Nama: Rida Arrafini
NPM: 1913053116
No.absen : 29
izin menjawab pak,
1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD
Dikarenakan ekstrakurikuler di bidang seni merupakan kegiatan tambahan di luar jam sekolah yang dapat memberi kesempatan bagi para siswa Sekolah Dasar untuk melakukan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti senimusik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimuli keberanian siswa Sekolah Dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari,seni rupa, ataupun seni teater.Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas siswa Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar siswa Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran.
manfaat dari kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian
- Memperhalus rasa yang ada pada siswa agar mampu mengapresiasi dan mengekspresikan nilai-nilai seni yang ada pada diri anak
- Sebagai pengembangan kegiatan ekstrakurikuler seni
- Mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa terhadap kesenian di Indonesia
- Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi bakat dan minat siswa dalam berolah seni
2. materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
1. Seni Rupa merupakan salah satu cabang seni yang diciptakan oleh manusia yang dilihat oleh indra penglihatan. Adapun unsur seni rupa yaitu ,warna, ruang, bentuk, bidang, garis dan titik, gelap terang, tekstur. Dilhat dari segi fungsinya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu Seni rupa murni (dilihat dari segi keindahannya saja), dan Seni rupa terapan (selain dari segi keindahan juga bisa digunakan/dipakai).
2. Seni Musik merupakan salah satu cabang seni yang komponen utamanya adalah suara. Selain itu unsur lainnya adalah melodi, harmoni, tempo, dll. Adapun jenis seni musik yaitu musik tradisional, musik pop, musik jazz, musik rock, dll.
3. Seni Tari merupakan Salah satu cabang seni yang menampilkan gerakan gerakan yang memiliki unsur keindahan. Seni tari terdiri atas taru tradisional, tari modern, tari klasik, dll.
4. Seni Teater merupakan salah satu cabang seni yang menampilkan suatu pertunjukan atau pementasan di atas panggung. Adapun unsur unsur seni teater yaitu, Pemain, skenario, naskah. Contoh seni teater yaitu lenong, wayang orang, ketoprak, dll
3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD.
guru harus dapat sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Kelima indikator peran guru harus diperankan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran seni agar tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud secara optimal.
Setiap anak pasti memiliki potensi. Melalui kegiatan ekstrakurikuler potensi itu dapat dikembangkan. Yang terpenting dari program pengembangan bakat dan minat melalui kagiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah menumbuhkembangkan potensi anak seperti bidang kerajinan, seni tari, seni drama, senisuara, seni musik, dan mementaskan hasil seni anak didik.
Pelaksanaan program-program kegiatan ekstrakurikuler hendaknya dikendalikan untuk pencapaian tujuan-tujuan yang telah diterapkan dan kontribusinya terhadap perwujudan visi sekolah. Dari setiap pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler hendaknya diusahakan suasana yang kondusif, tidak terlalu membebani siswa dan tidak merugikan aktivitas kurikuler sekolah. Usahakan pelaksanaan kegiatan konsisten sebagaimana terjadwal dan terpublikasikan