latihan dua

latihan dua

Number of replies: 18

jelaskan masing masing hal berikut ini dan berikan contohnya sesuai dengan materi Sekolah dasar:

1. kompetensi inti

2. kompetensi dasar 

3. indikator pencapaian

4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian 

silahkan di jawab....

In reply to First post

Re: latihan dua

ira halimatus sadiyah 1913053068 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menanggapi,
1. Kompetensi inti: kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.

2. Kompetensi dasar: bentuk penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Kompetensi ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.

3. Indikator pencapaian: penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.

4. Cara merumuskan indikator pencapaian:
1. Mengembangkan materi pembelajaran
Materi pembelajaran yang dikembangkan harus sesuai dengan indikator yang telah dirumuskan. Perumusan IPK yang cermat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa.

2. Mendesain kegiatan pembelajaran
Desain pembelajaran yang dikembangkan hendaknya sesuai dengan IPK apat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif. IPK yang menuntut kompetensi pada aspek prosedural menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan strategi discovery-inquiry.

3. Mengembangkan bahan ajar
Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru pasti bertujuan untuk menunjang pencapaian kompetensi siswa. Pemilihan bahan ajar yang tepat disesuaikan dengan tuntutan IPK, sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.

4. Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar siswa. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan dua

Chris Jeniva གིས-
Nama : Chris Jeniva
NPM : 1913053132
Assalamualaikum wr. wb. Izin menjawab pertanyaan diatas.

1. Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai stamdar kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik di setiap tingkat, kelas maupun program.

2. Kompetensi dasar adalah pencapaian kompetensi inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

3. Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.

4.Perumusan indikator pencapaian kompetensi:
1. Indikator dirumuskan dari KD
2. Menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang dapat diukur
3. Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
5. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran,potensi, dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan
Sekian jawaban dari saya, terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.
In reply to First post

Re: latihan dua

Maydhea Priska Ulpama 1953053020 གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21

Izin menanggapi,
1. Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Contoh:
Contohnya Rpp Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan antara makhluk hidup dan ekosistem Pembelajaran 3 muatan pembelajaran PPKN
KOMPETENSI DASAR
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang
manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.

2. Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Contoh:
Contohnya Rpp Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan antara makhluk hidup dan ekosistem Pembelajaran 3 muatan pembelajaran PPKN
KOMPETENSI DASAR
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang
manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Ini berarti indikator pencapaian kompetensi merupakan rumusan kemampuan yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD). Dengan demikian indikator pencapaian kompetensi merupakan tolok ukur ketercapaian suatu KD. Hal ini sesuai dengan maksud bahwa indikator pencapaian kompetensi menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
Contohnya:
KD
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.(C2)
INDIKATOR PENCAPAIAN
Menuliskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat.Pendukung (C1)
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.Inti (C2)
Menerapkan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.Pengayaan
(C3)
4. Rumusan indikator yang benar tergantung kepada kemampuan guru dalam memahami ketentuan dalam merumuskan indikator pencapaian KD. Perumusan indikator yang benar akan menjadi tolok ukur keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan.
Dalam merumuskan indikator yang harus diperhatikan adalah:
1. Indikator dirumuskan dari KD.
2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
3. Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.
Berikut ini langkah-langkah merumuskan indikator
Pertama, menganalisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD
a. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom.
b. Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
c. Menentukan kata kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.
Kedua, menganalisis Indikator berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD.
a. UKRK dijadikan kiteria dalam memilih dan memilah ketepatan indikator kunci atau indikator penunjang.
b. Kategorikan Indikator:
1) Indikator Kunci
• Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK.
• Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD.
• Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD.
• Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP dan harus teraktualisasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
2) Indikator Pendukung atau indikator prasyarat
• Membantu peserta didik memahami indikator kunci.
• Kompetensi yang sebelumnya telah dikuasai siswa dikaitkan dengan indikator kunci yang dipelajari.
3) Indikator Pengayaan
• Mempunyai tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar minimal.
• Tidak harus selalu ada.
• Dirumuskan apabila siswa berpotensi memiliki kompetensi yang lebih tinggi dan perlu peningkatan dari standar minimal.
Terimakasih.
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to First post

Re: latihan dua

Wahyuni Sartika 1913053059 གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
No. Absen : 27
Izin menjawab

1. Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan dalam beberapa aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran. Kompetensi ini tidak diajarkan secara langsung dalam pembelajaran, akan tetapi setiap mata pelajaran harus memiliki tujuan yang sama dengan rumusan kompetensinya. Kompetensi inti terdiri dari KI-1 sampai KI-4.
2. Kompetensi dasar adalah kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar ini adalah konten yang berisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber dari kompetensi inti.
3. Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Contoh nya, misal dalam mata pelajaran matematika kelas VI :
1. Kompetensi inti
a. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
b. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
c. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatan nya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
d. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar
"3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola"

3. Indikator
3.6.1 memahami bangun ruang prisma
3.6.2 mengetahui bangun ruang limas
3.6.3 mengerti bangun ruang tabung
3.6.4 memahami bangun ruang kerucut



Sekian terimakasih, wassalamualaikum warrahmatullahi
In reply to First post

Re: latihan dua

Lusiana Dewi 1913053015 གིས-
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20

Izin menjawab,
1. Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.
Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas.
Kompetensi ini tidak diajarkan langsung dalam pembelajaran, melainkan setiap mata pelajaran harus memiliki tujuan yang sama dengan rumusan kompetensinya.
Pada KTSP, kompetensi ini biasa disebut sebagai standar kompetensi. Kompetensi inti merupakan kemampuan yang ingin dicapai melalui kompetensi dasar.
Contoh :
Pada RPP kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 4 Muatan Pelajaran PKN

KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar adalah bentuk penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Kompetensi ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Contoh:
Pada RPP kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 4 Muatan Pelajaran PKN
KOMPETENSI DASAR (KD)
PKN
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dirumah dan disekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.


3. Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar secara spesifik yang dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Indikator dirumuskan dengan kata kerja operasional yang bisa diukur dan dibuat instrumen penilaiannya. Untuk kompetensi yang menuntut penguasaan konsep dan prinsip menggunakan kata kerja operasional yang sesuai dan berbeda untuk kompetensi yang menuntut kemapuan opersional atau prosedural. Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Contoh :
Pada RPP kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 4 Muatan Pelajaran PKN
Indikator
PKN
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter

4. Langkah-langkah merumuskan indikator sebagai berikut:
a. Analisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD
- Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taksonomi Bloom.
- Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
- Menentukan kata kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.

b. Menganalisis Indikator berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD.
1). UKRK dijadikan kiteria dalam memilih dan memilah ketepatan indikator kunci atau indikator penunjang.
2) Kategorikan Indikator:
a). Indikator Kunci
- Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK.
- Kompetensi yang kompetensi adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD.
- Memiliki target untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD.
- Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP dan harus teraktualisasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran

b) Indikator Pendukung atau indikator prasyarat
- Membantu peserta didik memahami indikator kunci.
- Kompetensi yang sebelumnya telah dikuasai siswa dengan indikator kunci yang dipelajari.

c) Indikator Pengayaan
- Memiliki kebutuhan yang melebihi dari kebutuhan dari standar minimal.
- Tidak harus selalu ada.
- Dirumuskan jika siswa mungkin memiliki kompetensi yang lebih tinggi dan perlu peningkatan dari standar minimal.
In reply to First post

Re: latihan dua

Rima Novita sari 1913053033 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
No. Absen : 24
Kelas : 5B
Izin menjawab
1. Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.
Contoh :
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Contoh :
3.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila"
3.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
3.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah

.

3. Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.
4. Merumuskan indikator pencernaan :
1. Indikator dirumuskan dari KD
2. Menggunakan Kata Kerja Operasional ( KKO ) yang dapat diukur
3. Dirumuskan dengan kalimat yang jelas, simpel dan mudah dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Memeperhatikan karakterisktik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan.
6. Menggunakan kata kerja operasional (Taksonomi Bloom atau Anderson) yang dapat diukur.
7. Hanya mengandung satu tindakan sehingga pengukuran mudah dan jelas.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan dua

Evita Nur Cahyani 1913053056 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memberikan tanggapan terkait pertanyaan ibu.
Nama : Evita Nur Cahyani.
NPM : 1913053056
No Absen : 11

1. Kompetensi inti merupakan penerapan SKL yang harus dikembangkan dalam kelompok aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik. Kompetensi inti mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan peserta didik yang mengimplementasikan penguasaan kemampuan pengetahuan dan penerapan pengetahuan dalam materi yang diajarkan.
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia perseta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertical berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berkut: (1) kompetensi inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual; (2) kompetensi inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial; (3) kompetensi inti-3 (KI 3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan (4) kompetensi inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Contoh KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya 
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar merupakan arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk pencapaian untuk penilaian. Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal yang harus dilakukan oleh guru supaya tercapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Belajar dengan kompetensi dasar berarti belajar dengan proses yang berkelanjutan, pengujian yang dilakuakan berkelanjutan, guru selalu menganalisis hasil yang dicapai oleh siswa.
Contoh Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.

