silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....
forum diskusi
Npm: 1913053074
Absen: 11
Media yang tepat untuk kelas tinggi dan alasan memilih media tersebut:
1. Media audio visual
Media Audio Visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Menurut Snaky (2010) menyebutkan bahwa Media audio visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan obyek aslinya. Kemampuan media audio visual dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media audio dan visual.
2. Media audio
Media Audio (media dengar) adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran. Dengan kata lain, media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Menurut Sudjana dan Rivai (2003: 129) menyatakan bahwa, Media Audio untuk pembelajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses pembelajaran. Contoh media audio, diantaranya: radio, kaset audio, dan lain-lain.
Alasan memilih Media audio dan Media audio visual bagi kelas tinggi adalah supaya dalam proses pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata guru, sehingga siswa tidak merasa bosan dan guru tidak kehabisan tenaga. Pemilihan kedua Media ini bagi kelas tinggi juga adalah untuk meningkatkan kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotoris yang merupakan tujuan pembelajaran.Media pembelajaran mempunyai berbagai macam jenis yang bisa dipilih dan digunakan di kelas seperti,media visual, media audio, media audio visual, media cetak dan lain-lain. Dari berbagai macam jenis media pembelajaran, media audio visual merupakan media yang bisa diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran. Media audiovisual pada hakikatnya adalah media perantara ataupenggunaan materi dimana penyerapannya melalui pengindraan penglihatan dan pendengaran yang bertujuan untuk mempertunjukkan pengalaman-pengalaman pendidikan yang nyata kepada siswa. Arysad (2017:50) menyebutkan salah satu jenis media pembelajaran audio visual yaitu film dan video.
Media audio-visual dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Audio sebagai bahan ajar telah tersedia dalam berbagai ilmu, sehingga dapat dengan mudah dijadikan sebagai penunjang atau alat bantu dalam proses pembelajaran
NPM : 1913053012
No. Absen : 06
Izin menjawab bu
Menurut saya, diantara berbagai macam media pembelajaran yang ada, terkhusus di kelas tinggi, saya berpendapat bahwa media yang tepat untuk anak kelas tinggi yaitu media cetak, media visual, media audio, dan media audio visual. Alasannya:
1. Media cetak
Saya memberikan pendapat bahwa media ini cocok dan tepat untuk anak kelas tinggi dikarenakan karakteristik dari media ini cocok untuk anak di kelas tinggi. Dengan adanya media cetak ini, contohnya buku, anak SD akan mudah memperoleh informasi dari kegiatan membaca, serta dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi kepada peserta didik sejak dini.
2. Media Visual
Alasannya karena media ini merupakan salah satu media yang sangat menarik untuk diterapkan kepada peserta didik di kelas tinggi. Seperti gambar, poster, peta, globe dan lain sebagainya.
3. Media Audio
Pembelajaran dengan menggunakan audio, menurut saya cocok diterapkan kepada siswa di kelas tinggi. Karena media ini dapat melatih pemahaman siswa mengenai materi pelajaran dari apa yang mereka dengar. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Yudhi Munadi (2010:59), mendengarkan sesungguhnya suatu proses rumit yang melibatkan empat unsur: (1) mendengar, (2) memperhatikan, (3) memahami, (4) mengingat. Jadi definisi mendengarkan adalah “proses selektif untuk memperhatikan, mendengar, memahami, mengingat simbol-simbol pendengaran". Selain itu, Sudjana dan Rivai (2003: 129) menyatakan bahwa, Media Audio untuk pembelajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses pembelajaran.
4. Media Audio Visual
Penerapan media audio visual di kelas tinggi, menurut saya sangat cocok dan tepat. Alasannya, karena media ini selain menampilkan suara tetapi juga menampilkan sebuah gambar. Dimana hal ini sangat baik untuk peningkatan minat belajar siswa di kelas tinggi. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan obyek aslinya. Kemampuan media audio visual dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media audio dan visual. Terlebih lagi, siswa di kelas tinggi sudah dapat dikatakan belajar dengan serius. Selain dapat mendengar, siswa juga dapat mengamati suatu objek dalam materi pelajaran dengan bantuan dari media audio visual ini.
NPM : 1913053061
Absen : 04
Izin menjawab bu,
Menurut saya, jenis media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu sebagai berikut.
1. Media Audio
Media pembelajaran audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Maka dari itu media audio sangat cocok diterapkan pada anak SD kelas tinggi. Kelebihan dari penggunaan media audio, yaitu : dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali serta dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
Contoh media audio yaitu berupa radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.
2. Media Audio Visual
Media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Tujuan dari penggunaan media audio visual untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan memberikan rangsangan berupa gambar bergerak dan suara, serta menyampaikan pesan untuk mempengaruhi sikap dan emosi. Oleh karena itu, media audio visual sangat cocok bagi anak SD kelas tinggi. Kelebihan dari media audio visual, yaitu :
1) Memperjelas penyajian pesan,
2) Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, dan gambar.
3) Media audio visual berperan dalam pembelajaran tutorial,
4) Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
5) Mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
3. Media Peta dan Globe
Peta dan globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai alat peraga, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran, tetapi secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi, tempat, arah, jarak, data-data budaya, informasi tentang permukaan bumi, dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah, dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif, dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya, dapat mendemontrasikan gerakan rotasi bumi dari barat ke timur dan menunjukan suatu lokasi walaupun tidak sedetail peta, serta mengumpulkan dan menyeleksi data-data atau keterangan dari suatu daerah yang akan disajikan pada peta dengan bentuk simbol yang konvensional.
4. Media Papan Flanel
Media papan flanel adalah salah satu media boards yang menggunakan kain flanel sebagai papannya. Papan flanel juga sering disebut sebagai visual board.
