Diskusi Pertemuan 12

Diskusi Pertemuan 12

Number of replies: 16

STEM menjadi tren pembelajaran agar menjadi bermakna... belajar tidak hanya pada tataran pengetahuan saja yang diperoleh oleh siswa.. beri tanggapan anda mengapa demikian? jelaskan komponen STEM menggunakan penjelasan sendiri

In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Berti Yolida -
silahkan beri tanggapan anda
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Amalia Desma Triani -
Nama : Amalia Desma Triani
NPM : 1953024001
STEM menjadi pembelajaran yang bermakna karena STEM merupakan pendekatan yang menggabungkan keempat disiplin ilmu tersebut secara terpadu ke dalam metode pembelajaran berbasis masalah. Metode pembelajaran berbasis STEM menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu kasus. Sehingga proses pendidikan berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang nyata serta dalam kehidupan professional. Belajar dengan menggunakan pendekatan STEM sangat penting, karena memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk dapat mengintegrasikan setiap aspek sekaligus.
Komponen STEM :
1. Sains : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatan memiliki nilai sains nya yang mencakup biologi,fisika dan kimia.
2. Teknologi : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatannya mengandung topik-topik seperti pemodelan dan prototipe digital, pencetakan 3D, teknologi seluler, pemrograman komputer, analitik data, Internet of Things (IoT), pembelajaran mesin, dan pengembangan permainan.
3. Enginering : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatan mencakupi sama seperti teknologi, bidang dan ruang lingkup teknik telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kelas-kelas teknik mungkin mencakup topik-topik seperti teknik sipil, elektronik, teknik elektro, teknik mesin, dan robotika - topik yang banyak orang tua tidak dapat membayangkan pembelajaran sedini SD.
4. Matematika : Dalam suatu kegiatan/pembelajaran mengandung materi menggabungkan konsep dan latihan yang menerapkan sains, teknologi, dan teknik untuk matematika.
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Nabila Alifia Innayah -
Nama : Nabila Alifia Innayah
NPM : 1913024019

Komponen STEM terdiri atas Science, Technology, Engineering, and Mathematics, yang menerapkan proses pembelajaran menjadi inovasi dan lebih bermakna dapat meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan keterampilan. Menerapkan STEM dalam pembelajaran akan lebih trend dan bermakna karena dalam kegiatan siswa dapat memiliki kemampuan menggunakan pengetahuan ilmiah dan proses untuk memahami dunia alam serta kemampuan untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan untuk mempengaruhinya, pengetahuan bagaimana menggunakan teknologi baru, memahami bagaimana teknologi baru dikembangkan, dan memiliki kemampuan untuk menganalisis bagaimana teknologi baru mempengaruhi individu, dan masyarakat, penerapan ilmu dan teknologi melalui proses desain
menggunakan tema pembelajaran berbasis proyek dengan cara mengintegrasikan dari beberapa mata pelajaran berbeda (interdisipliner), kemampuan menganalisis, alasan, dan mengkomunikasikan ide secara efektif dan dari cara bersikap, merumuskan, memecahkan, dan menafsirkan solusi untuk masalah matematika dalam penerapannya.

Terima Kasih Ibu
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Dewi Sinta Rahayu -
Nama: Dewi Sinta Rahayu
NPM: 1913024007

