latihan

latihan

Number of replies: 24

berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

In reply to First post

Re: latihan

by Windi Junistia 1953053015 -
Nama: Windi Junistia
NPM: 1953053015
No. Absen: 30
Izin menjawab, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan pegangan seorang guru dalam menajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh seorang guru untuk membantu dalam mengajar supaya selesai dengan Kompetensi Dasar Standar Kompetensi pada hari itu.
Setiap pedidik pada pendidikan berkewajiban menyusun RPP dengan lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, efisien, menyenangkan, menantang, inspiratif, motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk prakarsa, kreativitas, serta kemandirian yang sesuai bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Prinsip-pirinsip Pengembangan RPP
Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:
1. RPP adalah arti dari ide kurikulum bedasarkan siklus yang dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam rencangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2. RPP berkembang sesuai dengan yang telah dinyatakan oleh silabus konsidi pada pendidikan baik kemampuan awal persertaa didik, motivasi belajar,potensi, minat, bakat, gaya belajar, serta kemampuan emosi.
3. RPP harus mendorong dan berpartisipaso secara aktif dalam peserta didik.
4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 agar dapat menghasilkan peserta didik yang tak berhenti belajar dan mandiri.
5. RPP harus dapat mengembangkan budaya baca dan menulis terhadap peserta didik.
6. Kegiatan belajar dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi dalam bentuk tulisan.
7. RPP memiliki ranacangan program pemberian umpan balik positif, remedi, penguatan, umpan balik, serta pengayaan.
8. RPP dibuat dengan memperhatikan keterpaduan dan keterkaitan antara KD dan KI, materi pembelajaran, penilaian, sumber belajar, serta kegiatan belajar dalam keutuhan pengalaman belajar.
RPP dibuat dengan pertimbangan pernerapan teknologi komunikasi dan informasi dengan terintegarasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan kondisi dan situasi.
Trimakasih,
In reply to First post

Re: latihan

by Fahiratu Sania -
Nama: fahiratu sania
Npm: 1913053074
Absen: 11

Pengertian RPP:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur, dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan. Dalam standar isi yang telah dijabarkan dalam silabus. Ruang lingkup rencana pembelajaran paling luass mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1(satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Prinsip prinsip pembuatan RPP:
1) Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2) Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3) Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
5) Keterkaitan dan keterpaduan
6) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
In reply to First post

Re: latihan

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
NPM : 1913053012
No. Absen : 06

Izin menjawab bu
Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sudah kita kenal dengan singkatan RPP merupakan salah satu persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Di dalam RPP termuat penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Di dalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai. Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan ataupun lebih. RPP dikembangkan dengan rinci dari materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP, antara lain:
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
5. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
7. Berpusat pada peserta didik
8. Berbasis konteks
In reply to First post

Re: latihan

by Tiara Farashinta -
Nama : Tiara Farashinta
Npm : 1953053006
Absen : 28

RPP adalah Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar.

RPP menjadi pedoman bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan.

Guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang cukup agar dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Prinsip - Prinsip pengembangan RPP
1. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.

2. Berpusat Pada Peserta Didik
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat dari sudut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik. Hak ini dapat berjalan jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya.

3. Berbasis Konteks
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.

4. Berorientasi Kekinian
Ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian rancangan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru yang lain.

5. Mengembangkan Kemandirian Belajar
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.

6. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

7. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bias menunjukkan kepad siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
In reply to First post

Re: latihan

by Andini Pratiwi -
Nama : Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04

Izin menjawab bu,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP adalah suatu rencana atau rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP memuat beberapa hal yaitu nama mata pelajaran, kompetensi dasar, kompetensi inti, indikator, tema, alokasi waktu, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan penilaian.

