Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Jumlah balasan: 34
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Reza Rafli Fahlendi -
Nama: Reza rafli Fahlendi
NPM: 2215061049
Kelas: PSTI A

Analisis jurnal: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Untuk menguji pengaruh Pancasila dalam menyikapi iptek, dilakukan sebuah penelitian yang sampelnya berasal dari mahasiswa. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media. Maka dari pada itu, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila sangat diperlukan sebagai penyaringan untuk menghindari dampak negatif dari ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Raihan Maulana -
Nama: Raihan Maulana
NPM: 2255061002
Kelas: PSTI A

Di era globalisasi, banyak aspek yang mengalami perkembangan, salah satunya IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan negara. Laju perkembangan IPTEK semakin hari semakin pesat dikarenakan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Perkembangan IPTEK memiliki dampak positif dan dampak negatif, untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan, kita dapat berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan sehingga pedoman ini dapat menjadi penyaring/filter dalam menerima dampak perkembangan IPTEK.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Fannisa Nurhaffifi -
Nama : Fannisa Nurhaffifi
NPM : 2215061009
Kelas : PSTI A

Judul Jurnal
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Rangkuman Jurnal
Era globalisasi membawa kemajuan di berbagai aspek-aspek kehidupan seperti di bdang politik, bidang ideologi, bidang ekonomi dan sosial budaya. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu waktu, ruang yang dipersempit dan waktu yang dipersingkat. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Saat ini aspek kehidupan berkembang dengan pesat, perkembangan tersebut seiring dengan perkembangan pendidikan dari tradisional menjadi modern, secara tidak langsung perkembangan tersebut mendorong masyarakat kearah globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Mata kuliah Pancasila merupakan pelajaran yang penting karena memberikan pedoman kepada mahasiswa untuk mengkaji dan memecahkan masalah. Data sejarah menunjukkan adanya pemberontakan dan perpecahan nilai pancasila selalu yang di kedepankan untuk menyelesaikannya, oleh karena itu nilai Pancasila perlu dilestarikan khususnya lewat proses pembelajaran secara formal. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi diharapkan untuk terciptanya pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji dan menyelesaikan masalah. Sikap yang mencerminkan Pancasila seharusnya terdiri dari komponen kognitif yang umumnya berkaitan dengan perilaku yang cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai serta emosi yang menyebabkan respon-respon yang konsisten. Sikap tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu objek, sikap mempunyai segi-segi motivasi dan segi-segi perasan, sifat alamiah yang membedakan sikap dan kemampuan lainnya. Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu menjadi bagian penting mendorong perkembangan suatu negara. Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, yang disertai dengan usaha untuk mewujudkan tercapainya kebutuhan manusia.

Kelebihan Jurnal
Menurut saya kelebihan dari jurnal Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi penjelasan yang Panjang dan jelas tentang globalisasi dan berdasarkan sumber yang jelas. Penjelasan tentang sikap yang bersumber dari para ahli membuat jurnal ini sangat mengedukasi para pembaca.

Kelemahan Jurnal
Menurut saya kekurangan jurnal Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi penjelasannya menggunakan Bahasa yang baku yang menyebabkan tidak semua orang mengerti. Kurang nya penjelasan tentang hubungan antara IPTEK dan Pancasila.

Saran
Saran (pembahasan menggunakan Bahasa yang dimengerti semua orang dari rentang usia muda hingga tua supaya jurnal dapat mengedukasi banyak orang)
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Putu Dewi Andriani -
Nama : Putu Dewi Andriani
Npm : 2215061033
Kelas : PSTI A

