Tata Laksana Perkuliahan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tabik pun...

Apa kabar rekan-rekan mahasiswa yang kami banggakan di mana pun Anda berada. Selamat datang, selamat bergabung di perkuliahan Mata Kuliah Stilistika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Berbeda dengan perkuliahan selama ini yang dilakukan secara tatap muka, pandemi Covid-19 memaksa kita untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Khusus di lingkungan Universitas Lampung, perkuliahan daring dilaksanakan melalui learning management system (LMS) yang dimiliki kampus yaitu vclass.unila.ac.id.

Di bagian awal ini, kami mengingatkan kepada rekan-rekan untuk dapat mengisi data sesuai dengan informasi awal yang telah tertulis di atas. Hal itu menjadi penting agar data yang terekam dapat mudah kami maksimalkan, sekaligus menjadi acuan bagi kami untuk mengenal dan melihat performa rekan-rekan selama perkuliahan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah tata laksana perkuliahan daring yang akan kita lakukan selama 16 kali pertemuan. Pada tampilan vclass.unila.ac.id yang telah rekan-rekan buka, tersedia sejumlah materi yang telah siap untuk didisukusikan bersama di kelas.

Penting untuk di perhatikan bersama, berikut beberapa aktivitas yang wajib rekan-rekan lakukan.

  1. Dalam setiap pertemuan yang telah dibuat, rekan-rekan wajib melakukan absensi di tautan yang telah disediakan sebagai bukti hadir setiap pekan perkuliahan.
  2. Seluruh mahasiswa diwajibkan melakukan diskusi. Aktifitas yang dilakukan dapat berupa bertanya, menjawab, bahkan menyanggah pendapat rekan-rekan lainnya. Setiap aktifitas diskusi atau unggahan yang rekan-rekan berikan akan mendapatkan poin dengan rentang 0-100. Misal, jika si A menjawab dengan baik hanya satu kali mendapatkan nilai 90 maka itulah nilai akhir diskusi yang didapatkan. Lain hal dengan si B yang menjawab dengan sempurna dengan nilai 80 namun memberikan sanggahan pendapat dan mendapat poin 100. Maka nilai akhir si B adalah akumulasi dari nilai (80+100)/2 yaitu 90.
  3. Kerjakan tugas yang diberikan di tiap pertemuan yang ada. Tugas ini merupakan evaluasi dari materi yang dibahas di setiap pertemuan.
  4. Masa aktif diskusi dan tugas berlangsung selama empat hari sejak jadwal perkuliahan. Artinya selama empat hari tersebut, rekan-rekan dapat berdiskusi berupa melempar tanya, menjawab atau menyanggah pernyataan dosen dan rekan mahasiswa lainnya. Serta mengumpulkan tugas di kolom yang telah disediakan di tiap pertemuan.
  5. Kuis umumnya akan diberikan di pertemuan ke-4 dan ke-12. Jika telat mengikuti kuis maka nilai tersebut akan diisi angka 0.
  6. UTS dan UAS wajib diikuti seluruh mahasiswa tanpa terkecuali pada waktu yanh telah ditentukan oleh pihak fakultas, ketidakhadiran dengan alasan spesifik dapat dibicarakan dengan dosen pengampu.
  7. Nilai akhir dan nilai tiap per pertemuan dapat kalian lihat di menu grade. Bahkan hingga di akhir pertemuan, rekan-rekan mahasiswa dapat melihat langsung angka dan huruf mutu dari pertemuan mata kuliah umum Pendidikan Bahasa Indonesia.

Demikian beberapa hal yang perlu menjadi perhatian rekan-rekan mahasiswa. Diharapkan rekan-rekan mahasiswa dapat memahami dan mengikuti perkuliahan ini dengan penuh tanggung jawab. Salam hormat dari kami. Jaga kesehatan. Gunakan masker. Jaga jarak. Semoga kita diberikan kekuatan melawati pandemi Covid-19 ini.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting dan dapat dijadikan sebagai acuan informasi bersama terkait teknis pembuatan virtual class ini adalah berkenaan dengan hal teknis,  Bahwasanya segala hal yang dibuat untuk mendukung media pembelajaran di dalam vclass.unila.ac.id  ni menggunakan beberapa aplikasi open source dan aplikasi yang legal.
1. Desain sampul course (mata kuliah) Stilistika dibuat menggunakan laman desain grafis tak berbayar canva.com
2. Video pembelajaran disusun menggunakan OBS Studio dan penyuntingan video menggunakan Kinemaster full version berbasis handphone.
3. Gambar penjelas di bagian identitas mata kuliah dan lain-lain dibuat dengan canva.com
4. handout materi disusun dengan mengandalkan Microsoft Office
5. Pertemuan zoom tiap pertemuan menggunakan zoom basic edisi gratis.
Semoga informasi ini membantu Anda semua untuk memahami isi materi yang ada di mata kuliah ini.
Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb
མཐོང་ཚུགས་པའི་སྡེ་ཚན་ཚུ་: བཅའ་མར་གཏོགས་མི་ཆ་མཉམ།
(ད་ལྟོ་ཚུན་ གནས་ཚུལ་ག་ནི་གནས་བསྐྱོད་ག་ནི་ཡང་མ་འབད་བས།)