sampaiakan pertanyaan disni
Pertanyaan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Kelas: 6B
Izin bertanya kepada saudari Rizky Fadila Fitriani,
Bagaimana penggunaan teknik non tes dalam kurikulum 2013?
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Kelas: 6B
Izin bertanya kepada saudari Rizky Fadila Fitriani,
Bagaimana penggunaan teknik non tes dalam kurikulum 2013?
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Baik terimakasih saudari Eka Wulandari atas pertanyaannya, izinkan saya
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
No. Absen : 30
Untuk menjawab pertanyaan dari saudari Eka terkait penggunaan teknik non tes dalam kurikulum 2013.
Jadi teknik non tes itu sebenarnya sangat umum digunakan dalam penilaian terlebih dalam Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 teknik non tes umumnya digunakan dalam penilaian sikap. Dikarenakan dalam penerapannya terdapat penilaian untuk sikap dan nilai atau afektif di mana untuk menilai itu lebih mudah dilakukan dengan teknik non tes, sehingga bisa mempercepat proses penilaian, biasanya teknik non tes ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan secara langsung oleh guru, sehingga seluruh siswa mendapatkan nilai mereka. Selain itu, guru biasanya juga menggunakan teknik observasi, yang dipersiapkan adalah lembar observasi yang berisi poin-poin yang akan dinilai oleh guru. Teknik ini menurut sebagian pendidik dianggap paling mudah dilakukan karena guru hanya akan memperhatikan siswa (mengobservasi) untuk mendapatkan nilai sikap siswa. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak faktor yang dapat menghambat guru melakukan teknik evaluasi non tes, seperti guru yang kurang terampil, siswa yang kurang paham terhadap penerapan teknik non tes yang akan dilakukan, kurangnya waktu dalam mempersiapkan instrumen non tes, dan faktor-faktor lainnya.
Sekian jawaban dari saya,
Bagi teman-teman apabila ada yang ingin menambahkan jawaban ataupun menyanggah saya persilahkan.
Baik terimakasih saudari Eka Wulandari atas pertanyaannya, izinkan saya
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
No. Absen : 30
Untuk menjawab pertanyaan dari saudari Eka terkait penggunaan teknik non tes dalam kurikulum 2013.
Jadi teknik non tes itu sebenarnya sangat umum digunakan dalam penilaian terlebih dalam Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 teknik non tes umumnya digunakan dalam penilaian sikap. Dikarenakan dalam penerapannya terdapat penilaian untuk sikap dan nilai atau afektif di mana untuk menilai itu lebih mudah dilakukan dengan teknik non tes, sehingga bisa mempercepat proses penilaian, biasanya teknik non tes ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan secara langsung oleh guru, sehingga seluruh siswa mendapatkan nilai mereka. Selain itu, guru biasanya juga menggunakan teknik observasi, yang dipersiapkan adalah lembar observasi yang berisi poin-poin yang akan dinilai oleh guru. Teknik ini menurut sebagian pendidik dianggap paling mudah dilakukan karena guru hanya akan memperhatikan siswa (mengobservasi) untuk mendapatkan nilai sikap siswa. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak faktor yang dapat menghambat guru melakukan teknik evaluasi non tes, seperti guru yang kurang terampil, siswa yang kurang paham terhadap penerapan teknik non tes yang akan dilakukan, kurangnya waktu dalam mempersiapkan instrumen non tes, dan faktor-faktor lainnya.
Sekian jawaban dari saya,
Bagi teman-teman apabila ada yang ingin menambahkan jawaban ataupun menyanggah saya persilahkan.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26
Kelas : 6B
Izin menambahkan jawaban dari saudari Fadhila
Saya setuju dengan jawaban Fadhila mengenai teknik non tes sesuai dilakukan pada kurikulum 2013. Selain obsrvasi, terdapat teknik non tes yang dapat dilakukan yaitu penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian diri sikap merupakan teknik penilaian terhadap diri sendiri (peserta didik) dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sikapnya dalam berperilaku. Hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi perkembangan sikap peserta didik. Penilaian diri dapat berupa lembar penilaian diri yang berisi butir-butir pernyataan sikap positif yang diharapkan dengan kolom YA dan TIDAK atau dengan Likert Scale. Sedangkan penilaian antar teman merupakan teknik penilaian yang dilakukan oleh seorang peserta didik (penilai) terhadap peserta didik. Sebagaimana penilaian diri, hasil penilaian antar teman dapat digunakan sebagai data konfirmasi. penilaian antar teman juga digunakan untuk menumbuhkan nilai seperti kejujuran, tenggang rasa, dan saling menghargai.