izin menjawab Bu, STEM menjadi tren pembelajaran untuk menghadapi revolusi industry 4.0, dengan pendekatan STEM mampu melatih siswa untuk dapat berkomunikasi, berkilaborasi, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah serta kreatif dan inovatif sehingga peserta didik mampu menghadapi tantangan global dan pembelajaran jauh lebih bermakana.
Komponen STEM terdiri dari sains, teknologi, engineering, dan matematika.
Sains (science) memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam.
Teknologi (technology) adalah keterampilan atau sebuah sistem yang digunakan dalam mengatur masyarakat, organisasi, pengetahuan atau mendesain serta menggunakan sebuah alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan.
Teknik (engineering) adalah pengetahuan untuk mengoperasikan atau mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah.
Matematika (math) adalah ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka dan ruang disertai dengan bukti empiris.
Masing-masing aspek STEM (Science, Technology, Engineering and Math) jika diintegrasikan akan membantu peserta didik menyelesaikan suatu masalah secara jauh lebih komprehensif. Pengintegrasian seluruh aspek ini ke dalam proses pembelajaran, akan membuat pengetahuan menjadi lebih bermakna.
Terima Kasih Bu
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Endri Dwiyanti -
Nama : Endri Dwiyanti
Npm : 1913024023
mohon izin menjawab ibu
STEM menjadi tren pembelajaran agar menjadi bermakna,belajar tidak hanya pada tataran pengetahuan saja yang diperoleh oleh siswa karena STEM adalah sebuah pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong peserta didik untuk berpikir lebih luas tentang masalah di dunia nyata. metode STEM ini berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Science bisa ditemukan pada segala hal di kehidupan peserta didik. Technology akan terus berkembang dalam kehidupan. Engineering tergambarkan dalam bagaimana jalan, jembatan, kontruksi dan lain-lain dibangun dengan baik, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sedangkan Mathematics akan selalu kita gunakan dalam setiap aspek kehidupan.

Komponen STEM
Sains
peserta didik akan disuguhi sebuah ilmu pengetahuan mengenai aturan, hukum, teori konsep yang sudah ditetapkan pada alam. Dimana hukum alam bisa dipelajari secara empiris yang bersifat objektif.
Teknologi
peserta didik akan diberi sebuah keterampilan untuk memahami alat yang digunakan untuk mempermudah segala permasalahan yang ada.
Teknik
peserta didik akan diberi sebuah cara untuk merancang sebuah sistem seperti prosedur dan aturan untuk merampungkan sebuah masalah.
Matematika
peserta didik akan diajari mengenai korelasi antara besaran, ruang dan angka yang digunakan untuk membuat argumen secara rasional dan logis tanpa harus ada fakta empiris.
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Selviana Wulandari -
Nama : Selviana Wulandari
NPM : 1913024031

Sains, teknologi, teknik, dan matematika, adalah sebuah istilah yang dipakai kepada sekelompok pelajaran akademik. Istilah tersebut biasanya dipakai saat mengalamatkan pilihan kurikulum dan kebijakan pendidikan di sekolah-sekolah untuk menunjang kekompetitifan dalam pengembangan sains dan teknologi.
Komponen STEM
1. Sains : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatan memiliki nilai sains nya yang mencakup biologi,fisika dan kimia.
2. Teknologi : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatannya mengandung topik-topik seperti pemodelan dan prototipe digital, pencetakan 3D, teknologi seluler, pemrograman komputer, analitik data, Internet of Things (IoT), pembelajaran mesin, dan pengembangan permainan.
3. Enginering : Dimana dalam suatu pembelajaran/kegiatan mencakupi sama seperti teknologi, bidang dan ruang lingkup teknik telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kelas-kelas teknik mungkin mencakup topik-topik seperti teknik sipil, elektronik, teknik elektro, teknik mesin, dan robotika - topik yang banyak orang tua tidak dapat membayangkan pembelajaran sedini SD.
4. Matematika : Dalam suatu kegiatan/pembelajaran mengandung materi menggabungkan konsep dan latihan yang menerapkan sains, teknologi, dan teknik untuk matematika.
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Inayatul Ainiyah Cahyani -
Nama: Inayatul Ainiyah Cahyani
NPM: 1913024013