Adapun prinsip-prinsip pembuatan RPP yaitu meliputi :
1. Memuat beberapa kompetensi dasar yaitu sikap spiritual (KI-1), sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4).
2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan peserta didik, baik itu tingkat intelektual, gaya belajar, kemampuan sosial, dan/atau lingkungan peserta didik.
4. Berpusat pada peserta didik. Hal tersebut untuk mendorong motivasi, minat dan semangat belajar peserta didik.
5. Berbasis konteks, dimana proses pembelajaran menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
6. Berorientasi kekinian, yaitu pembelajaran berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7. Mengembangkan kemandirian belajar, yaitu pembelajaran dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran, dimana RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan.
10. Harus mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by Dina Yestiliana 1913053108 -
Nama: Dina Yestiliana
NPM: 1913053108
No. Absen: 08

Izin menjawab, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah rancangan yang sengaja dibuat sebelum pendidik melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP ini memuat kegiatan pembelajaran untuk satu pertemuan atau lebih. RPP ini merupakan pengembangan dari silabus yang sebelumnya telah dibuat oleh pendidik. Prinsip-prinsip pembuatan RPP adalah sebagai berikut.
1. Dalam pembuatan RPP harus memuat kompetensi dasar dimulai dari KD-1 hingga KD-4 dan juga memuat kompetensi inti mulai dari KI-1 hingga KI-4.
2. Dalam sebuah RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pembelajaran atau lebih.
3. Dalam pembuatan RPP harus memperhatikan karakteristik peserta didik yang tentunya berbeda satu sama lain mulai dari kemampuan intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, gaya belajar, dan juga latar belakang budaya, nilai, norma dan lingkungan asal peserta didik.
4. Pembuatan RPP ini harus berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi dan juga meningkatkan minat serta kreativitas peserta didik dalam belajar. Selain itu juga harus dapat melatih siswa untuk memiliki keterampilan menanya, mengumpulkan informasi, menganalisis, mengomunikasikan dan juga menyelesaikan masalah.
5. Dalam pembuatan RPP juga harus berprinsip konteks yang artinya harus melibatkan lingkungan sekitar untuk menjadi sumber belajar.
6. Pembuatan RPP juga berdasarkan orientasi pada zaman sekarang seperti pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
7. Pembuatan RPP harus mengembangkan kemandirian belajar peserta didik dan juga memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
8. RPP memuat umpan balik, pengayaan dan juga remedial pada peserta didik.
9. Dalam pembuatan RPP juga memiliki prinsip keterkaitan antar kompetensi. Yaitu antara KI, KD, Indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian dan juga sumber belajar.
10. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik.

Terima kasih
In reply to First post

Re: latihan

by Najoya dolok saribu 1953053012 -

Nama : Najoya Dolok Saribu

Npm : 1953053012 

No absen : 22 

Izin menjawab ibu, 

A. Pengertian RPP, RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan  rencana kegiatan pembelajaran untuk satu pertemuan atau lebih yang wajib dimiliki guru. RPP dikembangkan dari silabus untuk mencapai Kompetensi Dasar pada siswa, sehingga isinya berupa prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti.

B. Prinsip - Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun RPP sebaiknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

b. Partisipasi aktif peserta didik.

c. Berpusat pada peserta didik untuk

mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik- terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisiKerangka Konseptual. 

terimakasih.

In reply to First post

Re: latihan

by Triana Angguncahyani 1913053009 -
Nama : Triana Angguncahyani
Npm : 1913053009
No absen : 29

Izin menjawab pertanyaan, jadi berdasarkan materi tersebut RPP menurut pendapat saya adalah sebuah perangkat pembelajaran yang berisikan tentang materi rancangan pembelajaran dan langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran yang kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Sedangkan prinsip-prinsip pembuatan RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus, yang dikembangkan guru dengan kondisi di satuan pendidikan dan mendorong partisipasi aktif siswa untuk menghasilkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar. RPP juga disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan dan keragaman budaya. Serta disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca menulis dan berhitung serta memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian dan sumber belajar dalam satu ketentuan pengalaman belajar.
In reply to First post