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Di era ini, banyak aspek yang menyebabkan suatu perubahan dan perkembangan secara global yang berlangsung melalui 2 dimensi, yaitu ruang dan waktu, disebut globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapay menghilangkan berbagai halangan yang bisa menyebabkan dunia semakin terbuka, lalu menimbulkan perspektif baru yang mana bisa berdampak baik dan juga buruk. Berkembangnya segala aspek kehidupan juga beriringan dengan kemajuan teknologi, yang lagi lagi juga memberikan perubahan yang begitu besar.
Melihat kenyataan pada masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan Pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu pada nilai nilai luhur. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan Kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
IPTEK selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara yang disebabkan oleh tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di segala bidang. Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.
Berdasarkan penelitian dari jurnal, menyimpulkan bahwa secara umum responden mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, juga membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik. Perkembangan IPTEK yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis serta banyak hal positif lainnya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ivan Alif Hadrian -
Nama : Ivan Alif Hadrian
NPM : 2215061057
Kelas : PSTIA

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) selalu menjadi bagian terpenting terhadap kemajuan sebuah bangsa. Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi, globalisasi mendorong adanya berbagai perubahan yang berlangsung. Globalisasi berpengaruh terhadap perkembangan teknologi, dengan berkembangnya teknologi menyebabkan perubahan yang
besar terhadap peradaban dan kebudayaan manusia.
pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi tetapi bukan seperti itu yang sebenarnya terjadi melaikan masyarakat yang terpengaruh perkembangan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Kita sebagai generasi muda harus tetap menjaga kepribadian bangsa dalam mengatasi tantangan perkembangan IPTEK dan bisa menyeleksi dampak buruk yang akan merusak bangsa Indonesia. Kita harus tetap berpegang teguh terhadap pancasila sebagai dasar Negara dengan melakukan hal tersebut dapat membantu perkembangan dan kemajuan Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Pandega Triyo Nobily -
Nama : Pandega Triyo Nobily
Kelas  : PSTI A
NPM   : 2215061105

Banyak aspek yang berkembang secara signifikan di era globalisasi. Perkembangan yang terjadi dapat membawa kemajuan pada setiap aspek yang terdampak. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan (baik dan buruk) yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.
Menurut hasil survey pada jurnal dapat diketahui bahwa secara umum responden dalam penelitian tersebut memiliki pengembangan kepribadian Pancasila dan dapat menyikapi perkembangan iptek dengan baik.  Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila, sehingga mahasiswa dapat menggunakan teknologi yang sedang berkembang dengan baik dan penuh tanggung jawab. Responden dalam
penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini, sehingga perkembangan iptek dapat membawa hal positif yang berguna untuk bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Amalia Rizki Puspadewi -
Nama : Amalia Rizki Puspadewi
NPM : 2215061081
Kelas : PSTI A

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Maka dari itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Melihat kenyataan dalam kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalammasyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Maka Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat menempatkan diri dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Pancasila disini berperan sebagai filter dalam menyaring perkembangan dan digunakan dalam menghadapi arus globalisasi agar jiwa kepribadian bangsa indonesia tetap tertanam di dalam diri mahasiswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Raden Nang Arif Asir -
Raden Nang Arif Asir
2215061097
PSTI A

Judul Jurnal
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Rangkuman Jurnal
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi) Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Haikal Batubara -
Nama: Muhammad Haikal Batubara
NPM: 2255061010
Kelas: PSTI A

Berdasarkan hasil yang telah saya baca dapat disimpulkan:

Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" kita perlu tahu bahwa sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten). Kemudian Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34) adalah: Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu. Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: (1) Menerima (receiving) Menerima diartikan bahwa orang (subyek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (obyek), (2) Merespon (responding) Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi sikap
karena dengan suatu usaha untuk
menjawab pertanyaan atau mengerjakan
tugas yang diberikan.
Perkembangan globalisasi selain berdampak posititf, tidak memungkiri untuk menimbulkan dampak negatif pula, terkhusus untuk generasi muda sebagai pengguna dengan sekala terbesar. Dengan itu pendidikan adalah salah satu kunci untuk menghindari atau menekan dampak dampak negatif yang di timbulkan oleh perkembangan globalisasi dan teknologi informasi. Pendidikan pancasila adalah salah satu pendidikan wajib yang memberikan pelajaran dengan nilai nilai pancasila yang terimplementasikan di dalamnya. pendidikan pancasila memberikan pengarahan, pedoman, pemecahan masalah, pemeersatu perbedaan dan masih banyak lagi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Abid Maisen -
Nama : Abid Maisen
Npm : 2215061069
Kelas : PSTI A

