yang menjadi penjaga dan penyebar nasionalisme, harus menguatkan proses pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa, dan harus mampu menangkal perkembangan paham radikalisme di kampus.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Suci Erly Suryani 2206061008 གིས-
NAMA : SUCI ERLY SURYANI
NPM : 2206061008

1. > Pancasila sangat penting dalam kehidupan di Indonesia, karena mencakup semua pedoman hidup bernegara dan berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indoensia dan membantu dalam mewujudkan cita-cita dan pencapaian bangsa.

> Diharapkan dengan pendidikan Pancasila, generasi muda dapat mengimplementasikan nilai dari sila Pancasila. Mengingat sekarang ini banyak generasi muda yang telah terpengaruh oleh globalisasi.

2. Hal yang paling pokok adalah mempelajari isi kandungan Pancasila beserta maknanya.

3. Faktor penghambat dan penunjang diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yaitu adanya mindset bahwa tidak ada kaitannya antara pendidikan Pancasila yang ada dengan mata kuliah di setiap program dan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa dikarenakan dalam perguruan tinggi, jurusan atau program studi yang dipilih oleh masing-masing mahasiswa sudah bersifat spesifik atau mengarah ke suatu disiplin ilmu tertentu, tidak seperti pendidikan pada bangku SD, SMP, dan SMK/SMK.

4. Relasi antara tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa dan tujuan pendidikan pancasila untuk mendidik generasi muda agar menjadi generasi muda yang cerdas , namun memiliki jiwa pancasila , dan memiliki moral yang baik. Pendidikan Pancasila juga sangat penting diterapkan di ilmu administrasi perkantoran sebagai cerminan orang kantoran yang berakhlak baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Nazwa Meisya Ananda 2206061015 གིས-
Nama: Nazwa Meisya Ananda
NPM: 2206061015

1. Menjadi bekal bagi mahasiswa untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan aspek tujuan untuk membentuk karakter, moral, perilaku, dan adab untuk mahasiswa agar berjiwa nasionalisme.

2. Mau mendengarkan dan menghargai pendapat dari orang lain, tidak egois dan mementingkan kebutuhan kelompok, dan juga menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. • Faktor penghambat diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yaituadanya mindset bahwa tidak ada kaitannya antara pendidikan Pancasila yang ada dengan matakuliah di setiap program dan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa dikarenakan dalam perguruan tinggi, jurusan atau program studi yang dipilih oleh masing-masing mahasiswasudah bersifat spesifik atau mengarah ke suatu disiplin ilmu tertentu, tidak seperti pendidikan pada bangku SD, SMP, dan SMK/SMK yang masih bersifat umum sehingga harus mempelajarisemua mata pelajaran yang ada dan mindset bahwa sudah cukup untuk mendapatkan pendidikan Pancasila pada bangku SD dan SMP sampai SMA/SMK sehingga pada saat beradadi perguruan tinggi tidak diperlukan lagi pendidikan Pancasila.

•Faktor penunjangdiberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah adanya pemikiran bahwasangat pentingnya pendidikan Pancasila selama berada di setiap jenjang pendidikan untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia.

4. Relasi antara pendidikan pancasila bertujuan untuk mendidik generasi muda agar menjadi generasi muda yang cerdas , namun memiliki jiwa pancasila ,dan memiliki moral yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Safira Hapsari 2206061017 གིས-

NAMA : SAFIRA HAPSARI

NPM : 2206061017


1.Sebagai nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila menjadi pedoman dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena negara Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan budaya, maka diperlukan alat pemersatu Keragaman tersebut.

Urgensi mata kuliah pendidikan pancasila bagi mahasiswa atau kaum muda adalah sebagai bekal mahasiswa untuk memahami hak dan kewajibanya sebagai warga negara.


2.-Tidak bersifat egois dan selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu.

-Mau menghargai pendapat dan opini orang lain.

-Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa.

-Mau adil kepada siapapun.

