Diskusi

Diskusi

Number of replies: 20

Mahasiswa tanggapai diskusi berikut ini.

1. mengapoa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD

In reply to First post

Re: Diskusi

Sekar Putri 1913053089 གིས-
Nama: Sekar Putri Hapsari
NPM: 1913053089

1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Pendidikan seni merupakan hal yang perlu diberikan kepada peserta didik terutama di tingkat SD/MI. Pendidikan seni meliputi seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater dan seni rupa. Dalam pengajaran pendidikan seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya.

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Materi Dan Media Pendidikan Seni Rupa Untuk Anak Sekolah Dasar (SD) antara lain : Menggambar/Melukis, Membentuk, Menempel, Mencetak, Menggunting-Melipat-Menempel (3M), Dekorasi, Merakit dan Membangun, Menjiplak, Kolase, Finger Painting (Lukisan Jari), Lukis Tempel/Gambar Tekstur, Merangkai/Memasang, Menghias, Mencelup, Meronce, Mencungkil, Menganyam, Membatik, Memilin, dan Karya kerajinan.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?

1. Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati

2. Bangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtua

3. Libatkan siswa dalam membuat aturan
4. Amati dan pahami perilaku setiap siswa








In reply to First post

Re: Diskusi

Nafazri Eprilia 1953053003 གིས-
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003

1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD
Jawaban

Pendidikan seni bertujuan membangun kesadaran dan pemahaman anak terhadap warisan artistik sebagai bagian yang signifikan dari warisan budaya secara keseluruhan. Anak-anak juga diajak untuk memahami peran seni dalam masyarakat. Mereka dapat belajar dan menjadikannya sebagai kebiasaan untuk menghargai lingkungan yang dekat dengan dirinya maupun lingkungan lain yang kurang dikenalnya. Jadi melalaui pendidikan seni di sekolah dasar, siswa di latih untuk mengembangkan bakat kreatif, kemampuan dan keterampilan yang dapat ditransfer pada kehidupan dimasa depan.

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
Jawaban

Ada empat jenis atau bidang di dalam pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama.

1.Seni rupa
Bidang ini memfokuskan pada pencitraan dan objek yang dibuat, ditunjukkan dan diapresiasi siswa sekolah dasar.

2.Seni musik
Bidang ini difokuskan pada karya musik yang dibuat siswa dengan mengembangkan kemampuan untuk berpikir dan mengekspresikan diri mereka di dalam bunyi. Aktivitas ini bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk mendengar apa yang dilihat dan melihat apa yang terdengar Dengan bernyanyi, bermain dan mendengarkan musik, bergerak mengikuti bunyi, improvisasi dan komposisi, para siswa mengalami kepuasan dan kenikmatan ketika mereka belajar.

3.Seni tari
Pembelajaran melalui seni tari memfokuskan pada kemampuan siswa yang menggunakan tarian sebagai suatu alat estetika, memahami struktur gestur dan gerak untuk menangkap dan menyampaikan gagasan, pencitraan dan perasaan.

4.Seni drama
Pendidikan seni drama memfokuskan pada pemahaman ekpresi dan komunikasi siswa sekolah dasar tentang isu-isu kemanusiaan dan pengalaman melalui rekontruksi kenyataan dan kemampuan membayangkan berbagai peristiwa.


3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD
Jawaban

1.Menata setting pembelajaran dengan cara memanfaatkan semua unsur pembelajaran yang
ada di kelas secara tepat guna.
2. Memanfaatkan setting untuk meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik.
3. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
4. Memotivasi peserta didik melakukan berbagai kegiatan pembelajaran secara interaktif.
5. Menjelaskan materi dengan jelas
6. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar.
7. Memberikan penguatan dalam pembelajaran.
8. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang
telah dialaminya.
In reply to First post

Re: Diskusi

Lina Pertiwi 1913053055 གིས-
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21
Kelas: 6A

Izin menjawab pak,
1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD
2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD

Jawaban: 
1. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan-kegiatan siswa di luar pelajaran (kurikulum) yang dilaksanakan di luar jam sekolah untuk menumbuhkembangkan potensi dan kemampuan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya. Ekstrakurikuler bidang seni perlu diciptakan di SD karena ekstrakurikuler ini dapat mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas anak. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang diselenggarakan di sekolah dasar dapat dijadikan sebagai salah satu tempat penyaluran bakat, minat, dan kreativitas siswa. Bakat-bakat yang dimiliki oleh siswa baik bakat keturunan sebagai seorang penari atau sekedar minat terhadapat seni tari dapat tersalurkan dengan baik melalui kegiatan esktrakurikuler tari ini. Selain sebagai tempat penyaluran bakat, kegiatan ekstrakurikuler tari dapat dijadikan sebagai batu loncatan bagi sebagian siswa untuk lebih mengembangkan potensinya di bidang tari agar lebih berprestasi dan sekaligus membawa nama baik dari sekolah yang mengadakan kegiatan.
ekstrakurikuler tari tersebut. Tujuan kegiatan ekstrakurikuler seni tari tersebut
dapat tercapai bila ada kerjasama yang baik antara guru (pelatih), pihak sekolah,
dan Orangtua siswa.


