Pertemuan ke-2

Pertemuan ke-2

Number of replies: 41

Sebutkan teori van hiele?silahkan isi nama dan NPM

In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Ikhsan Kurniawan གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ikhsan Kurniawan
NPM : 2013053164
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Dhea Ayu Purba Laras གིས-
Izin menjawab pak
Nama : Dhea Ayu Purba Laras
NPM : 2013053119

Teori Van Hiele merupakan teori geometri. Van hiele menemukan tahapan tahapan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri.
Adapun tahapaj anak dalam belajar geometri adalah :
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan
4. Tahap deduksi
5. Tahap akurasi

Terimakasih pak
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Ferdyansyah 2013053054 གིས-
Nama : Ferdyansyah
NPM : 2013053054

Menurut van Hiele, terdapat lima tahapan pemahaman geometri, yaitu:
a. Tahap Pengenalan
b. Tahap Analisis
c. Tahap Pengurutan
d. Tahap Deduksi
e. Tahap Keakuratan
Menurut van Hiele, terdapat tiga unsur utama dalam pengajaran geometri, yaitu:
waktu, meteri pengajaran, dan metode pengajaran. Apabila ketiga unsur itu dikelola
dengan baik, maka peningkatan kemampuan berpikir anak lebih tinggi.
Bila dua orang mempunyai tahap berpikir yang berlainan, kemudian mereka
bertukar pikiran, maka keduanya tidak akan saling mengerti.
Kegiatan belajar siswa harus disesuaikan dengan tahap berpikir siswa.
Menurut van Hiele, pengurutan topik-topik geometri harus disesuaikan dengan
tingkat kesukarannya.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Lutfi Liana Pramesti གིས-
Nama : Lutfi Liana Pramesti
NPM : 2013053083
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran. 5 tahapan pembelajaran geometri yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Divana Oriza Sativa 2013053128 གིས-
Nama : Divana Oriza Sativa
Npm : 2013053128
No absen : 9

Izin menjawab pak,
Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Van Hiele (dalam Ismail, 1998) menyatakan bahwa terdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: Tahap pengenalan,
analisis, pengurutan, deduksi, dan keakuratan.
1. Tahap pengenalan
Pada tahap ini siswa hanya baru mengenal bangun-bangun geometri seperti bola, kubus, segitiga, persegi dan bangun-bangun geometri lainnya.
2. Tahap analisis
Pada tahap ini anak sudah dapat memahami sifat-sifat dari bangun-bangun geometri.
3. Tahap pengurutan
Pada tahap ini pemahaman siswa terhadap geometri lebih meningkat lagi dari sebelumnya yang hanya mengenal bangun-bangun geometri beserta sifat- sifatnya, maka pada tahap ini anak sudah mampu mengetahui hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri lainnya.
4. Tahap deduksi
Pada tahap ini anak sudah dapat memahami deduksi, yaitu mengambil kesimpulan secara deduktif. Pengambilan kesimpulan secara deduktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus.
5. Tahap akurasi
Pada tahap ini anak sudah memahami betapa pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Tamam Abdiella Sancari གིས-
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Nama : Tamam Abdiella Sancari
NPM : 2013053176
Teori Van Hiele merupakan teori khusus yang digunakan dalam bidang geometri. Teori ini memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan , tahap orientasi deduksi, dan tahap akurasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Dinda Wahyu Puspita 2013053137 གིས-
Izin menjawab,
Nama : Dinda Wahyu Puspita
Npm : 2013053137
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu :
1. Tahap informasi
2. Tahap orientasi terarah
3. Tahap eksplisitasi
4. Tahap orientasi bebas
5. Tahap integrasi.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Dita Khoirunnisa གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dita Khoirunnisa
NPM : 2013053106
Teori belajar van hiele merupakan teori perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 yaitu, tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

ARIF RAHMAN 2013053069 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Arif Rahman
Npm : 2013053069

Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu sebagai berikut :

1.Tahap Pengenalan (Visualisasi).
Pada tahap ini siswa memandang suatu bangun geometri secara keseluruhan (holistic).