Teknoogi informasi dan komunikasi merupakan faktor pendukung utama dalam perkembangan aspek-aspek globalisasi. Perkembangan aspek-aspek di era globalisasi membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang terdampak globalisasi. Dalam era globalisasi salah satu bagian terpenting yang mendorong perkembangan sebuah negara adalah Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Laju perkembangan iptek semakin pesat dikarenakan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang diberbagai bidang. Contohnya merupakan bidang pendidikan. pendidikan yang masih tradisional dulu membutuhkan buku sebagai sumber pengetahuan dan ilmu, namun sekarang di zaman modern telah muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan masyarakat. kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dan memberikan dampak terhadap pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. Jika dikaitkan dengan ideologi yang diaut oleh indonesia yakni pancasila, maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh, melainkan masyarakatnya yang akan memberikan pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila yang tergantung bagaimana masyarakat sebagai pennganut pancasila dalam menyikapi perkembangan teknologi tersebut.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Annisa Ramadhanti Irawan -
Annisa Ramadhanti Irawan
2215061013
PSTI A

Analisis Jurnal
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu.
Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep «Dunia Tanpa Tapal Batas» yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya dari buku, hal tersebut juga masih mempunyai kendala yaitu tidak semua orang bisa mendapatkan buku yang harganya relative mahal. Namun, sekarang pada tingkat yang lebih modern telah muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan masyarakat.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada manusia segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila.
Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Haikal Algivari -
Nama : Haikal Algivari
NPM : 2215061093

Pada era globalisasi saat ini, semua bidang kehidupan terpengaruh oleh adanya globalisasi, seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain. Perkembangan IPTEK merupakan salah satu faktor utama terjadinya globalisasi tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia harus mengikuti perkembangan IPTEK agar kita tidak tertinggal dari bangsa-bangsa yang lain. Walaupun begitu, kita sebagai rakyat Indonesia tetap harus bijak dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang sangat cepat tersebut. Dengan begitu, diperlukan Pancasila sebagai pedoman dalam mengikuti dan mengembangkan IPTEK. Dengan adanya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, kita dapat menghadapi segala perkembangan tersebut dengan berpedoman pada nilai-nilai dan etika yang ada. Tanpa adanya Pancasila sebagai sistem etika bangsa Indonesia, kita tidak dapat menyaring perkembangan IPTEK yang ada sehingga pengaruh buruk dari IPTEK itu sendiri dapat merugikan dan berdampak negatif untuk kita bangsa Indonesia. Apalagi bagi kita para mahasiswa yang dipandang sebagai kaum yang terpelajar oleh masyarakat. Kita sebagai mahasiswa harus dapat menyeleksi dan memilah semua informasi yang ada agar dapat kita gunakan untuk pengembangan IPTEK. Dengan mempelajari Pancasila, mahasiswa dapat mengetahui pedoman-pedoman dalam bersikap terhadap globalisasi yang terjadi sehingga kita dapat menyeleksi dan memilah segala informasi yang ada dan menggunakan informasi tersebut untuk pengembangan IPTEK.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Nadifah Isma Aulia -
Nadifah Isma Aulia
2215061045
PSTI A

Analisis jurnal:
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Naris Putera Munggaran -
Nama : Naris Putera Munggaran
NPM : 2215061077
Kelas : PSTI A