2. Materi yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD, antara lain:
  • Bidang seni musik (bernyanyi dan bermain musik)
  • Bidang seni tari (tari tradisi dan tari kreasi)
  • Bidang seni rupa (menggambar dan membentuk)
  • Bidang seni teater (teater tutur. teater gerak, teater boneka, teater drama, teater musikal)


3. Ketika nanti saya menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakurikuler seni di SD, saya akan menciptakan ekstrakurikuler kesenian yang kondusif bagi siswa-siswi saya dengan cara yaitu:
  • Sebagai guru saya harus mampu memiliki kecakapan dalam bidang kesenian.
  • Sebagai guru saya harus menjadi seorang pengajar yang komunikator.
  • Mampu mengajarkan materi kesenian yang menarik dan mudah dimengerti oleh peserta didik.
  • Mampu memberikan motivasi kepada peserta didik dalam berbagai kegiatan pembelajaran secara interaktif.
  • Selalu memberikan apresiasi dan penguatan kepada peserta didik.
In reply to First post

Re: Diskusi

Hanania Ayu Widya 1913053004 གིས-

Nama: Hanania Ayu Widya

NPM: 1913053004

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di SD?

Karena ekstrakurikuler bidang seni di sekolah dasar dapat membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian ini juga sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik sekolah dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam pendidikan kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik sekolah dasar yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran.


2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD?

Seni musik = Bernyanyi dan bermain

Seni Tari = Tari tradisi dan tari kreasi

Seni rupa = Menggambar dan membentuk

Seni teater = Teater tutur. teater gerak, teater boneka, teater drama, dan teater drama musikal.


3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakurikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?

a) Menyampaikan Tujuan dan Mempersiapkan Siswa 

Pada pertemuan pertama, strategi pertama yang dilakukan guru ekstrakurikuler adalah memulai kegiatan dengan menyampaikan tujuan materi pembelajaran seni.

b) Mendemonstrasikan Pengetahuan dan Keterampilan 

Pada strategi yang kedua, setelah guru menerangkan dan menjelaskan tujuan materi pembelajaran kepada seluruh peserta didik, guru ekstrakurikuler mulai mempraktekkan.

c) Membimbing Pelatihan 

Pada tahapan strategi membimbing pelatihan, setelah mengajak peserta didik untuk mengikuti gerakan yang dipraktekkan, guru ekstrakurikuler menyuruh peserta didik untuk mengulang kembali gerakan tersebut tanpa dipandu oleh guru ekstrakurikuler.

d) Memeriksa Pemahaman dan Memberikan Umpan Balik 

Pada tahapan strategi memeriksa pemahaman dan memberikan umpan balik, pada dasarnya strategi ini hampir sama dengan strategi tahapan membimbing pelatihan.

e) Memberikan Kesempatan Untuk Latihan Lanjut dan Penerapan Konsep 

Pada tahapan strategi yang terakhir ini, guru ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih sendiri dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya.

In reply to First post

Re: Diskusi

Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 གིས-
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

1. Pendidikan seni di sekolah dasar sangatlah penting sebab pendidikan seni merupakan sarana untuk pengembangan kreativitas anak. Melalui ekstrakulikuler bidang seni, anak memperoleh pengalaman sensasional dalam diri yang sangat kuat, dari membentuk sesuatu yang mengekspresikan sesuatu tentang dirinya. Bahkan, dengan pendidikan seni, perilaku peserta didik dapat terbentuk kearah yang lebih baik karena seni dapat mengenalkan nilai-nilai dan norma- norma yang ada dalam masyarakat kepada peserta didik.

2. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah dasar terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, dan seni tari. Materi yang tepat untuk seni musik, yaitu peserta didik diajarkan bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional (gamolan) maupun internasional (drum, pianika, dan recorder). Untuk seni rupa materi yang tapat diajarkan pada peserta didik sekolah dasar, yaitu menggambar/melukis, kolase, menganyam, dan membatik. Sedangkan seni tari materi yang tepat diajarkan untuk peserta didik sekolah dasar, yaitu tarian tradisional (tari sigeh pengunten) dan tari kreasi.

