diskusi

diskusi

Jumlah balasan: 5

sampaikan pertanyaan, tanggapan, sanggahan diskusi di sini

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: diskusi

oleh Lusiana Dewi 1913053015 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Kelas : 6 B
Izin bertanya kepada saudari ira
Dalam penilaian alternatif terdapat beberapa macam tipe, salah satunya kegiatan proyek. Mengapa kegiatan proyek dinilai baik untuk diterapkan kepada siswa dalam pemecahan masalah?
Terimakasih.
Sebagai balasan Lusiana Dewi 1913053015

Re: diskusi

oleh ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Kelas: Semester 6B
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Lusiana Dewi,
Dalam penilaian alternatif terdapat beberapa macam tipe, salah satunya kegiatan projek. Mengapa kegiatan projek dinilai baik untuk diterapkan kepada siswa dalam pemecahan masalah?
Karena Projek dapat melibatkan siswa secara aktif dan menemukan situasi baru yang dapat mendorong siswa menemukan suatu masalah di dunia nyata sehingga dapat menuntun mereka merumuskan hipotesis yang membutuhkan penyelidikan lebih lanjut. Untuk sekolah tingkat dasar melalui projek juga menyediakan peluang bagi siswa untuk mengeksplorasi ide-ide ilmiah dengan menggunakan materi fisik atau teknologi baru. Apabila akan mengambil nilai proyek pada penilaian sumatif, fokus biasanya terletak pada produknya. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan, dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu.
Sekian, terima kasih.
Sebagai balasan ira halimatus sadiyah 1913053068

Re: diskusi

oleh Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Semester 6B
Izin menambahkan jawaban saudari Ira atas pertanyaan saudari Lusi.

Mengapa kegiatan proyek dinilai baik untuk diterapkan pada siswa dalam pemecahan masalah?
Karena pada kegiatan proyek memiliki potensi untuk melatih, meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa, dimana siswa merancang sebuah masalah dan mencari penyelesaiannya sendiri. Adanya kegiatan proyek dapat membantu siswa merancang proses untuk menentukan sebuah hasil, melatih siswa bertanggung jawab dalam mengelola informasi yang dilakukan pada sebuah proyek dan yang siswa menghasilkan sebuah produk nyata itu sendiri yang kemudian dipresentasikan dalam kelas.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: diskusi

oleh Dionisius Bintoro 1953053014 -
nama : Dionisius Bintoro
Npm :1953053014
absen : 09

izin bertanya, dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman. Tolong jelaskan hal-hal tersebut!
Sebagai balasan Dionisius Bintoro 1953053014

Re: diskusi

oleh ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Kelas: Semester 6B
Izin menjawab pertanyaan dari saudara Dionisuis Bintoro,
Dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman. Tolong jelaskan hal-hal tersebut!
1. Karya siswa adalah benar-benar karya peserta didik itu sendiri. Guru melakukan penelitian atas hasil karya peserta didik yang dijadikan bahan penilaian portofolio agar karya tersebut merupakan hasil karya yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri.
2. Saling percaya antara guru dan peserta didik, saling memerlukan dan saling membantu sehingga terjadi proses pendidikan berlangsung dengan baik.
3. Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik, pengumpulan informasi perkembangan peserta didik perlu dijaga dengan baik dan tidak disampaikan kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan sehingga memberi dampak negatif pada proses pendidikan.
4. Milik bersama (joint ownership) antara peserta didik dan guru. Guru dan peserta didik perlu mempunyai rasa memiliki berkas portofolio sehingga peserta didik akan merasa memiliki karya yang dikumpulkan dan akhirnya akan berupaya terus meningkatkan kemampuannya.
5. Kepuasan, hasil kerja portofolio sebaiknya berisi keterangan dan atau bukti yang memberikan dorongan peserta didik untuk lebih meningkatkan diri.
6. Kesesuaian, hasil kerja yang dikumpulkan adalah hasil kerja yang sesuai dengan kompetensi yang tercantum dalam kurikulum.
7. Penilaian proses dan hasil, penilaian portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil. Proses belajar yang dinilai misalnya diperoleh dari catatan guru tentang kinerja dan karya peserta didik.
8. Penilaian dan pembelajaran. Penilaian portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Manfaat utama penilaian ini sebagai diagnostik yang sangat berarti bagi guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan peserta didik.
Sekian, terima kasih.