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden penelitian ini secara umum memiliki perkembangan kepribadian Pancasila yang baik. Sebagai generasi muda pelajar, kita harus menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara, agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Perkembangan teknologi begitu pesat sehingga segala informasi dengan bentuk dan kepentingan yang berbeda-beda dapat tersebar luas ke seluruh penjuru dunia. merupakan faktor pendukung terpenting dalam globalisasi. Perkembangan teknologi begitu pesat sehingga setiap informasi dapat tersebar luas di seluruh dunia dengan berbagai bentuk dan kepentingan. Secara otomatis perkembangan ini menuntut globalisasi masyarakat. Perkembangan teknologi ini telah banyak mengubah kehidupan manusia dengan seluruh peradaban dan kebudayaannya. Saat ini di Indonesia kita dapat melihat seberapa besar pengaruh perkembangan teknologi terhadap aspek pendidikan di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Dengan ideologi yang dianut dari Indonesia yaitu Pancasila. Bukan Pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi, melainkan masyarakat itu sendiri.Baik atau buruknya pengaruh Pancasila tergantung bagaimana masyarakat menyikapi perkembangan teknologi informasi sebagai pendukung ideologi Pancasila Teknologi memudahkan masuknya berbagai Perusahaan. pengaruh eksternal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yang disesuaikan dengan agama dan tidak dapat digantikan oleh ideologi sekularisme, yang tidak selalu bersahabat dengan agama, sehingga perlu membangkitkan kesadaran kolektif bangsa untuk mengembalikan status hakiki dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, khususnya mahasiswa, melalui Mata Kuliah Pembinaan Kepribadian Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Salsabila Azky Quri'al Qur'ani -
Nama: Salsabila Azky Q.Q.
NPM: 2215061021
Kelas: PSTI A

Analisis jurnal: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Di era globalisasi, terdapat aspek-aspek yang mengalami perkembangan signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak dari globalisasi. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya.
Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Perlunya melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media. Pengaktualisasi Pancasila khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dapat dilakukan dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Alexis Ronauli Manurung -
Nama : Alexis Ronauli Manurung
NPM : 2215061109
Kelas : PSTI A

Judul jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Penulis : Mursyidah Dwi Hartati, Ponoharjo, Mohamad Khamim
Rangkuman jurnal : Banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang mendapat dampak adanya globalisasi. Globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia sehingga munculnya berbagai kemungkinan dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain dengan perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima masyarakat yang mungkinn saja akan mempengaruhi perkembangan budaya. Kemajuan teknologi juga menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Maka dari tahu untuk mengetahui pengaruh Pancasila dalam pengembangan iptek. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media. Dari hasil perhitungan analisis regresi sedehana dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017. Besarnya nilai koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,282 atau 28,2 %. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 28,2 % variabel menyikapi perkembangan Iptek pada penelitian ini dapat diterangkan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila sedangkan sisanya yaitu 71,8 % (100% - 28,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Intan Aulia Anbaku Kunda -
Nama: Intan Aulia Anbaku Kunda
NPM: 2215061121 (PSTI A)
Hari/Tanggal: Kamis/17 November 2022
Pertemuan: Pekan 13

ANALISIS JURNAL
MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN PANCASILA
Dosen: Roy Kembar Habibi, M.Pd.

Judul Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

1. Isi Jurnal
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Di era globalisasi, perkembangan merupakan hal yang tak dapat dihindari. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan, tak terkecuali dari segi teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan tersebut tentunya merupakan hal baik yang meninggalkan banyak manfaat dan kemajuan bagi kehidupan di berbagai belahan dunia. Namun, untuk menghindari terjerumusnya masyarakat dari berbagai kemungkinan buruk, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mesti disikapi dengan baik untuk membentengi masyarakat dari penyalahgunaan, baik perangkat IPTEK, maupun konten-konten yang tersebar akibat arus globalisasi. Maka dari itu, perlu adanya kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dari mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Pancasila meruakan warisan luas biasa dari pendiri bangsa yang mengacu pada nilai-nilai luhur. Dengan demikian, kemajuan teknologi harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab dengan memanfaatkan IPTEK sebagai media yang mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan, serta penunjang komunikasi maupun aktivitas sehari-hari lainnya.