Menurut Hujair AH. Sanaky 2011:61 papan flanel termasuk salah satu media pembelajaran visual dua dimensi, yang dibuat dari kain flanel yang ditempelkan pada sebuah papan atau tripleks, kemudian membuat guntingan-guntingan kain flanel atau kertas rempelas yang diletakkan pada bagian belakang gambar-gambar yang berhubungan dengan bahan-bahan pelajaran. Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan 43 dapat dipakai berkali-kali Ujang S. Hamdi, 2009. Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan flanel adalah media visual dua dimensi yang efektif untuk penyajian pesan-pesan. Media ini menggunakan kain flanel sebagai papannya, sehingga gambar atau materi yang disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali.
5. Media Display
Media display termasuk dalam kelompok media yang tidak diproyeksikan (nonprojected media). Media display adalah media untuk menyampaikan informasi atau pesan secara visual (untuk dilihat/dipajang/dipresentasikan), menarik dan komunikatif (mudah dimengerti). Bedanya dengan gambar diam adalah gambar diam hanya berupa gambar sesuatu tanpa harus menarik dan tidak perlu komunikatif karena dipergunakan sebagai media yang langsung berhadapan dengan yang melihatnya untuk diberi penjelasan rinci secara lisan, sedangkan media display berupa gambar yang memuat informasi atau pesan yang harus langsung dapat dimengerti (komunikatif) oleh yang melihatnya begitu gambar tersebut dilihat, tanpa harus dijelaskan secara lisan. Kelebihan Media Display yaitu :
1) Harga murah dan variasi program lebih banyak daripada TV.
2) Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
3) Dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
4) Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
6. Media Grafis
Merupakan media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Media grafis berfungsi untuk memperjelas sajian ide, menarik perhatian, mengilustrasikan atau menghiasi fakta-fakta sehingga menarik dan diingat peserta didik. Menurut saya metode ini cocok digunakan di kelas tinggi karena dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan penguasaan anak terhadap peristiwa yang tidak mungkin dihadirkan didalam kelas atau hal-hal yang abstrak. Adapun kelebihan media grafis yaitu : harga relatif murah, mudah diperoleh dan digunakan, lebih realistic, memperjelas penyajian pesan dan informasi. Serta dapat memperbesar perhatian siswa.
7. Proyeksi diam
Mempunyai persamaan dengan media grafik dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Selain itu, bahan-bahan grafis banyak sekali dipakai dalam media proyeksi diam. Media ini cocok digunakan di kelas tinggi karena dengan menggunakan media proyeksi diam, siswa dapat secara langsung berinteraksi dengan pesan media yang bersangkutan pada media proyeksi, pesan tersebut harus diproyeksikan dengan proyektor agar dapat dilihat oleh sasaran terlebih dahulu. Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain: film bingkai, film rangkai, media tranparansi, proyektor tak tembus pandang, mikrofis, film, televisi, video permainan dan simulasi. Adapun kelebihan media proyeksi diam yaitu : tidak perlu menggelapkan ruangan, dapat memproyeksikan berbagai pesan visual baik gratis maupun verbal, memungkinkan penyajian aneka warna, guru dapat tetap menghadapi siswa saat mengajar, serta mudah dalam penyajiannya.
Terimakasih
NPM: 1913053108
No. Absen: 08
Izin menjawab, media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi menurut saya yang pertama yaitu portofolio. Media portofolio merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada SD kelas tinggi biasanya berupa karya yang terpilih dari seorang peserta didik atau kelompok belajar. Media yang kedua yaitu media audio, media pembelajaran audio ini berbasis suara. media audio dapat digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia ataupun pelajaran lainnya. media ini melatih siswa dalam hal pendengarannya misalnya guru menyediakan audio seperti cerita pendek kemudian siswa dapat menyimpulkan amanat setelah mendengarkan cerita pendek tersebut. media audio juga dapat digunakan untuk memutar beberapa lagu daerah, lagu nasional, dan lain sebagainya. Hal ini dapat melatih ketelitian siswa. Ketiga yaitu media audio visual, media audio visual merupakan media yang berbasis suara dan juga gambar sebagai pendukung suara misalnya video. Siswa kelas tinggi sudah memiliki kemampuan analisis yang tinggi. dalam pembelajaran menggunakan media audio visual ini guru dapat menyajikan video yang memuat materi pelajaran yang yang sedang dibahas. Misalnya guru dapat menyajikan video berupa cuplikan film bersejarah, ekosistem, dan lain sebagainya. Keempat yaitu media peta dan globe. media ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPS sebagai alat bantu guru untuk menjelaskan letak suatu negara, provinsi, daerah dan lain sebagainya. Selain menggunakan peta dan globe guru juga dapat menggunakan atlas sebagai bentuk media pembelajaran. Kelima yaitu media torso, media torso merupakan media benda tiruan. Media ini dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA misalnya seperti komponen organ tubuh manusia, baik bentuk maupun letaknya dapat dilihat menggunakan media torso. Penggunaan beberapa media pembelajaran yang telah saya sebutkan di atas dapat meningkatkan dan juga menarik motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran, menambah pemahaman siswa terkait materi yang dipelajari, memudahkan guru untuk menyampaikan materi, dan selain itu juga beberapa media pembelajaran tersebut dapat menjadikan sebuah pembelajaran di kelasmenjadi bermakna. Terima kasih.
NPM : 1913053060
No Absen : 18
Izin menjawab, menurut saya media yang sesuai digunakan pada kelas tinggi,
1. Compact Disk (CD) pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran berbantuan komputer. Pada usia 7-12 tahun peserta didik masuk ke dalam masa kanak-kanak akhir dimana peserta didik mengalami berbagai macam perkembangan, seperti perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan emosi dan perkembangan sosial. Perkembangan kognitif pada siswa dapat dijadikan alasan untuk menggunakan media yang bervariasi. Tidak mungkin siswa akan tertarik belajar bila media yang digunakan dari kelas rendah hingga kelas tinggi sama. Maka di kelas tinggi dapat digunakan media CD pembelajaran dimana media CD pembelajaran diharapkan dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih bergairah untuk mempelajari tetang materi-materi IPA yang telah ditentukan.
