Pertemuan ke-2

Pertemuan ke-2

Number of replies: 44

Sebutkan teori belajar bruner?silahkan isi NPM dan Nama

In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Shela Febriani 2013053032 -
Nama: Shela Febriani
NPM: 2013053032
Hadir

Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. 
-Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. 
-Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar. 
-Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika. 
Mungkin hanya itu saja, terima kasih pak.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Fajrin Hana Hamidah 2013053016 -
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016
Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. 1. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung.
2. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar.
3. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Puja Lestari 2013053011 -
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Teori belajar bruner yaitu tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Nazhifa Husna Hanifah -
Nama : Nazhifa Husna Hanifah
Npm : 2013053049
Hadir

Teori belajar Burner terbagi menjadi 3 tahapan yaitu :
1. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana anak menggunakan keterampilan motoriknya untuk memahami apa saja yang ada di sekitar mereka.
2. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana anak belajar memahami suatu objek atau dunianya melalui gambar dan segala hal yang bersifat visual.
3. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana anak sudah memiliki ide dan gagasan yang dipengaruhi oleh kemampuan bahasa dan logika. Dengan memahami dunia di sekitar, anak belajar melalui simbol-simbol seperti bahasa, logika, dan matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Nurma yunita 2013053024 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nurma Yunita
npm : 2013053024
Izin menjawab pak. Dari sumber yang saya temukan menyatakan bahwa teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
Sekian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Amalia Indah 2013053008 -
Nama : Amalia Indah
Npm : 2013053008
Izin menjawab
Bruner merupakan teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung.Ikonik adalah didasarkan atas pikiran internal. Pengetahuan disajikan melalui gambar-gambar yang mewakili suatu konsep. Simbolik menggunakan kata kata 


In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Lasminah Mimin -
Nama : lasminah
Npm : 2013053027
Teori belajar menurut Burner yaitu adalah teori belajar yang memusatkan pada masalah apa yang di lakukan manusia dengan informasi yang di terimanya dan apa yang di lakukannya sesudah memperoleh informasi yang diskrit itu untuk mencapai pemahaman yang memberikan kemampuan padanya. 
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Gita Putri Anjali 2013053035 -
Nama : Gita Putri Anjali
NPM : 2013053035

Teori belajar Bruner yaitu teori belajar matematika yg memiliki 3 tahap yaitu tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Elok Etika Putri 2013053030 -
Izin menjawab Pak.
Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.

Nama : Elok Etika Putri
Npm : 2013053030
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Jessica Rindiani 2013053021 -
Nama : Jessica Rindiani
NPM : 2013053021
Menurut bruner proses belajar terbagi menjadi 3 tahapan yaitu ,
- Tahap enaktif
- Tahap ikonik
- Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Khairunnisa aulia 2013053025 -
Nama: Khairunnisa Aulia
Npm: 2013053025

Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Tita Mardalina -
Nama : Tita Mardalina
NPM : 2013053184
Izin menjawab pertanyaan pak. Teori Bruner meliputi 3 tahap yaitu:
Teori Belajar Bruner
1. Tahap Enaktif, tahap dimana siswa belajar memanipulasi objek konkrit secara langsung bentuk gambar.
2. Tahap Ikonik, tahap dimana siswa belajar memanipulasi objek dengan gambar.
3. Tahap Simbolik, tahap siswa belajar memanipulasi gambar tahap sebelumnya kepada simbol-simbol matematika.
Terima kasih pak
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Indah Aprilia Akmal 2013053033 -
Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033

Menurut bruner proses belajar terbagi menjadi tiga tahapan:
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Desni Lia Pramesti 2013053057 -
Nama : Desni Lia Pramesti
Npm : 2013053057

Teori Bruner merupakan teori belajar yang menekankan setiap individu pada waktu mengalami/mengenal peristiwa atau benda di dalam lingkungan nya. Teori Bruner yakni teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.
1. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung.
2. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar.
3. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Herma Zuliyanti 2013053053 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Herma zuliyanti
Npm : 2013053053
Izin menjawab

Teori belajar menurut bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu enaktif ,ikonik, simbolik.
enaktif adalah tahap belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkret secara langsung.
ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkret dalam bentuk gambar.
Simbolik adalah tahapan belajar manipulasi gambar Pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Mu'tas Ulil Absor 2013053038 -
Nama : Mu'tas Ulil Absor
Npm : 2013053038

Burner membagi 3 metode penyajian, ketiga metode tersebut yaitu
a. tahan enaktif
b. tahap ikonik
c. tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Sella Agustin Sriwinarti 2013053039 -
Nama : Sella Agustin Sriwinarti
Npm : 2013053039