2. Kelebihan Jurnal
Identitas jurnal tersaji dengan baik dengan penulisan yang sesuai dengan tata cara penulisan jurnal pada umumnya. Informasi yang ada di dalam jurnal disampaikan dengan lugas melalui bahasa yang mudah dipahami. Pengenalan tentang sikap disampaikan secara rinci dan hati-hati, begitu pula dengan penelitian yang dijabarkan dengan jelas dan ringkas. Opini yang dilontarkan dibentengi dengan fakta berupa data terpercaya dengan mencantumkan sumber yang jelas sebagai referensi.

3. Kelemahan Jurnal
Terdapat kesalahan tulisan di beberapa kata dalam jurnal, serta kata asing yang tidak diberi keterangan arti. Pembahasan mengenai sejarah lahirnya Pancasila agak jauh dari topik yang ada pada judul jurnal sehingga isi jurnal lebih fokus pada sejarah terbentuknya dasar negara dibandingkan implementasi Pancasila sebagai ideologi negara dan nilai-nilai keseimbangan dalam upaya pembangunan hukum di Indonesia.

4. Saran
Dalam menulis jurnal hendaknya memperhatikan penulisan dengan teliti sehingga tidak ada kata yang keliru serta aturan penulisan yang sesuai dengan kaidah. Hindari penggunaan kata yang berulang sebab menimbulkan kesan yang bertele-tele ketika dibaca, terutama di bagian pendahuluan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dimas Kurnia Putra -
Nama : Dimas Kurnia Putra
NPM : 2215061005
Kelas : PSTI A

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain.
Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Nilai-nilai Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran secara akademik untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Jena Feronika -
Nama : Jena Feronika
NPM : 2215061037
Kelas : PSTI-A

Judul Jurnal :
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Isi Jurnal :
Hasil penelitian membuktikan bahwasanya responden pada penelitian ini mengalami perkembangan kepribadian pancasila yang baik. hal Ini tercermin dalam tokoh-tokoh kunci hasil survei dengan lebih dari 80 poin.Menurut siswa yang diwawancarai, kita perlu memiliki sikap hidup yang jujur, rasa toleransi yang tinggi atas perbedaan ras dan agama, serta pemahaman yang mendalam dalam pancasila. Pendidikan pancasila penting bagi Kehidupan sosial dan harus ditetapkan sejak dini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa responden Penelitian ini dapat mengatasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik dan tanggung jawab. Perkembangan IPTEK yang terjadi dimanfaatkan oleh para responden untuk mempermudah proses belajar mengajar, berbisnis, berkomunikasi, bekerja, dll.

Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Pancasila perlu diaktualisasikan khususnya pada generasi muda untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK, serta dapat menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif bagi Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ahmad Fairuz Rizky Gani -
Nama : Ahmad Fairuz Rizky Gani
NPM : 2215061029
Kelas : PSTI A

Judul Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh JUNDAN MAHARDHIKA -
Jundan Revito Mahardhika
PSTI A
2215061053

Analisis jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata kuliah Pendidikan Pancasila adalah pedoman untuk setiap manusia yang tinggal di Indonesia untuk memecahkan permasalahan yang ada agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pada jurnal ini dibahas tentang penelitian pengembangan kepribadian Pancasila yang dilakukan terhadap ratusan mahasiswa. Hasil yang didapatkan adalah para mahasiswa memiliki sikap pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Selain itu mahasiswa menyikapi perkembangan Pancasila dengan baik. Oleh karena itu, mahasiswa harus menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dengan memperkuat kepribadian bangsa dalam diri mereka agar mereka terhindar dari budaya budaya dari luar yang berpengaruh negatif dan buruk bagi perkembangan generasi muda selanjutnya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Annisa Tri Hapsari -
Nama: Annisa Tri Hapsari
NPM: 2215061025
Kelas: PSTI A