2. Peta konsep adalah suatu gambar yang menyajikan atau menyampaikan suatu hubungan yang bermakna antar konsep dari suatu pokok-pokok materi pembelajaran dan di rangkum. Penyajianya biasanya pokok-pook materi tersebut di hubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi yang dapat di jabarkan lebih luas megenai materi tersebut. Peran media visual seperti petakonsep ini adalah dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan menarik minat peserta didik untuk berfikir kritis dan aktif dalam belajar dan juga pembelajaran tidak menjenuhkan. Media seperti ini bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi pun juga bisa mengunakan media ini. (materi nya sesuai dan dapat disajikan dengan petakonsep).Sehingga penerapanya pada kelas tinggi dapat dilakukan.
Untuk memahami konsep abstrak, anak memerlukan benda-benda konkrit (riil) sebagai perantara. Selanjutnya konsep abstrak yang baru dipahami akan mengendap, melekat, dan tahan lama bila ia belajar melalui berbuat dan memahami pengertian, bukan hanya melalui mengingat fakta. Alat peraga itu dapat berupa benda riil dan gambar atau diagram. Keuntungan alat peraga benda riil adalah benda-benda itu dapat dipindah-pindahkan (dimanipulasikan). Sedangkan kelemahannya tidak dapat disajikan dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, untuk bentuk tulisan harus dibuat gambarnya, tetapi tidak dapat dimanipulasikan. Sehingga alat peraga dapat diterapkan pada kelas tinggi karena membuat siswa lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti : mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan sebagainya.
Sekian pemaparan jawaban dari media yang sesuai digunakan pada kelas tinggi.
Nama : Najoya Dolok Saribu
Npm : 1953053012
No Absen : 22
Izin menanggapi,
Media Pembelajaran yang cocok untuk kelas tinggi yaitu :
1. Media Visual alasannya media ini dapat Meningkatkan perhatian dan daya tarik bagi anak Dapat memberikan minat dan keinginan baru anak, Dapat menanamkan konsep yang benar, Dapat memberikan iteraksi terhadap peserta didik serta lingkungan di sekelilingnya.dan Bisa mengatasi persoalan keterbatasan pengalaman yang dimiliki peserta didik.
2. Media Audio visual Alasannya dengan menggunakan media Audio Visual Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik, Mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran, dan Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tapi juga aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
3. Media elektronik alasannya dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat, membuat anak lebih cepat menangkap suatu informasi, Media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita, khususnya pada media elektronik televisi yang mana anak sering menonton televisi dirumah.
4. Media berbasis Portfolio alasannya media ini dapat menutupi proses kekurangan proses pembelajaran. Seperti keterampilan memecahkan masalah, mengemukakan pendapat, berdebat, menggunakan berbagai sumber informasi, mengumpulkan data, membuat laporan dan sebagainya, Mendorong adanya kolaborasi (komunikasi dan hubungan) antra siswa dan antara siswa dan guru, Memungkinkan guru mengakses kemampuan siswa membuat atau menyusun laporan,menulis dan menghasilkan berbagai tugas akademik, Meningkatkan dan mengembangkan wawasan siswa mengenai isu atau masalah kemasyarakatan atau lingkungan nya. dan peserta didik dapat melakukan aktifitas dan belajar bekerjasama dengan rekan-rekan dalam kebersamaan.
itulah beberapa media yang menurut pendapat saya cocok digunakan untuk kelas tinggi apabila ada kurang dan kesalahan saya mohon maaf.
Terimakasih.
NPM : 1913053031
Absen : 16
Izin menjawab, menurut pendapat saya media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi dibagi menjadi 2 yaitu media visual dan media audiovisual. Media visual adalah semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat pancaindera mata (Daryanto, 1993:27). Media visual sendiri terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya gambar, diagram, sketsa, bagan, grafik,kartun dll. Sedangkan media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audiovisual ini terbagi menjadi media film ataupun video.
Mengapa memilih media- media tersebut? Menurut saya media-media tersebut sangat cocok untuk anak SD kelas tinggi. Anak SD kelas tinggi dapat dikatakan lebih dewasa dibandingkan dengan anak SD kelas rendah yang lebih butuh bantuan atau fasilitas dari seorang guru. Pada anak SD kelas tinggi mereka dapat lebih mengeksplor apa yang mereka pelajari dan lebih mandiri. Siswa kelas tinggi sudah memiliki kemampuan analisis yang tinggi. dalam pembelajaran menggunakan media audio visual ini guru dapat menyajikan video yang memuat materi pelajaran yang yang sedang dibahas. Misalnya guru dapat menyajikan video berupa cuplikan film bersejarah, ekosistem, dan lain sebagainya.
Npm: 1953053002
Absen: 27
Izin Menjawab,
Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi,
1. Media Audio
Media audio merupakan media komunikasi bersifat auditif yang sangat mendominasi kehidupan manusia, demikian halnya dengan kegiatan pengajaran, mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi, penggunaan komunikasi audio banyak digunakan dibandingkan dengan kegiatan komunikasi lainya.
Media audio adalah segala macam bentuk media yang berkaitan dengan indra pendengaran. Karena media audio berkaitan dengan pendengaran, maka pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kata-kata atau bahasa lisan) maupun nonverbal. Contohnya audio kaset, radio. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.
2. Media Visual
Media visual merupakan media komunikasi bersifat visual yang ditampilkan dalam bentuk sketsa, gambar, foto, diagram, tabel, torso dan benda visual lainya yang merupakan benda asli atau replikasinya. salah satu definisi dari media visual adalah berperan dalam mengkonkritkan ide yang abstrak. Selanjutnya, media visual dapat mempermudah memahami informasi yang sulit.
3. Media Audio Visual
Media audio visual adalah media penyalur pesan dengan memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan. Audio Visual adalah media intruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi), meliputi media yang dilihat dan didengar.
4. Media relia dan poster
Media pembelajaran yang termasuk relia adalah benda nyata. Media tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, namun Anda bisa langsung mengajak siswa untuk mengamatinya. Melakukan praktikum di laboratorium juga termasuk dalam media pembelajaran relia ini.