2.Tahap Analisis.
Pada tahap ini siswa telah mulai mengenal sifat, ciri atau unsur-unsur dari suatu bangun geometri.

3.Tahap Pengurutan.
Pada tahap ini siswa telah mulai megenal pengurutan dan hubungan antar bangun.

4.Tahap Deduksi.
Pada tahap ini siswa telah mengenal definisi-definisi, teorema, postulat dan aksioma-aksioma.

5.Tahap Akurasi ( Rigor).
Tahap ini disebut juga tahap metamatematis, dimana siswa mampu melakukan penalaran secara formal tentang sistem-sistem matematika bekerja, tanpa membutuhkan benda yang kongkret sebagai acuan.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Nova Nova Atika Royani གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nova Atika Royani
NPM : 2013053163

Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Teori Van Hiele ini membantu siswa untuk lebih memahami geometri dengan belajar melalui pengalaman, siswa tidak dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu materi geometri yang akan diajarkan sehingga siswa akan menemukan pengetahuannya sendiri melalui proses belajar yang mereka lakukan.
Menurut teori Van Hiele, siswa akan melalui lima tingkat berpikir dalam mempelajari dan memahami geometri, yaitu tahap-1 (visualisasi), tahap-2 (analisis), tahap-3 (deduksi informal), tahap-4 (deduksi), dan tahap-5 (rigor).
Terimakasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Ida Farida གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Farida
NPM : 2013053051
Izin menjawab pak
 Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran, yaitu :
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan
4. Tahap dedukasi
5. Tahap akurasi
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Ni Luh Putu Suciari གིས-
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003

Izin menjawab, Van hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui obsesfasi dan tanya jawab, kemudian hasilnya ditulis dalam desertasi pada 1954. Penelitian yang dilakukan oleh Van hiele melahirkan beberapa kesimpulan tentang tahapan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri seperti tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi. 

Jadi teori Van hiele adalah teori tentang perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri melalui tahapan pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi dan akurasi.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Sonnya Adelia གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Sonnya Adelia
NPM : 2013053140
Izin menjawab
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Menurut Van Hiele mterdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi. Berikut ini tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran lainnya.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Roza Melinda Puri 2013053004 གིས-
Nama : Roza Melinda Puri
NPM : 2013053004

Izin menjawab pak,
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Dimana tahapannya ialah :
1.Tahap pengenalan
2. Tahap Analisis
3.Tahap pengurutan
4.Tahap Dedukasi
5. Tahap Akurasi/ keakuratan

Terimakasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Rahmat Rahmat Agung Dwisarjana གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rahmat Agung Dwisarjana
NPM : 2013053086
Teori Van Hiele adalah teori yang digunakan untuk membantu kognitif anak dalam memahami geometri. Teori Van Hiele dibagi menjadi 5 tahap, yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi
terima kasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Anggini Mareta གིས-
Nama : Anggini Mareta
Npm : 2013053046
Menurut Van Hiele ada tiga unsur yang ada dalam pembelajaran matematika yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang jika ketiganya ditata secara terpadu maka akan meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir yang lebih tinggi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Niken Niken Ayu Saputri གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Niken Ayu Saputri
Npm : 2013053005

Izin menjawab pak
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu :
1.Tahapan pengenalan
2.Tahapan analisis
3.Tahapan pengurutan
4.Tahapan deduksi
5.Tahapan Akurasi

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Mita Ayuning Tias གིས-
Nama : Mita Ayuning Tias
Npm : 2013053034

Izin menjawab pak
Penelitian yang dilakukan van Hiele melahirkan kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahapan-tahapannya adalah tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi.
Terimakasih...
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Putri Septiana གིས-
Nama: Putri Septiana
NPM: 2013053105

Teori van Hiele merupakan teori belajar mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami teori geometri dari pemahaman sifat-sifat bangun yang telah diketahui sebelumnya.
Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan, yaitu tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Safira Ulfa གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Safira Ulfa
NPM : 2013053110
Izin menjawab pak,
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri. Teori ini ditemukan oleh Van Hiele yaitu seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui obsesfasi dan Tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam desertasi pada talman 1954. penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan, yaitu tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi :
1. Tahap Pengenalan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Pengurutat
4.Tahap Deduksi
5.Tahap Akurasi
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Lutfi Qurrotul A'yun གིས-
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lutfi Qurrotul A'yun
NPM : 2013053135
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi
Terima kasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Dinda Maharani གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036
 