Jurnal Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini menjelaskan tentang beberapa aspek yang mengalami kemajuan dalam era globalisasi. Salah satu aspek yang mengalami kemajuan adalah IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Perkembangan IPTEK terjadi dikarenakan bertambahnya kebutuhan masyarakat dalam berbagai macam bidang. Perkembangan IPTEK harus dapat diikuti oleh seluruh masyarakat agar tidak tertinggal. Namun, masyarakat harus mampu memilah perkembangan yang patut untuk diikuti dan tidak pantas untuk diikuti karena perkembangan IPTEK memiliki dampak yang positif dan juga negatif. Pancasila harus dijadikan dasar yang digunakan untuk menentukan baik tidaknya perkembangan IPTEK yang terjadi. Perkembangan IPTEK yang memiliki dampak positif adalah perkembangan yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dimulai dari sila ke-1 sampai dengan sila ke-5. Perkembangan IPTEK yang baik juga harus di sesuaikan dengan norma yang berlaku di negara kita, Indonesia. Sedangkan, ketika perkembangan yang terjadi tidak sesuai dengan nilai Pancasila dan norma yang berlaku, maka dapat dipastikan Perkembangan tersebut berdampak negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Habib Pandya -
Nama : Habib Pandya
NPM : 2215061073
Kelas : PSTI A

Judul jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

di era globalisasi banyak sekali aspek yang mengalami perubahan yang sangat terlihat. Perubahan ini juga memberikan efek yang besar tehadap dunia pendidikan. Pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspekpendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat kota maupun desa. Kemajuan teknologi seperti telepon dan televisi, bahkan internet tidak hanya melanda masyarakat kota, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat di pelosok desa. sehingga, segala informasi yang bernilai positif ataupun negatif, dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan penyebaran informasi yang mudah ini, maka banyak oknum yang kemungkinan menyebarkan berita palsu untuk memperkeruh bangsa . maka dari itu, sebagai mahasiswa yang di haruskan untuk dapat menganalisis dan menyelesaikan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ahmad Aqil Al Falah Aqil -
Analisis jurnal

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Nama : Ahmad Aqil Al Falah
NPM : 2255061018
PSTI A


Perkembangan aspek di era globalisasi membawa segala dampak globalisasi. Di era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembangunan negara. Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat karena tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Misalnya bidang pendidikan. Dalam pendidikan tradisional sekalipun, buku sangat dibutuhkan sebagai sumber ilmu dan informasi, namun di zaman modern ini telah muncul internet yang menyediakan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Perkembangan teknologi tersebut menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dan mempengaruhi cara hidup dan berpikir masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan. Jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia atau Pancasila, maka inti permasalahannya adalah apakah perkembangan teknologi informasi mempengaruhi nilai-nilai Pancasila yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Sebenarnya bukan tentang Pancasila, tapi tentang orang-orang yang memiliki pengaruh baik atau buruk dalam Pancasila, yang tergantung bagaimana masyarakat sebagai pendukung Pancasila menyikapi perkembangan teknologi ini.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Nur Fitri Rahmadanti -
Nama: Nur Fitri Rahmadanti
NPM: 2215061001
Kelas: PSTI A

Analisis jurnal yang berjudul Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Dalam perkembangannya globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas" yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
Tujuan IPTEK yang tercipta untuk mengatasi masalah yang timbul dari era globalisasi ini adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.

Maka kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan jurnal tersebut adalah kita sebagai mahasiswa yang dituntut untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. Dalam penerapannya, Pancasila merupakan dasar utama yang menjadi tiang atas keputusan - keputusan yang akan diambil oleh para generasi muda dalam melakukan sebuah kebijakan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh ALYA ANANDA PUTRI -
Nama : Alya Ananda
Npm : 2215061041
Kelas : PSTI A