Alasan memilih media tersebut adalah, Menarik perhatian siswa, Membantu untuk mempercepat pemahaman, Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis (dalam bentuk kata – kata tertulis atau lisan), Mengatasi keterbatasan ruang, pembelajaran lebih komunikatif dan produktif,
Waktu pembelajaran bisa dikondisikan, Menghilangkan kebosanan pada siswa dan meningkatkan motivasi siswa.
NPM : 1953053015
No. Absen : 30
Kelas : 5C
Pembelajaran PKN SD
Jawaban
Media pembelajaran untuk kelas tinggi diataranya media relia dan poster, Media audio visual, dan media gambar. Media pembelajaran yang termasuk relia/ benda nyata. Denagn media ini mampu merangsang imajinasi, memberikan pengalaman belajar langsung (dengan menyentuh dan mengamati bagian-bagiannya), dan pengalaman tentang keindahan.
cara menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan media audio visual adalah dengan membawa gambar, foto, film, video tentang pembelajaran yang akan dilakukan. Cara ini akan sangat membantu guru dalam memberikan penjelasan. Selain menghemat kata-kata, waktu dan penjelasan pun akan lebih mudah dipahami oleh murid, menarik, membangkitkan minat belajar, menghilangkan kesalahan pemahaman, serta informasi yang disampaikan lebih konsisten.
Media gambar menjadi media yang terbilang paling murah dan mudah dicari. Gambar yang bisa ditampilkan untuk mendukung pembelajaran, seperti foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Media gambar ini memiliki tujuan utama untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada siswa, terlebih jika konsepnya abstrak.
Gambar itu juga bisa berupa gambar jadi, seperti gambar dari majalah, brosur, selebaran, koran, atau internet. Kita juga bisa memberikan gambar fotografi yang diambil dari berbagai sumber.
Trimakasih
NPM : 1913053008
Absen : 10
Izin menjawab menurut saya media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi adalah sebagai berikut :
1. Media Visual
Media visual adalah suatu metode dalam pembelajaran dengan memanfaatkan
alat-alat peraga sehingga siswa dapat melihat menggunakan indra penglihatan
mereka. Dengan menggunakan media visual siswa dapat benar-benar menggunakan kemampuan mengingat, mengucapkan kembali yang diketahui, dan juga bertindak untuk mengambil keputusan dan memutuskan.
2. Media audio visual
Menurut Hujair AH. Sanaky (2009:102) (dalam Musamdriyah, H. 2009. 33-34) media audio visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter yang sama dengan obyek yang dikunjungi. Alat–alat yang termasuk dalam kategori media audio-visual adalah televisi, video-VCD, sound slide, dan film.
3. Media Video
Media video dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar di berbagai bidang studi. Hal itu disebabkan oleh kemampuan video untuk memanipulasi kondisi waktu dan ruang peserta didik atau siswa dapat diajak untuk melihat objek yang sangat besar, objek yang berbahaya, objek yang lokasinya jauh di belahan bumi lain, maupun objek yang ada di luar angkasa.
4. Media Berbasis Komputer
Menurut Hannafin dan Peek (1998), potensi media komputer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran sangat tinggi. Hal ini antara lain terjadi karena interaksi langsung antara siswa dengan materi pembelajaran.
Terimakasih
Npm : 1913053030
Izin menjawab bu.
Pembelajaran yang efektif tentu memerlukan perencanaan yang baik. Salah satunya dengan media yang menarik untuk menumbuhkan semangat, minat, serta mengaktifkan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu media yang cocok untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran kelas tinggi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Multimedia interaktif. Berupa power poin atau bisa juga dengan Macromedia Flash. Dengan menggunakan software Macromedia Flash kita dapat membangun dan membuat berbagai macam hal yang berhubungan dengan komputer gratis, seperti presentasi, multimedia, CD interaktif, animasi (animasi pada halaman web, film berbasis, iklan, dan sebagainya), slide show foto, dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari macromedia flash adalah gambar ataupun animasi yang dihasilkan dari perangkat lunak ini adalah berupa vektor, sehingga gambar yang dihasilkan sangat halus bahkan saat diperbesar (zoom) sekalipun.
NPM: 1953053006
Absen: 28
Menurut saya media yang Media yang cocok untuk diterapkan pada kelas tinggi yaitu
1. media cetak
Media cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses percetakan (printing atau offset). Media bahan cetak menyajikan pesan atau informasi melaui huruf atau gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang akan disampaikan.
2. media audio
media yang penggunaanya menekankan pada aspek pendengaran. Indra pendengaran disini merupakan alat utama dalam penggunaan media ini, dimana pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (ke dalam kata-kata atau bahasa lisan) maupun non verbal. Sehingga antara pengirim pesan dengan penerima pesan bisa memahami makna dari lambang auditif tersebut.Sudjana dan Rivai mengemukakan bahwa ada hubungan antara media audio dengan pengembangan keterampilan pada peserta didik.
3. media visual
Media visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.
Alasannya karena dalam pembelajaran pkn yang menekankan keterlibatan pembelajaran dalam proses belajar secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga pembelajar dapat memperoleh pengalaman langsung selain itu Dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak, Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh pembelajar sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing, Bahan-bahan ini lebih mengutamakan kegiatan bacaan dan menggunakan simbol-simbol kata atau visual. dalam pembelajaran pkn yang menekankan keterlibatan pembelajaran dalam proses belajar secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga pembelajar dapat memperoleh pengalaman langsung
Dapat menanamkan konsep yang benar, Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, Dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
NPM : 1913053028
No.absen 1
Izin menyampaikan pendapat, pada kelas tinggi anak sudah mampu berpikir kritis dan rasional serta mengkonsep pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu media pembelajaran untuk anak usia kelas tinggi harus mencerminkan masalah-masalah yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka mampu
memecahkan masalah tersebut dan mengkonsep pengetahuan guna mencari solusi. Media-media pembelajaran ini dipilih karena sangat sesuai dengan karakteristik siswa yang memiliki rasa ingin tahu, serta mengembangkan critical thinking mereka.