Re: latihan

by Susi Firmanda 1953053002 -

Nama: Susi Firmanda
NPM: 1953053002
No. Absen: 27
Izin menjawab,
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan pegangan seorang guru dalam menajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh seorang guru untuk membantu dalam mengajar supaya selesai dengan Kompetensi Dasar Standar Kompetensi pada hari itu.
Setiap pedidik pada pendidikan berkewajiban menyusun RPP dengan lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, efisien, menyenangkan, menantang, inspiratif, motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk prakarsa, kreativitas, serta kemandirian yang sesuai bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Prinsip-pirinsip Pengembangan RPP
Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:
1. RPP adalah arti dari ide kurikulum bedasarkan siklus yang dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam rencangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2. RPP berkembang sesuai dengan yang telah dinyatakan oleh silabus konsidi pada pendidikan baik kemampuan awal persertaa didik, motivasi belajar,potensi, minat, bakat, gaya belajar, serta kemampuan emosi.
3. RPP harus mendorong dan berpartisipaso secara aktif dalam peserta didik.
4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 agar dapat menghasilkan peserta didik yang tak berhenti belajar dan mandiri.
5. RPP harus dapat mengembangkan budaya baca dan menulis terhadap peserta didik.
6. Kegiatan belajar dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi dalam bentuk tulisan.
7. RPP memiliki ranacangan program pemberian umpan balik positif, remedi, penguatan, umpan balik, serta pengayaan.
8. RPP dibuat dengan memperhatikan keterpaduan dan keterkaitan antara KD dan KI, materi pembelajaran, penilaian, sumber belajar, serta kegiatan belajar dalam keutuhan pengalaman belajar.
RPP dibuat dengan pertimbangan pernerapan teknologi komunikasi dan informasi dengan terintegarasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan kondisi dan situasi.
Trimakasih,
In reply to First post

Re: latihan

by Indah Rahayu 1953053018 -
Nama : Indah Rahayu
Npm : 1953053018
Absen : 15

A.PENGERTIAN RPP.
Menurut saya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang dikembangkan secara rinci yang di dalamnya menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP

1. MEMPERHATIKAN PERBEDAAN INDIVIDU PESERTA DIDIK.
Seperti yang kita ketahui bahwa peserta didik satu dan lain mempunyai karakteristik yang berbeda-beda ,oleh karena itu RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda. Hal tersebut agar siswa mendapatkan pengetahuan sesuai dengan karakteristik nya

2. BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK
Menurut saya berpusat pada peserta didik artinya Guru harus menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat dari sudut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik.

3. BERBASIS KONTEKS
Pembelajaran berbasis konteks ini artinya apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.

4. BERORIENTASI KEKINIAN
Berorientasi pada kekinian Ini maksudnya adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.dalam hal ini guru harus tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran.

5. MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.

6. MEMBERI UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT PEMBELAJARAN.
Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran ini maksudnya adalah RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

7. MEMILIKI KETERKAITAN DAN KETERPADUAN ANTAR KOMPETENSI DAN ANTAR MUATAN.
Artinya RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8. MEMANFAATKAN TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Dalam hal ini Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bias menunjukkan kepad siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan yang pastinya dapat dipertanggungjawabkan
In reply to First post

Re: latihan

by Laila Fitriani -
Nama : Laila Fitriani
Npm : 1913053060
No Absen : 18
Izin menjawab, pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP
Berdasarkan artikel dan jurnal yang telah saya baca, Menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolahan Dasar, RPP merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan dengan rinci dari materi pokok ataupun tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Menurut Wikipedia Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa RPP merupakan rancangan atau panduan dalam proses pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru sesuai dengan taraf kemampuan anak.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP. 
A. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran  karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.
B. Berpusat Pada Peserta Didik
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar.  Dilihat dari sudut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai  pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat,  atau abang/kakak  bagi peserta didik terutama  dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik.  Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran  yang mampu  mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan  kreativitas  peserta didik.  Hak ini dapat berjalan jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya. 
C.Berbasis Konteks
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal  dan mengedepankan  budaya atau nilai-nilai kearifan lokal,  tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan  inspirasi mengembangkan proses  dan kegiatan pembelajaran.  Pembelajaran  juga dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.
D. Berorientasi Kekinian
Ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan  ilmu pengetahuan dan
teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru yang berorientasi kekinian adalah
guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well informed, 
selalu meng-update  dan meng-up grade  ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya,
termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran. Dengan
demikian rancangan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru yang lain. 
E. Mengembangkan Kemandirian Belajar 
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.
F. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran 
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
G. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi,  tujuan pembelajaran,  materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP  disusun dengan mengakomodasi  pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
H. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.  Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bias menunjukkan kepad siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
In reply to First post