Cukup sekian dan terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26
Kelas : 6B
Izin menambahkan jawaban dari saudari Fadhila
Saya setuju dengan jawaban Fadhila mengenai teknik non tes sesuai dilakukan pada kurikulum 2013. Selain obsrvasi, terdapat teknik non tes yang dapat dilakukan yaitu penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian diri sikap merupakan teknik penilaian terhadap diri sendiri (peserta didik) dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sikapnya dalam berperilaku. Hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi perkembangan sikap peserta didik. Penilaian diri dapat berupa lembar penilaian diri yang berisi butir-butir pernyataan sikap positif yang diharapkan dengan kolom YA dan TIDAK atau dengan Likert Scale. Sedangkan penilaian antar teman merupakan teknik penilaian yang dilakukan oleh seorang peserta didik (penilai) terhadap peserta didik. Sebagaimana penilaian diri, hasil penilaian antar teman dapat digunakan sebagai data konfirmasi. penilaian antar teman juga digunakan untuk menumbuhkan nilai seperti kejujuran, tenggang rasa, dan saling menghargai.
Cukup sekian dan terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Baik, terimakasih banyak kepada saudari Via Inka Eliska atas tambahannya.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
Npm : 1913053025
No absen : 08
Kelas : 6B
Izin bertanya,
Salah satu cara mengevaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan Tes Esai. Menurut saudara..., bagaimana definisi tes esai dan kapankah tes esai itu digunakan?
Sekian, terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Dina Rahmawati
Npm : 1913053025
No absen : 08
Kelas : 6B
Izin bertanya,
Salah satu cara mengevaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan Tes Esai. Menurut saudara..., bagaimana definisi tes esai dan kapankah tes esai itu digunakan?
Sekian, terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Baik terimakasih saudari Dina Rahmawati atas pertanyaannya, izinkan saya
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
No. Absen : 30
Untuk menjawab pertanyaan dari saudari Dina terkait penggunaan teknik definisi tes esai dan kapankah tes esai itu digunakan.
Menurut saya, tes esai merupakan pertanyaan yang menuntut peserta didik untuk menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, dan bentuk lain yang sejenisnya sesuai dengan tuntutan pertanyaan dengan menggunakan kata-kata ataupun bahasanya sendiri. Dalam tes esai ini kemampuan peserta didik dituntut untuk benar-benar memahami pertanyaan dan merealisasikan pendapatnya terkait suatu topik ataupun permasalahan tertentu melalui bahasa tulisan, sehingga tipe tes esai ini lebih bersifat power tes. Bentuk-bentuk pertanyaannya yang biasanya meminta peserta didik untuk menjelaskan, membandingkan, menginterpretasikan dan mencari perbedaan suatu topik ataupun permasalahan tertentu dengan topik/permasalahan yg lainnya. Semua bentuk pertanyaan tersebut diharapkan agar peserta didik dapat menunjukkan pengertian mereka terhadap materi yang dipelajari. Selain itu, tes esai juga digunakan untuk mengatasi kelemahan daya ukur soal objektif yang terbatas pada hasil belajar yang rendah. Soal tes bentuk ini cocok untuk mengukur hasil belajar yang level kognisinya lebih dari sekedar menggali informasi, karena hasil belajar yang diukur bersifat kompleks.
Sekian jawaban dari saya,
Bagi teman-teman apabila ada yang ingin menambahkan jawaban ataupun menyanggah saya persilahkan.
Baik terimakasih saudari Dina Rahmawati atas pertanyaannya, izinkan saya
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
No. Absen : 30
Untuk menjawab pertanyaan dari saudari Dina terkait penggunaan teknik definisi tes esai dan kapankah tes esai itu digunakan.