1. Handout
Alasan : karena handout dapat memudahkan peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran, selain itu juga handout dapat melengkapi kekurangan materi, baik materi yang diberikan dalam buku teks maupun materi yang diberikan secara lisan oleh guru. Selain itu juga Handout yang berisi point-point penting dari materi pelajaran yang sedang dipelajari tersebut jika digunakan tentu tidak akan membuat kebingungan pada siswa dalam mempelajari suatu materi.
2. Video Pembelajaran
Alasan : karena video pembelajarab dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Video pembelajaran juga tersedia dalam berbagai ilmu, sehingga dapat dengan mudah dijadikan sebagai penunjang atau alat bantu dalam proses pembelajaran. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yaitu audio dan visual.
3. Peristiwa atau ceritera yang mengandung dilema moral
Alasan: Karena dalam media ini kita dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang dapat dimengerti oleh siswa, media ini juga membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi masalah atau tugas.
NPM: 1953053016
Absen: 17
Izin menjawab,
Media-media apa sajakah yang tepat untuk anak kelas tinggi?.
-Yang pertama yaitu media power point,
Microsoft PowerPoint merupakan sebuah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan untuk melakukan presentasi dalam bentuk slide, baik dalam presentasi sederhana maupun presentasi kompleks.
PowerPoint banyak digunakan oleh pebisnis, guru, mahasiswa dan pelajar karena penggunaannya yang tidak rumit serta banyak desain atau template yang akan membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik.
PowerPoint memiliki fungsi sebagai berikut :
Membuat dan mengatur berbagai slide
Membuat presentasi dalam bentuk menarik karena didukung tampilan template, animasi, video, audio, gambar bahkan gambar 3D
Memudahkan dalam presentasi
Manfaat PowerPoint :
Untuk memudahkan presentator mempresentasikan informasi yang akan disampaikan kepada audiens agar jelas dan mudah dipahami.
Agar presentasi yang akan disampaikan tersusun dengan rapi dari pembuka, inti dan penutup
Materi yang disampaikan berisi point-point penting atau pokok sehingga lebih jelas dan mudah dipahami
Menjadikan presentasi lebih menarik karena didukung gambar, video, audio dan template.
Sebagai guru media pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan karena media merupakan alat fisik yang digunakan untuk menyampaiakan isi materi pembelajaran. Selain itu media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan dan sarana komunikasi.
Di dalam pembelajaran media berfungsi untuk menarik minat peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar dengan baik, karena melalui media pembelajaran dapat merangsang pola pembelajaran peserta didik sehingga tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai atau mencapai hasil yang diharapkan.
Namun banyak media yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal seperti PowerPoint. Melalui PowerPoint guru dapat menampilkan video atau gambar yang dapat menunjang penyampaian materi atau bahan ajar.
-Yang ke dua yaitu media pembelajaran portofolio, Portofolio digunakan dalam berbagai bidang untuk menunjukkan capaian seseorang di bidang tertentu. Oleh karena itu portofolio didefinisikan berbeda-beda sesuai bidang pemanfaatannya. Dalam pendidikan guru, portofolio secara sederhana dapat didefinisikan sebagai kumpulan informasi tentang kemampuan guru yang diperoleh dalam konteks yang berbeda dari waktu ke waktu. Birgin dan Baki mendeskripsikan portofolio sebagai kumpulan bukti capaian dan kinerja siswa yang sistematis dalam satu atau lebih bidang pada periode waktu tertentu.
Portofolio mulai digunakan sebagai alat penilaian modern sejak penilaian tradisional mulai dianggap tidak dapat mengukur dengan baik hasil belajar siswa dalam waktu singkat. Alat penilaian tradisional yang dimaksud adalah soal-soal pilihan ganda atau soal benar atau salah. Bentuk penilaian seperti ini lebih mendorong siswa menghapal aturan atau algoritma dibanding memahami konsep.
Birgin dan Baki merangkum konten yang sebaiknya ada dalam sebuah portofolio sebagai berikut :
1.Tujuan
Tujuan menentukan jenis item apa yang harus ada di dalam portofolio. Berbagai tujuan yang dapat digunakan guru seperti menilai kemajuan belajar siswa dalam periode waktu tertentu,
2. Bukti
Bukti seperti apa yang harus dicantumkan sesuai tujuan portofolio
3. Kriteria penilaian
Dengan adanya kriteria penilaian, siswa dapat memilih karya mana yang dianggap berkualitas tinggi untuk ditampilkan.
Selama bertahun-tahun, guru dan siswa menggunakan portofolio berbasis kertas. Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi informasi, berbagai institusi baik bidang pendidikan maupun bidang lain mulai beralih pada portofolio digital atau elektronik.
-yang ke 3 adalah menggunakan peta dan globe Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi atau benda angkasa, yang meliputi perwujudan, letak, maupun data yang berkaitan, seperti tampaknya apabila dilihat dari atas. Sumbernya dapat berupa hasil pengukuran, foto udara, atau citra satelit. Ilmu yang mempelajari peta disebutkar topografi. Sedangkan globe adalah tiruan bumi yang diperkecil, yang di permukaannya digambarkan benua-benua dan samudera-samudera. Peta dan globe berbeda secara gradual, akan tetapi saling melengkapi.
Peta dan globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai alat peraga, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran, tetapi secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi, tempat, arah, jarak, data-data budaya, informasi tentang permukaan bumi, dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah, dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif, dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya, dapat mendemontrasikan gerakan rotasi bumi dari barat ke timur dan menunjukan suatu lokasi walaupun tidak sedetail peta, serta mengumpulkan dan menyeleksi data-data atau keterangan dari suatu daerah yang akan disajikan pada peta dengan bentuk simbol yang konvensional.
Terimakasih.
NPM : 1913053053
Absen : 07
Izin menjawab, media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi dan alasan memilih media tersebut.
1. Media Audio
a. Pengertian Media Audio
Media Audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang-lambang auditif, baik verbal ( ke dalam kata-kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.
Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) Media Audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media audio (media dengar) adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran. Dengan kata lain, media audio berkaitan dengan indera pendengaran.Jenis-jenis Media Audio seperti Radio, Kaset Audio (Kaset Pita Magnetic)
b. Alasan Mengapa media Audio dapat diterapkan di kelas tinggi
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi sudah bisa memahami informasi atau materi yang di dengarnya,oleh karena itu media audio cocok agar dapat Melatih daya analisis, Menentukan arti dan konteks, Memilah informasi dan gagasan.
2. Media cetak
a. Pengertian media cetak
Media cetak (print out) adalah berbagai media penyampai pesan pembelajaran di mana padanya terkandung teks (bacaan) dan ilustrasi-ilustrasi pendukungnya. Media cetakan meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas pengajaran dan informasi.
Media cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses percetakan (printing atau offset).contoh media cetak adalah Buku., majalah, Koran
b. Alasan media cetak cocok untuk kelas tinggi
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi sudah bisa memahami informasi atau materi yang di bacanya,oleh karena kelas tinggi sudah bisa memahami informasi atau materi yang di bacanya media cetak dapat diterapkan dikelas tinggi karena dapat melatih dan mengembangkan kognitif siswa dan menambah pengetahuan siswa secara terus-menerus.
3. Media Teknologi Komputer
a. Pengertian media teknologi komputer
Interaktif Komputer untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan Pembelajaran berbasis komputer (PBK) atau yang sering disebut computer assisted instruction (CAI) oleh Hick and Hyde yang dikutip oleh Ch. Ismaniati (2001:5) yang di maksud dengan computer assisted instruction (CAI) adalah a teaching process directly involving a computer in the presentation of instructional materials in an interactive mode to provide and control the individualized learning environment for each individual student. Atas dasar definisi tersebut pembelajaran berbasis komputer (PBK) menekankan siswa berhadapan dan berinteraksi langsung dengan komputer. Interaksi siswa dan komputer terjadi secara individual, dan komputer memang memiliki kemampuan untuk itu, sehingga apa yang dialami oleh siswa yang satu akan berbeda dengan apa yang dialami oleh siswa yang lain. Interaksi yang penting dan efektif dapat dilakukan antara guru dan siswa yaitu interaksi yang mengarah pada terciptanya berbagai interaksi yang menuju pada teriptanya berbagai aktifitas interaktif seperti diskusi, tanya jawab dan latihan serta bimbingan. Metode pembelajaran seperti tersebut diatas dapat dikemas lebih menarik dan efektif dibanding dengan metode pembelajaran yang menempatkan siswa hanya diajar dan diberi tahu. Pembelajaran berbasis komputer (PBK) akan memberikan beberapa manfaat, diantaranya; Dengan desain menarik PBK dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, Komputer mampu memberikan informasi kepada siswa tentang kesalahan dan jumlah waktu belajar serta waktu mengerjakan soal-soal, pembelajaran berbantuan komputer juga dapat didesain untuk mengatasi masalah dan keleman pada pembelajaran kelompok besar. Selain dari itu pembelajaran berbantuan komputer melatih siswa untuk terampil memilih bagian-bagian isi pembelajaran yang dikehendaki.
b. Alasan media teknologi komputer cocok untuk kelas tinggi
Pengembangan pembelajaran yang dirancang dengan teliti dan memperhatikan psikologis siswa akan bermanfaat bagi siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran dengan metode tradisional. Dengan PBK dapat memberikan penguatan kepada siswa yang lemah dalam belajar karena materi dapat diulang-ulang. manfaat yang lainya adalah pembelajaran berbantuan komputer memungkinkan siswa untuk lebih mengenal dan terbiasa dengan komputer yang menjadi semakin penting dalam masyarakat modern sekarang ini. Serata sebagaimana yang diketahui saat ini komputer merupakan media penyampaian pembelajaran yang efektif.
Npm : 1953053018
Absen :15
Izin menjawab,media untuk kelas tinggi yaitu :
1.Media Audio
Media Audio (media dengar) adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran.
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi sudah mampu memahami informasi (makna dari sebuah kalimat).oleh karena itu media audio cocok d terapkan di kelas tinggi Karena dirasa sudah mampu memahami informasi (makna dari sebuah kalimat) yang di dengarnya,selain itu media audio dapat Melatih daya analisis, Menentukan arti dan konteks, Memilah informasi dan gagasan.
2. media cetak
Media cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses percetakan (printing atau offset).contoh media cetak adalahBuku., majalah, koran
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi adalah sudah bisa memahami informasi atau materi yang di bacanya,oleh karena kelas tinggi sudah bisa memahami informasi atau materi yang di bacanya media cetak dapat diterapkan dikelas tinggi karena dapat melatih dan mengembangkan kognitif siswa dan menambah pengetahuan siswa secara terus-menerus
3.Media Multi Media interaktif
Media multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan (teks, audio, video, grafis, diagram, gambar, chart, animasi, dan lain–lain) secara harmonis dengan bantuan teknologi komputer sehingga menghasilkan sesuatu sinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu untuk menyampaikan pesan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) sehingga terjadi proses belajar.
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Salah satu karakteristik anak kelas tinggi yaitu daya kognitif dan psikomotor nya sudah mulai berkembang dengan baik.selain itu materi pelajaran anak kelas tinggi pun sudah semakin sulit,oleh karena itu d butuhkan nya media pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat memahami materi dengan baik yaitu menggunakan media multimedia interaktif yang di dalamnya terdapat teks, audio, video, grafis, diagram, gambar, chart, animasi, dan lain–lain menjadi kesatuan yang lengkap membuat materi yang sulit pun menjadi mudah
4. Media Visual
Media visual adalah semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca indera mata. Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak.
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas.tinggi memiliki rasa ingin tau yang tinggi terhadap sesuatu dan materi pelajarannya pun menjadi lebih sulit,apalagi sesuatu yang bersifat abstrak .dengan adanya media visual berupa gambar siswa bisa mengetahui sesuatu yang absrak atau tidak bisa dilihat (misalnya gambar benda langit seperti asteroid, komet, meteor, aurora dan sebagainya ) .dengan menggunakan media visual siswa akan menjadi faham dengan materi yang diajarkan dan dapat mengurangi miskonsepsi.