Menurut bruner proses belajar terbagi menjadi 3 tahapan yaitu
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by ELLEN KUMALA DEWI 2013053050 -
Nama:Ellen Kumala Dewi
Npm:2013053050

Teori Belajar Bruner

Bruner menekankan bahwa setiap individu pada waktu mengalami atau mengenal peristiwa atau benda di dalam lingkungannya, menemukan cara untuk menyatakan Kembali peristiwa atau benda tersebut di dalam pikirannya, yaitu suatu model mental tentang peristiwa atau benda yang dialaminya dan dikenalnya. Menurut bruner proses belajar terbagi menjadi tiga tahapan

1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Rizkina Anggraini Wijaya 2013053020 -

Nama : Rizkina Anggraini Wijaya 

Npm   : 2013053020 

Izin menjawab pak, Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika. 

Sekian, terimakasih pak. 

In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by ELSYAH KURNIA 2013053044 -
Izin menjawab pak,
Nama: Elsyah Kurnia
NPM: 2013053044

Teori belajar bruer
Bruner menyatakan bahwa setiap individu pada saat mengalami atau mengenal suatu peristiwa atau benda di lingkungannya, menemukan cara untuk menyatakan kembali peristiwa atau benda tersebut di dalam pikirannya, yaitu suatu model mental tetag peristiwa atau benda yang dialaminya dan dikenalnya. Menurut bruner, proses belajar dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu:
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik

Terima kasih pak
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Wahyu Lestari 2013053023 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023
Keterangan : Hadir

Teori belajar bruner menekankan bahwa individu saat mengalami peristiwa dalam lingkungannya , menemukan cara untuk menyatakan kembali peristiwa itu dalam pikirannya. pada teori ini proses belajar dibagi menjadi 3 yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Hanifa Cahaya Putri 2013053042 -
Nama : Hanifa Cahaya Putri
NPM : 2013053042

Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.

1. Tahap Enaktif, pada tahap ini seseorang mengetahui suatu aspek dari kenyataan tanpa menggunakan pikiran atau kata-kata dan terdiri atas penyajian kejadian-kejadian yang lampau melalui respon-respon motorik.
2. Tahap Ikonik, tahap Ikonik ialah suatu tahap yang berdasarkan pikiran internal . Pengetahuan di sajikan oleh sekumpulan gambar-gambar yang mewakili suatu konsep, tetapi tidak mendefinisikan sepenuhnya konsep itu.
3. Tahap Simbolik, ialah suatu tahap yang penyajian berdasarkan pada sistem berpikir abstrak, arbitrer dan lebih fleksibel serta menggunakan kata-kata atau bahasa.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Novita Sari -
Nama : Novita Sari
Npm :2013053029

Teori belajar bruner terdiri:
Tahap enaktif
Tahap ikonik
Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Dinda Ayu Muslimah 2013053009 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009

Izin menjawab Pak
Teori belajar bruner yaitu teori belajar yang menekankan bahwa setiap individu pada waktu mengalami atau mengenal peristiwa atau benda di dalam lingkungannya, menemukan cara untuk menyatukan kembali peristiwa atau benda tersebut di dalam pikirannya, yaitu suatu model mental tentang peristiwa atau benda yang dialaminya dan dikenalnya. Menurut bruner proses belajar terbagi menjadi tiga tahapan:
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik
Dan berdasarkan hasil eksperimen serta observasi yang dilakukan oleh bruner dan kenney mengemukakan empat prinsip tentang cara belajar dan mengajar matematika yang masing-masing mereka sebut sebagai teorema. Keempat teorema itu adalah:
1. Teorema konstruksi
2. Teorema notasi
3. Teorema pengontrasan dan keanekaragaman (variasi)
4. Teorema pengaitan (konektivitas)
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Astrit Ardiana Lestari 2013053055 -
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 2013053055

Teori Belajar Bruner
1. Tahap anaktif, pada tahap ini anak diminta belajar dengan memanfaatkan keterampilan motoriknya untuk memahami berbagai hal yang ada di lingkungannya.
2. Tahap ikonik, pada tahap ini anak belajar memahami suatu objek atau dunianya melalui gambar dan segala hal yang bersifat visual.
3. Tahap simbolik, pada tahap ini anak belajar melalui simbol-simbol seperti bahasa, logika, dan matematika. Pada tahap ini juga anak sudah memiliki ide dan gagasan yang dipengaruhi oleh kemampuan bahasa dan logika yang dimiliki.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Nilam Dwi Septiyani 2013053019 -
Nama : Nilam Dwi Septiyani
Npm : 2013053019