Re: latihan

by Ajeng Diana Putri -
Nama : Ajeng Diana Putri
Npm : 1913053030
Rencana pelaksanaan pembelajaran atau biasa disebut sebagai Rpp adalah rencana kegiatan pembelajaran dalam satu pembelajaran atau lebih yang dikembangkan dari silabus dengan tujuan agar siswa dapat mencapai kompetensi dasar.

Prinsip pembuatan Rpp yaitu
1. RPP harus memuat kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
2. satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
3. memperhatikan perbedaan individu peserta didik, seperti kemampuan awal, motivasi, bakat, gaya belajar dan lainnya
4. Berpusat pada peserta didik,
5. berbasis konteks. Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
6. berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7. mengembangkan kemandirian belajar.
8. memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
9. memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
10. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by Yolanda Pola Kredibelia -
Nama: Yolanda Pola Kredibelia
NPM: 1913053072
Absen: 31

Menurut Kemendikbud, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

Adapun prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut:
1. RPP disusun oleh guru sebagai terjemahan dari ude kurikulum dan berdasarkan silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran.
2. RPP dikembangkan dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi disatuan pendidikan.
3. RPP dapat mendorong partisipasi aktif siswa
4. RPP bertujuan untuk menghasilkan siswa yang mandiri dan semangat belajar yang tinggi, memiliki kreativitas, inisiatif, dan rasa ingin tahu seperti yang tertuang pada tujuan kurikulum 2013.
5. RPP mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung
6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.
8. RPP disusun dengan memperhatikan KI, KD, menteri, kegiatan, penilaian, dan sumber belajar.
9. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
10. RPP disusun dengan memperhatikan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by Cicilia Rici Rafistri 1913053053 -
Nama : Cicilia Rici Rafistri
NPM : 1913053053
Absen : 07

Izin menjawab, RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas.
Prinsip-prinsip pembuatan RPP, yaitu
1. Rancangan proses pembelajaran sesuai dengan ide kurikulum dan berdasarkan silabus.
2. Menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan.
3. Partisipasi aktif dari peserta didik.
4. Mengembangkan kemandirian belajar dan berpusat pada peserta didik.
5. Pengembangan budaya membaca dan menulis
6. Meningkatkan kemampuan literasi
7. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran.
8. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi
9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarmuatan.
10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
In reply to First post

Re: latihan

by Nurdini Estika Putri 1913053094 -
Nama: Nurdini Estika Putri
NPM: 1913053094
No Absen: 23

Izin menjawab,
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran tatap muka dalam satu pertemuan atau lebih guna mencapai suatu kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Menurut (Kemendikbud 2013: 37) RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Prinsip- prinsip penyusunan RPP
1. Guru menyusun RPP sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan silabus kedalam bentuk rancangan proses pembelajaran.
2. Dalam mengembangkan RPP, guru perlu menyesuaikan silabus pembelajaran dengan kondisi di suatu pendidikan.
3. Melalui RPP partisipasi aktif siswa akan terdorong.
4. RPP dibuat sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yaitu menghasilkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan tak henti belajar, serta proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik.
5. Selanjutnya proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran siswa, seperti kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan serta kegemaran siswa dalam berhitung.
6. Proses pembelajaran dalam RPP selalu di isi dengan pemberian umpan balik yang positif, berupa penguatan, pengayaan, remidi dll.
7. RPP disusun dengan memperhatikan keterikatan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi & kegiatan pembelajaran, penilaian, serta sumber belajar dalam satu kebutuhan.
8. RPP juga disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, dimana terdapat keterpaduan antar lintas mata pelajaran. Selain itu, RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.
In reply to First post

Re: latihan

by Siti Alya Nacita Alya -
Nama : Siti alya Nacita
Npm : 1913053016
Absen 26

Menurut saya RPP adalah rencana pembelajaran yang dibuat secara rinci dari suatu tema yang mengacu pada silabus supaya kegiatan pembelajaran bisa mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang diinginkan.