5.Media Audio-visual
Media Audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan juga unsur gambar.
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi memiliki rasa ingin tau yang tinggi terhadap sesuatu dan materi pelajarannya pun menjadi lebih sulit,apalagi sesuatu yang bersifat abstrak .Media Audiovisual dan visual sama –sama membantu siswa untuk mengetahui sesuatu yang bersifat abstrak.dengan adanya media Audiovisual berupa gambar dan suara siswa bisa mengetahui sesuatu yang absrak atau tidak bisa dilihat dan sesuatu yang berbahaya (misalnya bagaimana proses terjadinya gunung meletus,tsunami,angin tornado dan sebagainya) .dengan menggunakan media Audiovisual siswa akan menjadi faham dengan materi yang diajarkan dan dapat mengurangi miskonsepsi
6.Media Manipulatif
Media manipulatif adalah semua alat permainan yang berbentuk kecil dan dapat diletakkan di atas meja sehingga membantu anak terampil bekerja dan mengembangkan daya pikirnya atau dapat membantu membentuk pola berfikir sistematis
Alasannya :
Seseorang memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. karakteristik anak kelas tinggi salah satunya yaitu Gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama.dengan media manipulatif berbasis permainan siswa bisa saling berinteraksi satu sama lain dan mampu untuk memecahkan masalah
Npm : 1913053087
Absen : 9
Kelas : 5C
Izin menjawab,
Menurut pendapat saya media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi dibagi menjadi 2 yaitu media visual dan media audiovisual. Media visual adalah semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat pancaindera mata (Daryanto, 1993:27). Media visual sendiri terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya gambar, diagram, sketsa, bagan, grafik,kartun dll. Sedangkan media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audiovisual ini terbagi menjadi media film ataupun video.
Mengapa memilih media- media tersebut? Menurut saya media-media tersebut sangat cocok untuk anak SD kelas tinggi. Anak SD kelas tinggi dapat dikatakan lebih dewasa dibandingkan dengan anak SD kelas rendah yang lebih butuh bantuan atau fasilitas dari seorang guru. Pada anak SD kelas tinggi mereka dapat lebih mengeksplor apa yang mereka pelajari dan lebih mandiri. Siswa kelas tinggi sudah memiliki kemampuan analisis yang tinggi. dalam pembelajaran menggunakan media audio visual ini guru dapat menyajikan video yang memuat materi pelajaran yang yang sedang dibahas. Misalnya guru dapat menyajikan video berupa cuplikan film bersejarah, ekosistem, dan lain sebagainya.
NPM: 1913053094
No Absen: 23
Izin menjawab, media pembelajaran yang cocok untuk siswa sekolah dasar kelas tinggi yaitu:
1. Multimedia
Multimedia adalah penggabungan penggunaan teks, gambar, animasi, foto, video, dan suara untuk menyajika informasi. Media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang kaya dengan berbagai kreativitas. Multimedia ini tepat untuk digunakan pada kelas tinggi karena dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dimana saja dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
2. Media Audio Visual
Media audio visual adalah jenis media pembelajaran atau sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dan kreatif dengan menggunakan indra pendengaran dan penglihatan. Media audio-visual dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa melalui penggunaan suara dan gambar, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik.
3. Peta dan Globe
Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi atau benda angkasa, yang meliputi perwujudan, letak, maupun data yang berkaitan, seperti tampaknya apabila dilihat dari atas. Sedangkan globe adalah tiruan bumi yang diperkecil, yang di permukaannya digambarkan benua-benua dan samudera-samudera. Peta dan globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai alat peraga, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran. Peta dan globe cocok untuk siswa kelas tinggi yang sudah belajar mengenai bentuk permukaan bumi, sehingga dapat mempermudah dalam memahami materi pembelajaran.
4. Papan Tulis
Papan tulis adalah salah satu media pembelajaran tradisional yang termasuk dalam klasifikasi media grafis 2 dimensi non proyeksi. Penggunaan papan tulis membantu para guru dalam proses pembelajaran di kelas. Karena untuk mata pelajaran tertentu khususnya matematika penggunaan media papan tulis memang sangat diperlukan. Melalui tulisan-tulisan yang kita sajikan pada papan tulis, materi akan lebih mudah untuk ditangkap dan diterima oleh siswa dibandingkan apabila hanya dijelaskan dengan metode ceramah saja. Hal ini sangat cocok untuk siswa kelas tinggi yang sudah mulai berpikir tingkat tinggi dan merasa cepat bosan bila guru selalu berceramah.
Npm: 1953053017
Absen : 13
Izin menjawab,
Menurut saya media yang cocok untuk siswa SD kelas tinggi yaitu:
1. Media Audio
Media audio merupakan media yang berasal dari suara.
Media ini cocok digunakan untuk kelas tinggi karena berkaitan dengan pengembangan keterampilan peserta didik, kelas tinggi merupakan kelas yang sudah mampu berfikir kritis serta memiliki analisis yang tinggi, sehingga dengan menggunakan media audio terdapat beberapa hal yang dapat di capai siswa seperti: pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian, mampu mengikut sesuai dengan arahan, melatih daya analis, mampu memilih informasi yang relevan dan siswa mampu merangkum, mengembangkan dan mengingat kembali informasi.
Kelebihan media audio:
1. Dengan menggunakan alat perekam, program audio digunakan sesui dengan kebutuhan pendengar/ pemakai. Misalnya , pemakaian audio untuk belajar bahasa inggris yang pemakaiannya dapat dilaksanalkan kapan dan dimana saja.
2. Media audio dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak.
Media audio dapat merangsang partisipasi aktif para pendengar, misalnya sambil mendengar siaran , siswa dapat melakukan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang terhadap pencapian tujuan.
3. Program audio dapat menggugah rasa ingin tahu siswa tentang sesuatu sehingga dapat merangsang kraetifitas
Kekurangan media audio:
1. Sifat komunikasinya satu arah (one way communication). Dengan demikian, sulit bagi para pendengar untuk mendiskusikan hal-hal yang sulit dipahami.