Analisis jurnal : pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi

Pendidikan Pancasila adalah sebuah pelajaran yang mengajarkan setiap orang untuk mengkaji, menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dari perspektif nilai-nilai inti Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Pancasila memiliki dasar-dasar yaitu: Landasan filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamirkan setelah Perang Dunia Kedua, dunia mengalami konflik antara ideologi kapitalisme dan ideologi komunisme. Memperkokoh pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui kebangkitan nilai-nilai
Sebagai dasar pancasila sebagai standar dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu menjadi bagian terpenting dari pembangunan negara. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat karena adanya tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang juga berkembang di berbagai bidang. Menurut mahasiswa yang diwawancarai, dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa harus memiliki sikap jujur, toleransi yang tinggi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu, Pendidikan Pancasila penting dan diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Dzikri Rofa -
Nama: Muhammad Dzikri Rofa
NPM: 2255061022
Kelas: PSTI A

JUDUL : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013): (1) Dasar Filosofis; Pertentangan ideologi kapitalisme dan komunisme telah menimbulkan ‘perang dingin’ yang dampaknya terasa di seluruh dunia. Namun para pendiri negara Republik Indonesia mampu melepaskan diri dari tarikan-tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut, dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische grondslag) pada sebuah konsep filosofis yang bernama Pancasila. (2) Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi budaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu. (3) Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sila-sila Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 secara filosofis-sosiologis berkedudukan sebagai Norma Dasar Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis sebagai Dasar Negara Indonesia.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk : Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Secara garis besar sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten). Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34) adalah: Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu. Sikap tidak berdiri sendiri, tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu obyek. Dengan kata lain sikap itu terbentuk, dipelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu obyek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas. Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: (1) Menerima (receiving) Menerima diartikan bahwa orang (subyek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (obyek), (2) Merespon (responding) Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, (3) Menghargai (valuing) Mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan dengan orang lain terhadap suatu masalah, (4) Bertanggung jawab (responsible) Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Andreas Pujo Santoso -
Nama : Andreas Pujo Santoso
NPM : 2215061101
Kelas : PSTI A

Di era globalisasi, banyak aspek yang mengalami perkembangan yang sangatt drastis. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. at tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Andika Maulidian Pratama -
Nama: Andika Maulidian Pratama
NPM: 2215061065
Kelas: PSTI A

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu:
1. Dasar Filosofis
2. Dasar Sosiologis
3. Dasar Yuridis
Dengan begitu tujuan yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh MUHAMMAD DANU SETA WIARDANA -
Nama : Muhammad Danu Seta Wiardana
NPM : 2215061085
PSTI A

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu.

Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri.

Data sejarah menunjukan bahwa setiap kali ada upaya perpecahan atau pemberontakan oleh beberapa kelompok masyarakat, maka nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali. Bangsa Indonesia yang plural secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila.

Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi
nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu artinya sikap adalah sekumpulan respon yang konsisten terhadap obyek sosial. Dalam buku Notoatmodjo mengemukakan bahwa sikap adalah merupakan reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap stimulus atau obyek. Menurut Eagle dan Chaiken dalam buku A. Wawan dan Dewi M. mengemukakan bahwa sikap dapat diposisikan sebagai
hasil evaluasi terhadap obyek sikap yang diekspresikan ke dalam proses-proses kognitif, afektif dan perilaku.

Dengan kata lain sikap itu terbentuk, dipelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu obyek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas. Sikap mempunyai segi-segi motivasi dan segi-segi perasaan, sifat alamiah yang membedakan sikap dan kecakapan- kecakapan atau pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki orang. Menerima diartikan bahwa orang mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan , Merespon Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi sikap karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Zabrina Talitha Anindya -
Nama : Zabrina Talitha Anindya
NPM : 2215061017
Kelas : PSTI A

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Rangkuman Isi :
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikanpedoman kepada setiap insan untukmengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. secara garis besar sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten).

