Forum diskusi

Forum diskusi

Number of replies: 4
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Chika Nurpalo Afiany 1913053021 གིས-
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin bertanya,
Sebutkan beberapa komponen penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan portofolio sebagai asesmen?
In reply to Chika Nurpalo Afiany 1913053021

Re: Forum diskusi

Lina Pertiwi 1913053055 གིས-
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21

izin menjawab pertanyaan dari saudari chika,

komponen yang harus diperhatikan dalam penggunaan portofolio, antara lain:
1. Portofolio hendaknya memiliki criteria penilaian yang jelas, spesifik, dan berorientasi pada research based criteria
2. Dapat digunakan sebagai sumber informasi yang mengenal dengan baik kemampuan dan keterampilan siswa.
3. Berbagai cara yang perlu diperhatikan damal pengmpulan bukti yang berkontribusi terhadap portofolio yaitu: bukti-bukti tercetak (printed materials) maupun bukti non-printed (non-printed materials).
4. Portofolio dapat terdiri dari berbagai bentuk informasi seperti karangan, hasil lukisan,skor tes, foto dan sebagainya.
5. Kualitas portofolio harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.
6. Setiap mata pelajaran mungkin mempunyai bentuk portofolio yang berbeda dari yang lain
7. Portofolio harus dapat diakses secara langsung oleh orang-orang yang berkepentingan terhadap portofolio tersebut.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Nafazri Eprilia 1953053003 གིས-
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003

Apa keunggulan dan kelemahan dari assesment alternatif pendidikan
In reply to Nafazri Eprilia 1953053003

Re: Forum diskusi

Lina Pertiwi 1913053055 གིས-
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21

izin menjawab pertanyaan dari saudari nafazri,
Assesment alternatif pendidikan memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan, antara lain:
1. Keunggulan Assesment Alternatif
- Dapat menilai hasil yang kompleks dan ketrampilan-ketrampilan yang tidak dapat di nilai dengan assesment tradisional.
- Menyajikan penilaian yang lebih hakiki, langsung dan lengkap.
- Meningkatkan motivasi siswa
- Mendorong pembelajaran dalam situasi yang nyata.
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk selfevaluation.
- Membantu guru untuk menilai efektivitas pembelajran yang telah di lakukan .
- Meningkatkan daya transferabilitas hasil belajar

2. Kelemahan Assesment Alternatif
- Membutuhkan banyak waktu
- Adanya unsur subjektivitas dalam penskoran
- Ketetapan penskoran rendah
- Tidak tepat untuk kelas besar.