izin menjawab bu, STEM menjadi tren pembelajaran agar menjadi bermakna dan tidak hanya pada tataran pengetahuan saja karena komponen STEM terdiri atas Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Berdasarkan gabungan komponen tersebut siswa dapat lebih berpikir kritis, mandiri, sehingga pembelajaran pun menjadi lebih bermakna. kemudian Siswa dilatih untuk mengenali dan memahami konsep dalam suatu permasalahan. Kemudian, menghubungkannya dengan teknologi dan merangkainya serta mampu mengembangkan ide pemikirannya.
komponen STEM, yaitu:
1. Sains adalah pengetahuan yang terbentuk dari pemeriksaan ilmiah dan menghasilkan pengetahuan baru.
2. Teknologi adalah pengetahuan, proses, perangkat-perangkat yang kemudian menciptakan benda dan mengoprerasikannya.
3. Teknik adalah desain dari penciptaan benda dan proses untuk memecahkam masalah. Teknik memanfaatkan konsep sains, matematika, dan alat-alat teknologi.
4. Matematika adalah studi tentang pola dan hubungan antara jumlah, angka, dan ruang. Dalam etnosains seperti pengukuran, perbandingan bahan, dan lainnya.
In reply to Berti Yolida

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Anisa Mulyani -
Nama : Anisa Mulyani
NPM : 1913024035

izin menjawab bu, STEM menjadi tren pembelajaran agar bermakna dan tidak hanya pada tataran pengetahuan saja karena komponen STEM terdiri atas Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Dimana gabungan dari keempat komponen tersebut dapat membuat siswa untuk lebih mandiri, aktif, berpikir kritis, dan nyata sehingga pembelajaran pun menjadi lebih bermakna. Siswa dilatih untuk memahami, mengenali dan memahami konsep dalam suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya. Kemudian, menghubungkannya dengan teknologi dan merangkainya serta mampu mengembangkan ide pemikirannya. Dari pembelajaran ini sudsh sesuai dengan masa sekarang yaitu abad 21, perkembangan zaman yang modern.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Alvina Aulia Syafitri -
Nama : Alvina Aulia Syafitri
Npm : 1913024027

izin mencoba menjawab

Menurut saya penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran ini sudah sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21, oleh karena itu gabungan antara pengetahuan (Science), keterampilan mendesain sebuah karya (Engineering) dan menyusunnya secara sistematis dan logis (Mathematics) dapat digunakan untuk menjawab masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran salah satunya pembelajaran IPA. Science merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia. Technology merupakan inovasi atau penemuan manusia yang dapat berupa perangkat lunak dan keras sebagai sarana untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia untuk kehidupan yang lebih maju. Engineering merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain, mengaplikasikan, mereplikasi serta marekayasa sebuah karya berupa peralatan, sistem dan mesin yang dapat digunakan oleh manusia untuk mempercepat dan mempermudah proses produksi terhadap barang dan jasa, dan Mathematics merupakan Ilmu yang berhubungan dengan numerasi, pola perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk. keterampilan berpikir secara rasional dan logis serta bernalar, dan menggunakannya secara sistematik dan terstruktur.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Nyoman Trijaya Kusuma -
Selamat pagi ibu, saya izin menanggapi ibu,
Nama : Nyoman Trijaya Kusuma
NPM : 1953024003
Izin menanggapi
STEM dikatakan menjadi tren pembelajaran agar menjadi lebih bermakna karena STEM dapat digunakan sebagai pendekatan untuk mengajar dua atau lebih bidang STEM dan dapat menghubungkan masing-masing bidang STEM agar dapat meningkatkan pembelajaran siswa, STEM merupakan suatu pembelajaran terintegrasi antara sains, teknologi, teknik dan matematika, untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui proses peemecahah masalah dalam kehidupan sehari-harinya.

Bagian dari STEM yaitu
1. Sains : didalam sains ini akan dikaji suatu fenomena alam yang nantinya akan melibatkan suatu observasi atau penelitian
2. Teknologi : didalam teknologi ini akan dikaji suatu inovasi untuk memudahkan suatu kebutuhan manusia
3. Engineering : didalam Engineering ini akan dikaji suatu pengetahuan dan keterampilan untuk mengkontruksikan suatu alat, sistem dan mesin yang nantinya dapat bermanfaat bagi manusia secara ekonomis
4. Matematika : didalam matematika akan dikaji suatu pola-pola serta hubungan-hubungan yang bisa mendukung ilmu sains, teknologi dan engineering.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Meliani Putri -
Nama : Meliani Putri
NPM : 1713024053

Izin menjawab bu...