Menurut saya, tes esai merupakan pertanyaan yang menuntut peserta didik untuk menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, dan bentuk lain yang sejenisnya sesuai dengan tuntutan pertanyaan dengan menggunakan kata-kata ataupun bahasanya sendiri. Dalam tes esai ini kemampuan peserta didik dituntut untuk benar-benar memahami pertanyaan dan merealisasikan pendapatnya terkait suatu topik ataupun permasalahan tertentu melalui bahasa tulisan, sehingga tipe tes esai ini lebih bersifat power tes. Bentuk-bentuk pertanyaannya yang biasanya meminta peserta didik untuk menjelaskan, membandingkan, menginterpretasikan dan mencari perbedaan suatu topik ataupun permasalahan tertentu dengan topik/permasalahan yg lainnya. Semua bentuk pertanyaan tersebut diharapkan agar peserta didik dapat menunjukkan pengertian mereka terhadap materi yang dipelajari. Selain itu, tes esai juga digunakan untuk mengatasi kelemahan daya ukur soal objektif yang terbatas pada hasil belajar yang rendah. Soal tes bentuk ini cocok untuk mengukur hasil belajar yang level kognisinya lebih dari sekedar menggali informasi, karena hasil belajar yang diukur bersifat kompleks.
Sekian jawaban dari saya,
Bagi teman-teman apabila ada yang ingin menambahkan jawaban ataupun menyanggah saya persilahkan.
Sebagai balasan Rizky Fadila Fitriani 1813053123
Re: Pertanyaan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama : Kartika Dwi Wahyuning
NPM : 1913053058
Absen : 17
Izin menambahkan jawaban saudari Rizky Fadila atas pertanyaan saudari Dina. Saya setuju atas jawaban saudari Rizki Fadila. Bahwasannya tes esai merupakan suatu pertanyaan yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik, pertanyaan tersebut meminta jawaban berupa penjelasan atau urain kata kata menurut peserta didik. Ciri-ciri tes esai yaitu antara lain : menguraikan, menjelaksan, mwnyebutkan, bagaimana dan sebagainya. Menurut saya tes esai dapat digunakan sebelum dan sesudah pembelajaran, tujuan diadakan sebelum pembelajaran yaitu untuk mengetahui peserta didik sudah mengetahu materi yang akam dibahas atau belum dan tujuan diadakan tes esai setelah pembelajaran yaitu untuk mengetahui seberapa besar oeserta didik memahami materi yang telah dibahas.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama : Kartika Dwi Wahyuning
NPM : 1913053058
Absen : 17
Izin menambahkan jawaban saudari Rizky Fadila atas pertanyaan saudari Dina. Saya setuju atas jawaban saudari Rizki Fadila. Bahwasannya tes esai merupakan suatu pertanyaan yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik, pertanyaan tersebut meminta jawaban berupa penjelasan atau urain kata kata menurut peserta didik. Ciri-ciri tes esai yaitu antara lain : menguraikan, menjelaksan, mwnyebutkan, bagaimana dan sebagainya. Menurut saya tes esai dapat digunakan sebelum dan sesudah pembelajaran, tujuan diadakan sebelum pembelajaran yaitu untuk mengetahui peserta didik sudah mengetahu materi yang akam dibahas atau belum dan tujuan diadakan tes esai setelah pembelajaran yaitu untuk mengetahui seberapa besar oeserta didik memahami materi yang telah dibahas.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Rizky Fadila Fitriani 1813053123
Re: Pertanyaan
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Izin menambahkan jawaban saudari Rizky Fadila atas pertanyaan saudari Dina Rahmawati
Salah satu cara mengevaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan Tes Esay. Bagaimana definisi tes esay dan kapankah tes esay itu digunakan?
Jawab :
Tes essay dapat disebut sebagai tes dengan menggunakan pertanyaan terbuka, di mana dalam tes tersebut siswa diharuskan menjawab sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta didik dan jika dilihat dari aspek jawaban yang diberikan peserta didik. Tes essay sering disebut bentuk surjektif karena dalam pelaksanaannya sering dipengaruhi oleh faktor subjektivitas guru.
Untuk tes essay, dapat digunakan guru pada kondisi-kondisi jika, (1) jumlah peserta didik yang dites dalam kelompok ke kecil, dan tes tersebut tidak akan dipakai lagi pada tes berikutnya. (2) tes essay digunakan jika guru ingin mengerjakan semua yang dapat kerjakannya untuk mendorong dan memberikan timbal balik pada perkembangan keterampilan peserta didik melalui pertanyaan tertulis.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Izin menambahkan jawaban saudari Rizky Fadila atas pertanyaan saudari Dina Rahmawati
Salah satu cara mengevaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan Tes Esay. Bagaimana definisi tes esay dan kapankah tes esay itu digunakan?