3. Indikator pencapaian adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran. Indikator merupakan perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

4. Cara merumuskan indikator pencapaian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:
Wujud dari kompetensi dasar yang lebih spesifik. Penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukkan tanda-tanda perbuatan dan respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik. Indikator juga dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan potensi daerah dan peserta didik dan juga dirumuskan dalam rapat kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan alat penilaian.
Adapun dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan. 1) indikator merupakan penyebaran dari kompetensi dasar yang menunjukan tanda tanda, perbuatan dan respon yang dilakukan oleh peserta didik:
2) indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik;
3) indikator dirumuskan dalam kata kerja operasional yang dapat di observasi, sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam menyususn alat penilai.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan dua

Ajeng Ayu Permatasari གིས-
Nama: Ajeng Ayu Permatasari
NPM: 1953053009
No Absen: 02

Izin menjawab pertanyaan diatas

1. KI(Kompetensi Inti)
Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.
Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas.
Kompetensi ini tidak diajarkan langsung dalam pembelajaran, melainkan setiap mata pelajaran harus memiliki tujuan yang sama dengan rumusan kompetensinya.

2. Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

3. Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran

4. Dalam merumuskan indikator yang harus diperhatikan adalah:

1. Indikator dirumuskan dari KD.

2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.

3. Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.

4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.

5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.

6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.
In reply to First post

Re: latihan dua

Rizky Fadila Fitriani 1813053123 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan jawaban mengenai beberapa hal berikut ini dan contohnya sesuai dengan materi Sekolah Dasar.

1. Kompetensi Inti
Menurut saya, Kompetensi Inti (KI) merupakan standar kompetensi lulusan yang harus dicapai oleh peserta didik. Kompentensi inti atau KI ini meliputi 4 cakupan diantaranya yaitu KI-1 yang berisi tentang sikap spiritual (Afektif), KI-2 berisi tentang sikap sosial (Afektif), KI-3 berisi tentang aspek pengetahuan (Kognitif), dan KI-4 berisi tentang aspek keterampilan (Psikomotor).
Adapun contoh dari Kompetensi Inti (KI) yaitu Kompetensi Inti (KI) pada kelas IV semester I sebagai berikut.
  • KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  • KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
2. Kompetensi Dasar 

Menurut saya, Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti (KI). Rumusan pada kompetensi dasar ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik pada jenjang atau kelasnya. Selain itu, kompetensi dasar ini disusun berdasarkan masing-masing mata pelajaran. Adapun contoh dari Kompetensi Dasar (KD) yaitu misalnya Kompetensi Dasar (KD) pada pembelajaran PPKn Kelas IV Semester I sebagai berikut.

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


3. Indikator Pencapaian
Indikator Pencapaian menurut saya ialah turunan dari Kompetensi Dasar (KD) yang dirumuskan dengan lebih sederhana dan lebih merinci untuk mempermudah mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Seperti yang saya ketahui bahwa, pada kurikulum 2013 peserta didik sudah dituntut untuk mampu berpikir secara kritis, analitis, kreatif, dan inovatif sehingga indikator pencapaian perlu dikembangkan dengan berpedoman pada prinsip HOTS (Higher Of Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Adapun contoh dari indikator pencapaian yaitu misalnya indikator pada pembelajaran PPKn Kelas IV Semester I sebagai berikut.
3.2.1 Mengidentifikasi pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam menggunakan sumber energi di kehidupan sehari-hari.
3.2.2 Menjelaskan pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam menggunakan sumber energi di kehidupan sehari-hari.
3.2.3 Menyimpulkan pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam menggunakan sumber energi di kehidupan sehari-hari secara seimbang.

4. Bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
Menurut saya, berdasarkan tuntutan pada abad ini, indikator pencapaian pada kurikulum 2013 yang mana peserta didik sudah dituntut untuk mampu berpikir secara kritis, analitis, kreatif, dan inovatif maka indikator pencapaian perlu dikembangkan dengan berpedoman pada prinsip HOTS (Higher Of Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mengembangkan indikator pencapaian yang HOTS maka guru wajib menggunakan KKO (Kata Kerja Operasional) yang mengarahkan peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipatakan). Dengan pedoman tersebut maka indikator pencapaian dapat terumuskan dengan baik sehingga Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) dapat lebih mudah untuk tercapai.

Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan dua

Lisa Kumalasari 1913053130 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
Kelas: Semester 5 B
No. Absen: 19
Izin menjawab Ibu

1. Kompetensi Inti: Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.
Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas.

2. Kompetensi Dasar: Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.

3. Indikator: Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

4. Langkah-langkah merumuskan indikator:

1. Menganalisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD
a. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom.
b. Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
c. Menentukan kata kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.

2. Menganalisis Indikator berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD.

a. UKRK dijadikan kiteria dalam memilih dan memilah ketepatan indikator kunci atau indikator penunjang.

b. Kategorikan Indikator:

1) Indikator Kunci
Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK.
Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD.
Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD.
Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP dan harus teraktualisasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

2) Indikator Pendukung atau indikator prasyarat
Membantu peserta didik memahami indikator kunci.
Kompetensi yang sebelumnya telah dikuasai siswa dikaitkan dengan indikator kunci yang dipelajari.

3) Indikator Pengayaan
Mempunyai tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar minimal.
Tidak harus selalu ada.
Dirumuskan apabila siswa berpotensi memiliki kompetensi yang lebih tinggi dan perlu peningkatan dari standar minimal.

Sekian
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan dua

Gita Indah Mustika 1913053007 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Izin menjawab mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian, dan cara merumuskan indikator pencapaian.

1. Kompetensi Inti
Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang mencakup 4 dimensi diantaranya, sikap spiritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4) yang harus dipelajari oleh peserta didik pada setiap jenjang dan mata pelajaran.
Contoh KI untuk Kelas 6,Tema 6, Sub tema 1, pembelajaran 1:
KI-1 : menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3 : memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah suatu bentuk penguasaan peserta didik terhadap kemampuan yang mencakup pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap pada materi pembelajaran. Kemampuan peserta didik pada kompetensi dasar ini untuk dapat mencapai kompetensi inti.
Contoh pada mata pelajaran PPKn Kelas 6,Tema 6, Sub tema 1, pembelajaran 1:
1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama.
2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga Negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Indikator pencapaian
Indikator pencapaian adalah capaian pada kompetensi dasar dimana terdapat perubahan baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat diukur pada diri peserta didik.
Contoh indikator pencapaian pada mata pelajaran PPKn Kelas 6,Tema 6, Sub tema 1, pembelajaran 1:
1.2.1 Memahami pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1 Melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1 Menguraikan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. (C4)
3.2.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. (C4)
4.2.1 Merumuskan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. (P5)
4.2.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. (P5)

4. Cara merumuskan indikator pencapaian
Cara dalam merumuskan indikator pencapaian yaitu (1) Indikator memuat kompetensi yang tertuang pada Kata Kerja Operasional (KKO) yang digunakan dalam KI dan KD, (2) Indikator yang dirumuskan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta disusun dari tingkat mudah ke sukar, (3) Indikator setidaknya mencapai tingkat minimal KD yang dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik, (4) Indikator hanya dapat menggunakan KKO yang sesuai dan hanya mengandung satu tindakan atau materi.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: latihan dua

Adel Lita Sekar Rini 1913053101 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri.
Nama: Adel Lita Sekar Rini
Absen: 01
NPM: 1913053101
Izin menjawab.

1. Kompetensi Inti
Penjabaran antara muatan pembelajaran, mata pelajaran, dan program studi sebagai upaya untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL).

Kompetensi Inti (KI) terdiri dari KI-1 sampai dengan KI-4. Rumusan setiap KI berbeda dengan aspeknya. Berikut ini adalah rumusan Kompetensi Inti (KI).
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Contoh:
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (KD) merupaka kemampuan untuk mecapai kompetensi inti, atau pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus peserta didik capai untuk menunjukkan penguasaan standar kompetensi yang telah ditetapkan.
Kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Kompetensi Dasar ini berisi sejumlah kemampuan yang harus peserta didik kuasai dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
Contoh:
KD
1.2 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

3. Indikator Pencapaian
Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.
Contoh:
Indikator
1.2.1 Menjelaskan pengertian kerja sama.
1.2.2 Menjelaskan manfaat kerja sama.
1.2.3 Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama

4. Cara merumuskan indikator pencapaian
1. Indikator dirumuskan dari KD.
2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
3. Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.