Prinsip prinsip dalam menyusun RPP
1. RPP digunakan guru sebagai bahan acuan pembelajaran dimana dalam merancang RPP ini mengacu pada silabus.
2. Dalam perancangan RPP mengacu pada silabus namun dalam penggunaannya menyesuaikan dengan kondisi kelas(fleksibel).
3. RPP yang dirancang sesuai dengan kurikulum yang ada yaitu 2013 dimana dalam K13 pembelajaran berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat, rasa ingin tau, kreativitas, kemandirian, ketrampilan dan lain sebagainya.
4. Penyusunan RPP juga dalam penerapannya menyesuaikan dengan IPTEK terintegrasi, komunikasi sistematis serta menyesuaikan dengan kondisi kelas yang ada.
5. RPP dirancang untuk meningkatkan kegemarannya peserta didik dalam membaca, memahami berbagai bacaan serta berekspresi dengan lisan.
In reply to First post

Re: latihan

by Ketut cahya permata -
Nama: Ketut cahya permata
NPM: 1953053016
Absen: 17
Menurut pendapat saya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Lalu prinsip-prinsip apa saja yang harus di perhatikan dalam penyusunan RPP,

1.Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik.
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.

2. Berpusat Pada Peserta Didik.
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat dari sudut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik. Hak ini dapat berjalan jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya.

3. Berbasis Konteks.
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.

4. Berorientasi Kekinian.
pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian rancangan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru yang lain.

5. Mengembangkan Kemandirian Belajar.
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.

6. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran .
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

7. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan.
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bias menunjukkan kepad siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Elsa Apriliasari -
Nama : Elsa Apriliasari
Npm : 1913053008
Absen : 10

Izin menjawab,
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Dalam penyusunan RPP ada 10 prinsip yang harus diperhatikan sebagai berikut:
1. Setiap RPP harus secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
4. Berpusat pada peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
5. Berbasis konteks. Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
6. Berorientasi kekinian. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7. Mengembangkan kemandirian belajar. Pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by Adelia Intan Utami -
Nama : Adelia Intan Utami
Npm : 1913053028
No. Absen : 1

Izin menjawab
RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan pedoman guru untuk mengajar dalam satu kali pertemuan, RPP memuat apa saja yang hendak dilaksanakan dalam pembelajaran dan strategi apa yang hendak dilaksanakan dalam pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan pembelajaran.
RPP dikembangkan melalui silabus serta menjabarkan indikator-indikator yang hendak dicapai melalui KD ( kompetensi dasar)

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP. Yaitu
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Berpusat pada peserta didik
3. Berbasis konteks
4. Berorientasi kekinian
5. Mengembangkan kemandirian belajar
6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
7. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan
8. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
In reply to First post

Re: latihan

by Ismi Tri Astuti -
Nama : Ismi Tri Astuti
Npm : 1913053031
Absen : 16

Izin menjawab, Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian suatu pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar kompetensi dan dijabarkan dalam silabus. Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan persiapan yang harus dilakukan seorang guru atau pendidik sebelum mengajar. Berikut ini prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

1. Perbedaan individual peserta didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
2. Partisipasi aktif peserta didik.
3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by Duwi Ari Yanto -
Nama : duwi ari yanto
Npm : 1913053087
Absen : 9

Izin menjawab bu,
RPP adalah suatu rencana atau rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP memuat beberapa hal yaitu nama mata pelajaran, kompetensi dasar, kompetensi inti, indikator, tema, alokasi waktu, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan penilaian.

Adapun prinsip-prinsip pembuatan RPP yaitu meliputi :
1. Memuat beberapa kompetensi dasar yaitu sikap spiritual (KI-1), sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4).