Untuk menjawab permasalahan dalam penelitin ini yaitu bagaimana pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan Iptek pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017, maka peneliti akan menganalisis dengan menggunakan teknik statistik analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS Ver. 19. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Kevin Gantama -
Nama : Kevin Gantama
Npm: 2215061133
Kelas : PSTI-A

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pada era saat ini, banyak aspek yang menyebabkan suatu perubahan dan perkembangan secara global yang berlangsung melalui 2 dimensi, yaitu ruang dan waktu, disebut globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapay menghilangkan berbagai halangan yang bisa menyebabkan dunia semakin terbuka, lalu menimbulkan perspektif baru yang mana bisa berdampak baik dan juga buruk. Berkembangnya segala aspek kehidupan juga beriringan dengan kemajuan teknologi, yang lagi lagi juga memberikan perubahan yang begitu besar.
Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.

Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini, sehingga perkembangan iptek dapat membawa hal positif yang berguna untuk bangsa Indonesia.Kita sebagai generasi muda harus tetap menjaga kepribadian bangsa dalam mengatasi tantangan perkembangan IPTEK dan bisa menyeleksi dampak buruk yang akan merusak bangsa Indonesia. Kita harus tetap berpegang teguh terhadap pancasila sebagai dasar Negara dengan melakukan hal tersebut dapat membantu perkembangan dan kemajuan Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Harry Bonardo Situmorang -
Nama : Harry Bonardo Situmorang
NPM : 2215061089
Kelas : PSTI A

Jurnal Perkuliahan : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Di era globalisasi, banyak aspek yang mengalami perkembangan yang sangatt drastis. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. at tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Pendidikan Pancasila adalah sebuah pelajaran yang mengajarkan setiap orang untuk mengkaji, menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dari perspektif nilai-nilai inti Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Pancasila memiliki dasar-dasar yaitu: Landasan filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamirkan setelah Perang Dunia Kedua, dunia mengalami konflik antara ideologi kapitalisme dan ideologi komunisme. Memperkokoh pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui kebangkitan nilai-nilai.

Maka dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa kita perlu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek dan juga bisa menghindari pengaruh buruk yang terdapat dalam kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan tidak berdampak negatif kepada masyarakat khususnya diri sendiri dan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek dapat berpengaruh positif yaitu bisa membantu pembangunan dan perkembangan bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Linda syahrun Putri -
nama : linda syahrun putri
kelas : psti a
npm : 2215061129

analisis jurnal : pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi

mata kuliah pendidikan pancasila adalah mata kuliah yang memberikan arah tujuan pada moral dan diharapkan dapat terealisasi di kehidupan bermasyarakat setiap hari. Yakni tingkah laku yang memperlihatkan iman serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (keyakinannya masing-masing), bertingkah-laku kerakyatan dengan selalu mendahulukan kepentingan umum. Tujuan pendidikan Pancasila menjadi sebuah sarana dalam mengerti, memahami, serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia. diadakannya mata kuliah pancasila di perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah masalah pembangunan bangsa dan negara. nilai pancasila perlu di lestarikan khususnya lewat pembelajaran di dunia perkuliahan. sikap yang mencerminkan pancasila seharusnya terdiri dari komponen kognitif yang umumnya berkaitan dengan prilaku yang cenderung menyebabakn respon yang konsisten. melihat kenyataan pada mahasiswa sebenarnya bukan pancasila yg terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Generasi muda adalah generasi penerus perjuangan bangsa, oleh karena itu sangat perlu apabila dalam diri pribadi mereka ditanamkan nilai-nilai budaya bangsa yang telah diyakini kebenarannya, diterima, diikuti, dibela dan diperjuangkan selama ini. Nilai yang dimaksud adalah yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, yang meliputi nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Tanpa ada proses sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, maka nilai-nilai luhur Pancasila tidak akan dikenalnya, bahkan akan diabaikannya.

kelebihan jurnal :
menurut saya jurnal pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknolgi, memiki penjelasan yang lengkap dan mudah di mengerti sehingga para pembaca dapat dengan mudah memahami jurnal tersebut.

kelemahan jurnal :
menurut saya kekurangan jurnal pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, mnggunakan bhasa yang terlalu baku sehingga para mahasiswa zaman sekarang beberapa mungkin ada yang tidak paham terhadap penggunaan kaliamat baku