STEM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics Metode ini digunakan untuk memberi relevansi lebih besar pada mata pelajaran di kelas karena STEM langsung membahas dunia dan masalah nyata siswa dan masyarakat. Hal-hal pokok terkait pembelajaran STEM, yaitu : Pertama, STEM harus berfokus pada isu atau masalah nyata. Setiap pelajaran harus kontekstual. Kedua, STEM merupakan kegiatan bersifat inkuiri, hands-on, dan open-ended. Kurtilas menyatakan bahwa pelajaran itu harus saintifik. Ketiga, STEM dikembangkan melalui proses perancangan rekayasa (engineering design processes). Siswa senantiasa didorong untuk berkreasi, melakukan inovasi dan terobosan. Keempat, STEM menerapkan sains dan matematika secara kreatif, efektif, dan kontekstual. Kelima, STEM memungkinkan jawaban jamak dari siswa dan memperbaiki kegagalan sebagai bagian penting dari pembelajaran. Keenam, STEM membangun kemampuan bekerjasama.

Terimakasih bu.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Firas Zulfa Farhana -
Nama: Firas Zulfa Farhana
NPM:1913024025
Izin menjawab:

Pendekatan STEM membangun kemampuan siswa dan karakter siswa menjadi sosok yang mampu berinovasi, menyelesaikan solusi dari sebuah permasalahan dan mampu berkolaborasi. Siswa dilatih untuk mengembangkan daya nalar, pemikiran kritis, serta logika berpikir yang sistematis dalam memecahkan masalah. Dalam STEM, selain berfokus pada penguasaan konsep ilmu eksaktanya, siswa juga dilatih untuk mengembangkan kompetensi sosial melalui kegiatan kolaborasi dalam kelompok. Siswa dilatih untuk mengenali dan memahami konsep dalam suatu permasalahan. Kemudian, menghubungkannya dengan teknologi dan merangkainya serta mampu mengembangkan ide pemikirannya.

Sains: memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam

Teknologi (technology): keterampilan atau sebuah sistem yang digunakan dalam mendesain serta menggunakan sebuah alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan

Teknik (engineering): pengetahuan untuk mengoperasikan atau mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah

Matematika (math): ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka pola, dan ruang.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Maricha Marulina Nainggolan -
Nama: Maricha Marulina Nainggolan, NPM: 1913024009, izin menjawab bu
Menggunakan STEM diharapkan dapat menghantarkan peserta didik memenuhi kemampuan abad 21 antara lain yaitu kemampuan belajar dan berorientasi yang meliputi: berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kreatif dan inovatif, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi, terampil untuk menggunakan media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK); kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir. Pendekatan STEM pun dapat diterapkan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompetitif dengan negara negara maju lainnya.
1. Sains adalah pengetahuan yang terbentuk dari pemeriksaan ilmiah dan menghasilkan pengetahuan baru.
2. Teknologi adalah pengetahuan, proses, perangkat-perangkat yang kemudian menciptakan benda dan mengoprerasikannya.
3. Teknik adalah desain dari penciptaan benda dan proses untuk memecahkam masalah. Teknik memanfaatkan konsep sains, matematika, dan alat-alat teknologi.
4. Matematika adalah studi tentang pola dan hubungan antara jumlah, angka, dan ruang. Dalam etnosains seperti pengukuran, perbandingan bahan, dan lainnya.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Dhea Olivia Amanda -
Nama : Dhea Olivia Amanda
NPM : 1913024005