Izin menjawab bapak, teori belajar van Hiele sendiri adalah teori belajar dimana lebih menekankan daya berpikir siswa dalam pembelajaran matematika yaitu geometri sehingga dengan diterapkannya teori belajar van Hiele siswa diharapkan mampu untuk bersikap aktif selama proses pembelajaran namun pendidik atau guru harus mampu bersikap aktif juga dengan memberikan materi pembelajaran dengan baik sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara pendidik dan siswa dalam penerapan teori belajar ini. Dalam teori belajar van Hiele ini pokok bahasan yang dibahas adalah mengenai luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IV. Teori ini lebih mengutamakan pada pemahaman kognitif siswa dalam memahami geometri yang meliputi 5 tahapan belajar yaitu :
1. Tahap Pengenalan yaitu tahap dimana siswa baru mengenal bagaimana bentuk bangun-bangun geometri seperti segitiga, persegi atau kubus, balok/persegi panjang, tabung, bola dst.
2. Tahap Analisis yaitu pada tahap ini siswa, mereka sudah mulai memahami mengenai ciri" bangun-bangun geometri, kemudian sifat bangun geometri dst.
3. Tahap Pengurutan yaitu pada tahap pengurutan ini sudah lebih memahami dan mengetahui lebih mengenai bangun-bangun geometri seperti hubungan keterkaitan antara satu bangun geometri dengan bangun geometri yang lainnya.
4. Tahap Deduksi yaitu pada tahap ini sepertinya anak sudah dapat menyelesaikan atau menarik kesimpulan dari sebuah masalah secara deduktif yaitu dari umum ke khusus artinya sudah mulai dapat mengerucutkan contoh kubus adalah bangun geometri yang memiliki sisi sama besar, jumlah rusuk kubus ada 12 rusuk, dst.
5. Tahap Akurasi yaitu tahap dimana siswa atau peserta didik sudah memahami betul bahwa pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian.

Terimakasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Rita Septiana གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Bapak
Nama : Rita Septiana
Npm : 2013053048

Izin menyampaikan pendapat Pak
Sebelum kita mengetahui teori belajar menurut Van Hiele, ada baiknya kita mengena siapa Van Hiele.
Van Hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan melalui observasi dan tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam desertasi pada tahun 1954. Penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap- tahap pengembangan kognitif anak dalam memahami geometri .
Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan yaitu :
1. Tahap Pengenalan
Pada tahap pengenalan ini siswa baru mengenal bangun-bangun geometri dapat mengidentifikasi bentuk secara keseluruhan dan menentukan secara lisan sesuai dengan kenampakannya.

2. Tahap Analitis
Pada tahap ini siswa sudah dapat memahami sifat-sifat bangun geometri seperti jika diberikan kubus, maka siswa akan menyatakan jika kubus mempunyai 6 sisi dan 12 rusuk. Pada tahap ini siswa belum mampu mengetahui hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri lainnya.

3. Tahap Pengurutan
Pada tahap ini siswa sudah mampu mengetahui hubungan yang terkait dengan antara suatu bangun geometri yang satu dengan yang lainnya. Siswa pada tahap ini sudah memahami pengurutan bangun-bangun geometri dan dapat mengikuti langkah pembuktian tetapi belum dapat melakukannya sendiri.

4. Tahap Deduksi
Pada tahap ini siswa sudah mampu memahami secara deduksi yang artinya siswa mampu mengambil keputusan secara deduktif atau penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus. Siswa pada tahap ini dapat menggunakan teorema, aksioma dan definisi dalam pembuktian geometri.

5. Tahap Akurasi
Tahap ini merupakan tahap terakhir dari perkembangan kognitif siswa dalam memahami geometri. Tahap ini siswa sudah memahami betapa pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian.