3. Untuk menciptakan ekstrakurikuler kesenian yang kondusif bagi peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti:
a.) Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati
Guru yang mampu berkomunikasi dengan tenang dan emosi yang stabil di kelas, akan mempengaruhi cara siswa dalam menerima pesan yang disampaikan. Namun perlu diingat untuk tetap bersikap tegas, agar siswa mengerti batasan dan menghormati. Perlakukan mereka dengan empati, dengan begitu siswa akan bersikap serupa.
b.) Bangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua
Buat interaksi yang positif dan menyenangkan, bukan hanya dengan siswa tetapi juga orang tua mereka.
c.) Libatkan siswa dalam membuat aturan
Ketika anak-anak ikut dalam diskusi membuat peraturan, mereka akan merasa terlibat dan menganggap peraturan itu harus dipatuhi karena dibuat atas kesepakatan bersama.
d.) Amati dan pahami perilaku setiap siswa
Berikan pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa saat ini. Misalnya, siswa yang setiap hari terlihat tidak bersemangat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, bisa diajak berbincang untuk mencari tahu akar masalahnya.
e.) Berikan dukungan siswa dalam belajar
Saat siswa berhasil menguasai materi atau mendapat nilai memuaskan, berikan apresiasi, bisa dalam bentuk pujian, hadiah juga pesan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaiannya. Untuk siswa yang belum berhasil, jangan diperlakukan berbeda, beri mereka semangat untuk memperbaiki nilai dan mencapai target yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Diskusi

Wika Orin Sherialiusani 1913053039 གིས-
Nama : Wika Orin Sherialiusani
NPM : 1913053039
No. Absen : 35

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Karena dengan diciptakan atau adanya ekstrakurikuler bidang seni di sekolah SD akan ada banyak sekali manfaat yang nantinya diperoleh, salah satunya dalam pengembangan atau pola pikir peserta didik, yaitu peserta didik jadi lebih mudah menyerap masukan dan saran yang diberikan, kepekaan terhadap alam menjadi lebih baik karena terbiasa membuat sesuatu yang indah, memberikan kesenangan dan dapat membantu peserta didik mempelajari berbagai keterampilan yang perlu dikuasai dengan bakat mereka, membantu mengekspresikan dan mengembangkan kreativitasnya dengan bebas, mampu mengendalikan emosi perasaan sedih atau senang melalui karya seni yang mereka hasilkan, dan imajinasi lebih berkembang. Selain itu, ekstrakurikuler seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan siswa untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Berikut ini beberapa pilihan materi yang dapat digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler kesenian, yaitu:
a. seni musik (paduan suara, drumband, pianika, piano, gitar, band, angklung dan gamolan)
b. seni tari (tari tradisional dan tari kreasi)
c. seni rupa (menggambar, melukis, membentuk 3D, membuat kolase)
d. seni teater (teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama dan teater musikal)

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Agar kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan secara kondusif, maka sebagai guru pendamping, nantinya saya akan melakukan beberapa hal berikut, diantaranya yaitu:
a. Menetapkan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seni sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.
b. Memberikan setiap arahan dan bimbingan
secara rinci kepada peserta didik dalam melaksanakan ekskul seni sehingga dapat berjalan dengan kondusif.
c. Memberikan motivasi dan dukungan secara penuh kepada peserta didik yang mengikuti ekskul seni sehingga dapat mengembangkan bakatnya secara maksimal.
d. Selalu membangun komunikasi yang baik antar sesama anggota ekskul seni.
In reply to First post

Re: Diskusi

Frischa Ramadhan Putri 1913053112 གིས-

Nama: Frischa Ramadhan Putri
NPM: 1913053112
No. Absen: 11


1.   Mengapa perlu diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di SD
Ekstrakurikuler seni di Sekolah Dasar ini dapat  dijadikan  sebagai  pendukung  mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP), juga sebagai  membantu  siswa  sesuai  dengan  minat, bakat  atau  potensi  lainnya. Pendidikan  seni  dalam  krgiatan  ekstra kulikuler seni  diberikan sekolah karena memiliki manfaat dan ke  unikan yang  diberikan terhadap kebutuhan  perkembangan  siswa  yang  terletak pada  penanaman  terhadap  estetis  dalam bentuk kegiatan  berapresiasi, berekspresi  dan berkreasi terhadap  seni.  Dalam pembelajaran seni,  materi yang  disajikan  harus  menunjang  pendidikan apresiasi  dan  kreasi  sehingga  siswa  mampu mengembangkan  daya  kreativitas,  dan diharapkan  juga  dapat  menjadi  lebih  kreatif dalam bidang yang lain guna mengatasi dinamika serta masalah yang dihadapi dengan sikap estetik.
 
2.   Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD
a. Ekstra Kurikuler Drumband
Drumband  adalah  sekelompok  musik  yang pemainnya terdiri  dari siswa kelas IV  dan V yang menggunakan intrumen pukul dan  tiup. Alat  musik  yang  ada  berupa  snare  drum,  tenor drum, bass drum, marching bell, cimbal, trio tom, rekorder, pianika ditambah tongkat mayoret  dan  bendera  utuk  penari  yang dimiliki  oleh  beberapa sekolah.