Izin menjawab, Bu
Menurut saya, benar bahwa STEM menjadi tren pembelajaran dengan tujuan agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, karena pada dasarnya belajar tidak hanya pada tataran pengetahuan saja yang diperoleh oleh siswa. Seperti yang diketahui bersama bahwa bagi seorang pendidik, tantangan terbesarnya adalah bagaimana memberikan peluang kepada siswa agar siswa mampu menghubungkan pengetahuan dengan keterampilannya, sehingga menjadi suatu kesatuan yang dapat digunakan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran guna mencapai kebermaknaan. Pendekatan STEM membangun kemampuan soft skills dan karakter siswa menjadi sosok yang inovatif,solutif, dan kolaboratif. Siswa dilatih untuk mengembangkan daya nalar, pemikiran kritis, serta logika berpikir yang sistematis dalam memecahkan masalah. Dalam STEM, selain berfokus pada penguasaan konsep ilmu eksaktanya, siswa juga dilatih untuk mengembangkan kompetensi sosial melalui kegiatan kolaborasi dalam kelompok. Siswa dilatih untuk mengenali dan memahami konsep dalam suatu permasalahan kontekstual. Kemudian, menghubungkannya dengan teknologi dan merangkainya menjadi suatu desa insolusi yang dirancang berdasarkan data yang diolah secara matematis dan komputasi.

Setiap aspek dari STEM memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan antara ke empat aspek tersebut. Masing-masing aspek dapat membantu peserta didik menyelesaikan masalah lebih komprehensif ketika keempatnya diintegrasikan, yang meliputi :
(1) sains, yang mewakili pengetahuan mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam. Sains mengacu pada keterampilan menggunakan pengetahuan dan proses sains dalam memahami gejala alam dan memanipulasi gejala tersebut sehingga dapat dilaksanakan
(2) teknologi adalah keterampilan peserta didik dalam mengetahui bagaimana teknologi baru dapat dikembangkan, keterampilan menggunakanteknologi, dan bagaimana teknologi dapat digunakan dalam memudahkan kerja manusia
(3) teknik atau engineering adalah pengetahuan untuk mengoperasikan sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah atau keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengoperasikan atau merangkai sesuatu
(4) matematika adalah ilmu yang menghubungkan keterampilan yang digunakan untuk menganalisis, memberikan alasan, mengomunikasikan ide secara efektif, menyelesaikan masalah, dan menginterpretasikan solusi berdasarkan perhitungan dan data dengan matematis.

Seluruh aspek ini dapat membuat pengetahuan menjadi lebih bermakna, jika diintegrasikan dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM akan memberikan latihan kepada peserta didik untuk dapat mengintegrasikan masing-masing aspek sekaligus.
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Nabilla Vidia Sobach 1913024043 -
Menurut saya, pembelajaran STEM ini menjadi tren pembelajaran karena pendekatan ini memberikan peluang kepada siswa agar dapat menghubungkan pengetahuan dengan keterampilannya, sehingga menjadi suatu kesatuan yang dapat digunakan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran. sehingga siswa tidak hanya pada tatarn pengetahuan saja melainkan siswa dapat terampil.

Komponen STEM:
1) Sains: sebuah pengetahuan yang berlaku mengenai pengetahuan, fenomena alam
2) Teknologi: sebuah inovasi untuk merubah/memodifikasi sesuatu untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan manusia
3) Engineering: Sebuah keterampilan dalam membuat/mendesain/mengkontruksi dalam menggunakan atau memakai alat/mesin, dan lain lain.
4) Matematika: sebuah ilmu pengetahuan mengenai pola dan hubungan terkait Sains, Teknologi, maupun Engineering
In reply to First post

Re: Diskusi Pertemuan 12

by Nia Wati -
NAMA: NIAWATI
NPM: 1913024047

STEM membuat siswa menjadi pemecah masalah, penemu, innovator, mampu mandiri, pemikir yang logis, melek teknologi, mampu menghubungkan budaya dan sejarahnya dengan pendidikan, dan mampu menghubungkan pendidikan STEM dengan dunia kerja
penting sekali dalam kehidupan karena memang berkaitan erat dengan kehidupan peserta didik. Science bisa ditemukan dalam segala hal di kehidupan mereka. Technology terus berkembang dalam kehidupan kita. Engineering tergambarkan dalam bagaimana jalan, jembatan, kontruksi dan lain-lain dibangun dengan baik, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat

KOMPONEN STEM
S: Kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran
T: inovasi-inovasi untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia
E: Enjiniring yaitu pengetahuan dan keterampilan untutk mendsain dan mengkontruksikan mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan
M: ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan dan pengukuran, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan enjiniring.