-Memiliki perilaku yang bermoral dan juga hormat kepada siapapun


3.Faktornya pemuda zaman sekarang menganggap pancasila sebagai simbol negara dan mulai melupakan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.Padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan peraturan peraturan perundang-undangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa Indonesia


4.Relasi antara tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa dan tujuan pendidikan pancasila adalah tidak lain untuk mendidik generasi muda agar menjadi generasi muda yang cerdas , namun memiliki jiwa pancasila ,dan memiliki moral yang baik

In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

DINI OLIVIA གིས-
Dini Olivia
2206061002

1.Urgensi mata kuliah pendidikan pancasila bagi mahasiswa atau kaum muda adalah sebagai bekal mahasiswa guna memahami hak dan kewajibanya sebagai warga negara. Kesadaran perpajakan menjadi permasalahan utama bangsa karena uang dari pajak menjadi tulang punggung pembiayaan pembangunan di Indonesia.

2.Untuk menghadapi masa depan, berikut adalah beberapa hal pokok yang dipelajari dari pendidikan Pancasila: Tidak bersifat egois dan selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu. Mau menghargai pendapat dan opini orang lain. Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa.

3.faktornya karena pemuda pemuda zaman sekarang menggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai-nila yang terkandung di dalam pancasila,padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa indonesia.

4.Peran pelajar dalam mendukung perwujudan salah satu tujuan negara yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa adalah mengikuti kegiatan belajar dengan serius guna menjadi sumber daya manusia dan anak bangsa yang cerdas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

Mey Halen Isabella གིས-
Nama : Mey Halen Isabella
NPM. : 2206061012



1. Melalui pendidikan Pancasila, negara dapat membentuk tatanan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila bagi mahasiswa atau generasi muda diantaranya: Masalah-Masalah korupsi,Masalah dekadensi moral,Masalah narkoba dan kurangnya keadilan dalam penegakan hukum

2. Tidak selalu mementingkan kepentingan sendiri, Mau menghargai opini orang lain, Menjaga iman dan juga ketakwaan kita terhadap Ketuhanan Yang Maha esa

3. Banyaknya masyarakat zaman sekarang yang menganggap pancasila hanya sebagai simbol negara dan sehingga melupakan atau bahkan tidak paham dengan nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Sedangkan pancasila merupakan dasar negara juga sumber dari segala hukum dan perundang undangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa Indonesia

4. Supaya melahirkan generasi muda yang cerdas dan memiliki jiwa pancasila juga moral yang baik
In reply to Mey Halen Isabella

Re: Forum Analisis Soal

Belva Egalita 2206061009 གིས-
Nama : Belva Egalita
Npm : 2206061009

1.Adanya pendidikan pancasila mmpu menumbuhkan kesadaran pada pribadi generasi muda dalam berpegang teguh pada kebudayaan yang sesuai dengan kaidah pencasila. sehingga generasi muda mempu membaa perubahan bagi bangsa indonesia menuju kearah yang lebih baik

2. Tidak berifat egois, selalu mementingkan kepentingan kelompok terlebih dahulu, mau menghargai orang lain dan menjaga iman dan juga ketakaan kita terhadap kuhan yang maha esa

3. faktor penghambat diberlakukannya pendidikan pancasila di perguruan tinggi yaitu adanya mindset baha tidak ada kaitannya antara pendidikan pancasila yang ada dengan mata kuliah di etiap program dan jurusan yang ditempuh oleh mahasisa dikarenakan dalam peruruan tinggi juruan atau program studi yang dipilih oleh masing-masing mahasisa sudah bersifat spesifik atau mengarah ksuatu disiplin ilmu tertentu, tidak seperti pendidikan SD, SMP, SMA/SMK yang masih bersifat sehingga harus mempelajri semua mat pelajran yang ada dan mindset bahwa sudah cukup untuk mendapatkan pendidikan pancasila pada bangku SD,SMP,SMA/SMK sehingga pada saat berada diperguruan tinggi tidak diperlukan lagi pendidikan pancasila.

4.Untuk mendidik generasi muda gar menjadi generasi muda yang cerdas, namun memiliki jiwa pancasila dan memiliki moral yang baik.