Terimakasih Bapak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Riska Dwi Ayu Triyana གིས-
Nama : Riska Dwi Ayu Triyana
NPM : 2013053097

Izin menjawab pak,
Teori Van hiele memiliki 5 tahapan anak dalam belajar geometri, yaitu : 1) Tahap Pengenalan, 2) Tahap Analisis, 3) Tahap Pengurutan, 4) Tahap Deduksi, dan 5) Tahap Akurasi.
Dan teori belajar van Hiele ini diharapkan mampu membuat siswa bersikap aktif selama proses pembelajaran dan untuk saling membantu serta bekerja sama selama proses pembelajaran berlangsung.

Terima kasih
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Indah Indah Hartini གིས-

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh 

Nama : Indah Hartini 

Npm : 2013053162

izin menjawab pak, 

Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.

Teori Van Hiele ini membantu siswa untuk lebih memahami geometri dengan belajar melalui pengalaman, siswa tidak dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu materi geometri yang akan diajarkan sehingga siswa akan menemukan pengetahuannya sendiri melalui proses belajar yang mereka lakukan.

Menurut Van Hiele ada tiga unsur yang ada dalam pembelajaran matematika yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang jika ketiganya ditata secara terpadu maka akan meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir yang lebih tinggi.

terima kasih. 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh 

In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Arawinda Olatta གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Arawinda Olatta
NPM : 2013053089

Izin menjawab
Teori Van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Pajar irawan 2013053085 གིས-
Izin menjawab pak
Nama : Pajar Irawan
NPM : 2013053085
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Menurut van Hiele, terdapat lima tahapan pemahaman geometri, yaitu:
a. Tahap Pengenalan
b. Tahap Analisis
c. Tahap Pengurutan
d. Tahap Deduksi
e. Tahap Keakuratan
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Risca Wulantika 2013053147 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab
Nama : Risca Wulantika
NPM : 2013053147
Teori belajar Van hiele
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Van hiele sendiri merupakan seorang pengajar matematika yang berasal dari Belanda beliau melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahap-tahap tersebut yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

Rinta Renjani 2013053098 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rinta Renjani
NPM : 2013053098

Penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri.

Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri kepemimpinan ada 5 tahapan menurut Van Hiele, yaitu :
1. Tahap Pengenalan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Pengurutan
4. Tahap Deduksi
5. Tahap Akurasi
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

M. Zauzi Turseno གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : M. Zauzi Turseno
Npm : 2013053146
Teori Belajar Van Hiele dikembangkan dalam geometri. Van Hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui observasi dan tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam disertasinya pada tahun 1954. Penelitian yang dilakukan Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Menurut Van Hiele mterdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
In reply to First post

Re: Pertemuan ke-2

ELY LUPITA SARI 2013053133 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ely Lupita Sari
NPM : 2013053133
Menurut teori Van Hiele siswa akan mengalami tingkatan berfikir tentang geometri melalui 5 tahap yaitu:
1.Tahap Pengenalan (Visualisasi).
Pada tahap ini siswa memandang suatu bangun geometri secara keseluruhan (holistic).
2.Tahap Analisis.
Pada tahap ini siswa telah mulai mengenal sifat, ciri atau unsur-unsur dari suatu bangun geometri.
3.Tahap Abstraksi.
Pada tahap ini siswa telah mulai megenal pengurutan dan hubungan antar bangun.
4.Tahap Deduksi.
Pada tahap ini siswa telah mengenal definisi-definisi, teorema, postulat dan aksioma-aksioma.
5.Tahap Akurasi ( Rigor).
Tahap ini disebut juga tahap metamatematis, dimana siswa mampu melakukan penalaran secara formal tentang sistem-sistem matematika bekerja, tanpa membutuhkan benda yang kongkret sebagai acuan.

Menurut van Hiele semua anak mempelajari geometri pasti melalui urutan dari tahap-tahap diatas , tanpa bisa di diubah urutannya atau diloncati. Akan tetapi kapan seorang siswa memasuki tahapan-tahapan tersebut tidaklah sama antar anak yang satu dengan yang lain.