b. Ekstrakurikuler Seni Tari
Seni  tari  yang  ada  adalah  tari  persembahan dan  tari  kreasi  yang  dibuat  dan  dirancang sesuai  kebutuhan.  Untuk  tari  persembahan menggunakan  enam  sampai  delapan  orang penari  wanita  yang  biasanya  menarikan  tari persembahan  yang  diiringgi  oleh  musik  tari makan  sirih.  Tari  kreasi  yang  dilakukan adalah  tari  kreasi  yang  diciptakan  sesuai dengan  kebutuhan  anak  guna mengembangkan  reativitas  mereka. Penciptaan  tari  kreasi  biasanya  digarap bersama  dengan  siswa. Pada  saat  tari kreasi diperlombakan untuk FL2SN karya dibuat dan digarap sesuai dengan aturan  dan tema  yang telah  diberikan  oleh  panitia  lomba  tingkat nasional.

c. Nasyid
Kelompok  nasyid  berupa  kelompok  paduan suara dengan lantunan  lagu islami.  Beberapa sekolah  mengajarkan  ekstra  kurikuler  ini sebagai  memperkaya  karakter  anak  dalam menanamkan nilai-nilai agama.

d. Paduan Suara
Kelompok  paduan  suara  ini  merupakan kelompok paduan suara anak SD yang dilatih oleh  pelatih  luar  yang  mengerti  tentang paduan  suara.  Biasanya  paduansuara  di lombakan  pada  kegiatan  porseni.  Sehingga pada  waktu  menjelang  kegiatan  tersebut barulah mencari pelatihnya.

e. Seni Lukis
Seni  lukis  yang  ada  di  sekolah  merupakan kegiatan  ekstra  yang  melati  kreativitas  anak dalam melihat dimensi gambar sehingga anak mampu berkreasi dengan baik. kegiatan lukis ini  sering  diperlombakan  pada  porseni  dan menjelang  kegiatan  barulah  kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan.
 
3.   Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD
a. Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati
Guru yang mampu berkomunikasi dengan tenang dan emosi yang stabil di kelas, akan mempengaruhi cara siswa dalam menerima pesan yang disampaikan. Namun perlu diingat untuk tetap bersikap tegas, agar siswa mengerti batasan dan menghormati. Perlakukan mereka dengan empati, dengan begitu siswa akan bersikap serupa.

b. Bangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua
Buat interaksi yang positif dan menyenangkan, bukan hanya dengan siswa tetapi juga orang tua mereka.

c. Libatkan siswa dalam membuat aturan
Ketika anak-anak ikut dalam diskusi membuat peraturan, mereka akan merasa terlibat dan menganggap peraturan itu harus dipatuhi karena dibuat atas kesepakatan bersama.

d. Amati dan pahami perilaku setiap siswa
Berikan pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa saat ini. Misalnya, siswa yang setiap hari terlihat tidak bersemangat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, bisa diajak berbincang untuk mencari tahu akar masalahnya.

e. Berikan dukungan siswa dalam belajar
Saat siswa berhasil menguasai materi atau mendapat nilai memuaskan, berikan apresiasi, bisa dalam bentuk pujian, hadiah juga pesan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaiannya. Untuk siswa yang belum berhasil, jangan diperlakukan berbeda, beri mereka semangat untuk memperbaiki nilai dan mencapai target yang dibutuhkan.

In reply to First post

Re: Diskusi

Marsasanda Andarin 1913053026 གིས-

Nama : Marsasanda Andarin

NPM : 1913053026

No. Absen : 22

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD

ekstrakulikuler bidang seni di SD memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas peserta didik di bidang Kesenian. Selain itu, ekstrakulikuler bidang seni dapat mengajak peserta didik untuk mengenal lebih dalam tentang kesenian Indonesia sehingga peserta didik dapat turut serta dalam melestarikan kebudayaan bangsa utamanya Kesenian Indonesia. Dengan menciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD juga berarti membantu menyiapkan peserta didik yang berbakat dan berpotensi di bidang Kesenian, serta melaksanakan program pengembangan diri peserta didik.


2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?

Beberapa materi ekstrakulikuler bidang seni untuk siswa SD, antara lain :

  1. Seni Rupa, seni rupa adalah cabang seni yang diungkapkan dan diciptakan melalui media rupa (visual) yang dapat dilihat dan biasanya dapat pula dirasakan melalui rabaan. Contohnya desain produk, model pakaian, gambar petunjuk untuk penjelasan teks, dan sebagainya. 
  2. Seni Tari, seni tari adalah cabang seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama untuk mengungkapkan keindahan, ekspresi, hingga makna tertentu. Contohnya adalah tari tradisional seperti tari ronggeng, tari lilin, tari saman, tari serimpi, dan lain sebagainya. 
  3. Seni Musik, seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi atau suara untuk mengungkapkan ekspresi atau sebuah makna.  Contohnya lagu tradisional, lagu pop, dan lain sebagainya. 
  4. Seni Teater, seni teater atau drama adalah cabang seni berupa pertunjukkan drama yang dipentaskan di atas panggung. Seni teater juga menampilkan gerak, tari, dan nyanyian yang disesuaikan dengan dialog. 
  5. Seni Sastra, seni sastra adalah cabang seni yang menuangkan gagasan, ekspresi, atau makna melalui tulisan.  Contohnya puisi, pantun, novel, cerpen, dan lain sebagainya. 