2. Media audio yang lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal , hanya mungkin dapat dipahami oleh pendengar yang mempunyai tingkat penguasaan kata dan bahasa yang baik.
3. Media audio hanya akan mampu melayani secara baik untuk mereka yang sudah mampu berfikir abstrak.
4. Penyajian materi melalui media audio dapat menimbulkan verbalisme pendengar.
5. Media audio yang menggunakan program siaran radio, biasanya dilaksanakan serempak dan terpusat , sehingga sulit untuk melakukan pengontrolan.
2. Media visual
Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Jenis media pembelajaran visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor.
Media ini cocok untuk kelas tinggi karena,kelas tinggi merupakan kelas yang seharusnya sudah memiliki tingkat kemandirian yang tinggi dengan daya analisis yang kompleks, sehingga saat di berikan materi pembelajaran menggunakan media visual siswa sudah mengetahui apa seharusnya yang mereka amati dari gambar nyata yang mereka lihat.
Kelebihan media visual:
1. Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya.
2. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan
3. Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik
4. Media visual memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitarnya
5. Dapat menanamkan konsep yang benar
6. Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru
7. Dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Kelemahan media visual:
1. Lambat dan kurang praktis
2. Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar. Sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan
3. Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita
4. Biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.
3. Media buku cetak
Media pembelajaran berbasis teks cetak (print out) adalah berbagai media penyampai pesan pembelajaran dimana padanya terkandung teks (bacaan) dan ilustrasi-ilustrasi pendukungnya.
Media buku cetak cocok juga untuk kelas tinggi karena didalamnya terdapat materi-materi yang dapat di baca dan di pahami dengan siswa dengan jangka waktu yang lama dan berulang-ulang, sehingga hal ini mampu meningkatkan pengetahuan siswa dalam memahami suatu materi dan juga dapat meningkatkan literasi membaca siswa serta mampu mengasah analisis siswa dalam menerima dan memahami suatu materi.
Kelebihan media cetak buku:
A.Ketersediaan: walaupun buku-buku yang mempunyai kualitas menyala itu di dapatkan ,namun ketersediaan buku cetak masih sangat mudah di dapat di toko-toko atau di situs-situs tertentu. B.Fleksibel: Penulisanya sangat mudah untuk penyesuaian dengan kebutuhan dan tujuan tertentu maupun dengan lingkungan sekitar.
3. Mudah digunakan : menggunakan buku kamus teks sangat mudah digunakan oleh peserta didik didalam kelas maupun diluar kelas dengan mengarahkan secara langsung kepada peserta didik untuk membaca dan mengerjakanvtugas dengan menggunakan buku tersebut.
4. Ekonomis: buku cetak relatif lebih murah
Kekurangan buku cetak:
1. Materi yang di sajikan dalam buku cetak begitu banyak sehingga dapat menimbulkan kebosanan oleh peserta didik saat membaca.
2. Penggunaan kosakata yang banyak tidak di ketahui oleh peserta didik
3. Bentuk buku cetak yang tebal dengan sajian gambar yang minim, sehingga dapat mengurangi ketertarikan siswa untuk membaca.
Terimakasih
NPM : 1913053072
Absen : 31
Izin menjawab, menurut saya media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu:
1. Media Audio
Media Audio (media dengar) merupakan media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran. Alasan memilih media ini karena media audio ini, untuk pembelajaran adalah media dari bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses pembelajaran. Contoh media audio, diantaranya: radio, kaset audio, dan lain-lain.
2. Media Audia Visual
Media pembelajaran audio visual adalah media elektronik yang digunakan sebagai bahan ajar yang memanfaatkan sinyal audio dikombinasikan dengan gambar bergerak. Alasan memilih media ini karena media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, karena peserta didik dapat melihat peristiwa nyata yang langka. Peserta didik dapat mengetahui benda-benda kecil yang tidak tampak secara kasatmata. Penggunaan media pembelajaran audio visual membuat guru tidak terlalu banyak menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik tidak bosan saat pembelajaran berlangsung.
3. Media Pembelajaran Power Point
Microsoft Power Point merupakan sebuah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan untuk melakukan presentasi dalam bentuk slide, baik dalam presentasi sederhana maupun presentasi kompleks. Penggunaannya yang tidak rumit serta banyak desain atau template yang akan membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik. Alasan memilih media ini karena pada media ini guru dapat menampilkan video atau gambar dan ini bisa menjadi salah satu pengalaman yang baru dan menyenangkan bagi anak dari pengalaman tersebut mereka dapat menceritakan apa telah mereka saksikan. Melalui kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan bahasa anak.
4. Media Pembelajaran Portofolio
Dalam pendidikan guru, portofolio secara sederhana dapat didefinisikan sebagai kumpulan informasi tentang kemampuan guru yang diperoleh dalam konteks yang berbeda dari waktu ke waktu. Alasan memilih media ini karena penggunaan portofolio digital bisa menjadi alternatif bagi guru untuk menjadikannya sebagai media pembelajaran yang disukai oleh siswa.
Npm : 1913053009
No absen : 29
Menurut pendapat saya media yang tepat untuk anak sd kelas tinggi adalah
1. Media audio
Alasan saya memilih media audio karena media audio merupakan
sarana yang digunakan untuk
menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui
suara suara ataupun bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara, kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan demikian maka akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran.
2. Media audio visual
Alasan saya memilih media tersebut adalah karen dengan menggunakan media tersebut akan memberikan pengalaman kepada peserta didik,memperlihatkan peristiwa nyata, dapat menampilkan kasus kehidupan sebenarnya, dan dapat menaikan ingatan.
3. Media pembelajaran portofolio
Alasan saya memilih menggunakan media tersebut karena dengan menggunakan media portofolio dipandang memiliki kemampuan
untuk merevolusi dan memodernisasi cara siswa belajar dan dinilai sambil
mendorong kemandirian, tanggung jawab, dan refleksi.