Tetima Kasih.
Wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: latihan dua

Fatma Trisnawati 1913053018 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
izin memperkenalkan diri
Nama : Fatma Trisnawati
Npm : 1913053018
No absn :12
Izin menjawab

1. Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan dalam beberapa aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran. Kompetensi ini tidak diajarkan secara langsung dalam pembelajaran, akan tetapi setiap mata pelajaran harus memiliki tujuan yang sama dengan rumusan kompetensinya. Kompetensi inti terdiri dari KI-1 sampai KI-4.

2. Kompetensi dasar adalah kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar ini adalah konten yang berisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber dari kompetensi inti.

3. Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.


4. Merumuskan indikator pencapaian :
1. Indikator dirumuskan dari KD
2. Menggunakan Kata Kerja Operasional ( KKO ) yang dapat diukur
3. Dirumuskan dengan kalimat yang jelas, simpel dan mudah dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Memeperhatikan karakterisktik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan.
6. Menggunakan kata kerja operasional (Taksonomi Bloom atau Anderson) yang dapat diukur.
7. Hanya mengandung satu tindakan sehingga pengukuran mudah dan jelas

Contoh
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup Rukun Di Tempat Bermain Pembelajaran

A. KOMPETENSI INTI

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, .

B. KOMPETENSI DASAR 

1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1.1 Menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.

1.1.2 Menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar Bahasa Indonesia

1.1.3 Menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.


Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan dua

Eka Wulandari 1913053006 གིས-

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Izin mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator penyelenggara, dan cara menyusun pedoman penyelenggara.

1. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti umumnya terdiri atas empat dimensi seperti berikut:
Kompetensi Inti 1 (KI-1) : untuk Kompetensi Inti Sikap Spiritual
Kompetensi Inti 2 (KI-2) : untuk Kompetensi Inti Sikap Sosial
Kompetensi Inti 3 (KI-3) : untuk Kompetensi Inti Pengetahuan
Kompetensi Inti 4 (KI-4) : untuk Kompetensi Inti Keterampilan


2. Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan ciri-ciri peserta didik, kemampuan awal, serta dari suatu mata pelajaran. Kompetensi Dasar untuk mencapai Kompetensi Inti. Contoh KD: Kelas 2 Tema 1 Hidu Rukun Subtema 1 Hidup Rukun di Rukun Mata Pelajaran PPKn

3.1 hubungan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 hubungan hubungan lambang negara dengan sila-sila Pancasila.


3. Menurut Standar Proses pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007, indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator kompetensi yang diperlukan dengan menggunakan kata operasional yang dapat diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Merujuk pada definisi di atas, dapat dijelaskan bahwa indikator kompetensi merupakan tolok ukur ketercapaian suatu KD. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dikategorikan menjadi tiga, yaitu: Indikator Kunci, Indikator pendukung, dan Indikator pengayaan.

Contoh Indikator:

3.1.1 hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar lambang negara dengan sila-sila Pancasila

4. Dalam merumuskan indikator yang harus diperhatikan adalah:
1. Indikator dari KD.
2. Menggunakan kata operasional (KKO) yang dapat diukur.
3. Indikator adalah kalimat yang simpel, jelas dan mudah dicapai.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.

Berikut ini langkah-langkah merumuskan indikator kebijakan:
Pertama, analisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD:
1. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taksonomi Bloom.
2. Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
3. Menentukan Kata Kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.

Kedua, menganalisis berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD:
1. Indikator Kunci
2. Indikator Pendukung atau indikator prasyarat membantu peserta didik memahami indikator.
3. Indikator Pengayaan


Contoh Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Perumusan IPK pada Jenjang SD Kelas IV
Bahasa Indonesia

KD Pengetahuan : 3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

IPK Kunci :
Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

IPK Pendukung:
1. kalimat kalimat utama paragraf pada teks nonfiksi.
2. kalimat kalimat penjelas paragraf pada teks nonfiksi.
3. Menggali konsep-konsep (informasi penting) paragraf pada teks nonfiksi.
4. Menghubungkan konsep-konsep (informasi penting) yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
5. Menelaah konsep-konsep (informasi penting) yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

IPK Pengayaan : (Tidak Wajib)