Jawab :
Tes essay dapat disebut sebagai tes dengan menggunakan pertanyaan terbuka, di mana dalam tes tersebut siswa diharuskan menjawab sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta didik dan jika dilihat dari aspek jawaban yang diberikan peserta didik. Tes essay sering disebut bentuk surjektif karena dalam pelaksanaannya sering dipengaruhi oleh faktor subjektivitas guru.
Untuk tes essay, dapat digunakan guru pada kondisi-kondisi jika, (1) jumlah peserta didik yang dites dalam kelompok ke kecil, dan tes tersebut tidak akan dipakai lagi pada tes berikutnya. (2) tes essay digunakan jika guru ingin mengerjakan semua yang dapat kerjakannya untuk mendorong dan memberikan timbal balik pada perkembangan keterampilan peserta didik melalui pertanyaan tertulis.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menambahkan jawaban
Nama:kunci rahayu
Absen:18
Npm:1913053043
Adapun kelebihan dan juga kelemahan dari teks essay
a. Kelebihan Test Essay yaitu:
· Peserta didik dapat mengorganisasikan jawaban dengan pendapatnya sendiri.
· Murid tidak dapat menerka- nerka jawaban soal.
· Test ini sangat cocok untuk mengukur dan mengevaluasi hasil suatu proses belajar yang kompleks yang sukar diukur dengan mempergunakan test objektif.
· Derajad ketepatan dan kebenaran murid dapat dilihat dari kalimat- kalimatnya.
· Jawaban diungkapakan dalam kata- kata dan kalimat sendiri, sehingga test ini dapat digunakan untuk melatih penyusunan kalimat dengan bahasa yang baik, benar, dan cepat.
· Test ini digunakan dapat melatih peserta didik untuk memilih fakta yang relevan dengan persoalan, dan Sukar dinilai secara tepat mengorganisasikannya sehingga dapat mengungkapkan satu hasil pemikiran yang terintegrasi secara utuh.
b. Kelemahan Test Essay yaitu:
· Sukar dinilai secara tepat.
· Bahan yang diukur terlalu sedikit, sehingga agak sulit untuk mengukur penguasaan siswa terhadap keseluruhan kurikulum.
· Sulit mendapatkan soal yang memiliki standar nasional maupun internasional.
· Membutuhkan waktu memeriksa hasilnya
Terimakasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menambahkan jawaban
Nama:kunci rahayu
Absen:18
Npm:1913053043
Adapun kelebihan dan juga kelemahan dari teks essay
a. Kelebihan Test Essay yaitu:
· Peserta didik dapat mengorganisasikan jawaban dengan pendapatnya sendiri.
· Murid tidak dapat menerka- nerka jawaban soal.
· Test ini sangat cocok untuk mengukur dan mengevaluasi hasil suatu proses belajar yang kompleks yang sukar diukur dengan mempergunakan test objektif.
· Derajad ketepatan dan kebenaran murid dapat dilihat dari kalimat- kalimatnya.
· Jawaban diungkapakan dalam kata- kata dan kalimat sendiri, sehingga test ini dapat digunakan untuk melatih penyusunan kalimat dengan bahasa yang baik, benar, dan cepat.
· Test ini digunakan dapat melatih peserta didik untuk memilih fakta yang relevan dengan persoalan, dan Sukar dinilai secara tepat mengorganisasikannya sehingga dapat mengungkapkan satu hasil pemikiran yang terintegrasi secara utuh.
b. Kelemahan Test Essay yaitu:
· Sukar dinilai secara tepat.
· Bahan yang diukur terlalu sedikit, sehingga agak sulit untuk mengukur penguasaan siswa terhadap keseluruhan kurikulum.
· Sulit mendapatkan soal yang memiliki standar nasional maupun internasional.
· Membutuhkan waktu memeriksa hasilnya
Terimakasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Baik, terimakasih banyak kepada saudari Kartika, Gita, dan Kuncy atas tambahannya.