2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan peserta didik, baik itu tingkat intelektual, gaya belajar, kemampuan sosial, dan/atau lingkungan peserta didik.

4. Berpusat pada peserta didik. Hal tersebut untuk mendorong motivasi, minat dan semangat belajar peserta didik.

5. Berbasis konteks, dimana proses pembelajaran menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.

6. Berorientasi kekinian, yaitu pembelajaran berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.

7. Mengembangkan kemandirian belajar, yaitu pembelajaran dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.

8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran, dimana RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan.

10. Harus mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by Gusti Ayu Putu Ardani 1953053017 -

Nama: Gusti Ayu Putu Ardani

Npm: 1953053017

Absen: 13

Izin menjawab,


Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantu dalam proses mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar . Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan tentang apa saja yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga kegiatan pembelajaran akan tersusun dan terarah.


Prinsip-prinsip pengembangan RPP:

1. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik, karena setiap individu siswa memiliki latar belakang yang berbeda dan juga gaya belajar yang berbeda sehingga RPP harus disusun sedemikian mungkin agar pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang ingin di capai

2. Berpusat Pada Peserta Didik, guru harus merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik.

3. Berbasis konteks, guru harus mampu mengidentifikasi sumber belajar yang ada di sekitar siswa, seperti kondisi sosial masyarakat setempat atau kondisi ekonomi dan budaya masyarakat setempat, hal-hal tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan proses dan kegiatan pembelajaran.

4. Berorientasi kekinian, yang dimaksud adalah guru mampu memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, guru harus terus mempelajari dan memperbarui informasi pengetahuan nya sesuai dengan kondisi saat itu sesuai dengan bidangnya, sehingga rancangan pelaksanaan pembelajaran yang sudah di susun dapat menjadi inspirasi siswa dalam belajar

5. Mengembangkan kemandirian belajar, guru harus mampu mengembangkan kemandirian belajar siswa sehingga siswa memiliki rasa berani untuk mengungkapkan pendapatnya dengan percaya diri

6. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran, RPP memuat rancangan pemberian umpan balik yang positif, penguatan, pengayaan dan remedial.

7. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan, RPP memiliki keterkaitan antara KI, KD, Indikator dan lainnya. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, kegiatan pembelajaran RPP disusun untuk mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Terimakasih

In reply to First post

Re: latihan

by Zakiyah Nazir Effendi -
Nama : Zakiyah Nazir Effendi
NPM : 1953053024
Absen :32
Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa di sebut RPP menurut saya, RPP merupakan suatu planning, pegangan guru, atau rencana kegiatan dalam pembelajaran dalam kelas, setiap pendidik wajib memiliki RPP yang memiliki fungsi sebagai arahan kegiatan untuk mencapai Kompetensi Dasar

Prinsip-prinsip pembuatan RPP:
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
5. Keterkaitan dan keterpaduan
6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
In reply to First post

Re: latihan

by Hida Laila Irsyadina 1913053022 -
Nama : Hida Laila Irsyadina
Npm : 1913053022
No. Absen : 14
RPP merupakan suatu rencana atau rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP memuat beberapa hal yaitu nama mata pelajaran, kompetensi dasar, kompetensi inti, indikator, tema, alokasi waktu, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan penilaian.
Adapun prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan RPP yaitu meliputi :
1. Memuat beberapa kompetensi dasar yaitu sikap spiritual (KI-1), sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4).
2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan peserta didik, baik itu tingkat intelektual, gaya belajar, kemampuan sosial, dan/atau lingkungan peserta didik.
4. Berpusat pada peserta didik. Hal tersebut untuk mendorong motivasi, minat dan semangat belajar peserta didik.
5. Berbasis konteks, dimana proses pembelajaran menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
6. Berorientasi kekinian, yaitu pembelajaran berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7. Mengembangkan kemandirian belajar, yaitu pembelajaran dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran, dimana RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan.
10. Harus mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sebuah RPP akan dibuat dengan pertimbangan pernerapan teknologi komunikasi dan informasi dengan terintegarasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan kondisi dan situasi saat itu juga,
Trimakasih,