Teori belajar bruner adalah salah satu teori belajar matematika. Teori belajar bruner terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Shofia Habibah 2013053040 -
Nama : Shofia Habibah
Npm : 2013053040

Teori bruner mempunyai 3 tahap
-Tahap Enaktif
Tahap ini bersifat tindakan
-Tahap Ikonik
Dimana pengetahuan akan dipresetasikan atau diwujudkan kembali dengan bayangan visual
-Tahap simbolik
Pada tahap ini , maka siswa sudh dapat mempresentasikan salam bentuk simbol-simbol abtrak.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Demas Arya Guna -
Teori belajar Bruner
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik

Nama : Demas Arya Guna
NPM : 2013053007
Hadir
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Hanifatun Nabila -
Nama : Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012

Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.
- Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung.
- Tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkrit kedalam bentuk gambar.
-Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Lidya Fransiska 2013053015 -
Nama: lidya fransiska
Npm:2013053015

Jadi Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Ade Suryani 2013053002 -
Nama: Ade Suryani
Npm: 2013053002

Teori belajar bruner adalah tahap enakif, tahap ikonik, dan tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Eni Annisa 2013053045 -
Nama : Eni Annisa
Npm : 2013053045
Teori belajar menurut bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu enaktif ,ikonik, simbolik.
a. tahap enaktif adalah tahap belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkret secara langsung.
b. tahap ikonik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi objek konkret dalam bentuk gambar.
c. tahap Simbolik adalah tahapan belajar manipulasi gambar Pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Fitrya Dwi Rahmadhani -
Nama : Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM : 2013053026

Teori bruner adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif ikonik dan simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Ninda Nirmala Septiani 2013053047 -
Nama : Ninda Nirmala Septiani
NPM: 2013053047

izin menjawab pak,
Teori belajar bruner, Bruner menekankan setiap individu pada waktu mengalami atau mengenal peristiwa atau benda di dalam lingkungannya, menemukan cara untuk menyatakan kembali peristiwa atau benda tersebut di dalam pikirannya yaitu suatu model mental tentang peristiwa atau benda yang dialaminya dan dikenalnya. Menurut bruner proses belajar ada 3 tahap:
1. Tahap enaktif
2. Tahap ikonik
3. Tahap simbolik
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Siska Siska Wulandari -
Nama: Siska Wulandari
NPM: 2013053001

Model penyajian yang dikenal dengan teori Belajar Bruner, dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Model Tahap Enaktif
Dalam tahap ini penyajian yang dilakukan melalui tindakan anak secara langsung terlibat dalam memanipulasi (mengotak-atik) objek. Pada tahap ini anak belajar sesuatu pengetahuan di mana pengetahuan itu dipelajari secara aktif, dengan menggunakan benda-benda konkret atau menggunakan situasi yang nyata, pada penyajian ini anak tanpa menggunakan imajinasinya atau kata-kata. Ia akan memahami sesuatu dari berbuat atau melakukan sesuatu.
2. Model Tahap Ikonik
Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran inter-nal dimana pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak, berhubungan dengan mental yang merupakan gambaran dari objek-objek yang dimanipulasinya. Anak tidak langsung mema nipulasi objek seperti yang dilakukan siswa dalam tahap enaktif.

Tahap ikonik, yaitu suatu tahap pembelajaran sesuatu pengetahuan di mana pengetahuan itu direpresentasikan (diwujudkan) dalam bentuk bayangan visual (visual imaginery), gambar, atau diagram, yang menggambarkan kegiatan kongkret atau situasi kongkret yang terdapat pada tahap enaktif tersebut di atas (butir a). Bahasa menjadi lebih penting sebagai suatu media berpikir. Kemudian seseorang mencapai masa transisi dan menggunakan penyajian ikonik yang didasarkan pada pengindraan kepenyajian simbolik yang didasarkan pada berpikir abstrak.
3. Model Tahap Simbolis
Dalam tahap ini bahasa adalah pola dasar simbolik, anak memanipulasi simbul-simbul atau lambang-lambang objek tertentu. Anak tidak lagi terikat dengan objek-objek seperti pada tahap sebelumnya. Anak pada tahap ini sudah mampu menggunakan notasi tanpa ketergantungan terhadap objek riil.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

by Sofi Cahya Fitri 2013053028 -
nama = Sofi Cahya Fitri
NPM = 2O13O53O28
teoti teori belajar Bruner yaitu
1. tahap Enaktif yaitu tahap mencoba dengan memberikan contoh yang mudah dan nyata.
2. tahap ikonik yaitu yaitu tahap dengan contoh adanya benda bayangan.
3. tahap simbolik yaitu tahap yang diejelaskan dengan cara simbolik, sehingga siswa dapat membedakan simbol simbol.
terima kasih pak