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

In reply to First post

Re: latihan dua

Andaru Pramia Putri 1913053138 གིས-
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
No. Absen : 03

Izin menjawab,

1. Kompetensi inti adalah tingkat kemamluan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas, atau program.
Contoh KI kelas 6 tema 2 sub tema 1
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar adalah pencapaian kompetensi inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui proses pembelajaran.
Contoh KD :
1.2 Menghargai makna kewajiban,
hak, dan tanggung jawab
sebagai warga negara dalam
menjalankan agama.
2.2 Melaksanakan kewajiban, hak,
dan tanggung jawab sebagai
warga negara sebagai wujud
cinta tanah air.
3.2 Menganalisis pelaksanaan
kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga Negara
beserta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis
pelaksanaan kewajiban, hak,
dan tanggung jawab sebagai
warga masyarakat beserta
dampaknya dalam kehidupan
sehari-hari.

3. Indikator pencapaian adalah perilaku yang dapat diukur dan diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Contoh Indikator :
1.2.1
Memahami pelaksanaan
kewajiban sebagai warga
negara dalam kehidupan
sehari-hari.
2.2.1
Melaksanakan kewajiban
sebagai warga negara dalam
kehidupan sehari-hari.
3.2.1
Menjelaskan pelaksanaan
kewajiban sebagai warga
negara dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2.1
Menceritakan pengalaman
melaksanakan kewajiban
sebagai warga negara dalam
kehidupan sehari-hari.

4. Cara merumuskan indikator pencapaian yaitu :
1. Indikator memuat kompetensi yang tertuang pada Kata Kerja Operasional (KKO) yang digunakan dalam KI dan KD,
2. Indikator yang dirumuskan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta disusun dari tingkat mudah ke sukar,
3. Indikator setidaknya mencapai tingkat minimal KD yang dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik,
4. Indikator hanya dapat menggunakan KKO yang sesuai dan hanya mengandung satu tindakan atau materi.

Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan dua

Dionisius Bintoro 1953053014 གིས-
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Absen : 09

1. Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan dalam beberapa aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran. Kompetensi ini tidak diajarkan secara langsung dalam pembelajaran, tetapi setiap mata pelajaran harus memiliki yang sama dengan rumusan kompetensinya. Kompetensi inti terdiri dari KI-1 sampai KI-4.
2. Kompetensi dasar adalah kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar ini adalah konten yang berisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber dari kompetensi inti.
3. Indikator adalah yang dapat diukur dan/atau perilaku di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar yang menjadi penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Contoh nya, mis dalam mata pelajaran matematika kelas VI :
1. inti
a. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
B. perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
C. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
D. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logistik dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. Kompetensi dasar
"3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola"

3. Indikator
3.6.1 memahami bangun ruang prisma
3.6.2 mengetahui bangun ruang limas
3.6.3 memahami bangun ruang tabung
3.6.4 memahami bangun ruang kerucut
Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: latihan dua

Arif Catur Febriansyah གིས-
1. Kompetensi Inti
Kompetensi inti adalah kompetensi utama yang diuraikan ke dalam beberapa aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh peserta didik di setiap jenjang dan mata pelajaran.
2. kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
3. indikator pencapaian
Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.
4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
a. Indikator dirumuskan dari KD.
b. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
c. Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
d. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
e. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.

1. kompetensi inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis,
dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2. kompetensi dasar
PPKn
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta
dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam
bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam
bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

3. indikator pencapaian
PPKn
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam
bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam
bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
In reply to First post

Re: latihan dua

Dina Rahmawati གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
NPM : 1913053025
No. Absen : 08
Kelas : 5B
Izin menjawab,
1. Kompetensi inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pegetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.

2. Kompetensi dasar merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.

3. Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

4. Cara merumuskan indikator pencapaian
a. Mengembangkan materi pembelajaran
Materi pembelajaran yang dikembangkan harus sesuai dengan indikator yang telah dirumuskan. Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang cermat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa.
b. Mendesain kegiatan pembelajaran
Desain pembelajaran yang dikembangkan hendaknya sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif. IPK yang menuntut kompetensi pada aspek prosedural menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan strategi discovery-inquiry.
c. Mengembangkan bahan ajar
Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru pasti bertujuan untuk menunjang pencapaian kompetensi siswa. Pemilihan bahan ajar yang tepat disesuaikan dengan tuntutan IPK, sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.
d. Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar siswa. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.
Sekian, Terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.