 

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD

Beberapa cara yang akan saya lakukan disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD untuk menciptakan ekstrakurikuler yang kondusif bagi siswa siswi SD, antara lain :

  1. Membangun komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik
  2. Melibatkan siswa dalam membuat aturan yang tegas, namun penuh empati
  3. Mengamati serta memahami perilaku setiap siswa
  4. Menerapkan metode/model pembelajaran yang bervariasi
  5. Menjadi guru yang menyenangkan
  6. Memberikan siswa kesempatan untuk berkreasi
  7. Mengajak siswa sesekali belajar di luar ruangan untuk mencari suasana baru
  8. Mendesain kelas agar nyaman
In reply to First post

Re: Diskusi

Chika Nurpalo Afiany 1913053021 གིས-
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin menjawab,

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Jawab:
Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas pesertadidik di bidang seni terutama Seni Tari, Jaranan dan Musik. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran. Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
Jawab:
Seni musik        : bernyanyi (paduan suara) dan bermain musik
Seni tari            : seni tari daerah dan seni tari kreasi baru.
Seni rupa          : seni lukis, batik.
Seni sastra          : seni baca puisi, story telling dan pidato

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD.
Jawab:
1. Sebagai guru atau pendamping saya menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati
2. Sebagai guru atau pendamping saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtua
3. Sebagai guru atau pendamping saya libatkan siswa dalam membuat aturan dalam kegiatan ekskul
4. Sebagai guru atau pendamping saya amati dan pahami perilaku setiap siswa dalam kegiatan ekskul
5. Sebagai guru atau pendamping saya berikan dukungan kepada siswa dalam setiap kegiatan ekskul
In reply to First post

Re: Diskusi

Serly Zahra Zetira གིས-
Nama: Serly Zahra Zetira
NPM: 1913053137

1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
untuk menambah motivasi belajar peserta didik dalam rangka menumbuhkan kreativitas, keberanian berekspresi, dan apresiasi seni, serta untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kesenian daerah dan kesenian nasional diselenggarakan kegiatan pagelaran seni hasil pembelajaran.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
a. Seni rupa (menggambar, mewarnai, membuat kolase), b. Seni musik (pianika, bernyanyi, gamolan, musikalisasi puisi), c. Seni tari (tari tradisional seperti sigeh pengunten dan bedana, tari kreasi), d. Seni teater (bermain peran)

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pelajaran yang diselenggarakan akan diluar jam pelajaran bisa. Kegiatan ini dilaksanakan pagi hari bagi sekolah-sekolah yang masuk sore, maka pendamping perlu menetapkan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seni sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, menerapkan metode/model penyampaian materi agar dapat menarik perhatian dan membuat siswa fokus, melibatkan siswa dalam membuat aturan yang tegas, namun penuh empati, mengamati karakter siswa, dan memberi apresiasi terhadap aktivitas yang sudah siswa lakukan.
In reply to First post

Re: Diskusi

Dini Ariska Putri 1913053070 གིས-
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menjawab pak,
1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Jawaban : Ekstrakulikuler bidang seni di SD perlu diciptakan karena kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Anak-anak akan memiliki kesempatan mengembangkan minat bakatnya melalui ekskul. Selain itu, ekskul melatih mereka untuk percaya akan kemampuannya sendiri karena diberi kesempatan untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Kreativitas serta kepercayaan diri mereka juga akan semakin terasah. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak-anak akan lebih relaks dan gembira setelah melewati kegiatan belajar di kelas.

2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Jawaban : Materi yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD yaitu :
1. Seni musik : bernyanyi dan bermain musik.
2. Seni tari : tari tradisi dan tari kreasi
3. Seni rupa : menggambar dan membentuk
4. Seni teater : teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama, drama musikal

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Jawaban : Kegiatan ekstrakurikuler merupakan serangkaian program kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran terprogram, yang dimaksudkan untuk meningkatkan cara berpikir siswa, menumbuhkan bakat dan minat siswa serta semangat pengabdian terhadap masyarakat. Di sekolah dasar guru sangat berperan penting dalam membantu menentukan minat bakat siswanya. Peran seorang guru tidak berhenti sebatas pada mengajarkan pelajaran di kelas saja. Seorang guru juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengarahkan bakat dan minat siswa sehingga mereka mampu mengasah bakat dan minat tersebut dengan tepat. Apabila nantinya saya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD untuk menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD yaitu, mengendalikan kegiatan (usaha untuk membentuk dan menjaga kedisiplinan peserta didik), memberikan bimbingan dan latihan intensif, innovator, penasehat, pendorong kreatifitas, evaluator dan juga teladan bagi seluruh peserta didik.
In reply to First post

Re: Diskusi

Nabila Salsabila 1913053048 གིས-
Nama : Nabila Salsabila
NPM. : 1913053048

1. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan
pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik Sekolah Dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Selain itu ekstrakurikuler kesenian bertujuan sebagai media dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik dibidang kesenian.

2. Seni musik (bernyanyi dan bermain alat musik)
Seni tari (tari tradisional dan tari kreasi)
Seni rupa menggambar dan membentuk
Seni teater (teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama, dan drama musikal).

3. Saya akan melakukan penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian dengan menyusun rencana kegiatan hingga memeriksa dan mengevaluasi ekstrakurikuler. Selanjutnya saya akan memisahkan peserta didik berdasarkan minat dan bakat dalam kesenian, dan mengatur jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler di luar jam mata pelajaran, sehingga tidak terjadi bentrok antar jam.
In reply to First post

Re: Diskusi

Anggi Cahyani Putri 1913053083 གིས-
Nama : Anggi Cahyani Putri
Npm : 1913053083
No. Absen : 03

Izin menanggapi bapak,

Ekstrakurikuler seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni bagi peserta didik. Tujuan agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan, serta bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

Menurut saya materi yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD yaitu seni tari, seni rupa, seni musik, dan seni drama (seni teater). Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

Ketika nantinya saya menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD maka saya akan membuat Pola kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan", sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater.
In reply to First post

Re: Diskusi

Hanna Wahyu Aruming Tyas གིས-
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No. absen : 15

1. Dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak kita tidak bisa memaksakan kecerdasan dalam satu bidang saja. Kecerdasan setiap anak pasti berbeda-beda. Ada yang cerdas dalam bidang akademik, ada yang cerdas dalam bidang seni. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda dan tugas orangtua beserta pengajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni bagi peserta didik. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan. Melalui kesenian ungkapan perasaan seseorang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk seni seperti sastra, musik, seni visual, tari dan drama, yang mengandung unsur-unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Pendidikan seni yang diberikan melalui kurikulum pembelajaran di sekolah bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

2. a) Musik : Beberapa anak belajar bermain instrumen, sementara yang lain lebih suka bernyanyi. Ada juga yang bisa melakukan keduanya. Ada begitu banyak instrumen yang dapat dipilih dan dinikmati oleh anak. Ada kebebasan tertentu dalam bermusik dan banyak anak menemukan kesenangan di dalamnya karena alasan ini. Tidak hanya itu, anak juga belajar banyak tentang sejarah dan budaya ketika mereka mempelajari alat musik atau lagu.
b) Menari : Ada begitu banyak jenis untuk dipilih oleh anak, mulai dari tari tradisional Indonesia, balet, atau modern. Anak mungkin lebih suka tarian tradisional yang klasik atau mungkin ingin belajar gaya yang lebih kontemporer seperti hip hop. Menari adalah membantu anak berkembang secara fisik dan mental karena sebagian besar bentuk tarian membutuhkan disiplin dan tubuh yang kuat. Melalui tarian, anak juga belajar tentang budaya tarian yang dipilihnya. Selain itu, tidak hanya melatih fisik tetapi anak diajar untuk menghafal berbagai gerakan.
c) Melukis : Mungkin anak adalah seniman kecil yang sedang berkembang. Bermain dengan warna adalah hal yang sangat menyenangkan dan menciptakan karya seni mungkin sesuatu yang disukai anak daripada aktivitas lain. Anak akan meningkatkan keterampilan kreatifnya. Otaknya mulai mengembangkan bidang-bidang yang terkait dengan kreativitas saat anak melihat dan bekerja dengan hal-hal kreatif. Melukis dan menggambar juga dapat membantu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.

3. cara mengkondisikan ekstrakulikuler di sd yaitu dengan membuat tata tertib dan aturan yang berlaku yang sudah di sepakati bersama. selain itu kegiatan ekstrakurikuler harus lebih ditujukan untuk kegiatan yang bersifat kelompok, sehingga kegiatan itupun didasarkan atas pilihan peserta didik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler adalah: Peningkatan aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan; Dorongan untuk menyalurkan bakat dan minat peserta didik; Penetapan waktu, obyek kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
In reply to First post

Re: Diskusi

Hana Salsabila Putri 1913053050 གིས-
Nama : Hana Salsabila Putri
NPM : 1913053050
No. Absen : 13
Semester/Kelas: 6/A

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Ekstrakulikuler bidang seni di SD perlu diciptakan karena kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Anak-anak akan memiliki kesempatan mengembangkan minat bakatnya melalui ekskul. Selain itu, ekskul melatih mereka untuk percaya akan kemampuannya sendiri karena diberi kesempatan untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Kreativitas serta kepercayaan diri mereka juga akan semakin terasah. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak-anak akan lebih relaks dan gembira setelah melewati kegiatan belajar di kelas.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Materi yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD yaitu :
  • Seni musik : bernyanyi dan bermain musik.
  • Seni tari : tari tradisi dan tari kreasi
  • Seni rupa : menggambar dan membentuk
  • Seni teater : teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama, drama musikal

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan serangkaian program kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran terprogram, yang dimaksudkan untuk meningkatkan cara berpikir siswa, menumbuhkan bakat dan minat siswa serta semangat pengabdian terhadap masyarakat. Di sekolah dasar guru sangat berperan penting dalam membantu menentukan minat bakat siswanya. Peran seorang guru tidak berhenti sebatas pada mengajarkan pelajaran di kelas saja. Seorang guru juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengarahkan bakat dan minat siswa sehingga mereka mampu mengasah bakat dan minat tersebut dengan tepat. Apabila nantinya saya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD untuk menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD yaitu, mengendalikan kegiatan (usaha untuk membentuk dan menjaga kedisiplinan peserta didik), memberikan bimbingan dan latihan intensif, innovator, penasehat, pendorong kreatifitas, evaluator dan juga teladan bagi seluruh peserta didik.
In reply to First post

Re: Diskusi

Khofiah 1913053122 གིས-
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122

Izin menanggapi pak,

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?

Ekstrakulikuler bidang seni merupakan hal yang perlu diberikan kepada peserta didik terutama di tingkat SD/MI. Ekstrakulikuler bidang seni di SD meliputi seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater dan seni rupa. Dalam pengajaran ekstrakulikuler bidang seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya ekstrakulikuler bidang seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, ekstrakulikuler bidang seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya. Dalam hal ini banyak faktor yang menghambat peserta didik untuk masuk ke dunia seni, salah satu faktornya adalah biaya yang mungkin terbilang mahal. Tetapi dengan adanya
ekstrakulikuler bidang seni di sekolah, orang tua tidak perlu memikirkan hal tersebut. Mungkin sekolah bisa memberikan ekstrakulikuler setiap minggunya, dan diajar oleh guru yang sudah berpengalaman atau yang sudah terjun dalam seni. Sehingga tidak menyebabkan asal-asalan dalam mengajarkan pendidikan seni pada peserta didik. Dari ekstrakulikuler tersebut sudah cukup untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik.

2. Ekstrakulikuler bidang seni di SD meliputi seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater dan seni rupa.
Materi yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD, yaitu :
a. Bidang seni musik (bernyanyi dan bermain musik)
b. Bidang seni tari (tari tradisi dan tari kreasi)
c. Bidang seni rupa (menggambar dan membentuk)
d. Bidang seni teater (teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama, teater musikal)

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?

Jawab :
1. Menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya di bidang seni.
2. Mampu menjadi motivator, proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa memiliki motivasi dalam belajar.
3. Mampu sebagai teman bermain, sebagai fasilitator, atau sebagai orang yang mampu memberikan segala sesuatu jika siswa menemui kesulitan dalam mempelajari materi terkait ekstrakurikuler Seni.
In reply to First post

Re: Diskusi

Annisa Fahma Rani 1913053090 གིས-
Nama: Annisa Fahma Rani
NPM: 1913053090
No. Absen: 05

izin menanggapi pak,
1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
ekstrakulikuler bidang seni di SD perlu diciptakan karena Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Ada empat jenis atau bidang di dalam pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama.
1.Seni rupa
Bidang ini memfokuskan pada pencitraan dan objek yang dibuat, ditunjukkan dan diapresiasi siswa sekolah dasar.
2.Seni musik
Bidang ini difokuskan pada karya musik yang dibuat siswa dengan mengembangkan kemampuan untuk berpikir dan mengekspresikan diri mereka di dalam bunyi. Aktivitas ini bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk mendengar apa yang dilihat dan melihat apa yang terdengar Dengan bernyanyi, bermain dan mendengarkan musik, bergerak mengikuti bunyi, improvisasi dan komposisi, para siswa mengalami kepuasan dan kenikmatan ketika mereka belajar.
3.Seni tari
Pembelajaran melalui seni tari memfokuskan pada kemampuan siswa yang menggunakan tarian sebagai suatu alat estetika, memahami struktur gestur dan gerak untuk menangkap dan menyampaikan gagasan, pencitraan dan perasaan.
4.Seni drama
Pendidikan seni drama memfokuskan pada pemahaman ekpresi dan komunikasi siswa sekolah dasar tentang isu-isu kemanusiaan dan pengalaman melalui rekontruksi kenyataan dan kemampuan membayangkan berbagai peristiwa.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
nantinyan Saat menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD yaitu dengan saya akan menerapkan hal hal yang penting dalam kegiatan ekstrakulikuler seni di SD, dan juga memahami semua karakteristik seni baik dari pelajaran yang akan diajarkan dan memahami murid saya yang saya ajarkan juga, dengan begitu kegiatan eksrtakulikuler seni di SD akan menjadi ekskul yang kondusif.
In reply to First post

Re: Diskusi

Rida Arrafini 1913053116 གིས-
Nama: Rida Arrafini
NPM: 1913053116
No.absen : 29

izin menjawab pak,
1. mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD
Dikarenakan ekstrakurikuler di bidang seni merupakan kegiatan tambahan di luar jam sekolah yang dapat memberi kesempatan bagi para siswa Sekolah Dasar untuk melakukan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti senimusik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimuli keberanian siswa Sekolah Dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari,seni rupa, ataupun seni teater.Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas siswa Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar siswa Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran.

manfaat dari kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian
  1. Memperhalus rasa yang ada pada siswa agar mampu mengapresiasi dan mengekspresikan nilai-nilai seni yang ada pada diri anak
  2. Sebagai pengembangan kegiatan ekstrakurikuler seni
  3. Mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa terhadap kesenian di Indonesia
  4. Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi bakat dan minat siswa dalam berolah seni
2. materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.

1. Seni Rupa merupakan salah satu cabang seni yang diciptakan oleh manusia yang dilihat oleh indra penglihatan. Adapun unsur seni rupa yaitu ,warna, ruang, bentuk, bidang, garis dan titik, gelap terang, tekstur. Dilhat dari segi fungsinya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu Seni rupa murni (dilihat dari segi keindahannya saja), dan Seni rupa terapan (selain dari segi keindahan juga bisa digunakan/dipakai).
2. Seni Musik merupakan salah satu cabang seni yang komponen utamanya adalah suara. Selain itu unsur lainnya adalah melodi, harmoni, tempo, dll. Adapun jenis seni musik yaitu musik tradisional, musik pop, musik jazz, musik rock, dll.
3. Seni Tari merupakan Salah satu cabang seni yang menampilkan gerakan gerakan yang memiliki unsur keindahan. Seni tari terdiri atas taru tradisional, tari modern, tari klasik, dll.
4. Seni Teater merupakan salah satu cabang seni yang menampilkan suatu pertunjukan atau pementasan di atas panggung. Adapun unsur unsur seni teater yaitu, Pemain, skenario, naskah. Contoh seni teater yaitu lenong, wayang orang, ketoprak, dll

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD.

guru harus dapat sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Kelima indikator peran guru harus diperankan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran seni agar tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud secara optimal.

Setiap anak pasti memiliki potensi. Melalui kegiatan ekstrakurikuler potensi itu dapat dikembangkan. Yang terpenting dari program pengembangan bakat dan minat melalui kagiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah menumbuhkembangkan potensi anak seperti bidang kerajinan, seni tari, seni drama, senisuara, seni musik, dan mementaskan hasil seni anak didik. 
Pelaksanaan program-program kegiatan ekstrakurikuler hendaknya dikendalikan untuk pencapaian tujuan-tujuan yang telah diterapkan dan kontribusinya terhadap perwujudan visi sekolah. Dari setiap pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler hendaknya diusahakan suasana yang kondusif, tidak terlalu membebani siswa dan tidak merugikan aktivitas kurikuler sekolah. Usahakan pelaksanaan kegiatan konsisten sebagaimana terjadwal dan terpublikasikan
In reply to First post

Re: Diskusi

Husna Hidayat 1913053134 གིས-
Nama : Husna Hidayat
NPM : 1913053134

1. Mengapa per;u diciptakan ektrakuliker bidang seni di SD
Kegiatan ekstrakurikuler kesenian dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus.

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD
bernyanyi (paduan suara) dan bermain musik, seni tari daerah dan seni tari kreasi baru, seni lukis, batik

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan pendampingan ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswi SD
sebagai guru dan pendamping ekstrakulikuler saya akan melakukan penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian dengan menyusun rencana kegiatan hingga memeriksa dan mengevaluasi ekstrakurikuler. Selanjutnya saya akan memisahkan peserta didik berdasarkan minat dan bakat dalam kesenian, dan mengatur jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler di luar jam mata pelajaran
In reply to First post

Re: Diskusi

Syella Nevliyanti 1953053021 གིས-
Nama: Syella Nevliyanti
NPM: 1953053021
No absen : 34
kelas 6A
izin menjawab :
1. Pendidikan seni merupakan hal yang perlu diberikan kepada peserta didik terutama di tingkat SD/MI. Pendidikan seni meliputi seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater dan seni rupa. Dalam pengajaran pendidikan seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya.


2. Materi Dan Media Pendidikan Seni Rupa Untuk Anak Sekolah Dasar (SD) antara lain : Menggambar/Melukis, Membentuk, Menempel, Mencetak, Menggunting-Melipat-Menempel (3M), Dekorasi, Merakit dan Membangun, Menjiplak, Kolase, Finger Painting (Lukisan Jari), Lukis Tempel/Gambar Tekstur, Merangkai/Memasang, Menghias, Mencelup, Meronce, Mencungkil, Menganyam, Membatik, Memilin, dan Karya kerajinan.



3. a. Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati

b. Bangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtua
c. Libatkan siswa dalam membuat aturan
d. Amati dan pahami perilaku setiap siswa